Rukun Islam ke 2 (Sholat) - Ustadz H. Ma'ruf Zahran, S.Ag, M.Ag

Rukun Islam ke 2 (Sholat)
Oleh : Ustadz H. Ma'ruf Zahran, S.Ag, M.Ag 

    Salat secara bahasa artinya doa. Doa terhubung kepada Allah SWT kalau tersambung. Untuk bisa tersambung, ada syarat dzahir, ada syarat batin. Dalam kedua syarat itu ada tiga rukun. Rukun qauli (perkataan), rukun fi'li (perbuatan), rukun qalbi (hati). Didalam ketiga rukun tersebut, ada hukum wajib dan hukum sunnah didalam salat. Rukun qauli adalah bacaan2 dalam salat. Rukun fi'li adalah gerakan salat, sedang rukun qalbi adalah niat karena Allah (lillah) ikhlas mendirikan salat. Memenuhi hukum wajib, sunnah dan adab - adab salat. Menepati waktu salat juga penting. Afdal diawal waktu, kemudian rentang waktu antara salat yang satu dengan yang lainnya adalah waktu yang dibolehkan mendirikan salat. Waktu salat subuh adalah terbit fajar hingga terbit matahari. Waktu salat dzuhur sejak tergelincirnya matahari yang tegak diwaktu siang hingga tiba waktu Asar, begitu seterusnya. Waktu salat tersebut mengandung hikmah mengawal peredaran galaksi dengan planet - planet, menjaga langit dan bumi, mengganti malam menjadi, dan siang menjadi malam, dengan Allahu akbar. Akbarnya Allah tidak terkira - kira.
    Hikmah salat menyadarkan manusia kepada posisi kehambaan yang pada hakikatnya tiada. Jika ada diadakan, kuasa dikuasakan, kuat dikuatkan oleh Allah SWT. Sebab, setinggi - tinggi penyerahan diri kepada Allah SWT adalah kerendahan hamba dihadirat Allah ketika salat. Minta tolonglah kamu kepada Allah dengan sabar dan salat. Dan sesungguhnya (ketiga itu) berat, kecuali orang yang khusyu. Yaitu orang - orang yang yakin akan perjumpaan dengan Tuhannya, dan sungguh mereka pasti dikembalikan kepada Tuhannya (Al Quran). Kriteria salat yang khusyu' adalah mengikuti sunnah Rasul melalui sunnah qauliyah dan fi'liyah. Dasar pengantar salat khusyu' adalah doa dan sabar. Totalitas penyerahan diri (muslim) kepada Allah SWT ada di dalam salat, melalui bacaan, gerakan dan hati. Hikmah terbesar adalah mendirikan agama. Siapa yang meninggalkan salat, berarti meruntuhkan agamanya (Hadits). Jika syahadat ibarat pondasi, maka salat ibarat tiang dalam bangunan rumah. Lebih dari itu, salat menenangkan jiwa, karena dekat dengan Penciptanya. Selamat kuliah virtual.

Komentar

  1. Nama: Linda Rahmawati
    NIM: F1071201047
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Semoga kita semua selalu Istiqomah dalam menjalankan sholat lima waktu, aamiin

    BalasHapus
  2. Nama : Filza Asqurini
    Nim : F1071201046
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Sholat 5 waktu sehari yang Allah syariatkan untuk menjadi sarana interaksi antara Allah dengan seorang muslim di mana ia bermunajat dan berdoa kepada-Nya. Juga untuk menjadi sarana pencegah bagi seorang muslim dari perbuatan keji dan mungkar sehingga ia memperoleh kedamaian jiwa dan badan yang dapat membahagiakannya di dunia dan akhirat. Sholat merupakan tiang agama. Ia sebagai rukun terpenting Islam setelah dua kalimat syahadat. Seorang muslim wajib memeliharanya semenjak usia baligh (dewasa) hingga mati. Ia wajib memerintahkannya kepada keluarga dan anak-anaknya semenjak usia tujuh tahun dalam rangka membiasakannya. Allah ta’ala berfirman:
    ''Sesungguhnya Shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman (An Nisa: 103)"
    Seandainya seorang muslim menunda-nunda sekali salat saja dari ketentuan waktunya hingga keluar waktunya tanpa alasan yang dibenarkan syariat di luar keinginannya maka ia telah melakukan dosa besar. Ia harus bertaubat kepada Allah dan tidak mengulangi lagi.
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Nama : Azijah
    Nim : F1071201042
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masya Allah. Shalat merupakan kewajiban bagi umat muslim dari mulai ia baligh dan meninggalkannya adalah suatu dosa besar. Semoga Allah memaafkan kesalahan yang lalu, dan menerima shalat kita.

    Terima kasih pak atas ilmu yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Nama: Wiwin Saraswati
    NIM:F1071201055
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: I-A2

    Terimakasih Pak atas ilmunya.
    Sungguh kita sebagai umat muslim harus taat beribadah, sebagaimana sholat 5 waktu yang telah menjadi kewajiban kita. Sholat adalah tempat kita menyembah Allah, meminta pertolongan, dan tempat dimana kita menceritakan apa yang menjadi keluh kesah dalam diri kita. Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang lalai dalam beribadah. Aamiin

    BalasHapus
  5. Nama : Mas Akhbar Faturrahman
    NIM : F1071201053
    Kelas : I-A2
    Program Studi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Terima kasih atas ilmunya yang bermanfaat, pak. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat Muslim untuk senantiasa melakukan sholat 5 waktu yang telah menjadi keseharian kita di kehidupan yang tak kekal ini karena sesungguhnya kekekalan hanyalah milik Allah SWT., semoga kita menjadi orang yang rajin dalam melakukan ibadah dan selalu mengingat bahwa kita hanyalah makhluk yang diciptakan Allah untuk beribadah kepadanya.

    BalasHapus
  6. Nama : jihan shakina nilanti
    NIM : F1071201057

    Masya allah makasih pak ilmu nya yang bermanfaat, sholat merupakan kewajiban bagi umat islam, jika kita meninggalkan nya adalah kesalahan besar bagi umat islam dan mendapatkan dosa

    BalasHapus
  7. Nama: nufitasari
    nim :F1071201048
    Prodi: pendidikan biologi

    Masyaallah terimakasih banyak pak atas ilmu yang sangat berguna
    Sholat lima waktu sudah menjadi kewajiban kita sebagai muslim semoga kita bisa selalu melaksanakan sholat lima waktu(amin)

    BalasHapus
  8. Nama : Siti Nurhasanah
    Nim: F1071201039
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas (1-A2)

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Terimakasih pak atas ilmu yang telah bapak berikan kepada kami.
    Belajar mengenai rukun Islam merupakan wajib hukumnya bagi umat muslim. Tak terkecuali pada anak-anak.Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan". (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
    Rukun Islam yang kedua, yaitu dengan mendirikan salat sebagai bentuk ibadah kepada Allah.
    MasyaAllah, dalam islam sholat 5 waktu adalah hal yg wajib. Sungguh indah islam, islam rahmatan lil'alamin.

    BalasHapus
  9. Nama : Nur Afifah Fitriana
    NIM : F1071201040
    Prodi : Pendidikan Biologi [I-A2]

    Mendirikan sholat adalah untuk mencegah perbuatan keji dan mungkar. Betapa banyak keutamaan mendirikan sholat. Dalam ilmu kesehatan juga dijelaskan di setiap gerakan sholat memiliki fungsi yang baik untuk tubuh kita. Dalam hisab/perhitungan amal ibadah yang pertama kali yaitu perhitungan/hisab sholat. Jika sholat kita sudah betul yang artinya dalam segi bacaan,penghayatan,juga gerakan insyaallah pribadi kita juga baik.
    Terimakasih atas ilmunya pak
    Jazakallah khair

    BalasHapus
  10. Nama : Fadhelia Maudy
    NIM : F1071201032
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Subhanallah, salat adalah kewajiban utama kita sebagai seorang muslim, salat adalah cara manusia untuk berserah diri. Semoga kita sebagai manusia selalu ingat akan kewajiban kita yaitu menjalankan salat 5 waktu. Aamin

    BalasHapus
  11. Nama : Agus Kurniasi
    Nim : F1071201038
    Kelas : A2
    Prodi : pendidikan biologi

    Bismillahirahmanirrahim,
    Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Sholat merupakan hal yang wajib dilaksanakan bagi seluruh umat islam, dalam sholatlh kita bisa mengadu pada Allah, bercerita keluh kesah , saat resah tulaikn lh sholatt maka semua kesusahan yang kita rasakan Insyaallah menjadi kemudahan tentunya jika Allah menghendaki.
    Sholat terbagi jadi 5 waktu yang pertama subuh, kedua dzuhur, ketiga Ashar , keempat Maghrib, kelima Isya. Semua ini harus kita laksanakan, bahkan dari kecil pun kita harus sudah membiasakan yang namanya Sholat.

    Terimakasih pak,
    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  12. Nama : Putri Shaumi Ramadhaniah
    NIM : F1071201036
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas: I-A2

    Nama : Putri Shaumi Ramadhaniah
    NIM : F1071201036

    Shalat adalah ibadah yang sangat penting, dalam rukun Islam Shalat terdapat dinomor dua setelah syahadat. Selain itu, shalat adalah suatu bentuk bukti pengabdian diri kita kepada Allah Dzat Yang Maha Kuasa.
    Terimakasih atas ilmunya pak...

    BalasHapus
  13. Nama : Inne Aqmarina Filza
    NIM : F1071201031
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    MasyaAllah, sungguh kita sebagai umat muslim harus selalu taat beribadah kepada Allah SWT. jangan pernah meninggalkan sholat karena sholat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim jika kita meninggalkan sholat maka kita akan mendapatkan dosa.
    Terimakasih atas ilmu yang telah bapak berikan

    BalasHapus
  14. Nama : Nasreen Nischka Minderman
    NIM : F1071201026
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    Masya allah ilmu nya sangat bermanfaat. Dalam Islam, salat adalah tiang agama. Karena itulah, mendirikan salat lima waktu merupakan rukun Islam yang kedua dan wajib dikerjakan bagi setiap Muslim.
    Hikmah salat menyadarkan manusia kepada posisi kehambaan yang pada hakikatnya tiada. Jika ada diadakan, kuasa dikuasakan, kuat dikuatkan oleh Allah SWT. Sebab, setinggi - tinggi penyerahan diri kepada Allah SWT adalah kerendahan hamba dihadirat Allah ketika salat.
    Terima kasih bapak atas ilmunya.

    BalasHapus
  15. Nama : Azfa Fadhilah
    NIM : F1071201044
    Kelas : I-A2
    Program Studi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat Muslim untuk senantiasa melakukan sholat wajib 5 waktu, akan lebih baik lagi disertai dengan sholat sunnah. Semoga kita semua dapat menjaga sholat kita, aamiin.
    Terimakasih ilmu nya Pak.

    BalasHapus
  16. Nama :Ananda Dwi Putri
    NIM:F1071201012
    Prodi:Pendidikan Biologi
    Kelas:1-A1
    MasyaAllah terimakasih atas ilmunya pak. Hikmah salat menyadarkan manusia kepada posisi kehambaan yang pada hakikatnya tiada. Jika ada diadakan, kuasa dikuasakan, kuat dikuatkan oleh Allah SWT. Sebab, setinggi - tinggi penyerahan diri kepada Allah SWT adalah kerendahan hamba dihadirat Allah ketika salat.Jika syahadat ibarat pondasi, maka salat ibarat tiang dalam bangunan rumah. Lebih dari itu, salat menenangkan jiwa, karena dekat dengan Penciptanya.

    BalasHapus
  17. Nama : Nuruliza Nabila
    NIM : F1071201050
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2
    Masya allah terimakasih atas ilmunya pak, semoga kita dapat senantiasa menjaga sholat kita baik itu sholat wajib maupun sholat sunah

    BalasHapus
  18. Nama : Erni Sulistiyowati
    NIM : F1071201049
    Prodi : Pendidikan biologi
    kelas : I-A2
    MasyaAllah, terima kasih banyak atas ilmunya yang bermanfaat. Melaksanakan sholat 5 waktu berarti kita telah membuat tiang agama kokoh berdiri dan sebagai bentuk penghambaan kita kepada Sang Pencita. Manusia tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan semua kenikmatan yang telah diberi oleh-Nya. Beruntunglah kita yang masih bisa sholat, sedangkan di luar sana masi banyak manusia yang meminta Allah untuk dikembalikan ke dunia agar ia bisa sholat. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menjadi pengingat bagi saya sendiri untuk bisa melaksanakan sholat dengan baik.

    BalasHapus
  19. Nama:Alda
    NIM:F1071201015
    Prodi:Pendidikan Biologi
    Kelas:I-A1

    MasyaAllah, terimakasih pak atas ilmunya.Sholat merupakan hal yang wajib dilaksanakan bagi seluruh umat islam, saat sholat lah tempat kita mengadu kepada Allah, bercerita tentang apa yang kita rasakan, keluh kesah kita, saat dalam kegundahan dengan sholat hati kita menjadi lebih tenang. semua kesusahan yang kita rasakan Insyaallah akan diberi kemudahan jika Allah menghendakinya.

    BalasHapus
  20. Nama: Bagus Pratomo Nusantoro
    NIM:F1071201025
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: I-A1

    Masya Allah barakallah salat merupakan rukun Islam tanpa salat maka runtuhlah ketaatan sebagai seorang muslim salat maka seorang muslim tidak dapat dikatakan sebagai seorang muslim tanpa salat janganlah kita pernah mengerti sebagai seorang muslim.

    BalasHapus
  21. Nama: Hairun Nisa
    Nim: F1071201045
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masyaallah tabarakallah,semoga kita selalu dalam keimanan, sholat merupakan tiang agama maka barang siapa yg mendirikan sholat maka ia telah menegakkan satu tiang semoga kita selalu diberi kesehatan untuk selalu melakukan sholat dan semoga pahala sholat kita diterima disisi Allah aamiin, barakallah buat ilmunya pak.

    BalasHapus
  22. Nama : Juliarti
    Nim : F1071201010
    Kelas : I-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Masyaallah Di antara ibadah yang mendekatkan diri manusia kepada hambanya dalam Islam ialah sholat. Bentuk peribadatan ini salah satu tugas utama manusia diciptakan di dunia. sholat juga merupakan bentuk keimanan kita pada Allah ta’ala yang diwujudkan dengan perkataan, perbuatan, dan keyakinan hati.
    Semoga kita selalu diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah Aamiin, terimakasih banyak atas ilmunya Bapak.

    BalasHapus
  23. Nama : Dhian Permata Suwandi
    Nim : F1071201029
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    MasyaAllah terimakasih pak atas ilmunya.
    Sholat adalah tiang agama. Umat islam wajib melaksanakan sholat 5 waktu. Hikmah sholat menyadarkan manusia kepada posisi kehambaan yang pada hakikatnya tiada. Jika ada diadakan, kuasa dikuasakan, kuat dikuatkan oleh Allah SWT. Sebab, setinggi - tinggi penyerahan diri kepada Allah SWT adalah kerendahan hamba dihadirat Allah ketika salat.

    BalasHapus
  24. Nama : Ria Amanda
    Nim :F1071201007
    Prodi : pendidikan biologi (1-A1)

    Masyaallah, mengenai tentang solat banyak yang beranggapan bahwa mendirikan sholat itu sulit, apa lagi sholat 5 waktu. Mengapa dekikian? Karna mereka beranggapan bahwa menjalankn sholat itu hanya untuk menjalankan perintah saja, Namun tidak seperti itu, kita harus menjadikan sholat sebagai kebutuhan, maka niscaya kita akan dengan seenang hari untuk menjalankan apa yg kita butuh kn tersebut

    BalasHapus
  25. Nama : Dini Tiara Andini
    Nim : F1071201017
    Prodi : Pendidikan biologi ( I-AI )

    Masyaallah, dalam Islam, salat adalah tiang agama. Karena itulah, mendirikan salat lima waktu merupakan rukun Islam yang kedua dan wajib dikerjakan bagi setiap Muslim. Selain itu, salat juga menjadi sarana pencegah bagi umat Muslim dari perbuatan keji dan mungkar, sehingga ia memperoleh kedamaian jiwa dan kesehatan yang dapat membahagiakannya di dunia maupun akhirat.

    BalasHapus
  26. Nama: Serina
    NIM: F1071201011
    Kelas:1A-1
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Sebelumnya, jazakallahu khairan katsiiran, Pak. Terima kasih atas materinya.

    Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa amalan yang pertama kali dihisab ketika hari perhitungan adalah amalan shalat fardhu. Karna itulah, kita harus memperhatikan dengan seksama hal-hal yang berkenaan dengan shalat fardhu agar shalat kita ini bisa diterima oleh Allah SWT.

    BalasHapus
  27. Masya Allah,

    Sholat adalah rukun islam yang ke 2 setelah syahadat. Sholat merupakan kewajiban bagi seluruh umat islam, karena semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT. Oleh karena itu sholat dapat disebut sebagai tiang Agama. Jika seorang muslim selalu meninggalkan sholat, maka runtuhlah Agamanya. Semoga kita semua selalu dalam ketakwaan dan senantiasa melaksanakan kewajiban kepada-Nya.

    Terimakasih atas ilmunya pak.

    BalasHapus
  28. Nama: Dea Fitri Natasya
    NIM: F1071201033
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas IA2

    Masya Allah,
    Sholat adalah rukun islam ke 2 setelah syahadat. Sholat merupakan kewajiban bagi setiap muslim, karena merupakan cara mendekatkan diri pada-Nya. Sholat merupakan tiang agama, Jika seorang muslim selalu meninggalkan sholat, maka runtuhlah Agamanya. Semoga kita semua selalu dalam ketakwaan dan senatiasa melaksanakan kewajiban kepada-Nya.

    Terimakasih atas ilmunya pak.

    BalasHapus
  29. Nama : Friza Isnaeni
    NIM : F1071201004
    Prodi : Pendidikan Biologi(1-A1)

    Masyaallah, sangat bermanfaat sekali penjelasannya pak, terima kasih atas ilmunya
    Rukun islam yang kedua ini yaitu shalat adalah sebagai tiang agama kita, dan syahadat sebagai pondasi, agama tidak akan kuat tanpa adanya tiang yang menahan beban, sebab itu lah kita sebagai umat muslim harus menjaga shalat agar tidak tergoyahkan iman serta keislaman kita, dan dengan shalat dapat menenangkan jiwa dan mencegah perbuatan munkar,
    Semoga kita semua menjadi orang orang yang dapat menjaga shalat dan selalu senantiasa mengingat Allah SWT amin...

    BalasHapus
  30. Nama : Tiara Marantika Natalia
    Nim : F1071201027
    Kelas : 1-A1
    Prodi : pendidikan Biologi


    Terima kasih atas ilmunya yang bermanfaat, pak. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat Muslim untuk senantiasa melakukan sholat 5 waktu. Semoga kita semua selalu Istikomah dalam menjalankan sholat 5 waktu.

    BalasHapus
  31. Nama : Sarah Gunarti
    Nim : F1071201001
    Prodi : pendidikan biologi
    Kelas : 1-A1

    Terimakasih Pak atas ilmunya.
    Sungguh kita sebagai umat muslim harus taat beribadah, sebagaimana sholat 5 waktu yang telah menjadi kewajiban kita. Sholat adalah tempat kita menyembah Allah, meminta pertolongan, dan tempat dimana kita menceritakan apa yang menjadi keluh kesah dalam diri kita. Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang lalai dalam beribadah. Aamiin

    BalasHapus
  32. Bismillah
    Nama: Manda Melinda
    NIM: F1071201009
    PRODI: PENDIDIKAN BIOLOGI
    KELAS:1-A1

    dari pemaparan materi bapak kita ketahui bahwa sholat merupakan rukun Islam kedua dan merupakan suatu kewajiban dalam pelaksanaannya. Sholat juga menjadi jembatan penyampaian doa. Dengan melaksanakan sholat kita mendapatkan ketentraman hidup, ketenangan hati, dan kemudahan dalam melaksanakan beberapa hal yang mungkin kita anggap itu sulit. Terimakasih atas pemaparan materinya pak

    BalasHapus
  33. Nama : Veren Pramestya Anantasa
    NIM : F1051201029
    Kelas : IA 2

    maasyaaAllah...
    Sholat merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim. Akan tetapi alangkah manisnya iman, ketika sholat tak lagi dijadikan kewajiban namun dijadikan kebutuhan.
    Semoga kita semua istiqomah dalam melaksanakan Sholat 5 waktu dan sholat sunnah lainnya.
    aamiin allahumma aamiin.

    BalasHapus
  34. Nama : Retno Tri Wahyuni
    NIM : F1071201003
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Sholat adalah kewajiban yang harus dilakukan bagi seorang muslim. Dengan melaksanakan sholat, maka dapat membuat hati menjadi tentram dan damai. Dalam sholat kita juga bisa melampiaskan semua masalah kita kepada Allah SWT dengan harapan Allah dapat membantu kita dalam menyelesaikan masalah kita. Semoga kita semua termasuk orang yang dekat dengan Allah SWT bukan hanya disaat "diperlukan" tapi setiap saat selalu mengingat Allah SWT.

    BalasHapus
  35. Nama : Dayang AyuWandira
    NIM :F1051201015
    prodi : Pendidikan Fisika

    Bismillah, assalamualaikum

    Mashaallah terimakasih banyak ilmunya pak.
    Semoga kita sebagi umat islam dapag menjalankan rukun islam yang kedua yaitu Sholat . Sholat adalah tiang agama umat islam , diibaratkan jika suatu bangunan tidak memiliki tiang yang kokoh, maka hancurlah bangunan tersebut .
    Begitu pun dengan sholat, apabila kita tidak sholat maka runtuhlah Agama kita.
    Dengan sholat kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah, menjauhkan kita untuk melakukan perbuatan yang keji , membuat hati kita semakin tentram, merasa lebih tenang , dan permasalahan yang kita hadapi menjadi ringan .
    Sekian dari saya , wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  36. Nama : Siti Rahma Yunita
    NIM : F1051201011
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA1

    Masya Allah sholat merupakan tiang agama, sholat adalah ibadah yang langsung diberikan Allah kepada Rasulullah SAW. Agama bagaikan sebuah rumah dan sholat adalah tiangnya, tanpa sebuah tiang yang rumah tidak akan bisa berdiri. Maka dari itu mari kita terus menjaga sholat kita, dan terus tepat waktu mengerjakannya serta haruslah dilakukan dengan rukun² yang benar seperti yang telah dijelaskan dalam blog ini.

    BalasHapus
  37. Nama: Sulastri
    Nim:, F1051201039
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas:IA2
    Subhanallah , terimakasih pak atas penjelasannya tentang rukun islam yg ke 2 sholat merupakan kewajiban bagi umat muslim karena sholat bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dn memohon ampunan dengan ap yang pernah kita buat.
    Sholat sering di sebut sebagai tiang agama ,jika kita tidk melaksanakan sholat maka agama atau ke imanan kite akan berkurang.
    Dan semonga kita bukan orng" yang lalai dalam beribadah.

    BalasHapus
  38. Nama: Nur Ulviani
    NIM: F1051201032
    Prodi: Pendidikan Fisika

    Sholat adalah rukun islam yang kedua dan hukuk sholat adalah wajib, jika dikerjekan mendapatkan padahal dan jika ditinggalkan mendapatkan dosa. Sebagai umat muslim kita haruslah melaksanakannya sebagai bukti bahwa kita taat kepada-Nya. Dengan melaksanakan sholat kita akan merasakan ketenangan hati, ketentraman hidup dan kemudahan dalam segala hal.
    Terima kasih materinya pak, semoga setelah membaca materi ini kita semua bisa melaksanakan perintah-Nya dengan tepat waktu dan tak tidak lalai dalam mengerjakannya.

    BalasHapus
  39. Nama:Nika Susanti
    KELAS:1-A1
    NIM:F1071201022
    PENDIDIKAN BIOLOGI

    Masyaallah pak. Terima Kasih atas ilmu nya pak. Semoga kita semua senantiasa menunaikan sholat dak tidak pernah meninggalkannya Aamiin. Sebab sholat adalah kewajiban kita sebagai umat islam

    BalasHapus
  40. Nama : Abdul Aziz
    NIM : F1051201048
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA 1

    Masyaa Allah, Sholat itu memang kewajiban bagi seluruh umat muslim, dan memberikan ketenangan bagi umat islam, Bagi muslim Laki-laki diwajibkan sholat di masjid, sedang perempuan dirumah, dan Sholatlah kalian sebelum kalian disholatkan.

    BalasHapus
  41. Nama : Atthirilla Binuri
    NIM : F1071201005
    Prodi / Kelas : Pendidikan Biologi/ 1-A1

    Sholat merupakan tiang agama. Tidak ada hal yang lebih penting pelaksanaannya selain sholat, sebagai rukun islam ke 2 sudah sewajibnya kita melakukan sholat 5 waktu sebagai ibadah yang wajib dilakukan seorang muslim. Hanya kepada Allah kita menyembah dan memohon ampun. Semoga kita semua termasuk golongan orang yang bertakwa. aamiin.
    Terima kasih banyak pak atas ilmunya.

    BalasHapus
  42. Nama : Rini Munawirah
    Nim : F1051201022
    Prodi : pendidikan fisika
    Kelas : IA2

    Assalamaualaikum warahtullahi wabarakatuh
    Masya allah, terima kasih atas ilmu yang bermanfaat pak
    Benar sekali sholat merupakan tiang dalam agama, tanpa sholat hancur lah pondasi nya, dengan adanya sholat kita bisa dekat dengan allah meskipun kita tidak bisa melihat nya, tetapi yang kita rasakan dan selalu diawasi saat kita sholat berarti allah ada memperhatikan kita, dan dengan adanya sholat kita bisa berdoa meminta dan bersyukur dengan rejeki yang diberikan Allah Swt.
    Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf, semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah swt dan senantiasa ingat kepada Allah swt, aamiin


    Wassalamu'alaikum waramatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  43. Nama : Elsa Nora Ariesta Dewi
    NIM : F1071201019
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Maa syaa Allah, terima kasih banyak atas ilmunya pak, shalat merupakan rukun islam kedua, shalat dilakukan 5 kali dalam sehari dan hukumnya fardu ain (wajib), yakni wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang telah menginjak dewasa kecuali sedang haid, sakit keras,dan gangguan kejiwaan. Dengan melakukan shalat kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan meminta pertolongan Allah SWT. Oleh sebab itu, kita wajib melaksanakan shalat, siapa yang meninggalkan shalat, berarti meruntuhkan agamanya. Jika syahadat ibarat pondasi, maka salat ibarat tiang dalam bangunan rumah. Lebih dari itu, salat menenangkan jiwa, karena dekat dengan Penciptanya. Semoga kita semua selalu istiqomah dalam menjalankan shalat. Aamiin...

    BalasHapus
  44. Nama : Dwi Cahyani
    Nim : F1071201018

    Shalat adalah tiang agama yg harus selalu didirikan sebagai kewajiban umat islam, sungguh aku kagum akan Allah yg maha pengasih lagi maha penyayang, beliau mewajibkan shalat 5 waktu yg sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan umat islam.

    BalasHapus
  45. Nama : Sapna Yulianti
    Nim : F1051201033
    Prodi : Pendidikan fisika
    Kelas : IA2

    Semoga kita sebagai umat manusia senantiasa mengamalkan rukun islam, dan selalu istiqomah dalam menjalankannya

    BalasHapus
  46. Nama : Desti Priandiani
    Nim : F1071201052
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Class : IA-2

    Masyaallah sungguh bermanfaat ilmunya pak. Sholat merupakan rukun islam kedua. Sholat juga merupakan tiang agama. Jika tak ada tiang sebuah rumah akan runtuh, begitu juga dengan sholat jika tidak ada yang menunaikan sholat agama akan runtuh . Oleh sebab itu kita sebagai umat islam harus menjaga sholat kita agar tidak tergoyahkan keimanan kita dan tiang agama semakin kuat.

    BalasHapus
  47. Nama: Muhammad Fadhel Ishak
    NIM: F1051201001
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelas: 1A 1

    Bismillah
    Sholat merupakan menjadi ibadah paling utama diatas ibadah-ibadah lainnya. Sholat adalah ibadah yang akan dihisab pertama kali di akhirat nanti. Sholat yang baik adalah sholat yang dilakukan diawal waktu, khusyuk, dan sesuai dengan rukun-rukun yang ada. Jika sholat kita sudah baik, niscaya ibadah yang lain akan menjadi semakin baik.
    Alhamdulillah materi dari bapak hari ini sangat bermanfaat bagi kami yang ingin memperbaiki sholat dan menjadi orang yg lebih baik.

    BalasHapus
  48. Nama: Chindy Aurellia Novithania
    Nim:, F1051201035
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas:IA2
    Subhanallah , terimakasih pak atas penjelasannya tentang rukun islam yang ke 2. sholat merupakan kewajiban bagi umat muslim karena sholat bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
    Sholat merupakan tiang agama ,jika kita tidak melaksanakan sholat maka agama atau keimanan kita akan berkurang.
    Dan semonga kita bukan orng" yang lalai dalam beribadah. aamiin

    BalasHapus
  49. Nama: Alan
    Nim: F1051201017
    Prodi: pendidikan Fisika
    Sholat merupakan rukun iman yang kedua. Sholat ada yang hukumnya wajib dan sunah. Sholat wajib maupun sholat sunah harus dikerjakan dengan mengikuti syariat-syariat yang telah ditentukan sesuai dengan sunah Rasul. Kita sebagai umat muslim haruslah mengerjakan sholat dengan benar-benar mengikuti sunah Rasul, supaya sholat Yang kita lakukan tidak menyelisihi syariat .

    BalasHapus
  50. Nama: Khairin Herawati
    Nim: F1051201042
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelad: IA2

    Bismillah,,,,masyaallah sekali hikmah sholat kita sebagai umat manusia diwajibkan untuk menjalankan sholat 5 waktu sebagaimana sholat menjadi rukun islam yang ke 2. Sebagai hamba Allah swt kita dituntut untuk menjalani apa yang ia perintahkan salah satunya adalah sholat,sholat dapat membuat kita lebih bersyukur dengan apa yang sudah Allah swt berikan kepada hambanya dan juga sebagai amal kita di akhirat bahkan sebagai penuntun kita menuju jalan yang benar.

    BalasHapus
  51. Nama : Alya Zatira
    Kelas : F1071201037
    Prodi : Pendidikan Biologi

    MasyaAllah, terimakasih pak atas ilmunya yang sangat bermanfaat untuk kita semua. Semoga kita senantiasa menjaga sholat tepat waktu aamiin.
    "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'." (QS Al Baqarah ayat 45)

    BalasHapus
  52. Nama : Putri sekarayu
    NIM : F1071201006
    Kelas : 1-A1


    Masyaallah, terimakasih untuk ilmu yang bermanfaat pak, shalat merupakan tiang agama bagi umat Islam,tanpa sholat hancur lah pondasi nya, dengan adanya sholat kita bisa dekat dengan allah.semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah swt dan senantiasa ingat kepada Allah SWT, aamiin

    BalasHapus
  53. Nama:istiqomah
    Nim:F1051201041
    Kls:IA2
    Bismillah assalamu'alaikum wr wb
    Sholat merupakan kewajiban bagi umat islam bukan hanya wajib namun sholat adalah assolatu imaduddin(sholat adalah tiang agama)
    Semoga kita tetap selalu melaksanakan apa yang telah Allah perintahkan dan menjauhi apa yang telah Allah larang aamiin ya robbal alamin

    BalasHapus
  54. Nama : Evianti
    NIM : F1071201051
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Sholat merupakan tiang agama. Ia sebagai rukun terpenting Islam setelah dua kalimat syahadat. Seorang muslim wajib memeliharanya semenjak usia baligh (dewasa) hingga mati. Ia wajib memerintahkannya kepada keluarga dan anak-anaknya semenjak usia tujuh tahun dalam rangka membiasakannya. Allah ta’ala berfirman:
    ''Sesungguhnya Shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman (An Nisa: 103)"
    Seandainya seorang muslim menunda-nunda sekali salat saja dari ketentuan waktunya hingga keluar waktunya tanpa alasan yang dibenarkan syariat di luar keinginannya maka ia telah melakukan dosa besar. Ia harus bertaubat kepada Allah Swt.
    Semoga kita termasuk hamba Allah Swt.yang tidak lalai dalam melaksanakan perintah-Nya

    BalasHapus
  55. NAMA : QADRIN JENIRIA
    NIM : F1051201021
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Terimakasih bapak, materinya dan ilmunya sangat bermanfaat. Semoga kita selalu menjalankan salat, kemudian bisa melaksanakan nyaa tepat waktu dan dalam keadaan yang khusyu'.Aamiinn ya robbal alamiin...

    BalasHapus
  56. Nama : Rizky Rahmadani
    NIM : F1051201018
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA 1

    Bismillah
    Terima kasih pak atas ilmu yang bapak berikan,
    Kita sebagai seorang muslim wajib melaksanakan sholat fardu dalam sehari ada 5 waktu. Menjalankan sholat 5 waktu tidak hanya sekedar 5 waktu tetapi tidak tepat waktu ,maka dari itu kita harus menjlankn sholat 5 waktu dan tepat waktu agar ibadah kita senantiasa diterima oleh Allah SWT dengan full, masalah urusan diterima atau tidak nya urusan Allah SWT lah yang penting kita harus ada niat dalam hati kita niat karena Allah SWT.

    Sekian dari saya,

    BalasHapus
  57. Nama : Nur Annisa
    Nim : F1071201002
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A-1

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Syukron Katsir ustadz atas ilmunya, semoga kita senantiasa menunaikan salat dengan penuh ketakwaan kepada Allah SWT, karena tanpa salat berarti kita telah meruntuhkan agama kita sendiri dan tanpanya segala urusan dunia dan akhirat kita belum tentu mendapat kelancaran serta keberkahannya.

    BalasHapus
  58. Nama : Detya Anfaal Saputri
    NIM : F1051201031
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Subhanallah, terima kasih pak ilmunya, semoga berkah dan bermanfaat bagi kami.

    Sholat adalah tiang agama bagi agama islam. Seperti bangunan, jika tidak ada tiang pastinya bangunan itu tidaklah berdiri. Sama seperti agama islam ini, jika sholat yang merupakan kewajiban kita tidak dilaksankan, tentunya agama yang kita anut ini tidaklah berdiri. Maka dari itu semoga kita selalu ingat akan pencipta langit seisinya, dan semoga kita selalu dengan ikhlas melaksanakan sholat karena Allah. InsyaAllah..

    BalasHapus
  59. Nama : Eria Fitriani
    NIM : F1071201013
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Trimakasih atas ilmunya pak,
    Sholat adalah tiang agama islam ,hukum sholat wajib bagi umat islam ,Nabi Muhammad telah memberikan peringatan keras kepada orang yang suka meninggalkan sholat wajib mereka akan dihukum menjadi kafir.

    BalasHapus
  60. Vitra Arya
    F1051201013

    Salat adalah tiang agama, seperti hal nya bangunan, apa yg terjadi jika tidak memiliki penyangga, begitu juga solat, solat merupakan hal yg wajib di lakukan oleh umat akhir zaman, perintah solat juga sudah disebutkam oleh firmannya didalam surahalbaqarah yang artinya "Dirikanlah salat dan tunaikan lah zakat". Semoga kita selalu istiqomah dalam menajalankan perintahnya. Aminn

    BalasHapus
  61. Nama: Ardha Ardianti
    NIM: F1051201030
    Prodi: pendidikan fisika
    kelas: IA2

    Masya Allah.. sholat merupakan tiang agama bagi umat Islam, tanpa sholat hancurlah pondasi di dalam diri kita. sholat juga mencagah kita dari perbuatan yang keji dan mungkar dan mengingat Allah (sholat) lebih besar keutamaannya dari pada ibadah lain. dan Insya Allah dengan sholat kita lebih bisa dekat dengan Allah SWT. semoga kita selalu dalam lindungan-Nya dan selalu mengerjakan perintah-Nya. Aamiin Allahumma Aamin

    BalasHapus
  62. Nama : Al Husairi
    NIM : F1051201006
    Kelas : IA 1
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Masya Allah, Allahu Akbar. Tiada tuhan selain Allah, Sholat adalah kewajiban paling utama setelah dua kalimat syahadat dan merupakan salah satu rukun islam. Sholat merupakan salah satu ibadah yang bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena jika seseorang melaksanakan sholat berarti dia sedang bermunajat (berbisik) kepada Allah SWT.
    Dengan mendirikan sholat kita bisa mendapatkan kebahagiaan, memperoleh ketenangan hati dan jiwa serta bisa menghapus dosa atas kesalahan dan keburukan yang telah kita lakukan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.
    Marilah kita bersama-sama menjalankan ibadah sholat yang merupakan tiang agama agar kita selelu dalam lindungan Allah SWT.

    BalasHapus
  63. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Rizki Amalia
    Nim : F1051201036
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Trimakasih atas ilmunya pak, sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dalam memenuhi kewajiban
    Sholat adalah tiang agama islam , semoga kita senantiasa menunaikan salat dengan penuh ketakwaan kepada Allah SWT, dan selalu dapat menunaikan ibadah tepat waktu... Jadi kan sholat mu adalah kebutuhan mu.. yang mana harus di isi terus.. agaar sholat kita selalu terjaga.. dimana kewajiban kita pun terlaksana dengn baik.

    BalasHapus
  64. Nama : Ragilia An'nur Fadilah
    Nim : F1051201026
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA2

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    MashaAllah, Terima kasih pak atas ilmu yang telah bapak berikan kepada kami.
    Belajar mengenai rukun Islam merupakan wajib hukumnya bagi umat muslim. Tak terkecuali pada anak-anak.Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan". (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
    Rukun Islam yang kedua, yaitu dengan mendirikan Sholat merupakan kewajiban bagi umat islam bukan hanya wajib namun sholat adalah assolatu imaduddin(sholat adalah tiang agama)
    Semoga kita tetap selalu melaksanakan apa yang telah Allah perintahkan dan menjauhi apa yang telah Allah larang aamiin ya robbal alamin
    MasyaAllah, dalam islam. Sungguh indah islam, islam rahmatan lil'alamin.

    BalasHapus
  65. Nama: Muhammad Irfan
    NIM : F1051201027
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas: IA2

    salat adalah kewajiban utama kita sebagai seorang muslim, salat adalah cara manusia untuk berserah diri kepada Allah SWT. Sebab, setinggi - tinggi penyerahan diri kepada Allah SWT adalah kerendahan hamba dihadirat Allah ketika salat. Semoga kita selalu diberikan kemudahan oleh Allah dalam melaksanakan ibadah.

    BalasHapus
  66. Bismillah,
    Sholat merupakan kewajiban bagi umat Islam, apabila di kerjakan maka mendapat kan pahala dan apabila di tinggalkan maka mendapat kan dosa.
    Sholat sebagai tiang agama hidup kita dan Siapa yang meninggalkan salat, berarti meruntuhkan agamanya (Hadits). Kuat kan hati dan berserah diri kepada Allah, minta ampunan dan pertolongan hanya kepada Allah SWT.
    Semoga kita selalu dalam lindungan Allah, dan selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan nya.

    BalasHapus
  67. Nama : Inayah Dzil Izzati Hartono
    NIM : F1071201030
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    MasyaAllah, barakallah atas ilmunya pak.

    Sebagaimana yang bapak tuliskan, bahwa keadaan seorang hamba-Nya paling tinggi adalah ketika ia sedang sholat. Sholat merupakan penenang jiwa, karna saat seorang hamba melaksanakan sholat ia berada dalam keadaan yang sangat dekat dengan pencipta-Nya.

    BalasHapus
  68. Nama : Citra Ardini
    NIM : F1071201058
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Sebagai manusia sudah menjadi kewajiban untuk melaksanakan sholat. Sholat merupakan tiang agama. Sholat juga merupakan rukun islam yang ke-2 dan wajib dikerjakan oleh setiap muslim. Hikmah salat menyadarkan manusia kepada posisi kehambaan yang pada hakikatnya tiada. Jika ada diadakan, kuasa dikuasakan, kuat dikuatkan oleh Allah SWT. Sebab, setinggi - tinggi penyerahan diri kepada Allah SWT adalah kerendahan hamba dihadirat Allah ketika salat. Jika syahadat ibarat pondasi, maka salat ibarat tiang dalam bangunan rumah. Lebih dari itu, salat menenangkan jiwa, karena dekat dengan Penciptanya. Terima Kasih atas ilmu yang telah bapak berikan.

    BalasHapus
  69. Nama : ARDI
    NIM : F1051201028
    PRODI : PENDIDIKAN FISIKA
    KELAS : IA2

    Jelas, shalat merupakan ibadah yang sangat penting. Lalu apakah shalat kita selama ini sudah benar? Yang lebih lagi, apakah shalat kita selama ini sudah bahagia?.
    Jadi kalau ingin mendapat kebahagiaan shalat harus dilakukan secara benar dan ikhlas

    Terima kasih ilmu hari ini pak

    BalasHapus
  70. Nama ; Ari fatul fadila
    Nim ; F1051201043
    Prodi ; pendidikan fisika

    Bismilla,
    Sholat termasuk rukun Islam yang ke 2 Sholat ialah menggambarkan rukhus shalat atau jiwa shalat; yakni berharap kepada Allah dengan sepenuh hati dan jiwa raga, dengan segala kekhusyu’an dihadapan Allah dan ikhlas yang disertai dengan hati yang selalu berzikir, berdo’a & memujiNya
    Sekian terimakasih pak atas ilmu nya.

    BalasHapus
  71. Nama : Ariswandi
    Nim : F1071201041
    Kelas : I- A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Alhamdulillah, Terima kasih pak ilmunya dan mengingatkan kami akan sholat. Bahwa kita tahu sholat adalah kewajiban yang utama bagi umat islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka dari itu, apabila kita meninggalkan sholat, kita akan berdosa.

    Terima kasih pak

    BalasHapus
  72. Nama : Mas Akhbar Faturrahman
    NIM : F1071201053
    Kelas : I-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Sudah merupakan kewajiban bagi umat Muslim untuk menjalankan sholat. Menjadi salah satu pilar dalam agama Islam, sholat menjadi sesuatu yang krusial bagi kehidupan kita, baik dunia dan akhirat. Semoga kita selalu rajin menjalankan ibadah kepada Allah SWT. untuk kebahagiaan kita nanti.

    BalasHapus
  73. Nama : Fitria Salwa Nadia
    NIM : F1071201023
    Kelas : I-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Shalat adalah tiang agama, tanpa shalat tak akan berarti hidup seorang manusia, dengan shaat lah kita dapat meminta pertolongan kepada ALLAH SWT. melalui do'a. Shalat fardhu 5 waktu wajib kita lakukan, karena hal ini merupakan perintah dari ALLAH SWT> yang tidak boleh kita langgar, shalat sendiri merupakan amalan pertama yang akan di hisa saat kita baru dibangkitkan. Sekali lagi kita tidak boleh meninggalkan shalat dalam alasan apapun, saat sakit misalnya, kita tidak dapat berdiri ALLAH SWT. mudahkan kita dalam mengerjakannya, kita dapat shalat sambil duduk. Misalnya lagi kita tidak dapat duduk, maka kita dapat sholat sambil berbaring.

    BalasHapus
  74. Nama : Helsi Hardiana
    NIM : F105201002

    Sholat adalah tempat kita mengadu kepada Allah atas segala masalah permintaan serta kebutuhan kita.Shalat juga penggugur dosa, serta solat adalah pembeda antara orang kafir dan orang muslim.

    Jazakallahu Khairon pak atas ilmunya, semoga kita termasuk orang orang yang menjaga sholat.

    Aamiin

    BalasHapus
  75. Nama : Bagus Pratomo Nusantoro
    Nim : F1071201025
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Masyaallah, sebagai orang muslim kita harus taat kepada Allah subhanahuwata'ala menjalankan segala perintahnya dan menjauhi larangannya. Dalam agama salat merupakan suatu pilar dari agama Islam tanpa ada salat maka tak ada pembeda antara orang Islam dan orang di luar kepercayaan Islam. Salat bukan hanyagerakan saja tetapi inti dari shalat adalah menyembah kepada yang maha kuasa yaitu Allah subhanahu wa ta'ala

    BalasHapus
  76. Nama : Putri Chairunisa
    NIM : F1051201023
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Masya Allah, Salat secara bahasa artinya doa. Doa terhubung kepada Allah SWT kalau tersambung. Siapa yang meninggalkan salat, berarti meruntuhkan agamanya. Semoga kita senantiasa menjadi orang yang selalu menjaga salat aamiin

    BalasHapus
  77. Nama : Khairunnisa Afiqah
    NIM : F1051201003
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas 1 A1

    Bismillah
    Rukun Islam ke 2 yaitu sholat. Ibadah yang wajib kita laksanakan sebagai seorang muslim sebagi kehampaan kita kepada Allah. Sholat itu wajib. Sholat itu kebutuhan kita, karena dengan sholat kit bisa mendekatkan diri dengan sang pencipta. Dengan sholat kita bisa terhindar dari perbuatan-perbuatan buruk.

    BalasHapus

  78. Nama : Urai Nurbaiti
    Nim : F1071201059
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas :I-A2

    Masyaallah , sholat merupakan doa, dan tanpa kita sadari ketika kita solat kita juga termasuk berdoa atau terhubung dengan allah SWT. Oleh karena itu shalat sangat penting untuk umat muslim agar terhindar dari perbuatan keji dan mungkar, shalat juga merupakam tiang agama yang dimana jika kita meninggalkan solat...artinya agama kita runtuh. di ibaratkan dengan sebuah rumah tanpah pondasii. Dan masyaallah hikmah di balik waktu shalat adalahh mengawal peredaran galaksi dengan planet - planet, menjaga langit dan bumi, mengganti malam menjadi, dan siang menjadi malam, dengan Allahu akbar. Akbarnya Allah tidak terkira - kira.
    Masyaallah , segala puji hanya milik allah SWT.
    Semoga kita selalu istiqomah dan menjaga diri agar tetap sholat 5 waktu yang di lerjaln di awal waktu.. aamiin☺️

    BalasHapus
  79. Nama : Laras Prameswari
    NIM : F1051201037
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Sebagai umat muslim memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadahnya terutama sholat. Kewajiban sholat merupakan waktu dimana kita merendahkan diri dan bersujud kepada Allah Swt. dan tidak lupa kita meniatkan hati hanya untuk Allah dan melupakan semua urusan dunia. Jika kita melalaikan sholat, maka kebiasaan itu juga dapat mencerminkan sifat kita di dunia. Jika kebiasaan kita masih melalaikan sholat, maka perbaikilah sifat itu. Sholat adalah bagian utama kita untuk mengkokohkan agama kita sendiri
    Sekian dari saya, terimakasih.
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  80. Nama : Diena Khairunnisa
    NIM : F1051201019
    Program Studi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1A1

    Bismillah
    Shalat termasuk rukun islam yang ke dua setelah syahadat yang mana artinya setelah kita bersyahadat dan berarti kita telah mengakui hanya Allah yang wajib disembah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah kita haruslah melaksanakan kewajiban kita yaitu shalat. Shalat pun menjadi perintah bagi kita karena Allah berfirman dalam Q.S Al-Baqarah ayat 43 "Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk". Dan shalat adalah amalan pertama yang akan di hisab kelak
    Semoga kita senantiasa dapat menjaga shalat wajib kita dan semoga kita selalu diberi hidayah agar dapat mengerjakan shalat sunnah

    BalasHapus
  81. Nama : MAHARANI
    NIM : F1051201025
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1A2

    MasyaAllah syukron atas ilmu nya pak. Dunia tanpa islam mungkin tak akan sebagai bahkan se tentram ini. Sholat tiang agama. Sholat pembeda antara muslim dan kafir. Khusyuk nya sholat tergantung pada amal ibadah kita selama ini. Maka perbaiki sholat mu maka Allah perbaiki hidup mu

    BalasHapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  83. Nama : Najla Noviyani
    NIM : F1071201034
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masya Allah, terimakasih ilmunya pak. Semoga kita senantiasa menjaga sholat kita, karena itulah adalah kewajiban dan merupakan rukun iman yg ke2.

    BalasHapus
  84. Nama : Najla Noviyani
    NIM : F1071201034
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masya Allah, terimakasih ilmunya pak. Semoga kita senantiasa menjaga sholat kita, karena itulah adalah kewajiban dan merupakan rukun iman yg ke2.

    BalasHapus
  85. Nama : Darmiati
    Nim : F1051201007
    Prodi : pend. Fisika

    Masyaallah sangat bermanfaat ilmu nya pakk, kadang kite sebagai manusia selalu melalaikan sholat padahal sholat adalah tiang agama kitaa, jika kita tidak sholat otomatis rumah agama kita akan runtuh karena kekurangan tiangnyaa, na'uzubillah minzalik, semoga kita selalu menjalankan sholat 5 waktuu dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT aamiin

    BalasHapus
  86. Nama : Muflih Yogo Walangga
    NIM : F1051201014
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dari melihat artikel Bapak bahwa saya diberi pengetahuan dan diingatkan kembali bahwa ada rukun Islam yang kedua adalah salat gimana rukun Islam itu merupakan salah satu syarat-syarat untuk menjadi seorang muslim jadi kita harus menjalankannya termasuk rukun 2 rukun Islam kedua yaitu salat wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  87. Nama : Utin Selviana
    Nim : f1051201040
    Prodi: pendidikan fisika

    MasyaAllah artikel ini sangat bermanfaat sekali untuk kita lebih memperdalam tentang rukun iman kedua yaitu sholat karena sholat dalam agama Islam itu sangat diwajib untuk umat Islam dan senantiasa kita harus menjalani nya

    BalasHapus
  88. Nama : Yeni Syarin
    NIM : F1071201024
    Kelas : I-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Seseorang yang beragama islam wajib melaksanakan shalat lima waktu. Allah SWT mewajibkan orang beriman untuk shalat menyembah-Nya. Seperti yang sudah dijelaskan di surah An-Nisa ayat 103 yang artinya " Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman". Semoga kita termasuk orang yang tidak melalaikan shalat dan berusaha untuk melaksanakan shalat tepat waktu.
    Terima kasih Pak atas ilmunya.

    BalasHapus
  89. Nama : Rita Lisnawati
    NIM : F1071201035
    Kelas : I-A2
    Prodi : Pendidikan biologi

    MasyaAllah, sebagai seorang muslim memang sudah seharusnya menjalankan ibadah sholat dengan sepenuh hati karena merupakan salah satu bagian dari rukun Islam.
    Mendirikan sholat adalah untuk mencegah perbuatan keji dan mungkar. Betapa banyak keutamaan mendirikan sholat. Dalam ilmu kesehatan juga dijelaskan di setiap gerakan sholat memiliki fungsi yang baik untuk tubuh kita.
    Semoga kita semua senantiasa menunaikan sholat.
    Terimakasih atas ilmu nya, Pak

    BalasHapus
  90. Nama : ATIN NUR'JANNAH
    NIM : F1071201008
    Kelas : 1-A1

    Subhanallah Terimakasih pak atas ilmunya semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat mengamalkan apa yang bapak sampaikan. Sholat adalah sarana komunikasi antara seorang hamba dengan rabb-Nya. Seorang muslim wajib melaksanakan sholat 5 waktu karena merupakan salah satu rukun islam dan sifatnya wajib yang artinya apabila tidak dikerjakan akan mendapat dosa. Nabi Shallahualaihi Wassalam memerintahkan kepada umatnya untuk selalu mendirikan sholat 5 waktu, didalam sholat kita selalu mengucapkan lafadz Allah dan bersholawat kepada nabi. Barangsiapa yang senantiasa bersholawat kepada nabi maka Allah akan menghadiahkan surga kepada hambanya. Sholat merupakan amalan yang utama dengan senantiasa mendirikan sholat kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. dan enggan berbuat dosa karena kita tahu Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

    BalasHapus
  91. Nama : Bagus Pratomo Nusantoro
    NIM : F1071201025
    Kelas : 1-A1

    Salat secara bahasa artinya doa. Doa terhubung kepada Allah SWT kalau tersambung. Untuk bisa tersambung, ada syarat dzahir, ada syarat batin. Dalam kedua syarat itu ada tiga rukun. Rukun qauli , rukun fi'li , rukun qalbi . Didalam ketiga rukun tersebut, ada hukum wajib dan hukum sunnah didalam salat. Afdal diawal waktu, kemudian rentang waktu antara salat yang satu dengan yang lainnya adalah waktu yang dibolehkan mendirikan salat. Waktu salat subuh adalah terbit fajar hingga terbit matahari. Waktu salat dzuhur sejak tergelincirnya matahari yang tegak diwaktu siang hingga tiba waktu Asar, begitu seterusnya. Waktu salat tersebut mengandung hikmah mengawal peredaran galaksi dengan planet - planet, menjaga langit dan bumi, mengganti malam menjadi, dan siang menjadi malam, dengan Allahu akbar. Yaitu orang - orang yang yakin akan perjumpaan dengan Tuhannya, dan sungguh mereka pasti dikembalikan kepada Tuhannya . Kriteria salat yang khusyu' adalah mengikuti sunnah Rasul melalui sunnah qauliyah dan fi'liyah. Dasar pengantar salat khusyu' adalah doa dan sabar.

    BalasHapus
  92. nama : putri novahisa
    NIM : F1071211028
    kelas 1-A1
    prodi : pendidikan biologi

    maasyallah, materi yg telah bpk berikan sgt bermanfaat. sholat adalah tiang agama dn mlksanakan sholat adlh kewajiban bg seorang muslim. dan barang siapa yg meninggalkan sholat maka akan mndptkan dosa.

    BalasHapus
  93. Nama : Mira Tirta Yani
    Nim : F1071211010
    Kelas : 1A-1

    Sholat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Islam, karena hukumnya wajib. Jika seseorang dengan sengaja meninggalkan sholat maka akan mendapati dosa, Rasulullah SAW bersabda, "Urusan yang memisahkan antara kita (para Muslimin) dengan mereka (orang kafir) itu ialah shalat. Maka barangsiapa meninggalkannya, sungguh ia telah menjadi kafir." (HR. Ahmad dan Daud dari Buraidah, At Targhib I: 342).

    BalasHapus
  94. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Wilma
    Nim : F1071211012
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal : Sekuduk (Kabupaten Sambas)

    Sebagai seorang hamba Allah kita selalu berkomunikasi dengan-Nya melalui sholat maupun doa. Sholat merupakan tiang agama dan wajib hukumnya . Amal yang pertama kali di pertimbangkan ialah sholat jadi janganlah sesekali meninggalkan sholat karena sholat inilah menjadi ketentuan untuk di pertimbangkan. Melalui sholat kita sebagai hamba Allah menandakan ketaatan kita kepada-Nya, dengan bersujud memohon ampun atas dosa yang telah hamba-Nya buat. Semoga kita semua termasuk orang yang jauh dari kata lalai untuk mengerjakan sholat. Aamiin

    Sekian yang dapat saya sampaikan,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  95. Nama:Rezkiana Nurfadillah
    NIM. : F1071211016
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal Daerah: Pontianak

    Sholat merupakan tiang agama. Ia sebagai rukun terpenting Islam setelah dua kalimat syahadat. Seorang muslim wajib memeliharanya semenjak usia baligh (dewasa) hingga mati. Ia wajib memerintahkannya kepada keluarga dan anak-anaknya semenjak usia tujuh tahun dalam rangka membiasakannya. Allah ta’ala berfirman:
    ''Sesungguhnya Shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman (An Nisa: 103)"Mendirikan sholat adalah untuk mencegah perbuatan keji dan mungkar. Betapa banyak keutamaan mendirikan sholat. Dalam ilmu kesehatan juga dijelaskan di setiap gerakan sholat memiliki fungsi yang baik untuk tubuh kita.

    BalasHapus
  96. Nama : Aisya Annurulhaq Akdaputri
    NIM : F1071211023
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Pontianak

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    MasyaAllah, rukun Islam merupakan suatu hal yang wajib hukumnya bagi umat muslim. Untuk dapat tersambung dengan Allah SWT, ada dua syarat yakni syarat dzahir dan syarat batin. Dalam kedua syarat itu ada tiga rukun, yaitu rukun qauli , rukun fi'li , rukun qalbi. Shalat adalah salah satu rukun Islam, dengan mendirikan shalat kita bisa menambah keimanan kita kepada Allah SWT dan dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

    Terimakasih pak atas ilmu yang telah bapak berikan.

    BalasHapus
  97. Nama : Luviana Putri
    Nim : F1071211014
    Kelas : 1A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Masyaallaha terima kasih atas ilmunya pak seoga senantiasa kita selalu melaksanakan sholat karne sholat merupakan kewajiban setiap manusia

    BalasHapus

  98. Nama : Putri Anggini
    NIM : F1071211015
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal : Segedong,Kab.Mempawah

    Subhanallah, salat adalah kewajiban utama bagi seorang muslim, salat adalah cara manusia untuk berserah diri juga kewajiban umat islam untuk mendirikan sholat 5 waktu karena sholat adalah tiang agama

    BalasHapus
  99. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Rusdeviani
    NIM : F1071211001
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A1
    Alamat asal : Sanggau Ledo, Kebupaten Bengkayang


    Rukun islam yang ke dua adalah solat. Solat adalah tiang agama umat muslim. Maka kita harus menjaga solat kita agar tiang agama kita kuat. Jika tidak maka akan runtuh lah agama kita. Amalan yang pertama kali dihisab juga solat jika solat kita baik maka akan baik juga amalan kita nantinya. Solat diawal waktu karena jika kita melalaikan solat maka kita akan mendapat dosa dan menjadi orang yang celaka.

    Terimakasih atas ilmu yang bapak berikan.
    Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  100. Nama: Dimas Ananda Virda
    NIM: F1071211038
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas : REG 1-A2

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    MasyaAllah, Seperti yang dijelaskan dalam artikel ini, bahwa Shalat artinya doa. Doa terhubung kepada Allah SWT kalau tersambung. Untuk bisa tersambung, ada syarat dzahir, ada syarat batin. Dalam kedua syarat itu ada tiga rukun. Rukun qauli (perkataan), rukun fi'li (perbuatan), rukun qalbi (hati). Shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap umat Muslim, karena Shalat merupakan tiang agama. Jika tidak mengerjakan shalat sama saja merubuhkan pondasi atau tiang agama itu sendiri.

    Syukron Jazakallah Khairan
    Terimakasih atas ilmunya pak
    Semoga kita Senantiasa Bertaqwa dan melaksanakan kewajiban yang di perintahkan Allah Subhanahu Wa ta'ala.

    BalasHapus
  101. Nama : Audiva Azhta Prameswari
    NIM : F1071211026
    Kelas : 1-A1
    Sholat merupakan doa yang menghubungkan antara umat dan sang pencipta. Hikmah sholat menyadarkan manusia kepada posisi kehambaan yang pada hakikatnya tiada. Totalitas penyerahan diri (manusia) kepada Allah subhanahu wa taala ada di sholat, melalui bacaan, gerakan dan hati. Sholat bagaikan tiang dalam bangunan yang dapat menenangkan dan melindungi hati serta mendekatkan diri kepada sang pencipta

    BalasHapus
  102. Nama : Rosi Desfitri
    Nim : F1071211036
    Kelas : 1-A2( semester 1)
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Masyaallah, sholat merupakan kewajiban bagi setiap umat islam, sholat juga merupakan tiang agama. Sholat juga memiliki banyak keutamaan yaitu sebagai penolong di akhiran kelak, sebagai penghapus dosa. Dirikanlah sholat karena dosa meninggalkan sholat sangatlah besar.
    Semoga kita menjadi hamba allah yang selalu taat dalam beribadah.

    BalasHapus
  103. Nama : Arielda Putri Aditya
    NIM : F1071211021
    Prodi/kelas : Pendidikan Biologi/1-A1
    Asal : Pontianak

    Terima kasih pak atas ilmu dan pengetahuan yang telah bapak sampaikan.
    Melaksanakan shalat itu merupakan kewajiban setiap umat muslim. Semoga kita senantiasa menjaga shalat kita dengan cara melaksanakannya tepat waktu dan memperhatikan rukun shalat, syarat sah ataupun wajib dalam shalat.

    BalasHapus
  104. Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh
    Nama : Sucy Indah Lestari
    Kelas : Reguler 1 A-2
    NIM : F1071211055
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Semitau, Kapuas Hulu

    Subhanallah sekali ilmu yang diberikan bapak. Seperti yang dikatakan bahwa sholat adalah tiang agama sholat adalah tempat kita berkomunikasi dengan Allah akan segala hal yang terjadi. Semoga kita senantiasa mengerjakan sholat tepat waktu.

    BalasHapus
  105. Assalamu'alaikum Warohmatullahi wabarokatuh pak. Mohon izin untuk komentar ya pak.

    Nama : Agung Mulyono
    NIM : F1071211020
    Kelas : REG 1-A1
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal daerah : Kubu Raya

    Masya Allah materi yang telah bapak bagikan ini sangatlah bermanfaat yaitu tentang Rukun Islam yang ke 2 tentang Sholat. Sholat adalah ibadah yang paling mulia, karena ibadah ini adalah ibadah yang langsung menghadap kepada Rabb, yaitu Allah SWT. Sholat adalah perkara yang wajib bagi setiap ummat Islam dan dikerjakan 5 waktu dengan total 17 Rakaat sehari semalam. Semoga kita semua Istiqomah dalam menjalankan kewajiban ini dengan tepat waktu dan tidak lalai terhadap waktu Sholat tersebut. Aamiin ya Rabbal'alamin.
    Semoga artikel yang bapak bagikan ini memiliki amal ibadah dan sebagai amal jariyah bapak sendiri serta bisa bermanfaat bagi pembacanya.
    Sekian, komentar dari saya. Wassalamu'alaikum Warohmatullahi wabarokatuh🙏😊

    BalasHapus
  106. Nama :Irna Sari
    Kelas :1-A1
    Prodi :Pendidikan biologi
    Fakultas :FKIP
    Asal :Natuna

    Terima kasih atas ilmunya pak. Rukun Islam kedua yang wajib di laksanakan oleh pemeluk agama Islam adalah nendirikan shalat setiap wajtu dan tidak boleh di tinggal. Shalat yang perlu di kerjakan adalah salat wajib dan salat sunnah. Salat wajib yang perlu di lakukan oleh seorang muslim adalah sebanyak lima waktu.
    Semoga kita semua bisa mengerjakan salat lima waktu ini,karna salat adalah tiang agama.

    BalasHapus
  107. Nama : Dwi Safitri
    NIM : F1071211003
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal : Batu ampar

    Sholat itu tiang agama. Sholat merupakan hal wajib yang harus di lakukan di laksanakan oleh seorang muslim. Sebagai seorang muslim sholat telah diajarkan sejak kecil hal ini Karena dengan sholat lah seorang muslim bisa merasakan bahwa dirinya itu dekat dengan Allah SWT.

    BalasHapus
  108. Nama : Isyatirradhiyah
    NIM : F1071211030
    Prodi/Kelas/Semester : Pend. Biologi/1-A2/ganjil

    Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    MasyaAllah, terimakasih pak atas ilmu yang diberikan. Sungguh sholat ibarat tali untuk kita dekat dengan Allah. Jangan sampai tali itu terputus dengan kita meninggalkan sholat. Semoga kita senantiasa Istiqomah mendirikan sholat 5 waktu maupun solat Sunnah lainnya, Aamiin.

    BalasHapus
  109. Nama: Rifka Elsya Suhardi
    NIM: F1071211022
    Prodi: 1-A1 Pendidikan Biologi

    Terima kasih atas tulisannya di blog ini, Pak. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan. Salat juga ibadah yang paling istimewa karena diwajibkan langsung oleh Allah kepada Rasulullah tanpa melalui perantara malaikat Jibril. Selain itu, menjadi wasiat terakhir dari Rasullullah sebagai pembeda antara kaum muslim dan kafir. Kita tidak boleh melalaikan salat karena termasuk amalan yang pertamakali dihisab dan rukun agama terbesar bersifat amali (praktik) yang dituntut dalam hal kekhusyukan.

    BalasHapus
  110. Nama : Muthia Kumalasari
    NIM : F1071211027
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal : Bengkayang

    Terimakasih atas ilmu yang telah disampaikan. Sholat adalah salah satu kewajiban yang harus dikerjakan dan tidak boleh ditinggalkan. Sholat adalah perintah Allah SWT. Melalui sholat seorang hamba dapat menghubungkan dirinya kepada penciptanya

    BalasHapus

  111. Nama:Nia Daniati
    Nim:F1071211011
    Prodi:pendidikan Biologi
    Kelas:A1
    Alamat:kayong utara

    Masya allah tabarakalla, sungguh sangat bermanfaat materi yng telah bapak berikn ini. Salat adalh ibadah yang wajib dan janganlah sesekali meninggalkn salat meski sesibuk sesibuk apapun kita.

    BalasHapus
  112. Nama : Irvan Ariyansyah
    Nim : F1071211004
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Kabupaten Mempawah

    Terimakasih pak atas ilmu yang diberikan. Sholat merupakan rukum islam yang kedua, sholat merupakan tiang agama dan amal ibadah yang paling utama. Karena dalam sholat lah kita dapat merasakan dekat dengan Allah.

    BalasHapus
  113. Nama: RIFKI ALDIANSYAH
    NIM: F1071211017
    Prodi: Pendidikan biologi
    Fakultas: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Kelas: I-AI
    Asal: Kapuas Hulu

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Subbhanallah, terima kasih pak ilmu serta penjabaran nya.
    Materi hari ini, mengenai Rukun Islam kedua yaitu melaksanakan sholat.

    Sholat dalam rukun islam merupakan ibadah pokok dan wajib dilakukan setiap umat muslim. Sholat dilakukan dengan mengikuti ajaran-ajaran islam yang selama ini berpedoman dengan Al-Qur'an dan sunnah rasul. Setiap umat muslim yang mengerjakan sholat mendapat hikmah yaitu dapat berkomunikasi dengan sang pencipta, didalam komunikasi tersebut umat muslim dapat menyampaikan doa dan pujian kepada Allah swt. Melaksanakan sholat bukanlah hal yang sepele, namun hal yang sangat harus dilakukan dengan tanggung jawab dan rasa ikhlas kepada Allah swt. Pada penjelasan materi diatas terdapat dua syarat agar tersambung kepada Allah. Yakni syarat dzahir dan syarat batin. Kedua syarat ini merupakan landasan untuk melaksanakan sholat dengan khusyu. Sholat dalam keadaan khusyu memanglah tidak mudah, namun apabila umat muslim dengan ikhlas dan memiliki niat untuk beribadah kepada Allah. Insyallah khusyu didalam sholat dapat dilakukan.
    Sekian yang dapat saya sampaikan. Saya akhiri dengan mengucapkan Allhamdulillah sebagai rasa syukur atas ilmu yang telah diberikan kepada saya.
    Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  114. Assalamualaikum warahmatullah hiwabarakatuh
    Nama : Sugiyanto
    NIM : F1071211048
    Kelas : Reguler 1 A2
    Semester : 1 (2021/2022)
    Sholat adalah penghubung antara seorang hamba dengan Allah SWT. Melaksanakan Sholat hukumnya wajib bagi setiap Muslim dan Muslimah.Saya pernah mendengar ceramah di media sosial tentang Sholat jadi Sholat terdiri dari 3 huruf yaitu sod (ص) lam (ل) dan ta (ت).Sod (ص ) adalah sodikin yang artinya jujur Jadi jika orang sudah sholat pasti dia jujur baik dari perbuatan maupun ucapan mustahil kalau orang yang sudah sholat dia masih berbuat dan berkata tidak jujur berarti dia belum tahu hakikat sholat.kedua lam (ل) yaitu latifun yang artinya lemah lembut jadi seseorang yang sholat pasti perbuatan maupun perkataannya itu lemah lembut tidak menyakiti dan tidak kasar dengan orang lain.Dan ta (ت) atau Taqwa yang arti menjalankan semua perintah Allah dan meninggalkan semua larangan Allah jadi jikalau orang-orang sudah tahu hakikat sholat dia tidak akan melakukan kejahatan atau melanggar perintah Allah yang lain karena sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar.Sholat adalah cara seorang hamba untuk memohon pertolongan dan ampunan Allah.Sholat itu pun karena Allah jadi kita jangan sombong merasa sudah rajin Sholat karena kita ini tiada daya dan upaya mangkanya pada saat orang adzan mengatakan Mari kita menunaikan salat jawaban kita bukan Ayo kita menunaikan salat tapi jawaban kita adalah La haula wala quwwata ilabilahilaliyiladzim tiada daya dan upaya kecuali Karena Allah.
    Sekian laporan dari Saya kurang lebihnya Saya mohon maaf
    Wassalamualaikum warahmatullah hiwabarakatuh

    BalasHapus
  115. Nama : Rendi Ihza Pahlupi
    Nim : F1071211053
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg1A-2
    Semster : 1

    Solat merupakan bentuk nyata hubungan ciptaan dengan sang Pencipta, dimana tiada yang hak disembah selain Allah SWT. Solat juga akan menjadi perhitungan amal saat sesorang sudah tidak menginjak dunia. Menjadi hal yang wajib dilakukan selagi masih memegang iman.

    Sekian Terima kasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  116. Nama : Nur Salsabila
    NIM : F1071211049
    Kelas : Reguler 1 A2

    shalat merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim di dunia. Shalat merupakan suatu ibadah yang dilakukan dengan rangkaian gerakan dan doa. Terdapat lima shalat wajib yang harus dikerjakan oleh umat muslim. Selebihnya merupakan shalat yang di sunnahkan dan tidak di wajibkan untuk dikerjakan.
    Lima waktu shalat tersebut terdiri dari shalat subuh, shalat dhuhur, shalat ashar, shalat maghrib, dan shalat isya’. Kelima waktu shalat tersebut tidak boleh di tinggalkan.
    Perintah shalat mulai di wajibkan saat seseorang telah mencapai usia aqil baligh atau dewasa (sekitar usia 11-12 tahun atau bagi yang sudah mengalami menstruasi untuk perempuan) hingga kematian menjemput. Dalam kondisi apapun, seseorang tetap di wajibkan untuk melaksanakan shalat. Meskipun mereka dalam keadaan ketakutan bahkan saat dalam keadaan sakit.
    Sebagai salah satu syariat yang wajib dilakukan, kewajiban seorang muslim untuk mendirikan shalat di sebutkan dalam surat An-Nisa’ ayat 103. Dimana Allah berfirman “Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

    BalasHapus
  117. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Alpina Damayanti
    NIM : F1071211041
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg 1-A2
    Asal : Sambas

    MasyaAllah, terima kasih atas ilmu yang telah bapak berikan. Sholat merupakan tiang agama. Bagi seorang muslim tentunya wajib melaksanakan ibadah sholat 5 waktu, bahkan melaksanakan beberapa sholat sunah.
    Dengan sholat dan berdoa, kita dapat senantiasa beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT.
    Hikmah nya yaitu kita mendapatkan ketenangan dan kedamaian didalam hidup didunia maupun diakhirat insyaAllah. Semoga kita selalu Istiqomah dalam melaksanakan ibadah-Nya.
    Sekian, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  118. Bismillah..
    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Nama : Aulia Anisa
    NIM : F1071211045
    Kelas 1-A2

    MasyaAllah terima kasih atas ilmunya pak, semoga menjadi amal baik dan berkah untuk bapak.

    BalasHapus
  119. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Desi Rianita
    NIM : F1071211008
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Kabupaten Sambas

    Masyaa allah
    Barakallahu laka fiih atas ilmunya pak
    Shalat adalah tiang agama. Bagi umat islam shalat wajib hukumnya. Ketika kita menjalankan shalat banyak hikmah yang dapat kita rasakan. Allah akan menjaga kita dari perbuatan jahat. Di dalam shalat kita memanjatkan doa-doa. Allah mengatakan berdoalah kepada Ku maka akan Aku kabulkan. Dalam shalat terdapat waktu mustajad dikabulkannya doa. Shalat adalah hal yang pertama kali dipertanyakan di akhirat. Maka jagalah Shalatmu maka allah akan menjagamu

    Sekian dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  120. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Widya Astuti
    NIM : F1071211031
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    MasyaAllah segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam,
    Terima kasih atas ilmunya pak.

    Seseorang akan dikatakan muslim apabila telah bersyahadat, selain itu seseorang akan dikatakan muslim apabila menunaikan sholat. Sholat merupakan salah satu kewajiban yang harus benar benar dikerjakan dengan khusyuk dan diniatkan karena Allah SWT. Saya pernah mendengar sebuah ceramah yang menyebutkan bahwa manusia akan di hisab yang pertama kali adalah sholatnya. Maka dari itu mari sebagai seorang muslim kita tunaikan sholat dengan khusyuk dan tentunya niat karena Allah SWT.

    Sekian dari saya,
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  121. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Nama: Cici Rahmayani
    NIM: F1071211006
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1-A1
    Semester: 1
    Alamat: Kab.Kayong Utara
    Maha suci Allah dengan segala firman-nya, Allah SWT Tuhan semesta alam dan hanya kepada-nya lah kita memohon ampun , pertolongan, serta taat kepadanya. Kata sholat mungkin akan selalu ada setiap hari setiap waktu bagi kaum umat muslim didunia ini ,sholat merupakan tiang agama Islam dan merupakan salah satu jalan antara umat islam untuk berhubungan langsung dengan Tuhannya yaitu Allah SWT. Secara bahasa sholat artinya doa,adapun Hikmah shalat yaitu menyadarkan manusia kepada posisi kehambaan yang pada hakikatnya tiada. Jika ada diadakan, kuasa dikuasakan, kuat dikuatkan oleh Allah SWT. Sebab, setinggi - tinggi penyerahan diri kepada Allah SWT adalah kerendahan hamba dihadirat Allah ketika salat. Maka dari itu kita sebagai umat muslim sudah seharusnya menjaga dan menjalin kedekatan kepada sang pencipta yaitu Allah SWT terutama melalui sholat dengan cara selalu sholat tepat waktu , sholat dengan khusyuk hati , perkataan dan perbuatan kita terfokus beribadah kepada Allah SWT,agar kita nantinya menjadi hamba-hamba yang tergolong kedalam orang-orang yang beriman serta masuk kedalam surganya Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamin

    Sekian dari saya apabila ada kata-kata yang salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh 🙏

    BalasHapus
  122. Nama : Nanda Emilia
    NIM : F1071211033
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg 1-A2
    Semester : 1

    Sholat adalah rukun Islam yang ke 2, sholat merupakan tiang agama, sholat adalah ibadah yang terdiri dari beberapa ucapan dan tindakan dan yang pastinya juga disertai dengan niat, yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Mengenai dalil kewajiban melaksanakan sholat, Allah berfirman dalam surat Al-Ankabut ayat 45 yang artinya:
    "Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."
    Terimakasih atas ilmu yang sangat bermanfaat pada hari ini pak.

    BalasHapus
  123. Nama : Wafa Nafiah
    NIM : F1071211024
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Sholat adalah rukun islam ke-2 yang wajib dilakukan oleh seorang muslim, sholat adalah salah satu bentuk penghubung manusia dengan sang pencipta Allah SWT

    BalasHapus
  124. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏🏻
    Nama : Ni'mah Rahmayanti
    NIM : F1071211018
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal : Kota Singkawang

    MasyaAllah, sungguh bermanfaat sekali ilmu yang telah bapak berikan. Kita sebagai umat Islam sudah seharusnya mengetahui dan menjalankan rukun iman yang ke-2 ini, yaitu sholat. Allah sudah memerintahkan kita untuk melaksanakan solat, karena solat merupakan suatu pondasi bagi agama kita dan akan sangat berdosa kita jika dengan sengaja meninggalkannya. Sebab jika kita meninggalkan solat, sama saja kita merobohkan satu persatu tiang agama kita.

    Sekian dari saya,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏🏻

    BalasHapus
  125. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏🏻
    Nama : Ni'mah Rahmayanti
    NIM : F1071211018
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal : Kota Singkawang

    MasyaAllah, sungguh bermanfaat sekali ilmu yang telah bapak berikan. Kita sebagai umat Islam sudah seharusnya mengetahui dan menjalankan rukun Islam yang ke-2 ini, yaitu sholat. Allah sudah memerintahkan kita untuk melaksanakan solat, karena solat merupakan suatu pondasi bagi agama kita dan akan sangat berdosa kita jika dengan sengaja meninggalkannya. Sebab jika kita meninggalkan solat, sama saja kita merobohkan satu persatu tiang agama kita.

    Sekian dari saya,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏🏻

    BalasHapus
  126. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Nama : Mithahul Jannah
    Nim : F1071211037
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Fakultas: Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
    Semester : Ganjil(2021-2022)

    Sholat adalah rukun Islam yang ke-2 setelah syahadat. Artinya setelah kita dinyatakan Islam maka sholat adalah suatu kewajiban bagi setiap umat muslim/muslimah. Berbeda dengan rukun Islam yang ke 3,4,dan 5(zakat,puasa,haji) hanya diperuntukan bagi yang mampu misalnya zakat,hanya bagi orang yang mampu berzakat tetapi tetap di usahakan harus berzakat. Puasa,juga wajib bagi orang yang sudah baliq dan tidak wajib bagi orang yang tidak mampu untuk puasa seperti orang yang sudah tua,orang sakit,anak kecil,dan ibu hamil,tetapi dalam catatan harus diganti dengan puasa khada' atau diganti dengan memberi makan fakir miskin. Berikutnya yaitu Haji,juga bagi Orang yang mampu secara fisik maupun ekonomi. Tetapi lain halnya dengan rukun Islam yang ke-2 ini yaitu sholat, sholat wajib bagi setiap umat muslim,bahkan anak saja wajib diajarkan menjalankan sholat sejak dini. Bahkan pada saat sakit harus melaksanakan sholat,ntah itu dengan berdiri,duduk,atau berbaring. Dan jika tidak ada air untuk wudhu,ada ketentuan menggunakan tayamum atau berwudhu menggunakan debu suci(debu pasir yang suci).
    Begitu penting nya sholat sehingga tidak ada celah untuk tidak sholat,kecuali bagi wanita yang haid(menstruasi) dan tidak tidak diharuskan membayar sholat yang ditinggalkan karena haid.

    Sholat merupakan tiang agama,dimana tiang adalah bagian penyangga dari sebuah bangunan. Jika tidak ada tiang,maka bangunan tersebut akan runtuh,begitu juga sholat. Jika tidak melaksanakan sholat maka agama akan runtuh dan sholat juga sebagai penanda bahwa kita beragama Islam. Sholat terbagi menjadi 5 yaitu Subuh 2 Raka'at, Zhuhur 4 Raka'at, Ashar 4 Raka'at, Magrib 3 Raka'at,dan Isya 4 Raka'at. Kelima sholat tersebut mempunyai makna dan kadar tingkat yang berbeda. Yang pertama yaitu sholat subuh,sholat subuh dilakukan sekitaran jam 04.18(menyesuaikan daerah) yaitu pada waktu yang sangat susah untuk beranjak dari tempat tidur,makanya sholat subuh dikstakan sebagai ibu dari sholat,sholat yang paling besar pahalanya,karena di saat subuh para malaikat akan turun ke bumi dan membagikan rezeki kepada orang yang menjalankan sholat subuh. Kedua yaitu sholat zhuhur,sholat dimana manusia sibuk dengan kegiatannya masing-masing (pekerjaan), sholat zhuhur mengajarkan bahwa sesibuk apapun dan selelah apapun kamu jangan pernah tinggalkan sholat. Yang ke-3 yaitu sholat ashar,dimana semua orang sibuk istirahat(tidur siang) setelah lelah dari pekerjaan. Yang ke 4 yaitu sholat Magrib,berbeda dengan sholat subuh, zhuhur,dan ashar, sholat magrib sendiri sangat suka dilakukan oleh manusia,sebab kisaran waktunya sangat manis,karena sholat magrib sering dikatakan sebagai jari manis. Kemudian yang terakhir yaitu sholat Isya,sholat dimana manusia akan beranjak untuk tidur, dan karena kisaran waktunya yang cukup lama/panjang,sholat isya sering kali ditinggalkan.
    Dari penjelasan tentang sholat diatas,kembali lagi pada tujuan diciptakan manusia,yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT. sholat adalah sebuah Ibadah yang sangat spesial,bahkan melebihi yang lain,dan jika seseorang sengaja meninggalkan sholat,maka hukumannya adalah 80 tahun sikdaan di neraka dimana 1 hari di akhirat sama dengan 1000 tahun di dunia.

    Sekian dari saya,
    Semoga apa yang saya sampaikan bermafaat
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  127. Nama : Mandarini Salwa Salsabil
    NIM : F1052211009
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1 B

    Bismillahirrahmanirrahim
    Masyallahh terimaksih banyak pak atas ilmunya bahwasanya sholat merupakan hak dan kewajiban kita sebagai umat beragama Islam untuk menjalankannya sudah seharusnya kita tau dan paham akan pentingnya sholat bagi kita semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

    BalasHapus
  128. Bismillah
    Nama : Piyona
    NIM : F1051211037
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA2

    Maa syaa Alloh
    Jazaakallahu Khairan atas ilmu nya pak
    Pilar Islam yang kedua setelah dua kalimat syahadat adalah menegakkan sholat lima waktu. Bahkan sholat ini adalah pembeda antara seorang yang beriman dan yang tidak beriman, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sesungguhnya yang memisahkan antara seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan sholat.” (HR. Muslim). Oleh karena itu seorang muslim haruslah memperhatikan sholatnya. Namun sungguh suatu hal yang sangat memprihatinkan, banyak kaum muslimin di zaman ini yang meremehkan masalah sholat bahkan terkadang lalai dari mengerjakannya.

    BalasHapus
  129. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Yuri Aniasari
    Nim : F1051211042
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Kelas : 1-A2

    Masyaallahh...Terimakasih bapak, materinya dan ilmunya sangat bermanfaat. Saya sangat sependapat dengan apa yang di sampaikan. Sholat 5 waktu sehari yang Allah syariatkan untuk menjadi sarana interaksi antara Allah dengan seorang muslim di mana ia bermunajat dan berdoa kepada-Nya. Juga untuk menjadi sarana pencegah bagi seorang muslim dari perbuatan keji dan mungkar sehingga ia memperoleh kedamaian jiwa dan badan yang dapat membahagiakannya di dunia dan akhirat. Sholat merupakan tiang agama. Ia sebagai rukun terpenting Islam setelah dua kalimat syahadat. Seorang muslim wajib memeliharanya semenjak usia baligh (dewasa) hingga mati. Ia wajib memerintahkannya kepada keluarga dan anak-anaknya semenjak usia tujuh tahun dalam rangka membiasakannya. Allah ta’ala berfirman:
    ''Sesungguhnya Shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman (An Nisa: 103)"
    Menjalankan sholat 5 waktu tidak hanya sekedar 5 waktu tetapi tidak tepat waktu ,maka dari itu kita harus menjlankn sholat 5 waktu dan tepat waktu agar ibadah kita senantiasa diterima oleh Allah SWT dengan full, masalah urusan diterima atau tidak nya urusan Allah SWT lah yang penting kita harus ada niat dalam hati kita niat karena Allah SWT.
    Seandainya seorang muslim menunda-nunda sekali salat saja dari ketentuan waktunya hingga keluar waktunya tanpa alasan yang dibenarkan syariat di luar keinginannya maka ia telah melakukan dosa besar. Ia harus bertaubat kepada Allah dan tidak mengulangi lagi.

    Sekian dari saya, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  130. Nama: Putri Natasya
    NIM : F1071211034
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A-2
    Semester : Ganjil 2021/2022( Semester 1)


    MasyaAllah, Salat merupakan rukun islam yang kedua. Sebagai umat muslim, sudah menjadi kewajiban kita untuk senantiasa melaksanakan sholat 5 waktu. Hikmah salat menyadarkan manusia kepada posisi kehambaan yang pada hakikatnya tiada. Jika ada diadakan, kuasa dikuasakan, kuat dikuatkan oleh Allah SWT. Totalitas penyerahan diri (muslim) kepada Allah SWT ada di dalam salat, melalui bacaan, gerakan , dan hati. Jika syahadat ibarat pondasi, maka salat ibarat tiang dalam bangunan rumah. Dengan melaksanakan salat, kita bisa menenangkan jiwa, pikiran,dan hati kita. Karena salat merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu Istiqomah dalam beribadah kepada Allah SWT.
    Terima kasih atas ilmunya pak, ilmunya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  131. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Nama : Nambisas Arum Kusuma Ayu
    Nim : F1071211052
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Salat adalah rukun islam kedua. Salat memiliki arti doa, yang berarti doa penghubung antara Allah SWT dan makhluk-Nya. Salat yang diwajibkan oleh Allah Swt yang merupakan sebagai tiang utama dalam pandai kehidupan manusia di bumi. Salat yang diwajibkan oleh Allah Swt yang telah di turunkan berdasarkan firman-Nya melalui Nabi dan rasul Allah SWT ada 5 waktu dalam sehari. Waktu salat dapat dikerjakan di awal waktu Fardhu dan diantara salat Fardhu lainnya, yang artinya tidak alasan bagimu untuk tidak melaksanakannya. Salat 5 waktu tersebut terdiri atas salah subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya (dari awal terbitnya matahari hingga terbenamnya seluruh matahari). Salat mengajarkan kita akan kesabaran dan pemahaman kita terkait kehidupan alam semesta dan mengingatkan kita sebagai manusia yang akan tiada. Dengan demikian, manusia akan lebih menyadari bahwa suatu saat akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat. Maka laksanakan salat yang telah ditentukan dan sesuai ketentuan syariat islam agar dirimu kelas mendapatkan hikmah dan rahmat dari-Nya. Perbanyaklah ibadah salat mu sebagai tiang hidupmu untuk lebih baik dan berada di sisi Allah swt saat hari akhir.

    Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

    BalasHapus
  132. Nama : Fazrika Syafharla
    NIM : F1071211032
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2 (Semester 1)

    MasyaAllah, terima kasih Pak atas ilmunya.
    Sholat merupakan tiang agama. Sholat wajib dilaksanakan setiap waktu oleh seluruh umat islam dan tidak boleh meninggalkannya. Sholat wajib yang perlu dilakukan oleh seorang muslim adalah sebanyak lima waktu. Sholat juga yang pertama kali dihisab di hari akhirat. Jika kita ingin masuk surga, kuncinya adalah sholat. Perbaiki sholatmu, maka Allah akan memperbaiki hidupmu.

    BalasHapus

  133. Nama : Angel Acum Diarsih
    Nim : F1071211005
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Semester : 1

    Terima kasih atas ilmunya pak. Sholat merupakan salah satu rukun islam. Dan karna itu juga kita memiliki kewajiban untuk melaksanakan sholat. Sholat wajib kita laksanakan selama 5 kali dalam sehari. Seorang muslim di larang untuk meninggalkan sholat wajib ketika ia sudah memasuki usia baligh di mana jika ia meninggalkan sholat maka akan mendapatkan dosa.

    BalasHapus

  134. Bismillahirrahmanirrahim,
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakkatuh

    Nama : Putri Maulindah
    NIM : F1051211028
    Kelas : 1 A2
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Fakultas : FKIP

    Masyaallah, terimakasih pak atas ilmu yang bapak berikan..
    Rukun islam yang kedua adalah sholat. Dalam ajaran Islam, sholat merupakan tiang agama dan ibadah pertama yang akan ditimbang pahalanya di hari kiamat.
    Sholat adalah ibadah yang terdiri dari beberapa ucapan dan tindakan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Mengenai dalil kewajiban melaksanakan sholat, Allah berfirman dalam surat Al-Ankabut ayat 45 yang artinya:
    "Dirikanlah salat, karena sholat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar."

    Rasulullah SAW juga bersabda, "Allah SWT pada malam Isra mewajibkan atas umatku lima puluh salat. Kemudian aku terus menerus kembali kepada Allah dan memohon keringanan sehingga Allah menjadikannya menjadi lima sholat dalam sehari semalam."

    Lima sholat tersebut adalah sholat shubuh 2 rakaat, sholat dzuhur 4 rakaat, sholat ashar 4 rakaat, sholat maghrib 3 rakaat, dan sholat isya 4 rakaat.

    Sekian dari saya,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  135. Nama : Anggun Lestari
    NIM : F1071211029
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Semester : 1/Ganjil (2021/2022)

    Sholat merupakan rukun Islam kedua yang sangat ditekankan atau menjadi ibadah yang paling utama setelah syahadat. Sholat merupakan salah satu kewajiban yang kita jalankan setiap hari terutama dalam menjalankan sholat lima waktu. Hukumnya wajib bagi setiap umat muslim, jadi sangat penting bagi kita sebagai umat muslim. Sholat adalah amalan yang pertama kali akan dihisab di akhirat nanti. Memenuhi hukum wajib, sunnah dan adab-adab sholat. Menepati waktu sholat juga penting, lebih baik diawal waktu. Jika syahadat ibarat pondasi, maka sholat ibarat tiang dalam bangunan rumah. Siapa yang meninggalkan sholat, berarti meruntuhkan agamanya. Terimakasih pak, atas ilmu yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  136. Nama : Indah Puspita Sari
    NIM : F1071211054
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reguler 1-A2
    Semester : 1 (Ganjil)


    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Indah Puspita Sari_ F1071211054_Pendidikan Biologi_Reguler 1-A2_Semester 1 (Ganjil) izin berkomentar, pak.

    Sebelumnya, Terimakasih banyak pak atas kesempatannya untuk berkomentar dan Terimakasih pula karena bapak sudah memberikan Ilmu yang sangat LUAR BIASA bermanfaatnya, pak.

    Alhamdulillah Wa Syukurillah, hari ini kita mendapatkan ilmu mengenai Rukun Islam yang Kedua yaitu Sholat. Sholat merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim. Sudah seharusnya kita melaksanakan Sholat karena jika kita meninggalkan Sholat maka sama saja seperti kita meruntuhkan agama Islam. Sholat yang wajib dilakukan kita ada 5 yakni Isya, Subuh, Zuhur, Asar, Magrib.

    Manfaat sholat sangatlah banyak, salah satunya ialah Sholat mampu menenangkan jiwa. Sebab dengan melaksanakan Sholat, maka kita menjadi lebih dekat dengan-Nya. Minta tolonglah kepada-Nya karena yang dapat menolong kita di saat apapun hanya Allah SWT. Semoga kita senantiasa terus Istiqamah dalam mengerjakan Sholat. Aamiin Allahumma Aamiin.

    Sekian komentar dari saya, pak. Terimakasih atas waktu dan kesempatannya untuk berkomentar dan Terimakasih pula karena bapak sudah memberikan Ilmu yang sangat LUAR BIASA bermanfaatnya. Mohon maaf jika terdapat kata yang kurang berkenan. Asbab yang baik datangnya Allah SWT. dan yang buruk itu datangnya dari saya pribadi.

    Akhir kata Wabillahit taufiq wal hidayah wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh wabarakatuh.

    BalasHapus
  137. Nama : Rahmad
    NIM : F1071211046
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas/Semester : 1-A2/ganjil

    MasyaAllah, terima kasih Pak atas ilmu yang telah disampaikan. Benar sekali bahwa sholat merupakan kewajiban kita sebagai umat Islam dan meninggalkannya adalah suatu perbuatan dosa besar. Kewajiban sholat ini harus dilakukan mulai dari seseorang baligh sampai ia meninggal dunia, karena dalam hisab amal ibadah yang pertama kali dihitung adalah pada shalatnya. Semoga kita semua termasuk Hamba Allah yang senantiasa mengerjakan ibadah sholat dengan sungguh-sungguh beribadah kepada-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, Aamiin.

    BalasHapus
  138. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Nadia Salsabila
    Nim : f1051211031
    Prodi : pendidikan Fisika
    Kelas :1A2
    Fakultas : FKIP

    Penjelasan tentang solat sesuai yang bapak jelaskan memang benar,solat ialah tiang agama Islam,jika kita tidak solat maka agama Islam bisa runtuh,solat juga hal yang pertama di tanyakkan malaikat di alam kubur nanti,solat itu hukumnya wajib ,artinya semua umat nabi Muhammad wajib melaksanakan solat,jikatidsk dilaksanakan maka akan mendapat dosa dan dipertanggungjawaban di akhirat kelak. Dengan solat hidup kita akan lebih terarah dan nyaman,artinya kita merasa ada Allah tempat kita meminta Ampun,solat ada 2 yaitu solat wajib dan solat sunnaah,solat wajib itu seperti solat subuh.zuhur.asar.magrib.dan isya ,sedangakan solat Sunnah yaitu solat yang mengiringi solat wajib itu,seperti solat Dhuha,solat tahiyatul masjid ,solat tahajud dan masih banyak lagi

    Sekian dari saya wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus

  139. Nama : Kurnia Hendra Yani
    NIM : F1051211024
    Kelas : 1 A1
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Matkul : Pendidikan Agama Islam

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh masyaallah terima kasih pak atas ilmunya hari ini...
    Dimana materi pertemuan Minggu ini adalah sholat dimana sholat ini merupakan kewajiban seorang muslim maupun muslimah sholat merupakan tiang agama dan sholat ini merupakan perihal yang akan ditanyakan nanti di akhirat.Sholat ada 5 waktu dimana penetapan sholat ini saat rosul kita Muhammad SAW naik ke langit atau biasa kita bilang isra' mikraj nabi Muhammad menerima perintah sholat dari Allah untuk semua hambanya dan memberik penetapan berapa kali sholat yang wajib dikerjakannya.
    Dengan sholat maka kita akan diampuni oleh Allah dan dimudahkan dalam urusan didunia maupun di akherat..

    Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  140. Nama : Filardha Azelia Vallahayil
    NIM : F1071211025
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A1 ( semester 1 )
    Asal : Kubu Raya

    MasyaAllah, terimakasih atas ilmunya pak.
    Sholat merupakan rukun Islam kedua. Hal ini tentu merupakan pengetahuan umum bagi umat Islam. Sebagai umat Islam, kita sepatutnya melaksanakan sholat terutama sholat 5 waktu. Tentu saja apa yang Allah perintahkan itu tidaklah sia-sia. Sholat memiliki hikmah tersendiri. Contohnya untuk menyadarkan manusia untuk selalu ingat kepada Allah dan menyembahnya. Dengan sholat kita akan merasa dekat dengan Allah. Di sholat kita juga bisa meminta ampunan dan keinginan kepada Allah. Sholat juga menjadi amal yang diperhitungkan di akhirat kelak. Maka dari itu jika ingin masuk ke surga, sempurnakanlah sholatmu.

    Sekian dari saya. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus

  141. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Jihansyah
    NIM : F1051211036
    Kelas : 1 A2
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Bismillahirrohamannirrohim
    Sebagai umat Islam melaksanakan sholat wajib hukumnya. Seorang muslim kita harus menaruh perhatian yang sangat besar dalam menjalankan Shalat dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab, dan bukan sekedar rutinitas atau penggugur kewajiban. Dengan demikian kita akan menjadi orang-orang yang akan mewarisi surga Firdausnya Allah dan Insya Allah kekal di dalamnya.
    Bahkan Rasulullah dalam sebuah hadistnya menegaskan bahwa Shalat menjadi pembeda atau pembatas yang tegas antara seorang muslim dengan orang kafir. “Perjanjian antara kami dengan mereka (orang kafir) adalah mengenai shalat, barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah). Senada dengan hadis tersebut, Umar bin Khattab juga menyatakan, “Tidak ada islam bagi seseorang yang tidak menegakkan shalat”.

    Sekian komentar yang dapat saya sampai
    Kurang lebihnya saya mohon maaf

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  142. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Achmad Dwi Juniarto
    Nim : F1052211006
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Kelas : 1B
    Rukun Islam yang kedua, yaitu dengan mendirikan salat sebagai bentuk ibadah kepada Allah. Sholat sebagai rukun islam kedua jadi penghubung komunikasi antara manusia dengan Sang Maha Kuasa, Allah SWT.

    Perbuatan atau tindakan dalam sholat mencakup gerakannya, mulai dari mengangkat tangan ketika takbir, iftitah, ruku, sujud, hingga tasyahud akhir. Umat Islam wajib melaksanakan lima panggilan Allah, yaitu sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. Akan lebih baik dan menambah pahala jika diimbangi dengan sholat sunnah. Salah satu perintah Allah untuk menunaikan sholat tertera dalam surat Al Isra ayat 78:

    اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

    Artinya:

    “Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”

    wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  143. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Nama : Sidik Wijaya
    NIM : F1051211046
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Masya Allah. Terimakasih pak untuk ilmunya. Sholat merupakan kewajiban untuk semua umat muslim. Tanpa mempelajari ilmu sholat kita akan menghancurkan tiang agama kita sendiri. tidak akan beruntung seseorang muslim yang selalu meninggalkan sholat. Sholat adalah wujud syukur dan penghambaan seorang hamba kepada penciptanya . Semoga dengan mempelajari tentang sholat kita lebih istiqomah dan bertambah iman dan taqwa amiin. Terimakasih pak. Sekian dari saya wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  144. Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Nama : Doni Hariansah
    NIM : F1071211019
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : IA1
    Asal Daerah : Kabupaten Sambas

    Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak Nikmat
    Sholawat serta salam tak lupa kita sampaikan kepada Nabi kita yakni Nabi Muhammad SAW.

    Alhamdulillah terimakasih pak atas penyampaian materi nya.

    Perintah menunaikan salat adalah rukun Islam yang ke-2
    Salat adalah bentuk penghambaan kita kepada Allah SWT. Salat juga pembanding antara orang beriman dan orang kafir.
    Amalan yang pertama kali di hisab di hari Akhir ialah salat. Jika baik amalan salat nya maka baiklah amalan yang lain nya

    Sekian dari saya
    Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    BalasHapus

  145. Nama : Dea Roihatul Jannah
    NIM : F1051211014
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : Reg 1-A1
    Semester : 1

    Masyaallah, terimakasih pak ilmu nya sangat menambah wawasan. Rukun Islam kedua yang wajib dilaksanakan oleh pemeluk agama Islam adalah mendirikan salat setiap waktu dan tidak boleh meninggalkannya. Salat yang perlu dikerjakan adalah salat wajib dan salat sunah. Salat wajib yang perlu dilakukan oleh seorang muslim adalah sebanyak lima waktu. Dalam ajaran Islam, sholat merupakan tiang agama dan ibadah pertama yang akan ditimbang pahalanya di hari kiamat. sholat adalah ibadah yang terdiri dari beberapa ucapan dan tindakan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Mengenai dalil kewajiban melaksanakan sholat, Allah berfirman dalam surat Al-Ankabut ayat 45.
    Lima sholat tersebut adalah sholat shubuh 2 rakaat, sholat dzuhur 4 rakaat, sholat ashar 4 rakaat, sholat maghrib 3 rakaat, dan sholat isya 4 rakaat.

    Syarat Sholat
    Syarat sholat adalah beberapa hal yang harus dipenuhi seseorang sebelum melakukan sholat, yaitu:

    1. Islam
    2.Tamyis (berakal dan baligh)
    3. Menutup aurat
    4. Menghadap kiblat
    5. Mengetahui waktu salat sudah masuk
    6. Suci dari hadas
    7. Suci dari najis
    8. Mengetahui tata cara salat.

    Rukun Sholat
    1. Niat
    2. Takbiratul Ihram
    3. Mengucapkan niat dengan takbir secara bersama
    4. Berdiri bagi orang yang mampu
    5. Membaca surah al-Fatihah setiap rakaat
    6. Rukuk
    7. I'tidal
    8. Sujud
    9. Duduk di antara dua sujud
    10. Thuma'ninah
    11. Tasyahud akhir
    12. Membaca sholawat kepada Nabi
    13. Salam yang pertama
    14. Duduk untuk membaca tasyahud akhir, sholawat kepada Nabi, dan salam yang pertama.
    15. Tertib
    Sekian dari saya, mohon maaf atas kekurangan nya. Terimakasih.
    Wasallammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  146. Nama : Galuh Asih Kurniasari
    Nim : F1071211013
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    MasyaAllah, terimakasih atas ilmu yang bapak berikan ilmu yang sangat bermanfaat untuk kami, Sholat adalah kewajiban kita umat muslim, yang nama kewajiban itu harus dilakukan mau dimana dan sampai kapan pun itu saat kita masih bisa bernafas, semoga sholat yang sudah kita laksanakan diterima Allah SWT dan di ampuni dosa dosa kita, aamiin

    BalasHapus
  147. Nama : Putri Yolasari
    NIM : F1071211044
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I A-2

    Terimakasih pak telah berbagi khazanah ilmu seputar rukun Islam yg ke 2 yaitu Sholat. Totalitas seorang muslim dengan menyerahkan diri kepada Allah SWT ada di dalam sholat, melalui bacaan, gerakan, dan hati. Kita sebagai umat muslim harus taat dalam beribadah, seperti sholat 5 waktu yang telah menjadi kewajiban. Melalui sholatlah, kita memohon pertolongan hanya kepada Allah SWT. Selain itu, jiwa kita akan menjadi tenang karena dekat dengan Penciptanya. Maka janganlah kita meninggalkan sholat, karena di dalam hadist dikatakan bahwa "siapa yang meninggalkan sholat, berarti meruntuhkan agamanya"

    BalasHapus
  148. Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

    Nama: Esty Kamalah
    NIM: F1051211020
    Kelas: 1 A1
    Prodi: Pendidikan Fisika

    Shalat merupakan tiang agama. Ia sebagai rukun terpenting Islam setelah dua kalimat syahadat. Seorang muslim wajib memeliharanya semenjak usia baligh (dewasa) hingga mati. Allah SWT memerintahkan umatnya untuk menjalankan sholat 5 waktu. Ini perintah sholat dalam Al-Qur'an yang menghubungkan seseorang dengan Tuhannya.

    Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah [2]: 45:

    "Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat dan itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk." (QS. Al-Baqarah [2]: 45).

    Sekian dari saya, terima kasih.
    Wassalammualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  149. Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Alvina Damaiyanti
    Nim : F1051211011
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : Reg 1-A1
    Semester : 1

    MasyaAllah, Terimakasih atas ilmu yang bermanfaat pada hari ini pak. Yaitu materi mengenai Rukun Islam yang kedua.

    Dalam ajaran Islam, sholat adalah ibadah yang terdiri dari beberapa ucapan dan tindakan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.
    Serangkaian ucapan dan gerakan yang tertentu yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, dikerjakan dengan niat dan syarat-syarat tertentu. Mengenai dalil kewajiban melaksanakan sholat, Allah berfirman dalam surat Al-Ankabut ayat 45 yang artinya:
    “Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”
    Sholat dibagi menjadi 5 waktu.
    Lima sholat tersebut adalah sholat shubuh 2 rakaat, sholat dzuhur 4 rakaat, sholat ashar 4 rakaat, sholat maghrib 3 rakaat, dan sholat isya 4 rakaat.

    Sekian dari saya,
    Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus

  150. Nama : Sulistia Ningsih
    NIM : F1051211035
    Kelas : IA2
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Bismillah, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih atas ilmu yang diberikan. Saya setuju dengan materi yang disampaikan oleh bapak.
    Shalat merupakan tiang agama yang sangat penting bagi seorang muslim. shalatlah yang membedakan antara orang muslim dengan orang kafir. “Sungguh yang memisahkan antara seorang muslim dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan sholat.”
    Setiap muslim memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah sholat fardhu, yaitu sholat 5 waktu dalam sehari semalam. Hukum sholat 5 waktu adalah fardhu ‘ain.
    Hukum melakukan shalat 5 waktu merupakan Wajib, apalagi Allah mengharuskan tiap pengikutnya untuk senantiasa melakukan shalat 5 waktu meski sedang sakit dengan keadaan tertentu.

    Tidak hanya shalat wajib 5 waktu terdapat shalat sunnah yang lain, berikut ini jenis hukum shalatnya.
    Dalam QS. Al-'Ankabut Ayat 45 yang artinya:
    Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

    BalasHapus
  151. NAMA : LILI.
    NIM : F1051211026
    PRODI : PENDIDIKAN FISIKA
    KELAS : 1 A1

    Assalamualaikum wr.wb , sebelumnya terimakasih ilmunya pak...
    Sholat adalah salah satu kewajiban bagi setiap umat islam
    Keutamaan sholat tepat waktu turut dijelaskan Khalifah Usman bin Affan. Dikutip dari buku Belajar dari Ustadz Yusuf Mansur penulis Anwar Sani, Tarmizi As-Shiddiq, dan Ahmad Jameel menjelaskan sembilan keutamaan sholat tepat waktu. Berikut keutamaan sholat tepat waktu:

    Dicintai Allah SWT
    Badannya senantiasa sehat
    Dijaga oleh malaikat
    Diturunkan berkah untuk rumahnya
    Mukanya akan keliahtan tanda orang yang shaleh
    Allah akan melembutkan hatinya
    Dapat melalui jembatan Shiratal Mustaqim layaknya seperti kilat
    Akan diselamatkan dari api neraka
    Allah menempatkannya ke dalam golongan orang-orang yang tidak takut dan bersedih.
    Semoga kita semua termasuk dalam golongan yang mendapat sembilan keutamaan sholat tepat waktu ya, sahabat hikmah. Aamiin.

    BalasHapus
  152. Nama : Sri Wulan Sari
    Nim : F1071211042
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg A2
    Semester : 1 (ganjil)

    Shalat merupakan rukun Islam yang ke 2. Kita harus menunaikan shalat dengan tepat waktu. Menepati waktu shalat sangat penting agar lebih Afdal. Shalat memberikan hikmah yang besar kepada manusia. menyadarkan manusia kepada posisi kehambaan yang pada hakikatnya tiada. Jika ada diadakan, kuasa dikuasakan, kuat dikuatkan oleh Allah SWT. Mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat.

    BalasHapus
  153. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Feren Setya Ningsih
    NIM : F1051211044
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA2

    MasyaAllah, saya sangat setuju yang bapak sampaikan.
    Shalat merupakan rukun Islam yang kedua.
    Shalat adalah tiang agama Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim.

    Nabi Muhammad SAW bersabda :
    "Pokok urusan (agama) itu adalah Islam (yaitu : dua syahadat), tiangnya adalah shalat, dan puncak ketinggiannya adalah jihad." (HR Tirmidzi)

    Shalat merupakan sarana komunikasi dan interaksi secara langsung antara seorang muslim (hamba Allah) dengan pencipta-Nya yaitu Allah SWT. tanpa dibatasi oleh sekat atau perantara apapun.

    Di dalam Al-Qur'an dijelaskan pada Surat Al-Ankabut, Ayat 45 yang artinya :
    Bacalah Kitab (Al-Qur`ān) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuautan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Surat Al-Ankabut, Ayat 45)

    Dari Ibnu Abbas r.a. bahwasannya Nabi saw. telah mengutus Muadz r.a. ke Yaman, lalu beliau bersabda kepadanya “Ajaklah mereka (penduduk Yaman) untuk bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan sungguh aku adalah utusan Allah, jika mereka menaatinya, maka beritahukan mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka lima shalat dalam sehari semalam…. (HR. Al-Bukhari)

    Sekian dari saya, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kata-kata yang kurang berkenan.

    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  154. Nama : Dwi Seftiany
    NIM : F1071211043
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg. 1-A2
    Semester : ganjil 2021/2022 (semester 1)

    Bismillah
    Masyaallah, setelah membaca karangan di atas kita dapat bersyukur atas semua yang Allah berikan. Shalat menghubungkan seorang hamba kepada penciptanya, dan shalat merupakan menifestasi penghambaan dan kebutuhan diri kepada Allah SWT.
    Shalat dijadikan sebagai penanda utama dalam status keimanan seorang muslim. Mengerjakan shalat merupakan tanda awal keislaman sedangkan meninggalkan shalat merupakan tanda awal kekafiran. Semoga kita senantiasa mengerjakan shalat baik itu shalat fardh maupun shalat sunah.
    Terima kasih atas ilmu yang bapak berikan. Ilmu tersebut benar-benar bermanfaat bagi kehidupan saya mendatang.

    BalasHapus
  155. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Fuad Zairofi Prasetyo
    NIM : F1071211035
    Kelas : 1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Masya Allah sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim apalagi yang sudah baligh untuk melaksanakan sholat 5 waktu karena seperti yang kita tahu sholat berarti kita telah mendirikan tiang agama dan sholat adalah ibadah yang paling wajib dilakukan oleh setiap muslim, sholat juga ibadah yang pertama kali di hisab oleh Allah SWT. Apabila seorang muslim meninggalkan sholat secara sengaja maka keislaman orang tersebut patut dipertanyakan, maka dari itu sebagai muslim kita harus senantiasa menjaga dan memperbaiki sholat kita karena jika sholat nya baik dan bagus maka ibadah yang lain juga pasti akan ikut baik.
    Sekian dari saya, semoga kita senantiasa bisa menjadi muslim yang senantiasa menjaga sholat dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  156. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  157. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  158. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  159. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  160. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Hari/Tanggal : Selasa, 26 Oktober 2021
    Nama : Mitha
    NIM : F1071211040
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Terima kasih pak atas ilmu yang disampaikan...

    Sholat adalah hal yang utama dalam Islam. Juga karena keutamaannya, shalat disebut tiang agama. Sebagai seorang muslim harus menunaikan perintah ini karena hukumnya wajib. Selain shalat wajib yaitu 5 waktu, ada rangkaian shalat sunnah yang bisa dilakukan dengan pahala yang lebih banyak, atau bahkan tergantung waktu dan kebutuhan.

    BalasHapus
  161. Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

    Nama: Muhammad Fahrizal Arya Pratama
    NIM: F1052211001
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Fakultas: Keguran Dan Ilmu Pendidikan
    Kelas: 1B (PPAPK)

    Saya sangat sejutu dengan yang bapak sampaikan. Setelah kita mengucap 2 kalimat syahadat kita telah melaksanakan rukun ISLAM yang pertama. Setelah rukun islam yang pertama terlaksanakan ada rukum islam kedua yabg juga harus dilaksanakan yaitu Sholat.
    Sholat ada kewajiban bagi seluruh umat muslim. Karena dengan adanya sholat kita sudah menegakkan tiang agama. Tapi jika tidak bisa menjaga sholat kita telah meruntuhkan tiang agama.
    Sholat itu juga bisa menjadi pelindung bagi kita dari hal hal yang tidak baik seperti perbuatan keji dan perbuatan munkar. Seperti yang dijelaskan dalam QS. Al-'Ankabut Ayat 45
    "Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain)."

    Jadi mari kita sama sama dirikan sholat sesungguh amalan pertama yang akan dihisab oleh Allah yaitu adalah SHOLAT. Jika sholat nya baik maka baik semua seluruh amal perbuatannya, tetapi jika sholatnya buruk maka buruk semualah amal perbuatannya.

    Cukup sekian yang saya sampaikan

    Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

    BalasHapus
  162. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama: Ayu Tri Wulandari
    Nim: F1071211007
    Kelas: 1-A1
    Prodi: Pendidikan Biologi
    MasyaAllah, terimakasih pak untuk ilmu yang telah bapak berikan pada hari. Rukun Islam yang kedua adalah menunaikan ibadah shalat tepat waktu. Sholat adalah tiang dari sebuah agama dan sudah kewajiban umat Islam menunaikan nya. Sekian yang dapat saya sampaikan.
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  163. Nama : Fazrin Rizkha Nafasati
    NIM : F1071211050
    Kelas : Reg 1-A2
    Semester : 1
    prodi : Pendidikan biologi

    Sholat merupakan kewajiban bagi semua umat Islam, sholat disebut juga tiang agama. Sholat adalah perantara komunikasi seorang manusia dengan Allah SWT, jika kita sholat dengan benar maka sholat tersebut akan khusyu. Sholat juga menjadi tembok penghalang manusia untuk berbuat kejahatan atau perbuatan keji lainnya, dengan rajin sholat dapat membuat kita dekat dengan Allah SWT.

    BalasHapus
  164. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  165. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

    Nama : Lidiya Rahmawati
    NIM : F1051211029
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA 2
    Hari/Tanggal : Selasa, 26 Oktober 2021

    Alhamdulillah, MasyaAllah.
    Terimakasih banyak pak atas ilmu yang bapak berikan, ilmu ini sangat bermanfaat untuk saya dan menambah wawasan saya tentang rukun islam, khususnya rukun islam yang kedua yaitu shalat.

    Saya setuju dengan apa yang bapak sampaikan, yaitu jika syahadat diibaratkan sebagai pondasi, maka salat diibaratkan sebagai tiang dalam bangunan rumah. Nah, dari kalimat itu kita bisa memberikan makna bahwa salat merupakan tiang agama Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim. Jika tidak ada tiang tentu saja bangunan itu tidak akan bisa dibangun atau didirikan, dan jika tiang tersebut kokoh maka bangunannya pun akan berdiri dengan kokoh juga, begitu juga sebaliknya.
    Nabi Muhammad Saw bersabda : "Pokok urusan (agama) itu adalah Islam (yaitu : dua syahadat), tiangnya adalah shalat, dan puncak ketinggiannya adalah jihad." (H.R.Tirmidzi)

    Dan benar juga yang bapak sampaikan bahwa sholat adalah doa yang menjadi penghubung antara hamba-Nya kepada Allah Swt. Dari kalimat itu juga bisa kita pahami bahwa ibadah salat merupakan ibadah satu-satunya yang tidak boleh digugurkan atau pun ditinggalkan dalam kondisi apapun bagi muslim yang sudah baligh dan berakal, kecuali bagi muslimah yang sedang haid atau nifas. Apabila seorang muslim dengan sengaja meninggalkan salat maka orang tersebut tergolong telah melakukan dosa besar, bahkan dapat dikategorikan melakukan kesyirikan dan kekafiran. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah Swt dalam Al-Qur'an surah Maryam : 59-60 yang artinya "Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan salat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui al ghoyya, kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal shaleh."
    Al ghoyya di atas memiliki arti sungai jahanam yang makanannya sangat menjijikkan, yang tempatnya sangat dalam.Dan Allah Swt menjadikan tempat tersebut sebagai tempat untuk orang-orang yang menyia-nyiakan salat dan memperturutkan hawa nafsunya. Tempat tersebut merupakan bagian neraka yang paling bawah, bukanlah tempat orang muslim melainkan tempat orang-orang kafir.

    Maka dari itu kita sebagai umat muslim sudah seharusnya menjalankan kewajiban kita untuk melaksanakan ibadah salat.

    Sekian dari saya, mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan.
    Terimakasih.Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

    BalasHapus
  166. Bismillahirrahmanirrahim

    Nama : Sri Wahyu Ningsih
    NIM : F1051211002
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1 A1

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    Terimakasih atas ilmu yang telah bapak berikan kepada kami. Sholat memanglah sangat penting, bahkan ada yang mengatakan sholat adalah tiang agama. Sebagaimana sholat 5 waktu merupakan sholat yang wajib dimana kita seorang muslim lakukan. Sholat merupakan salah satu tempat kita untung menceritakan apa yang kita alami, memohon maaf, meminta pertolongan dan meminta perlindungan, dan semoga dijauhi hal-hal yang buruk.

    Perintah untuk melaksanakan sholat lima waktu juga terdapat dalam Al Quran surat Al-Isra ayat 78 yang artinya :
    "Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)."

    Diriwayatkan dalam sebuah hadits, yang diriwayatkan dari Jabir, ia berkata Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya :
    "Perumpaan shalat lima waktu itu seperti aliran sungai yang melimpah airnya dan jernih mengetuk pintu kalian, lalu air itu membersihkan seluruh isi rumah kalian lima kali dalam sehari," (HR. Muslim no. 668).

    Sekian dari saya, terima kasih
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    BalasHapus
  167. Nama : Marseli
    NIM : F1071211047
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reguler 1-A2

    Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Benar sekali seperti tulisan bapak,
    Dengan ibadah sholat lah umat islam bisa berkomunikasi dengan Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.
    Sholat adalah tiang agama islam, sholat adalah perkara pertama yang akan ditanyakan di alam kubur nanti, sholat juga merupakan perkara yang paling utama dari yang utama. Kita sebagai umat islam harus menjaga ibadah kita dengan sholat. Sholat itu penting bukan yang penting sholat. Maksudnya disini kita harus benar-benar mengetahui gerakan maupun bacaan dalam sholat.

    Semoga kita semua senantiasa bisa menjaga ibadah kita. Amin Allahumma Aamiin

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  168. Nama : M. Alfin rizkiandi
    Nim : F1071181055
    Kelas : A2
    Prodi : pendidikan biologi

    Bismillahirahmanirrahim,
    Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Sholat merupakan hal yang wajib dilaksanakan bagi seluruh umat islam, dalam sholatlh kita bisa mengadu pada Allah, bercerita keluh kesah , saat resah tulaikn lh sholatt maka semua kesusahan yang kita rasakan Insyaallah menjadi kemudahan tentunya jika Allah menghendaki.
    Sholat terbagi jadi 5 waktu yang pertama subuh, kedua dzuhur, ketiga Ashar , keempat Maghrib, kelima Isya. Semua ini harus kita laksanakan, bahkan dari kecil pun kita harus sudah membiasakan yang namanya Sholat.

    Terimakasih pak,
    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  169. Nama : Muhammad fhahrul rizki
    NIM : F1052211008
    Prodi : Pendidikan fisika
    Kelas : 1B

    Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    terima kasih atas ilmu nya ,dan saya setuju dengan tulisan bapak,kita sebagai seorang muslim wajib melaksanakan sholat fardhu,dan banyak dari kita tidak tau bahwa dosa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras.dengan sholat yang benar atau sesuai dengan Ittiba' rasul.
    semoga dengan tulisan ini kita bisa senantiasa mejaga sholat kita. amin amin ya robbal alamin.
    wabillahitaufik walhidayah assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  170. Nama : Donnh Arya Wijayanto
    NIM :F1071211051
    Prodi :Pendidikan Biologi
    Kelas :Reg 1A-2

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
    MasyaAllah, Syukron pak atas ilmunya yang sangat bermanfaat ini, dengan materi ini kami jadi mengetahui hukum-hukum dalam salat, adab-adab salat, waktu pelaksanaan salat yang afdalnya kapan, serta kami dapat mengetahui hikmah dari salat sehingga kami dapat menyempurnakan salat kami. SYUKRON pak Jazakallahu kharian.

    BalasHapus
  171. Bismillahirrahmanirramiim

    Nama : Auliasyura Lestari
    NIM : F1051211009
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I A1

    Masyaallah, terima kasih atas ilmu nya yang luar biasa dan sangat bermanfaat tentang salat pak.
    Salat merupakan Rukun Islam yang ke-2 tepat setelah syahadat. Syahadat itu ibaratkan pondasi dan salat ibaratkan tiang sebuah bangunan. Salat merupakan amalan pertama yang akan di hisab pada hari Kiamat.

    Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka, jika sholatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta'ala berfirman, 'Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah.' Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari sholat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya." (HR. Tirmidzi dan An Nasa'i).

    Salat yang wajib dilakukan ada 5 waktu, yaitu Isya' , Subuh , Dzuhur , Ashar, dan Maghrib.
    Allah Swt. berfirman dalam surah An-Nisa' ayat 103, yang artinya :
    "Sungguh, shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman."


    Salat wajib haruslah dilakukan tepat waktu, dan diawal waktu serta harus disempurnakan. Cara menyempurnakannya adalah dengan menyempurnakan bacaan-bacaan salat (rukun qauli), menyempurnakan gerakan salat (rukun fi'li) dan menyempurnakan niat hanya karena Allah Swt. (rukun qalbi). Salat harus dilakukan dengan kerendahan hati dan menyerahkan diri secara penuh kepada Allah Swt. karena pada hakikatnya kita adalah makhluk Allah yang sedang menghadap Allah untuk berdo'a kepada-Nya. Maka dari itu, seluruh tata cara salat yang baik wajib diterapkan ketika salat agar do'a-do'a kita bisa tersampaikan kepada Allah Yang Maha Kuasa. Janganlah sekali-kali meninggalkan salat, karena dosanya sangat besar. Salat itu dilakukan dengan sabar dan ikhlas agar bisa membantu kita dalam penyempurnaan salat.
    Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 45, yang artinya :

    "Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk."

    Selain salat wajib, ada pula salat sunnah. Alangkah lebih baiknya jika umat manusia rajin melaksanakan salat sunnah, karena keutamaannya yang sangat luar biasa.
    Rasulullah bersabda :

    “Barangsiapa menjaga dalam mengerjakan shalat sunnah 12 rakaat, maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga, yaitu 4 rakaat sebelum Dzuhur, 2 rakaat setelah Dzuhur, 2 rakaat setelah Maghrib, 2 rakaat setelah Isya`, dan 2 rakaat sebelum Subuh.” (HR. At-Tirmizi dan An-Nasai).

    Sudah sepantasnya kita sebagai umat manusia yang diperintahkan Allah untuk beribadah kepada-Nya, kita harus selalu menjalankan perintah-perintah Allah, salah satunya dengan menjaga salat wajib 5 waktu dengan penyempurnaan-penyempurnaannya agar salat kita diterima oleh Allah Swt.

    BalasHapus
  172. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama:Melyani
    Nim: F1051211018
    Prodi: pendidikan Fisika
    Kelas: 1 A1

    Masyaallah terimakasih atas manfaat yang bapak berikan kepada saya, sebagai umat muslim Allah memerintahkan kita untuk salat 5 waktu. Salat merupakan rukun iman ke-2. Kewajiban sholat merupakan waktu dimana kita merendahkan diri dan bersujud kepada Allah Swt. dan tidak lupa kita meniatkan hati hanya untuk Allah dan melupakan semua urusan dunia. Jika kita melalaikan sholat, maka kebiasaan itu juga dapat mencerminkan sifat kita di dunia. Janganlah sekali-kali meninggalkan salat, karena dosanya sangat besar. Salat itu dilakukan dengan sabar dan ikhlas agar bisa membantu kita dalam penyempurnaan salat.

    Sekian komentar dari saya, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus


  173. Nama : Gadis Maghfirah
    NIM : F1052211007
    Kelas : 1B / PPAPK
    Prodi : pendidikan fisika

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    MasyaAllah apa yang telah bapak sampaikan bagus dan bermanfaat sekali.
    Bahwasanya kita umat Islam pasti sudah tau pentingnya sholat didalam Islam.
    Ada enam fardhu atau rukun sholat yang disepakati. "Yaitu, takbiratul ihram, berdiri, membaca ayat, ruku', sujud, duduk terakhir selama kadar bacaan tasyahud sampai bacaan Abduhu wa Rasuuluhu,,

    Sekian dari saya dan terimakasih

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  174. Nama : Farah Sada Andina
    Nim : F1051211047
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I A2

    Rukun Islam yang kedua yaitu mendirikan salat. Umat Islam wajib melaksanakan salat dan tidak boleh meninggalkannya, terutama pada salat wajib lima waktu. Dengan melaksanakan salat kita akan mendapatkan ketenangan hati dan jiwa, dapat mendekatkan diri kepada Allah, menghindarkan kita dari dosa dan mendapatkan pahala, menjauhkan kita dari hal-hal yang buruk, dan masih banyak lagi.
    Sedangkan hukum bagi orang yang meninggalkan salat akan diberi hukuman secara langsung maupun tidak langsung seperti mendapat dosa besar, hati menjadi tidak tenang dan merasa bimbang serta akan mendapatkan ganjaran yang besar di neraka.


    BalasHapus
  175. Nama : Neli
    Nim : F1051211049
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA2

    Masya Allah,terima kasih atas ilmunya yang bermanfaat pak,sholat adalah ibadah yang terdiri dari beberapa ucapan dan tindakan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Mengenai dalil kewajiban melaksanakan sholat, Allah berfirman dalam surat Al-Ankabut ayat 45 yang artinya:"Dirikanlah salat, karena ida dapat mencegah perbuatan keji dan munkar."
    Rasulullah SAW juga bersabda, "Allah SWT pada malam Isra mewajibkan atas umatku lima puluh salat. Kemudian aku terus menerus kembali kepada Allah dan memohon keringanan sehingga Allah menjadikannya menjadi lima sholat dalam sehari semalam."

    BalasHapus
  176. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Sulistyawati
    Nim: F1051211054
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelas: 1A-2

    MasyaAllah terima kasih atas ilmunya pak
    Dan sudah seharusnya kita sebagai seorang muslim untuk melaksanakan sholat karena itu adalah suatu kewajiban kita, dan juga sudah disebutkan di atas yang meninggal sholat sama juga dengan meruntuhkan agama maka dari itu kuatkan diri kita untuk selalu sholat 5 waktu dan juga tepat waktu, dan harus secara khusyuk dari hati, doa dan sabar agar sholat yang kita kerjakan dapat diterima oleh Allah SWT.

    Sekian dari saya
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  177. Nama : Fadhiilah Nur Jannah
    Nim: F1051211027
    Kelas : IA1
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Semester 1
    MasyaAllah sungguh luar biasa materi nya tentang rukun Islam ke 2,yaitu sholat.
    Rukun Islam yang kedua ialah mendirikan sholat, yakni sholat wajib yang disebut juga sebagai sholat 5 waktu. Hukumnya wajib bahkan merupakan sebuah amalan pertama yang akan ditanyai dan dipertanggungjawabkan dihari hisab nanti.

    Mengerjakan sholat 5 waktu juga merupakan pembeda antara orang yang beriman dan tidak beriman, sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW:

    “Sesungguhnya yang memisahkan antara seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan sholat.” (HR. Muslim),
    Sholat itu merupakan tiang agama bagi umat Islam yg sangat wajib.
    Sekian dari saya terima kasih, wasalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  178. Nama:Vera Evriani
    NIM:F1051211007
    KELAS :1A1
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Fakultas: KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Izin menambahkan pendapat pak🙏🏻
    Perintah shalat sendiri telah tertera dalam Al-Qur'an khususnya surah Al-'Ankabut Ayat 45 yang artinya "Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain)."

    Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah [2]: 45:"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk." (QS. Al-Baqarah [2]: 45).

    Perintah sholat juga dituangkan dalam Surat Hud ayat 114:"Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (QS Hud: 114).

    Dalam hadist shahih yang muttafaq'alaih dari riwayat Abi Hurairah RA, beliau berkata: saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Tahukah kalian, kalau ada sungai di depan pintu di mana kalian mandi lima kali sehari, apakah Anda mengatakan bahwa kotoran di badannya masih ada?
    Mereka menjawab: tidak, tidak tersisa apapun dari kotoran. Beliau berkata: "seperti itulah sholat yang lima. Allah SWT menghapus dengan segala dosa."

    Telah jelas tertera dalam Alquran maupun dalam hadis sahih bahwa perintah untuk salat itu wajib bagi setiap muslim dan muslimah.Dan salat itu sendiri termasuk dalam rukun Islam yang kedua. Salat dapat memberikan hikmah yang positif untuk kehidupan bagi muslim dan muslimah. Bagi kita sendiri sebagai muslim dan muslimah dapat merasakan dampak jika meninggal kan shalat itu sendiri. Shalat itu tiang agama, oleh karena itu sudah seharusnya kita sebagai muslim dan muslimah untuk selalu menjaga shalat kita, agar tiang agama kita dapat kokoh.
    Sekian dari saya, terimakasih pak
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  179. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Dita Puspita
    NIM : F1051211001
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I A1

    Masya Allah, terima kasih ilmunya pak.
    Sholat meruoakan tiangnya agama umat Islam, diibaratkan jika suatu bangunan tidak memiliki tiang yang kokoh, maka hancurlah bangunan tersebut. Begitu pun dengan sholat, apabila kita tidak sholat maka runtuhlah agama kita. Hal ini disebutkan dalam hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Baihaqi “Shalat itu adalah tiang agama (Islam), maka barangsiapa mendirikannya maka sungguh ia telah mendirikan agama; dan barangsiapa meninggalkannya, maka sungguh ia telah merubuhkan agama”.

    Sholat adalah ibadah yang paling utama diatas ibadah-ibadah lainnya. Sholat yang baik adalah sholat yang dilakukan diawal waktu, khusyuk, dan sesuai dengan rukun-rukun yang ada. Sholat merupakan ibadah yang akan dihisab pertama kali di akhirat nanti. Jika sholat kita sudah baik, niscaya ibadah yang lain akan menjadi semakin baik.

    Oleh karena itu, sudah seharusnya sebagai seorang muslim kita harus menaruh perhatian yang sangat besar dalam menjalankan Sholat dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab, dan bukan sekedar rutinitas atau penggugur kewajiban. Dengan demikian kita akan menjadi orang-orang yang akan mewarisi  surga Firdausnya Allah dan Insya Allah kekal di dalamnya. Aamiin.

    Sekian pemaparan yang dapat saya sampaikan, terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  180. Nama : Sania Fakhrunnisa
    Nim : F1051211033
    Kelas : 1A2
    Prodi Pendidikan Fisika 2021
    Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan

    assalamualaikum wr wb

    Masyaallah atas ilmu dari materi rukun Islam ke 2 yaitu tentang solat yang telah bpk berikan, Rukun Islam yang kedua ini berisikan tentang kewajiban kita sebagai umat muslim dalam melakukan solat 5 waktu. Solat 5 waktu itu merupakan amalan yang wajib bagi kita karna amalan pertama yang ditanya di akhirat adalah solat. Solat 5 waktu Merupakan tiang agama

    sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW:
    “Sesungguhnya yang memisahkan antara seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan sholat.” (HR. Muslim)

    Allah juga berfirman QS. Al-'Ankabut Ayat 45
    Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain).

    sekian pendapat yang saya berikan, terima kasih
    wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  181. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Kanif Mohammad Kafi
    NIM : F1051211034
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : A2

    Sebelumnya saya sangat mohon maaf karena keterlambatan untuk mengerjakan tugas ini, ustadz, karena di hari selasa itu saya sendiri sangat banyak kegiatan sehingga kelupaan untuk menunaikan kewajiban saya untuk mengerjakan tugas, namun saya tidak ingin banyak berkilah bahwa ini murni kesalahan dari saya, sekali lagi mohon maaf, ustadz🙏🙏

    Masya Allah materi nya sangat luar biasa sekali, ustadz. Sholat memang ibadah yang sangat luar biasa sekali, bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa siapa yang menjaga sholat, maka akan masuk surga dalam sebuah hadits yg artinya Dari Hanzhalah Al Katib dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, "Barangsiapa selalu menjaga sholat wajib yang lima, baik ruku, sujud, wudhu atau waktu-waktunya. Dan dia mengetahui bahwa semua itu merupakan kewajiban dari sisi Allah, maka dia akan masuk surga". Atau beliau mengatakan, "Wajib baginya surga". (HR. Ahmad).
    Semoga kita bisa selalu menjaga sholat 5 waktu mengingat ini merupakan tiang agama Islam

    Sekian komentar dari saya Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  182. Nama : Sari Sugi Hartini
    NIM : F1071211002
    Kelas : 1 A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, subhanallah Terimakasih atas ilmunya pak, seringkali kita mengabay kan waktu untuk sholat, padahal sholat merupakan pondasi agama dan meninggalkan sholat merupakan dosa besar, sementara itu usia semakin berkurang kita tidak tau kapan Allah mengambil nyawa kita padahal hal yang paling pertama ditanyakan adalah sholat kita, semoga kita Istiqomah dalam berhijrah, semoga kita diberikan petunjuk oleh Allah SWT
    Aamiin ya rabbal alamin

    BalasHapus
  183. Nama: Tati Arianti
    Nim: F1072211012
    Prodi: Pendidikan Biologi (1B)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Terimakasih atas ilmu yang bapak berikan.
    Shalat adalah tiang agama. Dalam hadist Rasulullah yang di riwayat kan oleh Baihaqi "Shalat itu adalah tiang agama (Islam), maka barang siapa mendirikannya maka sungguh ia telah mendirikan agama, dan barang siapa meninggalkan nya, maka sungguh ia telah merubuhkan agama". Shalat adalah kunci surga. Sekian dari saya, terimakasih pak.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  184. Nama:Wanda pramita lestari
    Kelas :Ppak
    NIM. :F1072211013
    Prodi :Pendidikan biologi

    Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatu

    Sholat adalah salah satu jenis ibadah bagi para pemeluk agama Islam yang berbentuk perkataan dan perbuatan dengan diawali oleh gerakan takbir dan diakhiri dengan gerakan salam.

    BalasHapus
  185. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : muhammad abrorza alruni
    NIM : F1051211023
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1 a1

    Bismillah
    Masyaallah, setelah membaca karangan di atas kita dapat bersyukur atas semua yang Allah berikan. Shalat menghubungkan seorang hamba kepada penciptanya, dan shalat merupakan menifestasi penghambaan dan kebutuhan diri kepada Allah SWT.
    Shalat memberikan hikmah yang besar kepada manusia. menyadarkan manusia kepada posisi kehambaan yang pada hakikatnya tiada. Jika ada diadakan, kuasa dikuasakan, kuat dikuatkan oleh Allah SWT. Mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat.

    BalasHapus
  186. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamu'alaikum

    Nama : Selvi
    Nim : F1051211043
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1A2

    Sebelumnya saya sangat mohon maaf karena keterlambatan untuk mengerjakan tugas ini, ustadz, karena di hari selasa itu saya sendiri sangat banyak kegiatan sehingga kelupaan untuk menunaikan kewajiban saya untuk mengerjakan tugas, namun saya tidak ingin banyak berkilah bahwa ini murni kesalahan dari saya, sekali lagi mohon maaf, ustadz🙏🙏

    Masya Allah materi nya sangat luar biasa sekali, ustadz. Sholat memang ibadah yang sangat luar biasa sekali, bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa siapa yang menjaga sholat, maka akan masuk surga dalam sebuah hadits yg artinya Dari Hanzhalah Al Katib dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, "Barangsiapa selalu menjaga sholat wajib yang lima, baik ruku, sujud, wudhu atau waktu-waktunya. Dan dia mengetahui bahwa semua itu merupakan kewajiban dari sisi Allah, maka dia akan masuk surga". Atau beliau mengatakan, "Wajib baginya surga". (HR. Ahmad).
    Semoga kita bisa selalu menjaga sholat 5 waktu mengingat ini merupakan tiang agama Islam

    Sekian komentar dari saya Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  187. Bismillahirrahmanirrahim…
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Tiara Tis’atun Hasanah
    NIM/Kelas : F1072211001/1-B
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Alhamdulillah saya mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan bersyukur atas semua yang telah Allah berikan kepada saya, terimakasih juga kepada bapak atas penjelasannya semoga bisa menjadi amal baik bapak

    Sholat merupakan salah satu tiang agama bagi umat Muslim, Sholat bisa membuat kita bisa lebih dekat kapada Allah SWT. Sholat juga memberikan banyak sekali hikmah kepada manusia, yang bisa menyadarkan kita kepada posisi kehambaan yang pada hakikatnya tiada.

    BalasHapus

  188. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Hari/Tanggal : Selasa, 13 September 2022
    Nama : Suryani
    Nim : F1071221014
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Semester : 1
    Kelas : A2

    1. Apakah yang dimaksud dengan shalat khusyu'?
    2. Bagaimana cara melatih shalat khusyu'?

    Jawaban :

    1. Shalat adalah salah satu jenis ibadah di dalam agama Islam yang dilakukan oleh Muslim. Khusyu' artinya antara hati dan pikiran. Yang dimaksud dengan shalat khusyu' ialah senantiasa mengarahkan pikiran kepada shalat, sehingga tidak mengetahui orang yang di sebelah kanan dan sebelah kirinya.

    2. Cara melatih agar shalat khusyu', diantaranya :
    1. Hadirkan rasa yakin dilihat Allah (Ihsan).
    2. Menyimak menjawab dan merespon azan saat shalat wajib.
    3. Wudhu yang sempurna dan tidak boros air, juga tidak dalam keadaan menahan BAB.
    4. Gunakan pakaian terbaik, suci, dan wangi.
    5. Pahami makna bacaan sholat.
    6. Sholatlah seolah shalat terakhir.
    7. Usahakan pandangan fokus ke arah sujud. Kecuali saat tasyahud, mata menatap telunjuk kanan.

    Semoga kita bisa mengamalkannya sehingga mendapatkan kekhusyu'an dalam shalat🤲🏻

    Sekian komentar dari saya. Terimakasih.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  189. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama: Dian Risti
    NIM: F1071221054
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Semester: Ganjil
    Kelas: I A2

    Shalat khusyu adalah melakukan shalat yang anggota tubuhnya tenang dan jiwanya menghadirkan hati kepada Allah. menghambakan diri kepada Allah. seperti shalat dan berdoa memohon sesuatu dari Allah SWT

    Cara melatih shalat khusyu
    1. Ketika mendengar panggilan muadzin maka ibaratkan panggilan tersebut sebagai panggilan kiamat.
    2. Bila telah menutup aurat maka ingatlah maksud semua itu adalah menutup aib diri dari makhluk lain. Lalu, ingatlah aib diri yang menjadi rahasia kita, yang hanya Allah yang tahu, sementara di hadapan-Nya ktia tak mampu lagi menutupinya. Semua itu akan tertebus dengan penyesalan, malu, dan ketakutan kepada-Nya.
    3. Bila telah menghadapi kiblat, sebenarnya kita telah memalingkan wajah dari arah-arah lain menuju rumah-Nya. Hati kita juga akan berbaling dari arah yang lain dan mengarah hanya kepada-Nya.
    4. Bila telah bertakbir maka janganlah hati menipu lisan. Sebab, bila di dalam hati masih ada sesuatu yang lebih besar dari Allah, artinya kita telah berbohong.
    5. Bila telah membaca ta'awudz, ketahuilah bahwa bacaan tersebut adalah cara berlindung kepada Allah. Kemudian, pahamilah makna bacaan yang dibaca dan benamkanlah bacaan tersebut di dalam hati.
    6. Rasakanlah kerendahan hati saat rukuk.
    7. Rasakan kehinaan diri ketika bersujud. Kita sedang meletakkan diri pada tempatnya, sebab dari sanalah kita berasal.
    8. Pahamilah makna zikir-zikir dengan perasaan yang mendalam.
    Sekian dari saya, saya akhiri
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


    BalasHapus
  190. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Salsa Damaika Hadi
    NIM : F1071221033
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Prodi : Pendidikan Biologi kelas I-A1

    Sholat khusyu ialah sholat yang di lakukan dengan keyakinan akan perjumpaan dengan Allah SWT. Dan pasti akan kembali kepada-Nya. Serta berdoa dan sabar dalam menjalankannya. Sholat khusyu juga mengikuti sunah Rasul melalui sunnah qauliyah dan fi'lliyah. Totalitas penyerahan diri (muslim) kepada Allah SWT ada di dalam salat, melalui bacaan, gerakan dan hati.
    Siapa yang meninggalkan salat, berarti meruntuhkan agamanya (Hadits). Jika syahadat ibarat pondasi, maka salat ibarat tiang dalam bangunan rumah. Lebih dari itu, salat menenangkan jiwa, karena dekat dengan Penciptanya.
    Cara melatih diri agar sholat khusyu dengan cara bersungguh memiliki keinginan terhubung dengan Penciptanya serta jika seorang muslim menunda-nunda sholat saja dari ketentuan waktunya hingga keluar waktunya tanpa alasan yang dibenarkan syariat di luar keinginannya maka ia telah melakukan dosa besar. Ia harus bertaubat kepada Allah dan tidak mengulangi lagi.
    Sekian dari saya, sekali lagi terima kasih atas ilmunya pak.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  191. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama: Wahyu Hidayattulloh
    NIM: F1071221042
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Semester: 1 (Satu)
    Kelas: 1-A2
    1. Apakah yang dimaksud dengan shalat khusyu'?
    Secara terminologi khusyuk adalah seseorang yang melaksanakan sholat dan merasakan kehadiran Allah SWT yang amat dekat kepadanya, sehingga hati dan jiwanya merasa tenang dan tentram, tidak melakukan gerakan sia-sia dan tidak menoleh. Sedangkan menurut para ulama khusyuk artinya kelunakan hati, ketenangan pikiran, dan tunduknya kemauan yang rendah yang disebabkan oleh hawa nafsu dan hati yang menangis ketika berada di hadapan Allah SWT.

    2. Bagaimana cara melatih shalat khusyu'?
    1. Menyempurnakan Wudhu

    Menyempurnakan wudhu menjadi salah satu dengan berwudhu yang benar. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa nabi sallallahu'alaihi wasallam sholat subuh bersama dengan para sahabat dan beliau membaca surat ar-Rum dalam sholat tersebut, lalu beliau mengalami gangguan dalam bacaannya. Setelah selesai dari sholatnya beliau bersabda:

    "Sesungguhnya ada mengganggu kami dalam bacaan Al-Qur'an kami, karena sesungguhnya ada beberapa kaum dari kalangan kalian yang sholat bersama kita tetapi tidak berwudhu dengan baik. Maka siapa saja dari kalian yang ikut sholat bersama kami, hendaklah terlebih dahulu berwudhu dengan baik." (Hadits Hasan).

    2. Mempersiapkan Diri Sebelum Mulai Sholat

    Sebelum melaksanakan sholat lima waktu pastikan kamu sudah mempersiapkan diri. Caranya adalah dengan memposisikan diri bahwa kita sedang beribadah dengan sebaik-baiknya, merasakan betapa lemah dan tidak berharganya kita dibandingkan kekuasaan Allah SWT.

    3. Menghadirkan Allah dalam Hati

    Tidak hanya raga yang perlu disiapkan. Akan tetapi hati juga harus bersedia untuk bersembahyang kepada-Nya.

    4. Sholat di Awal Waktu

    Sejatinya, saat menunaikan sholat berjamaah di awal waktu, maka akan sangat berimbas pada tingkat kekhusyu'an kita. Karena saat itu, waktu untuk menunaikan ibadah masih sangat panjang. Sehingga secara psikis, hati akan merasakan ketenangan ketika mengerjakannya.

    Lain halnya kalau sholat dikerjakan di akhir waktu, kemungkinan besar sholat akan tergesa-gesa karena tehimpit oleh waktu yang sudah mau habis.

    5. Membuat Pembatas (Satir)

    Sahl bin hatsmah meriwayatkan bahwa Nabi sallahu'alaihi wasallam bersabda:

    "Jika salah seorang dari kalian mengerjakan sholat, maka sholatlah dengan menghadap ke sutrah (pembatas) dan mendekatlah kepadanya agar syetan tidak bisa memutuskan sholatnya. (HR. Abu Daud, Imam Ahmad dan Imam Nasa'i).

    6. Tidak Melakukan Gerakan-gerakan di luar Sholat

    Dari Jabir bin Samurah radhiyallahu'anhu:

    "Rasulullah pernah mendatangi kami ketika orang-orang mengangkat tangannya ketika sholat. Lalu beliau bersabda: Aku melihat kalan mengangkat tangan seperti ekor kuda yang berjemur di bawah terik matahari? Tenanglah saat sholat." (HR. Imam Muslim, Abu Daud dan An-Nasa'i).

    7. Melupakan Kesibukan Duniawi

    Abu darda' berkata: "Di antara tanda kefaqihan (pahamnya) seseorang adalah menyelesaikan urusannya terlebih dahulu sebelum memulai sholat, agar ketika menunaikan sholat hatinya dalam keadaan fokus."

    8. Taubat Kepada Allah

    Di antara yang membantu untuk meraih kekhusyu'an ketika sholat (https://www.detik.com/tag/sholat) adalah dengan bertaubat atas perbuatan-perbuatan yang menyimpang dari syariat. Dan taubat ini terus menerus diperbaharui setiap waktu.

    Abu Hurairah meriwayatkan sebuah hadits bahwasanya nabi Muhammad Sallallahu'Alaihi wasallam senantiasa bertaubat kepada Allah lebih dari 70 kali dalam sehari:

    "Demi Allah, sungguh aku selalu beristighfar dan bertaubat kepada Allah dalam sehari lebih dari 70 kali." (HR. Bukhari).

    9. Perbanyak Membaca Al-Qur'an

    Sering membaca Al-Qur'an juga berpotensi untuk meraih kekhusyu'an dengan mudah. Begitu halnya dengan berziarah kubur dan mengingat kematian serta mengingat bekal yang akan dibawa di hari akhir nanti. Semuanya bisa membantu untuk mendapattkan kekhusyu'an.

    Sekian dari saya, sekali lagi terima kasih atas ilmunya pak.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  192. Nama : Tri Elyza Handayani
    Nim : F1071221047
    Parodi : Pendidikan Biologi
    Semester : 1
    Kelas : A1
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaru
    salat khusyu' adalah doa dan sabar. Totalitas penyerahan diri (muslim) kepada Allah SWT ada di dalam salat, melalui bacaan, gerakan dan hati. Cara melatih sholat khusyu yaitu dengan mengikuti sunnah Rasul melalui sunnah qauliyah dan fi'liyah dan yakin akan perjumpaan dengan Tuhannya, dan sungguh mereka pasti dikembalikan kepada Tuhannya (Al Quran).

    BalasHapus
  193. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Farida
    Nim: F1071221018
    Prodi: Pendidikan biologi
    Semester:1
    Kelas: A2

    1. Salat khusyu' yaitu totalitas penyerahan diri (muslim) kepada Allah SWT yang ada di dalam salat melalui bacaan, gerakan penuh khidmat dan konsentrasi saat salat, hati yang tenang serta orang orang yang yakin akan perjumpaan dengan Tuhannya. Dan sungguh mereka pasti dikembalikan kepada Tuhannya. Kriteria salat khusyu' adalah mengikuti sunnah Rasul melalui sunnah qauliyah dan fi'liyah.

    2. Cara melatih salat khusyu' yaitu dengan terus mencoba fokus dan ikhlas dalam salat, dan sedikit demi sedikit kita bisa merasakan nikmatnya menghadap sang pencipta. mengerjakan salat dengan benar, memahami makna dan arti bacaan salat serta menghayati setiap ucapan dan pikiran. menunjukkan pandangan kepada tempat sujud, menjalankan ibadah salat di tempat bersih nyaman dan tenang serta menganggap ibadah salat yang dilakukan adalah ibadah terakhir.

    BalasHapus
  194. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Hari/Tanggal : Selasa, 13 September 2022
    Nama : Pinasti Haningtyas
    Nim : F1071221027
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Semester : 1
    Kelas : A1

    1. Apakah yang dimaksud dengan shalat khusyu'?
    2. Bagaimana cara melatih shalat khusyu'?

    Jawaban :
    1. Shalat Khusyu' adalah upaya mengerahkan segenap pikiran dan hati hanya kepada Allah Swt, dengan demikian munculnya pikiran-pikiran yang lewat ketika sedang shalat menjadi salah satu hambatan mencapai khusyu'.

    2. Cara melatih agar shalat khusyu', diantaranya :
    1) Hadirkan rasa yakin dilihat Allah (Ihsan).
    2) Menyimak menjawab dan merespon azan saat shalat wajib.
    3) Wudhu yang sempurna dan tidak boros air, juga tidak dalam keadaan menahan BAB.
    4) Gunakan pakaian terbaik, suci, dan wangi.
    5) Pahami makna bacaan sholat.
    6) Sholatlah seolah shalat terakhir.
    7) Usahakan pandangan fokus ke arah sujud. Kecuali saat tasyahud, mata menatap telunjuk kanan.
    8) Rasakan kehinaan diri ketika bersujud. Kita sedang meletakkan diri pada tempatnya, sebab dari sanalah kita berasal.
    9) Ketika mendengar panggilan muadzin maka ibaratkan panggilan tersebut sebagai panggilan kiamat

    BalasHapus
  195. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Nama : Nova Siswanti Adtya
    NIM : F1071221003
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Semester : 1
    Kelas : A1

    Pertanyaan :
    1. Apakah yang dimaksud dengan sholat khusyu'?
    2. Bagaimana cara melatih sholat khusyu'?

    Jawab :
    1. Sholat Khusyu' artinya ketenangan dan kepasrahan terhadap Tuhan di dalam melaksanakan ibadah, khususnya dalam sholat. Arti khusyu' dalam bahasa Arab ialah al-inkhifaadh (merendah), adz-dzull (tunduk), dan as-sukuun (tenang). Seseorang dikatakan telah mengkhusyu'kan matanya jika dia telah menundukkan pandangan matanya.Shalat yang khusyu' selalu thuma'ninah. Thuma'ninah berarti tenang, konsentrasi, dan nggak terburu-buru.

    2. Melatih sholat khusyu' yaitu dengan cara menghadirkan rasa yakin dilihat oleh Allah, menyimak dan menjawab azan, memakai pakaian yang baik dan suci, serta memahami makna dari setiap bacaan sholat.

    BalasHapus
  196. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Nama: Putri Januariza
    Nim: F1071221009
    Semester dan Kelas: 1-A1

    Pertanyaan:
    1. Apakah yang dimaksud dengan shalat khusyu'?
    2. Bagaimanakah cara melatih shalat khusyu'?
    Jawaban:
    1. Khusyuk adalah bersungguh-sungguh, keikhlasan hati, fokus dan berserah diri kepada Allah SWT. Sedangkan Ibnu Abbas menerangkan bahwa khusyuk mempunyai arti khidmat dan penuh takut. Shalat yang khusyu' adalah shalat yang mengikuti sunnah Rasul dengan melalui sunnah qauliyah dan fi'liyah. Dasar pengantar shalat khusyu' adalah doa dan sabar. Totalitas penyerahan diri (muslim) kepada Allah SWT ada di dalam salat, melalui bacaan, gerakan dan hati. Shalat khusyu' adalah mereka yang melakukan shalat yang anggota tubuhnya tenang dan jiwanya menghadirkan hati kepada Allah.
    2. - Memuliakan Adab Sholat sebagai Cara Sholat Khusyuk.
    Apabila seorang muslim yang sudah membersihkan diri dari najis dan kotoran yang ada di pakaian, badan, serta tempat sholat, juga sudah menutup aurat, maka berdiri dan menghadap ke arah kiblat dengan kaki yang lurus, tapi tidak dirapatkan dan dalam sikap yang tegak.
    - Buang Segala Rasa Was-Was dan Bisikan Agar Dapat Sholat Khusyuk.
    Godaan dalam menjalankan ibadah sholat adalah pikiran dan bisikan-bisikan yang ada. Seorang muslim agar sholatnya khusyuk wajib memperhatikan kepada siapa yang akan dihadap dan bermunajat sekarang yaitu kepada Allah SWT. Seorang muslim hendaknya malu dan berserah diri dengan hati yang damai dan ikhlas.
    - Sembahlah Allah SWT Seakan Kamu Melihat-Nya.
    Agar khusyuk dan bersungguh-sungguh, sembahlah Allah dalam sholatmu yang seakan-akan kamu melihat-Nya, walaupun dirimu tidak melihat-Nya tapi Allah SWT sesungguhnya Dia Melihatmu.
    - Persembahkan Hati Penuh Ketenangan.
    Jika hati dan pikiran kamu belum bisa tenang sepenuhnya, maka kamu belum mengenal mengenai keagungan Allah SWT. Hadirkanlah sikap yang tenang dan merasa malu kepada Allah SWT. Berserah dirilah, karena sesungguhnya orang yang khusyuk dalam menjalankan sholat adalah orang yang tenang dan selalu merasa rendah di hadapan Allah SWT.
    - Perbanyak Istighfar, Jika Hati Masih Lalai Terhadap-Nya.
    Apabila dirimu dapat khusyuk jika dilihat oleh seorang hamba yang hina, sementara dirimu tidak mengetahui bahwa Allah SWT melihatmu dan tidak takut pada keagungan-Nya, betapa hina dan durhaka perbuatan itu. Maka jika seorang muslim yang sadar akan keagungan Allah SWT, maka selalu ucapkan istigfar dan merenunglah, dan terhindar hati yang lalai dan lupa saat menyembah Allah SWT. Karena sholat itu adalah ibadah yang akan menghadap Allah secara langsung.

    Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kurang dan lebihnya saya mohon maaf.
    Sekian dan terima kasih.

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  197. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

    NAMA: DESY SYAFITRI
    NIM : F1071221001
    PRODI : PENDIDIKAN BIOLOGI
    SEMESTER : 1
    KELAS : I-A1

    Menjawab dari pertanyaan :
    1. Apakah yang dimaksud dengan shalat yang khusyu' ?
    - Shalat yang Khusyu' , kata para ulama itu ialah menghadirkan hati untuk mengingat Allah didalam shalat. Sebagaimana Allah berfirman, وَاَقِمِ الصَّلَوةَ لِذِكْرِيْ "dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku." (potongan Q.s. Thaha ayat 14) . Jikalau shalat kita masih disibukkan dengan kelalaian maksudnya itu masih memikirkan hal-hal diluar mengingat Allah, itu berarti shalatnya belumlah khusyu'. Semoga kita setidaknya termasuk orang-orang-orang yang senantiasa berusaha menghadirkan khusyu' didalam shalat.

    2. Bagaimana cara melatih shalat yang khusyu' ?
    Beberapa cara melatih diri untuk bisa khusyu' didalam shalat yaitu:
    - Belajar merasa butuh kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
    - Pelajari makna bacaan didalam shalat
    - Hindari hal-hal yang membuat pikiran mengganggu, maksudnya hal-hal yang dapat membuat pikiran teralihkan.

    BalasHapus
  198. 📍TUGAS AGAMA ISLAM
    Nama : Syifa Rahmatillah
    NIM : F1071221029
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Semester : 1 (satu)
    Kelas : A1

    1. Shalat khusyu' adalah seseorang yang melaksanakan sholat dan merasakan kehadiran Allah SWT yang amat dekat kepadanya, sehingga hati dan jiwanya merasa tenang dan tentram, tidak melakukan gerakan sia-sia dan tidak menoleh. Shalat khusyu' juga mengikuti sunnah Rasul melalui sunnah qauliyah dan fi'liyah.
    2. Cara melatih shalat khusyu'*
    - memahami bacaan shalat
    - mengikuti tata cara shalat dengan benar
    - menghadirkan rasa yakin kepada Allah SWT
    - fokus
    - shalat sembari mengingat kematian
    - selalu berdoa dan sabar

    BalasHapus
  199. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Nama: Ade Irma Suryani
    NIM: F1071221005
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Fakultas: FKIP
    Semester: 1
    Kelas : A1

    1. Shalat secara bahasa artinya doa, agar bisa terhubung dengan Allah swt, ada dua syarat yaitu dzahir dan batin, ada riga rukun yaitu qauli (perkataan), rukun fi'li (perbuatan), dan rukun qalbi (hati), terdiri dari hukum wajib dan sunnah.
    Shalat khusu' yaitu orang-orang yang yakin akan perjumpaan dengan tuhannya, dan sungguh mereka pasti dikembalikan kepada tuhannya (Al-qur'an)

    2. Dengan diawali doa dan sabar. Mengikuti sunnah rasul melalui sunnah qauliyah dan sunnah fi'liyah. Membiasakan diri untuk menepati waktu shalat.
    -Harus merasakan sangat membutuhkan Allah
    -Harus Sabar, Tenang, Tuma’ninah
    -Merasakan bertemu dengan Allah, Berbincang2lah dengan Allah
    -Merasakan akan kembali kepada Allah = Kematian.

    Sekian dari saya terimakasih.
    Waalaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN