Islam di Spanyol - Ustadz H. Ma'ruf H. Zahran, S.Ag, M.Ag

Sejarah Peradaban Islam II - Islam di Spanyol
Oleh : Ustadz H. Ma'ruf H. Zahran, S.Ag, M.Ag

Pendahuluan

Islam pertama kali di bawa ke Spanyol (Andalusia) pada masa kepemimpinan panglima perang Thariq bin Ziyad, atau tepatnya dimasa kekuasaan kekhalifahan Walid bin Abdul Malik salah satu penguasa dari ke-Khalifahan Umayyah yang ada di Jazirah Arabia. Ketika Islam sudah menguasa Andalusia, banyak kemajuan-kemajuan yang mereka dapat, terutama kemajuan dibidang intelektual, yang meliputi filsafat, astronomi, sains, fiqih, musik dan kesenian, bahasa dan sastra sampai dengan kemegahanpembangunan fisik berupa istana dan taman-taman kota yang indah.

Sejarah Masuknya Islam Di  Andalusia

Asbania atau Iberia yang saat ini dikenal dengan Kerajaan Spanyol, semula berasal dari wilayah kekuasaan bangsa Vandal, yang kemudian oleh bangsa Arab disebut Andalusia. Andalusia pada abad ke-2 sampai dengan abad ke-5 menjadi wilayah Kekaisaran Romawi, tetapi kemudian ditaklukkan oleh bangsa Vandal pada awal abad ke-5 M. Selanjutnya datanglah bangsa Gothia Barat, memerangi dan mengusir bangsa Vandal sampai ke Afrika

Kemajuan Peradaban Islam Di Andalusia
1. Kemajuan Intelektual
    a. Filsafat
    b. Sains
    c. Fiqih
    d. Musik dan Kesenian
    e. Bahasa dan Sastra
    f. Kemegahan Pembangunan Fisik
    g. Cordova
    h. Granada

Faktor-Faktor Pendukung Kemajuan

Andalusia Islam, kemajuannya sangat ditentukan oleh adanya penguasa-penguasa yang kuat dan berwibawa, yang mampu mempersekutukan kekuatan-kekuatan umat Islam, seperti Abdur rahman al-Dakhil, Abdurrahman al-Wasith dan Abdurrahman al-Nashir.
Toleransi beragama ditegakkan oleh para penguasa terhadap penganut agama Kristen dan Yahudi, sehingga mereka ikut berpartisipasi mewujudkan peradaban Arab Islam di Andalusia. untuk orang-orang Kristen, sebagaimana juga orang-orang yahudi, disediakan hakim khusus yang menangani masalah sesuai dengan ajaran agama mereka masing-masing.

Kemunduran dan Keruntuhan Islam Di Andalusia

1. Penyebab dari dalam (Internal)
    a. Sistem pengangkatan ke Khalifahan kurang jelas
    b. munculnya Kerajaan-kerajaan Kecil
    c. Fanatisme Kesukuan
    d. Kesulitan Ekonomi

2.  Penyebab dari Luar (Eksternal)
    a. Kerena Wilayah Andalusia Terpencil
    b. Konflik Antara Islam dengan Kristen 

Penutup
Perjuangan Thariq bin Ziyad dalam membawa Islam ke Andalusia memang pada akhirnya mengalami kemenangan yang berdampak pada cermin masyarakat Eropa dimasa selanjutnya. Adanya islam di Andalusia, membuat Andalusia banyak mengalami perubahan, dan banyak sekali kemajuannya.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Bismillah, saya ingin bertanya pak🙏faktor apa saja yang menjadi penyebab konflik antara islam dengan kristen pak?

    BalasHapus
  4. Bismillahirrohmanirrohiim, dari tulisan yg saya baca di atas, saya ingin bertanya pak, dampak seperti apakah yg di jadikan cerminan oleh masyarakat Eropa dari kemenangan Andalusia saat masuknya Islam yg di bawa oleh Thariq bin Ziyad??🙏

    BalasHapus
  5. Berarti memang pada dasarnya filsafat pada zaman dulu pun sudah berkembang begitu pesat. Bahkan mungkin filsafat merupakan ilmu tetap yang selalu di gunakan pada zaman ke zaman

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Bismillah
    Dari tulisan yang saya baca diatas ada pertanyaan yang ingin saya tanyakan, bagaimana awal mula bangsa Arab menyebut Spanyol dengan sebutan Andalusia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklaah saya akan menambahkan jawaban yang sedikit saya baca dari pertanyaan kak mayang, Nama Andalusia berasal dari istilah Al-Andalus yang digunakan oleh orang Arab, berasal dari orang-orang Vandal yang telah menetap di wilayah ini.
      Jika ada kekeliruan tolong di perbaiki🙏

      Hapus
  8. Saya Ulfa Rahmaniah Al Qadri PAI 3C. MasyaAllah perjuangan menyebarkan Agama Islam sangat luar biar hingga di luar Arab. Izin bertanya, perkembangan Islam di Spanyol itu berapa tahun dan berapa periode?

    BalasHapus
  9. Bismillahirrahmanirrahim
    Saya ingin bertanya pak, mengapa bangsa gothia barat memerangi dan mengusir bangsa vandal sampai ke afrika

    BalasHapus
  10. Bismillah nama saya merry rahmawati PAI 3C. Izin bertanya pak. Mengapa Islam di Andalusia mengalami kemunduran dan keruntuhan Sedangkan sejak Thariq bin Ziyad membawa islam ke Andalusia akhirnya mengalami kemenangan?
    Mohon penjelasannya pak

    BalasHapus
  11. Terima kasih penjelasannya pak, disini saya ingin bertanya apa saja perubahan dan kemajuan yang ada pada andalusia pada saat datang nya islam

    BalasHapus
  12. Bismillah saya Yuliana kelas PAI 3 C , izin bertanya pak mengapa pada zaman islam di Andalusia mengalami kesulitan ekonomi sedangkan bisa dilihat dari penjelasan kemajuan peradaban islam itu sangat maju?

    BalasHapus
  13. Bismillah, saya Fina Syapitri Mahasiswi semester 3 PAI C, dari penjelasan di atas pak saya penasaran dengan runtuhnya peradaban islam di Andalusia, apa penyebab sistem pengangkatan kekhalifan itu kurang jelas pak?

    BalasHapus
  14. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, perkenalkan nama saya juliati, Nim (11901317) kelas 3 Pai C.
    Disini saya akan bertanya mengenai materi diatas.
    Diatas ditulis kan pada poin B bahwa Kemunduran dan keruntuhan kerajaan Islam di Andalusia disebabkan oleh munculnya kerajaan-kerajaan kecil, jadi kerajaan seperti apa itu dan apa faktor pengaruh nya terhadap Islam di Andalusia sampai pada akhirnya bisa menyebabkan kemunduran dan keruntuhan kerajaan Islam di Andalusia?
    Terimakasih 🙏
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  15. Assalammualaikum , saya Marina nim : 11901221
    Kalau dilihat dari blogspot bapak, saya ingin bertanya. Granada pada zaman sekarang apakah masih digunakan pak...

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum, nama Tri Noviliana (11901290) kelas PAI 3C
    Izin bertanya,
    faktor pendukung kemajuan peradaban Islam ialah adanya toleransi beragama yang ditegakkan oleh para penguasa terhadap Penganut Agama Kristen dan Yahudi sehingga mereka ikut berpartisipasi mewujudkanya, sedangkan dilihat dari penjelasan adanya konflik antara Islam dan Kristen yang menyebabkan kemunduran Islam,
    Pertanyaannya apa saja konflik yang menyebabkan kemunduran Islam di Andalusia?

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Bismillah.
    Saya Tri Wulandari (11901301) Mahasiswi PAI kelas 3C.
    Masha Allah, dilihat dari materi yang Bapak sampaikan itu sangat bermanfaat sekali. Singkat, jelas, dan padat namun mengandung penjelasan yang lengkap. Saya ingin bertanya Pak, pada poin "faktor internal kemunduran Islam di Andalusia itu salah satunya karena kesulitan ekonomi". Kenapa hal tersebut bisa terjadi Pak? Apa latarbelakang dari sulitnya ekonomi pada saat itu? Dan usaha apa saja yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan ekonomi pada saat itu?

    BalasHapus
  19. Bismillah, saya Reni Anggraini Gunawan (PAI 3C) ingin bertanya pak. Apa faktor munculnya kerajaan-kerajaan kecil, yang menjadi penyebab runtuhnya Islam di Andalusia? Terimakasih pak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN