KEYAKINAN KEPADA ALLAH


Oleh : Ustadz H. Ma'ruf Zahran, S.Ag, M.Ag

    Menurut kaidah Islam, konsepsi tentang Ketuhanan Yang Maha Esa disebut Tauhid. Ilmunya adalah Ilmu Tauhid. Ilmu Tauhid adalah ilmu tentang Kemaha Esaan Tuhan (Osman Raliby, 1980 : 8).
    Menurut Osman Raliby ajaran Islam tentang Kemaha Esaan Tuhan adalah sebagai berikut:
1.  Allah Maha Esa Dalam Zat-Nya
   Kemaha Esaan Allah dalam Zat-Nya dapat dirumuskan dengan kata-kata bahwa Zat Allah tidak sama dan tidak dapat dibandingkan dengan apapun juga. Dia unique (unik : lain dari semuanya), berbeda dalam segala-galanya. Zat Tuhan yang unik atau Yang Maha Esa itu bukanlah materi yang terdiri dari beberapa unsur bersusun. Ia tidak dapat disamakan atau dibandingkan dengan benda apa pun yang kita kenal, yang menurut ilmu fisika terjadi dari susunan atom, molekul dan unsur-unsur berbentuk yang takluk kepada ruang dan waktu yang dapat ditangkap oleh pancaindera manusia, yang dapat hancur musnah dan lenyap pada suatu masa.
2. Allah Maha Esa dalam sifat-sifat-Nya
   Dua puluh sifat Tuhan, yang disebut dengan Sifat Dua Puluh, yaitu (1) Ada, (2) Azal, tidak ada permulaan-Nya, (3) Kekal, Abadi tidak berkesudahan, (4) Berbeda dengan segala ciptaan-Nya (yang baru), (5) Berdiri sendiri, (6) Maha Esa, (7) Berkuasa, Maha Kuasa, (8) Berkehendak, (9) Maha Mengetahui, (10) Hidup, (11) Maha Mendengar, (12) Maha Melihat, (13) Maha Berkata-kata, (14) Dalam Keadaan Berkuasa, (15) Dalam Keadaan Berkemauan, (16) Dalam Keadaan Berpengetahuan, (17) Dalam Keadaan Hidup, (18) Dalam Keadaan Mendengar, (19) Dalam Keadaan Melihat, (20) Dalam Keadaan berkata-kata.
3. Allah Maha Esa dalam perbuatan-perbuatan-Nya.
  Pernyataan ini mengandung arti bahwa kita meyakini Tuhan Yang Maha Esa tiada bertara dalam melakukan sesuatu, sehingga hanya Dialah yang dapat berbuat menciptakan alam semesta ini. Perbuatan-Nya itu unik, lain dari yang lain, tiada taranya dan tidak sanggup pula manusia menirunya.
4. Allah Maha Esa dalam wujud-Nya.
   Ini berarti bahwa wujud Allah lain sama sekali dari wujud alam semesta. Ia tidak dapat disamakan dan di rupakan dalam bentuk apapun juga.
5. Allah Maha Esa dalam menerima ibadah.
   Ini berarti bahwa hanya Allah sajalah yang berkeh disembah dan menerima ibadah. Hanya Dialah satu-satunya yang patut dan harus disembah dan hanya kepada-Nya pula kita meminta pertolongan.
6. Allah Maha Esa dalam menerima hajat dan hasrat manusia.
  Artinya, bila seseorang manusia hendak menyampaikan maksud, permohonan atau keingginannya langsunglah sampaikan kepada-Nya kepada Allah sendiri tanpa perantara atau media apa pun namanaya.
7. Allah Maha Esa dalam memberi hukum.
    Ini berarti bahwa Allah lah satu-satunya Pemberi Hukum yang Tertinggi.

Rujukan
Buku            : Pendidikan Agama Islam
Karangan    : Prof. H. Mohammad Daud Ali, S.H

Komentar

  1. Nama : Darmiati
    Nim : F1051201007
    Prodi : Pend. Fisika

    Subhanallah , tiada tuhan selain Allah, dengan membaca ini saya menjadi lebih mengerti tentang ilmu tauhid, Allah adalah pengadil yang sedail-adilnyaa, semoga selalu dalam rahmat Allah dan selalu sehat aamiin ya robbal'alamin

    BalasHapus
  2. Nama : Sulastri
    Nim : F1051201039
    Prodi : pendiikan fisika
    Subhanalla,tiada tuhan yang patut di sembah selain Allah Dengan membaca ini saya mengetahui ilmu tauhid, sifat" nya serta masih banyk lagi yang dapat kita ketahui dari
    Karangan bapak di atas tentang tauhid .semonga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu sehat Aamiin

    BalasHapus
  3. Nama : Helsi Hardiana
    NIM :F1051201002

    ALLAHUAKBAR, Tiada sekutu bagi Allah
    Maha semourna dalam sifat, zat, dan kehendaknya

    Allah yang memelihara segala sesuatu, yang mengabulkan eprmohonan hambanya

    Maka cukuplah dengan adanya alam ini sebagai bukti ke-Esaan Allah Swt.

    BalasHapus
  4. Nama :Nada Liah
    Nim : F1051201009
    Subhanallah, maha besar Allah, hanya kepadanya kita hidup dan mati, tiada tuhan yang patut di sembah selain Allah SWT, dengan membaca ini kita dapat mengetahui ilmu tahuid, jangan sekali kali kita lalai dalam mengerjakan perinta allah karena dia lah satu-satunya Pemberi Hukum yang Tertinggi dan mengadili manusia dengam seadil adilnya.
    Semoga kita semangki menjadi manusia yang lebih baik, dan selalu mengingat Allah.

    BalasHapus
  5. Nama : Detya Anfaal Saputri
    NIM : F1051201031

    Subhanallah.. Sungguh maha Esa Allah, tiada Tuhan selain Allah, semoga kita semua selalu ingat akan kuasa Allah SWT, dan selalu memohon ampun kepada-Nya.

    BalasHapus
  6. NAMA : QADRIN JENIRIA
    NIM : F1051201021
    PRODI : PENDIDIKAN FISIKA

    Allahuakbar, sungguh tiada tuhan selain Allah, sangat bermanfaat sekali ketika membaca ini, saya lebih mendapatkan banyak ilmu, dan lebih tau tentang Kemaha Esaan Tuhan.

    semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT

    BalasHapus
  7. Nama : Vitra Arya
    Nim. : F1051201013

    Kita harysmencintai Allah dan mematuhi segala perintah dan menjauhi segala larangan Allah dengan selalu menegakkan tauhid. Allah akan menambah nikmat-Nya dan menjadikan kita itu orang yang dicintai diantara manusia dan Allah menjaga kita dari setiap gangguan.

    BalasHapus
  8. Nama : Rini Munawirah
    Nim : F1051201022
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Subhanallah hanya Allah swt yang wajib disembah oleh umat manusia, Sungguh Allah swt lah yang Maha sempurna dalam sifat, zat dan perbuatan nya yang melakukan sesuatu.
    Semoga kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjadi orang yang diterima amal ibadah oleh Allah swt aamiin.

    BalasHapus
  9. Nama : Khairunnisa Afiqah
    NIM : F1051201003
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Hanya kepada Allah, tuhan seluruh alam yang berhak disembah. Hanya kepada-Nya lah kita memohon ampun serta terus bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan. Semoga kita dapat menjadi makhluk yang taat kepada Allah Subhana wa taala.

    BalasHapus
  10. Nama : Siti Rahma Yunita
    NIM : F1051201011

    Masya Allah Allahuakbar
    Sungguh tidak ada yang mampu menandingi keesaan Allah tuhan yang menciptakan segala apa yang ada di langit dan di bumi. Semoga kita semakin beriman kepada-Nya dan mampu menjalankan rukun islam dan rukun iman dengan sebaik-baiknya. Aamiin

    BalasHapus
  11. Nama : Sapna Yulianti
    Nim : F1051201033
    Prodi : pendidikan fisika
    Subhanallah, Maha suci allah yang telah menciptakan kita dengan sebaik-baiknya,,maka dari itu betapa buruknya kita sebagai manusia. Apabila tidak meng-Esa kan Allah. Terimakasih bapak yang sudah menjabarkan semuanya sehingga saya lebih paham tentang ilmu tauhid

    BalasHapus
  12. Nama: Rizky Rahmadani
    NIM: F1051201018

    MasyaAllah, Allah yang menciptakan semua yang ada di muka bumi ini, tiada tuhan selain Allah SWT, wajib kita bersyukur atas apa yang sudah di berikan kepada kita semua dengan paparan penjelasan diatas , segala masalah apa pun yang akan kita hadapi pasti Allah SWT lah penolong bagi setiap umat nya, semoga kita selalu dalam perlindungan -Nya. Dan semoga selalu dilimpahkan rahmat-nya .
    Senantiasa selalu bersyukur.

    BalasHapus
  13. NAMA : Chindy Aurellia Novithania
    NIM : F1051201035
    PRODI : PENDIDIKAN FISIKA

    Allahuakbar, sungguh tiada tuhan selain Allah, sangat bermanfaat sekali ketika membaca ini, dengan membaca ini pengetahuan saya tentang tauhid lebih luas.
    terimakasih atas ilmunya pak

    BalasHapus
  14. Nama: Nur Ulviani
    NIM: F1051201032
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Subhanallah, sungguh Allah maha Esa, tiada Tuhan selain Allah, semoga setelah membaca ini kita dapat melihat kekuasaan-Nya dan slalu bersyukur akan nikmat yang diberi-Nya

    BalasHapus
  15. Masyaallah,betapa sadarnya saya saat membaca ini,saya merasa sangat perlu untuk lebih memperdalam lagi ilmu yang ada
    Semoga hal ini dapat saya tanamkan didiri amin

    BalasHapus
  16. NAMA : MUFLIH YOGO WALANGGA
    NIM :F1051201014
    PRODI :PENDIDIKAN FISIKA

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Alhamdulillah setelah membaca artikel Bapak banyak pelajaran yang saya dapatkan tentang Tauhid dan kita tahu bahwa Allah merupakan memang satu-satunya yang paling sempurna yang berada di alam semesta ini dari segi manapun tidak ada yang menandinginya sehingga kita dapat bersyukur menciptakan olehnya Sekian dari saya Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Subhanallah tiada Tuhan selain Allah 🙂sungguh bermanfaat sekali artikel ini semoga kita tetap bersyukur dan senantiasa mengingat Allah SWT

    Utin Selviana
    F1051201040

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Nama:istiqomah
    Nim:F1051201041
    Subahanallah,assalamualaikum bapak,saya setuju dengan bapak
    Manusia mempunyai akal tapi tidak semua ny mempunyai ilmu,sekarang sudah banyak orang tidak mengendalikan nafsu nya sehingga hilang akal,smoga kita tetap dalam lindungan allah swt.

    BalasHapus
  21. NAMA : ARDI
    NIM : F1051201028
    PRODI : PENDIDIKAN FISIKA

    MasyaAllah
    Tauhid merupakan dasar agama Islam yang secara persis diungkapkan dalam frasa “Lā ilāha illallāh.
    Tapi kita sebagai umat Islam mengungkapkan tidak hanya dengan kata-kata jika kita cinta serta mengakui pencipta kita itu ada, maka harus kita buktikan. Dengan apa kita membuktikan nya?
    Kerjakan apa yang diperintahkannya dan meninggalkan apa yang dilarangnya.

    Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah. Semoga kita tetap istiqamah dijalan Allah. Teguhkan hati dan tetap Zuhud agar kita selalu mengingat Allah.

    Terima pak ilmu hari ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  22. Nama: Ardha Ardianti
    NIM: F1051201030

    Masya Allah, sungguh tiada Tuhan selain Allah, betapa harus bersyukurnya kita kepada Allah atas semua nikmat yang diberikan oleh-Nya, dan Alhamdulillah saya lebih mengenal apa itu tauhid. dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Allahumma Aaminn

    BalasHapus
  23. Nama : Maharani
    NIM : F1051201025
    Prodi : Pendidikan Fisika

    MasyaAllah allahuakbar betapa agung sang Maha pencipta tiada Sekutu dan tiada banding untuk nya.

    قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾
    1. Katakanlah (Muhammad), "Dialah Allah, Yang Maha Esa.
    (QS al-ikhlas ayat 1)
    Ahad = 1
    MasyaAllah betapa tiada yang lebih tinggi bandingan nya kecuali dia yang maha Kuasa
    Berapa banyak nikmat yang kadang kita lalai dalam mensyukuri nya. Nikmat bernafas, nikmat hidup dan nikmat makan, nikmat tidur. Dan masih banyak nikmat lainnye. Masih kah kita akan lalai padanya? Masih kah kita akan mengingkari segala nikmat nya.
    Jadi masih kah ragu akan keyakinan kepada Allah.
    Naudzubillah jika masih ragu.
    Tarus bersyukur dengan apa yang ada. Terus beristighfar dengan segala dosa dan selalu lah zikrullah agar engkau tidak futur terhadap semuanya

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama: Rizki Amalia
    Nim : F1051201036

    Subhanallah, wala ilaha illallah , Allahuakbar.
    Dalam konsep tauhid Islam yang menyatakan keesaan Allah. Islam mengajarkan bahwa Allah esa (satu) tidak dari segi bilangan. Melainkan dari segi bahwa Allah tidak mempunyai sekutu atau serupa. Allah satu dari segi Dzatnya, dengan makna bahwa tidak ada dzat yang serupa dengan Dzat Allah.
    Lailahailallah (tidak ada yang berhak disembah selain Allah)
    Dengan membaca artikel ini sangat dapat menambah wawasan dan ilmu dalam beragama dalam menjalankan perintah-Allah.. menjauhi larangannya.. dan memperkuat keimanan dalam melaksanakan ibadah.. Sungguh maha suci Allah.. pencipta seluruh alam beserta isinya.

    BalasHapus
  25. Nama : Dayang AyuWandira
    NIM : F1051201015

    Bismillah
    Mashaallah, tiada tuhan selain Allah. Allah maha sempurna.
    Semoga kita semua dapat mempelajari ilmu tauhid lebih dalam, dan segala amal ibadah yang kita kerjakan diterima di sisi Allah SWT.
    Hendaknya kita sebagai umat mnusia selalu berhati hati dalam perbuatan karena semuanya akan kita lakukan di dunia akan dipertanggung jawabkan di akhirat

    BalasHapus
  26. Nama: khairin herawati
    Nim: f1051201042
    Prodi: pendidikan fisika

    Subhanallah,sungguh indah sekali sifat yang dimiliki allah,keesannya,keagungannya tidak ada siapapun yang bisa menandingi.allah maha besar yang menciptakan manusia,langit dan bumi,yang mengatur segala yang ada didunia ini.semoga kita sebagai umatnya patuh akan kewajibannya dan menjauhi larangannya

    BalasHapus
  27. Nama: khairin herawati
    Nim: f1051201042
    Prodi: pendidikan fisika

    Subhanallah,sungguh indah sekali sifat yang dimiliki allah,keesannya,keagungannya tidak ada siapapun yang bisa menandingi.allah maha besar yang menciptakan manusia,langit dan bumi,yang mengatur segala yang ada didunia ini.semoga kita sebagai umatnya patuh akan kewajibannya dan menjauhi larangannya

    BalasHapus
  28. Nama : Muhammad Irfan
    NIM : f1051201027
    Prodi : Pend.fisika

    kita tahu bahwa Allah merupakan memang satu-satunya yang paling sempurna yang berada di alam semesta ini dari segi manapun tidak ada yang menandinginya sehingga kita dapat bersyukur menciptakan olehnya

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Nama:Ari fatul Fadila
    Nim: F1051201043
    Subhanallah tiada tuhan selain Allah dengan membaca karangan ust di atas kita patut percaya tiada tuhan selain Allah dan juga kita harus percaya bukti Allah itu ada.
    Semoga amal kita slalu di terima oleh Allah SWT agar selalu percaya atas zat Allah.

    BalasHapus
  31. Bismillah,
    Nama : Veren Pramestya Anantasa
    NIM : F1051201029
    Prodi : Pendidikan Fisika

    MaasyaaAllah...
    Pentingnya belajar tauhid karena Allah menciptakan kita untuk mentauhidkan-Nya. Selain itu Tauhid juga sebab dihapuskannya segala dosa.
    Dan masih banyak lagi pentingnya belajar tauhid.
    Semoga kita semua selalu didalam lindungan Allah Subhanahuwa Ta'ala

    BalasHapus
  32. Nama : Diena Khairunnisa
    NIM : F1051201019
    Prodi : Pendidikan Fisika

    MasyaaAllah, sungguh nyata kebesaran Allah dan saya semakin yakin bahwa hanya Allah lah Tuhan kita satu satunya.
    Jazakallah khairan pak atas ilmunya

    BalasHapus
  33. Nama : Ragilia An'nur Fadilah
    Nim : F1051201026

    MashaAllah semoga kita selalu bersyukur atas rahmat dan rezeki yang telah allah berikan kepada kita maka kita percaya dengan bersyukur dan selalu berfikir optimis kepada-nya, maka allah akan memberikan nikmat dan rezeki yang berlipat ganda.

    BalasHapus
  34. Nama : Laras Prameswari
    NIM : F1051201037
    Prodi : Pendidikan Fisika

    MasyaAllah sungguh kebesaran Allah MahaPencipta memiliki semua sifat yang tidak dapat ditandingi oleh semua makhluk dan tidak ada satupun makhluk yag berani menyamakan dirinya dengan Allah Swt.. Dengan ilmu tauhid ini kita dapat mengerti pentingnya mengetahui sifat-sifat Allah Swt. agar kita selalu ingat bahwa kita tidak boleh bersifat angkuh ataupun sombong sesama manusia serta membuat kita merasa takut akan melanggar larangannya. Selain itu, sudah seharusnya kita menjalankan segala perintah Allah atas dasar kekaguman kita dan ingin hati kita selalu dekat dengan Allah Swt.. Hanya dengan mengingat Allah, Insya Allah hidup kita merasa tenang dan selalu mensyukuri karunia yang Allah diberikan.
    Jazakallah Khairan atas ilmunya pak.

    BalasHapus
  35. Nama : RITA LISNAWATI
    NIM : F1071201035
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    MasyaAllah, setelah membaca materi di blog ini saya menjadi sedikit lebih banyak memahami tentang Ilmu Tauhid, dan mengetahui bahwa Allah SWT adalah sebaik baik nya untuk di sembah, tiada Tuhan selain Allah SWT.
    Semoga kita semua selalu bersyukur dan senantiasa mengingat serta berada dalam lindungan Allah SWT aamiin ya robbal alamin
    Terimakasih atas ilmu nya, Pak

    BalasHapus
  36. Nama: Linda Rahmawati
    NIM : F1071201047
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: F1071201047

    Masya Allah.. Kekuasaan Allah amatlah besar, tiada satu makhluk pun yang dapat menandinginya. Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah, aamiin..

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu

    Nama : Filza Asqurini
    Nim : F1071201046
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1A2

    Keyakinan terhadap Sang Pencipta (Allah) haruslah menjadi dasar keimanan seseorang dalam perannya sebagai hamba Allah SWT. Dengan ilmu yang bapak berikan ini, saya dapat mengetahui ilmu-ilmu tauhid, serta dapat meyakini ilmu ini dengan sebenar-benarnya.

    BalasHapus
  38. Nama : Filza Asqurini
    Nim : F1071201046
    Prodi : F1071201046
    Kelas : 1A2

    Terimakasih atas ilmu nya pak, saya dapat mengetahui pelajaran ilmu tauhid ini dapat meyakini ilmu ini sebenar-benarnya. Keyakinan terhadap Sang Pencipta (Allah) haruslah menjadi dasar keimanan seseorang dalam perannya sebagai hamba Allah SWT.
    Terimakasih

    BalasHapus
  39. Nama: Muhammad Fadhel Ishak
    NIM : F1051201001
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1A1

    Alhamdulillah setelah membaca uraian di atas saya bisa mempelajari tentang Ke Maha Esaan Allah yang sangat hebat. Zat Allah dan Sifat-sifatNya merupakan yang terbaik yang tidak ada tandingannya. Sehingga umat manusia sangatlah rugi bila tidak beriman serta mempelajari sifat sifatNya. Dengan mempelajarinya niscaya dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah dalam menjalankan perintahNya, serta menjauhi laranganNya

    BalasHapus
  40. Nama : Inne Aqmarina Filza
    NIM : F1071201031
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Subhanallah, hanya Allah SWT yang wajib disembah oleh umat manusia, sungguh indah sekali sifat yang dimiliki Allah. Semoga kita semua dapat mempelajari ilmu tauhid lebih dalam, dan segala amal ibadah yang kita kerjakan diterima di sisi Allah SWT.

    BalasHapus
  41. Nama: Al Husairi
    NIM : F1051201006
    Prodi : pendidikan Fisika
    Kelas: 1A 1

    Masya Allah, Allahu Akbar. Sungguh besar kuasa Allah SWT. Allah maha Esa tiada sekutu bagi-Nya. Marilah kita selalu yakin kepada Allah SWT dan marilah kita selelu percaya bahwa azab Allah sangatlah pedih.

    BalasHapus
  42. Nama : Azijah
    NIM : F1071201042
    Prodi :Pendidikan Biologi

    Masya Allah. Tiada Tuhan yang patut disembah selain Allah. Dan Allah akan memberi balasan yang adil di hari pembalasan nanti untuk umatnya. Terima kasih untuk ilmunya pak, semoga tetap di dalam lindungan-Nya.

    BalasHapus
  43. Nama : Tiara Marantika Natalia
    Nim : F1071201027
    Prodi : pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    MasyaAllah, setelah membaca blog ini saya sedikit memahami tentang ilmu tauhid yang selama ini saya tidak ketahui. Dan kekuasaan Allah amatlah besar, tidak ada satupun makhlukpun yang dapat menandingi Allah SWT.

    BalasHapus
  44. Nama : Ria Amanda
    Nim : F1071201007
    Prodi : Pendidikan biologi

    Hanya Allah lah tuhan yg patut di sembah,hanya Allah lah tempat memohon pertolongan,hanya dialah yg bisa membolak balikan hati seseorang. Allah maha kuasa Allah maha bijaksana,memintalah hanya kepada nya,selalu libatkn Allah dalam segala hal,selalu bersyukur dalam keadaan apa pun,selalu ingat Allah akan bersama hamba nya yg sabar.

    Artikel bapak ini memang luar biasa,di jelaskn dgn singkat namun juga mudah di pahami. Semoga Allah selalu melindungi bapak sehingga bisa lebih banyak membuat blog blog seperti ini. aaminn
    Saya ucapkn terimakasih atas ilmu nya ini pak

    BalasHapus
  45. Nama : Fitria Salwa Nadia
    NIM : F1071201023
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1


    Allah ialah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan Selain Allah. Tak ada tempat lain untuk mengadu, selain kepada Allah SWT. Allah Maha Esa Dalam Zat-Nya, Allah Maha Esa dalam sifat-sifat-Nya, Allah Maha Esa dalam perbuatan-perbuatan-Nya, Allah Maha Esa dalam.wujud-Nya, Allah Maha Esa dalam menerima ibadah, Allah Maha Esa dalam menerima hajat dan hasrat manusia, serta Allah Maha Esa dalam memberi hukum.


    Dari membaca uraian blog bapak, Alhamdulillah pikiran saya menjadi terbuka, wawasan saya bertambah, dan keyakinan saya terhadap Islam semakin kuat.
    Terima kasih pak, semoga Bapak selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamiin

    BalasHapus
  46. Nama : Erni Sulistiyowati
    NIM : F1071201049
    Prodi : Pendidikan biologi
    Kelas I-A2
    MasyaAllah, Maha Besar Allah dengan dengn segala kuasa-Nya.Tidak ada Tuhan selain Allah yang patut untuk disembah dan kepada Allah- lah kita meminta pertolongan. Terimakasi pak ilmunya. Semoga kita semua selalu ada pada lindungan Allah dan sesantiasa mengingatkan kebaikan kepada orang lain

    BalasHapus
  47. Nama : Desti Priandiani
    Nim : F1071201052
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Subhanallah , Allahu akbar , maha besar dengan segala keagungannya , sang maha sempurna. Tidak ada tuhan selain Allah.
    Betapa beruntungnya manusia yang belajar ilmu tauhid . Terima kasih atas artikelnya Pak sungguh sangat bermanfaat bagi saya yang masih kurang ilmunya tentang agama ini .

    BalasHapus
  48. Nama : putri sekarayu
    Nim : f1071201006
    Prodi : pendidikan biologi

    MasyaAllah, sungguh besar kuasa Allah ,hanya Allah yang menciptakan semua yang ada di muka bumi ini, tiada tuhan selain Allah SWT, hanya Allah SWT yang wajib disembah oleh umat manusia.

    BalasHapus
  49. Nama : Eria Fitriani
    NIM : F1071201013
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masyaallah ,tiada Tuhan selain Allah
    Allah Maha pengasih lagi Maha penyayang ,dengan adanya keyakinan kepada allah akan membangkitkan kesadaran bagi pemeluknya ketika hendak melakukan maksiat dan durhaka kepada Allah SWT.“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, Maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.” (Al-A’raaf: 201).
    hanya allah yang patut kita sembah ,dari artikel ini banyak sekali ilmu yang saya dapat
    Trimakasih Ilmunya pak.

    BalasHapus
  50. Nama : Siti Nurhasanah
    NIM : F1071201039
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu.
    Subahanallah, Masyaallah Hanya Allah lah tuhan yg patut di sembah,tida tuhan selain Allah hanya Allah lah tempat memohon pertolongan,hanya dialah yg bisa membolak balikan hati seseorang.
    Dan allah itu maha adil, dan bijaksana.
    Ingat dengan hanya mengingat Allah lah hati menjadi tenteram (tenang)
    (Q. S ar-ra'd : 28)

    BalasHapus
  51. Nama : Fadhelia Maudy
    NIM : F1071201032
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Subhanallah, tiada tuhan melainkan Allah yang tidak sama dan tidak dapat dibandingkan dengan apapun juga, yang memiliki sifat-sifat baik, yang menerima hajat dan hasrat serta memberikan keadilan seadil-adilnya kepada makhluk ciptaannya. Semoga kita sebagai makhluk ciptaan Allah yang diberikan akal pikiran selalu mengingat dan menjalankan perintahnya.

    BalasHapus
  52. Masya Allah, tiada tuhan selain Allah,hanya Allah tempat memohon pertolongan dan segalanya.


    Emang tidak salah kita membaca artikel ini yang singkat dan jelas dan dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah dalam menjalankan perintahnya serta menjauhi larangannya

    BalasHapus
  53. Nama: Najla Noviyani
    NIM: F1071201034
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masya Allah, sudah sepatutnya kita sebagai umat-Nya utk percaya bahwa dengan Allah lah kita patut bersyukur. Dengan mengetahui ilmu tauhid kita tau bahwa Allah maha Esa tiada sekutu bagi-Nya

    BalasHapus
  54. Nama : Azfa Fadhilah
    NIM : F1071201044
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masyaallah ,tiada Tuhan selain Allah
    Allah Maha pengasih lagi Maha penyayang ,dengan adanya keyakinan kepada allah akan membangkitkan kesadaran ketika hendak melakukan maksiat dan durhaka kepada Allah SWT.
    Terimakasih atas ilmunya Pak 🙏

    BalasHapus
  55. Nama : Dini Tiara Andini
    Nim : F1071201017
    Prodi : Pendidikan biologi

    Masya allah, tiada tuhan selain Allah.
    Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah, karena tidak sekutu bagi Allah, maka ketika beribadah kepada Allah dilarang untuk bersekutu dengan hal yang lain selain Allah SWT.

    BalasHapus
  56. Nama : Nur Afifah Fitriana
    NIM : F1071201040
    Prodi : Pendidikan Biologi [I-A2]

    Mahasuci Allah, tiada Tuhan selain Allah ,hanya kepada Allah kita menyembah dan hanya kepada Allah kita mohon pertolongan. Dengan ilmu tauhid ini mengajarkan kita untuk tunduk dan patuh hanya kepada Allah, dosa menyekutukan Allah adalah dosa yang tidak diampuni. Semoga kita dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan kita terhindar dari perilaku syirik.
    Terimakasih

    Jazakallah khair

    BalasHapus
  57. Nama : Ariswandi
    Nim : F1071201041
    Kelas : I-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masyaallah, Sungguh besar kuasa Allah SWT. Tiada tuhana selain Allah.

    Dari artikel ini saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat. salah satunya ialah pembelajaran ilmu tauhid kita dapat mengerti pentingnya mengetahui sifat-sifat Allah Swt. agar kita selalu ingat bahwa kita tidak boleh bersifat angkuh ataupun sombong sesama manusia serta membuat kita merasa takut akan melanggar larangannya.
    Saya ucapkan Terima kasih pak

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Nama : Putri Shaumi Ramadhaniah
    NIM : F1071201036
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Subhanallah , tiada tuhan selain Allah, hanya Allah lah Tuhan Yang Maha Esa tiada sekutu bagi-Nya. Dengan membaca artikel ini saya jadi mengerti tentang ilmu tauhid, terimakasih atas ilmu yang bapak berikan
    ..

    BalasHapus
  60. Nama :Ananda Dwi Putri
    Nim:F1071201012
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas:A-1

    MasyaAllah, Maha Besar Allah dengan segala Kuasa-Nya,hanya Allah yang mampu menciptakan semua yang ada di bumi ini, hanya Allah lah tempat memohon ampun dan meminta pertolongan. Semoga kita selalu bisa mengingat dan menjalankan perintahnya.

    BalasHapus
  61. Nama : jihan shakina nilanti
    NIM : F1071201057


    terima kasih pak atas ilmu nya semoga bermanfaat bagi semua orang

    BalasHapus
  62. Nama : Citra Ardini
    NIM : F1071201058
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Masya Allah, sungguh besar kekuasaan Allah, tiada Tuhan selain Allah, dengan segala kekuasaan Allah, hanya Allah yang mampu menciptakan bumi serta isinya, sebagai manusia kita hanyalah makhluk yang lemah. Oleh karena itu, kita harus mengamalkan ilmu tauhid agar selalu berada di lindungan Allah SWT. Terima kasih atas ilmu yang telah bapak berikan.

    BalasHapus
  63. Nama : Mas Akhbar Faturrahman
    NIM : F1071201053
    Kelas : I-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Terima kasih atas ilmunya yang bermanfaat, pak.

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Nama:Nuruliza Nabila
    Nim:F1071201050
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Masya allah, Tiada Tuhan selain Allah. Allah adalah satu satunya Tuhan yang maha adil, maha pengasih lagi maha penyayang. Semoga dengan ini kita semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt

    BalasHapus
  66. Bismillah
    Nama: Dea Fitri Natasya
    Nim: F1071201033
    Prodi: Pendidikan biologi

    Subhanallah, semoga kita selalu mengingat Allah dan selalu dalam ketakwaan.
    Iman kepada Allah merupakan salah satu rukun iman, maka dari itu setiap muslim harus mengimani kelima rukun islam tersebut.

    BalasHapus
  67. Nama: Hairun Nisa
    Nim: F1071201045
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masyaallah tabarakallah, semoga kita selalu dalam berkeyakinan kepada Allah tanpa menpersekuatukannya dengan siapa pun, terimakasih banyak atas ilmunya pak.

    BalasHapus
  68. Nama: nufitasari
    nim: F1071201048
    Prodi :pendidikan biologi

    Masyaallah , uraian yang bapak sampai kan sangat bermanfaat menambah wawasan tentang ilmu tauhid , sungguh besar kuasa Allah SWT tiada yang bisa menandingi ,, terimakasih pak

    BalasHapus
  69. Nama : Sarah Gunarti
    Nim : F1071201001
    Prodi : pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    MasyaAllah dengan membaca blog ini dapat menambah wawasan tentang ilmu tauhid ,. Ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat. Terima kasih pak

    BalasHapus
  70. Nama : Serina
    NIM : F1071201011
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Jazakallahu khairan katsiiran, Pak, terima kasih atas materinya. Semoga kita bisa selalu istiqamah dalam menjalankan hidup.

    BalasHapus
  71. Nama : Dwi Cahyani
    NIM : F1071201018
    Prodi : Pendidikan Biilogi


    Bismillah masyallah tiada tuhan selain allah, seperti yang di jelaskan dalam Al-Qur'an bahwa ilmu tauhid sangat penting.

    BalasHapus
  72. Nama : Friza Isnaeni
    NIM : F1071201004
    Kelas :1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Bismillah, masyaallah, tiada tuhan selain Allah yang berhak kita sembah, hanya kepada allah kita beribadah dan meminta pertolongan.
    Terima kasih pak, atas materinya, semoga kita semua termasuk selalu istiqomah dalam beribadah kepada Allah amin...

    BalasHapus
  73. Nama : Retno Tri Wahyuni
    NIM : F1071201003
    Prodi : pendidikan biologi

    Dari blog diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Allah adalah sesuatu yang unique, Dia berbeda dari yang lainnya, Dia Maha Sempurna, Dia Maha Kuasa, Maha Melihat dan banyak lagi sifat sifatnya yg tidak mungkin dimiliki oleh kita sebagai ciptaan-Nya.

    BalasHapus
  74. Nama : Manda Melinda
    NIM : F1071201009
    prodi : Pendidikan Biologi
    Fakultas: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Kelas : 1-A1

    Bismillah
    Assalamualaikum.
    Masya Allah, terimakasih atas imlunya pak, dari materi bapak dapat saya simpulkan bahwa hanya Allah lah Tuhan satu satunya yg dapat kita sembah, dari-Nya kita datang dan kembali. Dengan 20 sifat-Nya semakin menambah keyakinan bahwa Allah maha Esa

    BalasHapus
  75. Nama : Nur Annisa
    NIM: F1071201002
    Prodi: pendidikan biologi

    Allahu Akbar, Allah maha esa dalam segala aspeknya, kita sebagai hamba tidak layak untuk menyombongkan diri dihadapannya. Kita juga tidak pantas untuk menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun karena tidak ada sesuatu yang sebanding dengan keesaan Allah SWT. Semoga dengan ilmu ini kita dapat menambah keyakinan kita pada-Nyaa aamiin...

    BalasHapus
  76. Nama : Evianti
    NIM : F0171201051
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Ma Syaa Allah tiada Tuhan yang berhak di sembah selain Allah SWT.
    Semoga kita selalu Istiqomah dalam beribadah kepada Allah SWT.aaaamiiin ya robbal'aalamiiin

    BalasHapus
  77. Nama : Elsa Nora Ariesta Dewi
    NIM : F1071201019
    Kelas : I-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Maa syaa Allah, terima kasih banyak atas ilmunya pak, tiada tuhan selain Allah yang patut kita sembah, Allah adalah sesuatu yang uniqie, Allah Maha Esa dalam sifat-sifatnya, dialah yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya, dan kepadanya pula kita meminta pertolongan.
    Semoga dengan membaca ini, kita semua dapat menambah keyakinan kita kepada Allah SWT. Aamiin....

    BalasHapus
  78. Nama : Dhian Permata Suwandi
    Nim : F1071201029
    Kelas : I-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MasyaAllah Allah Maha Esa tiada Tuhan selain Allah SWT. Semoga kita semua selalu istiqomah beribadah kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  79. Nama : putri sekarayu
    Nim : F1071201006
    Prodi : pendidikan biologi

    MasyaAllah tiada tuhan yang disembah selain AllahAllah yang patut kita sembah, Allah adalah sesuatu yang uniqie, Allah Maha Esa dalam sifat-sifatnya, dialah yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya, dan kepadanya pula kita meminta pertolongan.
    Semoga dengan membaca ini, kita semua dapat menambah keyakinan kita kepada Allah SWT. Aamiin....

    BalasHapus
  80. Nama : Nasreen Nischka Minderman
    NIM : F1071201026
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 -A1

    Masya Allah tiada tuhan selain Allah SWT. semoga kita selalu tetap di jalan yang benar dan terus istiqomah. Karena Allah tempat kita meminta dan memberi pertolongan. Semoga hati kita selalu dekat dengan Allah SWT.

    BalasHapus
  81. Bismillah,
    Nama : Nala Ranelia Putri
    NIM : F1071201043
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Tabarakallah ilmunya, pak

    BalasHapus
  82. Bismillah,
    Nama: Agus Kurniasi
    NIM : f1071201038
    prodi : pendidikan biologi
    kelas : 1-A2

    Maa Sya Allah, terima kasih atas ilmunya pak, semoga kita tetap berada di jalan Allah mengikuti ajarannya dan menjauhi larangannya dan senantiasa berdoa,bersyukur,ikhtiar dan tawakkal.

    BalasHapus
  83. Nama : Wiwin Saraswati
    NIM : F1071201055
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Terimakasih atas ilmunya Pak.
    Semoga kita senantiasa mengingat Allah SWT. dan selalu di jalan yang benar, sesungguhnya kita wajib mengikuti ajaran Allah dan menjauhi apa yang di larang oleh Allah SWT. Semoga kita selalu di beri keberkahan dan perlindungan. Aamiin

    BalasHapus
  84. Nama: Filza Asqurini
    Nim : F1071201046
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Keyakinan terhadap Sang Pencipta (Allah) haruslah menjadi dasar keimanan seseorang dalam perannya sebagai hamba Allah SWT.
    Adapun fungsi beriman kepada Allah, antara lain menambah keyakinan karena kita tahu bahwa Allah lah yang menciptakan segala sesuatunya dan membuat kita masih hidup sampai sekarang. Jadi kita harus semakin yakin dan bersyukur kepada Allah SWT.
    Terimakasih atas ilmunya pak

    BalasHapus
  85. Nama:Alda
    Nim:F1071201015
    Prodi:pendidkan biologi

    MasyaAllah tiada tuhan yang disembah selain AllahAllah yang patut kita sembah

    BalasHapus
  86. Nama :Nika Susanti
    Nim:F1071201022
    Prodi:Pendidikan Biologi
    Kelas:1-A1

    MASYAALLAH PAK😊semoga kita selalu beriman kepada Allah Swt dan selalu percaya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari2 .Semoga kita semua di lindungi Allah Swt . AAMIIN😊

    BalasHapus
  87. Nama: Bagus Pratomo Nusantoro
    NIM:F1071201025
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: I-A1

    sebagai seorang muslim sebaiknya kita harus benar-benar wajib mentauhidkan Allah subhanahu wa ta'ala sebagai satu-satunya Tuhan zat yang maha agung akan semua yang diciptakannya semoga kita semua dapat bertemu di surganya kelak Amin ya robbal alamin

    BalasHapus
  88. Nama : Atin Nur'Jannah
    NIM : F1071201008
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Subhanallah terimakasih atas ilmunya pak sangat bermanfaat sekali iman kepada Allah adalah rukun iman yang pertama. Iman artinya percaya tanpa iman seorang hamba akan dipertanyakan identitasnya. iman kepada Allah artinya kita percaya bahwa Allah itu ada dan Allh adalah tuhan kita tuhan umat muslim. Dengan mengimani Allah kita diharapkan agar selalu menjauhi segala larangannya dan mematuhi segala perintahnya karen seorang yang beragama tidak mungkin mengingkari segala perintah tuhannya.

    BalasHapus
  89. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  90. Nama : Atthirilla Binuri
    NIM : F1071201005
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Terima masih banyak atas ilmunya pak. rukun iman yang pertama ialah iman kepada Allah. sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita percaya teguh akan keyakinan kepada Allah. semua apa yang terjadi di alam semesta berada dibawah naungan-Nya. MashaAllah

    BalasHapus
  91. Nama : Juliarti
    Nim : F1071201010
    Kelas : I-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Masyaallah Iman kepada Allah merupakan asas dan pokok dari keimanan, yakni keyakinan yang pasti bahwa Allah adalah Rabb dan pemilik segala sesuatu, Dialah satu-satunya pencipta, pengatur segala sesuatu, dan Dialah satu-satunya yang berhak disembah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Semua sesembahan selain Dia adalah sesembahan yang batil, dan beribadah kepada selain-Nya adalah kebatilan.
    Terimakasih atas ilmunya Pak.

    BalasHapus
  92. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  93. Nama : Yeni Syarin
    NIM : F1071201024
    Kelas : I-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masyaallah, terima kasih pak atas ilmunya semoga menjadi ladang pahala untuk bapak serta memberikan manfaat bagi banyak orang. Berbicara tentang keyakinan kepada Allah begitu banyak hikmah yang kita dapatkan serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu hikmah yang saya rasakan dengan menanamkan keyakinan kepada Allah yaitu ketenangan hati, hati menjadi tidak mudah goyah oleh ajakan nafsu jahat atau orang yang menyesatkan seperti yang sudah dijelaskan dalam Al-Qur'an, Surah Ar Ra'd ayat 28. Semoga Allah teguhkan hati kita untuk tetap di jalan-Nya.

    BalasHapus
  94. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  95. Nama: Luviana Putri
    Nim: F1071211015
    Prodi: pendidikan Biologi
    Kelas : A-1

    Subhanallah, tiada tuhan selain Allah dan tiada Sekutu Bagi-Nya.Allah maha esa dalam sifat-sifat nya wujudnya serta keagungannya tiada yang bisa menandingi nya. Terima kasih pak atas ilmunya

    BalasHapus
  96. Nama: Wilma
    NIM: F1071211012
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : A1
    Semester : 1

    MasyaAllah,Tiada Tuhan selain Allah yang patut kita sembah.Dari yang bapak sampaikan memang benar ilmu tentang tauhid ini ialah mengesakan Allah SWT.Bahkan para khalifah terdahulu yang paling di ajarkan ilmu tauhid.Kita sebagai Umat-Nya janganlah bersekutu kita hanya titipan tiada yang bisa menandingi segala kekuasaan-Nya.Allahu akbar.
    Semoga kita selalu dalam lindungan Allah,mengerjakan perintahnya dan menjauhi segala larangannya Aamiin.

    BalasHapus
  97. Nama: Rifka Elsya Suhardi
    NIM: F1071211022
    Kelas: A-1 Pend. Biologi

    Rusaknya tauhid seseorang, maka sia-sia amal ibadahnya. Maka kembalilah pelajari Tauhid dengan memurnikan.

    Terjemahan
    Kata Ibn Taymiyyāh رحمه الله
    Tidak ada sesuatu yang lebih disukai oleh Allah daripada tauhid.
    Dan tidak ada sesuatu yang lebih dibenci oleh Allah dari syirik.

    BalasHapus
  98. Nama: Nia Daniati
    Nim: F1071211011
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: A-1
    Semester: 1

    Subhanallah tiada tuhan selain Allah yang patut di sembah, dari materi ini kita tahu bahwa Allah SWT Maha Esa dalam segala hal.
    Maka dari itu janganlah sesekali kita melalaikn perintah nya

    BalasHapus
  99. Nama : Putri Anggini
    NIM : F1071211015
    Fakultas: FKIP
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas : A-1 Pendidikan Biologi

    Subhanallah.. Sungguh maha Esa Allah, tiada Tuhan selain Allah, semoga kita semua selalu ingat akan kuasa Allah SWT, selalu memohon ampun kepada-Nya,serta memohon pertolongan kepadanya.

    BalasHapus
  100. Nama : Agung Mulyono.
    Nim : F1071211020
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Semester : gasal
    Alamat : Kabupatem Kubu Raya, Pontianak

    Assalamu'alaikum, sebelumnya saya berterima kasih kepada bapak karena sudah membuat dan meng-share materi yg luar biasa sangat bermanfaat bagi mahasiswa ini🙏😊
    Masya allah artikel ini mengajarkan tentang ilmu tauhid yang selama ini belum banyak orang yg tahu dan mengenal ilmu tauhid. Allah SWT. adalah Tuhan yang berhak disembah dan tiada sekutu bagi-Nya. Dialah satu-satunya tempat kita menyembah dan tempat memohon pertolongan dan Dialah Allah Yang Maha Esa. Tidak ada yang bisa menandingi dan setara dengan-Nya. Semoga ilmu ini terus memberikan banyak manfaat dan bisa disampaikan serta diamalkan oleh banyak orang yang membacanya. Aamiin ya Rabbal'alamin Sekian komentar dari saya.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

    BalasHapus
  101. Nama : Irvan Ariyansyah
    Nim : F1071211004
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-AI

    Masyaallah, maha suci allah tuhan yang maha Esa, belajar ilmu tauhid sangat lah penting bagi kita umat islam agar kita bisa lebih dekat dengan Allah, semoga kita bisa menambah keimanan kita terhadap Allah swt.

    BalasHapus
  102. Nama : Angel Acum Fiarsih
    Nim : F1071211005
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Semester : 1

    ALLAHUAKBAR
    Tiada Tuhan selain Allah.

    Memang tidak ada yang sempurna di dunia ini kecuali Allah SWT. Dunia ini sementara,karna itulah kita sebagai muslim harus bertaqwa kepada-Nya Tuhan Yang Maha Esa. Karna hanya kepada-Nya kita meminta dan hanya Allah SWT yang maha pemberi.

    BalasHapus
  103. Nama : Mira Tirta Yani
    Nim :F1071211010
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : A-1

    Subhanallah, tiada tuhan selain allah, dan tiada apapun yg bisa menandingi-Nya. Sungguh hanya Dialah pemilik alam semesta dan beserta isinya.

    BalasHapus
  104. Nama : Putri Yolasari
    Nim : F1071211044
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I A-2
    Semester : 1 ( Ganjil 2021/2022)
    Asal sekolah : SMA Negeri 4 Pontianak

    Allahuakbar, Subhanallah, Maha Esa Allah di dalam semua aspek kehidupan. Setelah membaca ini, saya semakin yakin bahwa semua ke Esa an yang ada di seluruh kehidupan ini hanya milik Allah SWT. Hanya Dialah satu satunya yang harus disembah, tempat para manusia memohon pertolongan kepada-Nya. Sudah saatnya kita merenungi dan meyakini bahwa tiada Tuhan selain Allah.

    BalasHapus
  105. nama : putri novahisa
    kelas : 1-A1
    fakultas : keguruan dan ilmu pendidikan
    prodi : pendidikan biologi
    NIM : f1071211028

    masyallah, Allah memanglah tuhan yang maha Esa. tiada tuhan selain Allah. disebutkan juga di dalam Al-Qur'an surah Al-Ikhlas bahwa tuhan maha Esa hanya satu tidak beranak maupun tidak di perankan. serta kekuasaan dan kemampuan apa yang Allah miliki banyak tertera di dalam Al-Qur'an

    BalasHapus
  106. Nama: Galuh Asih Kurniasari
    Nim:F1071211013
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas:A-1

    Subhanallah,tiada tuhan selain Allah, Allah maha esa atas segala hal, semoga kita selalu dilimpahkan rezeki dan selalu Istiqomah di jalannya.

    BalasHapus
  107. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Nama:Cici Rahmayani
    NIM:F1071211006
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Fakultas: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Kelas: 1-A1
    Semester: 1
    Alamat: Kab.Kayong Utara
    Subhanallah, Benar sekali pak Allah SWT adalah Tuhan semesta alam,Tuhan yang tidak dapat dibandingkan dengan apapun, hanya Allah SWT yang berhak disembah dan menerima segala ibadah kita,dan Allah lah satu-satunya pemberi hukum yang tertinggi.maka marilah kita selalu berada di jalannya mendekatkan diri kepadanya dan menjauhi larangannya ,semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT,amin ya rabbal Alamin.

    BalasHapus
  108. Nama : Ayu Tri Wulandari
    Nim : F1071211007
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Semester : 1

    Subhanallah, tiada tuhan selain Allah yang patut kita sembah, setelah membaca artikel ini saya menjadi lebih mengerti tentang ilmu tauhid, sungguh besar kuasa-Nya hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan dan ampunan. Terimakasih atas ilmu yang telah bapak berikan.
    Semoga kita semua selalu diberi rahmat dan perlindungan oleh Allah SWT. AMIN

    BalasHapus
  109. Nama : Sari Sugi Hartini
    NIM : F1071211002
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1A1

    Allahu Akbar, Tiada tuhan selain Allah
    Dalam kehidupan ini kita selalu terikat dengan Allah SWT, sebab Dia lah sang maha pencipta yang memiliki seluruh semesta alam baik yang di langit maupun di bumi dan segala isinya, dan hanya kepada Nya lah kita berharap, karena sesungguhnya hanya Allah lah yang tau apa yang terbaik untuk kita, dan hanya Allah lah yang tidak pernah menyalahi Janji

    BalasHapus
  110. Nama : Dwi Safitri
    NIM : F1071211003
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Semester : 1

    Subhanallah,MasyaAllah mahas suci Allah

    Terimakasih atas ilmu baru bagi saya ini Pak. Mengenai keyakinan kepada Allah itu sendiri sudah ada di dalam rukun iman. Yang mana rukun iman yang pertama adalah iman kepada Allah SWT yang bermakna kita harus meyakini akan adanya Allah dengan sepenuh hati yang diucapkan dengan lisan serta di lakukan dengan perbuatan. Kita sebagai seorang muslim sangatlah dianjurkan untuk beriman kepada Allah karena hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan. Karena Allah lah Maha Esa Maha pemilik dari segala kehidupan yang ada di semesta alam ini.

    BalasHapus
  111. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama: RIFKI ALDIANSYAH
    NIM: F1071211017
    prodi: Pendidikan biologi
    Semester/Kelas: I-AI
    Alamat: Kapuas Hulu
    Subbhanallah, terima kasih ilmunya pak.
    Materi dan penjabaran yang telah bapak sampaikan merupakan kepercayaan terhadap allah yang maha esa beserta kebesarannya. Di dalam Al-Qur'an juga sudah menyebutkan kebesaran Allah yang maha esa di dalamsurat Al Baqarah ayat 255.
    Kebesaran allah,kebesaran yang mencakup seluruh alam semesta.
    Mulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar tidak lepas dari kebesaran allah.Sebagai umat allah yang diberikan akal dan pikiran, kita harus menambah ilmu lewat ciptaan yang telah allah berikan kepada kita, dengan ilmu dan pemahaman(ilmu tauhid) terhadap ciptaan-Nya kita bisa mengerti dan takjub terhadap kebesaran allah yang maha esa.

    BalasHapus
  112. Nama : Muthia Kumalasari
    NIM : F1071211027
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Subhanallah, maha suci Allah Tuhan seluruh alam. Tidak ada satupun makhluk yang dapat menandingi kuasa-Nya. Semoga kita selalu istiqomah dalam beribadah kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  113. Nama : Fazrin Rizkha Nafasati
    Nim : F1071211050
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Asal sekolah : SMA N 3 Pontianak

    Subhanallah, tiada Tuhan selain Allah. Tiada tuhan selain Allsh tidak ada yang dapat menandinginya apalagi kita sebagai ciptaannya. Allah tidak sama dan tidak dapat dibandingkan dengan apapun juga. Dia unik, berbeda dalam segala-galanya. Hanya Dialah yang dapat berbuat menciptakan alam semesta ini. Ia tidak dapat disamakan dan di rupakan dalam bentuk apapun juga. Hanya Dialah satu-satunya yang patut dan harus disembah dan hanya kepada-Nya pula kita meminta pertolongan. Allah lah satu-satunya Pemberi Hukum yang Tertinggi. Hanya Allah yang dapat melakukan itu semua dan hanya Allah lah yang dapat memberikan perlindungan semoga kita senantiasa diberikan perlindungan oleh-Nya. Aamiin

    BalasHapus
  114. Nama: Rezkiana Nurfadillah
    NIM : F1071211016
    Semester/kelas: 1-A1
    Alamat :Pontianak


    MasyaAllah, Allah yang menciptakan semua yang ada di muka bumi ini, tiada tuhan selain Allah SWT, wajib kita bersyukur atas apa yang sudah di berikan kepada kita semua dengan paparan penjelasan diatas , segala masalah apa pun yang akan kita hadapi pasti Allah SWT lah penolong bagi setiap umat nya, semoga kita selalu dalam perlindungan -Nya. Dan semoga selalu dilimpahkan rahmat-nya .
    Senantiasa selalu bersyukur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Rezkiana Nurfadillah
      NIM : F1071211016
      Prodi: Pendidikan Biologi
      Semester/kelas: 1-A1
      Alamat :Pontianak


      MasyaAllah, Allah yang menciptakan semua yang ada di muka bumi ini, tiada tuhan selain Allah SWT, wajib kita bersyukur atas apa yang sudah di berikan kepada kita semua dengan paparan penjelasan diatas , segala masalah apa pun yang akan kita hadapi pasti Allah SWT lah penolong bagi setiap umat nya, semoga kita selalu dalam perlindungan -Nya. Dan semoga selalu dilimpahkan rahmat-nya .
      Senantiasa selalu bersyukur.

      Hapus
  115. Nama:Irna Sari
    NIM : F1071211009
    Prodi :Pendidikan Biologi
    Kelas :1-A1
    Semester:1

    Sesungguhnya tiada tuhan selain Allah, dialah yg harus kita sembah,kita harus meyakini bahwa adanya Allah di dunia ini yang menciptakan alam semesta beserta isinya.

    BalasHapus
  116. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama. : Rusdeviani
    NIM : F1071211001
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : A1
    Semester : 1

    Allah adalah Tuhan kita Yang Maha Esa, tidak ada yang patut kita sembah selain Allah taala, hanya kepadanya lah kita memohon dan meminta atas segala sesuatu.

    BalasHapus
  117. Nama : Fazrin Rizkha Nafasati
    Nim : F1071211050
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Asal sekolah : SMA N 3 Pontianak

    Subhanallah, tiada Tuhan selain Allah. Tiada tuhan selain Allah tidak ada yang dapat menandinginya apalagi kita sebagai ciptaannya. Allah tidak sama dan tidak dapat dibandingkan dengan apapun juga. Dia unik, berbeda dalam segala-galanya. Hanya Dialah yang dapat berbuat menciptakan alam semesta ini. Ia tidak dapat disamakan dan di rupakan dalam bentuk apapun juga. Hanya Dialah satu-satunya yang patut dan harus disembah dan hanya kepada-Nya pula kita meminta pertolongan. Allah lah satu-satunya Pemberi Hukum yang Tertinggi. Hanya Allah yang dapat melakukan itu semua dan hanya Allah lah yang dapat memberikan perlindungan semoga kita senantiasa diberikan perlindungan oleh-Nya.

    BalasHapus
  118. Nama : Arielda Putri Aditya
    NIM : F10712110
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Masyaa Allah. Kita sebagai makhluk ciptaan-Nya harus tau bahwa Allah Maha Esa terhadap segala sesuatu. Dan patutlah kita selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan.

    BalasHapus
  119. Nama : Sri Wulan Sari
    Nim : F1071211042
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1A2
    Asal sekolah : SMA Negeri 1 Rasau Jaya

    Allahuakbar sungguh tiada tuhan selain Allah Allah maha besar . Artikel yang sangat bermanfaat pak setelah membaca itu saya mengambil kesimpulan Apapun yang Allah perintahkan kita harus selalu menjalani dengan ketaatan, hanya Allah lah satu satunya yang patut di sembah bukan yang lainnya, hanya kepada Allah lah kita meminta pertolongan dan memohon ampunan atas dosa yang telah kita lakukan. Allah tidak berwujud Allah tidak terlihat Allah menciptakan alam semesta dan isinya, kita harus selalu mengesakan Allah tidak boleh ragu sedikitpun kepada Allah.

    BalasHapus
  120. Nama : Widya Astuti
    NIM : F1071211031
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Asal sekolah : MAN Kota Singkawang

    Subhanallah, Allahuakbar
    Tiada yang patut disembah selain Allah SWT, Tuhan semesta alam,
    Yang menciptakan dunia serta isinya,
    Alhamdulillah dengan membaca ini saya jadi lebih tau makna sebenarnya tauhid,
    Maha Benar Allah Yang Maha Sempurna,
    Tidak ada satupun hal yang dapat menandingi Allah SWT,
    Maka taat lah kita kepada Allah dan Allah akan membalas semua dengan kebaikan.

    BalasHapus
  121. Bismillahirrahmanirrahim
    Nama: Dimas Ananda Virda
    NIM: F1071211038
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: REG A2 / Semester 1
    Asal Sekolah: SMA NEGERI 1 SIANTAN

    Subhanallah, Maha Suci Allah yang telah menciptakan semua yang ada di muka bumi ini, Tuhan yang maha esa, Tuhan Semesta alam.
    Seteleh membaca artikel yang telah bapak berikan ini, banyak pelajaran yang dapat saya dapatkan tentang Tauhid. Kita sebagai Makhluk ciptaan Allah SWT harus selalu Mengagungkan, bersyukur, serta selalu taat untuk mengerjakan kewajiban dan mejauhi larangan - laranganNya.

    Tidak ada tuhan yang berhak di sembah selain Allah. Semoga kita selalu Istiqamah untuk terus berada dijalan Allah.

    Syukron Jazakallah Khairan
    Terimakasih atas ilmunya pak.

    BalasHapus
  122. Nama : Rahmad
    NIM : F1071211046
    Prodi/kelas : Pendidikan Biologi 1 A-2
    Semester : Satu (ganjil)
    Asal Sekolah: SMAN 3 Tebas

    Masya Allah benar sekali Pak, Hanya kepada Allah Tuhan yang berhak disembah. Sungguh tiada Tuhan selain Allah, karena dalam Islam telah menjelaskan bahwa Allah Esa (satu). Tidak ada dzat yang sama dengan-Nya. Setelah membaca ini Saya mengetahui sifat-sifat, perbuatan-Nya, dan hanya kepada Allah kita memohon ampunan dan Allah adalah pengadil yang seadil-adilnya. Sebab kita pasti akan kembali kepada-Nya di akhirat kelak. Semoga kita termasuk hamba Allah yang senantiasa melakukan perintah-Nya untuk melakukan kebaikan dan menjauhi larangan-larangan-Nya, Aamiin...

    BalasHapus
  123. Nama : Doni Hariansah
    NIM : F1071211019
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : A1
    Semester 1
    Asal Sekolah : MAS Yasti Singkawang

    Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar
    Laailahaillallah.......
    Tidak ada Tuhan selain Engkau ya Allah, tidak ada yang setara dengan-Mu ya Allah
    Engkau Maha Besar yang mempunyai nama-nama yang Mulia, dengan sifat-sifat Mu yang Maha Besar
    Engkau menciptakan seluruh Alam semesta dan tidak ada yang serupa dengan-Mu ya Allah, hanya kepada-Mu kami Menyembah dan hanya kepada-Mu kami meminta
    Dan segala urusan ada pada-Mu

    BalasHapus
  124. Nama : Aisya Annurulhaq Akdaputri
    NIM : F1071211023
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Kelas : 1-A1
    Alamat : Pontianak

    MasyaAllah, Tiada Tuhan selain Allah SWT. Hanya Allah-lah tempat kita menyembah dan memohon pertolongan. Materi yang bapak berikan sangatlah bagus dan mudah dipahami sehingga saya bisa menambah pengetahuan dan mempelajari tentang Ilmu Tauhid. Dengan mempelajari Ilmu Tauhid, kita bisa lebih memahami dan menyadari betapa pentingnya kita harus meyakini dan meyembah Allah SWT sebagai dasar keimanan kita. Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT kita harus terus bersyukur terhadap apa yang telah diberikan-Nya. Kita diharapkan agar selalu menjauhi segala larangannya dan mematuhi segala perintahnya. Semoga kita semua selalu bersyukur dan senantiasa mengingat serta berada dalam lindungan Allah SWT aamiin ya robbal alamin..

    Terimakasih atas ilmu nya, Pak

    BalasHapus
  125. Nama : Marseli
    NIM : F1071211047
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg-A2
    Semester : 1
    Asal Sekolah : SMAN 2 Teluk Keramat

    Masya Allah, Allahuakbar
    Sungguh tiada Tuhan selain Allah, bersyukur lah kita kepada Allah atas semua nikmat yang diberikan oleh-Nya, dengan rasa syukur itu sendiri membuat hidup kita semua menjadi lebih tentram.
    Setelah membaca ini, saya sangat terkesan karena mengetahui makna tauhid yang sebenarnya. Bahwa Allah lah Maha segalanya, semoga kita semua bisa tetap berpegang teguh dalam islam dan selalu berada dijalan yang lurus.
    Aamiin allahumma aamiin

    BalasHapus
  126. Nama = Fazrika Syafharla
    NIM = F1071211032
    Prodi = Pendidikan Biologi
    Kelas = 1-A2
    Semester = Semester 1
    Asal Sekolah = Man 1 Pontianak

    MasyaAllah, tiada Tuhan selain Allah Swt. Allah Swt yang menciptakan langit dan bumi serta segala isinya, Allah Dia lah Tuhan satu-satunya yang patut disembah. Allah pemilik sifat-sifat kesempurnaan, dan kepada-Nya lah setiap makhluk di jagat raya ini menyembah, berdoa, dan memohon pertolongan. Terimakasih atas ilmunya Pak, banyak pembelajaran yang saya dapatkan dari membaca Ilmu Tauhid ini, Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Swt, diberikan kesehatan dan keberkahan hidup.

    BalasHapus
  127. Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh,

    Nama : Nambisas Arum Kusuma Ayu
    NIM : F1071211052
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Semester : ganjil/semester 1 2021/2022
    Agama : Islam
    Asal Sekolah : SMAN 1 Tanjungpinang, Kepulauan Riau

    Dalam ilmu tauhid kita dapat mengetahui bahwa Allah SWT memiliki segala hal yang tidak dapat disamakan oleh makhluk ciptaannya, Allah SWT telah memberikan beberapa tanda atas Kemaha Esaannya di seluruh alam semesta, sesungguhnya Allah SWT telah mengetahui dan mengatur segala makhluk ciptaan-Nya agar selalu bertakwa kepadanya, melalui lama bacaan ini kita dapat mempelajari serta memperdalam dalam mengkaji ilmu tauhid tentang keberadaan Allah SWT di alam semesta yang tanpa kita sadari seluruh diluar nalar makhluk hidup apapun didunia, hanya kepada-Nya (Allah SWT) kita berdoa, berserah diri, dan memohon untuk selalu berada dijalan-Nya dan menjauhi larangan-Nya dengan memperkuat keimanan kita terhadap Yang Maha Esa Allah SWT.

    Sekian, pendapat dari saya mengenai isi artikel yang sangat memperluas ilmu agama ini dan bermanfaat sebagai sarana pembelajaran.Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Terima kasih

    BalasHapus
  128. Nama : Rahmad
    NIM : F1071211046
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A-2
    Semester : Satu (ganjil)
    Asal Sekolah: SMAN 3 Tebas

    Masya Allah benar sekali Pak, Hanya kepada Allah Tuhan yang berhak disembah. Sungguh tiada Tuhan selain Allah, karena dalam Islam telah menjelaskan bahwa Allah Esa (satu). Tidak ada dzat yang sama dengan-Nya. Setelah membaca ini Saya mengetahui sifat-sifat, perbuatan-Nya, dan hanya kepada Allah kita memohon ampunan dan Allah adalah pengadil yang seadil-adilnya. Sebab kita pasti akan kembali kepada-Nya di akhirat kelak. Semoga kita termasuk hamba Allah yang senantiasa melakukan perintah-Nya untuk melakukan kebaikan dan menjauhi larangan-larangan-Nya, Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

    BalasHapus
  129. Nama : Audiva Azhta Prameswari
    NIM : F1071211026
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : A1
    Semester : 1
    Alamat : Mempawah

    Subhanallah, tiada tuhan selain Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Allah tidak dapat di samakan dengan apapun di dunia ini. Allah Maha Esa dan tiada tandingannya.

    Setelah membaca materi tentang ilmu Tauhid ini semoga kita semakin paham dengan ke-Esaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala

    BalasHapus
  130. Rendi Ihza Pahlupi. F1071211053. Pendidikan Biologi/A-2 reg A/semester 1.Madrasah Aliyah Ushuluddin Singkawang.

    MasyaAllah Allahuakbar sungguh Allah itu maha Esa, tidak ada satu pun yang setara dengan nya, tidak ada pula yang mampu menyamakan nya, hanya Allah SWT lah yang mampu menciptakan alam semesta dan isinya. Semoga kita selalu dalam rahmat dan naungan nya.

    BalasHapus
  131. Nama : Wafa Nafiah
    NIM : F1071211024
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1
    Semester : 1

    Subhanallah, sungguh sifat Maha Esa Allah tidak dapat dielakkan, dari segi Zat-nya yang unique (lain dari semuanya), dan sifat-sifat-Nya yang tidak dimiliki oleh siapapun. Kita sebagai manusia, terlebih umat islam patut bersyukur memiliki Allah SWT yang kaya akan kuasa-Nya. tidak akan ada yang pernah bisa menyetarai Allah, karena Allah itu satu dan tiada Tuhan selain Allah SWT.

    BalasHapus
  132. Nama : Filardha Azelia Vallahayil
    NIM : F1071211025
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : A1 ( Semester 1 )
    Alamat : Kubu Raya

    MasyaAllah, terimakasih atas ilmunya pak. Sungguh Allah hanya ada satu, tidak ada Tuhan selain dia. Namun tetap saja ada manusia atau suatu umat yang menyembah hal lain selain Allah. Mengapa? Padahal sudah ditekankan dalam Al-Qur'an bahkan tertulis dengan jelas di Al-Qur'an nasib orang-orang yang menyembah selain Allah. Benda-benda yang mereka sembah itu tidak bisa berbicara, mengabulkan doa, bahkan mereka ada karena tangan manusia. Hanya Allah yang bisa mengabulkan doa kita, melindung kita dari bencana. Allah lah pemilik semesta alam dan isinya. Tidak ada hal yang layak disembah selain Dia.

    Semoga dengan adanya ilmu ini, kita makin mengerti dengan ke-esaan Allah. Mudahan kita bisa melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya. Dan semoga selalu berada di dalam perlindungannya. Aamiin...

    BalasHapus
  133. Nama : Nur Salsabila
    NIM : F1071211049
    Kelas/semester : A-2 Reg A/semester 1
    Asal Sekolah : SMA N 3 SINGKAWANG

    Masyaallah, sesungguhnya Allah itu yang paling sempurna, yang tidak memiliki pembanding. Kita tidam bisa membayangkan dengan nalar bagimana Allah SWT menciptakan apa yang ia kehendaki. Sebagai makhluk ciptaanya hendaknya kita senantiasa bersukur dan jangan pernah sekali seklai berpaling darinya. Sunggah dia sangat membenci orang-orang yang menzaliminya. Tapi Allah itu maha pengampun maha penerima taubat. Jangan pernah berputus asa meminta dan memohon kepadanya. Sesungguhnya Allah SWT sangat senang dengan orang orang yang selalu bersabar.

    BalasHapus
  134. Nama : Isyatirradhiyah
    NIM : F1071211030
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Semester : ganjil/semester 1 2021/2022

    Masya Allah Tabarakallah...
    Maha besar Allah dengan segala kebesaranNya. Terimakasih pak atas ilmu yang diberikan. Sungguh Tiada Tuhan selain Allah. Dengan lmemahami ilmu Tauhid ini semoga kita kedepannya hanya meminta dan berharap kepadaNya, tidak kepada yang lain. Aamiin..

    BalasHapus
  135. Nama : Anggun Lestari
    NIM : F1071211029
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Semester : 1/Ganjil (2021/2022)
    Asal Sekolah : SMA NEGERI 1 TEBAS

    MasyaAllah, Tiada Tuhan selain Allah yang berhak untuk disembah dan kepada Allah kita meminta pertolongan. Sungguh tidak ada yang mampu menandingi keesaan Allah yang menciptakan segala apa yang ada di langit dan di bumi. Dengan beriman kepada Allah kita diharapkan agar selalu menjauhi segala larangan-Nya dan mematuhi segala perintah-Nya. Terimakasih pak, atas ilmu yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  136. Nama: Putri Natasya
    NIM : F1071211034
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A-2
    Semester : Ganjil 2021/2022 ( Semester 1)
    Asal Sekolah : SMA Negeri 1 Tebas

    MasyaAllah, Allah Subhanahu Wa ta'ala yang menciptakan langit dan bumi serta segala isinya, sungguh tiada tuhan selain Allah Subhanahu Wa ta'ala.
    Terdapat didalam Al-Qur'an surah Al-An'am ayat 102 yang artinya
    "Itulah Allah, Tuhan kamu; tidak ada tuhan selain Dia; Pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia; Dialah pemelihara segala sesuatu."
    Hanya kepada Allah Subhanahu Wa ta'ala kita menyembah dan hanya kepada Allah Subhanahu Wa ta'ala kita memohon pertolongan.
    Semoga kita semua dapat mempelajari ilmu tauhid lebih dalam dan selalu melaksanakan segala perintah Allah Subhanahu Wa ta'ala dan menjauhi segala larangan-Nya.

    Semoga kita selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa ta'ala dan senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah Subhanahu Wa ta'ala kepada kita semua.
    Terima kasih atas ilmunya pak, ilmunya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  137. Nama : Desi Rianita
    NIM : F1071211008
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas :1-A1

    Bismillah
    Barakallahu laka fiih atas ilmu yang bapak berikan.
    Benar sekali bahwa hanya Allah-lah satu satunya zat yang kita sembah, Allah yang maha Esa yang maha satu, tiada satupun yang dapat disembah melainkan Dia. Dan kalimat Tauhid yaitu Laa ilaaha illallah.

    Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin berkata: “Sesungguhnya ilmu tauhid adalah ilmu yang paling mulia dan paling agung kedudukannya. Setiap muslim wajib mempelajari, mengetahui, dan memahami ilmu tersebut, karena merupakan ilmu tentang Allah Subhanahu wa Ta’ala, tentang nama-nama-Nya, sifat-sifat-Nya, dan hak-hak-Nya atas hamba-Nya” (Syarh Ushulil Iman, 4).
    Maka dari itu kita harus mempelajari ilmu tauhid, mengamalkan ilmunya dan yang paling penting mengajarkannya kepada kaum muslimin.

    BalasHapus
  138. Nama = Mitha
    NIM = F1071211040
    Prodi/Kelas/Semester = Pendidikan Biologi/A-2/Semester 1
    Asal Sekolah = Man 1 Pontianak

    MasyaAllah, Ilmu Tauhid adalah ilmu yang harus kita terapkan kepada diri sendiri agar mengenal kebesaran Allah Swt.
    Islam mengajarkan tentang Kemaha Esaan Tuhan dalam berbagai hal. Allah Swt. Esa dalam Zat artinya tidak sama dan tidak dapat dibandingkan dengan apapun juga, tiada taranya dan tidak sanggup pula manusia menirunya. Semoga dengan mengerti ilmu tauhid dan paham tentang sifat-sifat Allah, kita menjadi semangat dalam menambah keimanan.
    Terima kasih pak ilmu yang diberikan.

    BalasHapus
  139. Nama:Wanda pramita lestari
    Nim. :F1072211013
    Prodi. :Pendidikan biologi
    Kelas. :Ppak B

    Assalamualaikum wr, wb pak. Alhamdulillah semoga kita selalu dalam perlindungan allah
    Pada masa pandemi seperti sekarang ini, manusia membutuhkan pegangan kuat kepada Sang Khalik. Manusia akan mudah sekali terpuruk dalam kegalauan karena tidak punya pegangan. Berbagai masalah kehidupan datang silih berganti, dari masalah dalam keluarga juga dalam pekerjaan.

    BalasHapus
  140. Nama: Rosi Desfitri
    NIM : F1071211036
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas :A-2
    Semester : Ganjil 2021/2022 ( Semester 1)
    Asal Sekolah : SMA Negeri 1 Pemangkat


    Subhanallah,tiada tuhan selain Allah,Allah Maha pengasih lagi maha Penyayang,Tiada tuhan selain Allah yang berhak kita sembah karena Nya kita dapat meminta pertolongan.
    Dengan adanya ilmu tauhid inilah mengajarkan kita tetap senantiasa mengEsakan Allah,dan mempelajari 20 sifat-sifat Allah.Semoga dengan membaca artikel ini kita dapat
    lebih bertakwa kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  141. Nama : Ni'mah Rahmayanti
    NIM : F1071211018
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : A-1/Semester 1
    Asal Sekolah : MAS Yasti Singkawang

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

    MasyaAllah...
    Dari penjelasan yang sudah Bapak berikan mengenai ajaran Tauhid memang benar adanya bahwa Tiada Tuhan yang layak di sembah selain Allah SWT.. Tiada zat apapun yang dapat menandingi keesaan-Nya.

    Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT., dan senantiasa beribadah hanya kepada Allah...

    BalasHapus
  142. Nama :Fuad Zairofi Prasetyo
    NIM : F1071211035
    Prodi/Kelas/Semester : Pendidikan Biologi/A-2/Semester 1 (2021/2022)
    Asal Sekolah : MAN 1 KUBU RAYA

    Subhanallah ,sungguh tiada tuhan selain Allah,tiada Sekutu bagi Allah Tuhan semesta alam.Hanya kepada-Nya kita memohon ampun dan pertolongan,semoga kita selalu dalam rahmat Allah aamiin ya robbal'alamin

    BalasHapus
  143. Nama : Dwi Seftiany
    NIM : F1071211043
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg. A-2
    Semester : ganjil 2021/2022 (semester 1)
    Asal sekolah : SMA Negeri 1 Segedong

    Bismillah
    MasyaAllah, terima kasih atas ilmu yang bapak berikan. Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Kuasa. Dengan membaca artikel ini saya dapat mengetahui ilmu tauhid dan sifat-sifat Allah. Tauhid adalah keyakinan akan keEsaan Allah Swt. Sebagai Tuhan yang telah menciptakan, memelihara, dan menentukan segala sesuatu yang ada di alam ini. Laksanakanlah segala perintah-Nya dan jauhi larangan-Nya.
    Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

    BalasHapus
  144. Nama: Sugiyanto
    NIM:F1071211048
    Prodi/Kelas/Semester:Pendidikan Biologi/Reg 1 A2/Srmester 1 (2021/2022)
    Assalamualaikum warahmatullah hiwabarakatuh terimakasih pak telah memberi materi yang bagus yaitu Tauhid SubhanAllah masyaAllah Allahuakbar
    Tidak ada tuhan selain Allah yang menciptakan seluruh alam semesta beserta mahluknya yang telah di firmankan Allah dalam surah Al ikhlas bahwa Allah itu satu
    dan dalam surah ash shuraa tiada sesuatupun yang sama dengan Allah
    Tentu dengan ilmu tauhid kita dapat menyempurnan ibadah kita atau memurnikannya sehingga tidak tercampur dengan hal selain Allah dan kita bisa menerima takdir dan setiap cobaan karena kita sudah mengEsakan Allah kita yakin bahwa segala sesuatu datangnya dari Allah
    Dan dengan sifatnya kita dapat mengenal Allah sang Pencipta
    Itulah mengapa pentingnya tauhid yang pertama kali di ajarkan oleh Nabi Muhammad di Mekkah agar kita selalu mengEsakan Allah dan msnjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

    BalasHapus
  145. Nama: Sugiyanto
    NIM:F1071211048
    Prodi/Kelas/Semester:Pendidikan Biologi/Reg 1 A2/Srmester 1 (2021/2022)
    Asal Sekolah:SMAN 1 Teluk Batang
    Assalamualaikum warahmatullah hiwabarakatuh terimakasih pak telah
    memberi materi yang bagus yaitu Tauhid SubhanAllah masyaAllah
    Allahuakbar
    Tidak ada tuhan selain Allah yang menciptakan seluruh alam semesta
    beserta mahluknya yang telah di firmankan Allah dalam surah Al ikhlas
    bahwa Allah itu satu
    dan dalam surah ash shuraa tiada sesuatupun yang sama dengan Allah
    Tentu dengan ilmu tauhid kita dapat menyempurnan ibadah kita atau
    memurnikannya sehingga tidak tercampur dengan hal selain Allah dan kita
    bisa menerima takdir baik rezeki aral atau mautdan setiap cobaan karena kita sudah mengEsakan
    Allah kita yakin bahwa segala sesuatu datangnya dari Allah
    Dan dengan sifatnya kita dapat mengenal Allah sang Pencipta
    Itulah mengapa pentingnya tauhid yang pertama kali di ajarkan oleh Nabi
    Muhammad di Mekkah agar kita selalu mengEsakan Allah dan msnjalankan
    segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

    BalasHapus
  146. Nama : Alpina Damayanti
    NIM :F1071211041
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Semester : gasal
    Asal sekolah : SMAN 1 Semparuk

    MasyaAllah, sesungguhnya tiada tuhan selain Allah. Maha besar Allah yang menciptakan manusia dan alam semesta dengan sebaik baiknya. Dengan ilmu tauhid kita dapat belajar tentang mempercayai atau meyakini dalam hati sanubari, di ikrarkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan perbuatan amal saleh bahwa rasa percaya akan adanya Sang Maha Pencipta yaitu satu, Allah SWT, dapat ditumbuhkan dengan berbagai cara. Oleh karena itulah pentingnya ilmu tauhid agar kita selalu ingat dan percaya bahwa Allah Maha Esa dan yang berhak kita sembah. Semoga kita selalu Istiqomah dalam menjalankan ibadah kepada-Nya.

    BalasHapus
  147. Nama : Nanda Emilia
    NIM : F1071211033
    Prodi/Kelas/Semester : Pendidikan Biologi/Reg 1- A2/Semester 1 (2021/2022)
    Asal Sekolah : SMAN 1 Nanga Mahap

    Bismillah
    MahaSuci Allah yang telah melimpahkan RahmatNya kepada kita. MasyaAllah Terimakasih pak atas materi nya kali ini yaitu ilmu Tauhid, Ilmu Tauhid merupakan bentuk mengenal Allah dan Rasul-Nya. Dalam hal tersebut, mempelajari ilmu Tauhid artinya meyakini dengan sepenuh hati segala sifat dan kesempurnaan yang dimiliki Allah dan juga mempercayai segala risalah atau ajaran Rasul-Nya, dan juga Ilmu Tauhid sangat penting untuk kita pelajari dan terapkan dalam kehidupan dengan baik, agar kita menjadi manusia yang senantiasa ikhlas dalam menerima setiap ketentuan Sang Pencipta.


    BalasHapus
  148. Nama : Mithahul Jannah
    Nim : F1071211037
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Semester : Ganjil (2021-2022)
    Asal sekolah : SMAN 01 SUKADANA

    MaasyaAllah terima kasih bapak
    Semoga Rahmat dan karunia-Nya selalu tercurahkan kepada bapak aamiin
    Tauhid diketahui sebagai ilmu yang mempelajari tentang sifat keesaan Allah. Di mana Allah itu satu, Dzat yang memiliki segala kesempurnaan dan tidak ada satu pun yang bisa menggantikannya.
    Tidak ada satu mahluk pun di muka bumi ini sama dengan nya atau setara dengan nya dia lah yang menciptakan bumi dan seisinya dan tak ada yang bisa disamakan dengan nya wujud Allah lain sama sekali dari wujud alam semesta. Ia tidak dapat disamakan dan di rupakan dalam bentuk apapun juga. Ini berarti bahwa hanya Allah sajalah yang berhak disembah dan menerima ibadah. Hanya Dialah satu-satunya yang patut dan harus disembah dan hanya kepada-Nya pula kita meminta pertolongan. Subhanallah

    BalasHapus
  149. Nama : Winda Alya Rani Sonalinda
    NIM : F1072211011
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg B (PPAPK)
    Semester : Semester 1 (2021/2022)

    Bismillah,
    MasyaAllah...
    Terima kasih atas ilmunya, pak. Dengan membaca blog ini, semakin terbuka pula wawasan saya tentang ilmu tauhid, mengetahui sifat-sifat Allah, sehingga kita senantiasa mengingat Allah dalam kehidupan sehari-hari.
    Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah SWT. dan selalu istiqomah dalam menjalankan hidup.

    BalasHapus
  150. Nama : Nia Amalia Pradana
    NIM : F1072211006
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1B (PPAPK)
    Semester : Ganjil (2021/ 2022
    Asal Sekolah : MA Ushuluddin Singkwang
    Masyaallah tabarakallah, terima kasih atas ilmu yang bapak berikan pak. dengan membaca blog bapak ini pemikiran saya tentang tauhid semakin luas dan membuat kita semua harus selalu mengagungkan Nya sebagai pencipta. Karena tiada tuhan selain Allah Swt, Allah Maha Esa dan tiada tempat memohon selain Dia. Dan semoga kita masih dalam naungan Islam Rahmatan Lil’alamin . Amin amin ya rabbal alamin

    BalasHapus
  151. Nama: Tati Arianti
    NIM: F1072211012
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1B (PPAPK)
    Semester: Ganjil (2021/2022)
    Asal sekolah: SMAN 2 BUNGURAN BARAT

    MasyaAllah, benar sekali pak. Tiada tuhan selain Allah yang menciptakan segala alam semesta beserta isinya. Dan selalu beribadah kepada nya, hanya meminta pertolongan kepada Allah SWT semoga dengan kita mengetahui nya kita selalu dapat mengamalkan nya di kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  152. Nama : Indah Puspita Sari.
    NIM : F1071211054
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : RegulerA-2
    Semeter : Semester 1 (Ganjil)
    Asal sekolah : SMA Negeri 8 Pontianak Kota

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh. Saya Indah Puspita Sari. F1071211054. Pendidikan Biologi/RegulerA-2/Semester 1 (Ganjil). SMA Negeri 8 Pontianak Kota, izin berkomentar, pak.

    Alhamdulillahi rabbil ‘alamin Segala Puji Bagi Allah Tuhan Seluruh Alam. Materi yang bapak sajikan sungguh sangat luar biasa. Banyak sekali ilmu yang didapatkan. Dan wawasan seputar "Tauhid atau konsepsi tentang Ketuhanan Yang Maha Esa" saya semakin bertambah.

    Perlu kita pahami bahwa Kemaha Esaan Allah dalam Zat-Nya berbeda dalam segalanya. Ia bahkan tidak dapat dibandingkan ataupun disamakan dengan benda sekitar yang kita kenal. Ia bersifat kekal, abadi, tidak berkesudahan, tidak ada permulaan-Nya.

    Hanya kepadanyalah kita meminta pertolongan dan memohon ampunan . Tiada Tuhan selain Allah SWT.. Tiada pula yang mampu menandinginya, ialah Tuhan yang menciptakan seluruh alam semesta ini.

    Tidaklah pantas bagi kita menyembah selain kepada-Nya. Padahal sudah jelas tidak ada dalam kitab manapun yang menyebutkan keterlibatan selain Allah dalam penciptaan alam semesta, juga dalam catatan terdahulu. Tentulah kita sudah tahu, ketika kita memohon pertolongan kepada selain Allah, mereka tidak mampu mengabulkan apa yang kita minta hingga hari kiamat nanti. Sebab mereka tidak mampu dan mereka juga lalai memperhatikan doa yang dimohonkan. Oleh sebab itu, sia sialah mereka yang berdoa pada berhala.

    Saya juga, malah teringat pada kisah nabi Ibrahim yang terdapat dalam Al-quran surah Al-Anbiya' Ayat 58 :

    فَجَعَلَهُمْ جُذَاذًا اِلَّا كَبِيْرًا لَّهُمْ لَعَلَّهُمْ اِلَيْهِ يَرْجِعُوْنَ

    58. Maka dia (Ibrahim) menghancurkan (berhala-berhala itu) berkeping-keping, kecuali yang terbesar (induknya); agar mereka kembali (untuk bertanya) kepadanya.

    Jangankan untuk menolong kita, bahkan untuk menolong diri mereka pun, mereka tak mampu. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tidak ada zat atau seorang pun yang mampu menandingi Allah SWT. Semoga kita selalu istiqamah untuk selalu beribadah kepada-Nya. Dan henti-hentinya memohon ampunan dan meminta pertolongan kepadanya.

    Sekian komentar dari saya. Terimakasih atas ketersedian bapak untuk mengizinkan saya berkomentar. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Yang baik itu datangnya dari Allah SWT. dan yang buruk datangnya dari saya pribadi. Akhir kata, Wabillahit taufiq wal hidayah, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  153. Nama : Aulia Anisa
    NIM : F1071211045
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg 1 A-2
    Semester : 1 (2021/2022)
    Asal Sekolah : SMA NEGERI 9 PONTIANAK

    MasyaAllah, materi Keyakinan Kepada Allah dengan menuliskan Keesaan Allah yang dikemas dengan singkat namun jelas dan padat membuat yang membaca lebih cepat paham akan sari dari ilmu ini.

    Allah Maha Esa, tiada Tuhan selain-Nya. Hanya kepada-Nya lah kita memohon dan berdoa. Hanya kepada-Nya lah kita meminta tolong dan berharap.

    Terima kasih atas ilmu agama yg bermanfaat ini pak, semoga menjadi penambah amal kebaikan bapak. Aamiin.

    BalasHapus
  154. Nama : Sucy Indah Lestari
    NIM : F1071211055
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg 1 A-2
    Semester : 1 (2021-2022)
    Asal Sekolah : SMANSA SEMITAU

    Saya setuju dengan materi Keyakinan Kepada Allah yang bapak tulis dengan singkat dan jelas ini.

    Saya setuju bahwa Allah itu esa dalam segala hal, dalam menentukan hal yg sekarang maupun yang akan datang.
    Hanya Allah yang mengurusi segala urusan umatnya.

    Sekian komentar dari saya, terima kasih atas ilmu yang diberikan bapak semoga menjadi amal Sholeh bapak kelak.

    BalasHapus
  155. Bismillah

    Nama : Donny Arya Wijayanto
    NIM : F1071211051
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg 1 A-2
    Semester : 1 (2021-2022)

    MasyaAllah, setelah saya membaca ini saya jadi lebih belajar tentang ilmu Tauhid yaitu ilmu tentang Kemaha Esaan Tuhan,semoga kita senantiasa diberi perlindungan oleh Allah Aamiin....

    BalasHapus
  156. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Tiara Tis'atun Hasanah
    NIM/Kelas : F1072211001/1-B
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Semester : Semester 1 (ganjil)

    Bismillahirrahmanirrahim... Banyak sekali Ilmu yang saya dapatkan melalui materi yang bapak sampaikan di blog bapak terutama saya bisa mengetahui lebih luas tentang materi "Tauhid atau konsepsi tentang Ketuhanan Yang Maha Esa".
    Perlu kita ketahui bahwa ke Esaan Allah berbeda dengan segalanya, bahkan Allah tidak bisa disamakan dengan apa yang ada didekat kita karena Allah bersifat kekal dan abadi.

    Tidak lah pantas kita menyembah selain kepada Allah karena jika kita meminta pertolongan selain kepada Allah, maka mereka tidak mampu untuk mengabulkan apa yang kita minta karena mereka lalai memperhatikan doa yang kita mohonkan dan mereka juga tidak mampu untuk mengabulkannya. Dan semoga kita selalu sanantiasa istiqamah beribadah dan minta pertolongan hanya kepada Allah SWT.

    Terimakasih atas ilmu yang sangat bermanfaat yang telah bapak berikan melalui blog bapak.

    BalasHapus
  157. Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatu

    Nama:Wanda pramitalestari
    Kelas :Ppak b
    NIM :F1072211013
    Prodi :Pendidikan biologi
    Fakultas:FKIP

    Keyakinan kepada allah Untuk mempercayai tentang keberadaan Allah, wajib bagi setiap hamba Nya Karna percaya akan keyakinan kepada Allah sangat penting dimiliki umat muslim

    BalasHapus
  158. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Nama: Ade Irma Suryani
    NIM: F1071221005
    Kelas: 1A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Semester:1

    Massyaallah, sungguh bermanfaat sekali materi yang telah bapak berikan, bahwa ilmu tauhid adalah ilmu tentang keesaan Allah. Dari materi yang telah diberikan bahwa kita tahu ada 7 ajaran islam tentang keesaan Allah, yaitu:
    1. Allah maha esa dalam zatnya
    2.Allah maha esa dalam sifat2nya
    3.Allah maha esa falam perbuatan2nya
    4. Allah maha esa dalam wujudnya
    5. Allah maha esa dalam menerima ibadah
    6. Allah maha esa falam menerima hajat dan hasrat manusia, dan
    7. Allah maha esa dalam memberi hukum

    Waalaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  159. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  160. Nama : Nur Alfiatun Nikmah
    NIM : F1071221038
    Kelas : 1-A2
    Pendidikan Biologi

    Alhamdulillah setelah membaca blogspot ini, dapat kita ketahui bersama bahwa Allah itu Maha Esa dengan 20 sifatnya, penciptaannya, wujudnya, menerima ibadah dan hajat dari makhluk yang diciptakannya, serta pemberi hukum yang tertinggi. Yakin terhadap Allah itu wajib bagi umat islam yang merupakan slaah satu rukun iman dan termasuk ilmu tauhid.

    BalasHapus
  161. Nama: Harun Asyrofi
    NIM: F1071221059
    Kelas: 1-A1
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Subhanallah, Allahuakbar,tiada tuhan yang berhak disembah selain-Nya, Allah Tuhan yang maha esa,insyallah Setelah membaca blogspot ini dapat diambil pelajaran dan menambah wawasan diri tentang ilmu tauhid dan mengetahui keesaan Allah dengan segala zat dan sifat-sifat nya

    BalasHapus
  162. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Nova Siswanti Adtya
    NIM : F1071221003
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Masya Allah tabarakallah.
    Ilmu yang sangat bermanfaat sekali, setelah membaca blogspot ini wawasan menjadi semakin luas. Bahwa tiada tuhan selain Allah, Allah maha Esa. Disini juga dapat dipelajari tentang ilmu tauhid.

    BalasHapus
  163. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarrakatuh

    Nama : Asmawati
    NIM : F1071221025
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : A1
    Ma syaa Allah Tabarakallah
    Terima kasih atas ilmu yang bapak sampaikan sangat bermanfaat bagi kami.

    Tauhid artinya meyakini keesaan Allah, tidak ada Tuhan selain Allah.
    Menurut Osman Raliby ajaran Islam tentang Kemaha Esaan Tuhan adalah sebagai berikut:
    1. Allah Maha Esa Dalam Zat-Nya.
    2. Allah Maha Esa dalam sifat-sifat-Nya.
    3. Allah Maha Esa dalam perbuatan-perbuatan-Nya.
    4. Allah Maha Esa dalam wujud-Nya.
    5. Allah Maha Esa dalam ibadah.
    menerima
    6. Allah Maha Esa dalam menerima hajat dan hasrat manusia.
    7. Allah Maha Esa dalam meberi hukum.

    Sedikit materi yang dapat saya sampaikan sebagai rangkuman mengenai kepercayaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (Tauhid)

    Terima kasih

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrakatuh

    BalasHapus
  164. Bismillahirrahmanirrahim,
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Naya Uzzahra
    NIM : F1071221058
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Masyaallah... Dialah Allah, Yang Maha-Esa. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Keesaan Allah itu meliputi: Dia Maha-Esa pada zat-Nya, Maha-Esa pada sifat-Nya, Maha-Esa pada perbuatan-Nya, Maha Esa dalam wujud-Nya, Maha Esa dalam menerima ibadah, Maha Esa dalam menerima hajat dan hasrat manusia serta Maha Esa dalam memberi hukum. Semoga kita semua dapat mempelajari dan menerapkan ilmu tauhid dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan mempelajari ilmu tauhid, dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada diri kita. Ilmu ini juga menjadi bekal pedoman bagi seluruh umat Islam dalam melakukan kewajibannya sebagai umat beragama.

    Sekian dari saya, terima kasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  165. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Dian Risti
    NIM: F1071221054
    Kelas: IA2

    MasyaAllah, Allah yang menciptakan semua yang ada di langit maupun muka bumi ini, tiada tuhan selain Allah SWT, kita wajib bersyukur atas apa yang sudah di berikan kepada kita. Setelah membaca semua diatas dengan paparan penjelasan diatas , saya dapat menambah wawasan mengenai ilmu tauhid. semoga kita selalu dalam perlindungan -Nya. Dan semoga selalu dilimpahkan rahmat-nya .

    Sekian dari saya wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  166. Nama : Nurdini Layliyah
    NIM : F1071221056
    Pendidikan Biologi
    1-A2

    MasyaAllah, ilmu yang sangat bermanfaat. Dengan membaca ini saya menjadi lebih mengerti tentang ilmu tauhid. Semoga kita semua berada dalam lindungan Allah dan selalu senantiasa sehat.

    BalasHapus

  167. Nama : Eli Delima
    NIM : F1071221035
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MaasyaaAllah, Terimakasih atas ilmunya pak
    Mengenai tentang Tauhid, yang berhak disembah hanyalah Allah Subhanu Wa Ta'ala dan hanya kepada-Nyalah kita meminta pertolongan
    Semoga kita selalu di beri perlindungan oleh Allah Aamiin Allahumma Aamiin🤲

    BalasHapus
  168. Nama : LATIFAH PUJI LESTARI
    NIM : F1071221020
    Kelas : I-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MasyaAllah, ilmu yang bermanfaat sekali. Tiada Tuhan selain Allah yang menciptakan segala sesuatu di bumi beserta isinya. Kita harus selalu beribadah kepada Allah SWT dan hanya kepada-Nya kita meminta pertolongan. Keyakinan kepada Allah Untuk mempercayai tentang keberadaan-Nya merupakan kewajiban bagi smusli muslim.

    BalasHapus
  169. Nama : Farida
    Nim: F1071221018
    Kelas: 1-A2
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masyaallah, terimakasih atas ilmunya pak. Ilmunya sangat bermanfaat bagi kami. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin

    BalasHapus
  170. Nama:delvia uliyanda
    Nim:F1071221024
    Kls:A2
    Prodi:pendidikan biologi

    Masyaallah terima kasih atas ilmu yang bermanfaat ini pak.kepercayaan,meyakini bahwa sesunguhnya allah itu ada adalah termasuk rukun iman.semoga kita selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari allah amin

    BalasHapus
  171. Nama: Desy Syafitri
    Nim:F1071221001
    Kelas : I-A1
    Prodi: Pendidikan biologi

    Masyaallah..terima kasih atas ilmunya yang selalu bermanfaat pak. Semogaa iman kita selalu istiqomah meyakini bahwa الله sesungguhnya ada, dan satu-satunya Sang Illah.

    BalasHapus
  172. NAMA: FANNISA SAFARINI
    NIM: F1071221030
    KELAS: I-A2
    PRODI: PENDIDIKAN BIOLOGI

    Mashaa Allah..Maha Suci Allah. Terima kasih atas tambahan ilmunya, Pak. Sangat bermanfaat. Alhamdulillah saya jadi semakin menyadari betapa agungnya Allah SWT, Sang Pencipta yang sempurna.

    BalasHapus

  173. Nama : Suryani
    Nim : F1071221014
    Kelas : 1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Terimakasih pak🙏
    Mempelajari ilmu tauhid memang sangat penting karena masih banyak yang beragama Islam masih percaya dengan hal-hal yang mengandung kesyirikan.
    Semoga kita dijauhkan dengan hal tersebut🤲🏻

    BalasHapus
  174. Bismillahirrahmaniirahim
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama :Sri wahyuningsih
    Nim :F1071221012
    Kelas :1-A2
    Prodi :Pendidikan Biologi

    Masyaallah atas ilmu yang bermanfaat sekali yaitu keyakinan kepada Allah,yang berarti kita harus menyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT itu benar benar ada,dan tidak ada yang berhak di sembah selain Allah SWT. Dari materi ini dapat kita ambil menambah wawasan serta juga dapat di ambil pelajaran tentang tauhid dan juga mengetahui keesaan Allah dengan segala zat dan sifat sifat yang Allah miliki.

    Sekian terima kasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  175. Nama : Amelia Dwi Kartika
    Nim : F1071221007
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Bismillahirrahmanirrahim

    Masyaallah terimakasih atas ilmu yang bermanfaat yang telah bapak berikan untuk kita semua pak. Banyak yang dapat diambil dari mempelajari ilmu tauhid atau keyakinan kepada Allah. Memang benar bahwa Allah lah yang menciptakan semua isi alam semesta dan tidak ada Tuhan selain Allah. Allah lah yang Maha Esa hanya kepada nya lah kita memohon ampun, hanya kepada-nya lah kita menyembah dan meminta pertolongan.
    Semoga kita selalu berada di jalan Allah SWT dan berada didalam lindungan nya, Aamiin ya Allah 🤲🏻

    Sekian dari saya, terimakasih.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  176. Nama : Tri Elyza Handayani
    Nim : F1071221047
    Kelas : 1A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MasyaAllah, Allah yang menciptakan semua yang ada di muka bumi ini, tiada tuhan selain Allah SWT, wajib kita bersyukur atas apa yang sudah di berikan kepada kita semua dengan paparan penjelasan diatas , segala masalah apa pun yang akan kita hadapi pasti Allah SWT lah penolong bagi setiap umat nya, semoga kita selalu dalam perlindungan -Nya. Dan semoga selalu dilimpahkan rahmat-nya .
    Senantiasa selalu bersyukur.

    BalasHapus
  177. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  178. Nama : Amalia Putri Shalihat
    NIM : F1071221028
    Kelas :1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masyaallah, sungguh bermanfaat sekali materi ini, semoga ilmu ini bisa menjadi berkah untuk kita semua. Semakin yakin akan keagungan Allah swt. semoga dengan bertambahnya ilmu tentang tauhid ini kita semakin taat kepada Allah swt aamiin

    BalasHapus
  179. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Ummi Fatoni
    Nim: F1071221036
    Kelas: 1-A2
    Prodi:Pendidikan Biologi

    Masyaallah, terima kasih atas ilmunya pak, ilmunya sangat bermanfaat dan menambah ilmu tentang keyakinan kepada Allah SWT. . Setelah membaca materi ini semoga kita dapat menerapkan dan melatih diri untuk selalu yakin kepada Allah SWT. serta dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

    Sekian, terima kasih
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  180. Nama : Dea Amanda
    Nim : F1071221010
    Kelas : 1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Bismillahirrahmanirrahim

    Masyaallah sekali ilmu yang bapak berikan, terimakasih atas ilmunya sanga bermanfaat untuk kita semua pak. Banyak yang dapat diambil dari mempelajari ilmu tauhid atau keyakinan kepada Allah. Bahwa hanya Allah yang menciptakan semua isi alam semesta dan tidak ada Tuhan selain Allah. Allah lah yang Maha Esa hanya kepada nya lah kita memohon ampun, hanya kepada-nya lah kita menyembah dan meminta pertolongan.
    Semoga kita selalu berada di jalan Allah SWT dan berada didalam lindungan nya, Aamiin ya Allah 🤲🏻

    Sekian dari saya, terimakasih.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  181. Nama : Reny Radita Putri
    NIM : F1071221037
    kelas : 1-A1
    Prodi :Pendidikan Biologi
    Alhamdulillah terimakasih pak atas ilmu yang telah disampaikan, tentang Kemaha Esaan Tuhan. dan Tauhid, yang dimana Ilmu Tauhid adalah ilmu tentang Kemaha Esaan Tuhan. Semoga dengan ilmu tersebut dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada diri kita dan juga menjadi bekal pedoman bagi seluruh umat Islam dalam melakukan kewajibannya sebagai umat beragama.

    BalasHapus
  182. Nama: Putri Januariza
    Nim: F1071221009
    Kelas: 1-A1

    MasyaAllah tabarakallah, Terima kasih atas ilmu yang luar biasa dan sangat bermanfaat sekali ini pak, dengan membaca materi mengenai iman atau keyakinan kepada Allah saya lebih memahami arti ketuhanan yang maha Esa atau tauhid ini. Memang sungguh Allah Maha Esa dalam zat-Nya, dalam sifat-sifat-Nya, dalam perbuatan-perbuatannya, dalam wujud-Nya, dalam menerima ibadah, dalam menerima hajat dan hasrat manusia, dan dalam memberi hukum. Tiada Tuhan selain Allah. Semoga dengan membaca ilmu yang telah dijelaskan diatas akan menambahkan wawasan dan keimaman kita kepada Allah SWT. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya dan semoga sehat selalu, Aamiin ya rabbal'alamin.

    BalasHapus
  183. Nama : Anita Tri Andriani
    NIM : F1071221011
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    MasyaAllah, setelah membaca materi di blog ini saya menjadi sedikit lebih banyak memahami tentang Ilmu Tauhid, dan mengetahui bahwa Allah SWT adalah sebaik baik nya untuk di sembah, tiada Tuhan selain Allah SWT.
    Semoga kita semua selalu bersyukur dan senantiasa mengingat serta berada dalam lindungan Allah SWT aamiin ya robbal alamin
    Terimakasih atas ilmu nya, Pak

    BalasHapus
  184. Nama : WAHYUNI
    NIM : F1071221055
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    MaasyaaAllah, Terimakasih atas ilmunya pak
    Semoga kita semua selalu bersyukur dan senantiasa mengingat serta berada dalam lindungan Allah SWT aamiin.
    Terimakasih atas ilmu nya, Pak

    BalasHapus
  185. Nama : Aulia Nur Rahmania
    NIM : F1071221061
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    MasyaAllah, terimakasih atas ilmunya, pak. Semoga kita semua selalu senantiasa mengingat serta berada dalam lindungan Allah SWT aamiin ya robbal alamin.

    BalasHapus
  186. Nama : Tasya Nur Atika
    NIM : F1071221013
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MasyaAllah, terimakasih pak atas ilmu yang telah disampaikan tentang ilmu tauhid. Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak untuk disembah dan dimintai pertolongan. Semoga kita semua selalu berada di lindungan Allah SWT. Aaminn🙏

    BalasHapus
  187. Nama : Syifa Rahmatillah
    NIM : F1071221029
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MaasyaaAllah, Terimakasih atas ilmunya pak.
    Semoga kita selalu diberikan kekuatan hati agar tetap istiqamah di jalan Allah SWT dan tidak akan pernah lupa padaNya,
    Aamiin Allahumma Aamiin

    BalasHapus
  188. NAMA : Pinasti Haningtyas
    NIM : F1071221027
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    MasyaAllah, terimakasih atas ilmunya, pak. Semoga kita semua selalu senantiasa mengingat serta berada dalam lindungan Allah SWT aamiin ya robbal alamin.

    BalasHapus
  189. Nama : Indah Sari
    NIM : F1071221015
    Kelas : A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Masyaallah, terimakasih atas ilmunya pak. Ilmunya sangat bermanfaat sekali pak. Tiada tuhan selain Allah. Hanya dialah satu-satunya yang patut dan harus disembah hanya kepada-Nya pula kita meminta pertolongan. Allah lah satu-satunya pemberi hukum yang tertinggi.

    Semoga kita selalu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya serta selalu mengingat Allah

    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  190. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Fiqri Hidayat
    NIM : F1071221039
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A1

    Bismillahirrahmanirrahim

    Alhamdulillah terimakasih pak atas ilmu yang telah diberikan tentang Keyakinan kepada Allah SWT, dengan memperdalam ilmu tauhid yang dimana Ilmu Tauhid adalah ilmu tentang Kemaha Esaan Tuhan. Semoga dengan ilmu yang saya dapat ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan juga menjadi bekal pedoman bagi seluruh umat Islam dalam melakukan kewajibannya sebagai umat beragama.

    Terima kasih ilmunya pak 🙏

    BalasHapus
  191. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Virga Virnanda
    NIM : F1071221046
    Kelas : 1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi
    MasyaAllah jazakallahu kharian atas ilmu yang bapak berikan tentang "Keyakinan Kepada Allah". Sungguh hanya kepada Allah Tuhan yang berhak disembah. Sungguh tiada Tuhan selain Allah, karena dalam Islam telah menjelaskan bahwa Allah Esa (satu). Tidak ada dzat yang sama dengan-Nya. Setelah membaca ini Saya mengetahui sifat-sifat, perbuatan-Nya, dan hanya kepada Allah kita memohon ampunan dan Allah adalah pengadil yang seadil-adilnya. Sebab kita pasti akan kembali kepada-Nya di akhirat kelak. Semoga kita termasuk hamba Allah yang senantiasa melakukan perintah-Nya untuk melakukan kebaikan dan menjauhi larangan-larangan-Nya, Aamiin Yaa Robbal Aalamiin

    BalasHapus
  192. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  193. Nama : Tarisa Anggini
    Nim : F2072221003
    Kelas : PP.APK 1B
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    MasyaAllah tabrakallah, terima kasih banyak pak atas ilmu yang bapak bagikan pada blog ini, setelah membaca blogspot ini saya dapat mengetahui ilmu tauhid dan sifat-sifat Allah. Sekian dari saya, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.🙏

    BalasHapus
  194. Nama : Pirda mudiatun mahmudah
    NIM :F1072221002
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas :1B(Ppapk)

    Allah ialah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan Selain Allah. Tak ada tempat lain untuk mengadu, selain kepada Allah SWT. Allah Maha Esa Dalam Zat-Nya.
    Alhamdulillah setelah membaca uraian blogspot dari bapak, Saya bisa mengenal ilmu-ilmu tauhid yang diajarkan di dalam Islam,wawasan saya bertambah, dan keyakinan saya terhadap Islam semakin kuat.
    Terima kasih pak atas ilmu yang bapak berikan, semoga Bapak selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal alamin

    BalasHapus
  195. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Maya Novita Sari
    NIM : F1071221021
    Kelas :1-A21
    Prodi : Pendidikan Biologi
    MasyaAllah jazakallahu kharian dari ilmu yang bapak. Hanya kepada Allah Tuhan yang berhak disembah. Sungguh tiada Tuhan selain Allah, dalam Islam telah dijelaskan bahwa Allah Esa (satu). Tidak ada dzat yang sama dengan-Nya. Setelah membaca ini Saya mendapatkan wawasan mengenai sifat-sifat, perbuatan-Nya, dan hanya kepada Allah kita memohon ampunan dan pengadil yang seadil-adilnya. Pasti kita akan kembali kepada-Nya di akhirat kelak. Semoga kita termasuk hamba Allah yang senantiasa melakukan perintah-Nya untuk melakukan kebaikan dan menjauhi larangan-larangan-Nya, Aamiin Yaa Robbal Aalamiin

    BalasHapus
  196. Nama : Dina Wahyuni
    NIM : F1072221007
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : PPAPK 1B
    Semester: 1 / Ganjil
    Mata Kuliah : Agama Islam

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Masyaallah, sungguh ilmu yang bermanfaat bagi kita semua, terimakasih pak dengan membaca blogspot ini saya mengetahui ilmu-ilmu tauhid dan sifat-sifat Allah. Hanya kepada Allah, tuhan seluruh alam yang berhak disembah. Hanya kepada-Nya lah kita memohon ampun serta terus bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan. Semoga kita dapat menjadi makhluk yang taat kepada Allah Subhana wa taala. Aamiin.
    Sekian dari saya Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  197. Nama : Murti Pertiwi
    Nim : F1072221009
    Kelas : 1-1B
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Bismillahirrahmanirrahim

    Masyaallah terimakasih atas ilmu yang bermanfaat yang telah bapak berikan untuk kita semua pak. Banyak yang dapat diambil dari mempelajari ilmu tauhid atau keyakinan kepada Allah. Memang benar bahwa Allah lah yang menciptakan semua isi alam semesta dan tidak ada Tuhan selain Allah. Allah lah yang Maha Esa hanya kepada nya lah kita memohon ampun, hanya kepada-nya lah kita menyembah dan meminta pertolongan.
    Semoga kita selalu berada di jalan Allah SWT dan berada didalam lindungan nya, Aamiin ya Allah 🤲🏻

    Sekian dari saya, terimakasih.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN