CAHAYA SEGEDONG 10

 


CAHAYA SEGEDONG 10
SEGUDANG KEBAIKAN

Oleh
Ma’ruf Zahran

CAHAYA SEGEDONG diujung sana ada sebutan desa gedung intan. Intan lambang mutiara, tapi terucap sebab berbentuk materi. Ada kekayaan yang tersembunyi (kanzun makhfiyyan) itulah Aku Allah yang Aku Allah sebutkan pada tataran asma Allah. Allah merupakan pangkat dari pangkat-pangkat nama (isim min asmaillahi ta'ala).

Ahadiyah Ahad dalam sifat bukan sifat yang bisa dicontoh, apabila ingin mencontoh sifatKu yang telah kusaring supaya Aku bisa dicontoh, maka ikutilah contoh yang telah Kuberikan kepada kekasihKu yang bernama Muhammad (terpuji), terpujilah Aku Muhammad, ikutilah sifatKu yang terdapat pada sifat kekasihKu yang terpuji (Muhammad), sehingga sifatKu terpuji. Ikutilah adabKu yang mirip tetapi tidak sama dengan adab terpuji (Muhammad) kekasihKu. Menjelma Muhammad-Muhammad-Muhammad- Muhammad-Muhammad yang beradab terpuji. Wadah Muhammad terpuji inilah nama dan sifat Aku Allah menempatinya. Berdasarkan firman Tuhan dalam surah Al-Ahzab ayat 21: "Sungguh pada diri Rasulullah  terdapat contoh tauladan yang baik, untuk orang-orang yang berharap berjumpa dengan Allah dan hari akhir serta banyak mengingat Allah."

Kandungan makna yang terdapat pada ayat 21 adalah sungguh-sungguh pada diri Muhammad mengandung sifat Muhammad, sifat Muhammad pada ruang lingkup tubuh jasmani dan sifat Muhammad pada ruang lingkup badan rohani.  Sifat Muhammadi berasal dari sifat Rabbani, bukan dari sifat Ahadi. Sebab rab adalah pangkat jabatan sifat Tuhan. Rabbur-rahman yang artinya Tuhan dengan sifat pengasih, rabbur-rahim yang artinya Tuhan dengan sifat penyayang, rabbul-halim yang artinya Tuhan dengan sifat penyantun, rabbul-ghafur yang artinya Tuhan dengan sifat maha pengampun.

Perbuatan Allah dalam sifat dan namaNya adalah qudrat dan iradatNya. Perbuatan Allah mengandung sir (jamak asrar) adalah rahasia. Hakikat rahasia mengapa Allah menyuruh berbuat dosa, dosa adalah makhluk bersifat kotor, tetapi  Allah sediakan penghapus dan pembersih yang bernama makhluk taubat. Hakikat Allah menjadikan kesenangan pada amal ibadah, tetapi didalam amal bagi 'amil dapat mengundang kesombongan, sebab amal dibalut dengan rasa kesucian. Allah adalah rahasia insan, insan adalah rahasia Allah. Bila terbuka rahasia, lalu berbebaslah insan dari penjara dunia.

Hakikat rahasia perbuatan Allah dalam gelombang nikmat adalah mengandung dua rahasia. Nikmat Allah mengandung rahasia kesyukuran dan nikmat Allah mengandung rahasia kekufuran. Sesungguhnya nikmat Allah itu netral, melainkan hakikat yang mendatangkan kebahagiaan adalah syukur, bukan nikmat. Rahasia yang mendatangkan kesengsaraan adalah kufur, bukan nikmat. Wallahu a'lam.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN