PEMBELAJARAN SKI

 

PEMBELAJARAN SKI

Oleh
Ma’ruf Zahran

Menjadi guru SKI mempersyaratkan kompetensi profesional dalam arti penguasaan materi SKI. Ada guru SKI yang belum menguasai materi SKI, banyak faktor kendala yang menyebabkannya, ada kendala internal dan ada kendala eksternal. Namun kendala materi telah diringankan oleh media sosial yang sudah sangat  terbuka lebar sebagai jendela dunia. Bahkan materi SKI sudah tersedia di papan digital dalam keadaan siap diupload dimana saja dan kapan saja. Apakah papan-papan digital tersebut bisa memenuhi harapan pengajaran dan pendidikan? Atau justru dengan kesediaan materi siswa malah semakin meremehkan materi SKI, dan mereka hanya bermain "lato-lato." Bagaimana supaya pembelajaran bisa memberi arti di tengah-tengah percaturan globalisasi yang telah diatur secara digital. Tanpa menafikan perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, pembelajaran pun terkadang terkena imbas dan arusnya. Bahwa guru bukanlah satu-satunya narasumber materi SKI, materi SKI bisa datang dari media sosial yang terakses dalam lingkup internasional.  Kompetensi paedagogik pun dalam arti kemampuan menyampaikan materi sudah terakses dengan nyaman dan tersedia. Ketersediaan tutorial penerapan metode pembelajaran terkini, dimana laju pertumbuhan dan perkembangan teknologi pembelajaran digital lebih pesat dari pada ilmu-ilmu keguruan yang manual.

Mendobrak kultur pembelajaran pola lama mulai dihilangkan, minimal diblender antara pembelajaran online dan pembelajaran offline (dalam jaringan dan luar jaringan) atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang berbasis modul. Atau praktikum pembelajaran berbasis youtube, vicon, atau aplikasi lainnya. Keterbukaan pembelajaran saat ini sudah sangat mendunia. Hari ini manusia sudah tidak terelakkan lagi bahwa mereka berhadapan dengan segala yang bersifat online. Perencanaan berbasis online, data online sampai pembelajaran dan nilai online.

Pembelajaran SKI harus melibatkan kerja siswa dalam observasi kesejarahan, kebudayaan dan keislaman. Tiga pembahasan dalam SKI ini berarti harus diajarkan secara saling simultan, komprehensif, dan kooperatif, tanpa membuang salah satunya. Satu pembahasan SKI misal tentang materi "Hijrah Nabi Muhammad SAW" harus memuat tiga aspek pembahasan: Hijrah Nabi Muhammad SAW dalam tinjauan bahan kajian sejarah, bahan kajian kebudayaan dan bahan kajian Islam. Ketiga bahasan ini akan memantik banyak varian-varian baru yang oleh para sejarawan, budayawan dan agamawan  terdahulu belum ditemukan.  Pembelajaran yang penuh memberi arti (the meaning full) adalah pembelajaran yang menemukan corak baru, konversi, konvergensi dari khazanah keilmuan SKI yang telah mapan (establishment).

Sifat pembelajaran SKI yang secara simultaneously mengambil bahan sejarah, budaya dan Islam disampaikan secara utuh atau komprehensif dalam sajian Islam yang berkesejarahan dan sajian Islam yang berkebudayaan. Selain komprehensif juga holistik dan sistematik, holistik dalam arti sejarah adalah murni tanpa rekayasa. Artinya hati-hatilah dalam menjalani dan menapaki alur sejarah hari ini, sebab akan menjadi menjadi perhatian bagi ummat hari esok. Terutama pada aspek nilai atau hikmah (manfaat), kegunaan mempelajari SKI.

Pembelajaran SKI dalam praktiknya bisa mengambil beberapa variasi strategi dan variasi metode. Ada beberapa tawaran strategi seperti the power of two, modelling the way, critical incident, reading aloud, think phare share, reading guide, make a match, video comment, the roleplay, dan lain-lain. Semua materi sejarah dan kebudayaan adalah berbasiskan Islam sebagai barometernya. Posisi ajaran  Islam berkedudukan sebagai kritik sejarah dan kritik kebudayaan, bukan sebaliknya. Dengan dasar dalil-dalil Islam inilah sejarah berjalan. Sebab masa kenabian Muhammad SAW yang dipelajari selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari adalah masa turunnya wahyu. Semua peristiwa yang menyangkut hukum (syariat) Islam selalu mendapat legitimasi dalam Al-Quran dan As-Sunnah. Kondisi yang selalu terbuka untuk dipelajari, ditelaah tiada henti. Artinya, ilmu pengetahuan, sejarah, kebudayaan, peradaban, pendidikan, pembelajaran adalah item-item profan yang tidak tabu untuk diteliti, dicarikan dan ditemukan hakikatnya.

 

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama : Oktafiana Rusli
    Nim : 12001072

    Terima kasih pak..memang menjadi guru bukan lah suatu hal perkara yang mudah apalagi menjadi guru mata pelajaran khususnya SKI karena materi SKI ini sifatnya sesuai dengan kepanjangan SKI yakni menyangkut sejarah, kebudayaan, dan hal yang berhubungan dengan Islam pastinya. Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi seharusnya bisa memanfaatkan teknelogi tersebut seperti menggunakan internet untuk memperluas pemahaman terkait materi yang jbelum di pahami.

    BalasHapus
  3. Nama : Siti Nur Natiqoh
    NIM : 12001143

    Bismillah, terimakasih bapak atas pembahasan yang telah disampaikan dalam blog ini. Alhamdulillah, pembahasan yang diberikan sedikit banyak memberikan pengetahuan baru bagi saya sehingga saya dapat memahami sekaligus membayangkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran SKI melalui metode-metode atau media yang disebutkan.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama: Yossi Saputra
    Nim :12001079
    Bismillahirrahmanirrahim, terimakasih bapak

    Memang menjadi seorang guru itu haru memiliki. Pengetahuan tentang Keterampilan dan Kerajinan: Seorang guru SKI harus memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai keterampilan dan kerajinan, termasuk teknik, bahan, alat, dan proses yang terlibat dalam membuat bahan ajar, sehingga saya bisa memahami bagaimana cara membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi siswa siswi ,

    BalasHapus
  6. Nama :MUTIARA
    NIM:12001261

    Bismillahirrahmanirrahim.
    Terimakasih banyak pak atas pembahasan atau materi yang telah bapak sampaikan semoga bisa menambah wawasan saya dan menjadi ilmu yang barokah untuk saya dan teman teman amin.

    BalasHapus
  7. Nama : Anisa
    Kelas : 6B
    Nim : 12001067

    Terima kasih bapak atas sedikit gambarannya
    memang tidak mudah untuk menjadi seorang guru apalagi guru mapel SKI karena banyak menyangkut sejarah dan harus menguasai nya, guru yang mempunyai kreatifitas sangat di perlukan hingga pelajaran SKI dapat di cerna dengan mudah.

    BalasHapus
  8. Nama : Yudhistira Sananta
    NIM : 12001077

    Terimakasih kepada bapak yang telah membuat blog ini sehingga bisa memberikan informasi ataupun pengetahuan tentang bagaimana menjadi guru, terutama guru SKI yang baik dan berkompeten, dengan adanya tulisan bapak di blog ini memberikan saya informasi yang bermanfaat untuk dikemudian hari bisa saya aplikasikan ketika saya menjadi guru nantinya. Aamiinn

    BalasHapus
  9. Nama: Aning Sri Mintarsih
    Kelas: 6B PAI
    Nim : 12001009

    Materi kali ini membuka pikiran kita mengenai peran guru dan teknologi
    teknologi merupakan sarana mempermudah manusia dalam melakukan suatu pekerjaan. namun, tidak seutuhnya dapat diambil alih fungsi secara keseluruhan karena peran manusia sebagai profesi guru juga tentu terus diperlukan karena guru itu sndiri yang akan membimbing dan mengarahkan. Seluruh masyarakat mengenal bnyak fungsi teknologi namun dalam pemanfaatan nya juga bnyak yg berujung kepada dampak negatif maka dari itu guru dan orang tua memiliki peran pnting dalam memfasilitatorkan anak2 nya agar tidak menyalahgunakan sesuatu yg seharusnya memiliki bnyak manfaat namun malah menjadi Boomerang bagi kehidupan nya. adanya teknologi membantu guru bidang ski dalam memvariasikan macam model pembelajaran. Karena yg sudah kita ketahui pengajaran ski seringkali menggunakan metode ceramah yg monoton tidak menarik perhatian siswa dan siswa merasa bosan sehingga pembelajaran jauh dari kata menyenangkan. Maka dari itu hal ini adalah menjadi PR bagi guru ski agar bagaimana cara peserta didik dapat memahami dan mau mendengarkan kisah2 terdahulu dengan bergairah.

    BalasHapus
  10. Nama. : Amin Rais
    Nim. : 12001278


    Sejarah dan Kebudayaan Islam merupakan bagian penting yang tidak mungkin dipisahkan dari kehidupan kaum Muslimin dari masa ke masa khususnya bagi pendidikan di madrasah. Betapa tidak, dengan memahami sejarah dengan baik dan benar, baik guru maupun siswa bisa bercermin untuk mengambil banyak pelajaran dan membenahi kekurangan atau kesalahan mereka guna meraih kejayaan dan kemuliaan dunia dan akhirat.



    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Nama : Drastha Chika Pamalsya
    Nim : 12001268

    Setelah saya membaca artikel diatas dapat dipahami bahwa untuk menjadi guru SKI harus memiliki kompetensi profesional atau dapat dikatakan harus menguasai materi. Guru SKI dapat memanfaatkan media sosial untuk memberikan keringanan dalam penyampaian materi ajar serta kreatif dalam memilih strategi dan model pembelajaran.

    BalasHapus
  13. Nama: Putri Vika Italiya
    Nim: 12001003
    Kelas:6B

    Terima kasih atas materi yang bapak berikan, memang menjadi guru bukan lah mudah, apalagi guru yang mengampu pembelajaran SKI, seperti nama nya yaitu sejarah kebudayaan Islam yang bertujuan untuk mengetahui berbagai masalah kehidupan umat islam serta maju mundur nya kebudayaan Islam itu sendiri

    BalasHapus
  14. Nama : Aditya Wiguna
    NIM : 12001051
    Kelas : 6B


    Terimakasih kepada bapak yang telah membuat blog ini sehingga bisa memberikan informasi ataupun pengetahuan tentang bagaimana menjadi guru, terutama guru SKI yang baik dan berkompeten, dengan adanya tulisan bapak di blog ini memberikan saya informasi yang bermanfaat untuk dikemudian hari

    BalasHapus
  15. Nama : Rusdiantari
    Nim : 12001320
    Kelas : 6B PAI

    Di era yang serba digital adalah bentuk majunya teknologi dan sudah semestinya memudahkan kegiatan belajar mengajar, dengan adanya pembelajaran online seperti ini menjadi salah satu bentuk solusi untuk para guru dan juga para murid agar tetap belajar dimana dan kapan saja, terutama pada pelajaran SKI, pelajaran SKI sangat penting untuk diketahui para siswa karena didalam mata pelajaran SKi ini banyak pelajaran yang dapat dipetik. Untuk menjadi guru SKI juga tidak mudah karena banyak cerita sejarah yang harus diketahui dan cerita tersebut harus disampaikan kepada siswa tanpa rekayasa, untuk menyampaikan materi guru juga harus memiliki kreativitas yang tinggi dalam menerapkan strategi model dan metode agar pembelajaran menjadi mengasyikan dan dapat diterima oleh peserta didik

    BalasHapus
  16. Nama: Deah Yuliati
    NIM: 12001075
    Kelas: 6B PAI
    Izin berkomentar mengenai apa yang telah saya baca melalui blogspot ayah, bahwasannya memang benar pada zaman sekarang belajar apapun mudah diakses hanya dengan menggunakan handphone bisa mengakses informasi apapun yang kita cari. Ini merupakan suatu bukti perkembangan zaman yang sangat cepat, bahkan sekarang guru telah dikalahkan oleh canggihnya teknologi tetapi karena itu banyak guru yang juga semakin canggih dan banyak ilmunya karena banyak sumber yang didapat sehingga bisa dibagikan kepada siswanya. Dan juga SKI tidak terlepas dari sejarah, kebudayaan, dan Islam karena sangat penting untuk dipelajari agar orang zaman sekarang bisa mengerti dan belajar dari sebuah pengalaman orang terdahulu, orang yang hidup di zaman nabi. Kita sangat dianjurkan untuk mengambil hikmah yang positif sehingga dapat kita terapkan didalam kehidupan sehari-hari walaupun harus bersaing dengan teknologi. Ambil nilai positif dan buang nilai negatifnya. Dan sebagai calon guru apalagi calon guru SKI harus membudidayakan membaca banyak sejarah-sejarah Islam dan harus menyampaikan dengan benar karena jika salah menyampaikan maka orang yang mendengarkan juga akan menggiring opini-opini yang tidak baik. Semoga untuk kedepannya calon guru SKI akan lebih baik tidak gaptek dan lain-lain.

    BalasHapus
  17. Nama: Dela Sari
    NIM: 12001131

    Terima kasih banyak atas pengetahuan yang bapak sampaikan melalui blog ini, sehingga membuat saya mengetahui apa itu SKI, bagaiman menjadi guru SKI yang baik dan yang pasti saya mengetahui strategi apa yang sesuai untuk pembelajaran SKI. Dengan ilmu yang bapak sampaikan Insya Allah mempermudah saya untuk praktek mengajar aamiin

    BalasHapus
  18. Nama : Sri Nuriana
    Nim : 12001045
    Kelas : 6B / PAI

    Menjadi seorang guru tidak mudah apalagi di dalam mata pelajaran SKI, karena di mata pelajaran SKI mencakup banyak kisah² Nabi dan cerita² teladan Nabi.
    Dengan sifat pembelajaran SKI yang dapat dikatakan murni tanpa adanya rekayasa hal ini membuat segala hal baik sejarah dan kebudayaan di sampaikan dengan utuh.
    Semua peristiwa yang menyangkut hukum (syariat) Islam selalu mendapat legitimasi dalam Al-Quran dan As-Sunnah sesuai dengan hakikatnya.
    Hal ini dapat mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran dan mempermudah murid dalam menerima pembelajaran yang disampaikan oleh gurunya sendiri.

    BalasHapus
  19. Nama : Syarifah Rismaiyanti
    Kelas : 6B Pai
    Nim : 12001076

    Menjadi guru ski memang tidak mudah karena berkaitan dengan sejarah kebudayaan Islam sesuai dgn namanya ski berarti membahas sejarah kebudayaan Islam dan pada saat guru menjelaskan sejarah kebudayaan Islam agar para siswa tidak mudah bosan dengan pembelajaran guru harus kreatif, dan bisa membuatkan lebih berwarna dan tidak membosankan harus bisa menjelaskan dengan semenarik mungkin dan Sifat pembelajaran SKI yang disampaikan secara utuh atau komprehensif dalam sajian Islam yang berkesejarahan dan sajian Islam yang berkebudayaan .

    BalasHapus
  20. Nama : Rendy Ramadhani
    NIM : 12001078

    Setelah saya membaca artikel tersebut, saya mendapatkan gambaran dan wawasan dalam pembelajaran SKI ini. memang tidak mudah menjadi guru SKI yang harus memahami dan memiliki wawasan yang luas dalam memahami sejarah kebudayaan islam, tetapi melalui artikel yang singkat ini saya mulai memahami sedikit demi sedikit tentang SKI. terima kasih atas ilmu yang telah bapak berikan. semoga menjadi berkah bagi kami semua.

    BalasHapus
  21. Nama : Zulpitasari
    Nim :12001348
    Kelas : 6B PAI

    Terimakasih ayah atas pembahasan yang telah ayah sampaikan. Memang menjadi guru itu bukanlah suatu hal yang mudah apa lagi untuk mengajar pembelajaran SKI karena Sifat pembelajaran SKI itu yang secara simultaneously mengambil bahan sejarah, budaya dan Islam disampaikan secara utuh atau komprehensif dalam sajian Islam yang berkesejarahan dan sajian Islam yang berkebudayaan.
    Sekian Terimakasih.

    BalasHapus
  22. Nama : Alfin Mushonnif
    Nim : 12001080
    Setelah membaca artikelnya dpt sy pahami bahwa dalam mempelajari pembelajaran ski ini sangat membantu sekali dalam menambah wawasan kita terhadap sejarah dahulu yg tidak kita tau dngn adanya pelajaran sejarah kebudayaan islam jadi kita tau dejarah islam dahulu

    BalasHapus
  23. Nama : M. Tohir Ardiansyah
    Kelas : 6B
    Nim : 12001363

    Disini saya akan berkomentar tentang pembelajaran SKI.
    Menjadi guru ski memang tidak mudah yang mana pelajaran nha hanya tentang cerita atau kisah Nabi Muhammad SAW. Dan dapat di pastikan siswa pasti bosan mendengar kan pelajaran tersebut. Namun dengan pesat nya teknologi kita sebagai guru bisa memanfaatkan teknologi untuk membangun sebuah cara agar siswa merasakan senang ketika belajar.

    BalasHapus
  24. Nama : Ahmad Rofiq
    Nim : 12001277
    Kelas : 6B

    Terimakasih banyak pak ilmunya setalah saya membaca bisa termotivasi bahwasanya menjadi guru sejarah kebudayaan Islam sangat penting untuk menjaga pembalajaran sejarah kebudayaan Islam ini.

    BalasHapus
  25. Nama : Inda
    Nim : 12001061
    Prodi : PAI
    Kelas : 6 B

    Menjadi seorang tenaga pendidik tidaklah mudah seperti yang dikatakan khalayak,dibalik perjuangan menjadi tenaga pendidik tentunya banyak sekali tuntutan yang memang wajib kita lakukan dan laksanakan karena tugas guru tidak hanya mengajar namun juga mendidik terkhusus pada pembelajaran SKI ini tentunya wajib sekali mendalami ilmu pengetahuan terkait sejarah Islam dan sebisa mungkin memanfaatkan media sosial dalam berburu ilmu pengetahuan

    BalasHapus
  26. Nama : sarfina anisa
    Nim : 12001008
    Kelas : 6B PAI
    Bismillahirrahmanirrahim, Terima kasih atas ilmu yang bapak berikan untuk kami dan menjadikan kami paham penting nya belajar ski, dan semoga bapak bisa memberikan lagi ilmu ilmu untuk kami agar lebih paham dan bermanfaat untuk kedepannya aamiin

    BalasHapus
  27. Nama : Erni Suherni
    NIM : 12001042

    Alhamdulillah dengan artikel bapak kami bisa menambah literasi tentang pembelajaran ski, strategi pembelajaran yang cocok untuk diterapkan pada pembelajaran ski dan metode yang diterapkan.
    Terima kasih bapak semoga selalu memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kami dan sehat selalu untuk bapak🙏🏻

    BalasHapus
  28. Nama : Ria Eliana
    NIM : 12001064
    Kelas : 6B

    Masyaa Allah, tulisan yang luar biasa dari pak Ma'ruf Zahran. Terimakasih sebelumnya pak, setuju sekali bahwa memang iya menjadi seorang guru haruslah mampu dalam penguasaan materi. Dari itu dikatakan bahwa menjadi guru memang bukan suatu hal yang mudah, terlebih lagi guru khusus mata pelajaran. Contohnya SKI ini, banyak hal yang harus guru kuasai mulai dari sejarah-sejarah yang diakitkan dengan masa sekarang dll. Itu bukan perkara yang mudah dan itu bisa menjadi suatu kendala bagi seorang guru jika hanya mengadalkan pengetahuan maupun ingatan saja. Namun dizaman sekarang ini teknologi semakin canggih yang berarti pengetahuan maupun ilmu-ilmu yang akan didapatkan semakin luas sehingga guru bisa memanfaatkan teknologi tersebut sebagai media pembelajaran untuk memudahkan guru dan juga peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

    BalasHapus
  29. Nama : Akhalqul Rachma Khasanah
    NIM : 12001018
    Kelas : 6B

    Bismillah, masyaallah terimaksih pak...
    Jadi untuk menjadi guru sangat lah sulit, terutama guru di mata pelajaran SKI ini, karna halnya kita sebagai guru SKI harus lebih menguasai dalam materi yang ada pada pembelajaran ini yang mana harus banyak memahami sejarah-sejarah islam pada zaman dahulu untuk kita sampaikan kepada peserta didik kita. Dengan berjalannya waktu seperti ini, banyak peserta didik yang tidak mampu atau fokus dalam pembelajaran ini, karena adanya rasa bosan atau jenuh saat kita menyampaikan materi sejarah ini. maka dari itu kita sebagai guru SKI harus memiliki cara atau model pembelajaran lain sehingga membuat peserta didik lebih semangat dan bisa memahami pelajaran SKI ini. Karena pembelajaran SKI ini sangat perlu untuk kita mengetahui sejarah-sejarah islam apa saja yang pernah ada pada zaman dahulu.

    BalasHapus
  30. Nama : Bulan Vanessa Anugrah Permata
    Nim : 12001041
    Kelas : 6B

    Terimakasih bapak atas tulisan yang mengenai betapa pentingnya menjadi guru yang kompeten. Terutama menjadi seorang guru SKI. Karena, materi Sejarah Kebudayaan Islam ini menyangkut tentang sejarah, dan kebudayaan. Maka dari itu, sebagai seorang guru haruslah menjadi guru yang pandai dalam menyampaikan pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi informasi sekarang, harusnya guru lebih pandai dalam memanfaatkannya. Agar terciptanya suatu pembelajaran yang sudah direncanakan disebelumnya.

    BalasHapus
  31. Muhammad Rubai
    Kelas 6B
    12001245

    Tidak bisa kita pungkiri sejarah adalah acuan terhadap masa yang akan datang pembelajaran dari sejarah sejarah te dahulu sangat penting maka dari itu bukan kaah hak mudal untuk menjadi seorang ahli sejarawan karna di butuh kan banyak pengetahuan aktual tentang sejarah sejarah tersebut

    BalasHapus
  32. Nama : Hairunisa
    Nim : 12001058
    Kelas : 6B

    Pembelajaran SKI sangat diperlukan dalam dunia pendidikan untuk melestarikan sejarah-sejarah yang terdapat di dalamnya. Tentang sejarah para nabi dan rasul serta para sahabatnya, alangkah baiknya bagi para pendidik terus menanamkan nilai-nilai yang ada di dalam pembelajaran SKI ini. Mungkin ada beberapa peserta didik yang kurang meminati pembelajaran ini dikarenakan banyak beberapa tokoh yang sulit untuk dingat akan sejarahnya namun dengan terbiasa membaca terkait sejarah kebudayaan Islam dipastikan akan membantu peserta didik lainnya untuk mengingat dan mempelajari pembelajaran SKI dengan mudah.

    BalasHapus
  33. Nama : Marsilam
    Nim : 12001124
    Kelas : 6D

    Bismillah.
    Terimakasih banyak ya bapak sudah memberikan pencerahannya terkait mata kuliah pembelajaran SKI. Semoga dengan sekilas informasi yang bapak sampaikan kepada kami ini dapat memberikan kesiapan kepada kami untuk menempuh dunia PENDIDIK yang berkualitas dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

    BalasHapus
  34. Bismillahirrahmanirrahim...
    Nama : Tri Nurrahmadaniah
    Nim : 12001059
    Kelas : PAI 6B

    Alhamdulillah trimakasih atas pencerahan nya pak,menjadi guru memang bukan hal yang mudah tapi seiring berjalannya waktu ,dijalani dengan ikhlas dan ridho insyaallah kita bisa. Apalagi menjdi guru ski ini hari profesional sebab didalamnya mempelajari sejarah yang menyangkut hukum syariat yang termasuk dalam Al-quran dan hadits,yang mana sejarah ini akan di jadikan pusat perhatian untuk masa selanjutnya bagii ummat islam. Trimakasih banyak pak atas gambaran untuk kami yang insyaallah menjadi penerus selanjutnya, dan semoga bisa mnjadi guru yang profesional dalam mnjalankan amanah

    BalasHapus
  35. Nama : Putri Nurul Aini
    NIM : 12001306
    Kelas : PAI 6B
    Makul : Pembelajaran SKI

    Bismillah
    Memang benar bahwasanya menjadi guru bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi, jika berkaitan dengan materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di mana memang banyak faktor penyebab antara internal maupun eksternal. Apalagi dalam hal kurangnya penguasaan materi SKI tersebut. Namun, akan adanya kendala tersebut bukan berarti membuat keprofesionalan guru menjadi berkurang adanya teknologi yg semakin meningkat membuat guru semakin terbantu, guru bisa memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dengan baik.

    BalasHapus
  36. Nama : VITIANI
    Nim : 12001264
    Kelas : 6B PAI
    Setelah saya membaca menuurut saya Menjadi seorang guru tidak mudah apalagi di dalam mata pelajaran SKI, karena di mata pelajaran SKI mencakup banyak kisah² Nabi dan cerita² teladan Nabi.
    Dengan sifat pembelajaran SKI yang dapat dikatakan murni tanpa adanya rekayasa hal ini membuat segala hal baik sejarah dan kebudayaan di sampaikan dengan utuh.
    Semua peristiwa yang menyangkut hukum (syariat) Islam selalu mendapat legitimasi dalam Al-Quran dan As-Sunnah sesuai dengan hakikatnya.

    BalasHapus
  37. Nama: Muhammad Nabil
    Kelas: 5B
    Nim: 12001298

    Alhamdulillah, terimakasih saya ucapkan kepada bapak atas karya tulis ini sehingga menambah wawasan dan pengetahuan kami. terutama pengetahuan kami dalam bidang bagaimana menjafi guru SKI yang baik.

    BalasHapus
  38. Nama: Bayu
    Nim: 11901105
    Kelas: 6b

    Salah satu pembelajaran yang menyangkut tentang sejarah yaitu adalah ski, ski merupakan pembelajaran sejarah kebudayaan islam dimana pembelajaran ski ini menyangkut tentang semua sejarah terdahulu tentang sitem terbenthknya islam dan menyebarnya agama islam di seluruh masyarakat, sejatah harus terus berkembang dimana generadi muda jaman sekarang banhak yang melupakan sejarah dengan era globalisasi yang semakin buruk sekarang ini, unthk itu cara meningkatkan minat siswa untuk mempelajari tentang sejarah islam itu guru harus berperan penting dalam menjalankan strategi pembelajaran guna menyampaikan pembelajaran ski yang sangat penting ini sehingga agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran ski.

    BalasHapus
  39. Nama: Eci Hardiyanti
    NIM: 12001044
    Kelas: 6B

    Sekilas pengetahuan baru saya mengenai mata pelajaran atau mata kuliah SKI atau Sejarah Kebudayaan Islam yang mana pembelajaran ini sangat penting guna menyampaikan informasi terkait awal mula Islam disebarkan oleh nabi Muhammad SAW . Yang mana materi ini wajib disampaikan kepada berbagai penjuru pendidikan di Indonesia. Menjadi guru SKI juga tidak mudah, karena banyak sekali pemahaman pemahaman panjang tentang sejarah kebudayaan Islam yang harus kita kuasai untuk disampaikan dengan jelas dan tepat kepada siswa-siswi di sekolah. Pembelajaran SKI adalah bagian dari mata pelajaran PAI yang sangat penting untuk dipelajari untuk menambah wawasan keimanan dan keislaman

    BalasHapus
  40. Nama : Andreka Yuda Pratama
    Nim : 12001004
    Kelas : 6B

    Sebelumnya saya berterima kasih kepada ayah ma'ruf yang telah memberikan saya pemahaman terkait dengan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, adapun setelah saya baca dan pahami bahwa memang benar menjadi seorang guru Sejarah Kebudayaan Islam memang tidak mudah seperti apa yang kita dibayangkan dikarenakan seorang guru harus bisa menguasai materi Sejarah Kebudayaan Islam yang diharapkan pembelajaran dapat sesuai dengan apa yang direncanakan, namun seiring berkembangnya teknologi di zaman ini sangat mempermudah seorang guru untuk mencari materi Sejarah Kebudayaan Islam di media sosial yang banyak bertebaran baik itu artikel, website, blog dan lain sebagainya. tetapi jika dilihat media sosial sebagai sarana belajar Sejarah Kebudayaan Islam yang terbuka lebar justru berbanding terbalik dengan semangat antusias siswa belajar Sejarah Kebudayaan Islam di zaman klasik, yang mana sekarang banyak siswa yang lebih senang bermain game di handpone android mereka daripada belajar, akan tetapi saya selalu yakin dan percaya dari problematika belajar yang terjadi pada siswa di zaman sekarang ini ada peran guru sebagai tenaga pendidik yang berperan sebagai inspirator dan problem solving bagi siswa di zaman sekarang ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN