KEYAKINAN PADA PARA MALAIKAT

Oleh : Ustadz H. Ma'ruf Zahran, S.Ag, M.Ag   

    Malaikat adalah makhluk gaib, tidak dapat ditsngkap oleh pancaindera manusia. Akan tetapi, dengan izin Allah, malaikat dapat menjelmakan dirinya seperti manusia, seperti malaikat Jibril menjadi manusia di hadapan Maryam, ibu Isa almasih (Q.s Maryam (19): 16-17), misalnya. Mereka diciptakan Tuhan dari cahaya dengan sifat atau pembawaan antara lain (1) selalu taat dan patuh kepada Allah, (2) senantiasa membenarkan dan melaksanakan perintah Allah. Para malaikat mempunyai tugas tertentu (a) di alam gaib, dan (b) di alam dunia. Tugas malaikat di (b) alam dunia antara lain (1) menyampaikan wahyu Allah kepada manusia melalui para Rasul-Nya, (2) mengukuhkan hati orang-orang yang beriman, (3) memberi pertolongan kepada manusia, (4) membantu perkembangan rohani manusia, (5) mendorong manusia untuk berbuat baik, (6) mencatat perbuatan manusia, dan (7) melaksanakan hukuman Allah.

    Dari uraian tugas para malaikat tersebut di atas jelas bahwa tugas-tugas itu berhubungan langsung dengan penumbuhan dan pengembangan rohani manusia. Itulah salah satu sebabnya mengapa manusia wajib meyakini adanya makhluk yang bertugas untuk menumbuhkan dan mengembangkan rohaninya. Kewajiban untuk percaya kepada malaikat dinyatakan dengan tegas oleh Allah dalam firman-Nya di dalam al-Qur'an surat al-Baqarah (2) ayat 177, ..." sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat..."

    Beriman kepada para malaikat mempunyai konsekuensi terhadap seorang muslim. konsekuensinya,, seorang muslim harus meyakini adanya kehidupaan rohani yang harus dikembangkan sesuai dengan dorongan para malaikat itu.

    Selain para malaikat ada makhluk gaib lain ciptaan Tuhan. yang dimaksud adalah setan. Setan diciptakan dari api. Berbeda dengan malaikat yang mendorong manusia berbuat baik, kerja setan adalah menyesatkan manusia. Kalau ada gerak di hati seseorang untuk berbuat jahat, itu tandanya manusia tersebut mendapat bisikan setan. Jika ia ingin berbuat baik, itu indikasi bahwa malaikat berhasil menyampaikan bisikannnya pada manusia yang bersangkutan. 

    Gerak hati untuk melakukan perbuatan jahat atau gerak hati untuk berbuat baik di dalam diri seseorang ditimbang oleh akalnya. Allah yang akan akan memberi keputusan. Keputusan akal menimbulkan kehendak (will) pada diri manusia yang bersangkutan. Kehendak itu bebas (will itu free) memilih mana yang akan dilakukan.     

       Malaikat tidak mungkin diteliti oleh ilmu pengetahuan karena ia berada dalam  alam gaib hakiki atau alam gaib mutlak. Pengetahuan manusia (biasa) mengenai alam gaib mutlak itu terbatas dan bersifat spekulatif pula. Hanya Allah dan Rasul-Nya yang mampu memberikan pengetahuan yang pasti dan benar tentang itu. Melalui sunnah Nabi-Nya kita mendapat keterangan tambahan tentang tugas para malaikat. Di antaranya ada yang mencabut nyama (izrail), menjaga neraka (Malik), mengawal sorga (Ridwan), menanyai orang mati tentang imannya (Munkar dan Nakir), nmencatat segala perbuatan manusia (Raqib dan 'Atid), Ada pula malaikat (Israfil) yang meniupkan nafiri sangkakala untuk membangkitkan manusia di hari perhitungan kelak (Kenneth W. Morgan, 1980:459). Tentang para malaikat hanya sedikit pengetahuan manusia. Itupun dalam garis-garis besarnya saja. Kita menerima kebenaran tentang adanya malaikat dan tugas-tugasnya itu melalui akal kita yakni akal sebagai kurnia Ilahi yang mengikat manusia pada Allah.

    Allah menyampaikan wahyu-Nya kepada manusia melalui Jibril. Wahyu itu terhimpun dalam kitab-kitab suci.

Rujukan
Buku            : Pendidikan Agama Islam
Penulis        : Prof. H. Mohammad Daud Ali, S.H

Komentar

  1. Assalamualaikum wr,wb subhanallah begitu agung nya allah yang telah menciptakan sesuatu di dunia ini
    Dan begitu dahsyat bisikan setan yang bisa menyesatkan manusia hingga membawa manusia yang tidak mempunyai iman ke dlam perbuatan keji,semoga kita tidak terpengaruh dalam bisikkan setan semoga mempunyai iman yang tinggi
    Dan semoga kita tetap nerima kepada malaikat malaikat allah swt,aamiin ya robbal alamin

    BalasHapus
  2. Nama:istiqomah
    Nim:F1051201041
    Assalamualaikum wr wb,subhanallah begitu agung nya sesuatu yang telah allah ciptakan
    Dan begitu dahsyat bisikan setan untuk menggoda manusia dan membawa manusia ke dalam perbuatan keji,semoga kita tetap beriman kepada malaikat malaikat allah serta mempunyai iman yang tinggi sehingga tidak dapat terpengaruh oleh bisikkan setan,aamiin ya robbel alamin

    BalasHapus
  3. Nama : Sulastri
    Prodi: pendidikan fisika
    Subhanallah begitu agungnya Allah menciptakan manusia dan begitu dahsyat nya bisikkan setan sehingga kita tergoda dalam perbuatan maksiat dan keji
    Semonga kita selalu di berikan "jalan yg lurus yaitu jln orng" yg engkau berikn nikmat bukan jln mereka yg sesat" dn semonga kita mendapatkan iman yang kuat sehingga kita tidk terpengaruh terhadap godaan setan .

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Ari fatul fadila
      Nim : F1051201043
      Subhanallah begitu besar nya ciptaan Allah sehingga bisa menciptakan malaikat dan manusia juga setan yang slalu ingin menggoda manusia untuk perbuatan maksiat dan keji semoga iman kita slalu kokoh dan tetap dilindungi Allah dan juga maikat² Allah aamiin ya rabbal Alamin.

      Hapus
  5. Nama: Linda Rahmawati
    NIM: F1071201047
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masya Allah, terimakasih ilmunya pak.. sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan saya..

    BalasHapus
  6. Nama:Desti Priandiani
    Nim : F1071201052
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Subhanallah , begitu agungnya Allah yang telah menciptakan mahkluk yang sangat hebat . Malaikat dengan tugas hebat nya menumbuhkan dan mengembangkan rohani kita dan begitu dahsyatnya bisikan setan untuk menggoda manusia . Semoga saja kita bisa kuat dan dijauhkan dari godaaan syetan yg terkutuk , Amien .

    BalasHapus
  7. Nama : Al Husairi
    NIM : F1051201006
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1A 1

    Masya Allah, Malaikan merupakan Ciptaan Allah yang diciptakan dari cahaya dan selalu taat dan patuh kepada Allah SWT. Para malaikat tidak pernah durhaka kepada Allah dan selalu menjalankan apa yang telah Allah tugas kan kepada nya. Marilah kita sebagai manusia harus senantiasa yakin dengan ciptaan Allah tersebut karena kehidupan yang kita jalani tidak terlepas dari peran para malaikat.

    BalasHapus
  8. Bismillah,
    Nama : Veren Pramestya Anantasa
    NIM : F1051201029
    Prodi : Pendidikan Fisika

    MaasyaaAllah, sungguh sempurna ciptaan Allah.
    Para malaikat yang diciptakan dari cahaya begitu mulia sifatnya, mereka juga yang membisikkan manusia untuk berbuat kebaikan.
    Semoga kita senantiasa melakukan kebaikan untuk kehidupan di akhirat nanti.
    Aamiin allahumma aamiin.

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Rizki Amalia
    Nim : f1051201036
    Artikel ini sangat menambah wawasan dan pengetahuan ilmu agama saya. Kita sebagai ummat muslim harus percaya dengan adanya malaikat.. sesuai dengan rukun iman yang ke-2 yaitu percaya kepada malaikat.. dengan beriman kepada malaikat dapat menggerakan hati kita untuk melakukan perbuatan baik atau gerak hati untuk berbuat di dalam diri seseorang ditimbang oleh akalnya. Dan Allah yang memberi keputusan. Keputusan akal menimbulkan kehendak pada diri manusia..semoga kita adalah orang orang yang selalu beriman. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  10. Nama : Alan
    Nim : F1051201017
    Prodi : Pen. Fisika

    Masyaallah, luar biasa Allah dalam menciptakan setiap makhluknya. Terutama Malaikat yg selalu taat akan perintahnya.Tugas kita sebagai manusia harus mengimani bahwa malaikat itu benar benar ada agar kita senantiasa selalu dalam jalan kebaikan

    BalasHapus
  11. Nama : Qadrin jeniria
    Nim : F1051201021
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Subhanallah, sangat bermanfaat sekali ilmunya. Saya menjadi lebih tau akan tugas malaikat dan bisikan setan ke jalan yang buruk.

    Semoga kita selalu berada di jalan yang benar, tidak tersesatkan oleh bisikan setan. Aamiinn

    BalasHapus
  12. Bismillahirrahmaanirrahiim

    sebagai seorang muslim meyakini adanya malaikat adalah salah satu rukun iman. Maka untuk mengaplikasikan keimanan itu kita harus selalu meyakini bahwa Allah menciptakan malaikat untuk melaksanakan semua perintah Allh, dan selalu taat kepad Allah.

    BalasHapus
  13. Nama: Nada Liah
    Nim : F1051201009
    Subhanallah, maha agung Allah swt, yang mencipta alam semesta beserta isi nya, dan semoga kita selalu berada di jalan Allah, selalu meningkatkan ketakwaan dan tidak mudah terpengaruh dengan bisikan setan yang membuat kita sesat.

    BalasHapus
  14. MasyaAllah
    Begitu baik Allah. Memberi kan kita bodyguard berupa malaikat. Dia yang akan selalu ada mengawasi tingkah lalu kita tapi kadang walaupun sudah ada CCTV Allah kadang kita masih suka lalai dalam beribadah, melaksanakan tanggungjawab sebagai muslim dan sebagai hammbanya yang diturunkan kebumi untuk berbuat baik.
    Mari berbuat baik. Mari melakukan kebaikan. Agar di akhirat kelak kita mendapatkan syafaat nya

    BalasHapus
  15. Nama: Filza Asqurini
    Nim: F1071201046
    Prodi: pendidikan biologi
    Kelas: 1A2

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu

    Salah satu rukun iman yang wajib diimani oleh setiap mukmin adalah beriman kepada malaikat-malaikat Allah.Malaikat diciptakan Allah dengan jumlah yang banyak dan memiliki tugas yang berbeda-beda.Allah Swt. menciptakan malaikat sebagai makhluk gaib yang diutus untuk
    melaksakan segala perintah-Nya. Orang yang mengimaninya akan senantiasa
    menggunakan seluruh anggota badannya untuk berhati-hati dari dalam
    berkata-kata dan berbuat. Allah SWT menciptakan para malaikat untuk mengerjakan tugas yang sudah di berikan Allah SWT. Tanpa melanggar,menentang apa yg di berikan oleh Allah SWT. Kita sebagai manusia wajib meyakini adanya malaikat.

    BalasHapus
  16. Nama : Dayang AyuWandira
    NIM : F1051201015
    Prodi : Pendidkan Fisika

    MashaAllah, terimakasih atas ilmunya pak. Dari materi yg bpk berikan saya lebih sadar dan berhati-hati dalam perbuatan karena semua yg kita lakukan (baik dan buruk) akan di catat oleh malaikat raqib dan atid.

    Begitu agungnya Allah telah menciptakan malaikat yang dapat menggerakkan, menumbuhkan dan mengembangkan kerohanian kita sehingga kit bisa menuju arah kebaikan dan begitu pun Allah menciptakan setan yang begitu dahsyat bisikannya sehingga kita dapat melakukan perbuatan buruk/keji
    Semoga kita bisa termasuk orang-orang yang berada di jalan lurus/kebaikan dan dapat terhindar dari godaan setan

    BalasHapus
  17. Nama : Rini Munawirah
    Nim : F1051201022
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Assalamualaikum waramatullahi wabarakatuh
    Subhanallah begitu sempurna ALLAH SWT menciptakan segala sesuatu, terutama menciptakan malaikat yang begitu penting tugasnya membawa manusia berbuat baik, itulah sebabnya kita harus mengimani malaikat ALLAH, semoga kita selalu dalam lindungan Allah dan selalu berbuat baik kepada sesama manusia, aamiin.

    Wassalamu'alaikum waramatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  18. Nama : Sapna Yulianti
    Nim : F1051201033
    Prodi : Pendidikan fisika

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Subhanllah ciptaan Allah, kita sebagai manusia sudah semestinya beriman kepada malaikat dan percaya bahwa malaikat itu ada

    BalasHapus
  19. Nama : Detya Anfaal Saputri
    NIM : F1051201031
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Subhanallah, sungguh besar kekuasaan Allah, Allah menciptakan malaikat agar semua perbuatan kita selalu terjaga. Oleh karenanya kita diwajibkan untuk beriman kepada malaikat Allah, sebagaimana yang tercantum dalam rukun iman Allah. Semoga kita semua selalu ingat akan Allah, dan juga malaikat yang selalu mengawasi setiap perbuatan kita. Dan semoga kita semua selalu di lindungi dari semua godaan-godaan setan yang terkutuk.

    BalasHapus
  20. Nama : Putri Chairunisa (Pendidikan Fisika)
    Masya Allah bermanfaat sekali blog bapak mengingatkan kita untuk selalu taat dan patuh kepada Allah SWT. semoga kita dijauhkan dari godaan dan bisikan bisikan setan, aamiin

    BalasHapus
  21. Nama : Azijah
    NIM : F1071201042
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masya Allah. Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang tidak pernah ingkar dan selalu menjalankan perintah Allah. Kita sebagai seorang muslim harus mengimani bahwa malaikat itu memang benar ada walau tidak bisa dijangkau oleh mata kita. Sesuatu yang gaib yang Allah Yang Maha Mengetahui

    BalasHapus
  22. Nama : Siti Nurhasanah
    NIM :F1071201039
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu
    Subhanallah maha suci Allah yang telah menciptakan mahluknya yang sungguh luar biasa.
    meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa.
    Iman kepada malaikat ini termasuk dalam rukun iman yang ke-2.

    BalasHapus
  23. Nama : Azfa Fadhilah
    NIM : F1071201044
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Subhanallah, Allah menciptakan malaikat agar semua perbuatan kita selalu terjaga. Oleh karenanya kita diwajibkan untuk beriman kepada malaikat Allah.
    Sungguh bermanfaat sekali ilmu yang bapak berikan, terimakasih pak🙏

    BalasHapus
  24. Nama: Inne Aqmarina Filza
    NIM : F1071201031
    Prodi : Pendidikan biologi

    Masya Allah, begitu agungnya Allah menciptakan sesuatu di dunia ini. Malaikat dengan tugas menumbuhkan dan mengembangkan rohani manusia dan begitu dahsyatnya bisikan setan untuk menggoda manusia. Semoga kita bisa kuat dan dijauhkan dari godaan setan yang terkutuk, Amin.

    BalasHapus
  25. Nama: Najla Noviyani
    NIM: F1071201034
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masya Allah, terimakasih pak ilmunya. Dengan membaca ini sudah pasti saya mendapatkan ilmu yg baru

    BalasHapus
  26. Nama : Nur Afifah Fitriana
    NIM : F1071201040
    Prodi : Pendidikan Biologi [I-A2]

    Subhanallah Allah telah menciptakan malaikat dari nur(cahaya) dimana makhluk Allah yang paling taat adalah malaikat yang tidak memiliki hawa nafsu. Wajib bagi kita untuk mempercayai/mengimani malaikat-malaikat dan tugas-tugasnya, seluruh perbuatan yang kita kerjakan pun dalam pengawasan malaikat yang mencatat amal baik dan buruk kita. Semoga dengan ini kita dapat mengamalkan ilmu yang kita dapat mengenai kepercayaan kepada malaikat-malaikat Allah dalam kehidupan sehari-hari.
    Terimakasih
    Jazakallah khair🙏🏻

    BalasHapus
  27. Nama: Najla Noviyani
    NIM: F1071201034
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masya Allah, terimakasih pak ilmunya. Dengan membaca ini sudah pasti saya mendapatkan ilmu yg baru

    BalasHapus
  28. Maha esa Allah Tuhan yang menciptakan segalanya,hanya kepadanya lah kita bersembah dan berserah diri,betapa maha adil nya Allah yang menciptakan segalanya dengan sempurna,saling menyeimbangkan

    BalasHapus
  29. Nama:Muhammad Irfan
    Nim : F1051201027
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Subhanallah , begitu agungnya Allah yang telah menciptakan mahkluk yang sangat hebat . Malaikat dengan tugas hebat nya menumbuhkan dan mengembangkan rohani kita dan begitu dahsyatnya bisikan setan untuk menggoda manusia. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Semoga saja kita bisa kuat dan dijauhkan dari godaaan syetan yg terkutuk , Amien .

    BalasHapus
  30. Nama : Fadhelia Maudy
    NIM : F1071201032
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Subhanallah, malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang memiliki sifat taat dan patuh dalam melaksanakan perintah Allah. Sedangkan setan adalah makhluk ciptaan Allah yang selalu mendorong manusia untuk berbuat kejahatan. Itu lah mengapa sebagai makhluk ciptaan Allah kita harus mengimani akan adanya malaikat agar selalu taat dan patuh. Serta, selalu menbentengi diri dari pengaruh setan yang selalu mendorong kita pada kejahatan.

    BalasHapus
  31. Nama : Fadhelia Maudy
    NIM : F1071201032
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Subhanallah, malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang memiliki sifat taat dan patuh dalam melaksanakan perintah Allah. Sedangkan setan adalah makhluk ciptaan Allah yang selalu mendorong manusia untuk berbuat kejahatan. Itu lah mengapa sebagai makhluk ciptaan Allah kita harus mengimani akan adanya malaikat agar selalu taat dan patuh. Serta, selalu menbentengi diri dari pengaruh setan yang selalu mendorong kita pada kejahatan.

    BalasHapus
  32. Nama : Rizky Rahmadani
    NIM :F1051201018
    Prodi : Pendidikan Fisika

    MasyaAllah, sungguh Allah menciptakan malaikat dari cahaya(Nur) untuk selalu taat kepada Allah SWT .Kita wajib mengimani malaikat-malaikat ,karena malaikat diberi tugas oleh Allah sesuai dengan perintah-Nya. termasuk yang mencatat amal baik dan buruk ,itu semua dalam pantauan nya karena perintah Allah SWT. Malaikat yang bertugas menurunkan hujan, memberi rezeki, tidak hanya itu masih banyak lagi. Semoga kita selalu diberikan rahmad-Nya dan perlindungan diakhirat nanti, aamiin

    BalasHapus
  33. Nama: Ardha Ardianti
    NIM: F1051201030
    Prodi: Pendidikan Fisika

    Masya Allah sungguh besar penciptaan Allah terhadap mahluknya. Malaikat diciptakan untuk selalu menjalankan perintah Allah dan tidak pernah ingkar kepada Allah. Oleh karna nya kita sebagai umat manusia harus ikut/mencontoh pada malaikat untuk selalu menjalankan perintah dari Allah dan tidak pernah ingkar. Dan semoga kita selalu diberikan keselamatan dan kesehatan untuk bisa selalu menjalankan perintah Allah dengan baik. Aamiin

    BalasHapus
  34. Nama : Chindy Aurellia Novithania
    Prodi : Pend. Fisika
    MashaAllah, terimakasih atas ilmunya pak. Dari materi yang bapak berikan, saya lebih sadar dan berhati-hati dalam perbuatan karena semua yg kita lakukan (baik dan buruk) akan di catat oleh malaikat raqib dan atid.

    Begitu agungnya Allah telah menciptakan malaikat yang dapat menggerakkan, menumbuhkan dan mengembangkan kerohanian kita sehingga kita bisa menuju arah kebaikan dan begitu pun Allah menciptakan setan yang begitu dahsyat bisikannya sehingga kita dapat melakukan perbuatan buruk/keji
    Semoga kita bisa termasuk orang-orang yang berada di jalan lurus/kebaikan dan dapat terhindar dari godaan setan aamiin.

    BalasHapus
  35. Nama: ARDI
    NIM : F1051201028
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan dari nur (cahaya) dan secara khusus untuk menjalankan semua perintah-Nya tanpa dapat bermaksiat kepada-Nya. Di antara mereka berperan sebagai utusan-utusan Allah (rusul) untuk tugas-tugas tertentu.

    Sebagai salah satu rukun iman, seorang yang mengaku dirinya Muslim harus meyakini dan beriman kepada malaikat yang diciptakan Allah SWT. “Rasul telah beriman kepada Alquran yang diturunkan kepadanya dari Tuhan-Nya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan), ‘Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya’ dan mereka mengatakan, ‘Kami dengar dan kami taat.’ (Mereka berdoa) ‘Ampunilah kami, ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.” (QS al-Baqarah [2]: 285).

    Terima kasih atas ilmunya pak semoga kita senantiasa beriman kepada malaikat ciptaan Allah

    BalasHapus
  36. Nama : Khairunnisa Afiqah
    NIM : F1051201003
    Prodi : pendidikan Fisika

    Iman kepada para malaikat merupakan rukun iman yang kedua. Mempercayai serta meyakini adanya malaikat. Semoga kita dapat meyakini para malaikat, sehingga kita dapat patuh dan taat kepada Allah Subhana wa taala. Dengan keyakinan pada para malaikat, bahasanya kita akan ingat bahwa Allah selalu melihat kita dan segala tindakan yang kita lakukan baik atau buruk. Hal itu dicatat oleh malaikat.

    BalasHapus
  37. Nama= Muflih Yogo Walangga
    Nim = F1051201014
    Prodi = Pendidikan Fisika

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua ya alhamdulillah setelah melihat atau membaca dari artikel yang Bapak berikan kita dapat mengetahui bahwa ada makhluk hidup yang ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang paling taat kepadanya yaitu adalah malaikat ya Dikarenakan malaikat tidak mempunyai hawa nafsu dan tidak mempunyai jenis kelamin dan dia fokus untuk beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan kita harus mengimani para malaikat tersebut seperti yang Bapak katakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan kita rezeki dan hikmah-hikmah lain dan hidayah Hidayah lain itu melalui malaikat jadi kita harus percaya adanya malaikat tersebut dan kita ingat bahwa malaikat adalah makhluk Allah yang paling taat. Sekian dari saya wabillahi Taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  38. Nama : Putri Shaumi Ramadhaniah
    NIM : F1071201036
    Subhanallah, terimakasih atas ilmunya pak. Saya menjadi tau tugas-tugas malaikat, kita sebagai manusia harus beriman kepada para malaikat.
    Semoga kita selalu berada di jalan yang benar, tidak tersesatkan oleh bisikan setan. Aamiin....

    BalasHapus
  39. Nama : Abdul Aziz
    NIM : F1051201048

    Masyaa Allah, allah telah menciptkan manusia, jin, dan malaikat yang tugasnya untuk beribadah kepada sang pencipta yaitu Allah, akan tetapi manusia juga diciptakan oleh allah berupa akal dan pikiran serta iblis yang diciptakan untuk mengganggu manusia, terima kasih pak ilmunya

    BalasHapus
  40. Nama : jihan shakina nilanti
    NIM : F1071201057

    MashaAllah, terimakasih atas ilmunya pak. Dari materi yg bpk berikan saya lebih sadar dan berhati-hati dalam perbuatan karena semua yg kita lakukan (baik dan buruk) akan di catat oleh malaikat raqib dan atid.

    BalasHapus
  41. Nama : Muhammad Fadhel Ishak
    NIM : F1051201001
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Alhamdulillah, materi dari bapak hari ini sangat bermanfaat dan menyejukkan hati. Pembahasan mengenai iman kepada malaikat serta sifat dan tugas para malaikat Allah membuat hati saya sangat tenang. Malaikat merupakan makhluk Allah yg paling taat dan setia, dikarenakan mereka tidak diberi nafsu seperti manusia. Setiap hari mereka hanya beribadah dan menjalankan perintah Allah. Kita sebagai manusia juga bisa mencontoh sifat malaikat yang taat dan berbakti kepada Allah. Sehingga disaat kita akan berjumpa sang malaikat maut, kita sudah siap dalam menjalani kehidupan selanjutnya.

    BalasHapus
  42. Bismillah
    Nama : Siti Rahma Yunita
    NIM : F1051201011
    Prodi : Pendidikan Fisika

    MasyaAllah betapa agungnya ciptaan Allah. Semua makhluk yang diciptakan Allah semuanya memiliki manfaat. Dengan membaca blog ini saya jadi mengerti mengapa dalam rukun iman beriman kepada malaikat manjadi urutan yang kedua. Semoga kita selalu beriman kepada ke-6 rukun iman aamiin

    BalasHapus
  43. Nama: khairin herawati
    Nim:F1051201042

    Masyaallah pak makasih pak ilmunya semoga menjadi berkah bagi siapa saja yang membaca amin

    BalasHapus
  44. Nama : Erni Sulistiyowati
    NIM : F1071201049
    Prodi : pendidikan biologi
    Kelas : I-A2
    MasyaAllah, Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya. Allah sengaja menciptakan setan dan malaikat agar manusia menggunakan akalnya. Dia menguji manusia dengan adanya bisikan setan agar mereka bisa berpikir untuk mengikuti bisikan malaikat yang menyuruh berbuat kebajikan atau menuruti bisikan setan yang menagajak berbuat kerusakan. Terimakasih pak ilmunya. semoga kita semua dalam lindungan Allah Swt.

    BalasHapus
  45. Nama: Nur Ulviani
    NIM: F1051201032
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Subhanallah, Begitu agungnya Allah telah menciptakan malaikat yang dapat menggerakkan, menumbuhkan dan mengembangkan kerohanian kita sehingga kita bisa menuju arah kebaikan dan begitu pun Allah menciptakan setan yang begitu dahsyat bisikannya sehingga kita dapat melakukan perbuatan buruk/keji.

    Semoga setelah membaca materi ini, kita bisa lebih sadar dan berhati-hati dalam perbuatan karena semua yg kita lakukan (baik dan buruk) akan di catat oleh malaikat dan di lihat oleh Allah.

    BalasHapus
  46. Nama : Diena Khairunnisa
    NIM : F1051201019
    Prodi : Pendidikan Fisika

    MasyaaAllah, sunguh mulia Allah menciptakan malaikat dari cahaya dan selalu taat kepada-Nya. Semoga kita terhindar dari bisikan setan yang membawa kita pada keburukan dan kemungkaran

    BalasHapus
  47. Vitra Arya_F1051201013

    Salah satu rukun iman yang wajib diimani oleh setiap mukmin adalah beriman kepada malaikat-malaikat Allah. Hal ini sebagaimana diterangkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadist Jibril, ketika malaikat Jibril ditanya tentang iman, kemudian dijawab oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallaam, “ Engkau beriman kepada Allah, para malaikat-Nya. Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan terhadap takdir yang baik dan yang buruk.” (H.R. Muslim). Hal ini berarti tidak sah keimanan seseorang sehingga dia beriman dengan benar terhadap malaikat-malaikat Allah.

    BalasHapus
  48. Nama : Laras Prameswari
    NIM : F1051201037
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu
    Beriman kepada malaikat dengan meyakini bahwa Allah menciptakan makhluk ghaib yang bertugas mengembangkan rohani manusia. Keyakinan ini merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim untuk meningkatkan keimanan dan percaya bahwa Allah MahaPencipta. Materi ini selalu kita jumpai dan pelajari di semua jenjang pendidikan dan dimanapun. Mengapa? Karena kita tidak boleh lupa ataupun melalaikan keyakinan ini, agar kita selalu mengingat dan menjaga perilaku akhlak selama kita hidup dan mengkokohkan hati kita untuk selalu di jalan Allah. Karena apa yang kita lakukan di dunia pasti akan dipertanyakan dan dipertanggungjawabkan.
    Wassalamu'alaukum warahmatullahi wabarakatu

    BalasHapus
  49. Nama : Rita Lisnawati
    NIM : F1071201045
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Subhanallah, sungguh Allah SWT. Menciptakan malaikat dengan cahaya. .
    Semoga kita semua senantiasa mendapat bisikan kebaikan dari malaikat agar selalu berbuat kebaikan di dunia dan selamat di akhirat kelak. Aamiin
    Terimakasih banyak atas ilmu nya, Pak
    Semoga menjadi amal ibadah dan berguna untuk kami semua

    BalasHapus
  50. Nama:Nuruliza Nabila
    Nim:1071201050
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Masya allah, terimaksih atas ilmu yang bermanfaat ini pak, semoga kita selalu dapat menjadi makhluk allah yang lebih baik dari sebelumnya

    BalasHapus
  51. Bismillah
    Nama: Dea Fitri Natasya
    Nim: F1071201033
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masya Allah, sungguh dahsyat ciptaan Allah, semoga kita semua selalu dilindungi dari godaan setan dan selalu meyakini Allah dan malaikaf di dalam hati kita.

    Jazakallahu Khairan🙏🙏

    BalasHapus
  52. Nama: Hairun Nisa
    Nim: F1071201045
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masyaallah tabarakallah, semoga kita selalu dalam keimanan, terimakasih banyak atas ilmunya pak.

    BalasHapus
  53. Nama: Hairun Nisa
    Nim: F1071201045
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masyaallah tabarakallah, semoga kita selalu dalam keimanan, terimakasih banyak atas ilmunya pak.

    BalasHapus
  54. Nama : Ragilia An'nur Fadilah
    Nim : F1051201026
    Prodi : pendidikan fisika

    MashaAllah, Alhamdulillah terimakasih atas ilmunya pak. Dari materi yg bpk berikan saya lebih sadar dan berhati-hati dalam perbuatan karena semua yg kita lakukan (baik dan buruk) akan di catat oleh malaikat raqib dan atid.

    BalasHapus
  55. Nama : Agus kurniasi
    Nim : F1071201038
    Prodi : Pendidikan biologi

    Maa sya allah Dari uraian tugas para malaikat tersebut di atas jelas bahwa tugas-tugas itu berhubungan langsung dengan penumbuhan dan pengembangan rohani manusia. Itulah salah satu sebabnya mengapa manusia wajib meyakini adanya makhluk yang bertugas untuk menumbuhkan dan mengembangkan rohaninya. Kewajiban untuk percaya kepada malaikat dinyatakan dengan tegas oleh Allah dalam firman-Nya di dalam al-Qur'an surat al-Baqarah (2) ayat 177. sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat.
    Jadi kita sebagai manusia makhluk ciptaan Allah SWT wajib menjalankan tugas yang di berikan Allah, yaitu beriman, beribadah, menjalankan apa yang di perintahkan dan menjauhi larangannya. Sungguh apa yang di larang Allah itu adalah hal yang tidak baik bagi manusia itu sendiri, tapi banyak manusia yang melanggar larangan larangan Allah dengan asutan setan, karena setan akan selalu mengganggu manusia,menghasut manusia semakin manusia melanggar larangan Allah maka semakin bahagia lah para setan. Maka dari itu perbanyaklah ibadah kepada Allah, melakukan kebaikkan dan lainnya.
    Semoga materi ini bisa menjadi gambaran manusia tentang kehidupan ini dan menjadi manusia yang lebih baik dari pada sebelumnya.

    BalasHapus
  56. Nama :nufitasari
    nim: F1071201048
    Prodi : pendidikan biologi

    Subhanallah,begitu besar pengaruh bisikan setan yang dapat menyesatkan kita, semoga kita terhindar dari perbuatan tercela( amin )
    terimakasih pak atas ilmunya

    BalasHapus
  57. Nama : Citra Ardini
    NIM : F1071201058
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Masya Allah sungguh sempurna ciptaan Allah. Malaikat yang diciptakan oleh Allah sangatlah mulia tugasnya, salah satunya membisikkan manusia agar selalu berada di jalan yang benar. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus percaya kepada malaikat sesuai rukun iman yang ke-2. Semoga kita selalu berada di jalan yang benar dan tidak di sesatkan oleh bisikan setan. Terima Kasih atas ilmu yang telah bapak berikan.

    BalasHapus
  58. Nama : Muflih Yogo Walangga
    NIM : F1051201014
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I-A1

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua Alhamdulillah setelah membaca di blog Bapak saya mendapatkan pengetahuan gimana disini ada materi tentang malaikat dan makhluk yang diciptakan Allah lain yaitu setan dari sini saya dapat lihat bahwa malaikat adalah makhluk yang paling patuh kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Malaikat tersebut merupakan makhluk Allah yang terbuat dari cahaya dan untuk sedangkan makhluk lain yang diciptakan Allah yaitu setan-setan ataupun jin itu terbuat dari api dahulu jin dan setan itu taat kepada Allah Tetapi setelah Nabi Adam diciptakan mereka tidak mau sujud kepada manusia karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyuruh untuk sujud kepada manusia tetapi dia tidak mau dikarenakan dia menganggap lebih hebat dikarenakan dia terbuat dari api dan itu yang dapat saya sampaikan sekian Billahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  59. Bismillah,
    Nama : Nala Ranelia Putri
    NIM : F1071201043
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Tabarakallah ilmunya, pak

    BalasHapus
  60. Nama : Mas Akhbar Faturrahman
    NIM : F1071201053
    Kelas : I-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Terima kasih atas ilmunya yang bermanfaat, pak.

    BalasHapus
  61. Nama : Nuruliza Nabila
    NIM :F1071201050
    Kelas : I-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masya allah terimakasih atas ilmunya pak, semoga kita senantiasa mengingat adanya malaikat yang mendampingi kita sehingga dapat menjauh dari hal-hal yang di larang

    BalasHapus
  62. Nama : Wiwin Saraswati
    NIM : F1071201055
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    MasyaAllah,,,, semiga kita selaly meyakini adanya malaikat. Di jelaskan bahwa malaikat menyampaikan wahyunya untuk umat manusia, banyak sekali pengaruh malaikat untuk menjadikan manusia lebih baik lagi. Jadi kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT wajib menjalankan tugas yang di berikan Allah, yaitu beriman, beribadah, menjalankan apa yang di perintahkan dan menjauhi larangannya. Sungguh apa yang di larang Allah itu adalah hal yang tidak baik bagi manusia itu sendiri, tapi banyak manusia yang melanggar larangan Allah dengan asutan setan, karena setan akan selalu mengganggu manusia,menghasut manusia, semakin manusia melanggar larangan Allah maka semakin bahagia lah para setan. Semoga kita di jauhkan dari hal-hal yang buruk, dan selalu dalam jalan yang benar.

    BalasHapus
  63. Nama : Sarah Gunarti
    Nim : F1071201001
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masya Allah terima kasih atas ilmu yang bapak berikan, sangat bermanfaat pak

    BalasHapus
  64. Bismillah
    Assalamualaikum
    Nama : Manda Melinda
    NIM : F1071201009
    prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Fakultas : Keguruan dan ilmu pendidikan

    Dari materi yang bapk paparkan dapat saya simpulkan bahwa Sebagai umat manusia kita wajib meyakini adanya makhluk yang bertugas untuk menumbuhkan dan mengembangkan rohaninya. Kewajiban untuk percaya kepada malaikat dinyatakan dengan tegas oleh Allah dalam firman-Nya di dalam al-Qur'an surat al-Baqarah (2) ayat 177. Dengan segala tugasnya yang mulia semakin menambah keimanan bahwasanya malaikat di ciptakan untuk patuh terhadap Allah.

    BalasHapus
  65. Nama : Fitria Salwa Nadia
    NIM : F1071201023
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Iman kepada Malaikat, merupakan Rukun Iman yang ke-6, setiap muslim wajib percaya. Keberadaan malaikat tidak dapat dijangkau oleh Manusia, karena Malaikat hidup di alam gaib, tidak seperti manusia yang pembangkang, Malaikat selalu mematuhi perintah Allah SWT. Malaikat selalu melaksanakan tugas yang diperintahkan Allah SWT. Sesungguhnya jika terbesit hal baik yang ingin dilakukan manusia, itu merupakan bisikan dari Malaikat, dan sebaliknya, jika manusia terbesit hatinya untuk melakukan kejahatan, sesungguhnya itu bisikan setan. Naudzubillah. Kita harus senantiasa taat beribadah, selalu mengingat Allah SWT. agar tidak terjerumus ke jurang kesalahan yang diadakan oleh setan-setan.

    Sekian dan terima kasih , semoga Bapak selalu dalam lindungan Allah SWT.
    Aamiinn Ya Rabbal Alamiin

    BalasHapus
  66. Nama : Tiara Marantika Natalia
    Nim : F1071201027
    Prodi : pendidikan Biologi

    Masya Allah, terimakasih ilmunya pak,sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan saya

    BalasHapus

  67. Assalamualikum wr wb
    Nama : putri sekarayu
    Nim : F1071201006

    Dari materi bapak diatas..saya dapat menyimpulkan bahwa,kita harus percaya dengan adanya malaikat. Di jelaskan bahwa malaikat menyampaikan wahyunya untuk umat manusia, banyak sekali pengaruh malaikat untuk menjadikan manusia lebih baik lagi. Jadi kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT wajib menjalankan tugas yang di berikan Allah, yaitu beriman, beribadah, menjalankan apa yang di perintahkan dan menjauhi larangannya. Sekian dan Terimakasih pak untuk ilmu yang bapak berikan. wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  68. Nama : Nasreen Nischka Minderman
    NIM : F1071201026
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Malaikat tercipta dari nur atau cahaya. Beriman kepada para malaikat mempunyai konsekuensi terhadap seorang muslim. Konsekuensinya, seorang muslim harus meyakini adanya kehidupaan rohani yang harus dikembangkan sesuai dengan dorongan para malaikat itu.

    Terdapat juga Setan yang diciptakan dari api. Berbeda dengan malaikat yang mendorong manusia berbuat baik, kerja setan adalah menyesatkan manusia. Jika gerak di hati untuk berbuat jahat, itu tandanya mendapat bisikan setan. Jika ingin berbuat baik, itu berarti malaikat berhasil menyampaikan bisikannnya pada manusia.

    Gerak hati untuk melakukan perbuatan jahat atau gerak hati untuk berbuat baik di dalam diri seseorang ditimbang oleh akalnya. Allah yang akan akan memberi keputusan.

    Semoga kita selalu dilindungi Allah dan selalu didampingi malaikat menuju kebaikan, amiiin.

    BalasHapus
  69. Nama:Ananda Dwi Putri
    Nim:F1071201012
    Prodi:Pendidikan Biologi
    Kelas:1-A1
    MasyaAllah disini saya dapat menyimpulkan bahwa kita harus mempercayai adanya malaikat seperti rukun iman yang ke-6. Para Malaikat ditugaskan untuk membuat kita menuju ke jalan yang benar. Sedangkan setan hanya dapat membuat kita menuju jalan yang salah. Semoga kita bisa terhindar dari bisikan setan. Dan terimakasih untuk ilmu yang bapak telah berikan.

    BalasHapus
  70. Nama : Yeni Syarin
    NIM : F1071201024
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    Masyaallah, terima kasih pak penjelasannya. Berbicara tentang pengertian iman kepada malaikat, tentu juga akan membahas hikmah iman kepada malaikat. Dengan memercayai adanya malaikat, maka manusia akan senantiasa mengetahui keagungan Tuhan Allah Swt., kekuatan-Nya, dan kekuasaan-Nya. Kebesaran mahluk pada hakikatnya adalah bukti dari keagungan Tuhan Sang Pencipta. Manusia senantiasa mensyukuri nikmat yang Allah berikan. Sebab manusia sadar bahwa ada malaikat yang selalu membersamainya untuk mencatat segala amal perbuatannya dan semakin taat dan cinta kepada Allah Swt. Sehingga sebaik mungkin meniru sifat malaikat meskipun tidak akan pernah bisa sempurna.

    BalasHapus
  71. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Nur Annisa
    Nim: F1071201002
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1 A-1

    Masyaa Allah,sungguh besar keagungan Allah yang telah menciptakan semua makhluknya dengan penuh kasih sayang. Diantara kebesaran Allah telah menciptakan malaikat yang harus kita yakini baik dengan lisan, hati, dan juga tindakan kita. Dimana rukun iman ini termasuk iman kedua. Hal ini harus kita yakini sampai kehidupan dunia ini berakhir dan semuanya kembali kepada Allah SWT. Allah juga telah menciptakan manusia dengan mempunyai akal dan nafsu, karena itu kita biasanya sering tergoda oleh syetan yang senantiasa menuntun kita bersama menuju neraka. Syetan jugalah yang menyebabkan Nabi Adam AS bersama Siti Hawa istrinya keluar dari surga Allah, karena kedua telah melanggar apa yang ditetapkan oleh Allah. Syetan juga telah berjanji kepada Allah akan menggoda anak cucu Adam hingga akhir zaman, sedangkan jika merasa ada yang menuntun kita berbuat kebaikan niscaya itu bisikkan malaikat makhluk ciptaan Allah yang senantiasa taat terhadap perintah Allah. Semoga apa yang kita pelajari hari ini menjadi keberkahan didalam hidup kita dan semoga kita semakin yakin akan kebesaran Allah dalam menciptakan makhluknya, serta kita dapat meningkatkan keimanan kita seperti halnya para malaikat yang senantiasa taat dengan perintah-Nya. Aamiin...

    BalasHapus
  72. Nama : Ariswandi
    Nim : F1071201041
    Kelas :I-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Alhamdulillah. Mengenai iman kepada malaikat allah. Saya dapat lebih mendalam dan mengenal malaikat allah yang mempunyai banyak sifat. Dan kita harus mempercayai adanya malaikat. Mereka adalah utusan allah untuk menjalankan perintah allah.
    Terima Kasih pak.

    BalasHapus
  73. Nama: Retno Tri Wahyuni
    NIM : F1071201003
    Prodi : pendidikan Biologi
    Kesimpulannya setiap malaikat yang diciptakan dari cahaya oleh Allah, yang mana Tugasnya yang pasti membawa kebaikan dalam diri kita. Ada pula setan yang diciptakan oleh Allah dari api yang bertugas untuk memperburuk keadaan, mendorong seseorang untuk berbuat kejahatan.

    BalasHapus
  74. Nama : Friza Isnaeni
    NIM : F1071201004
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masyaallah, terima kasih pak, atas penjelasannya tentang keyakinan kepada malaikat. Beriman kepada malaikat sangat harus dilakukan karena agar kita tidak lupa bahwa kita selalu dipantau dan dicatat amal ibadah kita didunia ini, dan juga mengingatkan kita akan kematian, hari akhir dan diakhirat dimana kita akan masuk ke surga atau bahkan masuk ke neraka serta agar selalu mengingat Allah yang maha pencipta lagi maha agung. Semoga kita semua selalu istiqomah dalam beribadah amin ya rabbal alamin

    BalasHapus
  75. Nama: Serina
    NIM: F1071201011
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Jazakallahu khairan katsiiran, Pak. Sebagai umat beragama kita memang harus mengimani salah satu rukun iman yakni percaya pada malaikat yang memiliki tugas masing-masing.

    BalasHapus
  76. Nama: Elsa Nora Ariesta Dewi
    NIM : F1071201019
    Prodi : pendidikan Biologi

    Maa syaa Allah, terima kasih atas ilmunya pak, Allah menciptakan makhluk gaib diantaranya ada mailaikat yang tercipta dari cahaya yang mendorong manusia untuk berbuat kebaikan. Adapun tugas malaikat diantaranya:
    Jibril (penyampaikan wahyu), Mikail (penyebar rezeki), israfil (meniupkan sangkakala), izrail (pencabut nyawa), Munkar dan Nakir (bertanya dalam kubur),raqib dan atid (mencatat perbuatan. Manusia), Malik(penjaga neraka), Ridwan(penjaga syurga). Oleh sebab itu, kita sebagai manusia wajib untuk menyakini adanya malaikat Allah SWT. Sedangkan makhluk gaib lainnya adalah setan yang tercipta dari api yang mensorong manusis untuk berbuat kajahatan, melanggar perintah Allah SWT, dan keluar dari jalan yang benar menuju jalan kemaksiatan. Oleh sebab itu, kita sebagai manusia jangan sampai tertipu oleh rayun setan yang menyesatkan. Semoga kita semua terhindar dari tipu daya setan. Aamiin...

    BalasHapus
  77. Nama: Filza Asqurini
    Nim: f1071201046
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Iman kepada Malaikat merupakan salah satu landasan agama Islam.Allah menciptakan mereka untuk beribadah kepada-Nya, sebagaimana Allah menciptakan jin dan manusia juga untuk beribadah kepada-Nya semata.
    Dan menjalankan semua tugas yang diberikan kepada Allah tanpa menentang sekalipun. Nah, apa hikmah meyakini malaikat? Yaitu Merasa takut apabila telah melakukan perbuatan maksiat, karena dengan meyakini segala perbuatan itu, tak akan terlepas dari pengawasan malaikat.
    Terimakasih

    BalasHapus
  78. Nama : Utin Selviana
    (Pendidikan fisika)

    MasyaAllah terimakasih banyak atas ilmu nya pak,dan artikel ini sangat bermanfaat untuk kita semua, untuk mengetahui keyakinan pada malaikat

    BalasHapus
  79. Nama : Evianti
    NIM : F1071201051
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MasyaAllah,,,, semiga kita selaly meyakini adanya malaikat. Di jelaskan bahwa malaikat menyampaikan wahyunya untuk umat manusia, banyak sekali pengaruh malaikat untuk menjadikan manusia lebih baik lagi. Jadi kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT wajib menjalankan tugas yang di berikan Allah, yaitu beriman, beribadah, menjalankan apa yang di perintahkan dan menjauhi larangannya. Sungguh apa yang di larang Allah itu adalah hal yang tidak baik bagi manusia itu sendiri, tapi banyak manusia yang melanggar larangan Allah dengan asutan setan, karena setan akan selalu mengganggu manusia,menghasut manusia, semakin manusia melanggar larangan Allah maka semakin bahagia lah para setan. Semoga kita di jauhkan dari hal-hal yang buruk, dan selalu dalam jalan yang benar.

    BalasHapus
  80. Nama:alda
    Nim:F1071201015
    Prodi:pendidikan biologi(1-A1)
    Masyaallah terimakasih pak atas ilmu yang telah bapak sampaikan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  81. Nama : ATIN NUR'JANNAH
    NIM : F1071201008
    Prodi : Pendidikan biologi

    MasyaAllah pak terimakasih atas ilmunya yang bermanfaat, dengan kita mengimani para malaikat kita akan selalu senntiasa berbuat kebaikan dan menjauhi segala larangan Allah SWT. serta kita bisa menjadikan contoh pada diri kita agar selalu taat kepada Rabb-Nya seperti halnya para malaikat.

    BalasHapus
  82. Nama : Dini Tiara Andini
    Nim : F1071201017
    Kelas : I AI
    Prodi : pendidikan biologi
    Masyaallah terimakasih pak atas ilmu yang telah bapak sampaikan sangat bermanfaat. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa

    BalasHapus
  83. Nama :Nika Susanti
    Nim:F1071201022
    Prodi:Pendidikan Biologi
    Kelas:1-A1

    MASYAALLAH PAK😊semoga kita selalu beriman kepada malaikat dan selalu percaya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari2 .Semoga kita semua di lindungi Allah Swt . AAMIIN😊

    BalasHapus
  84. Nama : Dhian Permata Suwandi
    Nim : F1071201029
    Prodi : pendidikan biologi
    Kelas : 1-A1

    MasyaAllah terimakasih pak atas ilmunya. Allah sangat mulia menciptakan malaikat dari cahaya.
    Semoga kita dapat selalu meyakini akan adanya malaikat dan selalu beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.

    BalasHapus
  85. Nama : Fitria Salwa Nadia
    NIM : F1071201023
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Iman kepada Malaikat, merupakan Rukun Iman yang ke-6, setiap muslim wajib percaya. Keberadaan malaikat tidak dapat dijangkau oleh Manusia, karena Malaikat hidup di alam gaib, tidak seperti manusia yang pembangkang, Malaikat selalu mematuhi perintah Allah SWT. Malaikat selalu melaksanakan tugas yang diperintahkan Allah SWT. Sesungguhnya jika terbesit hal baik yang ingin dilakukan manusia, itu merupakan bisikan dari Malaikat, dan sebaliknya, jika manusia terbesit hatinya untuk melakukan kejahatan, sesungguhnya itu bisikan setan. Naudzubillah. Kita harus senantiasa taat beribadah, selalu mengingat Allah SWT. agar tidak terjerumus ke jurang kesalahan yang diadakan oleh setan-setan.

    Sekian dan terima kasih , semoga Bapak selalu dalam lindungan Allah SWT.
    Aamiinn Ya Rabbal Alamiin

    BalasHapus
  86. Nama: Bagus Pratomo Nusantoro
    NIM:F1071201025
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: I-A1

    malaikat adalah makhluk yang diciptakan Allah subhanahu wa ta'ala dari cahaya yang memiliki sifat yang berbeda dengan manusia ia tidak memiliki hawa nafsu dan malaikat selalu saat dan tunduk kepada Allah subhanahu wa ta'ala tanpa pernah menyekutukan-nya.

    BalasHapus
  87. Nama: Bagus Pratomo Nusantoro
    NIM:F1071201025
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: I-A1

    Suci Allah Tuhan semesta alam, dan segala keagungan ciptaan ciptaannya. tunggu besar ciptaan Allah yaitu malaikat yang mampu mengerjakan segala tugas yang diberikan oleh Allah subhanahu wa ta'ala tanpa pernah Ia mendustakannya, kita dapat mengambil hikmah dari ini amin

    BalasHapus
  88. Nama : Retno Tri Wahyuni
    NIM : F1071201003
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Masya Allah, Allah Maha Besar yang telah menciptakan seorang malaikat dengan nur yang ditugaskan untuk memberikan pengaruh positif kepada umat manusia, dan Maha Besar Allah yang telah menciptakan setan dengan api yang dapat mempengaruhi pikiran manusia untuk menjauh dari Allah. Jadi apabila seseorang telah berperilaku buruk, dan mendatangkan keburukan maka ia sudah mengikuti perbuatan setan. semoga kita semua termasuk orang orang yang dilindungi oleh Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk.

    BalasHapus
  89. Nama : Ria Amanda
    Nim :F1071201007
    Kls : 1-A1
    Prodi : pendidikan biologi

    Malaikat merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah, malaikat di ciptakan dari Nur atau cahaya, malaikat di ciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah saja dan mengikuti segala perintahnya. Allah memerintahkan kita untuk mengimani dan mempercayai akan adanya malaikat dan ini merupakan rukun iman bagi umat muslim, kita harus mempercayai sepenuh hati dan mengamalkan nya, salah satunya dgn cara selalu percaya bahwa a malaikat selalu memperhatikan semua tindakan kita.

    BalasHapus
  90. Nama : Eria Fitriani
    NIM : F1071201013
    prodi/kelas : Pendidikan Biologi/ A1

    Trimakasih ilmunya pak,
    dengan Beriman kepada para malaikat mempunyai konsekuensi terhadap seorang muslim. konsekuensinya,, seorang muslim harus meyakini adanya kehidupaan rohani yang harus dikembangkan sesuai dengan dorongan para malaikat itu.

    BalasHapus
  91. Nama : Atthirilla Binuri
    NIM : F1071201005
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Terima kasih banyak pak atas ilmunya. Makhluk yang paling mulia yg diciptakan Allah ialah malaikat, malaikat tercipta dari cahaya atau nur. malaikat diciptakan hanya untuk menyembah kepada Allah. kita sebagai umat muslim sudah seharusnya meneladani sifat dari malaikat, dengan cara sering berbuat kebajikan, karena sekecil apapun perbuatan kita pasti akan selalu diawasi oleh malaikat. Masha Allah. Semoga kita tergolong orang yang selalu bertakwa. aamiin allahumma aamiin

    BalasHapus
  92. Nama : Tiara Marantika Natalia
    Nim : F1071201027
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masya Allah terima kasih atas ilmu yang bapak berikan, sangat bermanfaat pak.

    BalasHapus
  93. Nama : Juliarti
    Nim : F1071201010
    Kelas : I-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Masyaallah keyakinan kita kepada malaikat dengan menyakini sepenuh hati bahwa malaikat itu ada, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah Swt Aamiin, terimakasih atas ilmunya Pak

    BalasHapus
  94. Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
    Nama : Agung Mulyono
    NIM : F1071211020
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal Daerah : Kubu Raya, Pontianak

    Sebelumny saya mengucapkan terima kasih kepada bapak yang telah membuat dan sharing ilmu yg bermanfaat ini ke publik. Masya Allah semoga menjadi amal Jariyah bapak sendiri. Aamiin Ya Rabbal'alamin

    Begitu Sempurnanya Allah Swt. Menciptakan Makhluk-Nya, salah satunya adalah para Malaikat. Malaikat diciptakan dari Nur (cahaya) yang diberi kemuliaan dan selalu taat terhadap perintah-Nya. Jadi kita sebagai manusia biasa yang tidak bisa menjangkau dan melihat malaikat dengan pancaindera itu hal yang normal dan wajar karena malaikat ini bersifat Ghaib. Maka dari itu, kita harus tetap mengimani dan meyakini bahwa malaikat itu benar-benar ada dan diciptakan oleh Allah Swt. Jauh lebih dahulu daripada kita.
    Sekian komentar dari saya, jika terdapat kesalahan dan kekhilafan mohon dimaafkan. Semoga materi bisa memperluas wawasan, pengetahuan semakim bertambah, dan materi ni banyak disukai oleh orang banyak serta bermanfaat bagi saya dan orang lain.

    Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

    BalasHapus
  95. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama. : Rusdeviani
    NIM : F1071211001
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : A1
    Semester : 1
    Alamat asal : Sanggau Ledo, kabupaten Bengkayang

    Sebagai manusia kita harus menyakini dengan adanya malaikat karena Allah menugaskan mereka berhubungan dengan pengembangan dan penumbuhan kerohanian. Walau kita tidak bisa melihat dengan mata kepala kita tapi keberadaan mereka adalah benar adanya. Selain malaikat Allah juga menciptakan setan, jika malaikat Allah ciptakan untuk mendorong kita melakukan hal yang baik setan justru akan menyesatkan manusia. Oleh karena itu Allah memberi kita akal pikiran agar kita bisa membedakan dan membuat keputusan yang baik dan yang buruk.
    Terimakasih atas ilmu yang bapak berikan.

    BalasHapus
  96. nama : putri novahisa
    kelas : 1-A1
    prodi : pendidikan biologi
    nim : f1071211028

    masyallah, dari materi ini menyatakan bahwa kita umat manusia hrs percaya bahwa adanya malaikat dan juga setan di dalam kehidupan kita. percaya ke pada malaikat dijelaskan juga pada rukun iman yang ke-2. malaikat meimliki tugas-tugas yang sangat mulia, serta memiliki sifat yang tidak ada pada manusia seperti tidak memiliki hawa nafsu. kita harus menguatkan ketaatan dan keimanan kita agar kita tidak tergoda oleh setan, dan tidak terjerumus ke jalan yang salah

    BalasHapus

  97. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Ayu Tri Wulandari
    Nim : F1071211007
    Prodi : Pendidikan Biologi (A-1A
    Semester : 1
    Alamat asal : Kabupaten Ketapang

    MasyaAllah, terimakasih untuk ilmu yang telah bapak berikan pada hari

    Sebagai manusia ciptaan Allah kita harus menyakini bahwa adanya malaikat yang Allah ciptakan dari cahaya atau nur dan adanya setan yang diciptakan dari api. Allah menugaskan para malaikat untuk membantu mengembangkan dan menumbuhkan kerohanian manusia sedangkan setan adalah kebalikannya setan akan selalu menjerumuskan kita dalam keburukan. Maka dari itu senantiasalah kita mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari godaan setan. Sekian pendapat dari say kurang lebih nya saya mohon maaf
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


    BalasHapus
  98. Nama : Mira Tirta Yani
    Nim : F1071211010
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1A-1

    Sebagai makhluk ciptaan Allah kita mesti percaya bahwa di dunia ini Allah tidak hanya menciptakan manusia, tetapi Ia juga mencipta Malaikat dari cahaya atau nur, dan Ia juga menciptakan iblis dari api, kedua makhluk ini mempunyai tingkat kepatuhan yg saling beterbelakangan, malaikat sangat patuh kepada Allah sedangkan iblis tidak patuh kepada Allah.

    BalasHapus

  99. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Nama : Mithahul Jannah
    Nim : F1071211037
    Kelas : 1A-2
    Prodi : Pendidikan Biologi


    Bismillahirrahmanirrahim,
    Dari keterangan diatas bahwa umat Islam harus mempercayai dan yakin tentang keberadaan malaikat(iman kepada malaikat)karena di dunia hal yang berhubungan dengan gaib atau dunia gaib tidak 100% membenarkan nya karena berbanding terbalik dengan akal manusia tetapi Sunnah dari Nabi lah yang membawa kita meyakini dengan seyakin yakinnya bahwa malaikat itu ada,karena malaikat adalah mahluk gaib yang diciptakan Allah dari cahaya yang berhubungan langsung dengan manusia,dia adalah mahluk yang bertugas untuk menjaga,memberi,melindungi,mengadzab,dan lain-lain sesuai dengan perintah Allah SWT.kepadanya.Dan malaikat juga bertugas membisikan hal baik kepada manusia agar senantiasa berada dalam kebaikan. Berbeda dengan setan,setan juga mahluk gaib yang diciptakan Allah SWT.dari api yang menyala,berbeda dengan tugas malaikat yang selalu patuh kepada setiap perintah allah.setan adalah kebalikan dari malaikat,dia adalah mahluk yang selalu ingkar kepada perintah Allah,dan selalu mengganggu manusia serta menyesatkan manusia ke jalan yang buruk,dia juga selalu membisikan hal jahat kepada manusia agar manusia tersebut melakukan kejahatan sepertinya.

    BalasHapus
  100. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  101. Nama: Rezkiana Nurfadillah
    NIM : F1071211016
    kelas: 1-A1
    Alamat:Pontianak
    Asal daerah: Pontianak

    Seperti yang kita ketahui salah satu rukun iman yang wajib diimani oleh setiap mukmin adalah beriman kepada malaikat-malaikat Allah.Malaikat diciptakan Allah dengan jumlah yang banyak dan memiliki tugas yang berbeda-beda.Allah Swt menciptakan malaikat sebagai makhluk gaib yang diutus untuk
    melaksakan segala perintah-Nya. Orang yang mengimaninya akan senantiasa
    menggunakan seluruh anggota badannya untuk berhati-hati dari dalam
    berkata-kata dan berbuat. Allah SWT menciptakan para malaikat untuk mengerjakan tugas yang sudah di berikan Allah SWT. Tanpa melanggar,menentang apa yg di berikan oleh Allah SWT. Kita sebagai manusia wajib meyakini adanya malaikat.

    BalasHapus
  102. Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.

    Nama : Arielda Putri Aditya
    NIM : F1071211021
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal : Pontianak

    Terima kasih pak atas ilmu dan pengetahuannya.
    Kita sebagai umat manusia hendaknya percaya dan meyakini bahwa malaikat itu ada, dan beriman kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman. Malaikat bertugas untuk membantu menumbuhkan dan mengembangkan kerohanian pada manusia. Sedangkan ada juga makhluk gaib yang bertugas menyesatkan manusia yaitu setan.
    Kita sebagai manusia hendaknya untuk selalu bertakwa dan beriman kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  103. Nama : Filardha Azelia Vallahayil
    NIM : F1071211025
    Prodi : Pendidikan Biologi ( 1_A1 )
    Semester : 1
    Alamat asal : Kubu Raya

    MasyaAllah, terimakasih atas ilmu yang bermanfaat pak.

    Sungguh begitu mulianya Allah telah menciptakan makhluk yang luar biasa yaitu Malaikat. Malaikat memiliki sifat yang begitu taat kepada Allah, tidak pernah sekalipun mendustakan Allah. Malaikat juga memiliki begitu banyak tugas yang mana salah satunya berkaitan dengan kerohanian manusia. Tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan dari satu pihak saja. Sebagai pihak yang menjadi target, kita juga harus percaya kalau malaikat itu ada. Dengan kita percaya malaikat itu ada, otomatis kita juga mempercayai tugas malaikat yang akan membantu kita para manusia dengan izin Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NIM: F1071211009
      Prodi :Pendidikan Biologi
      Kelas :1-A1

      Percaya kepada malaikat adalah rukun iman kedua.Kita sebagai manusia wajib meyakini adanya makhluk yang bertugas untuk menumbuhkan dan mengembangkan rohaninya.
      Selain malaikat,ada pula setan,yang selalu menghasut manusia dalam keburukan.Semoga kita semua bisa terhindar dari bisikan bisikan atau godaanyaa,dengan cara mendekatkan diri kita kepada Allah SWT,dan meningglakan larangan larangannya.

      Hapus
  104. Nama : Aisya Annurulhaq Akdaputri
    NIM : F1071211023
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A-1
    Semester : 1
    Alamat : Pontianak, Kalimantan Barat

    Masyaallah, terima kasih atas pengetahuan dan ilmu yang telah bapak berikan hari ini.

    Sungguh besar kuasa Allah SWT, Dia bisa menciptakan seluruh makhluk baik dari yang tampak sampai tidak. Malaikat tercipta dari cahaya dan membantu pengembangan kerohanian sedangkan setan tercipta dari api dan menjerumuskan manusia ke dalam kesesatan, hal ini yang membedakan mereka. Kita haruslah meyakini dan percaya bahwa malaikat dan setan dalam kehidupan kita. Kepercayaan akan Malaikat telah tertuang dalam rukun iman. Oleh karena itu, kita harus mendekatkan diri kepada Allah SWT agar tidak terjerumus kesesatan dan terhindar dari godaan setan.

    BalasHapus
  105. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : wilma
    Nim: F1071211012
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : A1
    Alamat : Kabupaten Sambas

    MasyaAllah, memang benar malaikat ini wajib kita imani atau percayai karena Allah telah menciptakannya beserta dengan tugas-tugasnya. Adapun makhluk ghaib lain yang Allah ciptakan yaitu setan. Setan mengajak manusia dalam kesesatan. Hingga manusia yang tidak mempunyai iman yang kuat akan terjerumus kejalannya. Ada baiknya kita sebagai manusia ini selalu beriman kepada Allah dan para malaikatnya.
    Sekian pendapat dari saya,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  106. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Luviana Putri
    Nim : F1071211014
    Kelas : 1 A 1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Bismillahirrahmanirrahim
    Disini dijelaskan bahwa kita sebagai manusia harus percaya bahwa adanya para malaikat. Malaikat yang membawa kita kepada kebaikan. Selain malaikat ada juga mahluk gaib yaitu setan diciptakan dari api dan membawa manusia kepada jalan kesesatan.

    BalasHapus
  107. Nama : Sari Sugi Hartini
    NIM: F1071211002
    Prodi : Pendidikan biologi
    Kelas: 1 A1
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Maha suci Allah yang telah menciptakan langit dan bumi serta segala isinya. Kita sebagai manusia tidak mampu melihat Malaikat yang merupakan mahluk gaib namun dengan ilmu yang Allah SWTberikan melalui para Rasul nya dan keyakinan kita di dalam hati insya'allah kita bisa mengetahui dan meyakini bahwa Malaikat itu benar adanya. Dan tanpa kita sadari bahwa sebenarnya Malaikat itu ada di sekitar kita

    BalasHapus
  108. Nama : Dwi Safitri
    NIM : F1071211003
    Kelas : A1-1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal daerah : Batu Ampar, kab. Kubu raya
    Alamat : Pontianak

    Subhanallah, memang sebagai umat muslim kita diperintahkan untuk beriman atau mempercayai akan adanya malaikat. Malaikat diciptakan oleh Allah dari cahaya yang akan senantiasa membantu kita untuk tetap berada dijalan yang di ridhoi oleh Allah. Begitu pula Allah telah menciptakan setan dari api yang memiliki tugas untuk selalu menggoda para umat yang ada di dunia untuk bisa jauh dari jalan Allah. Sehingga kita sebagai umat muslim hendaklah memohon pertolongan Allah agar disetiap langkah kita senantiasa didampingi oleh para malaikat agar bisa terhindar dari godaan-godaan dari setan.

    BalasHapus

  109. Nama : Angel Acum Diarsih
    Nim : F1071211005
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Alamat : Jungkat

    Masya Allah, Malaikat merupakan salah satu ciptaan Allah SWT. Ia selalu mengerjakan semua perintah dari Allah tanpa terkecuali. Tanpa kita sadari malaikat berada di sekitar kita untuk mencatat semua amal baik atau buruk yang kita lakukan di dunia. Beriman kepada malaikat juga merupakan salah satu rukun iman.

    BalasHapus
  110. Nama : Nambisas Arum Kusuma Ayu
    Nim : F1071211052
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2 / semester 1
    Asal Sekolah : SMAN 1 Tanjungpinang

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Pada bacaan diatas, kita dapat mengetahui bahwa kita sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah SWT harus selalu beriman kepada ciptaan Allah SWT lainnya seperti makhluk gaib yang Allah SWT ciptaan untuk perkembangan dan pertumbuhan umat manusia dalam kerohanian, makhluk gaib ciptaan Allah SWT memiliki tugas untuk menuntun manusia kejalan yang benar atas perintah Allah SWT dan menyesatkan manusia. Malaikat adalah makhluk gaib ciptaan Allah yang tercipta dari cahaya dimana ditegaskan bahwa Allah SWT telah memberikan tugas para malaikat ya untuk kebutuhan rohani manusia dalam selalu taat dan bertakwa kepada Allah SWT dan kita sebagai manusia harus meyakini dan selalu berbuat kebajikan karena adanya Malaikat yang bertugas mengawasi kita dan sebaliknya ada makhluk Allah SWT yang tercipta dari api disebut setan yang ingin menyesatkan manusia agar terjerumus kedalam kemaksiatan yang berujung pada dosa. Oleh karena itu, kita sebagai makhluk ciptaan Allah yang berakal seharusnya dapat berpikir sebelum bertindak agar tidak terjerumus pada kemaksiatan dunia, percayalah jikalau engkau beriman kepada malaikat Allah SWT kelak dirimu tidak akan disesatkan oleh setan.

    Dengan demikian, selalu kuatkan iman dan perbanyaklah memohon pertolongan Allah SWT untuk dijauhi segala perbuatan yang merugi didunia serta berimanlah kepada makhluk ciptaan Allah yang dapat menuntun jalanmu(Malaikat).

    Sekian dari saya semoga kita selalu berada pada lindungan Allah SWT amiin.

    BalasHapus

  111. Nama:Nia daniati
    Nim:F1071211011
    Prodi:pendidikan Biologi
    Smester/kelas:1A-1
    Alamat:kabupaten kayong utara

    Masya Allah maha suci Allah yang telah menciptakan segalanya, dari materi ini kita tau bahwa ketika kita melakukan hal yang buruk itu artinya kita mengikuti apa yang setan bisikn ke pada kita dan ketika kita melakukan hal baik pula maka kita mengikuti bisikan dari malaikat. Maka dari itu perbanyak lah beribadah mendekatkan diri kepada Allah agar kita senantiasa dapat melakukan hal hal yang baik.





    BalasHapus
  112. Nama : Irvan Ariyansyah
    Nim : F1071211004
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-AI
    Asal : Nusapati, Kabupaten mempawah

    Sungguh mulia para malaikat yang diciptakan Allah dan selalu taat kepadanya. Kita sebagai manusia wajib mengimani adanya malaikat. Dan kita manusia yang sama-sama diciptakan oleh Allah, kita semestinya harus selalu taat kepada perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah.

    BalasHapus
  113. Nama : Muthia Kumalasari
    NIM : F1071211027
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Alamat : Sungai Raya, Bengkayang

    Subhanallah, terima kasih atas ilmunya pak. Iman kepada malaikat merupakan rukun iman ke-2. Sebagai manusia kita hendaknya mempercayai adanya malaikat. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

    BalasHapus
  114. Nama : Isyatirradhiyah
    NIM : F1071211030
    Prodi/ Kelas/ Semester : Pendidikan Biologi / 1-A2/ Semester 1

    Bismillahirrahmanirrahim,
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    MasyaAllah terimakasih atas ilmunya pak. Dengan keimanan kita kepada Allah, kita harus meyakinkan bahwa ciptaannya bukan hanya manusia dan hewan. Ada makhluk lain,yaitu malaikat dan setan. Dimana mereka memiliki tugasnya masing-masing. Malaikat yang menyeru kepada kebaikan. Dan Setan yang menyeru kepada keburukan. Semoga kita senantiasa di tunjukkan jalan yang lurus. Dan selalu beriman kepada Allah. Aamiin

    BalasHapus
  115. Nama: Rifka Elsya Suhardi
    NIM: F1071211022
    Kelas: A-1 Pendidikan Biologi
    Asal: SMAN 7 Pontianak

    Orang beriman akan melihat rupa malaikat maut sebagai pemuda tampan, berpakaian indah dan sangat harum -Imam Ghazali-
    Semoga kita dapat terus berbuat baik tanpa melihat kepada siapa melakukannya. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat agar dapat mempermudah melakukan ibadah dan beriman kepada rukun2 iman

    BalasHapus
  116. Nama : Sugiyanto
    NIM : F1071211048
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas/Senester : Reguler 1 A2 / 1
    Asal Sekolah : SMAN 1 TELUK BATANG

    Assalamulaikum warahmatullah hiwabarakatuh dari teks diatas kita diperintahkan oleh Allah untuk beriman kepada yang ghaib yang telah Allah firmankan dalam surah Sapi Betina (Al-Baqarah):3 - (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.Salah satunya adalah para malaikat dan setan.Malaikat adalah mahluk Allah swt yang diperintahkan untuk mendorong manusia berbuat baik atau mendorong rohani manusia dalam berbuat segala kebaikan dan meninggalkan segala perbuatan kejahatan sedangkan setan bertugas untuk menyesatkan manusia. Itulah sebabnya kita harus selalu memohon atau meminta pertolongan Allah SWT dari godaan setan yang dapat menyesatkan manusia.Dan beriman kepada malaikat adalah rukun iman seorang Muslim tentu kita harus selalu melakukan kebaikan dan jangan melakukan dosa karena konsekuensi seorang Muslim yang sudah beriman adanya Malaikat dan Malaikat mempunyai tugas masing masing berarti dalam kehidupan kita ini kita selalu berhubungan dengan Malaikat Allah seperti pencatat amal baik dan buruk itu berarti kita harus selalu berbuat kebaikan.
    Sekian yang dapat saya sampaikan
    Wassalamualaikum warahmatullah hiwabarakatuh

    BalasHapus
  117. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Mitha
    NIM : F1071211040
    Fakultas : Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masya Allah, terima kasih ilmunya pak.
    Sungguh besar kekuasaan Allah Swt.
    Malaikat adalah ciptaan Allah Swt yang indah dengan sifat selalu taat dan patuh kepada Allah, senantiasa membenarkan dan melaksanakan perintah Allah. Sebagai umat muslim kita harus meyakini dan mempercayai ciptaan Allah yaitu Malaikat karena termasuk rukun iman ke 2. Makhluk gaib lain ciptaan Allah adalah Setan yang diciptakan dari api.

    BalasHapus
  118. Nama : Rosi Desfitri
    Nim : F1071211036
    Kelas : 1A-2 (Semester 1)
    Prodi : Pendidikan Biologi


    Masyaallah,meyakini malaikat adalah hal yang diwajibkan dalam rukun iman. Malaikat adalah mahluk allah yang tidak pernah membantah semua perintah Allah.Dengan mengimani Malaikat kita juga artinya meyakini,mengagungkan, mepercayai ciptaan Allah Swt.
    Terima kasih pak,atas artikel materi yang disampaikan semoga Allah memberikan kita perlindungan dunia akhirat.
    Aamiin

    BalasHapus

  119. Nama : Sucy Indah Lestari
    NIM : F1071211055
    Kelas : Reg 1 A-2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Alhamdullilah Subhanallah terima kasih atas ilmu yang bermanfaatnya pak. Begitu agung Allah yang telah menciptakan dunia beserta isinya dengan sangat sempurna. Allah menciptakan malaikat dan setan, dimana malaikat diciptakan dengan kepatuhan dan ketaqwaan kepada Allah. Sedang setan adalah makhluk yang membisikan keburukan dan kejahatan serta bisikan menyesatkan lainnya kepada manusia. Maka dari itu kita sebagai manusia hendak mencontoh perilaku dan ketaqwaan malaikat dan senantiasa berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Selalu berhati hati dalam melakukan sesuatu karena ada Allah dan malaikat yang selalu mengawasi kita tanpa kita sadari.

    BalasHapus

  120. Nama: Putri Anggini
    NIM : F1071211015
    kelas: 1-A1
    Alamat: Segedong
    Asal daerah: Segedong,Kab.Mempawah

    masyallah, pada materi ini menyatakan bahwa kita sebagai umat manusia hrs percaya bahwa adanya malaikat dan juga setan di dalam kehidupan kita. percaya ke pada malaikat adapaa rukun iman yang ke-2. Malaikat adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah tidak makan dan minum dan juga tiak mempunyai nafsu seperti manusia. Malaikat merupakan makhluk yang selalu taat kepada Allah dan tidak pernah membangkang kepada- Nya.

    BalasHapus
  121. Nama : Widya Astuti
    NIM : F1071211031
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Semster/kelas: 1-A2

    Subhanallah, begitu Dahsyatnya kuasa Allah SWT. Yang menciptakan makhluknya dari berbagai jenis. Allah menciptakan Malaikat dari cahaya, yang mana merupakan makhluk Allah yang taat dan patuh atas perintah yang diberikan oleh Allah SWT. Allah menciptakan manusia dari tanah yang diberi ruh, yang mana manusia dituntun oleh malaikat melalui para Rasul untuk selalu beribadah dan menyembah hanya kepada Allah SWT. Allah juga menciptakan setan dari api, yang mana akan selalu menyesatkan manusia yang minim iman.
    Maka dari itu mari perbanyak beribadah dan menambah iman agar terhindar dari segala kesesatan. Juga harus terus meyakini bahwa Allah telah mengutus Malaikat untuk menuntun manusia kejalan yang benar dan memberi pertolongan kepada manusua
    Maha Suci Allah dengan segala Kuasanya.

    Sekian dari saya,
    Semoga kita selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa
    Aamiin

    BalasHapus
  122. Nama : Anggun Lestari
    NIM : F1071211029
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Semester : 1/Ganjil (2021/2022)

    MasyaAllah, beriman dan meyakini malaikat sebagai utusan Allah SWT menjadi rukun iman kedua. Malaikat diciptakan oleh Allah SWT dari nur atau cahaya. Beriman kepada para malaikat mempunyai konsekuensi terhadap seorang muslim yaitu harus meyakini adanya kehidupaan rohani yang harus dikembangkan sesuai dengan dorongan para malaikat itu. Allah SWT juga menciptakan setan dari api. Berbeda dengan malaikat yang mendorong manusia untuk berbuat baik, kerja setan adalah menyesatkan manusia. Kita wajib menjalankan tugas yang di berikan Allah SWT, yaitu beriman, beribadah, menjalankan apa yang di perintahkan dan menjauhi larangan-Nya. Terimakasih pak, atas ilmu yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  123. Nama : Fazrin Rizkha Nafasati
    NIM : F1071211050
    Kelas 1-A2 pendidikan biologi
    Asal sekolah : SMA N 3 Pontianak

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    MasyaAllah terimakasih atas ilmunya bapak.
    Allah SWT tidak hanya menciptakan Manusia, Hewan, Tumbuhan dan seisinya tetapi ada juga yang namanya malaikat. Malaikat adalah makhluk Allah yang paling taat kepada-Nya, mereka diciptakan dari Nur atau cahaya yang memiliki tugas yang berhubungan langsung dengan penumbuhan dan pengembangan rohani manusia. Oleh karena itu kita harus senantiasa menyakini tentang adanya Malaikat agar kita selalu merasa terawasi dan selalu menjauhi larangan-Nya. Selain malaikat ada juga setan, setan itu kebalikan dari malaikat. Setan diciptakan dari api kerjaannya hanyalah untuk menyesatkan manusia. Oleh karena itu, semoga kita senantiasa selalu berada di dalam jalan yang benar, dan tidak terpengaruh dengan godaan setan aamiin aamiin ya rabbal alamin

    BalasHapus
  124. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Nama: Cici Rahmayani
    NIM: F1071211006
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1-A1
    Semester: 1
    Alamat: Kab.Kayong Utara
    Maha suci Allah dengan segala firman-nya ,begitu maha agungnya Allah yang telah menciptakan malaikat dan setan dengan tugasnya masing -masing di dunia ini ,dengan membaca materi ini membuat diri kita lebih percaya dan meyakini bahwa malaikat dan setan itu ada di sekitar kita ,selalu mengawasi kita dan mencatat segala perbuatan kita baik dan buruknya.,serta membisikan sesuatu yang baik yaitu dari malaikat nya Allah SWT dan sesuatu yang buruk berasal dari setan.semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT dan terjauh dari godaan setan yang terkutuk , Amin ya rabbal Alamin.

    BalasHapus
  125. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  126. Nama : Putri Yolasari
    NIM : F1071211044
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I A-2
    Semester : 1 (2021/2022)

    MasyaAllah Tabarakallah, ilmu yang sangat bermanfaat. Dari artikel tersebut saya mengetahui banyak hal, mulai dari Malaikat diciptakan dari cahaya dengan sifat-sifat taat hanya kepada Allah. Yang mana kita sebagai manusia wajib beriman dan meyakini adanya keberadaan malaikat, agar kita semakin taat dan mendorong manusia untuk selalu berbuat baik, dan tidak tersesat karena bujukan setan. Serta untuk selalu berhati-hati dalam melakukan sesuatu, karena segala perbuatan yang dilakukan akan dicatat oleh malaikat Raqib dan 'Atid. Semoga kita selalu di dalam jalan Allah, jalan yang benar. Selalu meningkatlan ketakwaan serta ketaatan agar kita tidak mudah terpengaruh oleh ajakan setan untuk berbuat buruk.

    BalasHapus
  127. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Ni'mah Rahmayanti
    NIM : F1071211018
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal Sekolah : MAS Yasti Singkawang

    MasyaAllah,
    Allah telah menciptakan makhluk-Nya dengan sebaik-baiknya. Termasuk juga para malaikat. Seperti yang telah bapak sampaikan, Allah menciptakan malaikat untuk menjadi makhluk ghaib yang tidak dapat di tangkap atau di lihat oleh pancaindera manusia. Allah menciptakan malaikat dengan tugasnya masing-masing. Kita sebagai seorang muslim sudah seharusnya mempercayai adanya malaikat, mempercayai adanya ciptaan Allah selain manusia sekalipun kita tidak dapat melihatnya dengan pancaindera. Allah juga telah menciptakan makhluk ghaib lain selain malaikat, yaitu setan. Jika malaikat di ciptakan untuk mengajak manusia pada jalan yang benar, berbeda dengan setan. Setan ditugaskan untuk menyesatkan manusia atau mengajak manusia ke jalan yang buruk. Jadi kita sebagai seorang muslim harus bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk agar kita tidak mengikuti jejak setan yang menyesatkan manusia.

    Sekian dari saya,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  128. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama: Dimas Ananda Virda
    NIM: F1071211038
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas/Semester: Reg 1-A2/Semester 1


    MashaAllah, Sungguh besar keAgungan Allah Subhanahu Wa ta'ala, yang menciptakan hal - hal yang ghaib. Seperti uraian diatas tadi, Allah menciptakan Malaikat untuk melaksakan tugas tugas-tugas yang berhubungan langsung dengan pertumbuhan dan perkembangan manusia rohani manusia. Yang dimana Tugas-tugas Malaikat Diantaranya adalah orang yang mengambil nyama (Izrail), penjaga neraka (Malik), penjaga surga (Ridwan), menanyakan orang mati tentang imannya (Munkar dan Nakir), mencatat semua perbuatan manusia (Raqib dan 'Atid), Ada juga Malaikat (Israfil) yang meniup terompet untuk membangunkan manusia di hari perhitungan.

    Ada Juga makhluk gaib lainnya yaitu setan, yang dimana tugasnya adalah untuk menyesatkan umat manusia agar bisa menenaminya di neraka kelak

    Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah selalu di beri jalan yang lurus agar dapat terhindar dari godaan setan dan tidak tersesat olehnya.

    Terimakasih ilmunya pak, sangat bermanfaat

    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  129. Nama : Nanda Emilia
    NIM : F1071211033
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2
    Semester: 1

    MasyaAllah, Maha suci Allah yang telah menciptakan Malaikat dengan begitu mulia, yang diciptakan dari cahaya, dan yang selalu taat kepada perintahNya, dari uraian di atas sekarang kita ketahui bahwa tugas-tugas para malaikat berhubugan dengan penumbuhan dan pengembangan rohani manusia. Yang selalu mendorong manusia untuk berbuat kebaikan. Oleh sebab itu maka kita wajib mengimani atau meyakini dengan sepenuh hati bahwa malaikat itu makhluk ciptaan Allah yang benar benar ada. Dan beriman kepada malaikat adalah rukun iman yang ke 2. Selain malaikat ada makhluk gaib lain yang di ciptakan Allah yaitu setan, setan diciptakan dari api, dan setan adalah makhluk ciptaan Allah ang selalu menyesatkan umat manusia. Smoga kita selalu memiliki akal yang senantiasa mendengarkan bisikan malaikat yg membawa kepada kebaikan bukan malah mengikuti bisikan setan yang membawa kepada kesesatan.

    BalasHapus
  130. Nama: RIFKI ALDIANSYAH
    NIM: F1071211017
    prodi: Pendidikan biologi
    Kelas: I-AI
    Asal: Kapuas Hulu
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Terima kasih banyak atas ilmu serta penjabarannya.
    Setelah saya membaca pernyataan diatas. Saya mengetahui bahwa malaikat ada diantara kita,dan sebagai muslim kita harus mengetahui dasar dari pengetahuan kita akan adanya malaikat. Mulai dari mempercayai bahwa malaikat itu ada dan berada di dekat kita.
    Iman kepada malaikat adalah bagian dari Rukun Iman. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.

    Walaupun manusia tidak dapat melihat malaikat tetapi jika Allah berkehendak maka malaikat dapat dilihat oleh manusia, yang biasanya terjadi pada para nabi dan rasul.

    Selain itu, tugas para malaikat juga sangat mulia,dan selalu patuh terhadap perintah Allah Swt,dengan mengetahui tugas malaikat, artinya kita telah menumbuhkan iman(percaya) kepada malaikat.
    Sekian yang dapat saya sampaikan.
    Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  131. Nama : Desi Rianita
    NIM : F1071211008
    Kelas : 1A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Alamat : Kabupaten Sambas

    Bismillah
    Assalamu'alaikum
    Masyaa Allah
    Barakallahu laka fiih atas ilmunya pak
    Allah menciptakan malaikat dari nur (cahaya). Malaikat yang selalu patuh terhadap allah. Yang tidak akan pernah melakukan keburukan. Kita sebagai manusia wajib mengimani adanya malaikat. Sebagaimana dalam rukum iman. Mengimani bahwa malaikat itu ada. Mengimani bahwa itu makhluk ciptaan Allah.
    Sekian komentar dari saya. Apabila ada kesalahan kata saya mohon maaf.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus


  132. Nama :Armelya Novieyanti
    Nim:F1051211013
    Prodi:Pendidikan Fisika
    Kelas:1 A1

    Masyaallah, begitu besar ciptaan Allah, Malaikat adalah ciptaan Allah yanh dianugrahi keimanan dan keteguhan hati untuk beriman kepada Allah Swt, kita sebagai umat manusia hendaknya meneladani sikap para malaikat yanh begitu taat kepada Allah, Semoga kita bisa tetap berada dijalan Allah dan selalu berada dalam Lindungannya

    BalasHapus
  133. Subhanallah sungguh mulia sekali ciptaan Allah. Malaikat adalah salah satu ciptaan Allah yang sangat mulia mereka tidak memiliki hawa nafsu dan para malaikat juga ciptaan Allah yang palih taat dan patuh terhadap perintah-Nya. Maka dari itu kita sebegai manusia sebisa mungkin juga harus taat dan patuh terhadap perintah Allah SWT dan jangan sampai mendekati atau pun melanggar hal hal yang dilarang oleh -Nya. Seperti dalam firma Allah yang Artinya: "Barang siapa menaati Rasul (Muhammad) maka sesungguhnya dia telah menaati Allah. Dan barang siapa berpaling (dari ketaatan itu) maka (ketahuilah) Kami tidak mengutusmu (Muhammad) untuk menjadi pemelihara mereka." (An-Nisa'):80. Semoga kita selalu menjaga hati da ketaatan kita kepada Allah dan menjauhi segala larangan-larangannya

    BalasHapus
  134. Nama : Rahmad
    NIM : F1071211046
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas/semester : 1-A2/ganjil
    Asal : Kabupaten Sambas

    Masya Allah, terima kasih Pak atas ilmu yang disampaikan. Kita sebagai umat manusia harus meyakini dengan adanya malaikat, dan Allah telah menciptakannya dari cahaya. Keberadaan mereka adalah benar adanya, hanya saja kita tidak dapat melihatnya. Malaikat mendorong kita untuk selalu berbuat kebaikan. Allah juga telah menciptakan setan dari api, yang mana setan justru melakukan hal-hal yang mendorong kita untuk berbuat dosa. Oleh karena itu kita diberikan akal pikiran agar kita dapat membedakan mana perbuatan baik dan mana yang perbuatan dosa. Semoga kita semua menjadi hamba Allah yang taat beribadah kepada-Nya, Aamiin.

    BalasHapus
  135. Nama : Wafa Nafiah
    NIM : F1071211024
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Masya Allah, sungguh besar kuasa Allah dalam menciptakan makhluk Nya yang berdeda-beda sifat, Malaikat yang selalu taat kepada Allah serta senantiasa mendorong manusia untuk melakukan kebaikan dan Setan yang bertugas untuk menyesatkan manusia. Sebagai seorang muslim, kita wajib meyakini rukun iman yang ke 2 yaitu beriman kepada malaikat. Semoga kita dijauhkan dari godaan setan yang berusaha menyesatkan manusia.

    BalasHapus

  136. Nama:Muhanmad Fahrizal Arya Pratama
    NIM:F1052211001
    Fakultas:Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
    Prodi:Pendidikan Fisika
    Kelas:1B(PPAPK)
    Subhanallah sungguh mulia sekali ciptaan Allah. Malaikat adalah salah satu ciptaan Allah yang sangat mulia mereka tidak memiliki hawa nafsu dan para malaikat juga ciptaan Allah yang palih taat dan patuh terhadap perintah-Nya. Maka dari itu kita sebegai manusia sebisa mungkin juga harus taat dan patuh terhadap perintah Allah SWT dan jangan sampai mendekati atau pun melanggar hal hal yang dilarang oleh -Nya. Seperti dalam firma Allah yang Artinya: "Barang siapa menaati Rasul (Muhammad) maka sesungguhnya dia telah menaati Allah. Dan barang siapa berpaling (dari ketaatan itu) maka (ketahuilah) Kami tidak mengutusmu (Muhammad) untuk menjadi pemelihara mereka." (An-Nisa'):80. Semoga kita selalu menjaga hati da ketaatan kita kepada Allah dan menjauhi segala larangan-larangannya

    BalasHapus
  137. Nama : Nur Salsabila
    NIM : F1071211049
    Kelas/semester : Reg 1-A2/ semester 1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal sekolah : SMA N 3 SKW

    Assalamuallaikum wr. Wb
    Alhamdullilan trima kasih oak atas ilmunya. Berkat apa yang bapak sampikan membuat saya faham apa saja tugas malaikat itu yang berusaha membuat manusia untuk lebih baik dengan mengawasi dan mencatat gerak gerik kita dan juga kejahatan setan yang ingin menjerumuskan kita ke neraka.

    Kita harus percaya dengan semua ciptaan allah dan hendaknya kita menghindari hal hal yang dapat merugikan kita. Setan senantiasa setia membujuk manusia untuk menjadi temannya agar terjerumus ke jalan yang sesat dan malaikat akan menvatat setiap apa yang di lakukan manusia.

    Kita sebagai manusia hendaknya selalu ingat kepada allah dan ingat juga malaikatnya mengawasi setiap gerak gerik kita dan jauhilah setiap perbuatan yang tercela.

    BalasHapus
  138. Nama:Meftahudin
    NIM:1051211006
    Prodi:Pendidikan Fisika
    Kelas:IAI

    Terima kasih atas ilmu yang bapak sampaikan.Apa yang telah bapak sampaikan itu benar, bahwa malaikat adalah lawan dari setan yang menghasut kita ke jalan kesesatan dan kita seabgai manusia yang berakal tentu harus bisa menyikapi hal tersebut.Ini dapat dilihat pada QS. At-Tahrim ayat 6

    BalasHapus
  139. Nama Mandarini Salwa Salsabil
    Nim F1052211009
    Prodi pendidikan Fisika
    Kelas PPAPK

    Dari penjelasan bapak tersebut dapat kita simpulkan bahwa kebesaran Allah itu tiada duanya dengan menciptakan makhluk yang yang berbeda-beda
    Kita sebagai salah satu makhluk yang di ciptakan Allah dengan sempurna dengan karunianya harus percaya dan meyakininya
    Dengan mengikui salah satu rukun iman yang kedua yaitu beriman kepada malaikat dan semoga kita selalu dalam perlindungan Allah SWT

    BalasHapus

  140. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Dea Roihatul Jannah dari
    Nim:F1051211014
    Prodi:Pendidikan Fisika
    Kelas:1 A1

    Masyaallah, begitu besar ciptaan Allah, dalam pandangan agama Islam, tidak ada malaikat yang jatuh. Mereka tidak terbagi menjadi malaikat baik atau malaikat jahat. manusia tidak menjadi malaikat setelah menemui ajalnya. Setan bukanlah malaikat, tapi setan adalah golongan jin. Di dalam agama Islam, malaikat harus diimani keberadaannya, harus dipercaya. Malaikat berasal dari bahasa Arab ‘malak’ yang memiliki arti pembawa pesan, bentuk jamaknya adalah ‘malaikah’. Malaikat diyakini sebagai makhluk surgawi, diciptakan dari cahaya oleh Allah SWT.Malaikat memiliki peran seperti memuji Allah SWT dan menjalankan hukum alam. Islam bahkan tidak memiliki representasi grafik atau simbolik dari malaikat. Namun demikian, malaikat sering digambarkan sebagai makhluk indah yang bersayap. Malaikat membentuk hierarki dan tatanan kosmik yang berbeda.Iman kepada malaikat merupakan kewajiban yang Allah perintahkan. Hal ini tertera dalam Al-Quran surat An-nisa ayat 136,Adapun 10 Malaikat yang wajib kita imani yaitu,
    Malaikat Jibril Tugasnya menyampaikan wahyu
    Malaikat Mikail Tugasnya membagi Rizki,
    Malaikat Izroil Tugasnya mencabut nyawa,
    Malaikat isrofil Tugasnya meniup sangkakala,
    Malaikat Rokib Tugasnya mencatat perbuatan manusia,
    Malaikat Atid Tugasnya mencatat perbuatan manusia,
    Malaikat Munkar Tugasnya menanya dialam kubur,
    Malaikat nakir Tugasnya menanya dialam kubur,
    Malaikat Malik Tugasnya menjaga neraka,
    Malaikat Ridwan Tugasnya menjaga surga. Hikmah yang didapatkan jika kita beriman kepada malaikat:
    Merupakan salah satu bentuk dari ketakwaan manusia kepada Allah SWT.
    Memperkuat keimanan kepada Allah SWT.
    kerap akan selalu mendoakan dan selalu memaafkan untuk orang lain.
    Orang yang beriman kepada malaikat senantiasa dijauhkan untuk berbuat dosa.
    Senantiasa bersyukur kepada Allah SWT, bersyukur karena menyadari bahwa Allah sudah menciptakan malaikat untuk membantu segala kehidupan manusia.
    Menubuhkan perasaan senang untuk beramal soleh.
    Merasa takut jika telah melakukan perbuatan maksiat atau akan berbuat maksiat, karenadirinya yakin bahwa segala perbuatan tidak akan terlepas dari pengawasan malaikat.
    Orang yang beriman kepada malaikat akan senantiasa bertakwa kepada Allah SWT, dan berlomba-lomba dalam melakukan hal baik.
    Senantiasa untuk selalu berfikir dan berhati-hati dalam setiap melakukan sesuatu, karena perbuatan baik atau buruk akan selalu diminta pertanggungjawabannya di akhirat.
    Yakin bahwa pertolongan Allah SWT adalah hal yang nyata.
    Senantiasa untuk bersikap jujur, amanah dan berbuat kebaikan.
    Iman di dalam diri akan jauh lebih kuat dan jauh lebih yakin kepada Allah SWT.
    Orang yang mempercayai malaikat memiliki keimanan yang sempurna.
    Menumbuhkan rasa untuk selalu mengagungkan nama Allah SWT, karena dengan kuasa Allah SWT telah menciptakan malaikat, makhluk yang istimewa di mata Allah.
    Menghindarkan manusia jika ingin berbuat buruk atau perbuatan tercela.
    Menambah kesadaran bahwa alam wujud yang tidak bisa dijangkau oleh panca indera manusia benar adanya.
    Menambah semangat dalam beribadah dan selalu ikhlas dalam melakukan ibadah walaupun tidak ada orang yang melihat, namun yakin bahwa Allah dan malaikatnya bisa menyaksikan perbuatan tersebut.
    Sekian dari saya saya akhiri, wassalamualikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  141. Nama: Nadia Salsabila
    Nim: f1051211031
    Prodi: pendidikan Fisika
    Fakultas:FKIP
    Kelas: IA2

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Kita sebagai manusia ciptaa Allah SWT harus percaya kepada Makhluk Allah lainnya. Iman kepada malaikat adalah mempercayai dan meyakini bahwa Allah SWT telah menciptakan malaikat yang di beri tugas untuk mengatur alam dan mengurus perjalanan alam semesta dan tugas tertentu lainnya. Sebenarnya malaikat itu ada banyak ,namun yang wajib kita imani hanya lah 10 yaitu malaikat jilbil Mikail Izrail isrofil mungkar Bakir Raqib aqid Malik dan ridwa, itulah 10 malaikat yang wajib kita imani.


    Kita sebagai manusia wajib mengimani malaikat yaitu dengan selalu yakin ada malaikat yang mencatat amal perbuatan kita sehingga selalu mengerjakan kebaikan.

    Tujuan Allah menciptakan malaikat agar dapat menurunkan dan menyampaikan wahyu pada nabi dan rasul,mencatat amalan manusia dari lahir sampai meninggal dunia,dan juga Allah menciptakan makhluk nya termasuk malaikat untuk beribadah dan menyembah Allah
    Sekian dari saya wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  142. Nama : Audiva Azhta Prameswari
    Nim : F1071211026
    Semester-kelas : 1-A1
    Asal : Kabupaten Mempawah

    Subhanallah kekuasaan Allah Subhana wa ta'ala. Dengan membaca artikel ini mebuat kita semakin mengetahui kekuasaan Allah. Kita jug semakin tau bahwa malaikat adalah makhluk gaib yang harus kita percayai keberadaannya, malaikat juga makhluk yang tidak akan menentang perintah Allah.

    BalasHapus
  143. Nama : Fazrika Syafharla
    NIM : F1071211032
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2 (semester 1)

    MasyaAllah , Terimakasih atas ilmunya Pak. Sungguh besar kuasa Allah Swt. Para malaikat menjalankan tugas-tugasnya adalah bentuk ibadah mereka kepada Allah Swt. Malaikat diciptakan untuk mengemban tugas tertentu. Dengan demikian, malaikat berperan tak ubahnya berperan layaknya robot. Ia tak akan pernah keluar dari perannya tersebut sampai hari kiamat atau sampai Allah menghendaki yang lain.

    BalasHapus
  144. Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Nama : Doni Hariansah
    NIM : F1071211019
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : IA1
    Asal Daerah : Kabupaten Sambas

    Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak Nikmat
    Sholawat serta salam tak lupa kita sampaikan kepada Nabi kita yakni Nabi Muhammad SAW

    Alhamdulillah terimakasih pak atas penyampaian materi nya

    Iman artinya percaya atau membenarkan
    Rukun iman itu ada 6 dan salah satu rukun iman ialah iman kepada malaikatnya Allah. Malaikat adalah makhluk gaib yang Allah ciptakan dari cahaya
    Allah mempunyai para malaikat yang tak terhitung jumlah nya, hanya Allah lah yang Maha Mengetahui nya.
    Dan ada 10 Malaikat yang wajib kita ketahui dan beserta tugasnya
    Dan kita sebagai orang beriman wajib untuk percaya ada nya Malaikat.

    BalasHapus

  145. NAMA : JIHANSYAH
    NIM : F1051211036
    PRODI : PENDIDIKAN FISIKA
    KELAS 1A2



    Bismillahirrahmanirrahim
    Sebagai makhluk ciptaan Allah manusia harus mengimani malaikat.
    Percaya kepada malaikat juga membuat umat Muslim merasakan betapa luasnya alam semesta sambil waspada tentang adanya pengawas yang melekat pada dirinya. Pengawas itu sangat kasih kepada manusia sampai-sampai diriwayatkan mereka tidak mencatat niat buruk manusia sebelum manusia melaksanakannya. Ini jelas berbeda dengan niat baik seseorang yang akan langsung dicatat sebagai kebaikan begitu dia bertekad melakukannya walaupun masih dalam tingkat niat.
    Selain itu, percaya kepada malaikat akan membuat seorang mukmin merasa yang berada di sekelilingnya bukan hanya terjangkau oleh panca indranya, melainkan ada pula makhluk yang sangat patuh kepada Allah dan selalu menginginkan kebaikan bagi manusia. Di sisi lain, percaya kepada malaikat juga menjadikan manusia selalu mawas diri agar tidak terjerumus dalam dosa sekaligus tidak akan kesepian karena ada malaikat yang selalu menyertai dan mendukungnya.

    Perintah untuk mengimani adanya malaikat telah tercantum dalam Al-Quran:

    “Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya," (QS. Al-Baqarah – Ayat 285).

    BalasHapus
  146. Nama: Putri Natasya
    NIM : F1071211034
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 - A2
    Semester : Ganjil 2021/2022( Semester 1)

    MasyaAllah, Sungguh besar kuasa Allah SWT yang telah menciptakan segala sesuatu, Terutama menciptakan malaikat. Allah SWT menciptakan malaikat dari Nur atau cahaya.
    Malaikat adalah ciptaan Allah SWT yang tidak pernah ingkar dan selalu menjalankan perintah Allah SWT. Beriman kepada malaikat merupakan rukun iman yang kedua. Kita sebagai manusia wajib beriman dan meyakini adanya Malaikat yang bertugas untuk menumbuhkan dan mengembangkan rohaninya. Kewajiban untuk percaya kepada malaikat dinyatakan dengan tegas oleh Allah SWT dalam firman-Nya di dalam Al-Qur'an surat al-Baqarah (2) ayat 177 yang artinya,
    ..." sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat..."

    Selain menciptakan malaikat, Allah SWT juga menciptakan setan dari api. Berbeda dengan malaikat yang mendorong manusia untuk berbuat baik sedangkan kerja setan adalah menyesatkan manusia. Semoga kita selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan Allah SWT dan Semoga kita selalu berada di jalan Allah SWT, senantiasa melakukan kebaikan dan dijauhkan dari bisikan setan yang menyesatkan manusia.
    Terima kasih pak, atas ilmu yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  147. Nama : Alvina Damaiyanti
    NIM : F1051211011
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1-A1
    Semester : 1

    MasyaAllah, Maha suci Allah telah menciptakan malaikat dari cahaya, malaikat dengan tugas hebatnya menumbuhkan dan mengembangkan rohani kita. Malaikat sendiri harus di yakini keberadaannya, karena yakin dengan adanya malaikat termasuk rukun iman yang ke-2, malaikat merupakan makhluk Allah yang paling taat dan sangat di muliakan. Dan begitu dahsyatnya bisikan setan yang mampu menyesatkan kita dalam perbuatan yang keji.
    Semoga kita selalu berada di jalan yang lurus, selalu melaksanakan apa saja yang di perintah oleh Allah SWT.

    BalasHapus
  148. Nama: Galuh Asih Kurnia Sari
    Nim: F1071211013
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Masya Allah, sungguh mulia sekali ciptaan Allah. Kita sebagai umat manusia harus menyakini dengan ciptaan Allah yaitu malaikat. Malaikat adalah salah satu ciptaan Allah yang paling mulia mereka tidak mempunyai hawa nafsu dan malaikat juga makhluk ciptaan Allah yang paling taat akan perintah Allah. Kita sebagai umat manusia seharusnya bisa meneladani sikap para malaikat yang senantiasa menjalankan perintah perintah Allah agar kita bisa terhindar dari godaan syaitan yang selalu mengajak manusia untuk berbuat kerusakan dimuka bumi.

    BalasHapus
  149. Nama : Muhammad Fhahrul Rizki
    NIM : F1052211008
    Prodi : Pendidikan fisika
    Kelas : PPAPK
    smester : 1

    Masyaallah,terimakasih kepada bapak yang telah menulis ini ,dengan tulisan ini kita dapat mengingat betapa besarnaya kuasa ALLAH yg menciptakan makhluk yang ada di alam semesta ini dan juga mengingatkan wajibnya kita beriman kepada malaikat juga agar tidak terhasut oleh setan yang menyesatkan.
    dan ketika setan tidak mau tunduk kepada adam itu membuat kita mengerti bahwa sombong membuat kita terjerumus pada hal yang tidak di ingin kan.

    BalasHapus
  150. Nama : Putri Maulindah
    NIM : F1051211028
    Kelas : 1 A2
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Masyaallah, sungguh mulia sekali ciptaan Allah SWT.
    Malaikat dalam keyakinan Islam adalah makhluk surgawi, yang diciptakan dari cahaya oleh Allah untuk melakukan tugas-tugas tertentu yang telah diberikan kepadanya oleh Allah.

    Menurut bahasa Arab, kata “Malaikat” merupakan kata jamak yang berasal dari bahasa Arab malak yang berarti kekuatan, yang dari bentuk mashdar (infinitif) al-alukah yang berarti risalah atau misi, kemudian sang pembawa misi biasanya disebut dengan ar-rasul. Malaikat diciptakan oleh Allah terbuat dari cahaya (nur), berdasarkan salah satu hadist Muhammad, “Malaikat telah diciptakan dari cahaya.”[3]

    Iman kepada malaikat adalah bagian dari Rukun Iman. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.

    Walaupun manusia tidak dapat melihat malaikat tetapi jika Allah berkehendak maka malaikat dapat dilihat oleh manusia, yang biasanya terjadi pada para nabi dan rasul. Malaikat selalu menampakan diri dalam wujud laki-laki kepada para nabi dan rasul. Seperti terjadi kepada Nabi Ibrahim.

    Apabila ada kurang atau lebih nya saya mohon maaf, sekian Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  151. Nama : Rendi Ihza Pahlupi
    Nim : F1071211053
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1A-2 reg A
    Semester : 1 ganjil
    Asal Sekolah : Madrasah Aliyah Ushuluddin Singkawang.

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Subhanallah begitu agung kebesaran Allah SWT yang telah menciptakan malaikat dari cahaya dengan tugas mulia nya menumbuhkan kerohanian manusia menjadi lebih baik. Dan tugas kita sebagian manusia patut untuk menyakini nya yang merupakan sebagian dari iman sebagai umat muslim.

    BalasHapus
  152. Nama : Indah Puspita Sari
    NIM : F1071211054
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-Reguler A-2
    Semester : 1 (Ganjil) 2021/2022

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Indah Puspita Sari. F1071211054. Pendidikan Biologi/Reguler A2 / Semester 1 (Ganjil) 2021/2022. Izin berkomentar, pak.

    Masyaallah Tabarakallah, Terimakasih atas Ilmu yang telah bapak berikan. Sungguh sangat LUAR BIASA dan bermanfaat, pak.

    Gerak hati untuk melakukan perbuatan jahat atau gerak hati untuk berbuat baik di dalam diri seseorang ditimbang oleh akalnya. Allah yang akan akan memberi keputusan. Keputusan akal menimbulkan kehendak (will) pada diri manusia yang bersangkutan. Kehendak itu bebas (will itu free) memilih mana yang akan dilakukan.  

    Maha besar Allah dengan segala ciptaan-Nya. Seluruh yang ada di bumi sudah diciptakan dalam bentuk yang sempurna. Baik malaikat yang telah diciptakan dari cahaya, maupun Setan yang telah Ia ciptakan dari api.

    Meskipun kedua-Nya adalah ciptaan Tuhan namun setan memiliki sifat ataupun pembawaan yang berbeda dengan malaikat, yakni setan senantiasa menyesatkan manusia. Jika hati seseorang hendak berbuat buruk, dapat bermakna manusia tersebut sedang dibisikan oleh setan. Sedangkan, jika seseorang ingin berbuat baik pasti karena malaikat telah berhasil menyampaikan bisikannya pada manusia yang bersangkutan, karena sejatinya malaikat berindikasi untuk mendorong manusia berbuat baik.

    Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk percaya kebenaran kepada malaikat dan tugas-tugas malaikat melalui akal kita yaitu akal sebagai kurnia ilahi yang mengikat manusia kepada Allah SWT. Dan Allah SWT. juga telah mempertegas dalam firman-Nya yang terdapat dalam Al-quran surat Al Baqarah (2) ayat 177,..."sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat...".


    Sekian, komentar yang dapat saya sampaikan. Dan terimakasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan, pak. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, pak. Yang baik datangnya dari Allah SWT. dan yang buruk itu datangnya dari saya pribadi. Akhir kata Wabillahit taufiq wal hidayah wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  153. Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Kanif Mohammad Kafi
    NIM : F1051211034
    Kelas : A2 Pendidikan Fisika

    Masya Allah.... Sungguh mulia nya ciptaan Allah SWT berupa malaikat. Tercipta dari Cahaya, malaikat sangat taat kepada penciptanya. Semoga kita bisa meneladani sifat-sifat malaikat Allah yang sangat taat kepada Allah. Dan semoga juga kita bisa terhindar dari godaan setan yang terkutuk.
    Sekian komentar dari saya kurang lebih nya mohon dimaafkan Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  154. Nama: Achmad Dwi Juniarto
    Nim: f1051211006
    prodi: pendidikan fisika
    kelas 1B
    semester: 1

    assalamualaikum wabarahmatullahi wabarakatuh
    masyaallah ,sungguh mulia nya ciptaan Allah SWT.
    Malaikat (bahasa Arab: الملائكة‎ (jamak); tunggal: الملك) dalam keyakinan Islam adalah makhluk surgawi, yang diciptakan dari cahaya oleh Allah untuk melakukan tugas-tugas tertentu yang telah diberikan kepadanya oleh Allah. Malaikat dari alam malaikat adalah bawahan dalam hierarki yang dipimpin oleh salah satu malaikat di surga tertinggi (Surga Firdaus).
    Menurut bahasa Arab, kata “Malaikat” merupakan kata jamak yang berasal dari bahasa Arab malak yang berarti kekuatan, yang dari bentuk mashdar (infinitif) al-alukah yang berarti risalah atau misi, kemudian sang pembawa misi biasanya disebut dengan ar-rasul. Malaikat diciptakan oleh Allah terbuat dari cahaya (nur), berdasarkan salah satu hadist Muhammad, “Malaikat telah diciptakan dari cahaya.
    Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." QS. Fatir 35:1
    Wujud malaikat mustahil dapat dilihat dengan mata telanjang, karena mata manusia tercipta dari unsur dasar tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk, tidak akan mampu melihat wujud dari malaikat yang asalnya terdiri dari cahaya, hanya Nabi Muhammad ﷺ yang mampu melihat wujud asli malaikat bahkan sampai dua kali.
    Rasulullah bersabda: “Apabila seorang hamba mukmin sakit, maka Allah mengutus 4 malaikat untuk datang padanya.” Allah memerintahkan: Malaikat pertama untuk mengambil kekuatannya sehingga menjadi lemah. Malaikat kedua untuk mengambil rasa lazatnya makanan dari mulutnya. Malaikat ketiga untuk mengambil cahaya terang di wajahnya sehingga berubahlah wajah hamba yang sakit itu menjadi pucat pasi dan malaikat keempat untuk mengambil semua dosanya, maka jadilah hamba tersebut suci dari dosa. Tatkala Allah akan menyembuhkan hamba mukmin itu, Allah memerintahkan kepada malaikat 1, 2 dan 3 untuk mengembalikan kekuatannya, rasa lazat, dan cahaya di wajah sang hamba. Namun untuk malaikat ke 4, Allah tidak memerintahkan untuk mengembalikan dosa-dosanya kepada hamba mukmin. Maka bersujudlah para malaikat itu kepada Allah seraya berkata: “Ya Allah mengapa dosa-dosa ini tidak Engkau kembalikan?” Allah menjawab: “Tidak baik bagi kemuliaan-Ku jika Aku mengembalikan dosa-dosanya setelah Aku menyulitkan keadaan dirinya ketika sakit. Pergilah dan buanglah dosa-dosa tersebut”. “Tiada seorang mu’min yang ditimpa oleh lelah atau pe­nyakit, atau risau fikiran atau sedih hati, sampaipun jika terkena duri, melainkan semua penderitaan itu akan di­jadikan penebus dosanya oleh Allah”. (HR Bukhari-Muslim)

    sekian dari saya,mohon maaf apabila ada kesalahan kata,dan kurang lebihnya saya minta maaf.
    wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  155. Nama : Farah Sada Andina
    NIM : F1051211047
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I A2

    Subhanallah, sungguh sangat luar biasa kuasa Allah dalam menciptakan makhluk-Nya. Allah menciptakan malaikat agar dapat menyampaikan wahyu kepada nabi dan rasul, mencatat amalan manusia dari lahir sampai meninggal dunia, dan juga Allah menciptakan malaikat untuk beribadah serta menyembah kepada Nya. Berdasarkan salah satu hadist nabi Muhammad SAW, “Malaikat telah diciptakan dari cahaya.”
    Dan sebagaimana yang tercantum dalam rukun iman ke-2 kita sebagai umat muslim mesti mengamalkannya dan berperilaku yang baik. Yaitu dengan percaya kepada malaikat bahwa ada yang mengawasi dan mencatat setiap perbuatan baik dan buruk yang dilakukan serta selalu menjalankan perintah dari Allah SWT.

    BalasHapus
  156. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Melyani
    Nim: F1051211018
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelas: 1 A1

    Masyaallah, sangat luar biasa ciptaan Allah. Terutama Malaikat yang selalu taat dalam tugas yang di perintahkan allah. Malaikat adalah makhluk yang mulia dan malaikat di ciptakan dari cahaya.seperti malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu-nya Allah untuk di sampaikan kepada manusia. Jadi kita umat Islam harus menjalankan perintah Allah yang telah di sampaikan oleh malaikat dan tidak melanggar perintah Allah.

    Sekian komentar dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  157. Nama : Donny Arya Wijayanto
    NIM : F1071211051
    Kelas : 1-A2 (Semester 1)

    Bismillah

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    MasyaAllah, Maha Agung Allah yang telah menciptakan makhluknya mulai dari penciptaan Malaikat, setan, dan juga manusia. Malaikat yang diciptakan selalu taat kepada Allah karna malaikat tidak diberikan hawa napsu sedangkan setan merupakan sumber hawa napsu. Kita sebagai manusia senantiasa bersyukur dan taat akan perintah Allah karna kita sebagai makhluk ciptaannya yang mempunyai akal yang bisa digunakan untuk berpikir dan beribadah di jalan Allah.

    BalasHapus

  158. Nama: Kurnia Hendra Yani
    NIM: F1051211024
    Kelas: 1 A1 Reg.A
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Fakultas: Keguruan Ilmu dan Pendidikan

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Subhanallah makasih ilmunya pak
    Malaikat memang wajib kita imani karena beriman kepada malaikat juga merupakan salah satu dari keenam rukun iman yang dimana wajib dilaksanakan dengan perbuatan dan diyakini dalam hati.Maksudnya percaya adanya di ciptakannya malaikat walaupun dia tidak nampak .Malaikat diciptakan dari nur(cahaya) dimana selalu patuh dan taat pada perintah Allah.Malaikat ada banyak dan setiap malaikat memiliki tugas masing-masing yang telah diberikan dari Allah.Mereka mengerjakan tugas dengan baik dan taat pada Allah.Dari ribuan hingga jutaan malaikat kita sebagai seorang hamba hanya untuk mengetahui 10 malaikat dan tugas-tugasnya...

    Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus

  159. Nama : Sri Wulan Sari
    Nim : F1071211042
    Kelas :Reg 1A2
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masya Allah maha sempurna, Allah menciptakan malaikat dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Beriman kepada malaikat hukumnya wajib. Hal ini sudah terdapat dalam dalil naqli dari Alquran maupun hadist Nabi Muhammad SAW. Allah juga menciptakan syaiton yang menyesatkan dan menjerumuskan manusia. Menciptakan malaikat untuk mendorong manusia dalam kebaikan. Untuk melakukan perbuatan jahat atau berbuat baik di dalam diri seseorang ditimbang oleh manusia tersebut. Allah yang akan akan memberi keputusan. Keputusan akal menimbulkan kehendak (will) pada diri manusia yang bersangkutan. Kehendak itu bebas (will itu free) memilih mana yang akan dilakukan. Semoga kita selalu berada di jalan yang benar.

    BalasHapus
  160. Nama : Dwi Seftiany
    NIM : F1071211043
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg. A-2
    Semester : ganjil 2021/2022 (semester 1)

    Bismillah
    Masyaallah, setelah membaca karang di atas kita dapat bersyukur atas semua yang Allah beri kan. Allah menciptakan malaikat dari cahaya serta memberikan ketaatan yang sempurna. Iman kepada malaikat adalah mengimani keberadaan malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Iman kepada malaikat juga berarti mengimani tugas dan amalan yang diberikan Allah SWT kepada malaikat.
    Semoga kita selalu berada di jalan yang benar dan selalu melakukan kebaikan dan tidak tersesatkan oleh bisikan setan. Aamiinn
    Terima kasih atas ilmu yang bapak berikan. Ilmu tersebut benar-benar bermanfaat bagi kehidupan saya selanjutnya.

    BalasHapus
  161. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Alpina Damayanti
    NIM : F1071211041
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    MasyaAllah, Alhamdulillah terima kasih atas ilmunya pak. Benar bahwa kita seorang muslim wajib meyakini keberadaan malaikat. Allah menciptakan malaikat dari cahaya. Malaikat memiliki sifat gaib. Malaikat memiliki beberapa tugas salah satu nya menyampaikan Wahyu. Wahyu yang selama ini kita jadikan sebagai pedoman hidup. Sungguh sempurna ciptaan Allah.
    Meyakini para malaikat dapat menguatkan iman dan taqwa terhadap kebesaran Allah SWT. Adapun tugas dari para malaikat yaitu mencatat amal ibadah dan perbuatan baik buruk manusia semasa hidup yang akan di pertanggung jawabkan kelak.
    Semoga kita selalu mematuhi perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

    BalasHapus
  162. Bismillahirrahmanirrahim

    Nama : Sri Wahyu Ningsih
    NIM : F1051211002
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1 A1

    Masya Allah, sungguh mulia ciptaan Allah SWT yaitu Malaikat dimana ia diciptakan dari Cahaya, memiliki sifat yang selalu taat kepada penciptanya, tak memiliki nafsu, dan merupakan salah satu makhluk yang harus kita teladani dan kita percayai keberadaannya. Kita sebagai manusia wajib mengimani malaikat yaitu dengan selalu yakin adanya malaikat, Iman kepada malaikat adalah mempercayai dan meyakini bahwa Allah SWT telah menciptakan malaikat.
    Adapun ciptaan Allah yang lain yaitu setan yang diciptakan dari api yang memiliki sifat buruk dimana ia selalu membangkang atau tidak menuruti apa yang Allah perintahkan karena dirinya hebat sebab ia tercipta dari api, ia jugas selalu menyesatkan orang-orang, semoga saja kita dijauhi dari sifat ini dan dijauhi dari bisikan bisikan setan agar kita tidak melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

    Oleh karena itu semoga saja kita meneladani sifat-sifat malaikat yang senantiasa taat kepada Allah SWT, dan semoga saja kita senantiasa bersyukur atas apa yang diberikan kepada kita sebab kita adalah makhluk yang diberi akal yang berfungsi untuk berfikir. Dan semoga kita selalu dijauhi dengan setan.

    Sekian dari saya, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

    BalasHapus
  163. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Gadis Maghfirah
    NIM : F1052211007
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1B / PPAPK
    Semester :1

    MasyaAllah,apa yang dikata kan oleh bapak sangat benar dan bermanfaat sekali,
    Iman kepada malaikat wajib dipahami dan diamalkan semua umat Islam setiap hari.
    Meskipun Malaikat adalah hal yang gaib, makhluk yang tidak memiliki keistimewaan rububiyah dan uluhiyah.
    Tetapi, Allah SWT menciptakan malaikat untuk selalu taat kepada-Nya. Malaikat adalah satu-satunya mahluk yang paling yang taat kepada Allah SWT. Dan setiap malaikat memiliki tugas mereka masing-masing.


    Iman kepada malaikat berada pada rukun iman yang kedua.
    Iman kepada malaikat tertulis jelas dalam Q.S Al-Baqarah ayat 285.

    "Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya,"

    Sudah seharusnya sebagai Muslim mengimani adanya malaikat karena hal ini merupakan satu di antara landasan agama Islam.

    Sekian dan terimakasih dari saya.
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  164. Nama :Fuad Zairofi Prasetyo
    NIM :F1071211035
    Kelas/semester :Reg 1 A-2/semester 1
    Prodi :Pendidikan Biologi
    MasyaAllah sungguh Maha Besar Allah yang telah menciptakan dari yang berwujud sampai yang ghaib. Malaikat merupakan ciptaan Allah yang berasal dari Nur/cahaya, mereka memiliki tugas masing-masing yang telah ditentukan. Mereka taat dan patuh kepada Allah dan tidak memiliki nafsu, sudah sepatutnya kita sebagai kaum muslimin mengimani nya karena ini termasuk rukun iman kedua yaitu beriman kepada malaikat. Malaikat juga bertugas membisikkan halal baik kepada manusia, ada juga makhluk ghaib setan yang bertugas membisikkan hal-hal buruk kepada manusia.
    Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan selalu dihindarkan dari kesesatan.
    Sekian yang dapat saya sampaikan
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  165. Nama : Marseli
    NIM : F1071211047
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Semester : Ganjil
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Subhanallah, sungguh Allah SWT. Benar-benar Maha Bijaksana dalam penciptaan makhluk-makhluknya, Malaikat adalah ciptaan Allah yang luar bisa dengan kelebihan-kelebihannya tiada tandingan dari makhluk ciptaan Allah SWT lainnya. Dari membaca artikel yang Bapak tulis, membuat saya merasa sangat bersyukur karena bisa mengetahui betapa besarnya kuasa Allah dan mulianya malaikat ciptaan-Nya. Terima kasih Pak ilmunya, semoga menjadi amal jariyah bagi kita semua. Aamiin Allahumma aamiin.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  166. Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Fadhiilah Nur Jannah
    Nim : F1051211027
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas.1 A1

    MasyaAllah sungguh indah dan bagus sekali materi yg telah dijelaskan oleh bapak dan bahwa kita harus percaya atau yakin akan adanya malaikat disini. Iman kepada malaikat tertulis jelas dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 285.

    “ Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya.
    Dan disini kita bisa mengetahui tugas tugas apa yg di lakukan malaikat dan wujud apa yg bisa di miliki oleh malaikat. Kalau ada gerak di hati seseorang untuk berbuat jahat, itu tandanya manusia tersebut mendapat bisikan setan. Jika ia ingin berbuat baik, itu indikasi bahwa malaikat berhasil menyampaikan bisikannnya pada manusia yang bersangkutan.
    Sekian terima kasih,jika ada kesalahan mohon dimaafkan Wassalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  167. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama: Esty Kamalah
    NIM : F1051211020
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas: 1 A1

    Malaikat diciptakan dari cahaya oleh Allah untuk melakukan tugas-tugas tertentu yang telah diberikan kepadanya oleh Allah. Iman kepada malaikat adalah bagian dari Rukun Iman. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.
    Beriman kepada malaikat merupakan salah satu bentuk dari ketakwaan manusia kepada Allah SWT.,Memperkuat keimanan kepada Allah SWT.,dan senantiasa bersyukur kepada Allah SWT, bersyukur karena menyadari bahwa Allah sudah menciptakan malaikat untuk membantu segala kehidupan manusia.

    Sekian dari saya, terima kasih.
    Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  168. Bismillah

    Nama: Piyona
    NIM: F1051211037
    Prodi: pendidikn Fisika
    Kelas: I A2

    Jazaakillahu khairan ilmunya pak..
    Maa syaa Alloh sangat benar pak
    Malaikat juga merupakan Makhluk Ciptaan Allah yang Taat

    Allah menciptakan malaikat untuk taat kepada-Nya. Malaikat tidak pernah durhaka pada yang Allah perintahkan kepada mereka. Allah Ta’ala berfirman,

    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

    “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6)

    Ibnu Katsir berkata dalam kitab tafsirnya, “Ketika ada perintah dari Allah pada malaikat, mereka langsung segera melakukannya, mereka tidak menundanya walau sekejap mata pun. Mereka mampu untuk melakukannya, bukan tidak mampu menjalankannya.” (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 7:322).


    BalasHapus
  169. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Nama : Lidiya Rahmawati
    NIM : F1051211029
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA 2
    Hari/Tanggal : Selasa, 07 September 2021

    Alhamdulillah, MasyaAllah.
    Terimakasih banyak pak atas ilmu yang telah bapak sampaikan tentang keyakinan pada para malaikat.
    Saya sangat setuju dengan penyampaian bapak, bahwa malaikat adalah makhluk gaib yang tidak dapat ditangkap oleh manusia,tetapi dengan izin Allah Swt malaikat bisa menjelmakan dirinya seperti manusia. Allah Swt menciptakan malaikat dari cahaya,seperti hadist dari Aisyah ra , Nabi Muhammad Saw bersabda "Malaikat diciptakan dari cahaya dan jin diciptakan dari nyala api" (HR.Muslim)
    Malaikat merupakan ciptaan Allah Swt yang tidak memiliki keistimewaan rububiyah dan uluhiyah sehingga malaikat selalu taat dan patuh terhadap semua perintah Allah Swt serta tidak pernah dusta kepada Allah Swt.Dan malaikat adalah satu satunya makhluk yang paling taat kepada Allah Swt.
    Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Q.S.At - Tahrim Ayat 6 yang artinya " Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat malaikat yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah Swt terhadap apa yang telah diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."
    Malaikat diciptakan Allah Swt dengan jumlah yang banyak dan memiliki tugas yang berbeda-beda, maka dari itu kita sebagai manusia wajib beriman kepada malaikat, baik dalam hati, lisan maupun dalam perbuatan. Dan kita juga harus yakin bahwa malaikat selalu mengawasi kita.Sehingga kita harus menjaga perilaku kita dari hal-hal yang negatif dan banyak melakukan hal-hal positif serta selalu beribadah kepada Allah Swt.


    Sekian dari saya, mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan. Terimakasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  170. Nama : Sulistia Ningsih
    NIM : F1051211035
    Kelas : IA2
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Bissmillah, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terima kasih atas ilmunya pak, saya setuju dengan pendapat tersebut.
    Rasulullah SAW bersabda:

    "Allah menciptakan malaikat dari cahaya, menciptakan jin dari nyala api dan menciptakan Adam dari apa yang terlah disifatkan (dijelaskan) kepada kalian." (HR. Muslim).

    Dikutip dalam buku 'Rukun Iman' oleh Hudarrohman, malaikat bukan laki-laki dan bukan pula perempuan. Malaikat dibekali oleh Allah akal akan tetapi tidak memiliki nafsu. Malaikat juga menjadi makhluk Allah SWT yang paling taat, sebagaimana firman Allah dalam surat At-Tahrim ayat 6:

    يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ


    Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (Qs: At-Tahrim: 6)

    BalasHapus
  171. NAMA : LILI
    NIM : F1051211026
    PENDIDIKAN FISIKA
    Assalamualaikum wr.wb
    subhanallah begitu agung nya
    allah yang telah menciptakan
    sesuatu di dunia ini
    Dan begitu dahsyat bisikan
    setan yang bisa menyesatkan
    manusia hingga membawa
    manusia yang tidak mempunyai
    iman ke dlam perbuatan
    keji,semoga kita tidak
    terpengaruh dalam bisikkan
    setan semoga mempunyai iman
    yang tinggi
    Dan semoga kita tetap nerima
    kepada malaikat malaikat allah
    swt, aamiin ya robbal alamin

    BalasHapus
  172. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Feren Setya Ningsih
    NIM : F1051211044
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA2

    MasyaAllah, saya sangat setuju dengan yang bapak sampaikan.
    Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang memiliki kesamaan dengan manusia yaitu untuk beribadah kepada Allah.
    Malaikat sendiri harus diyakini keberadaannya, karena yakin dengan adanya malaikat termasuk rukun iman yang kedua. Malaikat diciptakan oleh Allah dari nur (cahaya). Malaikat diciptakan memiliki tugas yang telah diberikan oleh Allah.

    ”Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka Sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An Nisaa’: 136).

    Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kata-kata yang kurang berkenan.

    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  173. Nama : WIWIN SULISTYOWATI
    NIM : F1052211002
    Prodi/kelas : Pendidikan Fisika/PPAPK
    Hari/tanggal : Selasa, 7 September 2021.

    Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatu.
    Subhanallah Wallahu Akbar.
    Terima kasih banyak atas ilmu yang telah bapak sampaikan tentang keyakinan pada para malaikat. Saya sangat setuju dengan penyampaian materi bapak ini bahwa malaikat adalah makhluk gaib, tidak dapat ditangkap oleh panca indra manusia. Akan tetapi, dengan izin Allah SWT malaikat dapat menjelma dirinya seperti manusia. Allah maha besar begitu agung telah menciptakan manusia dan malaikat dan betapa hebatnya bisikan setan sehingga membuat manusia bisa tergoda dalam kemaksiatan yang keji. Setan bisa membuat manusia melakukan hal apapun yang bisa membuat manusia terjebak dalam rayuan dan melakukan apa yang dibisikkan olehnya. Dalam Q.S. Al-A'raf (7:20) terdapat bahwa setan membisikkan pikiran jahat mereka kepada manusia agar melihatkan aib/aurat manusia yang selama ini tertutup, dan setan juga berkata "Tuhanmu hanya melarang kamu berdua mendekati pohon ini, agar kamu tidak menjadi malaikat/tidak menjadi orang yang kekal di surga". Begitulah kejahatan setan dan malaikat dengan tugas-tugas yang hebat dapat menumbuhkan rohani kita sehingga kita bisa kuat dan dijauhkan dari godaan setan yang terkutuk. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

    وَمَا جَعَلْنَاۤ اَصْحٰبَ النَّا رِ اِلَّا مَلٰٓئِكَةً ۖ وَّمَا جَعَلْنَا عِدَّتَهُمْ اِلَّا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا ۙ لِيَسْتَيْقِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَيَزْدَا دَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِيْمَا نًا وَّلَا يَرْتَا بَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَا لْمُؤْمِنُوْنَ ۙ وَلِيَقُوْلَ الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ وَّا لْكٰفِرُوْنَ مَا ذَاۤ اَرَا دَ اللّٰهُ بِهٰذَا مَثَلًا ۗ كَذٰلِكَ يُضِلُّ اللّٰهُ مَنْ يَّشَآءُ وَيَهْدِيْ مَنْ يَّشَآءُ ۗ وَمَا يَعْلَمُ جُنُوْدَ رَبِّكَ اِلَّا هُوَ ۗ وَمَا هِيَ اِلَّا ذِكْرٰى لِلْبَشَرِ

    "Dan yang Kami jadikan penjaga neraka itu hanya dari malaikat; dan Kami menentukan bilangan mereka itu hanya sebagai cobaan bagi orang-orang kafir, agar orang-orang yang diberi kitab menjadi yakin, agar orang yang beriman bertambah imannya, agar orang-orang yang diberi kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu; dan agar orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (berkata), "Apakah yang dikehendaki Allah dengan (bilangan) ini sebagai suatu perumpamaan?" Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada orang-orang yang Dia kehendaki. Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu kecuali Dia sendiri. Dan Saqar itu tidak lain hanyalah peringatan bagi manusia." (Q.S. Al-Muddassir 74:31)

    Dari ayat tersebut dapat diketahui bahwa malaikat dipercaya oleh Allah dalam tugas-tugas yang telah Allah berikan kepadanya.
    Sekian dari pendapat yang bisa saya sampaikan maaf jika ada kesalahan kata dalam penulisan saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari salah dan dosa��
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatu ��

    BalasHapus
  174. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.
    Nama : Zuhdi
    NIM : F1051211040
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Hari/Tgl : Selasa, 7 September 2021

    Masya Allah, Beriman kepada malaikat-malaikat Allah merupakaan salah satu dari enam rukun iman yang wajib kita imani. Malaikat diciptakan Allah dengan jumlah yang banyak dan memiliki tugas yang berbeda-beda.Allah Swt. menciptakan malaikat sebagai makhluk gaib yang diutus untuk
    melaksakan segala perintah-Nya. Orang yang mengimaninya akan senantiasa menggunakan seluruh anggota tubuhnya untuk berhati-hati dari dalam berkata-kata dan berbuat. Allah SWT menciptakan para malaikat untuk mengerjakan tugas yang sudah di berikan Allah SWT. Tanpa melanggar atau menentang apa yg di berikan oleh Allah SWT. Kita sebagai manusia wajib meyakini adanya malaikat- malaikat ALLAH.

    BalasHapus
  175. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Putri Azmarani
    NIM : F1051211048
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Fakultas : Universitas Tanjungpura
    Kelas : 1A-2
    Semester : 1

    Bismillahirrahmanirrahim. Saya sangat setuju dengan apa yang telah bapak sampaikan. Masya Allah. Sangat bermanfaat ilmu yang telah disampaikan. Dengan keyakinan terhadap Malaikat Allah. Terdapat juga pada
    Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

    (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 285)


    اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَاۤ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِا للّٰهِ وَمَلٰٓئِكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ ۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَا لُوْا سَمِعْنَا وَاَ طَعْنَا غُفْرَا نَكَ رَبَّنَا وَاِ لَيْكَ الْمَصِيْرُ
    aamanar-rosuulu bimaaa ungzila ilaihi mir robbihii wal-mu-minuun, kullun aamana billaahi wa malaaa-ikatihii wa kutubihii wa rusulih, laa nufarriqu baina ahadim mir rusulih, wa qooluu sami'naa wa atho'naa ghufroonaka robbanaa wa ilaikal-mashiir

    "Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), "Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya." Dan mereka berkata, "Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali."

    Sekian dari pendapat saya. Saya ucapkan terimakasih dan maaf jika ada salah kata. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  176. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Sulistyawati
    Nim: F1051211054
    Kelas: 1A-2

    MasyaAllah terima kasih atas ilmunya pak, kita sebagai muslim sudah dituntut untuk yakin dan percaya bahwa malaikat itu ada, dirukun iman juga sudah ada di cantumkan yaitu iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT. Allah SWT benar benar maha besar dalam menciptakan segalanya, Sungguh kuat bisikan bisikan setan sehingga masih banyak yg melakukan hal yg sesat, semoga kita selalu dalam keadaan beriman agar kita tidak tergoda dengan bisikan bisikan setan yg dapat menyesatkan.

    Mohon maaf jika ada kesalahan, Terima kasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  177. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Nama: Wafik Azizah
    Nim:F1051211053
    Prodi: pendidikan fisika
    Kelas: lA-2

    Masyaallah, terimakasih atas ilmunya, Dari penjelasan bapak diatas tentu kita tau bahwa beriman kepada malaikat merupakan hal wajib, karena kita sebagai manusia harus meyakini bahwasanya malaikat ada dan senantiasa mengawasi kita. Dengan mengingat hal tersebut kita senantiasa manjauh dari hal-hal yang dilarang Allah SWT, Iman kepada malaikat tertulis jelas dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 285.

    “ Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya….”

    Sekian dari saya, terimakasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  178. Nama: VERA EVRIANI
    NIM:F1051211007
    Kelas:1A1
    Prodi: PENDIDIKAN FISIKA
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Izinkan saya menyampaikan pendapat saya pak,

    Saya sangat setuju dengan pendapat yang bapak sampaikan mengenai keyakinan kepada malaikat.

    Telah kita ketahui bersama jika iman kepada malaikat tertulis jelas dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 285.

    “ Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya….”

    Selain itu, dalam sebuah riwayat hadis juga dijelaskan jika umat muslim ingkar terhadap keberadaan malaikat maka dikatakan telah keluar dari Islam.
    Allah berfirman “ barangsiapa yang kafir kepada Allaf, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An-Nisa’: 136).

    Allah Swt. menciptakan malaikat dari cahaya serta memberikan ketaatan yang sempurna serta kekuatan untuk melaksanakan ketaatan tersebut.
    Allah telah berfirman dalam surat Al-Anbiya’ ayat 19-20 yang artinya,

    “ Para malaikat yang ada di sisi-Nya, mereka tidak angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.”

    Setelah mengetahui perintah tentang beriman kepada malaikat, maka kita sebagai umat manusia(umat muslim) juga harus tau hal mendasar tentang malaikat itu sendiri.
    Dibawah ini, saya cantumkan tentang tugas malaikat yang wajib kita ketahui.

    Tugas-tugas malaikat(yang wajib kita ketahui):
    Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu Tuhan.
    Malaikat Mikail bertugas membagi rezeki.
    Malaikat Israfil bertugas meniup terompet sangkakala di hari kiamat dan hari kebangkitan.
    Malaikat Izrail bertugas emncabut nyawa manusia.
    Malaikat Raqid-Atid bertugas mencatat amal manusia. Setiap manusia dijaga oleh dua malaikat di sisi kanan dan sisi kirinya.
    Malaikat Munkar-Nakir bertugas memberikan pertanyaan di alam kubur.
    Malaikat Malik bertugas menjaga neraka.
    Malaikat Ridwan bertugas menjaga surga.

    Beriman kepada malaikat Allah SWT. tentu saja memiliki hikmah, berikut hikmah yang dapat saya dan teman-teman sekalian, maupun orang lain dapatkan ketika beriman kepada malaikat Allah SWT.

    Hikmah iman kepada malaikat:
    Dengan memercayai adanya malaikat, maka manusia akan senantiasa mengetahui keagungan Tuhan Allah Swt., kekuatan-Nya, dan kekuasaan-Nya. Kebesaran mahluk pada hakikatnya adalah bukti dari keagungan Tuhan Sang Pencipta.
    Hikmah kedua adalah manusia senantiasa mensyukuri nikmat yang Allah berikan. Sebab manusia sadar bahwa ada malaikat yang selalu membersamainya untuk mencatat segala amal perbuatanya.
    Hikmah iman kepada malaikat yang ketiga adalah semakin taat dan cinta kepada Allah Swt. Sehingga sebaik mungkin meniru sifat malaikat meskipun tidak akan pernah bisa sempurna.

    Sungguh perintah untuk beriman atau yakin kepada malaikat telah jelas tertuang di dalam Al-Qur'an. Dan tugas kita sebagai manusia adalah seharusnya percaya dan yakin bahwa malaikat itu ada. Beriman berarti percaya. Beriman kepada malaikat berarti percaya ada nya penciptaan malaikat. Percaya dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan dilakukan dengan perbuatan.
    Sekian dari saya, terimakasih pak
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  179. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Nama : Elika Agustin
    Nim : f1051211041
    Prodi : pendidikan fisika
    Kelas : 1A 2

    Masyaallah, terimakasih banyak atas ilmunya pak🙏
    Saya sangat setuju dengan bapak karena Mengimani malaikat Allah SWT adalah salah satu kewajiban bagi setiap umat Muslim. Terlebih, iman kepada malaikat merupakan poin ke-2 dari 6 Rukun Iman dalam Islam. Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang diciptakan dari nur atau cahaya. Malaikat memiliki akal dan tidak memiliki nafsu. Mengimani malaikat berarti meyakini adanya makhluk yang senantiasa bertasbih kepada Allah SWT, tidak pernah membangkang, dan selalu menuruti perintah Allah SWT.Tidak ada yang mengetahui jumlah pasti Malaikat selain Allah SWT. Pada umumnya, umat Muslim wajib mengimani 10 malaikat yang bertugas sesuai perintah-Nya. Allah SWT berfirman dalam Alquran surat Al Anbiyaa ayat 26-27 yang berbunyi:“Sebenarnya (malaikat-malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan, mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.” (QS. Al-Anbiyaa’: 26-27)

    BalasHapus
  180. nama:muhammad abrorza alruni
    NIM:f1051211023
    KELAS:1a1
    MasyaAllah, saya sangat setuju dengan yang bapak sampaikan.
    Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang memiliki kesamaan dengan manusia yaitu untuk beribadah kepada Allah.
    Malaikat sendiri harus diyakini keberadaannya, karena yakin dengan adanya malaikat termasuk rukun iman yang kedua. Malaikat diciptakan oleh Allah dari nur (cahaya). Malaikat diciptakan memiliki tugas yang telah diberikan oleh Allah.

    Telah kita ketahui bersama jika iman kepada malaikat tertulis jelas dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 285.

    “ Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya….”

    Selain itu, dalam sebuah riwayat hadis juga dijelaskan jika umat muslim ingkar terhadap keberadaan malaikat maka dikatakan telah keluar dari Islam.
    Allah berfirman “ barangsiapa yang kafir kepada Allaf, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An-Nisa’: 136).
    wassalamualaikum warah matullah wabarakatuh

    BalasHapus
  181. Nama:Neli
    NIM : F1051211049
    Prodi: pendidikan fisika

    Saya sangat setuju dengan bapak,karena Allah SWT menciptakan malaikat dari cahaya serta memberikan ketaatan yang sempurna serta kekuatan untuk melaksanakan ketaatan tersebut tercantum dalam firman Allah SWT dalam surat Al-Anbiya’ ayat 19-20 yang artinya:"Para malaikat yang ada di sisi-Nya, mereka tidak angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya."

    BalasHapus
  182. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Nur Annisa
    Nim: F1071201002
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1 A-1

    Masyaa Allah,sungguh besar keagungan Allah yang telah menciptakan semua makhluknya dengan penuh kasih sayang. Diantara kebesaran Allah telah menciptakan malaikat yang harus kita yakini baik dengan lisan, hati, dan juga tindakan kita. Dimana rukun iman ini termasuk iman kedua. Hal ini harus kita yakini sampai kehidupan dunia ini berakhir dan semuanya kembali kepada Allah SWT. Allah juga telah menciptakan manusia dengan mempunyai akal dan nafsu, karena itu kita biasanya sering tergoda oleh syetan yang senantiasa menuntun kita bersama menuju neraka. Syetan jugalah yang menyebabkan Nabi Adam AS bersama Siti Hawa istrinya keluar dari surga Allah, karena kedua telah melanggar apa yang ditetapkan oleh Allah. Syetan juga telah berjanji kepada Allah akan menggoda anak cucu Adam hingga akhir zaman, sedangkan jika merasa ada yang menuntun kita berbuat kebaikan niscaya itu bisikkan malaikat makhluk ciptaan Allah yang senantiasa taat terhadap perintah Allah. Semoga apa yang kita pelajari hari ini menjadi keberkahan didalam hidup kita dan semoga kita semakin yakin akan kebesaran Allah dalam menciptakan makhluknya, serta kita dapat meningkatkan keimanan kita seperti halnya para malaikat yang senantiasa taat dengan perintah-Nya. Aamiin...
    Perintah untuk mengimani adanya malaikat telah tercantum dalam Al-Quran:

    “Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya," (QS. Al-Baqarah – Ayat 285).

    BalasHapus
  183. Bismillahirrahmanirrahim...
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Tiara Tis'atun Hasanah
    NIM/Kelas : F1072211001/1-B
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Semester : Semester 1 (ganjil)

    MasyaAllah begitu mulia dan agungnya Allah yang telah menciptakan sesuatu yang ada di dunia ini bahkan yang burwujud serta yang ghaib sekalipun. Dan bahkan Allah telah menciptakan malaikat yang berasal dari nur(cahaya), malaikat juga telah memiliki tugasnya masing-masing yang sudah ditentukan. Kita sebagai seorang yang beragama islam/muslim sebaiknya kita bisa mengimaninya, karena iman kepada malaikat termasuk rukun iman yang ke 2, serta malaikat juga memiliki tugas untuk menyampaikan hal-hal yang baik kepada umatnya sedangkan setan memiliki tugas untuk menyesatkan manusia, sehingga membawa kita yang tidak mempunyai iman ini kepada perbuatan yang jahat/keji.

    Terimakasih atas ilmu yang sangat bermafaat yang telah bapak berikan melalui blog ini.

    BalasHapus
  184. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama: Yuri Aniasari
    NIM : F1051211042
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelas : 1A 1

    Masyaallahh...Saya sangat setuju dengan bapak, Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan dari nur (cahaya) dan secara khusus untuk menjalankan semua perintah-Nya tanpa dapat bermaksiat kepada-Nya. Di antara mereka berperan sebagai utusan-utusan Allah (rusul) untuk tugas-tugas tertentu.

    Sebagai salah satu rukun iman, seorang yang mengaku dirinya Muslim harus meyakini dan beriman kepada malaikat yang diciptakan Allah SWT. “Rasul telah beriman kepada Alquran yang diturunkan kepadanya dari Tuhan-Nya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan), ‘Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya’ dan mereka mengatakan, ‘Kami dengar dan kami taat.’ (Mereka berdoa) ‘Ampunilah kami, ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.” (QS al-Baqarah [2]: 285).

    Terima kasih atas ilmunya pak semoga kita senantiasa beriman kepada malaikat ciptaan Allah

    Sekian dari saya , wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  185. Nama : Nia Amalia Pradana
    NIM : F1072211006
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg B/PPAPK

    Masyaallah tabarakallah, terimakasih atas ilmu yang bapak berikan. Sungguh agung ciptaanmu Ya Allah. Engkau menciptakan mereka dari cayaha untuk senantiasa untuk taat kepada engkau, dan selalu melaksanakan perintah dari Allah. Malaikat mempunyai berbagai tugas sesuai pembagiaannya. Tujuan utamanya yaitu jelas berhubungan langsung dengan penumbuhan dan pengembangan rohani manusia. Itulah sebabnya kita wajib beriman kepada malaikat. Beriman kepada malaikat ini termasuk rukun iman yang ke 2.
    Hikmah beiman kepada malaikat :
    • Merupakan salah satu bentuk dari ketakwaan manusia kepada Allah SWT.
    • Memperkuat keimanan kepada Allah SWT.
    • kerap akan selalu mendoakan dan selalu memaafkan untuk orang lain.
    • Orang yang beriman kepada malaikat senantiasa dijauhkan untuk berbuat dosa.
    • Senantiasa bersyukur kepada Allah SWT, bersyukur karena menyadari bahwa Allah sudah menciptakan malaikat untuk membantu segala kehidupan manusia.
    • Menubuhkan perasaan senang untuk beramal soleh. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Terima kasih atas ilmunya bapak, Sekian dari saya kurang dan lebihnya saya mohon maaf
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  186. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Lusiana Saputri
    Nim : F1051211021
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : A1A

    MasyaAllah, memang benar malaikat ini wajib kita imani atau percayai karena Allah telah menciptakannya beserta dengan tugas-tugasnya. Adapun makhluk ghaib lain yang Allah ciptakan yaitu setan. Setan mengajak manusia dalam kesesatan. Hingga manusia yang tidak mempunyai iman yang kuat akan terjerumus kejalannya. Ada baiknya kita sebagai manusia ini selalu beriman kepada Allah dan para malaikatnya.
    Sekian pendapat dari saya,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  187. Nama : Ezi Suriani
    Nim : F1051211008
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Hari/tanggal : Selasa/7 September 2021

    Dalil Aqli
    1.Menerapkan sifat malaikat, seperti selalu menjalankan perintah Allah SWT, mempercayai dan meyakini malaikat-malaikat yang wajib kita kenal.
    2.Mempercayai bahwa malaikat itu ada karena dulu al qur’an di ciptakan Allah dan diberikan kepada Rasulullah melalui perantaraan malaikat jibril

    Dalil naqli
    Surah An-Nisa Ayat 136
    ”Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka Sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An Nisaa’: 136)
    Sekian terima kasih
    Wassalamua'laikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  188. Nama : Auliasyura Lestari
    NIM : F1051211009
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1 A1

    Masyaallah, sangatlah agung para malaikat-malaikat Allah
    Kita sebagai manusia wajib mengimani adanya Malaikat seperti yang sudah disebutkan pada rukun iman yang ke-2.
    Malaikat. Malaikat selalu taat terhadap perintah Allah dan selalu menjalankan apa yang Allah perintahkan. Kita sebagai manusia pun hendaklah selalu menaati perintah Allah.
    Malaikat itu jumlahnya banyak sekali dan memiliki tugas nya masing-masing.
    Sungguh luar biasa kuasa Allah terhadap apa yang diciptakan-Nya

    BalasHapus
  189. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Dita Puspita
    NIM : F1051211001
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I A1

    Subhanallah, terimakasih atas ilmunya pak. Pembahasan mengenai iman kepada malaikat serta sifat dan tugas para malaikat Allah membuat hati saya sangat tenang. Iman kepada para malaikat merupakan rukun iman yang kedua. Dengan keyakinan pada para malaikat, bahwasanya kita akan ingat bahwa Allah SWT selalu melihat kita dan segala tindakan yang kita lakukan baik atau buruk. Hal itu dicatat oleh malaikat.

    Begitu agungnya Allah telah menciptakan malaikat yang dapat menggerakkan, menumbuhkan dan mengembangkan kerohanian kita sehingga kita bisa menuju arah kebaikan.

    Sekian pemaparan yang dapat saya sampaikan, terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  190. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Nama :Sidik Wijaya
    NiM : F1051211046
    PRODI : Pendidikan Fisika
    Fakultas : keguruan dan ilmu Pendidikan

    Saya sangat satuju, beriman akan adanya malaikat merupakan rukun iman yang ke 2. Rukun Rukun iman wajib di imani oleh setiap muslim, hal tersebut dijelaskan dalam sebuah firman Allah sebagai berikut :
    Iman kepada malaikat tertulis jelas dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 285.

    “ Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya….”

    Allah berfirman “ barangsiapa yang kafir kepada Allaf, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An-Nisa’: 136).

    Allah telah berfirman dalam surat Al-Anbiya’ ayat 19-20 yang artinya,

    “ Para malaikat yang ada di sisi-Nya, mereka tidak angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.”
    ( mohon maaf Pak saya terlambat ada masalah di HP saye lagi di perbaiki

    BalasHapus
  191. Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatu

    Nama:Wanda pramita lestari
    Kelas:Ppak b
    NIM :F1072211013
    Prodi:pendidikan biologi
    Fakultas :FKIP

    iman kepada malaikat adalah mengimani keberadaan malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Iman kepada malaikat juga berarti mengimani tugas dan amalan yang diberikan Allah SWT kepada malaikat.

    BalasHapus
  192. Nama : selvi
    NIM: F1051211043
    Subhanallah begitu agungnya Allah menciptakan manusia dan begitu dahsyat nya bisikkan setan sehingga kita tergoda dalam perbuatan maksiat dan keji
    Semonga kita selalu di berikan "jalan yg lurus yaitu jln orng" yg engkau berikn nikmat bukan jln mereka yg sesat" dn semonga kita mendapatkan iman yang kuat sehingga kita tidk terpengaruh terhadap godaan setan .

    BalasHapus
  193. Nama : Muhammad Rijani
    NIM : F1051211019
    Kelas : I A1
    Prodi : pendidikan fisika Allah Maha Besar yang telah menciptakan seorang malaikat dengan nur yang ditugaskan untuk memberikan pengaruh positif kepada umat manusia, dan Maha Besar Allah yang telah menciptakan setan dengan api yang dapat mempengaruhi pikiran manusia untuk menjauh dari Allah. Jadi apabila seseorang telah berperilaku buruk, dan mendatangkan keburukan maka ia sudah mengikuti perbuatan setan. semoga kita semua termasuk orang orang yang dilindungi oleh Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk.

    BalasHapus
  194. Nama : Wanda pramita lestari
    NIM : F1072211013
    Prodi : Pendidikan biologi
    Kelas : Ppak

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu


    Mengimani malaikat Allah SWT adalah salah satu kewajiban bagi setiap umat Muslim. ... Malaikat memiliki akal dan tidak memiliki nafsu. Mengimani malaikat berarti meyakini adanya makhluk yang senantiasa bertasbih kepada Allah SWT, tidak pernah membangkang, dan selalu menuruti perintah Allah SWT.

    BalasHapus
  195. Bismillahirrahmanirrahim..
    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    NAMA : AULIA ANISA
    NIM : F1071211045
    PRODI : PENDIDIKAN BIOLOGI
    KELAS : REGULER 1-A2
    SEMESTER : 1
    ASAL SEKOLAH : SMA NEGERI 9 PONTIANAK

    MasyaAllah, Allah Yang Maha Agung yang telah menciptakan seluruh hal di dunia ini dengan luar biasa.

    Semoga kita mempunyai iman yang kokoh agar tidak terpengaruh dalam bisikkan buruk setan, dan semoga kita selalu didekati dan oleh para malaikat Allah SWT yang senantiasa membisikkan hal baik, Aamiin, Aamiin ya Robbal Alamin..

    BalasHapus
  196. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh
    Nama: Harun Asyrofi
    NIM: F1071221059
    Kelas: 1-A1
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masyaallah... Allah telah menciptakan Malaikat dari cahaya dan disertai sifat yang selalu taat dan patuh kepada perintah Nya. Malaikat -Malaikat dengan tugasnya masing-masing telah diciptakan sedemikian rupa oleh Allah SWT. Oleh karena itu,kita sebagai manusia harus meyakini keberadaannya. Semoga dengan membaca blogspot ini dapat meningkatkan keyakinan dan keimanan kita yaitu iman kepada malaikat dandapat bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  197. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Nova Siswanti Adtya
    NIM : F1071221003
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Masya Allah tabarakallah, ilmu yang bermanfaat sekali bagi kita semua,
    Allah telah menggambarkan para malaikat sebagai makhluk terhormat dan patuh. Maka dari itu kita harus mempercayai adanya malaikat agar dapat meningkatkan keimanan. Kewajiban untuk percaya kepada malaikat dinyatakan dengan tegas oleh Allah dalam firman-Nya di dalam al-Qur'an surat al-Baqarah (2) ayat 177.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN