Dampak Renaissance - Ustadz H. Ma'ruf H. Zahran, S.Ag, M.Ag

Sejarah Peradaban Islam II - Dampak Renaissance
Oleh : Ustadz H. Ma'ruf H. Zahran, S.Ag, M.Ag

Sumbangan Renaissance Kepada Eropa dan dampaknya pada Dunia: 

  1. Kemunculan aliran pemikiran yang mementingkan kebebasar akal di Eropa hingga abad ke 18. Hal ini menyebabkan orang berani mempersoalkan kepercayaan dan cara pemikiran lama yang diamalkan selama ini secara langsung melemahkan kekuasaan golongan feodal (kerajaan). Inilah kemudian berdampak pada konsep senjata makan Tuan dimana hampir seluruh wilayah kerajaan-kerajaan Katolik runtuh dan dibubarkan masyarakatnya sendiri. Sebagai contoh adalah Prancis dan Jerman.
  2. Italia menjadi pusat intelektual dan perdagangan terkenal di Eropa pada masa itu.
  3. Melahirkan tokoh-tokoh pemikir seperti Leonardo de Vinci yang terkenal sebagi pelukis, pemusik dan ahli falsafah, ahliahli sains terkenal seperti Copernicus dan Galileo. Michelangelo merupakan tokoh seni, arkitek, jurutera, penyair dan ahli anotomi.Melahirkan ahli matematik seperti Tartaglia dan Cardan yang berusaha menguraikan persamaan ganda tiga. Tartaglia orang pertama yang menggunakan konsep matematik dalam ketenteraan yaitu mengukur tembakan peluru mariam. Cardan terlibat dalam penghasilan ilmu algebra dan lain-lain.
  4. Renaissance telah melahirkan masyarakat yang lebih progresif sehingga membawa kepada aktivitas menuju kearah kemajuan bagi Eropa.
  5. Memunculkan semangat penemuan benua-benua baru dan teknologi-teknologi baru yang implikasinya adalah perbudakan dan penjajahan Eropa terhadap masyarakat negeri terpingirkan. Misalnya: Indonesia yang dijajah Belanda, India yang dijajah Inggris, Mesir yang dijajah Prancis, Amerika Klasik (Suku Indian) yang dijajah Spanyol dan lain-lain. 
  6. Munculnya reformasi agama yang melahirkan ajaran baru yakni Kristen Protestan yang dibawa oleh Martin Luther yang melahirkan gerakan reformasi Protestan di tahun 1483 di kota Eisleben, Jerman.

Komentar

  1. Nama : muhammad parizurrahman
    Kelas : PAI 3/A
    Nim : 11901274

    1. orang berani mempersoalkan kepercayaan dan cara pemikiran lama yang diamalkan selama ini secara langsung melemahkan kekuasaan golongan feodal (kerajaan).
    2. konsep senjata makan Tuan dimana hampir seluruh wilayah kerajaan-kerajaan Katolik runtuh dan dibubarkan masyarakatnya sendiri. Sebagai contoh adalah Prancis dan Jerman.
    3. Italia
    4. tokoh seni, arkitek, jurutera, penyair dan ahli anotomi.Melahirkan ahli matematik seperti Tartaglia dan Cardan yang berusaha menguraikan persamaan ganda tiga.
    5. orang pertama yang menggunakan konsep matematik dalam ketenteraan yaitu mengukur tembakan peluru mariam.
    6. membawa kepada aktivitas menuju kearah kemajuan bagi Eropa.
    7. erbudakan dan penjajahan Eropa terhadap masyarakat negeri terpingirkan
    8. Kristen Protestan yang dibawa oleh Martin Luther yang melahirkan gerakan reformasi Protestan di tahun 1483 di kota Eisleben, Jerman.
    9. sebagi pelukis, pemusik dan ahli falsafah, ahliahli sains terkenal seperti Copernicus dan Galileo.
    10. Copernicus dan Galileo

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN