KEYAKINAN PADA HARI KIAMAT DAN PERTANGGUNGJAWABAN MANUSIA DI AKHIRAT

Oleh : Ustadz H. Ma'ruf Zahran, S.Ag, M.Ag

        Rukun Iman yang kelima adalah keyakinan kepada hari kiamat. Keyakinan ini sangat penting dalam rangkaian kesatuan rukun iman lainnya, sebab tanpa mempercayai agama islam, walaupun orang itu menyatakan ia percaya kepada Allah, al-Qur'an dan Nabi Muhammad. Menurut Abul A'la Maududi (Altaf gauhar, 1983 : 13), manusia tidak dilepaskan begitu saja ke dunia ini sebagai binatang yang tidak bertanggung jawab. Ia bertanggung jawab atas segala perbuatannya itu kepada Allah (kelak). Saat memberikan pertanggungan jawab itu telah ditentukan oleh Allah, yakni setelah hari kiamat, sesudah kehidupan manusia di atas bumi ini berakhir dan berganti dengan kehidupan lain. Pada waktu itu kelak semua manusia (dihidupkan Tuhan kembali) dan dipanggil untuk memberikan pertanggung jawab yang lengkap mengenai segala perbuatannya, apakah sesuai atau tidak sesuai dengan larangan atau perintah Allah, seperti yang telah disinggung di atas. Setiap orang akan menerima akibat segala perbuatan yang dilakukannya di dunia ini, seperti yang difirmankan Allah dalam al-Qur'an, surat at-Taubah (9) ayat 68 kalimat terakhir yang terjemahannya berbunyi  (lebih kurang) sebagai berikut,..."dan Allah melaknati (orang-orang munafik = pura-pura beriman) dengan (balasan) bagi mereka azab yang kekal. "Pengadilan atas diri manusia di depan Allah Yang Maha Adil itu, akan berlangsung terbuka terbuka dengan segala macam bukti untuk melaksanakan  apa yang telah dilakukan  oleh manusia di dunia ini baik secara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan. "Dan mereka akan dibawa ke hadapan Tuhanmu dengan berbaris ...."  "Dan diletakkan (di depan mereka), kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang yang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: ..."Kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan mencatat semuanya..." demikian (lebih kurang) bunyi terjemahan al-Qur'an surat al-Kahfi (18) ayat 48 (permulaan) dan bagian ayat 49. Di dalam proses ini tidak seorangpun dapat memindahkan beban pertanggunganjawabnya kepada orang lain. Setiap orang berdiri sendiri dalam mempertanggungjawabkan perbuatannya dan menantikan keputusan atas dirinya yang berada di dalam kekuasan Allah semata-mata. Proses pengadilan itu tertumpu kepada pertanyaan : apakah manusia yang diadili itu tunduk kepada Allah sesuai degan ketetapan-Nya yang disampaikan melalui para Nabi dan Rasul yang diutus-Nya kepada manusia. Jika jawaban terhadap pertanyaan ini positif, seperti yang telah disebut juga  di atas, manusia akan ditempatkan di sorga, tetapi kalau jawaban itu negatif, ia akan dimasukkan ke dalam suatu tempat yang disebut neraka.

Rujukan
Buku                    : Pendidikan Agama Islam
Pengarang          : Prof. H. Mohammad Daud Ali, S.H

Komentar

  1. Nama : Wiwin Saraswati
    NIM : F1071201055
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Subhanallah,,, terimakasih Pak atas ilmunya.
    Semoga kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kita harus mempercayai adanya hari kiamat, maka berbuat baik la selama di dunia karena kita tidak tau kapan hari kiamat akan tiba, sungguh Allah yang maha mengetahui. Jagalah perbuatan kita selama di dunia, bertaubatlah dan mohon ampunan kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  2. Nama : Wiwin Saraswati
    NIM : F1071201055
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Subhanallah,,, terimakasih Pak atas ilmunya.
    Semoga kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kita harus mempercayai adanya hari kiamat, maka berbuat baik la selama di dunia karena kita tidak tau kapan hari kiamat akan tiba, sungguh Allah yang maha mengetahui. Jagalah perbuatan kita selama di dunia, bertaubatlah dan mohon ampunan kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  3. Nama: Linda Rahmawati
    NIM: F1071201047
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1A-2

    Subhanallah, terimakasih banyak pak atas ilmunya.. sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan kami. Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah SWT, aamiin

    BalasHapus
  4. Nama: Dea Fitri Natasya
    NIM: F1071201033
    Prodi: Pendisikan Biologi
    Kelas: IA2


    Setiap umat muslim wajib mempercayai adanya hari akhir/kiamat, dimana pada hari itu kita semua dikumpulkan dan di minta pertanggungjawaban atas perbuatan kita selama di dunia. Iman kepada hari kiamat adalah bentuk kita mempercayai dan mengimani bahwa kiamat itu pastia akan terjadi suatu hari nanti. Hanya Allah yang tahu kapan hari itu akan terjadi. Tugas kita sebagai muslim hanyalah beriman dan tetap berbuat kebaikan agar balasan yang kita terima nanti adalah kenikmatan.

    Terima kasih atas ilmunya pak

    BalasHapus
  5. Bismillahirrahmanirrahim

    Nama : Agus kurniasi
    Nim : F1071201038
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Maa Sya Allah,
    Segala puji bagi Allah
    Kita hidup didunia ini hanya lah sementara, apa yang telah kita perbuat didunia akan menjadi bekal dan penentu bagaimana Hidup kita di akhirat nanti, setelah kehidupan di dunia akan ada kehidupan yang kekal di akhirat. Semoga kita termasuk orang yang bermanfaat bagi orang lain dan tetap di jalan Allah agar selamat dunia akhirat. Karena kita tidak akan tau kapan hari akhir itu datang , tapi itu pasti terjadi dan tak bisa kita hindari sebaiknyaa persiapkan diri kita dari sekarang sebelum terlambat.
    Terima kasih banyak pak atas ilmu nya semoga bermanfaat dan menjadikan kita lebih dekat dengan sang pencipta, Maa Sya Allah.

    BalasHapus
  6. Nama : Azfa Fadhilah
    NIM : F1071201044
    Prodi Pendidikan Biologi

    Terjadinya Hari kiamat merupakan rahasia Allah SWT, semoga kita selalu beriman dan mengingat akan adanya hari kiamat agar kita takut dalam berbuat maksiat. Terimakasih ilmunya Pak, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, aamiin

    BalasHapus
  7. Nama : Nuruliza Nabila
    NIM : F1071201050
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Masya Allah terimakasih atas ilmunya pak, semoga kita senantiasa mengingat hari akhir dan menjauhi segala larangan dari allah karena semua apa yang kita lakukan akan mendapat balasannya kelak dihari akhir

    BalasHapus
  8. Nama : Azijah
    Nim : F1071201042
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masya Allah. Semua yang ada milik Allah dan akan kembali kepada Allah. Kehidupan di dunia hanya sementara dan tiap-tiap jiwa akan mempertanggung jawabkan semua perbuatannya nanti di hari perhitungan.

    Terima kasih pak atas ilmu yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu

    Nama: Filza Asqurini
    Nim : F1071201046
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Setiap umat Islam meyakini bahwa kehidupan di dunia bersifat sementara. Namun, keyakinan tersebut belum banyak mempengaruhi sebagaian besar umat Muslim,Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya orang yang takut akan kematian atau masih cenderung mementingkan kehidupan dunia. Nah, pentingnya beriman kepada hari akhir ini untuk selalu mengingatkan kepada kita bahwa Dunia ini hanya bersifat sementara.Beriman kepada Hari Akhir adalah meyakini bahwa hari kiamat atau akhir zaman pasti akan terjadi. Seluruh alam semesta akan mengalami kehancuran dan manusia akan dibangkitkan di kuburnya untuk mempertanggungjawabkan setiap amalan selama hidup di dunia.
    Terimakasih pak atas ilmu yang bapak berikan.

    BalasHapus
  10. Nama : Inne Aqmarina Filza
    NIM : F1071201031
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Keyakinan kepada hari kiamat merupakan rukun iman yang kelima. Keyakinan ini sangat penting sebab manusia bertanggung jawab atas segala perbuatannya itu kepada Allah (kelak). Tugas kita sebagai umat muslim berbuat baiklah selama di dunia dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. karena kita tidak tahu kapan hari kiamat itu datang.

    Terimakasih atas ilmunya pak.

    BalasHapus
  11. Nama: Najla Noviyani
    NIM: F1071201034
    PRODI: Pendidikan Biologi

    Subhanallah, susah sepatutnya kita meyakini bahwa hari kiamat itu ada. Hari di mana manusia di kumpulkan dan di minta semua pertanggungjawabannya atas perbuatan-perbuatan yg telah di lakukan, dan di hari itu juga amal ibadah kita di timbang. Tidak ada sato org pun yg tau kapah hari itu akan terjadi, kecuali Allah. Maha besar Allah mengetahui apa yg ada di langit dan bumi.
    Semoga kita selalu dapat menjalani kewajiban-kewajiban kita dan terus beramal sholeh.

    BalasHapus
  12. Desti Priandiani, F1071201052, Pendidikan Biologi.

    Masyaallah , segala puji bagi allah . Terima kasih atas ilmunya Pak, sungguh bermanfaat sekali. Kita harus mempercayai dengan hari kiamat , slalu berbuat baik karena sgala perbuatan kita harus dipertanggungjawabkan.

    BalasHapus
  13. Nama : Siti Nurhasanah
    NIM : F1071201039
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu
    Masyaallah Terimakasih pas atas ilmu yang telah bapak berikan kepada kami.
    Hari kiamat adalah peristiwa dahsyat yang pasti datangnya. Meyakini akan datangnya hari kiamat merupakan salah satu dari rukun iman yang wajib diimani oleh setiap muslim. Sehingga, mengingkarinya bisa merusak keimanan seorang muslim. Kedahsyatan peristiwa kiamat ini digambarkan dalam beberapa surat dalam alquran yang memiliki makna hari kiamat, seperti surat Al-Waqi’ah, Al-Haqqah, Al-Qiyamah,dan Al-Qari’ah.
    Hari kiamat pasti terjadi. Namun, kapan peristiwa besar itu berlangsung? Hanya Allah yang mengetahui. Tidak ada satu makhluk pun di alam semesta ini yang mampu memprediksi kapan terjadinya hari kiamat, termasuk para Malaikat. Bahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pun tidak diberikan informasi yang jelas oleh Allah tentang waktu terjadinya.

    BalasHapus
  14. Nama : Ariswandi
    Nim : F1071201041
    Kelas : l-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Bahwa kita tau, kita semua akan mati. Dan akan datang hari dimana semuanya akan musnah dan hancur. Dan kita percaya hari itu akan datang. Entah kapan. Hanya Allah lah yang tahu. Kite sebagai umat islam, seharusnya sudah mempersiapkan Amal kita.
    Terima kasih pak.

    BalasHapus
  15. Nama : Fadhelia Maudy
    NIM : F1071201032
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Subhanallah, kali ini kita mendapatkan ilmu lagi tentang rukun iman yang kelima yaitu keyakinan kepada hari kiamat. Karena manusia akan mempertanggung jawab kan atas semua perbuatannya didunia kepada Allah SWT maka sudah seharusnya kita sebagai manusia mempersiapkan diri. Semua manusia akan mempertanggung jawab kan perbuatan nya pada hari kiamat. Saat ini lah Allah akan memberikan keputusan seadil-adilnya tidak akan ada yang terlewat dari perhitungan Allah. Kita sebagai manusia harus selalu mendekati diri kepada Allah dan menjauhi larangan nya sebelum datang hari kiamat.

    Terimakasih atas ilmu nya pak.

    BalasHapus
  16. Nama : Nur Afifah Fitriana
    NIM : F1071201040
    Prodi : Pendidikan Biologi [I-A2]

    Keyakinan pada hari akhir/hari kiamat merupakan rukun iman yang ke-5 ,,surah-surah dalam Al-Quran paling banyak menjelaskan gambaran tentang hari kiamat itu sendiri, oleh karena itu kita harus mempersiapkan bekal amal Sholeh yang sebanyak-banyaknya sebelum hari kiamat terjadi, karena seperti yang kita ketahui sudah banyak tanda-tanda akhir zaman terjadi disekeliling kita, mengenai waktu terjadinya hanya Allah yang tahu bahkan Nabi Muhammad SAW saja tidak mengetahui.
    Terimakasih, jazakallah khair

    BalasHapus
  17. Nama : Mas Akhbar Faturrahman
    NIM : F1071201053
    Kelas : I-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Terima kasih atas ilmunya yang bermanfaat, pak. Kehidupan semua makhluk yang ada di alam semesta ini tidaklah kekal, sesungguhnya kekekalan hanyalah milik Allah SWT. semata. Maka dari itu, kita sebagai manusia harus menjaga dan rajin beribadah, meyakini bahwa hari kiamat akan datang.

    BalasHapus
  18. Nama : jihan shakina nilanti
    Nim : F1071201057
    Kelas : 1-A2
    Prodi : pendidikan biologi
    Fakultas : keguruan dan ilmu pendidikan

    Terima kasih ilmu nya pak, materi bapak sngat bermanfaat, kita harus meyakini bahwa kiamat akan terjadi, maka dari itu kita harus bnyak2 beribadah kepada Allah SWT minta perlindungan dari nya, dan terus lah berbuat baik karena jika berbuat yang jahat akan di minta pertanggung jawab oleh Allah SWT.

    BalasHapus
  19. Bismillahirrahmanirrahim

    Nama : Agus kurniasi
    Nim : F1071201038
    Prodi : Pendidikan Biologi ( 1-A2)

    Terima kasih pak atas ilmu nya, kita harus bisa mengingatkan sesama manusia , menjadi manusia yang bermanfaat satu sama lain.

    BalasHapus
  20. Nama : Hairun Nisa
    Nim : F1071201045
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masyaallah,semoga kita selalu dalam keimanan hingga akhir hayat hidup ini dan akhir dari dunia ini.

    BalasHapus
  21. Nama : Hairun Nisa
    Nim : F1071201045
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masyaallah,semoga kita selalu dalam keimanan hingga akhir hayat hidup ini dan akhir dari dunia ini.

    BalasHapus
  22. Nama : nufitasari
    nim: F1071201048
    Prodi: pendidikan biologi

    Masyaallah , terimakasih pak atas ilmu yang sangat bermanfaat semoga kita senantiasa berada dijalan yang diridai allah ,, dan semoga kelak kita masuk dalam golongn umat yang berada disurga .(amin)

    BalasHapus
  23. Bismillah,
    Nama : Nala Ranelia Putri
    NIM : F1071201043
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MasyaAllah, tabarakallah ilmunya Pak:)

    BalasHapus
  24. Bismillah,
    Nama : Nala Ranelia Putri
    NIM : F1071201043
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MasyaAllah, tabarakallah ilmunya Pak:)

    BalasHapus
  25. Nama : Citra Ardini
    NIM : F1071201058
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Sebagai makhluk ciptaan Allah kita harus menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Karena semua yg kita lakukan akan mendapatkan pertanggungjawaban di hati akhir. Semua akan dihitung di pengadilan Allah yang sangat adil. Oleh karena itu, berbuat baiklah kita semasa hidup ini, dan tak lupa untuk bertaubat kepada Allah SWT. Terima Kasih atas ilmu yang telah bapak berikan.

    BalasHapus
  26. Nama : Erni Sulistiyowati
    NIM : F1071201049
    Prodi : Pendidikan biologi
    kelas : I-A2

    MasyaAllah, terimakasih atas ilmunya Pak. Sebagai umat Islam tentu kita harus mempercayai adanya hari kehancuran, sebab dunia ini hanyalah sementara. dunia tidak abadi. dunia ini adalah tempat dimana kita diuji untuk tetap beribadah kepda Allah Swt. kelak semua yang kita lakukan akan dipertanggungjawabkan di hadapan Yang MahaKuasa. Allah Swt. dengan sangat jelas memperingatkan manusia mengenai kepastian adanya kiamat tetapi yang mengetahui datangnya kiamat hanyala Allah Swt.

    BalasHapus
  27. Nama : Rita Lisnawati
    NIM : F1071201035
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MasyaAllah. ..
    Sudah sepantasnya kita sebagai umat Muslim mempercayai ada nya Hari akhir. .
    Semoga selalu berada dalam lindungan-Nya
    Aamiin

    BalasHapus
  28. Nama : Putri Shaumi Ramadhaniah
    NIM : F1071201036
    Iman kepada hari akhir adalah bagian dari Rukun Iman yang kelima.
    Iman kepada hari akhir adalah wajib bagi semua umat Islam tanpa terkecuali.
    Terimakasih atas ilmunya pak

    BalasHapus
  29. Nama : Ragilia An'nur Fadilah
    NIM : F1051201026
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA2

    Subhanallah,,, terimakasih Pak atas ilmunya.
    Semoga kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kita harus mempercayai adanya hari kiamat, maka berbuat baik la selama di dunia karena kita tidak tau kapan hari kiamat akan tiba, sungguh Allah yang maha mengetahui. Jagalah perbuatan kita selama di dunia, bertaubatlah dan mohon ampunan kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  30. Nama: Sulastri
    Nim : F1051201039
    Prodi: pendidikan fisika
    Kelas : IA2
    Subhanallah terimakasih pak atas penjelasannya tentang keyakinan kepada hari kimat dan pertanggung jawabannya .
    Dimana itu termasuk rukun iman ke 5 ,Di mana kita harus berbuat baik kepada setiap orng dn tidk boleh berbohong karena itu akan di pertanggung jawabkan di hari kiamat itu nnti dan jagalah perbuatan kita di dunia dan bertaubat lh memohon ampunan dari Allah SWT

    BalasHapus
  31. Nama : Ari fatul fadila
    Nim : F1051201043
    Prodi : pendidikan fisika
    Bismilah, subhanallah
    Semoga kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT,dan percaya akan ada nya hari kiamat,kita tidak tau kapan akan datang nya hari kiamat ini hanya amal baiknya kita dan juga amal ibadah kita yang bisa menolong.
    Dari api neraka. Terimakasih.

    BalasHapus
  32. Nama : Filza Asqurini
    Nim : F1071201046
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Iman kepada hari akhir itu adalah rukun iman yang kelima. Iman kepada hari akhir merupakan akhir dari seluruh kehidupan di dunia. Hari kiamat juga di gambarkan sebagai musnah nya seluruh alam dan bumi serta terjadinya kebangkitan semula. Dalam firman allah surah al-baqarah ayat 62: "sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang yahudi, orang-orang nasrani dan orang orang shabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada allah, hari akhir dan beramal shalih, mereka akan menerima pahala dari tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak(pula) mereka bersedih hati ". persiapan dan bekal kita dalam menghadapi hari akhir adalah senantiasa mengingat allah, seperti shalat, berdoa, dan berdzikir. Selalu senantiasa bersemangat menyiarkan ayat-ayat alquran,dan berbuat kebajikan sebaik-baiknya kepada semua manusia terutama kedua orang tua, kerabat, anak- anak yatim dan hamba sahaya.
    Terimakasih atas ilmu nya pak, ilmu ini sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  33. Nama : Siti Rahma Yunita
    NIM : F1051201011
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA1

    Masya Allah sesungguhnya hari kiamat akan benar² terjadi tapi tidak ada satupun makhluk yang tahu kapan terjadinya, maka dari itu marilah kita senantiasa mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah agar kelak d akhirat tidak ada penyesalan di diri kita. Sekecil apapun kebaikan maupun kejahatan yang kita lakukan semuanya pasti akan mendapatkan balasan yang setimpal di sisi Allah.

    BalasHapus
  34. Nama : Muflih Yogo Walangga
    NIM : F1051201014
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA1

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat pagi setelah membaca yang Bapak berikan blog-nya saya mengetahui bahwa meyakini hari akhir atau kiamat dan pertanggungjawaban kita di akhirat itu merupakan sangat penting dan itu pasti akan terjadi dan kita memang harus mengimaninya kita harus percaya seperti yang ada yang di atas nanti kita akan diberikan pertanyaan yang akan kita jawab dan jika pertanyaan itu ditanggapi dengan positif 4 kita adalah di surga sedangkan jika pertanyaan kita dianggap tanggapannya dekat IV kita akan di tetapkan di neraka Oleh karena itu terima kasih kepada bapak bagai guru ataupun dosen agama Islam telah mengingatkan kami sekian dari saya wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  35. Nama : Al Husairi
    NIM : F1051201006
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1A 1

    Maa sya Allah..
    Iman kepada hari akhir menjadi salah satu renungan untuk kita menjalani hidup ini, dimana kita harus meyakini adanya balasan untuk apa yang telah kita lakukan di dunia. Dengan demikian diperlukan kehati-hatian dalam meniti kehidupan, harapannya agar kita dapat memperoleh kebahagiaan yang hakiki di akhirat kelak, tentunya dengan cara menyemai benih amal perbuatan yang baik yang diridhoi Allah SWT, menyiapkan bekal yang bermanfaat untuk akhirat kelak seperti yang termaksud dalam sebuah hadist "‘Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan sebagai orang asing atau seorang musafir’ [dan persiapkan dirimu termasuk orang yang akan menjadi penghuni kubur (pasti akan mati)]. Semoga kita dapat konsisten bertaqwa kepada Allah, dengan mengerjakan segala perintah-Nya dan senantiasa menjauhi segala larangan-Nya. Amiin.
    Terima kasih pak atas ilmunya, sangat bermanfaat sekali bagi kami.

    BalasHapus
  36. Nama : Rizki Amalia
    Nim :f1051201036
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Setelah membaca artikel ini, iman kepada hari akhir itu adalah rukun iman yangnke- 5 yaitu percaya kepadahari akhir . Dengan percaya kepada hati akhir akan selalu mengingatkan kita dengan kematian.. karena selalu ingat untuk menjaga amal perbuatan kita dan menjauhi larangan-larangan Allah subhanahu wa ta'ala. Dengan percaya pada hari akhir juga dapat mempersiapkan diri bahwa sesungguhnya hidup di dunia ini ini hanyalah sementara, dan hidup ini ini hanyalah lah persinggahan dalam menguji keimanan untu kehidupan selanjutnya.. semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

    BalasHapus
  37. Nama : Muhammad Irfan
    NIM : F1051201027
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Subhanallah, kali ini kita mendapatkan ilmu lagi tentang rukun iman yang kelima yaitu keyakinan kepada hari kiamat. Karena manusia akan mempertanggung jawab kan atas semua perbuatannya didunia kepada Allah SWT maka sudah seharusnya kita sebagai manusia mempersiapkan diri. Semua manusia akan mempertanggung jawab kan perbuatan nya pada hari kiamat. Saat ini lah Allah akan memberikan keputusan seadil-adilnya tidak akan ada yang terlewat dari perhitungan Allah. Kita sebagai manusia harus selalu mendekati diri kepada Allah dan menjauhi larangan nya sebelum datang hari kiamat. Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah SWT, aamiin

    BalasHapus
  38. NAMA:istiqomah
    Nim:F1051201041
    Prodi:pendidikan fisika
    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Alhamdulillah atas ilmuilmu yang bapak kasik ini kita bisa menambah ilmu semoga kita dapat mengamalkan kn
    Kita patut percaya ada nya hari akhir karna kita gak akan selama nya didunia
    Maka perbanyak lah ibadah dan percaya lah apa yng telah Allah ciptakan dan Allah anjurkn
    Sehingga kita hidup di dunia tidak siaa siaa
    Smoga kita termasuk orng yang selalu mengamalnkan aamiin

    BalasHapus
  39. Nama : Rini Munawirah
    Nim : F1051201022
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Assalamualaikum waramatullahi wabarakatuh

    Sudah sepatutnya kita sebagai manusia percaya akan adanya hari akhirat, sebab itulah kita harus lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan menjalani semua perintah dan menjauhi semua larangannya, semoga kita sebagai manusia diberi kemudahan dan hidayah oleh Allah swt untuk lebih baik lagi aamiin. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah aamiin.

    Wassalamu'alaikum waramatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  40. Nama : Detya Anfaal Saputri
    NIM : F1051201031
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Subhanallah.. Terimakasih ilmunya pak.
    Kita sebagai umat islam harus meyakini rukun iman kita yang kelima yaitu iman kepada hari kiamat yang semua makhluk Allah ini tidak bisa memperkirakan kapan akan datangnya hari kiamat. Namun, kita semua harus yakin dan percaya bahwa hari ikut pasti akan tiba. Oleh karenanya, kita semua harus selalu beriman dan melaksanakan perintah Allah sebagai bekal kelak di Akhirat.

    BalasHapus
  41. Nama : Ardi
    NIM : F1051201028
    Prodi ; Pendidikan Fisika

    Salah satu prinsip keimanan yang sangat pokok dalam agama Islam adalah beriman kepada hari akhir atau hari kiamat. Iman kepada hari kiamat sebagaimana kita ketahui merupakan salah satu rukun iman yang enam. Hari kiamat merupakan salah satu perkara ghaib yang telah dijelaskan secara gamblang, baik dalam ayat Alquran maupun Sunnah Nabi. Ia juga merupakan kesepakatan seluruh sahabat, ulama dan kaum muslimin. Maka, sangat jelas bagi kita semua bahwa hari akhir ini pasti akan terjadi tanpa ada keraguan sedikitpun dan tidak ada yang meragukan atau menentangnya kecuali orang-orang kafir, atheis atau yang berpaham materialis.

    Terima kasih pak untuk materi hari ini

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Nama : Maharani
    NIM : F1051201025
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Bissmillah
    MasyaAllah Tabarakaaallah syukron jazakallahukhair Ilmu nya pak. Sangat bermanfaat untuk dunia dan akhirat sebagai pengingat untuk saya yang lalai akan mengingat hari akhir.
    Meyakini dan mengimani apanya hari akhir adalah suatu kewajiban apalagi dalam al-Qur'an surah Al-kahfi terdapat banyak tanda tanda kebesaran Allah. Terdapat banyak tanda tanda datang nya hari akhir.
    Dan pertanggungjawaban terhadap hari akhir. Itu pasti terjadi dan pasti ada Penanggungan terhadap hari akhir. Dosa dan pahala tak terlihat oleh mata namun terlihat dalam catatan para malaikat Allah. Jika ingin melakukan kejahatan ingat lah Allah jika telah berbuat baik lupakan lah karena kita tidak tau mana yang Allah catat sebagai pahala penolong kita dihari akhir.

    BalasHapus
  44. Nama: khairin herawati
    Nim: F1051201042
    Kelas: IA 2
    Prodi: pendidikan fisika

    Masyaallah....ilmunya sangat bermanfaat pak ini mengingatkan kita pada hari kiamat karena sesungguhnya hari kiamat itu memang ada dan kita sebagai hamba allah dituntut untuk berbuat kebaikan sebagai bekal kita di akhirat

    BalasHapus
  45. Nama : Sapna Yulianti
    Nim : F1051201033
    Prodi : Pendidikan fisika

    Subhanallah,terimakasih atas materinya pak, membuat saya lebih sadar akan sesuatu yang saya perbuat, dan senantiasa membuat saya selalu berbuat hal yg positif karna semuanya yg telah diperbuat akan dipertanggungjawabkan.

    BalasHapus
  46. Nama : Kiki ananda
    NIM : f1051201004
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Secara garis besar, saya menyimpulkan bahwa iman kepada hari akhir sangat penting karena manusia akan diadili dan diperlihatkan kitab amal perbuatan yang mencatat baik buruknya tingkah manusia dalam artian lain disini manusia sedang di adili,sesuai dengan ketetapan-Nya yang disampaikan melalui para Nabi dan Rasul yang diutus-Nya kepada manusia.

    BalasHapus
  47. Nama : Dayang AyuWandira
    NIM : F1051201015
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Bismillah,
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Terimakasih atas ilmunya pak , semoga bermanfaat untuk kita semua .
    Dapat disimpulkan bahwa kita harus beriman / percaya terhadap rukun iman yang kelima yaitu beriman kepada hari kiamat, kapan terjadinya hari kiamat hanya Allah SWT, yang mengetahuinya, kita sebagai umat manusia hendaknya untuk percaya akan hal tersebut . Dan kita jadikan sebagai tumpuan supaya kita selalu berhati-hati dalam bertindak di dunia selama kita masih hidup, karena semua akan kita pertanggung jawabkan. Hendaklah kita sebagai umat manusia selalau berbuat kebaikan dan mengerjakan segala amal ibadah yang diperintahakn Allah SWT , untuk bekal kita di akhirat.

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  48. Nama : Diena Khairunnisa
    NIM : F1051201019
    Program Studi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1A 1

    MasyaaAllah, memang sudah sepatutnya kita sebagai umat muslim meyakini bahwa hari akhir atau hari kiamat benar akan terjadi. Dan kita sebagai umat yang diciptakan kelak akan kembali kepada sang pencipta yaitu Allah untuk mempertanggung jawabkan segala perbuatan kita di dunia maka dari itu hendaklah kita mempersiapkan amal kebaikan sebanyak mungkin untuk kelak dan hendaklah kita menjauhi perbuatan maksiat agar terhindar dari dosa

    BalasHapus
  49. Nama: Ardha Ardianti
    NIM: F1051201030
    Prodi Pendidikan Fisika

    bismillah,
    Masya Allah terima kasih ilmu nya pak. sangat bermanfaat sekali untuk mengingatkan saya bahwa akan ada hari akhir dan kita akan mempertanggungjawabkan semua amalan kita kelak. Meyakini dan mengimani adanya hari akhir merupakan suatu kewajiban bahwa adanya hari dimana kita harus mempertanggungjawabkan semua nya di hadapan Allah SWT salah satunya di dalam Al-Quran surah Al-Kahfi. Setiap orang berdiri sendiri dalam mempertanggungjawabkan perbuatannya dan menantikan keputusan atas dirinya yang berada di dalam kekuasan Allah semata-mata. Dan semoga kita selalu diberi kemudahan dan kesehatan untuk senantiasa menjalankan perintah Allah dan Menjauhi larangan Allah. Aamiin Allahumma Aamiin

    BalasHapus
  50. Nama : Rizky Rahmadani
    NIM : F1051201018
    prodi : Pendidikan Fisika

    MasyaAllah...
    Ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat karena beriman kepada hari akhir menjadi renungan bagi setiap umat yang ada dibumi khusus nya umat
    agama islam, kita percaya dan yakin bahwa akan adanya hari akhir yaitu hai yang dimana selurah alam termasuk dunia dan seisinya akan hancur. Hari akhir kita tidak tahu kapan datangnya hari tersebut kita hanya bisa melakukan kebajikan sebagai bekal di akhirat hanya Allah SWT lah yang mengetahuinya .Seperti yang di jelaskan dalam Al- Qur'an Al-a'raf 197 "Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."
    Sungguh hanya Allah SWT yang mengetahui nya, semoga kita diberikan Rahmat oleh Allah SWT, aamiin

    BalasHapus
  51. Nama: Nur Ulviani
    NIM: F1051201032
    Prodi: Pendidikan Fisika

    Bismillah
    Subhanallah, terima kasih atas materinya pak. Sebagai seorang muslim kita harus percaya dengan rukun iman yang ke-5 yaitu beriman kepada hari kiamat, kita harus yakin dan harus percaya akan hal ini, terjadinya hari kiamat hanya Allah SWT, yang mengetahuinya.

    BalasHapus
  52. Bismillah

    Nama : Khairunnisa Afiqah
    NIM : F1051201003
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Beriman kepada hari kiamat yang merupakan rukun iman yang kelima. Meyakini bahwasanya kehidupan akan bertemu dengan hari kiamat. Hari dimana semua perbuatan kita baik atau buruk akan dipertanggungjawabkan. Semoga kita bisa selalu melakukan perbuatan yang baik. Melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya.

    BalasHapus
  53. Nama : Qadrin Jeniria
    NIM : F1051201021
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Subhanallah, terimakasih banyak pak ilmunya.
    Semoga kita selalu di jalan yang benar dan lurus, tidak tergoda untuk melakukan-melakukan perbuatan yang tidak disukai atau dilarang oleh Allah SWT. Aamiinnn

    BalasHapus
  54. Bismillah,
    Nama : Veren Pramestya Anantasa
    NIM : F1051201029
    Prodi : Pendidikan Fisika

    MaasyaaAllah...
    Dapat saya simpulkan bahwa setiap manusia akan mempertanggungjawabkan apa saja yang dilakukannya di dunia. Maka dari itu jalankanlah perintah Allah dan jauhilah larangan-Nya.
    Terima kasih ilmunya pak, semoga kita semua selalu di dalam lindungan Allah Subhanahuwa Ta'ala, aamiin.

    BalasHapus
  55. Nama : Nada liah
    Nim : F1051201009
    Prodi : pendidikan fisika
    Kelas : IA 1

    Assalamualaikum wr.wb🙏
    Terima kasih banyak atas ilmu nya pak, setelah saya membaca blog bapak, sudah seharusnya kita mempercayai adanya hari kiamat, dimana nanti nya semua perbuatan kita akan dipertanggung jawabkan baik perbuatan kecil maupun besar, oleh karena itu kita harus mempersiapkan bekal amal Sholeh yang sebanyak-banyaknya sebelum hari kiamat terjadi, karena seperti yang kita ketahui sudah banyak tanda-tanda akhir zaman terjadi disekeliling kita, mengenai waktu terjadinya hanya Allah yang tahu bahkan Nabi Muhammad SAW saja tidak mengetahui. Semoga kita selalu senantiasa mengingat perintah Allah swt, dan menjauhi larangannya.
    Sekian dari saya🙏

    BalasHapus
  56. Nama : Abdul Aziz
    NIM : F1051201048
    Pendidikan Fisika

    Masyaa Allah pak, ilmu dari bapak sangat penting bagi kita semua, serta memang kita harus percaya pada semua rukun iman dan termasuk pembahasan bapak ini mengenai tentang hari kiamat dan setelah kita dihidupkan di bumi yang sementara ini, kita akan dipertanggung jawabkan amal perbuatan kita diakhirat kelak, semuanya dari pahala dan termasuk dosa" kita.

    BalasHapus
  57. Nama : Darmiati
    NIM : F1051301007
    Prodi : pend. Fisika

    Masyaallah
    Maka dari itu selalulah berbuat kebaikan agar dapat mempertanggung jawabkan kebaikkannya, dan sebelum bertindak sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu agar tidak menyesal di kemudian hari, dan perbanyak amal sholeh semoga kita tidak bertemu dengan hari kiamat aamiin

    BalasHapus
  58. Nama : Chindy Aurellia Novithania
    Nim :F1051201035
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Terimakasih banyak atas ilmunya pak, Setelah membaca blog ini, iman kepada hari akhir itu adalah rukun iman yang ke- 5. Dengan percaya kepada hari akhir akan selalu mengingatkan kita dengan kematian.. karena selalu ingat untuk menjaga amal perbuatan kita dan menjauhi larangan-larangan Allah subhanahu wa ta'ala. Dengan percaya pada hari akhir juga kita dapat mempersiapkan diri bahwa sesungguhnya hidup di dunia ini hanyalah sementara, dan hidup ini hanyalah persinggahan dalam menguji keimanan untuk kehidupan selanjutnya.. semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

    BalasHapus
  59. Nama : Laras Prameswari
    NIM : F1051201037
    Prodi : Pendidikan
    Kelas : IA2
    Assalmu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Keyakinan pada hari kiamat sangatlah wajib untuk kita yakini karna Allah telah berfirman akan terjadinya hari kiamat yaitu semua kehidupan bumi akan musnah dan tidak ada yang dapat bertahan dari kejadian kiamat ini dan tidak ada satupun yang mengetahui kapan itu terjadi. Selain itu,,ketika kita sudah di alam barzah semua perbuatan yg kita perbuat di dunia akan dipertanggungjawabkan baik kejadian sekecil ataupun tidak terlihat dari makhluk lain karna malaikat selalu ada untuk menyatat segala amal perbuatan kita.
    Terimakasih atas penjelasan yang bapak berikan, semoga kita semua terhindar dari perbuatan yang keji.

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  60. Nama:Alan
    Nim. :F1051201017
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Masyaallah, hari kiamat pasti terjadi, hanya tinggal menunggu waktu. Jadi kita sebagai manusia harus menyiapkan bekal semaksimal mungkin, karena apa yang kita perbuat didunia pasti di pertanggungjawabkan di akhirat nanti.

    BalasHapus
  61. Nama : Putri Chairunisa
    NIM : F1051201023
    Masya Allah, mengingatkan saya untuk berhti hati dalam segala hal, dah berfikir kembali jika ingin berbuat dosa

    BalasHapus
  62. Vitra Arya
    F1051201013

    Kita harus mempercayai adanya hari kiamat, maka berbuat baik la selama di dunia karena kita tidak tau kapan hari kiamat akan tiba, sungguh Allah yang maha mengetahui.

    BalasHapus
  63. Nama : Muhammad Fadhel Ishak
    NIM : F1051201001
    Prodi : Pendidika Fisika

    Bismillah, setelah membaca materi yang disampaikan diatas, saya dapat mengambil pelajaran bahwa kita wajib hukumnya mempercayai akan datangnya hari akhir atau hari kiamat. Dengan mempercayai hari kiamat akan semakin meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah agar bisa meraih surga-Nya setelah hari kiamat tersebut datang. Hari kiamat pasti datang, tetapi seluruh makhluk tidak ada yg mengetahuinya. Hanya Allah lah yang mengetahui kapan hari tersebut akan tiba.

    Demikian yang dapat saya simpulkan, sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  64. Nama : Nasreen Nischka Minderman
    NIM : F1071201026
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    Setiap umat muslim wajib mempercayai adanya hari akhir/kiamat, dimana pada hari itu kita semua dikumpulkan dan di minta pertanggungjawaban atas perbuatan kita selama di dunia.

    BalasHapus
  65. Nama:Ananda Dwi Putri
    Nim:F1071201012
    Prodi:pendidikan biologi
    Kelas:1-A1
    MasyaAllah terimakasih pak atas ilmunya. Memang kita sebagai manusia harus mempercayai akan adanya datang kiamat maka dari itu sepatutnya kita bertaubat

    BalasHapus
  66. Nama : Fitria Salwa Nadia
    NIM : F1071201023
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    Bismillah, mempercayai adanya hari akhir merupakan kewajiban setiap muslim, dengan mempercayainya adanya hari akhir membuat kita sebagai manusia selalu ingin berbuat baik, karena di hari akhir nanti, setiap perbuatan akan diberi balasan, akan dihitung tanpa ada yang merasa dirugikan sedikitpun, Allah Maha Adil. Setiap manusia tidak akan menanggung dosa manusia lain, tetapi dosanya sendiri.
    Terima kasih atas ilmu yang bermanfaat ini pak.
    Wassalamu'alaikum WR.WB.

    BalasHapus
  67. Nama:Alda
    Nim:F1071201015
    Prodi:pendidikan biologi(1-A1)

    Masyaalah terimakasih pak atas ilmunya yg bermanfaat ini, setelah membacanya semakin percaya kiamat itu akan tiba itu membuat kita semakin bertakwa dan lebih memperbaiki diri lagi

    BalasHapus
  68. Nama : Friza Isnaeni
    NIM : F1071201004
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Masyaallah, sangat bermanfaat sekali penjelasannya, menambah wawasan dan ilmu, terima kasih pak, atas ilmunya
    Semoga kita selalu meyakini adanya hari kiamat yang dimana agar kita selalu memperbaiki diri kearah yang lebih baik dan mengumpulkan amal untuk persiapan kita menuju akhirat amin..,

    BalasHapus
  69. Nama : Evianti
    NIM : F1071201051
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Setiap umat Islam meyakini bahwa kehidupan di dunia bersifat sementara. Namun, keyakinan tersebut belum banyak mempengaruhi sebagaian besar umat Muslim,Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya orang yang takut akan kematian atau masih cenderung mementingkan kehidupan dunia. Nah, pentingnya beriman kepada hari akhir ini untuk selalu mengingatkan kepada kita bahwa Dunia ini hanya bersifat sementara.Beriman kepada Hari Akhir adalah meyakini bahwa hari kiamat atau akhir zaman pasti akan terjadi. Seluruh alam semesta akan mengalami kehancuran dan manusia akan dibangkitkan di kuburnya untuk mempertanggungjawabkan setiap amalan selama hidup di dunia.
    Terimakasih pak atas ilmu yang bapak berikan.

    BalasHapus
  70. Nama : Atin Nu'Jannah
    NIM : F1071201008
    Prodi : Pendidikan biologi
    Kelas : 1-A1

    Termakasih atas ilmunya pak, dengan mengimani hari akhir bisa mengubah minded seseorang bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini selain Allah SWT. dengan demikian kita akan senantiasa selalu bertobat dan berbuat kebaikan. Banyak manusia yang lupa bahwa seluruh alam semesta ini adalah milik Allah SWT. dan suatu saat nanti Allah SWT. akan menarik kembali bumi dan segala isinya, mereka terbuai oleh nikmat dan kemewahan-kemewahan duniawi hingga mereka lupa bahwa goals kita adalah surga. Semoga kita selalu senantiasa ingat kepada Allah SWT. dan selalu menjauhi segala larangan-Nya.

    BalasHapus
  71. Nama : URAI NURBAITI
    NIM : F1071201059
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Bismillahirrahmanirrahim
    Masyallah, terimaksih pak atass ilmunya. Bagi saya ilmu jya sangat penting dan bermanfaat. Bermanfaat bagi orang yang belum mengetahui bahwa semua perbuatan kita di pertanggung jawabkan dan adanya hari akhir. Bermanfaat bagi yang sudah tahu, karena dia menjadi ingat kembalii bahwasanya hidup di dunia hanya sementara dan segala perbuatan akan di pertanggung jawabkan.
    Setelah membaca ini , kedepannya kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi, menjauhi perbuatan munkar perbuatan2 yang merugikan dan lebih taat kepada allah SWT.
    Semoga kita di jauhkan dari api neraka Allah SWT.
    Aamiin Allahuma Aamiin☺️

    BalasHapus
  72. Nama : Nada Lidah
    Nim : F1051201009
    Prodi : pendidikan fisika/ Ia 1
    Jawaban
    1.Tauhid adalah mengesakan Allah dalam Alberibadah. Beriman kepada Allah SWT, dan Allah SWT, itu wajib adanya lagi Maha Esa.
    Tanda wajib adanya Allah SWT, yaitu adahnya alam semesta ini. Allah menciptakan ttujuh lapis lanjgit dan bumi serta apa yang ada didalamnya. Allah bersifat Sempurna, tidak ada yang menyerupai-Nya. Maha suci Allah, maha mendengar, maha melihat, dan maha mengetahui isi gerak gerik hati semua makhluk Nya, yakni mengetahui segala perbuatan makhluk-Nya yang lahir maupun yang batin Maha Kuasa, dan hidup kekal selama-lamanya. Oleh karena itu, semua bentuk ibadah harus ditujukan hanya kepada Allah semata dan tidak boleh dipalingkan kepada selain-Nya sedikitpun. Contoh ibadah misalnya: do’a, shalat, khauf (takut), roja’ (harapan), tawakkal (berserah diri), dan sebagainya. Maka kita tidak boleh berdo’a kepada selain Allah. Tidak boleh kita berdo’a kepada kuburan, orang yang ada di kuburan, wali, malaikat, dan juga tidak boleh kita berdo’a kepada nabi. Kita hanya berdo’a kepada Allah.

    2. Hikmah adalah segala sesuatu yang dapat memberi kan pelajaran, yang memerintahkan kepada segala perbuatan yang baik dan menghindari segala perbuatan yang jelek.
    Adapun hikmah beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah SWT :
    1. Tidak berlaku sombong.
    2. Memperkuat keimanan kepada Allah SWT.
    3. Suka mendoakan kebaikan dan memberi ampunan untuk orang lain.
    4. Menghindari keinginan untuk berbuat dosa.Semakin yakin akan kebesaran dari Allah SWT.
    5. Bersyukur kepada Allah SWT, karena sudah menciptakan malaikat untuk membantu segala kehidupan dan kepentingan manusia itu sendiri.
    6.. Menumbuhkembangkan sikap cinta terhadap amal soleh.
    7. Merasa takut apabila telah melakukan perbuatan maksiat, karena dengan meyakini segala perbuatan itu, tak akan terlepas dari pengawasan malaikat.
    8. Bertakwa dan beriman kepada Allah SWT, serta berlomba-lomba dalam hal kebajikan.
    9. Senantiasa untuk berpikir dan berhati-hati setiap melakukan suatu perbuatan, karena perbuatan baik atau buruk, akan selalu dipertanggungjawabkan di akhirat kelak dan tak pernah luput.

    3. Karena Al-Qur'an merupakan mukjizat dari Allah SWT sebagai pedoman perikehidupan untuk seluruh manusia yang hidup di dunia sesuai dengan akal, pikiran, yang dibawah oleh utusan Allah SWT, yang terpilih, yaitu junjungan kita Nabi Muhammad SAW. yang akan memperbaiki kitab-kitab sebelum Al-Qur'an seperti Injil, Zabur dan Taurat, dan untuk segenap manusia, memberi petunjuk agar supaya keluar dari kegelapan, (kejahiliyahan) ke arah cahay yang terang benderang.

    BalasHapus
  73. Nama : Sarah Gunarti
    Nim : F1071201001
    Kelas : 1-A1
    Prodi pendidikan Biologi
    Subhanallah, terimakasih banyak pak atas ilmunya.. sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan kami. Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah SWT, aamiin

    BalasHapus
  74. Nama : Sarah Gunarti
    Nim : F1071201001
    Kelas : 1-A1
    Prodi pendidikan Biologi
    Subhanallah, terimakasih banyak pak atas ilmunya.. sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan kami. Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah SWT, aamiin

    BalasHapus
  75. Nama : Retno Tri Wahyuni
    NIM : F1071201003
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Beriman kepada hari kiamat dapat menumbuhkan keimanan seseorang kepada Allah SWT. Dengan percaya bahwa kiamat pasti datang, maka seseorang akan menjadi lebih sering beribadah dengan harapan dapat menolong kita diakhirat kelak. Semoga kita termasuk orang yang berswrah diri kepada Allah, dan dilimpahkan rahmat-Nya.

    BalasHapus
  76. Nama : Retno Tri Wahyuni
    NIM : F1071201003
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Beriman kepada hari kiamat dapat menjadikan seseorang lebih beriman kepada Allah SWT. Dengan percaya bahwa kiamat akan segera datang, maka umat muslim berlomba-lomba untuk mencari dan berbuat kebaikan serta mengerjakan semua perintah-Nya. Dengan harapan amal yang diterima dapat membantu kita diakhirat kelak. Semoga kita termasuk orang yang dijauhkan dari segala macam kemungkaran, dan senantiasa dilindungi oleh Allah SWT

    BalasHapus
  77. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  78. Nama : Dini Tiara Andini
    Nim : F1071201017
    Kelas : I AI
    prodi : pendidikan biologi
    Iman kepada hari kiamat adalah percaya dan meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran. Hari akhir ditandai dengan ditiupnya terompet Malaikat Israfil. Dijelaskan bahwa pada hari itu daratan, lautan dan benda-benda di langit porak-poranda.

    BalasHapus
  79. Nama : Serina
    NIM : F1071201011
    Kelas : 1A-1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Jazakallahu khairan terima kasih atas materinya, Pak.

    Sebagai umat muslim, kita sudah sepatutnya meyakini akan adanya hari kiamat, yakni hari dimana terjadi kehancuran secara serentak di alam semesta. Dan karna dengan selalu mengingat hal itu, membuat kita menjadi lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Karena mengingat akan adanya hari penghisaban seluruh amal perbuatan manusia selama hidup di dunia.

    BalasHapus
  80. Nama :Nika Susanti
    Nim:F1071201022
    Prodi:Pendidikan Biologi
    Kelas:1-A1

    MASYAALLAH PAK😊semoga kita selalu beriman kepada hari kiamat dan selalu percaya serta mempersiapkan diri .Semoga kita semua di lindungi Allah Swt . AAMIIN😊

    BalasHapus
  81. Nama: Bagus Pratomo Nusantoro
    NIM:F1071201025
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: I-A1

    Barakallah ya Allah terima kasih pak atas segala ilmu yang bapak berikankita sebagai seorang muslim harus mengimani akhirnya datang hari akhir di mana pada hari itu semuanya akan dilanjutkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dan tidak disisakan sakit apa yang dia kehendaki dan semoga kita dapat bertemu kelak di surga nya Allah subhanahu wa ta'ala Amin ya robbal alamin

    BalasHapus
  82. Nama : Putri sekarayu
    NIM :F1071201006
    Kelas : 1-A1

    Terima kasih pak atas ilmunya. Dengan beriman kepada hari akhir, kita sadar bahwa hidup di dunia hanya sementara, dan selalu mendekatkan diri dengan Allah,

    BalasHapus
  83. Nama : Ria Amanda
    Nim : F1071201007
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Segala sesuatu yg kita lakukan didujia ini akan di pertanggung jawabankan, jiga kita banyak membuat kebaikan maka syurga lah balasan nya namun sebalik nya jika banyak membuat dosa maka neraka lah balasan nya, hari Kiamat ini merupakan hari pembalasan dimana seluruh umat manusia yg mati akan di bangkitkan dan di kumpulkan pada satu tempat dengan di perlihatkan apa yang mereka lakukan selama ini sehingga mereka akan di permalukan oleh perbuatan mereka sendiri.

    BalasHapus
  84. Nama : Elsa Nora Ariesta Dewi
    Nim : F1071201019
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Maa syaa Allah, terima kasih banyak atas ilmunya pak, keyakinan kepada hari kiamat merupakan rukun iman kelima. Kita sebagai manusia wajib meyakini adanya hari kiamat karena semua perbuatan manusia semasa hidup di dunia kelak akan diminta pertanggung jawaban oleh Allah SWT setelah hari kiamat. apakah perbuatan semasa hidupnya sesuai atau tidak sesuai dengan larangan atau perintah Allah, seperti yang difirmankan Allah dalam al-Qur'an, surat at-Taubah (9) ayat 68. Oleh sebab itu, kita sebagai manusia perbanyaklah berbuat kebaikan dan tinggalkan dosa agar kelak kita dapat masuk surga Allah SWT dan berkumpul bersama. Aamiin...

    BalasHapus
  85. Nama : Atthirilla Binuri
    NIM : F1071201005
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Berapa lama pun kehidupan di dunia ini pasti akan ada saatnya semua akan berakhir. kita sebagai umat muslim harus banyak banyak mengumpulkan pahala untuk hari akhir kelak. jangan sampai kita tergolong kepada orang orang yang merugi. jangan lah sampai merasa lena dengan kehidupan didunia. sesungguhnya kehidupan dunia bukanlah apa apa melainkan kehidupan akhirat yang kekal selamanya. hari akhir itu ada dan pasti akan terjadi, dan kita wajib mengimaninya. MashaAllah semoga kita tergolong ke orang orang yang bertakwa, aamiin allahumma aamiin. terima kasih banyak pak atas ilmunya.

    BalasHapus
  86. Nama : Juliarti
    Nim : F1071201010
    Kelas : I-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Masyaallah Dengan beriman kepada hari akhir memiliki banyak manfaat bagi kita. Salah satunya tentu menambah keimanan kita.
    Kita sebagai orang islam harus meyakini bahwa dunia ini sementara dan setelah dunia ini berakhir. Manusia akan dibangkitkan dari alam kubur untuk menerima kebenaran yang sesungguhnya dan bertanggung jawab atas segala perbuatan baik maupun buruknya sewaktu di dunia.
    Terimakasih atas ilmunya Pak.

    BalasHapus
  87. Nama : Dhian Permata Suwandi
    Nim : F1071201029
    Prodi : pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    MasyaAllah Terimakasih pak atas ilmunya.
    Semoga kita senantiasa selalu mengingat hari akhir dan berusaha mempersiapkan diri sebaik baiknya karna semua yang telah kita lakukan akan dimintai pertanggungjawaban nya kelak pada hari kiamat

    BalasHapus
  88. Nama : Tiara Marantika Natalia
    Nim : F1071201027
    Prodi : pendidikan biologi

    Terimakasih atas ilmunya yang bermanfaat pak.

    BalasHapus
  89. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Eria Fitriani
      NIM : F1071201013
      Prodi : Pendidikan Biologi
      Kelas : 1-A1

      trimakasih atas ilmunya pak,
      keyakinan kepada hari kiamat berhubungan erat dengan keimanan kepada allah SWT.sebagai zat yang Maha Memberi balasan kepada setiap orang dengan amalannya.Dia adalah zat yang MahaAdil dan tidak pernah berlaku zalim kepada makhluk-Nya.Hal inilah yang membedakan kualitas orang beeiman dengan orang kafir dihadapan Allah SWT.

      Hapus
  90. Nama : Yeni Syarin
    NIM : F1071201024
    Kelas : I-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masyaallah lagi dan lagi Allah masih memberikan kita waktu luang untuk membaca ilmu yang sangat bermanfaat ini. Tak hanya sekedar membaca saja, dari sinilah Allah memberikan petunjuk untuk kita bahwa dunia ini hanya tempat tinggal sementara yang suatu saat akan musnah dan hancur. Hal itu mungkin mengerikan tapi seorang muslim yang berpegang teguh akan keyakinan kepada hari kiamat, dia tau hal itu akan terjadi dan mempersiapkan bekal amal terbaik yang dilakukannya. Kemudian kita harus percaya adanya kehidupan setelah kematian, dimana kehidupan yang kekal sesungguhnya itu ada di akhirat kelak.
    Terima kasih Pak atas ilmunya.

    BalasHapus
  91. Nama : Inayah Dzil Izzati Hartono
    NIM : F1071201030
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    MasyaAllah, barakallah atas ilmunya pak.

    Semoga kita bisa benar-benar memaknai tujuan kehidupan di dunia, yakni beribadah kepada Allah SWT. Sebab, hari akhir merupakan waktu dimintamya pertanggungjawaban atas segala yang telah kita lakukan di dunia.

    BalasHapus
  92. Nama : muhammad alfin rizkiandi
    Nim : F1071181055
    Prodi : pendidikan biologi
    Hari kiamat adalah peristiwa dahsyat yang pasti datangnya. Meyakini akan datangnya hari kiamat merupakan salah satu dari rukun iman yang wajib diimani oleh setiap muslim. Sehingga, mengingkarinya bisa merusak keimanan seorang muslim. Kedahsyatan peristiwa kiamat ini digambarkan dalam beberapa surat dalam alquran yang memiliki makna hari kiamat, seperti surat Al-Waqi’ah, Al-Haqqah, Al-Qiyamah,dan Al-Qari’ah.
    Hari kiamat pasti terjadi. Namun, kapan peristiwa besar itu berlangsung? Hanya Allah yang mengetahui. Tidak ada satu makhluk pun di alam semesta ini yang mampu memprediksi kapan terjadinya hari kiamat, termasuk para Malaikat. Bahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pun tidak diberikan informasi yang jelas oleh Allah tentang waktu terjadinya.

    BalasHapus
  93. Nama : Rosi Desfitri
    Nim : 1071211036
    Kelas :1-A2(semester 1)
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masyaallah,iman kepada hari kiamat/akhir termasuk kedalam rukun iman yang mana harus kita percayai
    dan imani bahwa hari akhir kelak pasti terjadi. Dan juga hari akhir sudah banyak Allah Swt sebutkan dalam Al-Quran yaitu dalam surah Al-Qoriah, Al-Zalzalah. Maka dari itu kita perlu mempersiapkan bekal kita pada hari akhir yaitu amal kebaikan,karna kita tidak tau kapan kiamat akan terjadi.

    Terimakasih pak, atas ilmunya.

    BalasHapus
  94. Nama: Nia Daniati
    Nim: F1071211011
    Prodi:pendidikan biologi
    Smester/kelas: 1-A1
    Alamat: kayong utara

    Maha besar allah yang telah menciptakan langit dan bumi.
    Ketika hari kiamat tiba semua umat muslim di dunia di bangkitkan dari alam kubur untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatan yang dilakukan nya di dunia semasa hidupnya, maka dari itu persiapkan lah diri dengan memperbanyak ibadah dan berbuat yang baik.

    BalasHapus
  95. Nama : Mira Tirta Yani
    Nim : F1071211010
    Kelas : 1-A1
    Asal : Kayong Utara
    Hari kiamat adalah hari dimana semua isi yg ada di muka bumi ini akan di hancurkan. Dan sebagai umat muslim kita harus meyakini bahwa hari kiamat akan tiba dan kita tidak akan pernah tau kapan waktunya, namun tanda-tandanya dari hari kiamat sendiri sudah banyak terjadi.

    BalasHapus
  96. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Nama : Mithahul Jannah
    NIM : F1071211037
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1A-2
    Semester : Ganjil (2021-2022)

    Iman kepada hari Kiamat merupakan rukun iman yang ke 5,hari kiamat adalah hari dimana semua kehidupan di bumi telah berakhir dan akan digantikan dengan kehidupan selanjutnya yaitu kehidupan akhirat (surga/neraka), umat Islam wajib percaya dan meyakini bahwa akan adanya akhir dari kehidupan di bumi yaitu Kiamat,dan di dalam Al-Qur'an juga sudah menjelaskan
    Bahwa kiamat pasti akan terjadi pada QS. Al-Hajj ayat 7 yg berbunyi :

    وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ
    مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

    "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur."

    Kiamat pasti terjadi dan semua yang dilakukan manusia selama di bumi akan dipertanggungjawabkan. Di Padang Mahsyar kelak,semua amal dan dosa akan di perlihatkan di buku catatan amal yang akan digantungkan di leher setiap orang dan mereka akan mengadili perbuatan mereka sendiri pada saat itu semua orang hanya memikirkan dirinya sendiri memikirkan nasipnya kedepannya dan sesuai dengan janji Allah SWT. Bahwa kebaikan sekecil apapun akan dibalas dan kejahatan sekecil apapun akan dibalas pula. Kelak di padang Mahsyar akan ada satu orang yang sangat sibuk mengurusi dan memikirkan orang lain dia adalah Baginda Nabi Muhammad SAW, dan dia juga yang akan menyelamatkan umatnya dari Neraka, yaitu umat yang selalu mengamalkan Sunnah nya dan mengikuti ajarannya untuk mengesakan Allah SWT.

    Sekian yang dapat saya sampaikan,mohon maaf jika ada kata yang salah
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh 🙏

    BalasHapus
  97. Nama : Arielda Putri Aditya
    NIM : F1071211021
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal : Pontianak

    Terima kasih pak atas ilmu dan pengetahuan yang telah bapak sampaikan.
    Rukun iman yang kelima adalah percaya dengan hari akhir atau hari kiamat. Tentang kapan hari akhir terjadi, itu hanya Allah SWT., yang mengetahuinya. Sebagai seorang muslim kita harus meyakini adanya hari akhir dan percaya bahwa setelah hari akhir kita akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang telah kita lakukan di dunia. Maka dari itu, berlomba-lombalah dalam melakukan kebaikan di dunia ini, karna kita tahu bahwa dunia ini hanya sementara.
    "Wahai kaumku! Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal." (Qs. Ghafir [40] : 39)

    BalasHapus
  98. Nama : Irvan Ariyansyah
    Nim : F1071211004
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi


    Iman kepada hari kiamat merupakan rukun iman ke-5 yang wajib diimani setiap umat islam. Hari kiamat pasti akan terjadi, namun tidak ada satu pun dari manusia yang mengetahui melain kan hanya Allah SWT lah mengetahuinya. Katika hari kiamat alam semesta menjadi hancur dan terputus lah segala amal perbuatan manusia dan kelak segala yang kita lakukan akan dipertanggung jawabkan

    BalasHapus
  99. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Rusdeviani
    NIM : F1071211001
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A1
    Alamat asal : Sanggau Ledo, Kebupaten Bengkayang


    Rukun iman yang ke lima adalah iman kepada hari akhir atau hari datangnya kiamat. Dimana pada saat itu tidak ada satu umat manusia pun yang dapat lari dari hari kiamat. Setelah dibangkitkan kembali manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas semua yang telah ia lakukan selama hidup di dunia. Tidak ada yang bisa berbohong atau menyembunyikan apa yang telah ia lakukan. Karena Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang mereka kerjaan. Kita harus selalu ingat bahwa setiap yang kita lakukan pasti Allah yang mengetahui kita tidak bisa bersembunyi dari Nya. Jika kita selama di dunia selalu berbuat baik dan selalu mengikuti apa yang Allah perintahkan maka kita akan masuk kedalam syurga Allah. Tetapi jika kita selalu melanggar apa yang telah diperintahkan maka kita akan masuk dalam neraka nauzubillah. Semoga kita termasuk umat yang masuk ke dalam surga-Nya aamiin
    Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  100. Nama : Dwi Safitri
    NIM : F1071211003
    Kelas : A1-1

    Sebagai seorang muslim haruslah percaya akan adanya hari akhir atau kiamat. Dan bila hari itu telah tiba maka bersiapkanlah diri kita untuk dapat mempertanggungjawabkan segala perbuatan kita selama hidup di dunia. Dan selama waktu pertangungjawaban ini semua perbuatan baik maupun yang buruk akan terlihat, hasil dari pertanggungjawaban ini lah yang nantinya akan menentukan Dimana tempat untuk beristirahat kita yang terakhir

    BalasHapus
  101. Nama : Irna Sari
    NIM: F1071211009
    Prodi: Pendidikan Biologo
    Kelas :1-A1
    Asal:Natuna

    Maa syaa Allah ,terima kasih pak atas ilmunya.
    Iman kepada hari kimat adalah percaya dan meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran.
    Maka dari itu, selagi kita masih hidup mari kita berlomba lomba berbuat kebaikan sebagai bekal amal kita nanti,karena akan ada di minta pertanggung jwaban manuska atas apa yang telah kita buat semasa hidup di dunia.

    BalasHapus
  102. Nama : Muthia Kumalasari
    NIM : F1071211027
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal : Bengkayang

    Terima kasih atas ilmunya pak. Sebagai manusia kita harus mengimani hari kiamat. Hari kiamat merupakan salah satu peristiwa yang tidak diketahui kapan akan terjadi. Tidak ada seorang makhluk pun di muka bumi ini mengetahui hal tersebut. Hanya Allah SWT yang mengetahui kapan terjadinya hal tersebut. Sebagai seorang muslim kita wajib mempersiapkan diri dengan beribadah kepada Allah dan berbuat kebaikan. Karena pada saat nanti kita akan diminta pertanggungjawaban atas apa yang kita kerjakan selama hidup

    BalasHapus
  103. Nama:Rezkiana Nurfadillah
    NIM :F1071211016
    Kelas: 1-A1
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Asal daerah: Pontianak

    Masyaallah terimakasih atas ilmunya pak,kita sebagai umat islam mestinya yakin dengan datangnya hari kiamat yang merupakan rukun iman kelima,hari kiamat yaitu dimana seluruh isi dunia pasti hancur dan terjadinya dengan sangat dahsyat.Hari Kiamat pasti akan terjadi tetapi kita sebagai makhluk tidak ada satu pun yang mengetahui nya kecuali Allah Swt.Sebagai mana telah di jelaskan dalam Al-Quran tentang hari kiamat seperti Qs. Al-Waqiah,Qs.Al-Qiyamah,QS.Al-Qariah.Maka dari itu marilah kita tingkat kan lagi keimanan kita dengan mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah Swt yang maha kuasa,agar kelak kita ketika hari itu terjadi kita memiliki bekal untuk ke akhirat kelak.

    BalasHapus
  104. Nama : Sucy Indah Lestari
    Kelas : Reguler A-2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Subhanallah luar biasa bermanfaat ilmu yang diberikan oleh bapak. Kita sebagai umat islam harus dan wajib beriman kepada hari kiamat karena hari kiamat akan tiba walaupun kita tidak tau kapan akan terjadi karena itu rahasia Allah. Walaupun kita tidak mengetahui kapan kiamat akan terjadi tapi hendaknya kita mempersiapkan diri dari sekarang.segala amal ibadah kita yang akan dihitung kelak.

    BalasHapus
  105. Nama : Isyatirradhiyah
    NIM : F1071211030
    Prodi/Kelas/Semester : Pendidikan Biologi/1A-2/Semester 1

    Waalaikumsalam warahmatullahi Wabarakatuh

    Bismillahirrahmanirrahim
    Terimakasih atas ilmunya pak. Kita sebagai umat Islam harus yakin dan percaya dengan adanya hari akhir yang hanya Allah yang tau kapan pastinya terjadi. Kita hanya bisa mempersiapkan diri dengan bekal amal. Semoga kita senantiasa dilindungi oleh Allah SWT. Aamiin...

    BalasHapus
  106. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Rendi Ihza Pahlupi
    Nim : F1071211053
    Prodi : pendidikan Biologi
    Kelas : reg 1A-2
    Semester : 1

    Hendaklah nya sebagian muslim kita harus mempercayai akan adanya hari kiamat, ialah hari dimana kehidupan akan berakhir dan di lanjutkan di kehidupan kekal nanti abadi. Kita semua tahu bahwa sebelum kejadian besar itu datang, kita akan di hadapkan oleh tanda tanda nya, hendak nya kita yang mempercayai hal itu menjadi lebih beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha Kuasa Allah SWT, Tuhan yang Maha menciptakan dan mengakhiri.

    BalasHapus
  107. Nama: Putri Natasya
    NIM : F1071211034
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A-2
    Semester : Ganjil 2021/2022( Semester 1)

    Iman kepada hari Akhir/kiamat merupakan rukun iman yang kelima. Sebagai umat Islam kita wajib mempercayai dan meyakini hari kiamat yaitu bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran. Sebagai manusia, berbuat baiklah selama di dunia karena kita tidak tahu kapan hari kiamat terjadi, sungguh Allah SWT yang Maha Mengetahui. Hari kiamat itu pasti terjadi, maka laksanakanlah perintah Allah SWT dan jauhilah larangan-Nya , Karena apa yang kita perbuat di dunia pasti dipertanggungjawabkan di akhirat nanti. Semoga kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.
    Terima kasih pak, atas ilmu yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  108. Nama : Putri Yolasari
    NIM : F1071211044
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I A-2

    Bismillah, MasyaAllah terimakasih ustadz dapat selalu berbagi pengetahuan melalui artikel ini. Kembali saya sedikit mengulas isi artikel ini setelah membaca dan memahaminya yaitu keyakinan adalah sebuah kunci di dalam rangkaian rukun iman yang ada. Pada rukun iman ke 5 ini, keyakinan kepada hari kiamat. Manusia akan bertanggung jawab atas segala perbuatannya itu kepada Allah kelak. Setiap manusia akan mendapat pertanggungjawaban sesuai dengan perbuatannya, apakah itu sesuai dengan larangan atau perintah Allah. Hanya ada 2 pilihan, jika sesuai dengan ketetapan Allah, maka manisnya surga akan menjadi tempatnya, tetapi jika tidak, maka akan dimasukkan ke neraka. Naudzubillahimindzalik. Semoga kita semua selalu taat pada perintah Allah dan senantiasa menjalankan setiap perintah Allah, aamiin.

    BalasHapus
  109. Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, sebelumnya suya ingin berterima kasih kepada bapak yang telah membagikan artikel yang Masya Allah sangat bermanfaat ini, semoga bisa menjadi amal jariyah bapak nantinya. Aamiin ya Rabbal'alamin. 🙏😊

    Nama : Agung Mulyono
    NIM : F1071211020
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas / Semester : REG 1-A1
    / Ganjil
    Asal Daerah : Kubu Raya, Pontianak.

    Sangat benar apa yang telah bapak sampaikan di artikel tersebut bahwa kelak manusia akan merasakan meninggal dan akan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya selama hidup di dunia. Hari akhir atau hari kiamat juga harus diyakini karena termasuk bagian dari Rukun Iman yang Ke-5. Setiap Umat Islam akan berhadapan dengan hari kiamat dan kelak akan merasakan alam lain, yaitu Alam Akhirat. Disinilah kita baru menyadari bahwa dunia itu sementara dan sangat singkat dan Negeri Akhirat itu kekal selama-lamanya dan itulah kehidupan yang sebenar-benarnya. Semoga kita senantiasa berada dalam jalan yang lurus dan dimatikan dalam keadaan Khusnup Khotimah (akhir yang baik). Aamiin Ya Rabbal'alamin.

    Sekian dari komentar saya pak, jika ada salah kata mohon dimaafkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya sampai kapanpun.
    Wabillahi taufik wal hidayah. Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.🙏😊

    BalasHapus
  110. Nama: Rifka Elsya Suhardi
    NIM: F1071211022
    Kelas: 1-A1
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Terima kasih, Pak atas isi blog yang bermanfaat dan dapat mengingatkan kita tentang hari akhir. Saat ini umat muslim masih ada jalan untuk berubah untuk melakukan kebaikan belum ditutup. Semoga hati kita tidak dihitam dan dibutakan dari kebenaran. Kepada hambanya Allah masih memberikan rahmat dan ampunan bagi yang ingin kembali dekat kepada-Nya, hingga tiba saat yang sudah ditetapkan yaitu hari akhir (kiamat)

    BalasHapus
  111. Nama : Aisya Annurulhaq Akdaputri
    NIM : F1071211023
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Pontianak


    Keyakinan kepada hari kiamat merupakan rukun iman yang kelima dan keyakinan ini sangatlah penting sebab manusia akan bertanggung jawab atas segala perbuatannya itu kepada Allah (kelak). Tugas kita sebagai umat muslim adalah berbuat baik selama di dunia dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk menambah pahala karena kita tidak tahu kapan hari kiamat itu datang.

    Terimakasih atas ilmunya yang bermanfaat pak.

    BalasHapus
  112. Nama:Gusti Rudianto
    Nim:f1052211003
    Kelas:IB(ppapk)
    Prodi:pendidikan fisika


    Setiap umat muslim wajib mempercayai adanya hari akhir/kiamat, dimana pada hari itu kita semua dikumpulkan dan di minta pertanggungjawaban atas perbuatan kita selama di dunia. Iman kepada hari kiamat adalah bentuk kita mempercayai dan mengimani bahwa kiamat itu pastia akan terjadi suatu hari nanti. Hanya Allah yang tahu kapan hari itu akan terjadi. Tugas kita sebagai muslim hanyalah beriman dan tetap berbuat kebaikan agar balasan yang kita terima nanti adalah kenikmatan.

    Terima kasih atas ilmunya pak

    BalasHapus
  113. Nama : Anggun Lestari
    NIM : F1071211029
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Semester : 1/Ganjil (2021/2022)

    Rukun Iman yang kelima adalah keyakinan kepada hari kiamat. Sebagai umat Islam tentu kita harus mempercayai adanya hari kehancuran, sebab dunia ini hanyalah sementara. Selain itu, kita juga harus mempercayai adanya kehidupan setelah kematian, di mana kehidupan yang kekal sesungguhnya itu ada di akhirat kelak. Meyakini dan mengimani adanya hari kiamat merupakan suatu kewajiban bahwa adanya hari dimana kita harus mempertanggungjawabkan semuanya di hadapan Allah SWT. Kita diharapkan agar selalu menjauhi segala larangan-Nya dan mematuhi segala perintah-Nya. Terimakasih pak, atas ilmu yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  114. Nama : Nur Salsabila
    NIM : F1071211049
    Kelas : Reg 1A_2


    Sebagai seorang yang beriman, kita harus percaya bahwa suatu saat dinia akan hancur dan tidak ada yang bisa selamat. Apa saja yang kita bawa jika kita sudah tiada dari dunia yang fana ini?. Sebuah hadits mengatakan "(1) tentang umurnya habis digunakan untuk apa, (2) jasadnya rusak digunakan untuk apa, (3) ilmunya bagaimana mengamalkannya, (4) hartanya dari mana mencari dan kemana membelanjakannya." (HR. Ibnu Hibban dan At Tirmizi).
    Pelajaran yang terdapat pada hadits di atas :


    1. Rasûlullâh ﷺ sudah mengingatkan umat manusia sejak zaman dahulu mengenai empat perkara yang harus dipertanggungjawabkan pada hari kiamat.


    2. Besuk di hari hisab seseorang tidak bergerak dari tempat tinggalnya sampai ditanyakan 4 perkara, yaitu :

    1) Tentang umurnya.
    Sejak baligh digunakan untuk apa sampai mati, bila digunakan untuk melaksanakan apa yang diwajibkan oleh Allah dan menjauhi apa yang  diharamkanNya maka sungguh ia telah selamat, bila tidak maka hancurlah.

    2) Tentang jasad/badan.
    Bila digunakan untuk taat kepada Allah SWT. sungguh ia telah  mendapatkan kebahagian dan kesuksesan bersama orang-orang yang sukses tetapi bila digunakan untuk  maksiat kepada Allah maka sungguh termasuk orang yang merugi dan gagal.

    3) Tentang ilmunya.
    Apa yang diamalkan atau ditanya, apakah kamu perbuat belajar ilmu agama yang Allah telah wajibkan atasmu? Ilmu agama ada dua, Ilmu agama yang sangat dibutuhkan/dhoruri bila dipelajari dan diamalkan maka akan bahagia dan selamat. Bila diremehkan tidak diamalkan setelah dipelajarinya maka akan rugi, celaka dan hancur.
    Demikian juga orang yang tidak mempelajarinya termasuk dari orang yang rugi dan hancur.

    4) Tentang hartanya.
    Seseorang ditanya di hari kiamat apa yang ada di tangannya dulu di dunia, bila mencari dengan jalan tidak haram maka tidak dihukum dengan syarat harta itu dibelanjakan sesuai dengan apa yang disyari'atkan.


    3. Manusia dalam urusan harta ada tiga, dua celaka dan satu selamat; Dua yang celaka: 1) Seseorang mengumpulkan harta yang haram. 2) Mengumpulkan harta dengan cara yang halal kemudian  dibelanjakan pada yang haram dan juga dibelanjakan ditempat yang halal tapi untuk riya'.

    “Sebaik-baik harta adalah harta milik orang yang sholeh.” (HR Ahmad dalam al-Musnad).

    BalasHapus
  115. Nama : Fazrika Syafharla
    NIM : F1071211032
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2 (Semester 1)

    MasyaAllah, Terima kasih Pak atas ilmunya. Beriman kepada hari akhir merupakan salah satu bagian dari rukun iman, sehingga tidak akan sempurna iman seseorang jika dirinya tidak beriman kepada hari akhir. Umat Islam wajib percaya dan yakin bahwa hari akhir atau hari kiamat itu pasti akan datang. Mengimani hari akhir berarti membenarkan dengan sepenuh hati bahwa setelah kehidupan di dunia ini akan ada kehidupan lagi yang merupakan kehidupan yang sebenarnya dan bersifat abadi. Pada kehidupan abadi itulah manusia akan mendapatkan kepastian hidupnya, apakah hidupnya akan berhasil dan berbahagia atau sebaliknya hidupnya akan celaka dan sengsara. Dengan beriman kepada hari akhir akan sangat membuat seseorang untuk memerhatikan dan lebih ketat dalam menjaga ibadahnya.

    BalasHapus
  116. Nama : Putri Anggini
    NIM. : F1071211015
    Kelas. : I A-1
    Asal. :Segedong

    Kita sebagai umat muslim hendaknya mempercayai adanya hari kiamat seperti rukun iman ke5 dimana berakhirnya kehidupan didunia seperti yang telah dijelaskan didalam Al-quran surah al-waqiah.Kita juga harus mempertanggungjawabkan semua perbuatan kita dibumi.

    BalasHapus

  117. Bismillahirahmanirahim,
    Nama:Armelya Novieyanti
    Nim:F1051211013
    Prodi:Pendidikan Fisika
    Kelas:1 A 1

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, masyallah terimakasih pak atas ilmunya yg sangat bermanfaat,hari akhir atau kiamat merupakan sebuah ketentuan yang ditetapkan oleh Allah Swt yang pasti akan datang namun kita sebagai umat manusia tidak bisa mempresiksi kapan hari itu akan datang, oleh sebab itu hendaknya kita sebagai umat manusia harus berlomba-lomba dalam hal kebaikan dan mejauhi larangan Allah Swt karena nantianya semua akan diminta pertanggungjawaban.

    Sekian komentar dari saya, Wasalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  118. Nama : Nanda Emilia
    NIM : F1071211033
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg 1-A2
    Semester : 1 (ganjil)

    Bismillah
    Salah satu rukun iman yang harus diyakini umat Islam adalah iman kepada hari akhir. Iman kepada hari akhir adalah rukun iman Yang ke 5. Hari akhir atau disebut juga dengan hari kiamat merupakan merupakan hari berakhirnya seluruh kehidupan di dunia. Pada masa itu, semua makhluk menjadi rusak dan binasa, dan semua manusia dibangkitkan dari kuburnya. Kemudian, semua amal manusia dihitung dan ditimbang (dihisab).  Dan manusia akan diberi balasan sesuai dengan amal dan perbuatannya di dunia. Balasan tersebut berupa surga dan neraka. Smoga dengan kita meyakini atau mengimani adanya hari akhir bisa meningkatkan iman dan ketakwaan kita terhadapNya dan selalu berusaha mempersiapkan diri (amal sholeh) untuk bertemu dengan hari tersebut, dimana hanya amal kebaikan kita yang dapat menolong kita. Terimakasih atas ilmu yang sangat bermanfaat pada hari ini Pak, semoga ilmu ini bisa kita serapi dan bisa menambahkan keimanan terhadap Allah SWT.

    BalasHapus
  119. Nama : Sri Wulan Sari
    Nim : F1071211042
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg 1-A2

    Meyakini adanya kiamat adalah rukun iman yang ke 5. Setelah hari kiamat terjadi Setiap orang harus mempertanggung jawabkan semua yang telah di perbuat di dunia. Tidak ada yang bisa memanipulasi perbuatan selama di dunia. Semua perbuatan kita di catat dengan detail dan tidak mungkin ada kekeliruan. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: "Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)."
    QS. Az-Zumar[39]:68

    BalasHapus
  120. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Nama: Cici Rahmayani
    NIM: F1071211006
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1-A1
    Semester: 1
    Alamat: Kab.Kayong Utara
    Maha Suci Allah dengan segala firman-nya , Allah yang telah menciptakan manusia dan kepada Allah lah kita akan kembali , Keyakinan pada hari kiamat merupakan salah satu rukun iman yang harus selalu kita ingat dan kita percaya ,bahwa Kita akan mempunyai kehidupan yang kekal nantinya yaitu di akhirat yang semua itu terjadi setelah hari kiamat itu tiba , hari dimana kita akan mempertanggungjawabkan semua perbuatan kita di dunia ini baik atau buruknya ,dan akan menerima balasan sesuai apa yang kita kerjakan selama kita hidup di dunia ,apabila kita selalu berbuat baik di dunia maka kita akan berada di surganya Allah SWT ,dan sebaliknya apabila kita di dunia berbuat buruk maka kita akan berada di nerakanya Allah SWT ,maka dari itu marilah kita selalu berbuat baik serta selalu berada di jalan Allah SWT ,sehingga kita menjadi orang-orang yang berada di surganya Allah SWT nanti di akhirat kelak. Amin Ya Rabbal Alamin

    Sekian dari saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata dari saya terimakasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh 🙏

    BalasHapus
  121. NAMA : LILI
    NIM : F1051211026
    PRODI : PENDIDIKAN FISIKA
    KELAS : 1-A1
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Sebelumnya, terimakasih pak atas ilmu nya , ternyata sangat banyak sekali manfaat apabila kita beriman kepada hari akhir, Pertama, orang yang beriman kepada Hari Akhir akan mendapatkan hidayah, pahala yang besar, serta rezeki yang melimpah dan kemakmuran bagi keluarganya. Kedua, orang yang beriman kepada Hari Akhir juga akan rajin mengerjakan amal saleh dan meningkatkannya sesuai dengan syariat

    Sekian dari saya, kurang dan lebihnya saya mohon maaf
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh....

    BalasHapus
  122. Nama : Putri Maulindah
    NIM : F1051211028
    Kelas : 1 A2
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakkatuh,
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada bapak yang telah memberikan pemaparan materi mengenai rukun iman yang ke 5 yaitu iman kepada hari akhir.

    Iman adalah kepercayaan yang berkenaan dengan agama.
    Secara lengkapnya iman berkaitan dengan meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan menggunakan perbuatan.

    Maka dari itu kita sebagai umat manusia harus berusaha untuk menjadi seorang hamba yang beriman kepada hari akhir, karena orang yang beriman akan senantiasa beramal saleh. Misalnya menjalani sholat lima waktu, memperbanyak sholat sunnah, dzikir, puasa, dan sebagainya. Karena orang yang beriman yakin bahwa setelah hari akhir pasti ada hari pembalasan di mana semua perbuatan selama di dunia akan dibalas oleh Allah SWT.

    Sekian dari saya, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  123. Nama : Indah Puspita Sari
    NIM : F1071211054
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reguler A2
    Semester : 1

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, pak. Saya Indah Puspita Sari. F1071211054. Pendidikan Biologi/Reguler A2/ Semester 1 (Ganjil) izin berkomentar, pak.

    Masya Allah Tabarakallah. Sebelumnya terimakasih kepada bapak atas ilmu yang sangat LUAR BIASA bermanfaatnya. Hari ini kita mempelajari materi mengenai "Keyakinan Pada Hari Kiamat dan Pertanggungjawaban Manusia di Akhirat".

    Setelah kehidupan di dunia ini masih ada kehidupan selanjutnya yaitu akhirat. Dan di akhirat kita semua akan kekal di dalamnya. Segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini akan dihitung beratnya. Jika selama di dunia kita mengikuti Ketetapan-Nya yang disampaikan melalui Para Nabi dan Rasul yang diutus-Nya kepada manusia Insya Allah kita akan ditempatkan di surga begitu pula sebaliknya.

    Percaya akan hari kiamat merupakan bagian dari rukun iman yang kelima. Meskipun kita tidak mengetahui kapan kiamat akan terjadi. Akan tetapi, hari Kiamat itu pasti akan terjadi. Seperti yang dijelaskan pada Surah Al Hajj Ayat 7 yang berbunyi:

    وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

    Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS. Al Hajj: 7).

    Kitapun harus Berhati-hati sebab selain dijanjikan surga apabila kita selama di dunia selalu berbuat baik, patuh dan taat atas perintah-Nya kita pun bisa saja dimasukkan ke dalam neraka jika kita kafir atau berpura-pura beriman padahal tidak. Dan Allah SWT. menjelaskannya dalam Qs. At-Taubah Ayat 68, yang berbunyi :

    • وَعَدَ اللّٰهُ الْمُنٰفِقِيْنَ وَالْمُنٰفِقٰتِ وَالْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ هِيَ حَسْبُهُمْ ۚوَلَعَنَهُمُ اللّٰهُ ۚوَلَهُمْ عَذَابٌ مُّقِيْمٌۙ

    Artinya : "Allah menjanjikan (mengancam) orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahanam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah (neraka) itu bagi mereka. Allah melaknat mereka; dan mereka mendapat azab yang kekal,"

    Naudzubillah min dzaalik, semoga kita termasuk orang yang dijatuhkan dari sifat buruk dan semoga kita dimasukkan ke dalam surga. Aamiin Allahumma Aamiin.

    Kita pun perlu sadar bahwa pengadilan Allah adalah pengadilan yang paling adil. Tidak dapat diganggu gugat apalagi kita ingin menyuap. Itu suatu hal yang tidak mungkin. Semoga kita senantiasa berbuat kebaikan hingga ketika kita sedang diadili kelak kita mampu mendapatkan hasil yang terbaik dan tempat di sisi Allah yaitu Surga.

    Alhamdulillah, Ilmu dan wawasan kita hari ini telah bertambah. Sekian komentar dari saya, pak. Terimakasih atas waktu dan kesempatannya. Yang baik datangnya dari Allah SWT. sedangkan yang buruk itu datangnya dari saya pribadi. Akhir kata Wabillahit taufiq wal hidayah wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  124. Nama:Meftahudin
    NIM: F1051211006
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelas:IAI

    Masya Allah ,terima kasih pak atas ilmunya.Saya setuju bahwa kita harus mengimani hari akhir yang mana telah tercantum dalam rukun iman yang ke lima.

    BalasHapus
  125. Nama:Galuh Asih Kurniasari
    Nim : F1071211013
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas :1 A-1

    MasyaAllah, terimakasih pak atas ilmu yang sangat bermanfaat ini, rukun iman yang ke lima adalah percaya kepada hari akhir, kita sebagai manusia tidak bisa memprediksi kapan hari akhir akan terjadi, hari akhir ketentuan dari Allah SWT tidak ada satu makhluk pun yg tau, maka dari kita harus harus memperbaiki diri dan nanti nya kita akan mempertanggung jawabkan perbuatan selama kita dimuka bumi ini

    BalasHapus
  126. Nama : Filardha Azelia Vallahayil
    NIM : F1071211025
    Kelas : 1_A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Kubu Raya

    MasyaAllah terimakasih atas ilmu yang bermanfaat pak.
    Kita sebagai umat Islam harus percaya terhadap hari Kiamat. Kiamat pasti terjadi, sudah tertulis jelas di dalam Al-Qur'an. Percaya terhadap hari Kiamat bisa membuat kita lebih bertanggungjawab dalam melakukan sesuatu. Karena bagaimanapun kelak, perbuatan-perbuatan kita itu lah yang menjadi tanggungan kita sendiri saat pengadilan akhirat nanti. Allah telah memberikan kesempatan kepada kita untuk bertobat dan berbuat baik di dunia untuk bekal di akhirat. Karena itu hendaknya kita selalu menabung pahala karena kita tidak tau kapan kiamat itu akan datang.

    BalasHapus
  127. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Gadis Maghfirah
    NIM : F1052211007
    Kelas : 1B / PPAPK
    Prodi : Pendidikan Fisika

    MasyaAllah,apa yang telah dijelaskan bapak sangat-sangat bermanfaat.Dari sini saya banyak mendapatkan manfaat bahwasanya Iman kepada hari akhir artinya mempercayai bahwa hari kiamat suatu hari akan datang. Di mana, seluruh alam semesta hancur dan kehidupan yang kekal (akhirat) akan menanti.

    Setelah itu, manusia akan dimintai tanggung jawab amal ibadahnya selama di dunia. Dalam Quran ayat 47, Allah SWT berfirman bahwa amal sekecil apa pun akan ikut diperhitungkan.

    Sekian dari saya hanya ini yang dapat saya sampaikan,kurang dan lebihnya saya minta maaf.

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  128. Nama : Dwi Seftiany
    NIM : F1071211043
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg. 1-A2
    Semester : ganjil 2021/2022 (semester 1)

    Bismillah
    Masyaallah, setelah membaca karangan di atas kita dapat bersyukur atas semua yang Allah beri kan. Iman kepada hari kiamat adalah percaya dan meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran. Mengimani hari akhir berarti membenarkan dengan sepenuh hati bahwa setelah kehidupan di dunia ini akan ada kehidupan lagi yang merupakan kehidupan yang sebenarnya dan bersifat abadi. Allah SWT juga berfirman tentang iman kepada hari akhir dalam salah satu ayatnya,
    "Sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tidak ada keraguan padanya dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur"(QS. Al-Hajj : 7).
    Kehidupan di dunia hanya sementara dan tiap-tiap jiwa akan mempertanggung jawabkan semua perbuatannya nanti di hari perhitungan. Maka dari itu mari memperbanyak amal ibadah.
    Terima kasih atas ilmu yang bapak berikan. Ilmu tersebut benar-benar bermanfaat bagi kehidupan saya selanjutnya.

    BalasHapus
  129. Nama : Sidik Wijaya
    NIM : F1051211046
    PRODI: Pendidikan Fisika
    Fakultas : Keguruan dan ilmu Pendidikan.

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Terima kasih pak . Atas ilmu dan pelajaran nya.
    Hari kiamat itu adalah hari besar bagi umat manusia. Pada hari kiamat seluruh kehidupan dilangit maupun dibumi itu telah berakhir kecuali apa yang Allah khendaki. Sebelum hari kiamat telah terdapat tanda-tanda datang nya hari kiamat atau akhir zaman. Tapi kebanyakan manusia lalai akan hal tersebut jadi kita sebagai saudara muslim harus saling mengingatkan akan datang hari akhir. Dimana semua doa tidak akan dikabulkan lagi. Semua harapan telah berakhir .dan itu semua adalah akhir dari dunia yang fana ini. Selanjutnya memasuki masa alam kubur atau barzah. Lalu manusia dihidupkan kembali di padang mahsyar itulah awal dari kehidupan akhirat yang kekal. Di akhirat akan menentukan manusia masuk surga atau neraka sesuai dengan amal-amal yang telah ia perbuat .
    Sekian komentar saya. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  130. Nama : Widya Astuti
    NIM : F1071211031
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Maha Suci Allah yang menciptakan dunia dengan seluruh isinya.
    Subhanallah, terima kasih atas ilmu yang diberikan kepada kami pak.
    Semua umat muslim wajib mempercayai adanya hari Kiamat. Hari Kiamat merupakan awal dari kehancuran didunia dan kehidupan selanjutnya di akhirat.
    Maka berbuat dan beramal baiklah selama masih didunia agar tabungan pahala yang dihasilkan dari perbuatan baik dapat menjadi bekal kelak kita di akhirat.
    Semoga kita semua termasuk orang orang yang berbuat baik dan beramal sholeh, juga termasuk dalam lindungan Allah SWT.

    Sekian dari saya,
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  131. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Sulistyawati
    Nim: F1051211054
    Kelas: 1A-2
    Prodi: Pendidikan Fisika

    MasyaAllah terima kasih pak atas ilmu yang bermanfaat ini
    Iman kepada Hari Akhir/Kiamat, Umat Islam diwajibkan percaya akan adanya hari akhir atau yang sering disebut dengan kiamat. Hari kiamat merupakan hari di mana seluruh alam semesta dihancurkan atau dimusnahkan. Bedasarkan pengertian nya, kita sebagai umat muslim sudah diwajibkan untuk percaya akan hari kiamat dan harusnya kita sudah yakin dalam diri bahwa hari akhir pasti akan terjadi maka sebaiknya kita menanamkan dalam diri perbuatan yang baik, mendekatkan diri kepada yang maha kuasa, melaksanakan segala yang diperintahkan dan menjauhi segala larangannya.
    Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, perbanyak lah amal ibadah sehingga kita selalu di tempat ditempat orang orang yang beriman, dan kelak semoga kita dapat bersama-sama masuk ke dalam surga-Nya.

    Sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf dan terima kasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  132. Nama : Indah Puspita Sari
    NIM : F1071211054
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reguler A2
    Semester : 1

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, pak. Saya Indah Puspita Sari. F1071211054. Pendidikan Biologi/Reguler A2/ Semester 1 (Ganjil) izin berkomentar sekaligus meralat komentar saya yang sebelumnya, pak.

    Masya Allah Tabarakallah. Sebelumnya terimakasih kepada bapak atas ilmu yang sangat LUAR BIASA bermanfaatnya. Hari ini kita mempelajari materi mengenai "Keyakinan Pada Hari Kiamat dan Pertanggungjawaban Manusia di Akhirat".

    Setelah kehidupan di dunia ini masih ada kehidupan selanjutnya yaitu akhirat. Dan di akhirat kita semua akan kekal di dalamnya. Segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini akan dihitung beratnya. Jika selama di dunia kita mengikuti Ketetapan-Nya yang disampaikan melalui Para Nabi dan Rasul yang diutus-Nya kepada manusia Insya Allah kita akan ditempatkan di surga begitu pula sebaliknya.

    Percaya akan hari kiamat merupakan bagian dari rukun iman yang kelima. Meskipun kita tidak mengetahui kapan kiamat akan terjadi. Akan tetapi, hari Kiamat itu pasti akan terjadi. Seperti yang dijelaskan pada Surah Al Hajj Ayat 7 yang berbunyi:

    وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

    Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS. Al Hajj: 7).

    Kitapun harus Berhati-hati sebab selain dijanjikan surga apabila kita selama di dunia selalu berbuat baik, patuh dan taat atas perintah-Nya kita pun bisa saja dimasukkan ke dalam neraka dan jika kita kafir atau berpura-pura beriman padahal tidak. Dan Allah SWT. menjelaskannya dalam Qs. At-Taubah Ayat 68, yang berbunyi :

    • وَعَدَ اللّٰهُ الْمُنٰفِقِيْنَ وَالْمُنٰفِقٰتِ وَالْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ هِيَ حَسْبُهُمْ ۚوَلَعَنَهُمُ اللّٰهُ ۚوَلَهُمْ عَذَابٌ مُّقِيْمٌۙ

    Artinya : "Allah menjanjikan (mengancam) orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahanam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah (neraka) itu bagi mereka. Allah melaknat mereka; dan mereka mendapat azab yang kekal,"

    Naudzubillah min dzaalik, semoga kita termasuk orang yang dijauhkan dari sifat buruk dan semoga kita dimasukkan ke dalam surga. Aamiin Allahumma Aamiin.

    Kita pun perlu sadar bahwa pengadilan Allah adalah pengadilan yang paling adil. Tidak dapat diganggu gugat apalagi kita ingin menyuap. Itu suatu hal yang tidak mungkin. Semoga kita senantiasa berbuat kebaikan sehingga ketika kita sedang diadili kelak kita mampu mendapatkan hasil yang terbaik dan tempat di sisi Allah yaitu Surga.

    Alhamdulillah, Ilmu dan wawasan kita hari ini telah bertambah. Sekian komentar dari saya, pak. Terimakasih atas waktu dan kesempatannya. Yang baik datangnya dari Allah SWT. sedangkan yang buruk itu datangnya dari saya pribadi. Akhir kata Wabillahit taufiq wal hidayah wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  133. Bismillahirrahmanirrahim..
    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    NAMA : AULIA ANISA
    NIM : F1071211045
    KELAS : REGULER 1-A2
    PRODI : PENDIDIKAN BIOLOGI
    SEMESTER : 1
    ASAL SEKOLAH : SMA NEGERI 9 PONTIANAK

    MasyaAllah, terima kasih atas ilmunya pak. Sebagai seorang muslim, saya setuju kita harus percaya adanya hari kiamat yang telah tercantum di dalam rukun iman yang ke lima.

    Semoga kita selalu didekatkan kepada hal-hal yang baik dan diampunkan segala salah dan dosa, Aamiin..

    BalasHapus
  134. Nama : Luviana Putri
    Nim :F1071211014
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Keas : 1 A-1

    Disini dapat disimpulkan bahwa kita harus beriman kepada hari akhir karena sesungguhnya hari kiamat benar benar akan terjadi

    BalasHapus
  135. Assalamualaikum warahmatullah hiwabarakatuh

    Nama : Sugiyanto
    NIM : F1071211048
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reguler 1 A2
    Semester : 1 (2021/2022)


    Kita sebagai umat Islam yang beriman kepada Allah SWT. dan semua rukun imannya tentu percaya akan adanya hari akhir atau hari Kiamat yang telah ditentukan Allah SWT. dan hanya Allah SWT yang mengetahui kapan hari Kiamat datang itulah sebabnya kita harus selalu menyiapkan bekal atau amal perbuatan baik dengan meninggalkan segala perbuatan dosa atau larangan Allah SWT. untuk menghadapi hari Kiamat yang pasti akan datang.Perbuatan kita sekecil apapun akan dipertanggungjawabkan dihadapkan Allah SWT. dengan seadil-adilnya.Dengan beriman kepada hari Kiamat kita akan senantiasa takut untuk berbuat dosa karena tau kelak dunia ini akan berakhir dan Akhiratlah tempat tinggal yang abadi.


    Semoga kita semua selalu beriman kepada Allah SWT. dan rukun iman lainnya agar selamat dunia dan Akhirat.
    Wassalamualaikum warahmatullah hiwabarakatuh

    BalasHapus
  136. Assalamu'alaikum warahmatullahi wanarakatuh
    Nama:Muhammad Fahrizal Arya Pratama
    NIM:F1052211001
    Prodi:Pendidikan Fisika
    Kelas:1B (PPAPK)

    Subhanallah, penjelasan bapak tadi sangat bermanfaat sekali. Memang benar kita sebagai manusia harus meyakini bahwa hari kiamat itu pasti akan terjadi. Tapi kapan itu terjadi, itu masih menjadi rahasia Allah dan hanya Allah yang tau. Kita sebagai hambanya hanya perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi waktunya nanti ketika waktunya telah datang. Jika sudah sampai waktunya dan kita tidak ada persiapan maka kita termasuk orang orang yang merugi.
    Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Hajj yang berbunyi:
    Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.” (Q.S Al Hajj: 7).

    Jadi mari kita sama sama mempersiapkan diri kita masing sebelum hari kiamat itu datang karna jika saat itu telah tiba sudah tidak ada waktu lagi untuk bertobat dan memperbaiki diri.

    Cukup sekian yang dapat saya sampaikan.

    Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

    BalasHapus
  137. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Nambisas Arum Kusuma Ayu
    NIM : F1071211052
    Kelas :1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Tanjungpinang, Kepulauan Riau

    Allah menciptakan manusia di dunia untuk tujuan bahwa kita merupakan makhluk yang diciptakan dengan bekal akal dan pikiran sebagai bentuk kelebihan dengan mahluk lainnya. Dengan kelebihan tersebut kita Allah memerintahkan kita untuk selalu beriman dan takwa akan perintah sesuai Al-Qur'an, karena Allah telah menetapkan segala bentuk pertanggungjawaban di akhirat kelak saat hari kiamat telah tiba. Iman kepada hari akhir merupakan suatu bentuk tindakan bahwa kita akan mengalami masa dimana seluruh bumi dan alam semesta hancur dan menjadi kehidupan baru. Maka kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, hendaklah memperbanyak amal dan ibadah di dunia agar saat waktunya tiba kita dapat dengan mudah melewati hari akhir yang tidak tau kapan waktunya akan tiba. Semoga dengan kita selalu beriman kepada hari kiamat, kelak dirimu tidak akan terjerumus ke dalam hasrat berbuat keburukan dan memperbanyak amalan dunia sebagai tabunganmu untuk menuju surga.

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  138. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  139. Nama : Farah Sada Andina
    NIM : F1051211047
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I A2

    Iman kepada hari kiamat atau hari akhir adalah percaya dan meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran. Kita sebagai umat Islam wajib percaya dan yakin bahwa hari akhir atau hari kiamat itu pasti akan datang. Kelak manusia akan dibangkitkan kembali dari kubur untuk menerima pengadilan Allah swt.
    Seperti yang di jelaskan pada surah Al-baqarah ayat 62, yaitu bila kita mengimani hari akhir secara ikhlas dan benar, maka Allah telah menjanjikan kita dengan pahala besar. Selain itu, jika kita mempercayai hari akhir maka kita tidak akan khawatir akan datangnya hari akhir dan tidak akan mengira-ngira kapan hari akhir itu datang karena di Al-Qur’an sudah dituliskan ciri-ciri akan datangnya hari akhir.

    BalasHapus
  140. Nama: Nadia salsabila
    Nim : f1051211031
    Kelas : IA2
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,kita sebagai orang yang beriman wajib percaya akan datang nya hari kiamat,oleh karena itu kita harus mempersiapkan dengan sebaik baik nya,dengan cara memperbanyak amal baik,kita beribadah harus lah seolah olah hari besok kita mati, dan kita juga kelak akan di minta pertanggungjawaban atas apa yang telah kita kerjakan di dunia,sebagai mana yang telah bapak di jelaskan di atas.
    Sekian dari saya wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  141. Assalamualaikum Wartahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Alvina Damaiyanti
    Nim : F1051211011
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1-A1
    Asal Sekolah : SMA N 1 Nanga Mahap

    MasyaAllah, Terimakasih atas ilmu yang bermanfaat pada hari ini pak.
    Beriman kepada hari Akhir atau hari kiamat artinya meyakini dan mempercayai bahwa hari akhir itu pasti akan datang. Pada hari itu alam semesta beserta seluruh isinya akan hancur. Manusia akan di bangkitkan dari kuburnya dan di kumpulkan untuk dimintai pertanggungjawaban atas semua perbuatannya selama berada di muka bumi ini. Baik itu perbuatan kecil maupun perbuatan yang besar.
    Semoga kita semua selalu berada di jalan Allah SWT menjalani semua perintahnya serta menjauhi larangan-larangannya.

    Sekian dari saya,
    Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  142. Nama : Dea Roihatul Jannah
    NIM : F105121014
    Kelas : 1A1
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Prodi : Pend. Fisika
    Semester : 1

    MasyaAllah terimakasih pak atas ilmu bermanfaat serta menambah wawasan saya pada pagi hari ini.
    Hari kiamat merupakan rukun iman ke lima. Umat muslim pun wajib untuk mengimani dan mengamalkannya, Hari akhir pasti datang dan dialami oleh semua umat manusia. Allah SWT berfirman dalam surat Al-A'raf ayat 197 mengenai hari akhir (kiamat) yang tidak ada satu orang pun yang mengetahuinya kecuali Allah SWT.
    Iman kepada hari akhir artinya mempercayai bahwa hari kiamat suatu hari akan datang. Di mana, seluruh alam semesta hancur dan kehidupan yang kekal (akhirat) akan menanti.

    Setelah itu, manusia akan dimintai tanggung jawab amal ibadahnya selama di dunia. Dalam Quran ayat 47, Allah SWT berfirman bahwa amal sekecil apa pun akan ikut diperhitungkan.


    Dalam Quran surat Al-Anbiya ayat 104, Allah SWT berfirman proses terjadinya hari akhir kiamat. Allah SWT akan menggulung gunung layaknya sebuah lembaran kertas.

    Hikmah beriman kepada hari akhir, adalah manusia bisa benar-benar memaknai tujuan kehidupan di dunia, yakni beribadah kepada Allah SWT. Sebab, hari akhir merupakan waktu pertanggungjawaban.

    Selain itu, iman kepada hari akhir juga bisa membuat manusia semakin semangat menjalankan ibadah. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT

    Sekian dari saya, kurang lebih nya saya minta maaf. Terimakasih.
    Wasallammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  143. Nama: sari sugi hartini
    NIM : F1071211002
    Prodi : Pendidikan biologi
    Kelas : 1 A1
    Maha besar Allah, sesungguhnya Allah adalah hakim yang paling adil, semoga kita Istiqomah dalam menjalankan segala perintah Allah, dan semoga kita dijauhkan dari kemunafikan

    BalasHapus
  144. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Ayu Tri Wulandari
    Nim : F1071211007
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1A-1
    Semester : 1

    Terimakasih atas ilmu yang telah bapak berikan pada hari ini. Rukun iman yang kelima adalah percaya pada hari kiamat, sebagai umat Islam kita harus mempercayai bahwa akan datangnya hari kiamat atau hari akhir untuk itu kita harus mempersiapkan diri dan bekal kita di hari akhir, mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang telah kita perbuat di dunia, maka dari itulah kita sebagai umat Islam harus senantiasa berbuat kebaikan dan takutlah pada hari akhir atau kiamat. Sekian dari saya

    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  145. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Feren Setya Ningsih
    NIM : F1051211044
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA2

    MasyaAllah, saya sangat setuju yang bapak sampaikan.
    Keyakinan pada hari akhir (kiamat) merupakan rukun iman yang kelima.
    Iman kepada hari akhir artinya mempercayai bahwa hari akhir (kiamat) suatu hari akan datang. Di mana, seluruh alam semesta hancur dan kehidupan yang kekal (akhirat) akan menanti.

    Adapun dalil tentang hari akhir, yaitu dalam QS. Al-Hajj:7 yang artinya :
    "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS. Al-Hajj: 7)

    Sekian dari saya, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kata-kata yang kurang berkenan.

    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  146. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Mitha
    NIM : F1071211040
    Kelas : Reg 1 - A2

    Terima kasih pak atas ilmu yang telah disampaikan. Sebagai umat islam, kita harus mempercayai adanya Hari Kiamat / Hari Akhir yang sudah jelas termasuk dalam rukum iman ke lima. Oleh karena itu di dunia ini kita berlomba" dalam mencari kebajikan untuk bekal di akhirat kelak. Hidup di dunia ini hanya akan dipertanggung jawabkan di akhirat sesuai dengan yang Allah perintahkan. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah. Aamiin.

    BalasHapus
  147. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama: Dimas Ananda Virda
    NIM: F1071211038
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: REG 1-A2
    Asal: Jungkat, Kab. Mempawah

    MasyaAllah, Sungguh besar kekuasaan Allah yang menciptakan Hari Akhir. Hari akhir/kiamat adalah merupakan hari kehancuran alam semesta beserta segala kehidupan yang terdapat di dalamnya dan dibangkitkannya orang-orang yang sudah meninggal untuk dihisab amal serta perbutannya selama hidup. Hari akhir merupakan rukun iman yang ke - 5. Sebagai Umat islam kita harus percaya dan meyakini bahwa hari akhir itu pasti akan datang, dan tugas kita sekarang adalah menabung segala perbuatan dan amalan sholeh agar kelak nanti di hari perhisaban kita dapat ditempatkan ke tempat yang layak yaitu surganya Allah Subhanahu wa ta'ala

    Syukron Jazakallah Khairan
    Terimakasih Ilmunya pak, sangat bermanfaat

    Semoga kita semua senantiasa bertawqa dan menjauhi segala larangan- laranganNya

    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  148. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    NAMA : JIHANSYAH
    NIM : F1051211036
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu PPendidikan
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA 2

    Bissmillahirahmannirohim

    Saya setuju dengan materi dan pemapaparan yang bapak berikan. Tentunya sebagai muslim kita harus mengimani rukun iman yang salah satunya yaitu berimana kepada hari kiamat. Hari kiamat atau hari akhir itu pasti datang dan pasti terjadi dan hari kiamat sudah ditentukan oleh Allah. Umat manusia tidak tahu kapan kiamat itu terjadi. Tetapi Allah SWT telah memberikan tanda-tanda hari kiamat yang banyak kita jumpai dalam Al-Qur'an salah satunya
    Artinya: "Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur." (QS. al-Hajj [22]: 7).

    Adapun sikap tehadap hari kiamat yaitu mengimaninya, dalam arti meyakini, membenarkan dan mempercayai bahwa hari akhir pasti akan terjadi sesuai dengan yang dijanjikan Allah SWT. Tak ada keraguan sedikit pun dalam hal ini meski waktu terjadinya ghaib sebab Allah SWT saja yang mengetahui.
    Segala sesuatu yang awal pasti ada akhirnya, segala sesuatu yang dikerjakan akan diperhitungkan dan di pertanggungjawabkan. Oleh karenanya sebagai umat muslim beragam Islam, kita harus menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Dengan memperbanyak mengingat Allah, memperbanyak Ibadah baik itu ibadah wajib maupun sunah itu sangat membantu kita dalam perhitungan amal di akhirat kelak.

    Sekian,komentar yang dapat saya sampaikan

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  149. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Wilma
    NIM : F1071211012
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Kabupaten Sambas
    MasyaAllah Ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat, kita sebagai islam wajib mengimani dan percaya terhadap hari kiamat karena hari akhir ini memang akan tiba waktunya sesuai kehendak Allah. Meskipun kita tidak mengetahui kapan kiamat akan terjadi maka dari itu perbanyaklah bekal ibadah untuk akhirat kelak. Kelak manusia akan di pertanggungjawabkan atas perbuatannya itu.
    Sekian dari saya,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  150. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Muhammad fhahrul rizki
    NIM : F10522111008
    Kelas :1B
    PRODI:Pendidikan fisika
    terimasih ilmu yang bapak disampaikan melalui blog ini,kita sebgai seorang muslim wajib meyakini hari akhir , dimana kehidupan dunia akan berakhir dan menuju akhirat,dengan mengingat tetntang hari akhir dapat membuat kita untuk selalu beramal soleh karena tujuan terakhir kita adalah akhirat dan ALLAH Berfirman :"Sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau. Jika kamu beriman serta bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta hartamu".(Muhammad Ayat 36),semoga kita diberi taufik dan hidayah oleh ALLAH dan selalu istiqomah di jalan ALLAH.

    BalasHapus
  151. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Marseli
    NIM : F1071211047
    Kelas : Reg. IA-2
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Sambas

    Saya sangat setuju dengan materi yang bapak paparkan.
    Hari kiamat termasuk dalam rukun iman, yaitu rukun iman ke-5. Yang mana kita sebagai umat islam harus percaya dan yakin dengan adanya hari kiamat sebagai wujud kebesaran Allah SWT.
    Dan dengan adanya hari kiamat sebagai hari akhir. Tetap selalu melakukan perbuatan terpuji di dunia dan menghindari perbuatan munkar, sebab tujuan kita semua pasti ingin menuju jannah Allah SWT.
    Sekian dari saya, semoga kita selalu berada dijalan yang lurus dalam keadaan iman dan islam. Aamiin...
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  152. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Fuad Zairofi Prasetyo
    NIM : F1071211035
    Kelas : 1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Sebagai umat islam kita diwajibkan untuk beriman kepada hari akhir atau kiamat. Kiamat merupakan hal yang pasti terjadi dan hanya Allah SWT yang tahu. Maka dari itu perbanyak lah amal sebagai bekal untuk mempersiapkan nya, Karena disana kita akan mempertanggung jawabkan perbuatan didunia. Semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang selamat, dan semoga kita semua senantiasa bertawqa dan menjauhi segala larangan- laranganNya.
    Sekian dari saya,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  153. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

    Nama : Lidiya Rahmawati
    NIM : F1051211029
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA 2
    Hari/Tanggal : Selasa, 28 September 2021

    Alhamdulillah, MasyaAllah.
    Terimakasih banyak pak atas ilmu yang bapak berikan, ilmu ini sangat bermanfaat untuk saya dan menambah wawasan saya tentang rukun iman, khususnya rukun iman yang ke lima yaitu beriman kepada Hari Akhir (Hari kiamat). Yang dimana hari Akhir (Hari Kiamat) adalah hari berakhirnya kehidupan di dunia ini dan memasuki awal kehidupan baru yang abadi di akhirat. Dan beriman kepada hari akhir berarti membenarkan dengan sepenuh hati bahwa setelah kehidupan di dunia ini akan ada lagi kehidupan yang sebenarnya dan bersifat abadi, disini lah kita sebagai manusia akan mendapatkan kepastian hidup, apakah hidup kita akan berhasil dan bahagia atau malah sebaliknya celaka dan sengsara.
    Dari penjelasan bapak dapat saya tarik kesimpulan dan ambil pelajaran bahwa kita sebagai umat manusia yang beragama Islam wajib untuk mempercayai dan meyakini bahwa Hari Akhir (Hari Kiamat) pasti akan datang, karena di saat itulah nanti kita manusia akan dibangkitkan kembali dari alam kubur untuk menerima pengadilan dari Allah Swt. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah Swt dalam Q.S Al-Hajj : 7 yang artinya "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya ; dan sungguh, Allah Swt akan membangkitkan siapapun yang di dalam kubur. "
    Dan Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri pernah menyebutkan 3 hal terkait Hari Akhir (Hari Kiamat) ini yaitu yang pertama, adanya alam semesta dengan berbagai makhluk hidup ini menjadi bukti dan memberi kesaksian tentang adanya wujud Sang Pencipta yaitu Allah Swt. "Karena tidak ada seorangpun yang mengklaim telah menciptakan alam raya ini beserta isinya selain dari Allah Swt". Yang kedua, adanya firman Allah Swt di dalam Alquran yang selalu dibaca oleh umat Islam, tidak hanya dibaca tetapi juga dipahami dan dihayati maknanya. Dan yang ketiga yaitu adanya sistem yang teratur dalam tata surya dan kehidupan bumi.Mulai dari proses penciptaan, pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di alam semesta ini tunduk kepada Sunatullah. "Tidak dapat keluar dari-Nya (Sunatullah) bagaimana pun jua". Begitulah kata Syaikh Abu Bakar.
    Dari penyampaian bapak hari ini mengingatkan bahwa saya harus selalu bertakwa kepada Allah Swt agar bisa mendapatkan surga-Nya Allah Swt setelah datangnya Hari Akhir (Hari Kiamat). Hari Akhir (Hari Kiamat) ini pasti akan datang, hanya saja kita sebagai makhluk Allah Swt tidak tahu kapan Hari Akhir (Hari Kiamat) tersebut akan datang.

    Sekian dari saya, mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan.
    Terimakasih.Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

    BalasHapus
  154. Nama: RIFKI ALDIANSYAH
    NIM: F1071211017
    Prodi: Pendidikan biologi
    Fakultas: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Kelas: I-AI
    Asal: Kapuas Hulu

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Subbhanallah, terima kasih pak ilmu serta penjabaran nya.
    Keyakinan pada hari kiamat merupakan rukun iman yang ke lima, sebagai umat muslim tidak cukup hanyak mempercayai atau yakin, tetapi harus lebih dari itu. Karena pada hari kiamat kita akan diminta pertanggungjawaban terhadap perbuatan kita yang ada didunia. Manusia hanya hidup sementara di dunia, dan dunia tentu saja akan berakhir kehidupannya yang disebut sebagai hari kiamat. Tindakan yang dilakukan manusia didunia ini telah dicatat oleh para malaikat dan akan ditanya pada hari kiamat, untuk menentukan apa balasan yang akan diperoleh manusia itu sendiri. Allah maha adil, manusia yang berbuat baik dan menaati perintah allah selama di dunia, dihadiahkan dengan surga allah yang sangat indah. Sedangkan jika manusia berbuat buruk dan tidak menaati perintah allah (berbuat maksiat), akan diberikan tempat hukuman yang pedih baginya yaitu neraka.
    Dunia adalah tempat untuk menyiapkan pahala yang akan menjadi modal untuk masuk surga. Sesuai dengan pedoman Al-Qur'an.
    Sekian komentar yang dapat saya sampaikan berdasarkan pemahaman saya untuk materi hari ini.
    Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  155. Nama: Wafik Azizah
    Nim:F1051211053
    Prodi: Pendidikan fisika
    Kelas: lA-2

    Masyaallah terimakasih banyak atas ilmu yang bapak berikan, beriman pada hari akhir merupakan kewajiban bagi kita,
    Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

    وَّاَنَّ السَّا عَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَا ۙ وَاَ نَّ اللّٰهَ يَـبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْر

    "dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur."
    (QS. Al-Hajj 22: Ayat 7)

    kita patut meyakini bahwasanya hari kiamat itu benar-benar akan datang, dan setelah itu kita di bangkitkan kembali untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatan kita di dunia.

    BalasHapus
  156. Nama: Neli
    NIM : F1051211049
    Prodi: pendidikan fisika
    Kelas : 1A2

    Masya Allah, terima kasih atas ilmunya yang sangat bermanfaat pak. Setiap manusia yang hidup di alam ini akan mati dan bumi akan diganti, bukan bumi dan langit yang sekarang ini. Allah yang membangkitnya semua manusia dan mengembalikan mereka pada kehidupan kedua. Sesudah manusia dibangkitkan (hari itu dinamakan hari ba'ats) maka setiap orang dihisab oleh
    Allah berdasarkan perbuatannya, baik ataupun jelek (hari itu disebut hari hisab atau yaumul hisab). Dalam banyak ayat maupun Hadits Nabi, Iman kepada hari akhir ini hampir selalu dirangkaikan dengan iman kepada Allah, misalnya :"Jika kalian beriman kepada Allah dan iman kepada hari akhir... ". (QS. Al-Nisa :59)"Sesungguhnya orang-orangyang mukmin, dan orang-rang Yahudi, Nasrani, orang-orang shabiin,
    siapa saja diantara merekayang benar-benar beriman kepada Allah dan iman kepada hari akhir...(QS. Al-Baqarah: 62)

    BalasHapus
  157. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏🏻

    Nama : Ni'mah Rahmayanti
    NIM : F1071211018
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal : Kota Singkawang

    MasyaAllah,
    Ilmu yang telah bapak berikan memang sangat bermanfaat. Kita sebagai umat muslim harus meyakini adanya hari akhir, sebab percaya kepada hari akhir merupakan salah satu rukun iman, yaitu rukun iman yang kelima. Dengan percaya kepada hari akhir, kita sebagai umat muslim bisa lebih mempersiapkan diri dan bisa memperbaiki diri sebelum hari akhir itu tiba. Kapan hari akhir itu akan tiba? Wallahu 'alam, semua itu adalah rahasia Allah.

    Sekian dari saya,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏🏻

    BalasHapus
  158. Assalamu'alaikum
    Nama : Desi Rianita
    NIM : F1071211008
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Masyaa allah barakallahu laka fiih atas ilmunya pak
    Kita sebagai manusia wajib beriman kepada hari akhir. Dan setiap perbuatan kita akan di pertanggung jawabkan di akhirat nanti. Dan setiap yang bernyawa pasti merasakan kematian. Sebagai mana allah berfirman dalam surah Al- imran ayat 185. Setelah kematian kita akan du bangkitkan di akhirat nanti. Dan seharusnya kita sebagai manusia mempersiapkan bekal karena di akhirat nanti taubat tidak akan diterima, serta hari kiamat itu pasti adanya.
    Sekian komentar dari saya wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  159. Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Nama : Doni Hariansah
    NIM : F1071211019
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : IA1
    Asal Daerah : Kabupaten Sambas

    Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak Nikmat
    Sholawat serta salam tak lupa kita sampaikan kepada Nabi kita yakni Nabi Muhammad SAW

    Alhamdulillah terimakasih pak atas penyampaian materi nya

    Kita sebagai umat Islam harus percaya akan ada nya hari akhir, hancurnya seluruh alam semesta
    Dengan ada nya hari akhir, kita senantiasa berusaha untuk menyiapkan bekal dan setiap perbuatan yang kita lakukan pasti dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT.

    BalasHapus
  160. Nama : Sulistia Ningsih
    NIM : F1051211035
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA2

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Iman kepada hari akhir atau hari kiamat merupakan rukun iman ke lima. Umat muslim pun wajib untuk mengimani dan mengamalkan hal tersebut.

    Hari akhir pasti datang dan dialami oleh semua umat manusia. Allah SWT berfirman dalam surat Al-A'raf ayat 197 mengenai hari akhir (kiamat) yang tidak ada satu orang pun yang mengetahuinya kecuali Allah SWT.

    Arab: يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ
    Artinya: Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

    Semua hal yang kita lakukan pasti akan dimintai pertanggung jawabanya karena kita hidup dan mati karena Allah. Maka ketika kita diberikan kehidupan maka kita harus mempertanggung jawabkannya di hadapan Allah pada hari kiamat kelak. Tidak akan ada satupun yang terlewat dari setiap tingkah laku kita di dunia, karena Allah Maha Mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi.
    Ada 4 hal yang akan dipertangguangjawabkan oleh manusia di akhirat kelak, Rasulullah bersabda : “Tidak akan beranjak kaki seorang hamba dari tempat berdirinya dihadapan Allah pada hari kiamat sebelum dia ditanya tentang empat perkara, yaitu tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang ilmu bagaimana diamalkan, tentang harta bagaimana cara memperoleh dan kemana dibelanjakan, dan yang terakhir yaitu tentang jasmani untuk apa dipergunakan.”

    BalasHapus
  161. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Alpina Damayanti
    NIM : F1071211041
    Kelas : 1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MasyaAllah, terima kasih atas ilmu yang bermanfaat.
    Seperti yang kita ketahui bahwa setiap umat muslim wajib meyakini dan percaya adanya hari kiamat yang tercantum pada rukun iman yang kelima. Dengan meyakini dan percaya akan adanya hari kiamat, umat manusia akan selalu ingat akan perbuatan yang telah dilakukan baik maupun buruk. Karena semua itu akan dipertanggungjawabkan kelak. Hal ini akan memperkuat iman dan taqwa terhadap Allah SWT.
    Sekian, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus

  162. Nama : Kurnia Hendra Yani
    NIM : F1051211024
    Kelas : 1 A1
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Matkul : Pendidikan Agama Islam

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh subhanallah terima kasih pak materi yang telah di berikan pada hari ini .

    Kita sebagai umat Islam harus percaya adanya hari akhir atau yang sering disebutkan yaitu kiamat.Dimana kiamat ini terbagi menjadi 2 yaitu kiamat sugro dan kiamat kubro . Kiamat sugro merupakan kiamat kecil atau hanya terjadi untuk memperingatkan manusia agar menjadi makhluk yang lebih baik . Sedangkan kiamat kubro adalah kiamat besar yaitu terjadi dimana dunia hancur dan planet2 berhamburan tidak berjalan pada porosnya . Walaupun kiamat kubro belom terjadi namun kita sebagai umat Islam khususnya wajib mengimaninya sebagaimana terjemahan Al-Quran
    Artinya: "Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur." (QS. al-Hajj/22: 7).

    Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf...
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  163. Nama : Mandarini Salwa Salsabil
    Nim : F1052211009
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : PPAPK

    Bismillahirrahmanirrahim
    Subhanallah
    Terimaksih pak atas penjelasannya bahwasannya percaya dan yakin terhadap pada hari akhir merupakan hal yang harus kita lakukan semakin kita percaya dan yakin semakin kita ingat pula akan kebesaran Allah swt itu membuat kita semakin dekat dengannya dan membuat kita semakin taat akan perintah dan larangannya semoga kita selalu dilimpahkan akan nikmat dan Rahmat nya bismillahhh

    BalasHapus
  164. Nama : Fazrin Rizkha Nafasati
    NIM : F1071211050
    Kelas : Reg 1-A2
    Semester : 1
    prodi ; Pendidikan biologi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    sebelumnya terimakasih atas ilmu yang bapak sampaikan. Meyakini hari akhir merupakan kewajiban semua umat Islam, sebagai mana dengan rukun Islam. Hari akhir pasti akan datang setelah hari akhir kita akan dihidupkan kembali lalu di mintakan pertanggungjawabannya. Allah SWT mengadili umatnya sedail adilnya, Allah maha adil.

    BalasHapus
  165. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Achmad Dwi Juniarto
    Nim : F1052211006
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Prodi : pendidikan Fisika
    kelas : 1B
    SEMESTER: 1/GANJIL

    Rukun Iman yang kelima adalah keyakinan kepada hari akhirat. Keyakinan ini sangat penting
    dalam rangkaian kesatuan rukun iman lainnya, sebab tanpa mempercayai hari akhirat sama halnya
    orang yang tidak mempercayai agama Islam, walaupun orang itu menyatakan iman kepada Allah.
    Dalam banyak ayat maupun Hadits Nabi, Iman kepada hari akhir ini hampir selalu dirangkaikan
    dengan iman kepada Allah, misalnya :"Jika kalian beriman kepada Allah dan iman kepada hari akhir... ". (QS. Al-Nisa :59)"Sesungguhnya orang-orangyang mukmin, dan orang-rang Yahudi, Nasrani, orang-orang shabiin,
    siapa saja diantara merekayang benar-benar beriman kepada Allah dan iman kepada hari akhir...(QS. Al-Baqarah: 62)
    SabdaNabi:"Barang siapa yang beriman kepada Allah dan kepada hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan
    tetangganya...(Al-Hadits). Hari kiamat dimulai dengan rusaknya alam ini. Setiap manusia yang hidup di alam ini akan mati dan bumi akan diganti, bukan bumi dan langit yang sekarang ini. Allah yang membangkitnya semua manusia dan mengembalikan mereka pada kehidupan kedua. Sesudah manusia dibangkitkan (hari itu dinamakan hari ba'ats) maka setiap orang dihisab oleh Allah berdasarkan perbuatannya, baik ataupunjelek (hari itu disebut hari hisab atau yaumul hisab). Barangsiapa yang perbuatan baiknya lebih banyak dari pada perbuatan jeleknya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dan barang siapa yang perbuatanjeleknya lebih banyak dari baiknya maka Allah akan memasukkan ke dalam neraka.
    sekian dari saya,wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  166. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Dita Puspita
    NIM : F1051211001
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I A1

    Masyaallah, terima kasih atas ilmunya yang sangat luar biasa pak.

    Dengan beriman kepada hari akhir, dapat dijadikan sebagai salah satu renungan pada diri kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini, yang dimana kita harus meyakini segenap jiwa bahwa adanya balasan untuk apa yang telah kita perbuat selama hidup di akhirat kelak. Allah SWT berfirman :

    "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur" (QS. Al Hajj Ayat 7).

    Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian dalam meniti kehidupan, harapannya agar kita dapat memperoleh kebahagiaan yang hakiki di dunia maupun akhirat, tentunya hal ini dapat digapai dengan cara menyemai benih amal perbuatan baik serta memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
    “Jika salah seorang dari kalian telah memperindah Islamnya, maka setiap kebaikan yang diamalkannya akan dicatat baginya dengan sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus lipat. Dan setiap kejelekan yang ia kerjakan akan dicatat baginya satu kejelekan semisalnya”.

    Dengan mempercayai hari kiamat akan semakin meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT agar bisa meraih surga-Nya setelah hari kiamat tersebut tiba. Hari kiamat pasti datang, namun tidak ada satu makhluk pun yang mengetahuinya. Hanya Allah Ta'ala lah yang mengetahui kapan hari tersebut akan tiba. Wallahu a’lam.

    Sekian pemaparan yang dapat saya sampaikan, terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  167. Nama : Rahmad
    NIM : F1071211046
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas/semester : 1-A2/ganjil

    Subhanallah, terima kasih Pak atas ilmu yang disampaikan, benar sekali bahwa kita sebagai umat Islam harus meyakini rukun iman yang kelima yaitu iman kepada hari kiamat, yang mana waktu datangnya hari kiamat tersebut hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui, kita sebagai umat Islam harus bersiap-siap dengan datangnya hari kiamat, dengan cara meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt, semoga kita semua termasuk hamba-hamba Allah yang sholeh dan sholehah, Aamiin.

    BalasHapus
  168. Nama : Donny Arya Wijayanto
    NIM : F1071211051
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2 (Semester 1)
    MasyaAllah syukron pak atas ilmunya yang sangat bermanfaat bagi yang membaca serta memahaminya, kita sebagai umat islam wajib mengimani hari akhir/kiamat itu merupakan rukun iman yang ke 5. Fungsi beriman kepada hari akhir salah satunya agar kita lebih berhati-hati dalam melakukan segala tindakan. Hal ini dikarenakan kita tau bahwa kiamat dapat terjadi kapan saja. Sebagaimana yang telah dijelaskan salan surah (Al-A'raf, 7:187).

    BalasHapus
  169. Nama : WIWIN SULISTYOWATI
    NIM : F1052211002
    Prodi/kelas : Pendidikan Fisika/PPAPK
    Hari/tanggal : Selasa, 28 September 2021.

    Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum wr.wb saya sedikit berkomentar tentang materi kali ini. Seperti yang kita ketahui bahwa hari kiamat merupakan rukun iman yang kelima. Umat Islam wajib percaya dan yakin bahwa hari akhir atau hari kiamat itu pasti akan datang. Kelak manusia akan dibangkitkan kembali dari kubur untuk menerima pengadilan Allah swt.
    Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

    وَّاَنَّ السَّا عَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَا ۙ وَاَ نَّ اللّٰهَ يَـبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

    "dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur."
    (QS. Al-Hajj 22: Ayat 7)

    Ayat ini menegaskan bahwa hari Kiamat itu bukanlah omong kosong, tapi kejadian yang benar adanya. Hanya saja, manusia tidak ada yang tahu, kapan itu akan terjadi. Ini adalah rahasia Allah swt. Hanya Allah yang Maha Tahu kapan hari Kiamat akan terjadi. Ketika kiamat tiba, bumi akan hancur, semua makhluk mati, lalu Allah menghidupkan kembali manusia dari dalam kubur. Hari akhir ditandai dengan ditiupnya terompet Malaikat Israfil. Ada dua macam kiamat yaitu Kiamat Shughra (kiamat kecil) dan Kiamat Kubra (Kiamat Besar).
    Kiamat sudah semakin dekat tidak ada yang tau kapan itu terjadi. Maka dari itu berbuat baiklah selama hidup didunia karna semua yang kita lakukan di dunia ini, kelak akan dipertanggungjawabkan di akhirat entah itu baik maupun buruknya. Seperti Q.S As-Shaffat ayat 22-24 yang memiliki arti :
    “Kepada para malaikat diperintahkan, kumpulkanlah orang-orang yang dzalim beserta teman sejawat merekadan sembah-sembahan yangselalu mereka sembah selain Allah. Maka tunjukkanlah kepada mereka jalan ke neraka. Dan tahanlah mereka di tempat perhentian karena mereka sesungguhnya mereka akan ditanya dimintai pertanggungjawaban.”

    Ayat ini menjelaskan bahwa di akhirat kelak setiap manusia akan dimintai pertanggung jawaban atas perbuatan mereka selama di dunia, dan bagaimana nanti di akhirat Allah Ta’ala menunjukkan catatan perbuatan manusia di dunia.

    Sekian dari pendapat saya, Jazakallahu Khairan katsiran🙏 atas perhatiannya. Wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  170. Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Esty Kamalah
    NIM : F1051211020
    Kelas: 1 A1
    Prodi: Pendidiman Fisika

    Iman kepada hari kiamat adalah percaya dan meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran. Hari akhir ditandai dengan ditiupnya terompet Malaikat Israfil. Dijelaskan bahwa pada hari itu daratan, lautan dan benda-benda di langit porak-poranda. Gunung-gunung meletus, hancur, dan berhamburan. Bumi berguncang dan memuntahkan isi perutnya. Lautan meluap dan menumpahkan seluruh isinya. Benda-benda yang ada di langit bergerak tanpa kendali. Bintang, planet, dan bulan saling bertabrakan.

    Umat Islam wajib percaya dan yakin bahwa hari akhir atau hari kiamat itu pasti akan datang. Kelak manusia akan dibangkitkan kembali dari kubur untuk menerima pengadilan Allah swt. Perhatikan firman Allah berikut:
    Artinya: "Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur." (QS. al-Hajj/22: 7).

    Ayat ini menegaskan bahwa hari Kiamat itu bukanlah omong kosong, tapi kejadian yang benar adanya. Hanya saja, manusia tidak ada yang tahu, kapan itu akan terjadi. Ini adalah rahasia Allah swt. Hanya Allah yang Maha Tahu kapan hari Kiamat akan terjadi. Ketika kiamat tiba, bumi akan hancur, semua makhluk mati, lalu Allah menghidupkan kembali manusia dari dalam kubur.

    Sekian dari saya, terima kasih.
    Wassalammualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  171. Nama: Wafa Nafiah
    NIM: F1071211024
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1-A1

    Masya Allah, sungguh luar biasa kekuasaan Allah. Sebagai umat muslim, kita wajib meyakini dan mengimani adanya hari akhir.

    BalasHapus
  172. Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh.
    Nama: Fadhiilah Nur Jannah
    Nim: F1051211027
    Kelas: I-A1
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Semester: 1 ganjil tahun 2021
    MasyaAllah sungguh luar biasa materi tentang kiamat hari ini, sesuai dg firman Allah dalam surah Al-Hajj:07 yang artinya"Dan sungguh, (hari) kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh Allah akan membangkitkan siapapun yang di dalam kubur" Q.s al Hajj:7. Sudah di sampaikan juga bahwa saat kiamat akan di pertanggung jawabkan semua hal hal yang sudah kita lakukan di dunia selama ini, jadi berbuat lah hal hal yang positif yang membuat kita agar terdorong ke pintu surga dan terhindar dari fitnahnya dajjal.

    Sekian terima kasih, mohon maaf apabila ada kesalahan kata, wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  173. Bismillahirrahmanirrahim

    Nama : Sri Wahyu Ningsih
    NIM : F1051211002
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1 A1

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    Terimakasih atas ilmu yang telah bapak berikan kepada kami. Oleh sebab itu selain mempercayai adanya Tuhan yaitu Allah seorang, Nabi dan Rasul, Kitab-kitab Allah, Malaikat, kita juga diwajibkan mempercayai adanya hari akhir atau Kiamat. Dimana dihari itu kita semua akan dibangkitkan dan dikumpulkan serta diminta pertanggungjawaban atas apa yang telah kita perbuat di dunia, iman kepada hari kiamat adalah bentuk kita mempercayai dan mengimani bahwa kiamat itu pasti akan terjadi suatu hari nanti.

    Dimana dalam surah Al Hajj ayat 7 yang artinya :
    "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS. Al Hajj: 7).

    Tugas Kita sebagai Muslim wajib beriman dan berbuat kebaikan, dan semoga saja kita selalu berada dijalan yang benar agar selamat dunia akhirat. Tidak satu pun orang yang tau kapan hari akhir atau Kiamat akan datang karena itu kita harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak amalan kita dan selalu kebaikan.

    Sekian dari saya, terima kasih
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

    BalasHapus
  174. Bismillah
    Nama : Piyona
    NIM : F1051211037
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1A2

    Maa syaa Alloh
    Jazaakallahu khairan atas ilmu nya pak

    Benar sekali
    Iman kepada segala hal yang terjadi pada hari Akhir dan tanda-tandanya merupakan keimanan terhadap hal ghaib yang tidak bisa dijangkau oleh akal, dan tidak ada jalan untuk mengetahuinya kecuali dengan nash melalui wahyu. Karena pentingnya hari yang agung ini, kita dapati (di dalam al-Qur-an) bahwa Allah Ta’ala seringkali menghubungkan iman kepada-Nya dengan iman kepada hari Akhir, sebagaimana Allah berfirman: لَّيْسَ الْبِرَّ أَن تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian….” [Al-Baqarah/2: 177]

    Juga seperti firman-Nya: ذَٰلِكُمْ يُوعَظُ بِهِ مَن كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ “… Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari Akhir….” [Ath-Thalaaq/65: 2]

    Dan masih banyak ayat yang lainnya.
    Barakallahu fiikum

    BalasHapus
  175. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  176. Bismillahirrahmanirrahim

    Nama : Auliasyura Lestari
    NIM : F1051211009
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I A1

    Masyaallah, terima kasih atas ilmunya yang sangat bermanfaat pak.

    Iman kepada hari Kiamat merupakan rukum iman yang ke-5. Kita sebagai umat manusia haruslah yakin bahwa hari Kiamat pasti akan datang, semua kehidupan di bumi beserta isinya akan binasa. Kapan dan bagaimana kiamat akan terjadi, tidak ada yang mengetahuinya, kecuali Allah SWT. sebagaimana yang sudah dijanjikan dalam Al-Qur'an. Salah satunya terdapat pada surah Al-Hajj ayat 7 yang artinya :

    "Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur."

    Di dunia ini, kita sebagai umat manusia ditugaskan untuk menyiapkan amal ibadah sebagai bekal menuju akhirat. Kehidupan di dunia ini hanyalah sementara dan kehidupan yang kekal hanyalah di akhirat. Ketika hari Kiamat datang, bumi dan semua yang ada di dalamnya akan hancur atas kuasa Allah SWT.
    Di antara peristiwa penting yang terjadi pada hari akhirat adalah kebangkitan manusia dari alam kubur, dikumpulkannya manusia di Padang Mahsyar, perhitungan dan penimbangan, serta pembalasan amal manusia, dan adanya jalan yang dilalui manusia (shirath) untuk menuju ke arah surga atau neraka.

    Allah berfirman dalam surah Al-Mu'min ayat 17 yang artinya :

    "Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya"

    Dalil ini menjelaskan bahwa pada hari tersebut, setiap manusia akan diberikan balasan atas apa yang dikerjakannya di dunia, baik itu kebaikan maupun keburukan. Tidak ada seorang pun yang akan dikurangi pahalanya maupun ditambahkan keburukannya.

    Maka dari iu, sudah sepantasnya kita sebagai umat manusia menyiapkan amal yang baik untuk menuju akhirat. Jika amal kita baik, maka bahagialah kita di Surga, namun apabila amal buruk kita lebih banyak, maka kita akan mendapat balasan di neraka.

    Wallahualam Bissawab

    BalasHapus
  177. Nama:Wanda pramita lestari
    NIM :F1072211013
    Prodi:Pendidikan biologi
    Kelas:Ppak

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
    Iman kepada hari kiamat adalah percaya dan meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran. Hari akhir ditandai dengan ditiupnya terompet Malaikat Israfil. Dijelaskan bahwa pada hari itu daratan, lautan dan benda-benda di langit porak-poranda.

    Sekian dari saya Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    BalasHapus
  178. Nama:VERA EVRIANI
    NIM:F1051211007
    KELAS:1A1
    PRODI:PEND.FISIKA
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Izinkan saya menyampaikan pendapat saya pak,
    Saya setuju dengan yang bapak sampaikan.
    Iman kepada hari kiamat adalah percaya dan meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran. Hari akhir ditandai dengan ditiupnya terompet Malaikat Israfil.
    Dijelaskan bahwa pada hari itu daratan, lautan dan benda-benda di langit porak-poranda. Gunung-gunung meletus, hancur, dan berhamburan. Bumi berguncang dan memuntahkan isi perutnya. Lautan meluap dan menumpahkan seluruh isinya. Benda-benda yang ada di langit bergerak tanpa kendali. Bintang, planet, dan bulan saling bertabrakan.
    "Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur." (QS. al-Hajj/22: 7).
    Hanya Allah yang Maha Tahu kapan hari Kiamat akan terjadi. Ketika kiamat tiba, bumi akan hancur, semua makhluk mati, lalu Allah menghidupkan kembali manusia dari dalam kubur.
    Hari akhir juga bisa dipahami sebagai hari berakhirnya kehidupan di dunia fana ini dan memasuki awal kehidupan baru yang abadi di akhirat.
    Dengan demikian, mengimani hari akhir berarti membenarkan dengan sepenuh hati bahwa setelah kehidupan di dunia ini akan ada kehidupan lagi yang merupakan kehidupan yang sebenarnya dan bersifat abadi.
    Pada kehidupan abadi itulah manusia akan mendapatkan kepastian hidupnya, apakah hidupnya akan berhasil dan berbahagia atau sebaliknya hidupnya akan celaka dan sengsara.
    Beriman kepada hari akhir juga harus diikuti dengan beriman kepada kehidupan akhirat dan semua peristiwa yang terjadi di dalamnya.
    Di antara peristiwa penting yang terjadi pada hari akhirat adalah kebangkitan manusia dari alam kubur, dikumpulkannya manusia di Padang Mahsyar, perhitungan dan penimbangan, serta pembalasan amal manusia, dan adanya jalan yang dilalui manusia (shirath) untuk menuju ke arah surga atau neraka.
    Umat Islam wajib percaya dan yakin bahwa hari akhir atau hari kiamat itu pasti akan datang, karena kelak manusia akan dibangkitkan kembali dari kubur untuk menerima pengadilan dari Allah SWT.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS. Al-Hajj: 7)
    Tanda-tanda hari kiamat dari Allah SWT:
    1. Tanda-tanda kiamat sughro
    Jibril bertanya kepada Rasulullah SAW kapankah hari kiamat? Beliau menjawab:
    "Yang ditanya tentang hari kiamat tidak lebih mengetahui dari yang bertanya, tetapi saya akan memberitahukanmu tentang tanda-tandanya, yaitu: jika budak wanita telah melahirkan tuannya, jika para penggembala unta berlomba-lomba dalam meininggikan bangunan". (HR Bukhari I/20 dan Muslim I/39)
    2. Keluarnya Dajjal
    3. Munculnya matahari dari barat
    Tanda-tanda kiamat lainnya:
    Hamba sahaya perempuan dikawini oleh tuannya,
    Ilmu agama dianggap sudah tidak penting lagi,
    Tersebarnya perzinaan karena memperoleh izin dari penguasa,
    Minuman keras merajalela,
    Jumlah wanita lebih banyak daripada laki-laki,
    Adanya dua golongan besar yang saling membunuh, tetapi sama-sama mengaku dirinya memperjuangkan agama Islam,
    Banyak terjadi gempa bumi,
    Fitnah muncul di mana-mana,
    Pembunuhan merajalela,
    Banyak manusia yang menginginkan dirinya mati,
    Munculnya binatang ajaib yang bisa berbicara,
    Turunnya Nabi Isa As.,
    Rusaknya Ka’bah,
    Lenyapnya Al-Quran,
    Seluruh manusia menjadi kafir,
    Munculnya Yakjut Makjut.
    Hikmah dan fungsi iman kepada hari akhir:
    1.Dapat Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan
    2.Akan mendorong untuk senantiasa berbuat baik dan menghindari perbuatan dosa dan sia-sia
    3. Akan memotivasi untuk semangat dalam berkarya.
    4. Mendidik manusia untuk belajar dalam rangka memprediksi dan mempersiapkan masa depan
    5. Memperjelas tujuan hidup manusia
    Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  179. NAMA : ELIKA AGUSTIN
    NIM : F1051211041
    HARI/TGGL : SELASA 28 SEPTEMBER 2021
    PRODI : PENDIDIKAN FISIKA
    KELAS : IA 2

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Masyaallah terimakasih atas ilmunya pak
    Saya sangat setuju pak
    Karna Rukun Iman yang kelima adalah keyakinan kepada hari akhirat. Keyakinan ini sangat penting
    dalam rangkaian kesatuan rukun iman lainnya, sebab tanpa mempercayai hari akhirat sama halnya
    orang yang tidak mempercayai agama Islam, walaupun orang itu menyatakan iman kepada Allah.
    Dalam banyak ayat maupun Hadits Nabi, Iman kepada hari akhir ini hampir selalu dirangkaikan
    dengan iman kepada Allah, misalnya :"Jika kalian beriman kepada Allah dan iman kepada hari akhir... ". (QS. Al-Nisa :59)"Sesungguhnya orang-orangyang mukmin, dan orang-rang Yahudi, Nasrani, orang-orang shabiin,
    siapa saja diantara merekayang benar-benar beriman kepada Allah dan iman kepada hari akhir...(QS. Al-Baqarah: 62)

    Sekian dari saya kurang dan lebihnya saya mohon maaf
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  180. Nama: Putri Novahisa
    NIM: F1071211028
    PRODI: Pendidikan Biologi

    masyaallah, tabarakallah sdh semestinya kita meyakini ataupun mengimani bhw hri kianat itu ada . hari dimana amal baik dan buruk kita dipertanggung jawabkan dan di hitung semuanya
    . kita sebagai umat muslim harus mempersiapkan diri untuk menghadapi hari itu dengan memperbanyak kenaikan-kebaikan serta amalan saleh kita.

    BalasHapus
  181. Nama : Lusiana Saputri
    NIM : F1051211021
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1-A1

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu✨
    Dengan demikian, mengimani hari akhir berarti membenarkan dengan sepenuh hati bahwa setelah kehidupan di dunia ini akan ada kehidupan lagi yang merupakan kehidupan yang sebenarnya dan bersifat abadi.
    Pada kehidupan abadi itulah manusia akan mendapatkan kepastian hidupnya, apakah hidupnya akan berhasil dan berbahagia atau sebaliknya hidupnya akan celaka dan sengsara.
    Beriman kepada hari akhir juga harus diikuti dengan beriman kepada kehidupan akhirat dan semua peristiwa yang terjadi di dalamnya.
    Oleh karena itu, berbahagialah bagi mereka yang sejak awal mempersiapkan bekal untuk hari kiamat, dengan menabur amal shalih dan berhati-hati dalam kehidupan sehari-hari. Rasulullah SAW menjelaskan tentang perkara-perkara yang akan ditanyakan pada hari kiamat, beliau bersabda:

    لاَ تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمْرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَا فَعَلَ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَا أَنْفَقَهُ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلاَهُ.

    “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya” (HR. Tirmidzi).

    BalasHapus
  182. Nama : Zuhdi
    NIM : F1051211040
    Kelas : 1-A2
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Yakin kepada hari kiamat merupakan rukun iman yang kelima dan keyakinan ini sangatlah penting sebab manusia akan bertanggung jawab atas segala perbuatannya itu kepada Allah (kelak). Tugas kita sebagai umat muslim adalah berbuat baik selama di dunia dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk menambah pahala karena kita tidak tahu kapan hari kiamat itu datang.
    Masya Allah, sungguh luar biasa kekuasaan Allah.

    Terimakasih pak atas ilmunya yang sangat bermanfaat.

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

    BalasHapus
  183. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Yuri Aniasari
    NIM : F1051211042
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I A2

    Masyaallah, terima kasih atas ilmunya yang sangat luar biasa pak.

    Dengan beriman kepada hari akhir, dapat dijadikan sebagai salah satu renungan pada diri kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini, yang dimana kita harus meyakini segenap jiwa bahwa adanya balasan untuk apa yang telah kita perbuat selama hidup di akhirat kelak. Allah SWT berfirman :

    "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur" (QS. Al Hajj Ayat 7).

    Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian dalam meniti kehidupan, harapannya agar kita dapat memperoleh kebahagiaan yang hakiki di dunia maupun akhirat, tentunya hal ini dapat digapai dengan cara menyemai benih amal perbuatan baik serta memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
    “Jika salah seorang dari kalian telah memperindah Islamnya, maka setiap kebaikan yang diamalkannya akan dicatat baginya dengan sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus lipat. Dan setiap kejelekan yang ia kerjakan akan dicatat baginya satu kejelekan semisalnya”.

    Dengan mempercayai hari kiamat akan semakin meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT agar bisa meraih surga-Nya setelah hari kiamat tersebut tiba. Hari kiamat pasti datang, namun tidak ada satu makhluk pun yang mengetahuinya. Hanya Allah Ta'ala lah yang mengetahui kapan hari tersebut akan tiba. Wallahu a’lam.

    Sekian yang dapat saya sampaikan, terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  184. Nama : muhammad abrorza alruni
    NIM : F1051211023
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1-A1

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Dengan demikian, mengimani hari akhir berarti membenarkan dengan sepenuh hati bahwa setelah kehidupan di dunia ini akan ada kehidupan lagi yang merupakan kehidupan yang sebenarnya dan bersifat abadi
    .Allah SWT berfirman:
    Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS. Al-Hajj: 7)
    Tanda-tanda hari kiamat dari Allah SWT:
    1. Tanda-tanda kiamat sughro
    Jibril bertanya kepada Rasulullah SAW kapankah hari kiamat? Beliau menjawab:
    "Yang ditanya tentang hari kiamat tidak lebih mengetahui dari yang bertanya, tetapi saya akan memberitahukanmu tentang tanda-tandanya, yaitu: jika budak wanita telah melahirkan tuannya, jika para penggembala unta berlomba-lomba dalam meininggikan bangunan". (HR Bukhari I/20 dan Muslim I/39)
    2. Keluarnya Dajjal
    3. Munculnya matahari dari barat
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  185. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Kanif Mohammad Kafi
    NIM : F1051211034
    Kelas : A2 Pendidikan Fisika
    Dengan mengimani hari akhir kita bisa dapat belajar untuk selalu berbuat baik dan belajar untuk bertanggung jawab karena jika kita tak mengimani hari berakhirnya dunia ini maka kita akan bertindak didunia ini dengan seenaknya tanpa memikirkan konsekuensi dari apa yang kita perbuat. Sejatinya seluruh apa yang kita lakukan didunia ini akan dimintai pertanggungjawaban sesuai dengan Q.S Al-Isra' ayat 36 yang berbunyi "Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya."
    Sekian dari saya kurang lebihnya mohon dimaafkan dan terlebih khusus maaf untuk pak maruf zahran akibat keterlambatan ini.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  186. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
    Nama: Harun Asyrofi
    NIM: F1071221059
    Kelas: 1-A1
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Rukun Iman yang kelima adalah keyakinan kepada hari kiamat. sebagai mukmin kita harus meyakini datangnya hari kiamat.Hanya Allah SWT lah yang mengetahui datangnya hari kiamat, setelah itu semua umat manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatannya di dunia dan akan mendapatkan balasan sesuai perbuatan nya masing-masing, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan menjadi orang yang beriman dan bertaqwa dengan mengerjakan perintah Nya dan menjauhi segala larangan-Nya

    BalasHapus
  187. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Nova Siswanti Adtya
    NIM : F1071221003
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Masya Allah tabarakallah, ilmunya sangat bermanfaat sekali pak. Dari sini saya belajar bahwa Kita harus percaya bahwa hari kiamat pasti akan terjadi. Maka sebaiknya kita memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

    BalasHapus

  188. Nama : Eli Delima
    NIM : F1071221035
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MaasyaaAllah semoga ilmu yang bapak sampaikan dapat bermanfaat bagi kami dan orang lain
    Kita wajib meyakini adanya hari kiamat, karena pada hari itu nantinya kita akan diminta pertanggungjawaban atas apa yang telah kita lakukan di dunia
    Semoga kita selalu diberikan perlindungan oleh Allah subhanu wa ta'ala
    Aamiin Allahumma Aamiin🤲

    BalasHapus
  189. Nama : Farida
    Nim: F1071221018
    Kelas: 1-A2
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masya Allah ilmunya sangat bermanfaat bagi kami. Sebagai seorang muslim kita harus meyakini bahwa hari kiamat itu ada. Karena setiap perbuatan itu ada pertanggungjawabannya.

    Terima kasih atas ilmunya pak.

    BalasHapus
  190. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Dian Risti
    NIM: F1071221054
    Kelas: IA2

    Masyaallah, terimakasih pak atas ilmunya.
    Dengan yakin adanya hari akhir( qiamat) semoga kita semua selalu taat dalam menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya karena apa yang kita perbuat atau lakukan selama hidup didunia akan dipertanggung jawabkan kelak diakhirat.

    Sekian dari saya wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  191. Nama: Desy Syafitri
    Nim: F1071221001
    Kelas : I-A1
    Prodi: Pendidikan Biiologi

    MasyaAllah..Maha besar الله dengan segala bentuk ciptaanNya. Terima kasih atas ilmunya yang selalu bermanfaat juga menjadi reminder bagi kita semua yg membacanya pak. Semogaa iman selalu istiqomah taat kepadaNya hingga meraih kesejahteraan di akhirat kelak.

    BalasHapus
  192. Nama: Fannisa Safarini
    NIM: F1071221030
    Kelas: IA2
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Alhamdulillah telah sampai pada pembahasan rukun iman ke-5 yaitu iman kepada hari kiamat. Kita harus meyakini akan datangnya hari dimana kita akan dimintai pertanggungjawaban tentang apa saja yang sudah kita lakukan semasa hidup di dunia. Maka dari itu, marilah kita berlomba-lomba menyiapkan bekal untuk menghadapi hari kiamat nanti dengan menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Terima kasih atas ilmunya, Pak.

    BalasHapus
  193. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Nama: Ade Irma Suryani
    NIM: F1071221005
    Kelas: 1A1
    Prodi: pendidikan biologi

    Massyallah, telah sampai kita pada rukun iman yg terakhir, yaitu hari kiamat. Dimana kita harus meyakini hari dimana kita akan dimintai pertanggung jawaban atas semua perbuatan yg telah kita lakukan di dunia. Oleh karena itu, janganlah kita selama hidup didunia hanya mengejar kesenangan semata tetapi melupakan hari dimana yang akan menjadi tempat kita kembali.

    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  194. Bismillahirrahmaniirahim
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama :Sri wahyuningsih
    Nim :F1071221012
    Kelas :1-A2
    Prodi :Pendidikan Biologi

    Masyaallah terima kasih atas ilmu yang bermanfaat ini pak, beriman kepada hari akhir atau kiamat merupakan rukun iman yang ke 5 dimana dengan adanya keyakinan terhadap hari kiamat ini kita harus percaya bahwa benar akan adanya hari kiamat tersebut kita sebagai umat manusia di bumi ini tugas nya adalah beriman terhadap perintah perintah Allah yaitu mendekatkan diri kepada Allah dengan selalu melaksanakan sholat,puasa,zikir membaca Alquran,dan lain sebagainya untuk bekal kita kelak pada saat hari Kiamat telah tiba,karena pada saat itu semua umat manusia akan di minta pertanggungjawaban atas perbuatan yang telah dia lakukan selama hidup di dunia baik itu perbuatan yang baik maupun buruk.

    Sekian terima kasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  195. Nama : Diana Fisa Astuti
    NIM : F1071221040
    Kelas : 1-A2
    Pendidikan Biologi

    Subhanallah,,,, terimakasih pak atas ilmu yang di berikan, semoga kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta meyakini bahwa hari kiamat itu ada. Setelah hari kiamat sesudah kehidupan manusia di bumi telah berakhir dan berganti dengan kehidupan lain. Pada saat itu kelak semua manusia dihidupkan kembali dan di panggil untuk memberikan pertanggung jawaban yang lengkap mengenai perbuatannya .
    Terima kasih.

    BalasHapus
  196. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Ummi Fatoni
    Nim: F1071221036
    Kelas: 1-A2
    Prodi:Pendidikan Biologi

    Masyaallah, terima kasih atas ilmunya pak, ilmunya sangat bermanfaat dan menambah ilmu tentang keyakinan pada hari kiamat dan pertanggungjawaban manusia di akhirat yang merupakan rukun iman kelima. Setelah membaca materi ini semoga kita dapat menerapkan dan melatih diri untuk selalu yakin pada hari kiamat dan dapat bertanggung jawab ketika hari kiamat nanti, serta dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

    Sekian, terima kasih
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  197. Nama: Amalia Putri Shalihat
    Nim: F1071221028
    Kelas: 1-A2
    Prodi:Pendidikan Biologi

    Masyaallah sungguh bermanfaat ilmu yang telah bapak berikan. Setelah membaca materi yang telah diberikan saya akan selalu mengimani rukun iman yang kelima ini yaitu iman kepada hari akhir atau hari kiamat.

    BalasHapus
  198. Nama : Nur Alfiatun Nikmah
    NIM : F1071221038
    Kelas : 1-A2
    Pendidikan Biologi

    Alhamdulillah setelah membaca blogspot ini, dapat kita ketahui bersama bahwa yakin pada hari kiamat merupakan rukun iman kelima. Hari di mana mempertanggungjawabkan perbuatannya dan menantikan keputusan dari Allah semata-mata.

    Terima kasih pak atas ilmunya.

    BalasHapus
  199. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Dea Amanda
    Nim: F1071221010
    Kelas: 1-A2
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masyaallah, terima kasih atas ilmunya ya pak, ilmun yang bapak berikan sangat bermanfaat dan memperluas ilmu kita mengenai rukum iman yang ke 5 yaitu iman atau keyakinan pada hari kiamat. Sebagai mana pertanggungjawaban manusia di akhirat dalam kehidupan nantinya yang akan berakhir. Setelah membaca dan memahami materi rukum iman ke 5 ini, semoga kita dapat meningkatkan keimanan akan hari akhir yang mana kita dapat menerapkannya dalam bentuk kehidupan dengan memperdalam ilmu, melakukan peritah Allah dan menjauhai larangannya serta bertaubat atas kesalahan semasa yang lalu.
    Sekian, terima kasih
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN