PEMBELAJARAN PAI-SKI

 

BUKU REFERENSI

PEMBELAJARAN PAI-SKI

SKI diberikan sebagai mata pelajaran di MI, MTS dan MA sampai IAIN atau UIN. Sedangkan di SD, SMP, SMA sebagai bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). PAI memiliki beberapa unsur dalam materinya yaitu Aqidah, Akhlak, SKI, Fikih, Al-Quran Hadits. PAI dengan unsur-unsur tersebut bertujuan menjaga keharmonisan dan keberlangsungan kehidupan yang hasanah (baik), ishlah (damai), sa'adah (bahagia) dunia dan akhirat. Sama dengan yang lain, tujuan pendidikan (maqashid tarbiyah), tujuan hukum (maqashid syariah), tujuan sunnah (maqashid sunnah/hadits) dalam menjaga lima aspek yang penting (lidh-dharuriyyah). Menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga harta, menjaga akal, menjaga keturunan. Untuk penjagaan kelima inilah Tuhan turunkan ajaran berupa perintah dan larangan. Hukum wajib dan sunnah (mandub) pada  hakikatnya perintah, hukum haram dan makruh pada hakikatnya larangan, dan satu hukum netral (mubah atau boleh).

Eksistensi SKI bertugas  membuat mapping perjalanan waktu (the role times). Masa lalu (past), masa sekarang (present), masa yang akan datang (future). Kerja guru SKI menghadirkan SKI sebagai laboratorium kehidupan yang hidup sehingga berguna bagi solusi kehidupan. Mencari akar masalah dengan mengobservasi masa lalu (madhi) untuk dicarikan problem solving (mudhari') dan merencanakan platform untuk masa depan (mustaqbal). Guru SKI sesungguhnya bermateri pada kehidupan yang kontekstual (kekinian). Kekuatan guru SKI terletak pada kemampuan meramu empat etape masa kehidupan. Masa klasik, masa pertengahan, masa modern, masa post-modern. Dalam pengembangan materi ajar SKI harus memuat prinsip-prinsip materi yaitu urgensitas materi.

Urgensitas materi SKI terletak pada kemampuan guru mempertautkan dua kondisi masa dunia. Masa lalu dengan masa sekarang,  maksudnya penghadiran sejarah masa lalu adalah fakta sedang penghadiran sejarah hari ini adalah nilai. Minimal dua sifat materi PAI harus diteliti dalam ruang pembelajaran SKI, mencari nilai keteladanan dalam paparan sejarah. Amanah sejarah seperti ini tercatat untuk mengambil pelajaran yaitu "ambillah pelajaran wahai orang-orang yang memiliki pandangan." Sifat materi berupa fakta sejarah adalah benar-benar terjadi serta bisa dibuktikan dengan data, peristiwa, tokoh, tempat, waktu. Sifat materi berupa nilai telah masuk pada ruang lingkup bahan kajian analisa sejarah. Analisa sejarah dapat diartikan upaya menemukan nilai-nilai kesejarahan yang telah teruji berabad-abad.

Dalam rangka penelusuran fakta SKI, guru SKI dapat meminta bantuan pada laman google SKI, serta merumuskan apa yang urgent untuk dikaji bersama. Guru SKI membuat matrik skala prioritas materi, sama dengan langkah-langkah metode ilmiah sampai evaluasi, verifikasi dan penarikan simpulan (konklusi). Fakta SKI yang dipresentasikan di ruang belajar online atau offline dan ruang FGD harus sampai mampu menemukan dan merumuskan nilai.

Sifat materi PAI unsur SKI juga prosedur. Terutama prosedur waktu. Waktu menyimpan rahasia tabiatnya yang didalamnya terdapat tokoh-tokoh utama kebaikan dan tokoh-tokoh antagonis. Sifat materi prosedur dan fakta ini menyebut nama, perbuatan dan sifat (karakter). Sedang sifat materi nilai sebagai jalan upaya memetik hikmah (manfaat kebaikan) dan 'ibrah (manfaat pelajaran) dalam perjalanan lorong waktu laboratorium sejarah. Siswa ikut menilai tokoh-tokoh yang dihadirkan bisa melalui link youtube tentang materi SKI, dan menghadirkan tokoh sejarah sebagai komentator secara vicon, dalam aplikasi zoom meeting atau google meet. Tugas-tugas komentar siswa bisa dikirim ke email guru dan bisa disimpan dalam google drive yang setiap saat bisa diupload, tentu setelah dilakukan revisi baik redaksi maupun materi SKI.

Berselancar dengan waktu telah membuat PAI-SKI tidak jenuh hanya di ruang kelas, melainkan bisa di luar ruang kelas dengan pendekatan pembelajaran PAI-SKI berbasis penelitian (research). Jika perimbangan kurikulum secara umum adalah 40% teori dan 60℅ praktik. Bagaimana dengan mata pelajaran PAI unsur SKI atau mata pelajaran  SKI di MI, MTs dan MA? Jangan memberi ikan, tetapi berikan pancing. Maksudnya beri pada siswa metode mencari ilmu, bukan ilmunya. PAI-SKI sudah waktunya memanfaatkan fasilitas kemajuan IT. Dengan berbantuan telusur google, kamus, perpustakaan online, maktabah Syamilah online, maktabah Kamilah online, Mu'jam Al-Mufahrash online, Al-Munjid online, Shahih Bukhari Muslim online, Ihya 'Ulumuddin online, Syirah Nabawiyah Ibnu Hisyam online, Syirah Nabawiyah Ibnu Ishaq online, Musnad Ahmad online, Kutubul-khamsah online, Kutubus-sittah online, Hayatu Muhammad online, Hayatu-shahabah online, semua literatur tersebut sudah tersedia. Atau ingin mencari google schoolers, google professor sudah ready (tersedia).

60% pembelajaran PAI-SKI siswa belajar mandiri dan mandiri belajar. Dalam porsi Kurikulum Merdeka Belajar guru berfungsi sebagai mediator dan fasilitator belajar, selebihnya siswa belajar dengan alam. Pelacakan data sejarah adalah pada gudang sejarah yang telah diupload para ilmuwan dan sejarawan dengan cara cepat, tepat dan lancar. Saat dunia sudah sangat kecil dan bisa saling menjangkau seperti relasi sahabat netizen (human relationship) dalam pengambilan keputusan yang tepat, hemat, cermat dan cepat. Perubahan (change) ini yang belum banyak dipahami oleh para dosen, dokter, guru, mahasiswa, siswa bahkan orang tua. Amanat teknologi adalah mandiri belajar yang dapat  memangkas kerja dalam waktu lama (efesiensi waktu). Amanat teknologi adalah merdeka dalam putusan tanpa birokrasi yang refresif (efesiensi kerja). Amanat teknologi adalah hemat, cermat dan bersahaja dalam penghematan biaya budget SPP dan budget non SPP pembelajar (efesiensi biaya). Amanat teknologi tersampaikan apabila ranah kognitif, afektif dan skill tersampaikan dengan mudah, berhasil guna. Bermanfaat banyak bagi umat manusia adalah outcomes alumni yang diharapkan.

Dunia ibarat dusun kecil (the global village) yang telah terhubung antar benua. Benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa dan Antartika adalah satu dan dekat saling menyapa, menegur dan mengabulkan; Qarib-Mujib.

Ledakan revolusi informasi 2000, ledakan revolusi belajar 2000, ledakan revolusi rohani 2000 telah menjadi asupan nutrisi sehari-hari. Hari ini siapa yang tidak mengikuti "Qarib-Mujib" pasti tergilas. Sebab sifat abad-21 adalah "sari'ul hisab," the quick mathematics." Pancaran bias cahayaNya, Al-Hasib (maha menghitung).

Ledakan revolusi transformasi 2000 , ledakan revolusi bisnis dan komersial 2000 terbukti jatuh-bangun perusahaan yang tidak mampu bertahan lebih dari 10 tahun bahkan ada usia perusahaan baru 7 tahun sudah gulung-tikar, artinya non order, non penjualan. Tahun 2000-3000 segalanya sangat cepat berubah. Tahun ini ditandai tidak ada lagi status quo, jabatan setiap detik bisa dicopot, bisa diganti, bisa dirubah, tidak ada kemapanan (tidak ada kekuatan dan kekuasaan yang mapan). Dinamika dan perubahan (change) adalah ciri utama abad ini.

Mengingat pembelajaran PAI-SKI berbasis digital diharapkan siswa belajar mandiri. Belajar mandiri yang dimaksudkan disini adalah siswa yang bekerja sesuai dengan prosedur metodologi ilmiah. Langkah-langkahnya adalah identifikasi masalah, merumuskan masalah, pencarian data, paparan dan uji data, pembahasan, penarikan kesimpulan. Setidaknya pembelajaran PAI-SKI mengarahkan ke pola-pola penelitian (research) tersebut. Kurikulum Merdeka sebagai penyempurnaan dalam cara-cara mendapatkan data. Apa yang diinginkan oleh Kurikulum Merdeka adalah menitipkan amanah berupa memberikan pengalaman belajar (learning experience) untuk siswa. Siswa belajar mandiri dengan cara menemukan sendiri masalahnya dan menyelesaikan sendiri masalahnya (problem solver).

PAI-SKI menganut madzhab Kurikulum berkorelasi dengan PAI unsur Al-Quran, Al-Hadits, Fikih, Aqidah, Akhlak. Saat PAI-SKI berbantuan dengan peristiwa turun Al-Quran (nuzulul-quran) diperlukan unsur Al-Quran. Saat PAI-SKI berbantuan dengan sabda Nabi Muhammad SAW perlu dihadirkan unsur Hadits. Saat PAI-SKI berbantuan nilai karakter sungguh PAI-SKI perlu kepada PAI unsur Akhlak. Kurikulum demikian bermazhab Correlated Subject Curriculum.

 

Komentar

  1. Nama: Alfikri Nugraha
    Nim: 12001167
    Kelas: 6A PAI

    Alhamdulillah saya bersyukur bisa membaca blogger bapak dan membuka pandangan saya terhadap SKI yang merupakan warisan berharga umat ini, bahwa pengetahuan terhadap SKI begitu penting sebab Sejarah Kebudayaan Islam adalah saksi atas perwujudan ajaran agama itu sendiri terlepas dari bias dan penyimpangan orang-orang terhadapnya, sehingga pembahasan Sejarah Kebudayaan Islam tidak bisa terlepas dari sumber rujukannya seseorang tidak akan bisa mengambarkan peristiwa sejarah secara tepat dan mengambil ibrah di dalamnya kecuali berdasarkan sumber yang otentik yang telah teruji secara empiris, memang di zaman dahulu tidak begitu di dukung oleh sumber dokumentasi berupa foto maupun video, namun umat Islam mempunyai sistem informasi sejarah yang sangat akurat melalui Sanad yang terperinci dan jelas yang tidak di miliki oleh umat-umat yang lain, Abdullah bin Mubarak Rahimahullah berkata, "Sanad adalah bagian dari agama ini" (Muqaddimah Shahih Muslim) oleh karena itulah umat Islam dikenal dengan Ummatul Isnad (umat pemilik sanad) saya memahami dari blogger ini bahwa di balik zaman yang serba digital hendaklah media informasi yang berada di genggaman setiap orang (Globe Hand) menjadi wasilah bagi guru dan murid untuk sama-sama memperkaya literatur SKI dan mengkajinya dengan prosedur Ilmiah untuk menemukan in put (fakta sejarah) dan out put (nilai sejarah) menuju peradaban Islam di masa depan yang lebih cemerlang dan menjadi teladan dunia. Allahu A'lam

    BalasHapus
  2. Nama : Nurmiranti
    Nim : 12001311
    Kelas : PAI 6A

    Ma Syaa Allah...Kata pengantar mengenai pembelajaran SKI ini sangat baik dan membantu mahasiswa untuk memahami dasar mengenai SKI, Pembelajaran SKI memiliki Sifat Dalam PAI itu namanya Fakta data, Dimana Isi materi nya sudah terjadi dan data" sangat jelas, hal ini dibuktikan dengan banyak nya sejarah sejarah yang tertulis di berbagai buku best seller bahkan sekarang sudah tersedia berbasis online nya, Jika pembelajaran SKI ini menggunakan kurikulum merdeka maka ini akan memudahkan guru untuk mengajar, jika menggunakan Kurikulum terdahulu maka guru akan menceritakan isi sejarah dan materi SKI secara langsung, Sedangkan kurikulum merdeka Siswa lah yang mencari isi materi atau sejarah tersebut melalui beberapa sumber yang terpercaya tentunya yang di bimbing oleh guru.

    Yang menjad menarik juga dri kata pengantar SKI ini adalah SKI itu berkolerasi denga Materi PAI lainya Misalnya Dalam SKI terdapat menceritakan tentang keteladanan Akhlak maka ini berkolerasi dengan Aqidah Akhlak, Jika SKI menjelaskan ttng Nuzulul Qur'an maka ini berhubungan dgn Al-Qur'an Hadis dan ketika SKI menjelaskan tentang Kehidupan, adab-adab atau kebiasaan yang dilakukan Rasullah dan para orang terdahulu maka ini bisa berkaitan dengan Materi Fikih. Dalam PAI ini saling berhubungan 4 materi yang berbeda sifat akan tetapi memiliki hubungan yang erat.

    Sekian terima Kasih🙏

    BalasHapus
  3. Nama : Satina
    Nim : 12001019
    Kelas : 6A PAI

    PEMBELAJARAN PAI-SKI. Terdapat sub-sub mata pelajaran PAI yang meliputi: mata pelajaran Al-Qur’an hadist, fiqih, akidah akhlak, dan sejarah kebudayaan Islam (SKI). Hubungan antara satu pelajaran dengan pelajaran lain saling berkaitan dan diibaratkan sebagai satu mata rantai. Mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam merupakan perkemangan perjalanan hidup manusia Muslim dari masa ke masa dalam usaha bersayari’ah dan berakhlak. Serta dalam mengembangkan sistem kehidupan yang dilandasi oleh akidah. Dalam pembelajaran sejarah Islam yang dimaksudkan untuk menggali, mengembangkan, dan mengambil ibrah pelajaran sejarah dan kebudayaan Islam.

    BalasHapus
  4. Nama : Intan Mufidah
    NIM :12001088
    Kelas :6A PAI

    Pembelajaran SKI merupakan salah satu dari beberapa mata pelajaran yang termaksud dri kompenen Pendidikan Agama Islam, dalam PAI dengan unsur-unsur tersebut bertujuan menjaga keharmonisan dan keberlangsungan kehidupan yang hasanah , ishlah , sa'adah dunia dan akhirat. Sama dengan yang lain, tujuan pendidikan , tujuan hukum , tujuan sunnah dalam menjaga lima aspek yang penting . Masa lalu , masa sekarang , masa yang akan datang . Kerja guru SKI menghadirkan SKI sebagai laboratorium kehidupan yang hidup sehingga berguna bagi solusi kehidupan. Selain itu untuk menjadi seorang Guru SKI sesungguhnya bermateri pada kehidupan yang kontekstual . Amanah sejarah seperti ini tercatat untuk mengambil pelajaran yaitu "ambillah pelajaran wahai orang-orang yang memiliki pandangan." Sifat materi berupa fakta sejarah adalah benar-benar terjadi serta bisa dibuktikan dengan data, peristiwa, tokoh, tempat, waktu. Analisa sejarah dapat diartikan upaya menemukan nilai-nilai kesejarahan yang telah teruji berabad-abad. Dalam rangka penelusuran fakta SKI, guru SKI dapat meminta bantuan pada laman google SKI, serta merumuskan apa yang urgent untuk dikaji bersama.

    BalasHapus
  5. Nama: Ayu Angraini
    Nim: 12001029
    Kelas: 6A PAI

    Alhamdulillah saya bersyukur bisa membaca blogger bapak yang membahas tentang pembelajaran PAI-SKI karena mengingat pembelajaran PAI-SKI berbasis digital mengharapkan siswa belajar mandiri. Belajar mandiri yang dimaksudkan disini adalah siswa yang bekerja sesuai dengan prosedur metodologi ilmiah. Langkah-langkahnya adalah identifikasi masalah, merumuskan masalah, pencarian data, paparan dan uji data, pembahasan, penarikan kesimpulan. PAI-SKI menganut madzhab Kurikulum berkorelasi dengan PAI unsur Al-Quran, Al-Hadits, Fikih, Aqidah, Akhlak. Saat PAI-SKI berbantuan dengan peristiwa turun Al-Quran (nuzulul-quran) diperlukan unsur Al-Quran. Saat PAI-SKI berbantuan dengan sabda Nabi Muhammad SAW perlu dihadirkan unsur Hadits. Saat PAI-SKI berbantuan nilai karakter sungguh PAI-SKI perlu kepada PAI unsur Akhlak.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Nama: Felia Noviantini
    Nim: 12001269
    Kelas: 6A PAI
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Alhamdulillah saya masih berkesempatan untuk membaca artikel² yang bapak tulis. Kali ini saya mendapat ilmu mengenai pentingnya mempelajari sejarah, khususnya sejarah kebudayaan islam.

    Karena berkat sejarahlah kita bisa berada disini dan berkomentar di sini. Dengan adanya pembelajaran ski ini kita dapat tau bagaimana kebudayaan islam dahulu yang tidak mungkin dapat kita temui di masa ini.

    Dengan mempelajari ski kita akan lebih paham dan lebih mengerti mengenai kebudayaan islam itu sendiri. Dan dapat kita ambil pelajaran untuk bekal kita di masa depan.
    Dengan mendalami ski, khususnya kita mahasiswa pendidikan agama islam, diharapkan dapat menjadi inspirasi serta panutan untuk kita lebih dalam lagi mencintai agama islam, dan dapat pula kita berbagi ilmu kepada siswa kita kelak.
    Karena sebaik-baiknya pendidik adalah yang mendidik dan memberikan ilmu, dan sebaik-baiknya ilmu adalam ilmu agama itu sendiri.

    Semoga kita sebagai umat islam dizaman modern ini tidak melupakan sejarah bagaimana kita bisa bebas memeluk agama islam seperti sekarang ini.
    Aamiin ya rabbal alaamiin.

    BalasHapus
  8. Nama: Ratmi
    Nim: 12001005
    Kelas: 6A PAI
    Prodi: ftik


    Bismillah, masyaallah saya mendapat membaca bogger bapak ini membuat pandangan saya terbuka bahwa banyak sekali pembelajaran SKI yang mengali sejarah , dalam pembelajaran Ski ini banyak sekali sejarah yang harus kita ulangi kembali dan pelajari lagi mulai dari SD sampai kuliah. Kerena tanpa sering kita baca dan diulangi kembali pasti kita akan lupa, maka dari zaman sekarang yang penuh dengan pesatnya teknologi kita dapat mendapatkan informasi dengan mudah, membuka situs-situs sejarah bahkan dalam buku-buku dari masa kemasa untuk di pelajari oleh para siswa dan mahasiswa.

    Penting sekali kita kita mempelajari pembelajaran SKI ini karena agar membuka wawasan dan ilmu pengetahuan kita tentang sejarah-sejarah terlebih dahulu hingga sekarang ini. Siswa di ajarkan untuk mendiri dan guru hanya mengarahkan saja, agar siswa tersebut dapat memcari sejarah-sejarah para nabi dan rasullulah, dan mengambil ibrahnya yang baik. Dan membaca artikel, buku dan situs-situs yang dapat dipercaya mengenai pembelajaran PAI SKI.

    Sekian Terima kasih🙏

    BalasHapus
  9. Nama : Sonya Prawanda
    NIM : 12001001
    Kelas : 6A PAI

    Dari pemaparan diatas saya mengetahui bahwa kehadiran SKI sebagai bagian pembelajaran PAI sangatlah penting. Sebab, dalam SKI ini menghadirkan berbagai cerita hingga peristiwa-peristiwa bersejarah dalam Islam. Tentunya sejarah tersebut sudahlah benar terjadi yang dapat dibuktikan dengan waktu dan tempat terjadinya. Dengan adanya pengetahuan ini, anak-anak muda yang tidak bisa merasakan langsung bagaimana waktu itu dapat mengetahui bagaimana Islam itu dapat berjalan seiring waktu. Hal ini menjadi salah satu sumber pengetahuan bagi umat muslim untuk senantiasa mengambil ibrah dari sejarah Islam. Maka dari itu, SKI sangat penting diajarkan agar dapat memberikan umat muslim pengetahuan serta ibrah dari peristiwa yang sudah terjadi sebelumnya serta dapat menumbuhkan iman dan taqwa akan keindahan dan kemuliaan Islam.

    BalasHapus
  10. Nama : Selvi Agustin
    Nim : 12001027
    Kelas : 6A PAI

    Assalamu'alaikum wr.wb..
    Alhamdulillah sudah diberi kesempatan untuk membaca dan memahami blogger yang bapak tulis.

    Dari yang saya pahami, bapak membahas tentang pembelajaran PAI-SKI yang dimana pembelajaran ini diberikan sebagai mata pelajaran sekolah yang berbasis agama atau kemenag.

    SKI ini membahas tentang Perjalanan waktu dari masa lampau hingga masa sekarang. Dalam pengembangan materi ajar SKI harus memuat prinsip-prinsip materi yaitu urgensitas materi.

    Urgensi materi ini ialah dapat menghubungan masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang. Serta sifat materi ini ialah tokoh dan analisa sejarah.

    Sekian, Terima Kasih🙏🏻

    BalasHapus
  11. Nama: Mega Nur Wahyuni
    Kelas: 6A PAI
    NIM: 12001025

    Bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    SKI diberikan sebagai mata pelajaran di MI, MTS dan MA sampai IAIN atau UIN. Sedangkan di SD, SMP, SMA sebagai bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
    Pentingnya SKI terletak pada kemampuan guru mempertautkan dua kondisi masa dunia. Masa lalu dengan masa sekarang, maksudnya penghadiran sejarah masa lalu adalah fakta sedang penghadiran sejarah hari ini adalah nilai.

    Terimakasih.

    BalasHapus
  12. Nama : Lutfiana Fajriah
    Kelas : 6A PAI
    Nim : 12001063
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada Bapak Ma'ruf telah menulis artikel ini. Setelah saya baca mengenai artikel ini, saya dapat menelaah apa itu SKI. SKI ialah sejarah Islam yang berasal dari benua timur. Meledaknya revolusi tersebut di mata dunia menjadi kan hal yang asing bagi kaum western (barat). Alhasil kehadiran era digital telah membawa banyak pengaruh terhadap sudut pandang hubungan keagamaan, di antaranya dapat memengaruhi hubungan yang telah dibangun dengan baik. Namun dapat dijelaskan bahwa para pemimpin agama harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Penguasaan konten dan sikap dalam menanggapi era digital akan sangat membantu dalam menjaga hubungan antaragama. Islam memiliki banyak ajaran untuk terus memelihara dan membangun komunikasi antaragama.
    Bagi mahasiswa, kita dapat meminimalisir penggunaan digital dengan baik, kemudian membagikan hal positif sebagai sarana komunikasi terhadap orang yang belum terlalu menguasai teknologi dengan baik.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  13. Nama : Lina Sayyidah
    NIM : 12001032
    Kelas : 6A PAI

    Bissmiilahirrahmanirrahim
    Blogger yang telah di publish ini sangat bermanfaat sekali, dengan apa yang telah disampaikan, yang mana sebelumnya kita tidak tau kini menjadi tau setelah membaca blogger tersebut. Sebagaiman Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) itu adalah sekumpulan kejadian atau peristiwa penting dari tokoh muslim. SKI dalam peserta didik dapat memperoleh pelajaran yang berharga dari perjalanan seorang tokoh atau generasi zaman dulu. Dengan adanya, urgensitas materi SKI yang ada dalam kemampuan guru yaitu bisa mempertautkan dua kondisi masa lalu dan sekarang. Dimana masa lalu adalah fakta sedang penghadiran sejarah hari ini adalah nilai. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) ini salah satu cabang dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memiliki tujuan meningkatkan iman siswa, memberi bekal dalam kehidupan siswa, mendukung perkembangan Islam serta memperluas cakrawala pandangan siswa terhadap Agama Islam.

    BalasHapus
  14. Nama : Gabriel Angel Chanigia
    Nim :12001010
    Kelas : 6A PAI


    SKI ini merupakan mata pelajaran tentang sejarah. Dalam pengembangan materi SKI ini dijelaskan bahwasannya yang paling penting adalah tentang urgensitas materinya. Urgennya ini, terletak kepada kemampuan guru dalam mengaitkan antara masa lampau dan masa sekarang. Yang paling penting dari sifat materinya adalah mencari nilai keteladanan dan paparan sejarahnya. Dimana ini dapat dibuktikan dengan data, peristiwa, tokoh, tempat, waktu. Sebagai seorang guru SKI apabila ingin mencari fakta terkait sejarah dapat mengakses google SKI, ataupaun dapat merumuskan hal-hal penting yang dapat di bahas bersama. Pembelajaran PAI-SKI juga tidak hanya terbatas di dalam kelas saja, tetapi dapat melakukan penelitian yang mengandung sejarah Islam didalamnya, sehingga pembelajarannya tidak terasa jenuh. PAI-SKI menganut madzhab Kurikulum berkorelasi dengan PAI unsur Al-Quran, Al-Hadits, Fikih, Aqidah, Akhlak. Saat PAI-SKI berbantuan dengan peristiwa turun Al-Quran (nuzulul-quran) diperlukan unsur Al-Quran. Saat PAI-SKI berbantuan dengan sabda Nabi Muhammad SAW perlu dihadirkan unsur Hadits. Saat PAI-SKI berbantuan nilai karakter sungguh PAI-SKI perlu kepada PAI unsur Akhlak. Kurikulum demikian bermazhab Correlated Subject Curriculum.

    BalasHapus
  15. Nama : Miftakhul Khalisa
    Nim : 12001254
    Kelas : 6A

    SKI yang merupakan warisan berharga umat ini, bahwa pengetahuan terhadap SKI begitu penting sebab Sejarah Kebudayaan Islam adalah saksi atas perwujudan ajaran agama itu sendiri terlepas dari bias dan penyimpangan orang-orang terhadapnya, sehingga pembahasan Sejarah Kebudayaan Islam tidak bisa terlepas dari sumber rujukannya seseorang tidak akan bisa mengambarkan peristiwa sejarah secara tepat dan mengambil ibrah di dalamnya kecuali berdasarkan sumber yang otentik yang telah teruji secara empiris.
    Selain itu, mengetahui sejarah islam dapat memperkuat keyakinan kita terhadap Rosul yang telah membawa agama islam yang disampaikan dan diajarkan kepada umatnya. Dan banyak 'ibroh yang dapat kita ambil dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari menuju berkehidupan yang lebih baik dan berpedoman.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Nama : Anita Wahyu Purbosari
    NIM : 12001013
    Kelas : 6A PAI

    Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamu'alaikum Wr. WB.
    Alhamdulillah dengan adanya artikel ini dapat memberikan saya ilmu serta pandangan dalam pembelajaran SKI. Sangat penting dipelajari oleh calon guru sehingga dalam kehidupan sehari-hari dapat mengajarkan kepada peserta didik untuk mengambil ibrah dari sejarah keislaman. Dalam belajar SKI juga kita akan banyak mengetahui mengenai tokoh-tokoh yang sudah berjasa dalam menyebarkan agama Islam, dan tokoh-tokoh lainnya. Dengan mendalami ski, khususnya kita mahasiswa pendidikan agama islam, diharapkan dapat menjadi inspirasi serta panutan untuk kita lebih dalam lagi mencintai agama islam, dan dapat pula kita berbagi ilmu kepada siswa kita kelak.
    Karena sebaik-baiknya pendidik adalah yang mendidik dan memberikan ilmu, dan sebaik-baiknya ilmu adalam ilmu agama itu sendiri.

    Dengan adanya pengetahuan ini, anak-anak muda yang tidak bisa merasakan langsung bagaimana waktu itu dapat mengetahui bagaimana Islam itu dapat berjalan seiring waktu. Urgensi materi ini ialah dapat menghubungan masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang. Serta sifat materi ini ialah tokoh dan analisa sejarah.

    Sekian dari saya
    Wassalamu'alaikum Wr. WB.

    BalasHapus
  18. Nama: Rizky Pratama Putra
    Nim: 12001031
    Kelas: 6A PAI

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dari yang saya baca saya dapat memahami banyak tentang ilmu sejarah kebudayaan islam dan kita juga harus tahu bagaimana peradaban islam dari zaman terdahulu hingga zaman modern seperti sekarang, memang di zaman yang serba modern sekarang kita harus bisa mengikuti zaman agar tidak ketinggalan zaman sama hal nya dengan kita mencari ilmu dengan membaca blogger dari pak ma'ruf dan buku lain seperti kitab lain dengan cara membaca online

    BalasHapus
  19. Nama : Khairun Najwatul Fitria
    NIM : 12001007
    KELAS : 6A PAI

    Alhamdulillah dan Masya Allah, Dengan di berikan pengantar pembelajaran SKI, Maka dapat di ketahui bahwa mapel SKI atau Pai-SKI mengetes kemampuan guru dalam mengkaitkan kejadian di dulu dan sekarang, serta menganalisis bagaimana sejarah terjadi dan pemberian ibrah yg termasuk sifat materi Pai.

    Oleh karena zaman telah berkembangnya dan semakin banyak literatur terpercaya entah itu di google, Vicon, dan buku-buku sejarah yang terpercaya. Maka sebagai guru perlu mengembangkan pendekatan pembelajaran ski dengan blended learning atau menggabungkan dengan alam, agar tidak terdapat kejenuhan dalam pembelajaran berlangsung.

    Dikarenakan pembelajaran SKI, PAI-SKI ini mengutamakan pembelajaran berbasis research (penelitian), Langkah-langkahnya adalah identifikasi masalah, merumuskan masalah, pencarian data, paparan dan uji data, pembahasan, penarikan kesimpulan. Setidaknya pembelajaran PAI-SKI mengarahkan ke pola-pola penelitian (research) tersebut. Maka sangat cocok dengan memanfaatkan kurikulum merdeka dan guru sebagai fasilitator, maka akan mencakup sebesar 60% pembelajaran PAI-SKI siswa belajar mandiri dan mandiri belajar. Di tambah lagi kurikulum SKI ini berbasis correlated subject kurikulum, yaitu korelasi atau ad kaitannya dengan unsur Al-Quran, Al-Hadits, Fikih, Aqidah, Akhlak. Contohnya Saat PAI-SKI berbantuan dengan peristiwa turun Al-Quran (nuzulul-quran) diperlukan unsur Al-Quran.

    BalasHapus
  20. Nama : Ayu Rahmawati
    Nim : 12001028
    Kelas : 6A PAI

    Assalamu'alaiku warahmatullahi wabarakatuh saya sudah membaca dan memahami bloger yang telah bagikan, terimakasih telah diberi kesempatan untuk bisa mengambil ilmu penting nya belajar SKI di masa kini di jenjang pendidikan sekolah.

    Ski memberi banyak pembelajaran dari masa lampau untuk kita pahami dan nilai di masa kini, tak di pungkiri bahwa cerita panjang masa lampau itu adalah sebuah fakta yang terjadi. Penghadiran sejarah hari ini dikatakan sebuah nilai, karena terdapat fakta sejarah.

    Sifat materi SKI terdapat tokoh-tokoh agama yang dapat dipelajari mulai dari perjuangan, karakter, sehingga perjalanan dari tokoh-tokoh terdahulu bisa di ambil hikmah dan di contoh kebaikan nya.

    Pada saat ini SKI telah memanfaat kan iptek sebagai media belajar yang lebih mudah khusus nya untuk para siswa. Siswa tidak hanya belajar di ruang lingkup itu-itu saja, tetapi guru bisa mengajak siswa menggunakan bantuan fasilitas kemajuan IT.

    Diharapkan dengan menggunakan digital sebagai fasilitas belajar, siswa dapat belajar mandiri dengan kurikulum merdeka, dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih sehingga mampu menyelsaikan masalahnya sendiri

    BalasHapus
  21. Nama :Dina Wardahni
    Nim :12001136
    Kelas :6A

    Assalamu'alaiku warahmatullahi wabarakatuh saya sudah membaca dan memahami bloger yang telah bagikan, terimakasih telah diberi kesempatan untuk bisa mengambil ilmu penting nya belajar SKI di masa kini di jenjang pendidikan sekolah.

    Dengan belajar ski kita dapat mengetahui sejarah sejarah Islam pada masa dahulu yang pernah terjadi,Dalam belajar SKI juga kita akan banyak mengetahui mengenai tokoh-tokoh yang sudah berjasa dalam menyebarkan agama Islam, dan tokoh-tokoh lainnya. Dengan mendalami ski, khususnya kita mahasiswa pendidikan agama islam, diharapkan dapat menjadi inspirasi serta panutan untuk kita lebih dalam lagi mencintai agama islam, dan dapat pula kita berbagi ilmu kepada siswa kita kelak.
    Karena sebaik-baiknya pendidik adalah yang mendidik dan memberikan ilmu, dan sebaik-baiknya ilmu adalam ilmu agama itu sendiri.

    BalasHapus
  22. Nama : Muhammad Eki Suryananda
    NIM : 12001030
    Semester : 6/A

    Bismillahirrahmanirrahim, setelah saya membaca wacana yang ada di atas saya menarik kesimpulan bahwa pelajaran SKI merupakan salah satu pelajaran yang masih berada di rumpun kajian Pendidikan agama islam hanya saja spesifik dari pelajaran ini adalah berada di MI,MTS,MA, Perkuliahan di UIN atau IAIN bahkan di pondok pesantren. Sifat dari Pelajaran SKI ini adalah bagaimana tragedi atau kejadian masa lalu yang di pelajari masa sekarang dan di ambil hikmah dari hal tersebut

    BalasHapus
  23. Nama : Shintia
    Kelas : 6A/PAI
    NIM : 12001094
    PAI memiliki unsur dalam materinya yaitu akidah akhlak, Fikih, uran hadist, dan sejarah kebudayaan islam. Pembelajaran PAI mencakup semua bidang pembelajaran keagamaan slah satunya pembeajaran SKI. PAI dengan unsur-unsur tersebut bertujuan menjaga keharmonisan dan keberlangsungan kehidupan yang hasanah (baik), ishlah (damai), sa'adah (bahagia) dunia dan akhirat. Sama dengan yang lain, tujuan pendidikan (maqashid tarbiyah), tujuan hukum (maqashid syariah), tujuan sunnah (maqashid sunnah/hadits) dalam menjaga lima aspek yang penting (lidh-dharuriyyah). Menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga harta, menjaga akal, menjaga keturunan. Untuk penjagaan kelima inilah Tuhan turunkan ajaran berupa perintah dan larangan. Hukum wajib dan sunnah (mandub) pada hakikatnya perintah, hukum haram dan makruh pada hakikatnya larangan, dan satu hukum netral (mubah atau boleh).
    Sifat materi PAI unsur SKI juga prosedur. Terutama prosedur waktu. Waktu menyimpan rahasia tabiatnya yang didalamnya terdapat tokoh-tokoh utama kebaikan dan tokoh-tokoh antagonis. Sifat materi prosedur dan fakta ini menyebut nama, perbuatan dan sifat (karakter). Sedang sifat materi nilai sebagai jalan upaya memetik hikmah (manfaat kebaikan) dan 'ibrah (manfaat pelajaran) dalam perjalanan lorong waktu laboratorium sejarah. Siswa ikut menilai tokoh-tokoh yang dihadirkan bisa melalui link youtube tentang materi SKI, dan menghadirkan tokoh sejarah sebagai komentator secara vicon, dalam aplikasi zoom meeting atau google meet. Tugas-tugas komentar siswa bisa dikirim ke email guru dan bisa disimpan dalam google drive yang setiap saat bisa diupload, tentu setelah dilakukan revisi baik redaksi maupun materi SKI.
    PAI-SKI menganut madzhab Kurikulum berkorelasi dengan PAI unsur Al-Quran, Al-Hadits, Fikih, Aqidah, Akhlak. Saat PAI-SKI berbantuan dengan peristiwa turun Al-Quran (nuzulul-quran) diperlukan unsur Al-Quran. Saat PAI-SKI berbantuan dengan sabda Nabi Muhammad SAW perlu dihadirkan unsur Hadits. Saat PAI-SKI berbantuan nilai karakter sungguh PAI-SKI perlu kepada PAI unsur Akhlak.

    BalasHapus
  24. Nama : Alya Mutiara Khansa
    Kelas : 6A PAI
    NIM : 12001015

    -Pertemuan 1-
    SKI merupakan mata pelajaran yang secara khusus ada di tingkat madrasah; MI, MTs, MA hingga perguruan tinggi IAIN atau UIN. Sedangkan untuk sekolah umum, SKI termuat dalam Pendidikan Agama Islam beserta mapel lain yaitu Akidah Akhlak, Fikih dan Al-Qur'an Hadits.

    Adanya SKI untuk menghadirkan peristiwa-peristiwa yang ada di masa lalu, masa yang sekarang dan masa yang akan datang.
    Masa lalu dipelajari supaya dapat mengambil hikmah dan pelajarannya dan merencanakan masa depan. Guru SKI bermateri pada kehidupan konstektual (kekinian).

    Dalam pembelajaran, PAI-SKI berhubungan dengan mata pelajaran lain. Apabila berhubungan dengan nuzulul Qur'an, maka PAI-SKI berkorelasi dengan Al-Qur'an Hadits. Apabila berhubungan dengan nilai-nilai karakter, SKI berhubungan dengan PAI unsur Akhlak.

    BalasHapus
  25. Nama : Tri Finasti
    Nim : 12001260
    Kelas : 6A

    Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya masih bisa membaca bloger bapak memang sangat penting pelajaran ski.
    Pada zaman modern ini, banyak sekali dari golongan terpelajar yang tidak mengetahui bagaimana sejarah islam sejak zaman Nabi Muhammad SAW hingga islam sampai pada keluarga kita. Mereka hanya mengetahui sekilas pada saat pembelajaran yang dibrikan guru dalam kelas, tidak memahami dan meneladaninya yang ada dalam pembelajaan Sejarak Kebudayaan Islam. padahal terdapat banyak kandungan ilmu dan manfaat dalam Sejarah Kebudayaan Islam, bagi yang memahaminya.

    Sejarah Kebudayaan Islam dapat memeberikan informasi kepada kita bagaimana proses perjuangan san lika-liku yang dialami beliau-beliau untuk menyebarkan agama islam. Semua itu tidak lepas dari peran para Ulama, Kyai, ilmuan dan beliau-beliau yang berjasa dalam penyebaran agama islam. Mereka dengan semangat dakwah yang tinggi dan hanya mengharap ridho Allah SWT. Mereka menyerukan agama islam sesuai dengan yang telah diajarkan Allah SWT. Dan Nabi Muhammad SAW. Dalam Al-Quran dan As-Sunah.

    Selain iu, Sejarah kebudayaan merupakan ilmu yang memperlajari morfologi kebudayaan masa lampau, itu adalah suatu hal yang selalu dipelajari oleh semua orang. Karena sejarah membuka semua wawasan tentang masa lalu baik dari aspek ekonomi, sosial,budaya, politik dan lainnya. Apalagi kebudayaan islam yang mana dulu sudah berkembang peradaban yang maju saat Islam Berjaya yaitu masa Abbasiyah dimana para intelektual lahir dimasanya. Sejarah kebudayaan ini sangat penting bagi para mahasiswa, karena merekalah calon intelektual penerus bangsa di masa akan datang.

    BalasHapus
  26. Nama : Irda Febrianti
    NIM : 12001014
    Kelas : 6A PAI

    Bismillahirrahmanirrahim
    Dapat saya pahami bahwa keberadaan SKI bertugas membuat mapping perjalanan waktu yaitu masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Guru SKI bermateri pada kehidupan yang kekinian. Guru SKI bekerja menghadirkan SKI sebagai solusi kehidupan. Mencari akar masalah dengan mengobservasi masa lalu untuk dicarikan pemecahan masalah, dan merencanakan platform untuk masa depan. Dalam pengembangan materi ajar SKI harus memuat prinsip-prinsip materi yaitu urgenitas materi.

    Pentingnya materi SKI terletak pada kemampuan guru mempertautkan dua kondisi masa dunia yaitu masa lalu dengan masa sekarang. Maksudnya penghadiran sejarah masa lalu adalah fakta sedang penghadiran sejarah hari ini adalah nilai. Sifat materi berupa fakta sejarah benar-benar terjadi serta bisa dibuktikan dengan data, peristiwa, tokoh, tempat, waktu. Dalam ruang pembelajaran SKI, harus mencari nilai keteladanan dalam paparan sejarah. Jadi, dari SKI kita bisa mengambil pelajaran dan menemukan nilai-nilai keteladanan.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Nama: Fitri Wulandary
    Nim: 12001248
    Kelas: 6A

    Setelah membaca artikel di atas, menjadi guru sangat lah tidak mudah bagaimana seorang guru harus bisa memberikan ilmu yang nantinya sangat bermanfaat untuk muridnya. Alhamdulillah, saya masih diberikan kesempatan dalam mempelajari ski dimata kuliah pembelajaran ski ini. Pelajaran ski terlihat mudah, ia tidak ada menghitung. Namun didalam nya terdapat penjelasan yang harus diberikan guru kepada muridnya dan bagaimana seorang guru bisa berhasil menjelaskan materi tersebut kepada muridnya agar tujuan pembelajar tercapai.

    BalasHapus
  29. Nama: Nada Mawarni
    Nim :12001012
    Kelas : PAI 6A

    Masya Allah terima kasih banyak pak, dengan saya membaca blogger bapak ini saya dapat mengetahui bahwa 60% pembelajaran PAI-SKI siswa belajar mandiri dan mandiri belajar. Dalam porsi Kurikulum Merdeka Belajar guru berfungsi sebagai mediator dan fasilitator belajar, selebihnya siswa belajar dengan alam. Pelacakan data sejarah adalah pada gudang sejarah yang telah diupload para ilmuwan dan sejarawan dengan cara cepat, tepat dan lancar. Bahkan saat dunia sudah sangat kecil dan bisa saling menjangkau seperti relasi sahabat netizen (human relationship) dalam pengambilan keputusan yang tepat, hemat, cermat dan cepat. Perubahan (change) ini yang belum banyak dipahami oleh para dosen, dokter, guru, mahasiswa, siswa bahkan orang tua. Amanat teknologi adalah mandiri belajar yang dapat memangkas kerja dalam waktu lama (efesiensi waktu). Adapun Amanat teknologi adalah merdeka dalam putusan tanpa birokrasi yang refresif (efesiensi kerja). Amanat teknologi adalah hemat, cermat dan bersahaja dalam penghematan biaya budget SPP dan budget non SPP pembelajar (efesiensi biaya). Amanat teknologi tersampaikan apabila ranah kognitif, afektif dan skill tersampaikan dengan mudah, berhasil guna. Bermanfaat banyak bagi umat manusia adalah outcomes alumni yang diharapkan.

    BalasHapus
  30. Nama : Muhammad Shabri
    Kelas : PAI 6A
    NIM : 11901254

    Bismillah Alhamdulillah Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

    Alhamdulillah dengan pembelajaran SKI akan memberikan sebuah inspiratif dari kisah kisah para sahabat, nabi dan rasul serta para tabiin tabiat dan orang orang shaleh dan para ulama jaman dahulu dalam prestasi mereka dalam membesarkan islam dikalangan mereka hingga dunia. Maka dari itu dengan adanya SKI akan sangat penting sebenarnya karena kita semua umat islam seharusnya mengetahui siapa pahlawan pahlawan islam sesungguhnya yang harus dibangggakan dan siapa nabi kita yang selalu kita cintai. Bagaimana kita bisa mencintainya jika kita tak tahu jalan ceritanya. Maka dengan cara halal apapun dalam mengimplimentasikannya maka itu sudah sangat baik agar generasi islam kita lebih mencintai orang shaleh dan ulama kita dan tidak melupakannya.

    Alhamdulillah Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammaad

    BalasHapus
  31. Nama: Panca Satria
    Nim : 11901086
    Kelas: 6A PAI

    Alhamdulillah saya bersyukur bisa membaca blogger bapak dan membuka pandangan saya terhadap SKI yang merupakan warisan berharga bagi umat.
    SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) merupakan salah satu mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) yang diajarkan di madrasah, baik dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah, tsanawiyah maupun Aliyah.

    Sesuai dengan namanya, SKI membahas tentang sejarah dari kebudayaan Islam itu sendiri. Dari zaman sebelum adanya Islam, proses masuknya Islam, Islam pada masa Nabi sampai islam sekarang. Mempelajari sejarah sangat penting bagi peserta didik, karena dengan mempelajari sejarah peserta didik akan mengetahui bagaimana perkembangan kehidupan khususnya Islam di zaman dulu yang kemudian diharapkan mampu mengambil hikmah dari peristiwa masa lampau.

    BalasHapus
  32. Nama: Revi Yanti
    Nim : 12001095
    Kelas : 6A

    SKl( Sejarah Kebudayaan Islam) kita bisa tau dimana terletak pada kemampuan guru mempertautkan dua kondisi masa dunia. Masa lalu dengan masa sekarang, maksudnya penghadiran sejarah masa lalu adalah fakta sedang penghadiran sejarah hari ini adalah nilai. Minimal dua sifat materi PAI harus diteliti dalam ruang pembelajaran SKI, mencari nilai keteladanan dalam paparan sejarah. Amanah sejarah seperti ini tercatat untuk mengambil pelajaran yaitu "ambillah pelajaran wahai orang-orang yang memiliki pandangan." Sifat materi berupa fakta sejarah adalah benar-benar terjadi serta bisa dibuktikan dengan data, peristiwa, tokoh, tempat, waktu. Sifat materi berupa nilai telah masuk pada ruang lingkup bahan kajian analisa sejarah. Analisa sejarah dapat diartikan upaya menemukan nilai-nilai kesejarahan yang telah teruji berabad-abad.
    Pendidikan Agama Islam dan Sejarah Kebudayaan Islam ini sangat menganut madzhab dimana kurikulum yang berkorelasi dengan PAI unsur Al-Quran, Al-Hadits, Fikih, Aqidah, Akhlak. Saat PAI-SKI berbantuan dengan peristiwa turun Al-Quran (nuzulul-quran) diperlukan unsur Al-Quran. Saat PAI-SKI berbantuan dengan sabda Nabi Muhammad SAW perlu dihadirkan unsur Hadits. Saat PAI-SKI berbantuan nilai karakter sungguh PAI-SKI perlu kepada PAI unsur Akhlak.

    Sekian Terima kasih,
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  33. Nama: Mayatik
    Nim: 12001111
    Kelas: 6A PAI

    Bismillahirrahmanirrahim...
    Syukur alhamdulillah bisa membaca blogger bapak yang menambah pengetahuan saya terhadap betapa penting dan berharganya mempelajari sejarah kebudayaan Islam. SKI dapat memberikan ibrah dari beberapa setiap tokoh yang dikisahkan baik yang protagonis dan antagonis semua dapat diambil dan dijadikan pelajaran bagi pembacanya. Di zaman sekarang pesatnya TI ilmu pengetahuan dapat di cari dengan mudah dan hemat biaya tentunya karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk mencari atau membeli buku ke toko buku atau perpustakaan cukup di rumah saja searching di google materi apa yg sedang dicari akan mudah di dapat. TI bisa berdampak positif juga negatif tergantung bagaimana pengguna yang menggunakannya.
    PAI-SKI saling berhubungan dengan mata pelajaran PAI lainnya seperti Al-Qur'an, Hadits, Aqidah, Akhlak, dan Fiqih. Dalam kurikulum dikenal dengan sebutan correlated subjek curriculum.
    Dalam memberikan pengajaran kepada siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran dimana siswa mencari masalah sendiri dan menyelesaikan atau mencari jawaban sendiri.

    BalasHapus
  34. Nama : Ahamd Rofiq
    Nim : 12001277
    Kelas : 6B

    Alhamdulillah terimakasih banyak pak setalah saya membaca sedikit bisa memahami tetang
    Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu mata pelajaran yang terhimpun dalam Pendidikan Agama Islam yang berisi tentang kebudayaan dan peradaban Islam di masa lampau yang diajarkan di jenjang pendidikan yang bernafaskan Islam, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.
    Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu mata pelajaran yang terhimpun dalam Pendidikan Agama Islam yang berisi tentang kebudayaan dan peradaban Islam di masa lampau yang diajarkan di jenjang pendidikan yang bernafaskan Islam, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

    BalasHapus
  35. Bismillah
    Nama : Alfin Mushonnif
    Nim : 12001080
    Kelas : 6B

    Bermanfaat banyak bagi umat manusia adalah outcomes alumni yang diharapkan. Dunia ibarat dusun kecil yang telah terhubung antar benua. Ledakan revolusi informasi 2000, ledakan revolusi belajar 2000, ledakan revolusi rohani 2000 telah menjadi asupan nutrisi sehari-hari. Hari ini siapa yang tidak mengikuti "Qarib-Mujib" pasti tergilas.

    " Sebab sifat abad-21 adalah "sari'ul hisab," the quick mathematics." Pancaran bias cahayaNya, Al-Hasib . Ledakan revolusi transformasi 2000 , ledakan revolusi bisnis dan komersial 2000 terbukti jatuh-bangun perusahaan yang tidak mampu bertahan lebih dari 10 tahun bahkan ada usia perusahaan baru 7 tahun sudah gulung-tikar, artinya non order, non penjualan. Dinamika dan perubahan adalah ciri utama abad ini. Belajar mandiri yang dimaksudkan disini adalah siswa yang bekerja sesuai dengan prosedur metodologi ilmiah.

    Langkah-langkahnya adalah identifikasi masalah, merumuskan masalah, pencarian data, paparan dan uji data, pembahasan, penarikan kesimpulan. Apa yang diinginkan oleh Kurikulum Merdeka adalah menitipkan amanah berupa memberikan pengalaman belajar untuk siswa.

    BalasHapus
  36. Nama: Aditya Wiguna
    Nim: 12001051
    Kelas: 6B PAI

    Alhamdulillah setelah saya membaca blogger bapak, saya jadi lebih mengerti bahwa pembelajaran SKI merupakan pelajaran yang sangat penting sekali untuk di pelajari terutama bagi kita umat muslim. Sebuah pembelajaran dimana kita diajak untuk kembali mengulik lagi apa yang terjadi di masa lalu yang berupa fakta, dan benar terjadi adanya. Sebagai seseorang yang menyukai sejarah, tentunya mata kuliah SKI ini akan menjadi menarik bagi saya pribadi.

    Sekian, terimakasih.

    BalasHapus
  37. Nama : Drastha Chika Pamalsya
    Nim : 12001268
    Kelas : 6B

    Alhamdulillah, setelah saya membaca bacaan diatas dapat dipahami bahwa pelajaran SKI merupakan kemampuan mengaitkan antara dua dunia yaitu dunia di masa lalu dan dunia sekarang. Dimana pelajaran ini memuat sejarah islam dimasa lalu sehingga tugas guru SKI adalah membantu siswa mengaitkan peristiwa di masa lalu ke masa sekarang untuk diambil hikmahnya atau pelajaran yang dapat diambil. Dengan kemajuan teknologi informasi di masa sekarang dapat memudahkan guru dalam memberikan ilmunya, sebagaimana kurikulum sekarang adalah kurikulum merdeka dimana guru hanya bertindak sebagai fasilitator sedangkan siswa bertugas untuk menemukan masalah sendiri. Dengan siswa mencari dan menemukan masalah sendiri akan lebih efektif untuk siswa memahami materi SKI dibandingkan dengan metode ceramah yang diberikan oleh guru. Sehingga siswa dapat lebih mandiri dalam menuntut ilmu dan lebih memahami materi tersebut.

    BalasHapus
  38. Nama: Deah Yuliati
    NIM : 12001075
    Kelas: 6B

    BalasHapus
  39. Nama :Tri Nurrahmadaniah
    Nim : 12001059
    Kelas : 6B

    BalasHapus
  40. Nama : Erni Suherni
    NIM : 12001042
    Kelas : PAI 6B

    Alhamdulillah masih bisa diberi kesempatan untuk membaca artikel bapak kembali

    Sedikit meriew dari artikel yang saya baca ini mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam sangat penting bagi kita umat islam khususnya para pelajar yang memiliki intelektual daripada mereka yang terpelajar. Sehingga ilmu yang didapatkan dapat dimanfaatkan dan diamalakan sebagaimana yang telah diajarkan Al-quran dan As Sunah. Selain itu, sebagai golongan yang tepalajar dapat meningkatkan apresiasi mereka terhadap perkembangan islam.

    Dan bagi peserta didik nantinya Sesuai dengan namanya, SKI membahas tentang sejarah dari kebudayaan Islam itu sendiri. Dari zaman sebelum adanya Islam, proses masuknya Islam, Islam pada masa Nabi sampai islam sekarang. Mempelajari sejarah sangat penting bagi peserta didik, karena dengan mempelajari sejarah peserta didik akan mengetahui bagaimana perkembangan kehidupan khususnya Islam di zaman dulu yang kemudian diharapkan mampu mengambil hikmah dari peristiwa masa lampau.

    BalasHapus
  41. Nama : Oktafiana Rusli
    Nim : 12001072
    Kelas : 6B PAI

    BalasHapus
  42. Nama : Aning Sri Mintarsih
    Nim: 12001009
    Kelas :6B PAI
    Pentingnya materi SKI terletak pada kemampuan guru mempertautkan dua kondisi masa dunia yaitu masa lalu dengan masa sekarang. Maksudnya penghadiran sejarah masa lalu adalah fakta sedang penghadiran sejarah hari ini adalah nilai. Sifat materi berupa fakta sejarah benar-benar terjadi serta bisa dibuktikan dengan data, peristiwa, tokoh, tempat, waktu. Dalam ruang pembelajaran SKI, harus mencari nilai keteladanan dalam paparan sejarah. Jadi, dari SKI kita bisa mengambil pelajaran dan menemukan nilai-nilai keteladanan. Jika ditelaah dengan seksama tujuan pembelajarannya mengarah kepada
    Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai, dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

    BalasHapus
  43. Nama : Rusdiantari
    Nim : 12001320
    Kelas : 6B PAI

    BalasHapus
  44. Nama: Eci Hardiyanti
    NIM: 12001044

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Nama : Zulpitasari
    Nim : 12001348
    Kelas : 6B PAI

    BalasHapus
  47. Nama : Ria Eliana
    Nim : 12001064
    Kelas : 6B PAI

    BalasHapus
  48. Nama : Syarifah Rismaiyanti
    Nim : 12001076
    Kelas : 6B Pai

    BalasHapus
  49. Nama : Sri Nuriana
    Nim : 12001045
    Kelas : 6B PAI

    BalasHapus
  50. Nama : VITIANI
    Nim : 12001264
    Kelas : 6B

    Assalamu'alaiku warahmatullahi wabarakatuh saya sudah membaca dan memahami bloger yang telah bagikan, terimakasih telah diberi kesempatan untuk bisa mengambil ilmu penting nya belajar SKI di masa kini di jenjang pendidikan sekolah.

    Ski memberi banyak pembelajaran dari masa lampau untuk kita pahami dan nilai di masa kini, tak di pungkiri bahwa cerita panjang masa lampau itu adalah sebuah fakta yang terjadi. Penghadiran sejarah hari ini dikatakan sebuah nilai, karena terdapat fakta sejarah.

    Sifat materi SKI terdapat tokoh-tokoh agama yang dapat dipelajari mulai dari perjuangan, karakter, sehingga perjalanan dari tokoh-tokoh terdahulu bisa di ambil hikmah dan di contoh kebaikan nya.

    Pada saat ini SKI telah memanfaat kan iptek sebagai media belajar yang lebih mudah khusus nya untuk para siswa. Siswa tidak hanya belajar di ruang lingkup itu-itu saja, tetapi guru bisa mengajak siswa menggunakan ba

    BalasHapus
  51. Nama : Sarfina Anisa
    Nim : 12001008
    Kelas : 6B PAI

    BalasHapus
  52. Nama: Dela Sari
    Nim: 12001131
    Kelas: 6B PAI

    BalasHapus
  53. Nama: Putri Vika Italiya
    Nim: 12001003
    Kelas: 6b PAI

    BalasHapus
  54. Nama : Anisa
    Nim : 12001067
    Kelas : 6B Pai

    BalasHapus
  55. Nama : Akhlaqul Rachma Khasanah
    Nim : 12001018
    Kelas : 6B PAI

    BalasHapus
  56. Nama : Wina Syarfina
    Nim : 12001036
    Kelas : 6B PAI

    BalasHapus
  57. Nama : Bulan Vanessa Anugrah Permata
    Nim : 12001041
    Kelas : 6B Pendidikan Agama Islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Bayu
      Nim: 11901105
      kelas: 6B Pendidikan Agama Islam

      Hapus
  58. Nama : Maulidiatul Jannah
    Nim : 12201003
    Kelas : 2A Pendidikan Agama Islam

    BalasHapus
  59. Nama : Alya Rosalina
    Kelas :2A (PAI)
    Nim : 12201021

    BalasHapus
  60. Nama : Fikry Ali Syahbana
    Kelas : 2 A
    Nim : 12201031

    BalasHapus
  61. Nama: Seli wahdaniari
    Kelas : 2A
    Nim. : 12201035

    BalasHapus
  62. Nama : Tira Mauliza
    Nim : 12201007
    Kelas : 2A Pendidikan Agama Islam

    BalasHapus
  63. Nama: Nurhidayah
    Nim: 12201029
    Kelas: 2A Pendidikan Agama Islam

    BalasHapus
  64. Nama : Isman Nurhadi Abrar
    NIM : 12201034
    Kelas : PAI 2A

    BalasHapus
  65. Nama : Nurlita Sari
    Nim : 12201008
    Kelas : 2A PAI

    BalasHapus
  66. Nama: Khairul Bariyah
    Nim: 12201018
    Kelas:2a pai

    BalasHapus
  67. Nama : Jumarni Kurniasih
    NIM:12201017
    Kelas:2A PAI

    BalasHapus
  68. Nama: Awalia Ramadani
    Nim : 12201026
    Kelas : 2A
    Prodi : Pendidikan Agama Islam

    BalasHapus
  69. Nama : Muhammad Fahrul Ramadhan
    NIM : 12201004
    Kelas : 2 A PAI

    BalasHapus
  70. Nama : Nola Novianti
    Nim : 12201001
    Kelas : 2A PAI

    BalasHapus
  71. Nama:Mita Hardiyanti
    Nim :12201002
    Kelas : PAI 2A

    BalasHapus
  72. Nama : Nursyahirah
    NIM : 12201030
    Kelas : PAI 2A

    BalasHapus
  73. Nama: Lisa
    Nim: 12201006
    Kelas: Pai 2A

    BalasHapus
  74. Nama : Aidil Saputra
    NIM : 12201012
    Kelas : PAI 2A

    BalasHapus
  75. Nama : Siti Rahmah
    Nim : 12201027
    Kelas : 2A PAI

    BalasHapus
  76. Nama : Lilis Suryani
    Nim : 12201033
    Kelas : 2A PAI

    BalasHapus
  77. Nama : Aryaputra Wicaksono Annito
    NIM : 12201024
    Kelas : 2A PAI

    BalasHapus
  78. Nama : Muhammad firdaus
    Nim : 12201022
    Kelas :2A_PAI

    BalasHapus
  79. Nama: Leny Novita Sari
    Nim: 12201005
    Kelas: 2A PAI

    BalasHapus
  80. Nama: Putri Mauludia Yulanda
    Nim: 12201009
    Kelas: 2A PAI

    BalasHapus
  81. Nama: Muhammad Sakti Priyandaru
    Nim : 12201015

    BalasHapus
  82. Nama: Syarifah Assyifa
    NIM: 12201020

    BalasHapus
  83. Nama : Safitri Ida Dalilah
    Nim : 12201023

    BalasHapus
  84. Nama : Annisa Fitri Sakinah
    Nim : 12201010
    Kelas : 2 A Pai

    BalasHapus
  85. Nama: Suhud Abdillah
    Kelas : 2A PAI
    NIM: 12201025

    BalasHapus
  86. Nama : Azmi
    Kelas : 2A
    NIM : 12201036
    Prodi : PAI

    BalasHapus
  87. Nama : Maulidiatul Jannah
    Nim : 12201003
    Kelas : 2A PAI

    BalasHapus
  88. Nama: Alya Rosalina
    Kelas:2A (PAI)
    NIM: 12201021

    BalasHapus
  89. Nama : Lisa
    NIM : 12201006
    Kelas : 2A PAI

    BalasHapus
  90. Nama: seli wahdaniari
    Nim: 12201035
    Kelas: PAI 2A

    BalasHapus
  91. Nama: Nurhidayah
    Nim: 12201029
    Kelas: 2A PAI

    BalasHapus
  92. Nama : Faizul
    Nim : 12201019
    Kelas : 2 A PAI

    BalasHapus
  93. Nama: Mita Hardiyanti
    Nim: 12201002
    Kelas: 2A PAI

    BalasHapus
  94. Nama: Leny Novita Sari
    Nim:12201005
    Kelas:2A/ PAI

    BalasHapus
  95. Nama : Isman Nurhadi Abrar
    Kelas : PAI 2A
    NIM : 12201034

    BalasHapus
  96. Nama : Khairul Bariyah
    kelas : 2A
    Nim : 12201018

    BalasHapus
  97. Nama: Syarifah Assyifa
    NIM: 12201020
    Kelas: 2A PAI

    BalasHapus
  98. Nama : Muhammad firdaus
    Nim :12201022
    Kelas : 2A PAI

    BalasHapus
  99. Nama : Azmi
    NIM : 12201036
    Kelas : 2A

    BalasHapus
  100. nama : Safitri Ida Dalilah
    nim : 12201023
    kelas : 2 A

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN