Rukun Islam ke 4 (Puasa) - Ustadz H. Ma'ruf H. Zahran, S.Ag, M.Ag

Rukun Islam ke 4 (Puasa)
Ustadz H. Ma'ruf H. Zahran, S.Ag, M.Ag

    Rukun Islam ke 4 (Puasa). Puasa dalam bahasa Arab disebut shoum atau shiyam bermakna imsak atau menahan (arti secara bahasa/lughawy). Sedang secara istilah adalah menahan diri dari segala sesuatu yg membatalkan puasa, sejak dari terbit fajar hingga terbenam matahari.
    Berdasarkan Al Quran Surah Al Baqarah ayat 187. Artinya : makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian, sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Adapun hikmah (manfaat) puasa adalah sebagai berikut :
  1. Membentuk pribadi taqwa. Taqwa adalah menjalankan seluruh perintah Allah SWT, dan meninggalkan seluruh larangan Allah SWT (Al Baqarah ayat 183).
  2. Hamba Allah SWT yang beriman dalam keadaan berpuasa adalah sedekat - dekat hamba dengan Allah SWT. Firman Allah SWT dalam Al Quran Surah Al Baqarah ayat 186. Artinya : Jika hambaKu bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permintaan orang yang meminta, hendaklah mereka memenuhi seruanKu dengan beriman (percaya) kepadaKu, mudahan mereka mendapat bimbingan.
  3. Puasa adalah lembaga pengampunan dosa.  Nabi SAW bersabda : Siapa yg berpuasa Ramadan dengan dasar iman dan berharap rahmat Allah, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).
  4. Membentuk pribadi paripurna (kamil) yang berdimensi hubungan vertikal (hablumminallah) dan dimensi horizontal (hablumminannas). Dipahami bahwa capaian alumni puasa adalah pada surah Al Baqarah ayat 188, sebelumnya, ayat di atasnya, 183 - 187 berbicara tentang syariat puasa yang sangat sakral dan vertikal sebagai kesalehan individual. Sedang lanjutannya, ayat 188, sarat dengan dimensi kesalehan sosial ekonomi, sepertinya firmanNya, artinya : Dan janganlah kamu memakan harta diantara kamu dengan cara yang batil, dan janganlah kamu menyogok dengan harta itu kepada hakim, dengan bermaksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui.
  5. Bulan Ramadan penuh rahmah, barakah, maghfirah bagi hamba yang berpuasa di siang harinya, malamnya ada suatu malam bernilai lebih baik daripada 1.000 bulan. Siapakah yang mendapatkan malam kemuliaan (lailatul qadar), dan apakah penghalang/perintang meraih malam kemuliaan (lailatul qadar) yang dijanjikan Allah SWT dalam surah al. Qadar. Ikuti youtube berikut https://youtu.be/mSoVXQa74y8 
  6. Ramadan bagi mereka yang berpuasa dengan benar merupakan bulan taubah, bulan ibadah, dan bulan tarbiyah. Kenapa Ramadan disebut madrasah, youtube berikut ini akan ikut membantu memberikan jawaban : https://youtu.be/QTxjYDvxlIw
Setelah membaca narasi tentang Puasa. Jelaskan kenapa satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan ? Lalu, apakah dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar !

Tuliskan jawaban saudara di kolom komentar disertai identitas mahasiswa. Terima kasih, selamat mengerjakan.

Komentar

  1. Nama : Dwi Cahyani
    Nim : F1071201018
    Prodi : Pendidikan biologi
    Kelas : 1-A1

    Bulan Ramadan penuh rahmah, barakah, maghfirah bagi hamba yang berpuasa di siang harinya, malamnya ada suatu malam bernilai lebih baik daripada 1.000 bulan. Siapakah yang mendapatkan malam kemuliaan (lailatul qadar), dan apakah penghalang/perintang meraih malam kemuliaan (lailatul qadar) yang dijanjikan Allah SWT dalam surah al. Qadar.

    BalasHapus
  2. Nama : Ananda Dwi Putri
    NIM : F1071201012
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1
    Jawaban:
    Satu malam qadar nilainya lebih baik dari pada 1000 bulan karena pada saat itu Allah memberikan pahala yang besar dan diturunkan nya malaikat malaikat Allah SWT atas izin nya . Mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam lailatul qadar, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya. Dampak positifnya adalah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  3. Nama : Nasreen Nischka Minderman
    NIM : F1071201026
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1
    Jawaban :
    Pada hakikatnya semuanya sepakat bahwa lailatul qadar adalah malam mulia yang sangat baik digunakan untuk beribadah. Dalam sebuah tafsiran dikatakan, kata “seribu bulan” dalam ayat di atas sebenarnya mengisyaratkan sepanjang hari. Artinya, sampai kapanpun keutamaan lailatul qadar tidak tergantikan. Para ahli agama beserta sejumlah periwayat hadis seperti Imam Bukhari, Imam Muslim, Abdullah Bin Umar, hingga Abu Malik menyebutkan, penulisan takdir di lauhul mahfudz dalam setahun akan dirinci di malam Lailatul Qadar. Tidak hanya itu, ketentuan ajal dan rezeki juga akan ditetapkan serta dicatat. Allah SWT pun akan menjamin pengampunan bagi siapa saja yang mendirikan salat malam dengan bersungguh-sungguh di malam itu. Allah SWT bahkan akan menggugurkan segala dosa yang pernah dibuatnya selama ini. Dampak positifnya adalah bagi siapa saja yang senantiasa beribadah dengan tulus, mendirikan salat baik salat wajib maupun sunah, membaca Al-Quran, berzikir dan melakukan kebaikan lainnya akan mendapatkan kesejahteraan dan ketenangan. Mereka yang senantiasa menghidupkan malam Lailatul Qadar juga akan dijaga oleh para malaikat yang turun ke bumi.

    BalasHapus
  4. Nama:Alda
    NIM:F1071201015
    Prodi:Pendidikan Biologi
    Kelas:I-A1

    Lailatul Qadar atau yang kerap disebut sebagai malam seribu bulan atau dikenal menjadi momentum paling dicari-cari di bulan Ramadan.Di malam itu, dijanjikan pahala yang setara dengan seribu bulan.Alquran surat Ad Dukhan ayat 3-6 menceritakan saat Lailatul Qadar Alquran kali pertama diturunkan. Sedangkan, pernyataan bahwa Lailatul Qadar setara dengan malam seribu bulan muncul di Alquran surat Al Qadar.
    Lailatul Qadara adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran.Penggunaan Qadar sebagai ketetapan dapat dijumpai pada surat Ad-Dukhan ayat 3-5 : Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami,Pengertian kedua adalah kemuliaan. “Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran.” Surat yang berbicara tentang kaum musyri; Mereka itu tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada masyarakat.Pengertian ketiga adalah Sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr. Penggunaan Qadar untuk melambangkan kesempitan dapat dijumpai pada surat Ar-Ra'd ayat 26.

    Dampak positif manusia saat malaikat menyapanya, yaitu Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  5. Nama : Friza Isnaeni
    NIM : F1071201004
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Semester-Kelas : 1-A1

    Jawaban :
    Karena Allah Swt berfirman pada surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukan kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.” ini menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalam malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan). Dan dampak positif bagi seseorang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati.

    BalasHapus
  6. Nama : Manda Melinda
    Nim : F1071201009
    Prodi: pendidikan biologi
    Kelas : 1-A1

    Lailatul Qadar dianggap sebagai malam paling suci tahun ini bagi umat Islam di bulan suci Ramadhan. Lailatul Qadr jatuh dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

    Umat Muslim di seluruh dunia memaksimalkan doa-doa mereka dan memberikan yang terbaik dalam berusaha mencapai keridhaan Allah SWT dan pengampunan atas semua dosa mereka selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

    Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (Al-Quran, 97: 3)

    Keberkahan dan kedamaian menjadi hikmah malam Lailatul Qadar. Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam firmannya yang tertulis di Quran Surat Al-Dukhan ayat 3-5, “ “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.”

    Ketika kita dapat bertemu dengan malam Lailatul Qadar, senantiasa akan dipenuhi berkah dan kedamaian dalam hidup. Mudah untuk melakukan hal baik, dan selalu memperoleh kedamaian dalam setiap aktivitas yang kita jalankan.

    Hikmah malam Lailatul Qadar juga memberikan kesejahteraan sampai terbit fajar. Seperti yang tertulis dalam surat Al-Qadr ayat 5 yang berbunyi, “Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

    Abi Quraish Shihab menafsirkan maksud dari terbitnya fajar bisa memiliki dua arti. Makna yang pertama adalah kesejahteraan sampai terbit fajar pada satu hari. Makna yang kedua adalah kesejahteraan sampai terbit fajar di kehidupan akhirat. Yang mana Allah beri nama Negeri Darussalam, negeri kedamaian. Hikmah malam Lailatul Qadr tidak hanya memberi berkah di dunia, melainkan juga hingga akhirat.

    BalasHapus
  7. Nama : Dini Tiara Andini
    Nim : F1071201017
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I AI
    Malam Lailatul Qadar adalah malam yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di bulan Ramadhan. Di malam Lailatul Qadar tersebut, semua amaln dan ibadah akan dilipatkan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya. di dalam Lailatul Qadr itu disebutkan sebagai seribu bulan, malam yang lebih baik dari 1000 bulan, karena Asbabun Nuzul dari Lailatul Qadr itu berawal pada saat Rasulullah menceritakan pada sahabat. Rasulullah bercerita bahwa para Bani Israil beribadah tanpa maksiat selama 80 bulan berturut-turut. Kemudian para sahabat juga berkeinginan hal serupa juga terjadi dan dijalani oleh para sahabat. Kemudian turunlah malaikat Jibril menurunkan surat Al-Qadr pada Nabi Muhammad bahwa umatnya juga bisa melakukan itu dengan adanya malam Lailatul Qadr yang satu malam bernilai seribu bulan.

    Dampak positifnya adalah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  8. Nama : Juliarti
    NIM : F1071201010
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    Satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan karena Malam Lailatul Qadar adalah malam yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di bulan Ramadhan.
    Di malam Lailatul Qadar tersebut, semua amaln dan ibadah akan dilipatkan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya. Akan tetapi, datangnya malam Lailatul Qadar dirahasiakan oleh Allah SWT, dimana setiap makhluk tidak mengetahui kapan datangnya malam yang mulia tersebut.
    Namun, dari ‘Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Carilah lailatul qadar pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari).
    Meskipun tidak ada yang tahu kapan datangnya malam Lailatul Qadar, banyak yang menyebut bahwa Lailatul Qadar akan datang di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, pada malam ganjil.
    Pada 10 malam terakhir inilah, Allah SWT akan menurukan keistimewaan pada umatnya yang beruntung.

    Dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan hingga terbit fajar yaitu sangat beruntung, malam tersebut dipenuhi dengan berkah. Allah SWT berfirman,

    “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (Q.S Al-Dukhan: 3-5)

    Sekian dari saya terimakasih, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  9. Nama:Nika Susanti
    Kelas:1-A1
    Nim:F1071201022
    Prodi:Pendidikan Biologi

    Karena pada malam itu, Allah Swt menurunkan Al-Qur’an secara menyeluruh dari lauhil mahfudz ke langit dunia. Kemudian, Al-Qur’an tersebut disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama 23 tahun.

    Syekh Musthafa al-Maraghi dalam kitab tafsirnya menjelaskan, tiadak ada malam yang lebih mulia dan agung dibandingkan malam turunnya Al-Quran (Lailatul Qadar). Sepatutnya bagi para muslim untuk menjadikan malam Lailatul Qadar sebagai malam yang agung dan mulia.

    Setelah dijelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalam malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan  bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan).
    Malam Lailatul Qadar yang menjadi malam turunya al-Quran dan para malaikat ke muka buka bumi, tak lain ialah malam yang diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar. Pada malam tersebut, terus berlanjut turun kebaikan, keberkahan, dan para malaikat yang membawa rahmat dari Allah Swt untuk hambanya yang taat, hingga terbitnya fajar

    Sekian jawaban dari saya,terima kasih😊

    BalasHapus
  10. Nama : Desti Priandiani
    Nim : F1071201052
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Class : IA-2

    Alasan mengapa malam lalilatul qadar lebih baik daripada 1000 bulan itu dikarenakan pada malam ini semua amalan baik yang kita lakukan akan dilipatgandakan bahkan bisa melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya. Selain itu malam lailatul qadar merupakan malam yang istimewa ditunggu" oleh semua umat islam dan juga termasuk Nabi Muhammad Saw pada bulan ramadan. Malam lailatul qadar sangat diistimewakan karena pada malam ini ayat " al quran turun. Dan masih banyak lagi keistimewaan dari malam lailatul qadar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Desti Priandiani
      Nim : F1071201052
      Prodi : Pendidikan Biologi
      Class : IA-2

      Lanjutannya!
      Dampak positif yang dapat kita rasakan ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar yakni sangat beruntung yang penuh berkah karena setiap doa yang kita sampaikan ke Allah akan diaminkan oleh Para malaikat dan berkemungkinan besar akan pengabulan doanya lebih cepat. Maha suci Allah yang maha esa.

      Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

      Hapus
  11. Nama : Elsa Nora Ariesta Dewi
    Nim : F1071201019
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Jawaban:
    Satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan karena merupakan malam yang mulia Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS. Al-Qadr: 1-5). Dari ayat tersebut Allah SWT telah menjelaskan bahwa malam lailatul qadar adalah malam kemuliaan. Sesuatu mulia berarti sangatlah baik dan tentulah harus dikejar. Maka itu, umat islam disarankan memperbanyak ibadah di malam-malam terakhir pada bulan ramadhan karena nilai pahalanya lebih dari orang dari yang beribadah selama seribu bulan atau setara dengan 80 tahun. Malam lailatul qadar disebut sebagai malam penuh keberkahan karena pada saat lailatul qadar, para malaikat di utus oleh Allah SWT untuk turun ke bumi dan membagi-bagikan rahmat serta keberkahan bagi manusia yang beribadah dengan sungguh-sungguh di malam itu. Pada malam  itu, manusia tidak hanya diliputi keberkahan tapi juga kesejahteraan, sebab di malam tersebut Allah SWT juga membukakan pintu ampunan dengan lebar. Seseorang yang bertaubat dan berdoa maka dosa-dosa di masa lalu akan diampuni oleh Allah SWT. Pada malam lailatul qadar takdir manusia akan dicatat untuk satu tahun kedepan. Apabila seseorang memperbanyak ibadah di malam tersebut, maka ia akan memperoleh catatan takdir baik untuk setahun kedepan hidupnya. Oleh karena itu, lailatul qadar merupakan malam yang sangatlah indah bagi umat muslim.



    Dampak positif manusia saat malaikat menyapanya, yaitu manusia mendapatkan rahmat, keberkahan serta kesejahteraan karena pada saat malam lailatul qadar, para malaikat di utus oleh Allah SWT untuk turun ke bumi. Maka perbanyaklah ibadah pada malam lailatul qadar, yaitu memperbanyak membaca doa di malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir ramadhan. Oleh karena itu, sangat beruntunglah orang-orang yg ketika malam lailatul qadar beribadah dengan sungguh-sungguh.

    BalasHapus
  12. Nama: Wiwin Saraswati
    NIM: F1071201055
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Semester/Kelas: 1-A2


    Lailatul Qadar dianggap sebagai malam paling suci tahun ini bagi umat Islam di bulan suci Ramadhan. Lailatul Qadr jatuh dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan.
    Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (Al-Quran, 97: 3)
    Pada saat itu Allah memberikan pahala yang besar dan diturunkan nya malaikat malaikat Allah SWT atas izin nya . Mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam lailatul qadar, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya. Dampak positifnya adalah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  13. Nama: Linda Rahmawati
    NIM: F1071201047
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1-A2

    Ibadah Lailatul Qadar dijelaskan dalam surat Al-Qadr.
    Di dalam Lailatul Qadar banyak sekali kemuliaan yang terjadi.
    Di antaranya adalah turunnya Al-Quran.
    Dan kemudian di dalam Lailatul Qadr itu disebutkan sebagai seribu bulan, malam yang lebih baik dari 1000 bulan.
    Mengapa hal tersebut terjadi, karena Asbabun Nuzul dari Lailatul Qadr itu berawal pada saat Rasulullah menceritakan pada sahabat.
    Rasulullah bercerita bahwa para Bani Israil beribadah tanpa maksiat selama 80 bulan berturut-turut.
    Kemudian para sahabat juga berkeinginan hal serupa juga terjadi dan dijalani oleh para sahabat.
    Kemudian turunlah malaikat Jibril menurunkan surat Al-Qadr pada Nabi Muhammad bahwa umatnya juga bisa melakukan itu dengan adanya malam Lailatul Qadr yang satu malam bernilai seribu bulan.
    Kalau disamakan bisa 83 tahun kurang lebih.
    Jadi hampir sama dengan apa yang dijalankan Bani Israil pada saat itu.

    BalasHapus
  14. Nama : Ariswandi
    Nim : F1071201041
    Kelas : I-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Lailatul Qadar adalah malam ketetapan, lailatul qadar adalah satu malam di bulan ramadhan dimana telah terjadi turunnya Al-Qur'an pada seorang hambaNya yang bernama Muhammad.
    Lailatul qadar telah disebutkan dalam surat Al-Qadar. Di ayat yang ketiga yang artinya: Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.
    Karena pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Lailatul Qadar atau yang kerap disebut sebagai malam seribu bulan atau dikenal menjadi momentum paling dicari-cari di bulan Ramadan.Di malam itu, dijanjikan pahala yang setara dengan seribu bulan.
    Dampak positifnya adalah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. banyak pahala yang didapat kalau kita mendapatkan dimalam itu, diampuni dosa yang sudah lampau, dan merasakan malam yang tenang

    Sekian jawabannya saya
    Terima kasih pak
    Assalamualaikum warahmatulahi wabarukatuh

    BalasHapus
  15. Bismillah
    Nama : Nur Afifah Fitriana
    NIM : F1071201040
    Prodi : Pendidikan Biologi [I-A2]

    Malam Lailatul Qadar adalah malam yang paling mulia diantara malam-malam yang lainnya. Terlebih malam Lailatul Qadar ini terdapat pada bulan yang sangat mulia yakni bulan Ramadhan. Pada bulan ramadhan, terjadi peristiwa mulia pula, peristiwa turunnya Al-Qur'an. Malam Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil terakhir bulan Ramadhan (malam ke-21,23,25,27,dan 29). Dijelaskan dalam firman Allah Qur'an surah Al-Qadar bahwa pada malam itu malaikat akan turun. Pada malam Lailatul Qadar beribu-ribu malaikat akan turun ke bumi untuk mengaminkan doa hamba-hamba Allah yang meminta pada-Nya hingga terbitnya fajar. Doa pada malam itu akan dikabulkan Allah. Betapa mulia malam itu karena bagi siapa saja yang memperoleh malam Lailatul Qadar pasti akan berubah menjadi pribadi yang baik untuk kedepannya. Semua amal ibadah pada malam itu akan dilipatgandakan 1000x. Oleh karena itulah, malam Lailatul Qadar ini sangat mulia dari malam-malam yang lainnya.

    Dampak positif bagi siapa saja hamba yang mengerjakan amal ibadah pada malam itu akan dilipatgandakan pahalanya, akan dikabulkan seluruh permintaannya, dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih Istiqomah menjalankan perintah-Nya, dapat menenangkan hati, dapat lebih dekat kepada Allah SWT. Serta dapat meningkatkan kualitas ibadah kita.

    Semoga kita tergolong orang-orang yang terus berusaha meningkatkan kualitas amal ibadah kita terlebih saat bulan ramadhan yang didalamnya terdapat kemuliaan malam Lailatul Qadar.
    Terimakasih ilmunya pak, jazakallah khair.

    BalasHapus
  16. Nama : Rita Lisnawati
    NIM : F1071201035
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Satu malam qadar nilainya lebih baik dari pada 1000 bulan karena pada saat itu Allah memberikan pahala yang besar dan diturunkan nya malaikat malaikat Allah SWT atas izin nya . Mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam lailatul qadar, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya. Selain itu, Allah Swt berfirman pada surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukan kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.” ini menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalam malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan).
    Dampak positif bagi seseorang yang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketenangan dalam hati.

    Sekian jawaban saya
    Terimakasih

    BalasHapus
  17. Nama: Serina
    NIM: F1071201011
    Kelas: 1A-1

    Alasan malam Lailatul Qadar lebih baik daripada 1000 bulan ialah karna nilai pahala di malam itu lebih baik daripada nilai pahala yang dilakukan selama 1000 bulan. Pada malam itu, malaikat turun dengan seizin Allah SWT. untuk mengatur segala urusan sampai terbit fajar.

    Terkait konsep 1000 bulan ini, Syekh Abdul Halim Mahmud menyebutkan bahwa angka tersebut sama dengan 83 tahun 4 bulan yang bisa diartikan sebagai umur standar umat manusia. Dengan kata lain, Lailatul Qadar lebih baik daripada usia zaman. Karna itulah, malam ini adalah malam yang sangat ditunggu-tunggu kedatangannya oleh seluruh umat muslim ketika puasa. Sekalipun, tidak ada yang tahu kapan tepatnya malam itu tiba.

    Selain itu, malam Lailatul Qadar adalah malam diturunkannya Al-Qur'an secara berangsur-angsur. Dimana Nabi Muhammad mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar ini di tanggal ganjil dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

    Karna banyak keutamaan itulah, umat muslim berlomba-lomba memaksimalkan ibadahnya karna pahala yang dijanjikan pada malam Lailatul Qadar itu. Selain itu, keutamaan dari mengerjakan ibadah seperti shalat malam pada malam ini ialah diampuni segala dosanya oleh Allah SWT.

    Serta jika di pandang secara logika, malam Lailatul Qadar ini merupakan ungkapan motivasi dari Allah agar semangat dalam menjalankan puasa terutama di hari-hari terakhir. Beberapa amalan yang baik dilakukan yakni seperti; berzikir, bersedekah, bertahmid, bertahlil, bertakbir, beriktikaf, membaca Alquran, dan amalan-amalan positif lainnya. Malam Lailatul Qadar adalah rahasia Tuhan. Tapi nabi Muhammad bersabda bahwa malam-malam Lailatul Qadar terjadi pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan dan jatuh pada ganjil karna Allah itu ganjil dan mencintai yang ganjil.

    Sebagaimana dalam firman Allah dalam surah Al-Qadr ayat 1-5, bahwa kesejahteraan Lailatul Qadar itu sampai terbit fajar. Dan untuk bisa meraihnya bisa dengan melakukan iktikaf. Malaikat akan turun ke bumi untuk menyapa hamba-hamba Allah dan mendatangi umat muslim yang melaksanakan ibadah dan beramal shaleh. Mereka mengucapkan salam sambil menaburkan doa dan berkat. Malaikat yang turun ke bumi juga bukan malaikat yang sembarangan, mereka mempunyai posisi yang tinggi di sisi Allah. Oleh karena itu, sangatlah rugi untuk orang-orang yang sengaja melewatkan malam Lailatul Qadar tanpa melakukan ibadah karna banyak sekali manfaat yang didapatkan pada malam Lailatul Qadar.

    BalasHapus
  18. Nama : jihan shakina nilanti
    NIM : F1071201057
    Kelas : I-A2
    Prodi : pendidikan biologi

    Lailatul Qadar adalah malam ketetapan, lailatul qadar adalah satu malam di bulan ramadhan dimana telah terjadi turunnya Al-Qur'an pada seorang hambaNya yang bernama Muhammad.
    Lailatul qadar telah disebutkan dalam surat Al-Qadar. Di ayat yang ketiga disebutkan bahwa:

    لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ ۙ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ

    Artinya: Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.
    Karena pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan
    1000 bulan = 83 tahun lebih 4 bulan
    Secara umum usia manusia sekitar 63 tahun, jika orang mendapat lailatul qadar berarti seumur hidupnya mendapat kemuliaan.
    Keutamaan malam lailatul qadar yaitu malam tersebut dipenuhi dengan berkah. Allah SWT berfirman,

    “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (Q.S Al-Dukhan: 3-5)

    BalasHapus
  19. Nama : Retno Tri Wahyuni
    NIM : F1071201003
    prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Malam Lailatul qadar adalah malam dimana Al-Qur'an pertama kali diturunkan. Malam Lailatul qadar adalah malam kemuliaan dimana pada malam itu Al-Qur'an diturunkan. Pada malam Lailatul gadar juga merupakan malam yang sempit. Bagaimana tidak? Pada malam itu banyak malaikat yang Turun ke bumi untuk menabur kelimpahan dan rahmat untuk kita umat manusia. Maka dari itu malam Lailatul qadar disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. MAnfaat positif yang dapat diambil adalah kita mendapat kan rahmat dan hidayah oleh Allah SWT. Tidak ada orang yang tidak mau diberikan rahmat dalam satu malam dan nilainya sebanding dengan seribu bulan. Sudah dipastikan orang tersebut sangat beruntung jika dapat bertemu dengan malam Lailatul qadar.
    Sekian jawaban saya

    BalasHapus
  20. Nama : Mas Akhbar Faturrahman
    NIM : F1071201053
    Kelas : I-A2
    Program Studi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Malam Lailatul Qadar adalah malam yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di bulan Ramadhan. Di malam tersebut, semua amalan dan ibadah akan dilipatkan pahalanya hingga bahkan lebih baik dari ibadah selama 1000 bulan. Pada malam itu juga, Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. sehingga kejadian tersebut bisa dianggap sebagai salah satu titik di mana manusia sebagai umat Allah tergerak dalam suatu capaian sejati. Peristiwa turunnya Al-Qur'an pada malam Lailatul Qadar ini menjadi sebuah peringatan spiritual dan fisik agar setiap umat dapat memetik hikmahnya. Selain itu, Lailatul Qadar dapat diartikan menjadi 3 arti, yaitu sebagai penetapan dan pengaturan Allah bagi kehidupan manusia, kemuliaan yang sangat besar, dan sempitnya dunia dikarenakan begitu banyaknya malaikat yang turun ke bumi sehingga Lailatul Qadar ini menjadi sesuatu yang sangat istimewa di dalam kehidupan umat Islam. Kehadiran malaikat-malaikat ini senantiasa mendorong dan membawakan umat manusia rahmat, kebaikan, dan keberkahan; tak hanya itu, malaikat-malaikat tersebut turut mendoakan hamba Allah yang taat sehingga kemungkinan doa tersebut dikabulkan semakin besar.

    BalasHapus
  21. Nama : Agus Kurniasi
    Nim : F1071201038
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Bismillahirrahmanirrahim

    Allah Swt menghadiahkan kepada umat nabi Muhammad Saw sebuah malam pada bulan Ramadhan, yang sekiranya tidak diberikan kepada umat sebelumnya, yaitu malam Lailatul Qadar. Kenapa malam Lailatul Qadar bisa begitu istemewa di antara malam lainya? Allah Swt berfirman:

    نَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْر (٣) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْر (٤) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ – ٥

    “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukan kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.”
    beribadah pada malam tersebut lebih utama daripada malam-malam yang tidak bertepatan pada al-Lail al-Qadr. Artinya banyak kebaikan-kebaikan yang akan diberikan pada malam itu. Jadi, sangat disayangkan jika tidak dipergunakan dengan baik. Dikatakan malam yang lebih baik dari seribu bulan, bukan berarti seseorang harus menghiraukan malam di bulan-bulan lainnya.Pada malam itu, Allah Swt menurunkan Al-Qur’an secara menyeluruh dari lauhil mahfudz ke langit dunia. Kemudian, Al-Qur’an tersebut disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama 23 tahun.Imam al-Qurthubi menjelaskan, bahwa turunnya malaikat ke muka bumi, untuk mengaminkan doa-doa orang yang berdoa pada malam tersebut. Imam Fachruddin ar-Razi menjelaskan juga, kehadiran malaikat pada malam tersebut, untuk memacu ibadah dan amal baik seseorang, sebagaimana seorang terpacu untuk ibadah dan amal kebaikan dengan kehadiran para ulama.
    Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilai kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan).
    Dampak positif yang terjadi ketika pada malam Lailatul Qadar di sapa oleh malaikat yaitu Allah Swt pun menjamin malam Lailatul Qadar dipenuhi dengan kesalamatan dan kesejahteraan, Allah Swt berfirman:

    سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (سورة القدر: 5)

    “Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 5)

    Malam Lailatul Qadar yang menjadi malam turunya al-Quran dan para malaikat ke muka buka bumi, tak lain ialah malam yang diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar. Pada malam tersebut, terus berlanjut turun kebaikan, keberkahan, dan para malaikat yang membawa rahmat dari Allah Swt untuk hambanya yang taat, hingga terbitnya fajar.

    BalasHapus
  22. Nama : Sarah Gunarti
    Nim : F1071201001
    Prodi : pendidikan biologi
    Kelas : I-A1

    Lailatul Qadara adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran. pengertian pertama dengan uraian bahwa Lailatul Qadar adalah penetapan dan pengaturan sehingga Lailat Al-Qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia.
    Penggunaan Qadar sebagai ketetapan dapat dijumpai pada surat Ad-Dukhan ayat 3-5 : Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami,”
    Pengertian kedua adalah kemuliaan. “Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran.” Surat yang berbicara tentang kaum musyri; Mereka itu tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada masyarakat.
    Pengertian ketiga adalah Sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr. Penggunaan Qadar untuk melambangkan kesempitan dapat dijumpai pada surat Ar-Ra'd ayat 26.
    “Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan,” demikian Quraish Shihab menutup uraiannya tentang Lailatul Qadar.
    Dampak positif manusia saat malaikat menyapanya, yaitu Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  23. Nama : Erni Sulistiyowati
    NIM : F1071201049
    Prodi : Pendidikan biologi
    Kelas : I-A2

    Malam lailatul qadar menjadi malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan karena pada malam itu merupakan malam yang penuh kemudahan, kebaikan, dan malam penuh kemuliaan. Pada malam itu, para malaikat Allah turu ke umi untuk memberikan syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan lailtul qadar. Allah Swt. Akan melapangkan rezeki kepada umat-Nya yang meminta dengan tulus dan percaya kepadan-Nya. Allah juga akan melipatgandakan semua amal baik dan ibadah yang dikerjakan pada malam itu dan juga Allah akan menggugurkan dosa-dosa yang pernah dibuat oleh umatnya bagi yang melaksanakan sholat pada malam itu. Bagi umat Islam yang senantiasa menghidupkan malam lailatul qadar dengan cara beribadah yang disertai ketulusa, mendirikan sholat yang wajib ataupun yang sunnah, membaca Al-Qur’an, berzikir, serta melakukan kebaikan lainnya akan mendapatkan kesejahteraan dan ketenangan yang sudah dijamin oleh Allah. Mereka yang senang menhidupkan malam lailatul qadar juga akan dijaga oleh para malaikat. Namun, datangnya malam lailatul qadar ini tidak ada yang tahu kapan persisnya. Beberapa hadist menyebutkan bahwa malam lailatul qadar datang pada 10 hari terakhir Ramadhan. Ketidaktahuan mengetahui datangnya malam kemuliaan ini hendaknya menumbuhkan semangat kepada semua umat islam agar memperbanyak ibadah dan kebaikan agar bisa menjumpai malam yang penuh rahmat ini.

    Melalui surah Al-Qadr ayat 1-5 Allah menerangkan bahwa pada malam lailatul qadar ini para malaikat diturunkan ke bumi atas izin-Nya untuk mendengarkan dan mengamini doa-doa hamba-Nya yang berdoa dengan tulus serta mengharapakn ridho Allah. Kehadiran malaikat pada malam yang mulia ini bertujuan agar memacu semangat ibadah dan amalan sholeh yang dikerjakan manusia agar Allah berikan keselamatan dan kesejateraan pada malam itu. Pada malam itu, tidak ada keburukan melainkan yang ada hanya kebaikan, keberkahan, dan kesejahteraan dari Allah yang kemudian dibawa oleh para malaikat kepada hambanya yang taat hingga matahari terbit. Sehingga bagi siapapun orang yang mendapat sapaan dari malaikat adalah orang yang beruntung dan dikehendaki oleh Allah untuk diberikan rahmat dan kesejahteraan dari Allah Swt.

    BalasHapus
  24. Nama : Citra Ardini
    NIM : F1071201058
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Satu malam qadar lebih baik dari pada 1000 bulan karena Lailatul Qadar merupakan malam penuh kemuliaan. Imam Mujahid, qotadah serta ulama besar lainnya berpendapat, malam Lailatul Qadar merupakan malam yang begitu mulia dan utama. Malam Lailatul Qadar tidak bisa disamakan dengan malam-malam lainnya. Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran. Malam Lailatul Qadar juga sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia. Ketentuan ajal dan rezeki juga akan ditetapkan serta dicatat. Pada malam Lailatul Qadar banyak malaikat yang turun ke bumi sehingga dapat diartikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat Islam yang dikehendaki mendapatkan bagian dari pelimpahan itu. Pada surah Al-Qadr ayat 3 Allah Swt menjelaskan bahwa “Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.” Oleh karena itu, ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilai kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan). Allah SWT bahkan akan menggugurkan segala dosa yang pernah dibuatnya.
    Dampak positifnya bagi siapa saja yang senantiasa beribadah dengan tulus, mendirikan salat baik salat wajib maupun sunah, membaca Al-Quran, berzikir dan melakukan kebaikan lainnya akan mendapatkan kesejahteraan dan ketenangan. Mereka yang senantiasa menghidupkan malam Lailatul Qadar juga akan dijaga oleh para malaikat yang turun ke bumi. Allah SWT juga akan melapangkan rezeki bagi mereka yang senantiasa meminta dengan tulus serta yang dikehendaki-Nya. Pada malam Lailatul Qadar, segala amal baik akan diberikan pahala berlipat ganda. Selain itu, doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa. Oleh karena itu, sungguh beruntung orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh para malaikat yang turun ke bumi.

    BalasHapus
  25. Nama : Alya Zatira
    NIM : F1071201037
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Lailatul Qadara adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran. Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

    Malam Lailatul Qadar yang menjadi malam turunya al-Quran dan para malaikat ke muka buka bumi, tak lain ialah malam yang diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar. Pada malam tersebut, terus berlanjut turun kebaikan, keberkahan, dan para malaikat yang membawa rahmat dari Allah Swt untuk hambanya yang taat, hingga terbitnya fajar. Sebagai malam yang penuh kemuliaan, malam Lailatul Qadar tentunya memiliki keutamaan yang membedakannya dengan malam-malam lain di bulan ramadan. Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat akan turun ke bumi dan memberi syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan Lailatul Qadar. Allah juga akan melapangkan rezeki bagi orang-orang yang senantiasa meminta dengan tulus dan dikehendaki-Nya. Segala amalan baik yang dilakukan di malam Lailatul Qadar akan diberikan pahala berlipat ganda. Sebagai malam yang lebih mulia dari 1000 bulan, malam ini tidak bisa disamakan dengan malam-malam lain.



    BalasHapus
  26. Nama : Putri Sekarayu
    NIM : F1071201006


    Dalam Al -quran surat Ad Dukhan ayat 3-6 menceritakan saat Lailatul Qadar Alquran kali pertama diturunkan. Sedangkan, pernyataan bahwa Lailatul Qadar setara dengan malam seribu bulan muncul di Alquran surat Al Qadar.

    menjelaskan Lailatul Qadara adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran.
    Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan,”

    Dampak positifnya adalah bagi siapa saja yang senantiasa beribadah dengan tulus, mendirikan salat baik salat wajib maupun sunah, membaca Al-Quran, berzikir dan melakukan kebaikan lainnya akan mendapatkan kesejahteraan dan ketenangan. Mereka yang senantiasa menghidupkan malam Lailatul Qadar juga akan dijaga oleh para malaikat yang turun ke bumi.

    BalasHapus
  27. Nama : Nuruliza Nabila
    NIM : F1071201050
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas :I-A2

    Di malam Lailatul Qadar tersebut, semua amal dan ibadah akan dilipatkan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya.Akan tetapi, datangnya malam Lailatul Qadar dirahasiakan oleh Allah SWT, dimana setiap makhluk tidak mengetahui kapan datangnya malam yang mulia tersebut. Namun, dari ‘Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Carilah lailatul qadar pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari)
    Meskipun tidak ada yang tahu kapan datangnya malam Lailatul Qadar, banyak yang menyebut bahwa Lailatul Qadar akan datang di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, pada malam ganjil.Pada 10 malam terakhir inilah, Allah SWT akan menurukan keistimewaan pada umatnya yang beruntung.
    Pengungkapan lailatul qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan menunjukkan keistimewaan malam itu yang melebihi malam yang lain. Ketika demikian, maka nilai pahala ibadah pada malam al-Qadr pun melebihi nilai pahalanya dibandingkan dengan ibadah pada seribu bulan yang lain.
    Bilangan 1.000 bulan, bila dikonversi ke dalam jumlah tahun sama dengan 83 tahun 4 bulan. Satu waktu yang sangat lama, sementara keistimewaan malam al-Qadr melebihi jumlah itu. Ini merupakan kekhususan bagi umat Nabi Muhammad saw, di mana umur mereka rata-rata tidak mencapai waktu 1.000 bulan. Maka atas kemurahan Allah swt, mereka diberi malam al-Qadr nan istimewa. Pada malam al-Qadr, para malaikat dan Ruh, yakni Jibril, turun silih berganti ke bumi dengan izin Allah swt untuk mengatur segala urusan dan salam bertebaran pada malam itu hingga terbitnya fajar. Sementara ulama memahami kata salam pada ayat terakhir dari surat al-Qadr di atas sebagai ucapan yang mengandung doa. Artinya, para malaikat itu mendoakan setiap orang yang “ditemuinya” pada malam al-Qadr itu agar terbebas dari segala kekurangan lahir dan batin. Ada juga ulama yang memahami kata salam sebagai keadaan atau sikap damai yang dirasakan oleh mereka yang memperoleh Lailatul Qadr atau sikap para malaikat yang turun ke bumi dalam keadaan dan sikap yang penuh damai.

    Dampak positif bagi seseorang yang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketenangan dalam hati.

    BalasHapus
  28. Nama: Ragilia An'nur Fadilah
    Kelas:1A2
    Nim: F1051201026
    Prodi:Pendidikan Fisika

    malam paling suci tahun ini bagi umat Islam di bulan suci Ramadhan. Lailatul Qadr jatuh dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan.
    Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (Al-Quran, 97: 3)
    Pada saat itu Allah memberikan pahala yang besar dan diturunkan nya malaikat malaikat Allah SWT atas izin nya . Mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam lailatul qadar, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya. Dampak positifnya adalah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.
    Karena pada malam itu, Allah Swt menurunkan Al-Qur’an secara menyeluruh dari lauhil mahfudz ke langit dunia. Kemudian, Al-Qur’an tersebut disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama 23 tahun.

    BalasHapus
  29. Nama : Veren Pramestya Anantasa
    NIM : F1051201029
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA 2

    bismillah,
    maasyaaAllah sungguh memang luar biasa malam Lailatul Qadr...
    Maksud dari malam lailatul qadr lebih baik daripada 1000 bulan adalah Amalan di malam lailatul qadr lebih baik daripada amalan di 1000 bulan.
    Syaikh Khalid Al-Mushlih hafizhahullah menyatakan bahwa tidak ada tanda khusus jika seseorang telah mendapatkan Lailatul Qadar. Terang beliau, kalau kita memperbanyak beribadah terus menerus di sepuluh hari terakhir Ramadhan, tentu akan mendapatkan malam penuh kemuliaan tersebut.

    Kesimpulannya, marilah kita bersama-sama menghidupkan 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan. Insyaallah kita akan mendapatkan keutamaannya.
    Semoga kita termasuk ke dalam orang yang beruntung, aamiin allahumma aamiin.

    BalasHapus
  30. Nama : Putri Chairunisa
    NIM : F1051201023
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Lailatul Qadar adalah malam ketetapan, lailatul qadar adalah satu malam di bulan ramadhan dimana telah terjadi turunnya Al-Qur'an pada seorang hambaNya yang bernama Muhammad.
    Lailatul qadar telah disebutkan dalam surat Al-Qadar. Di ayat yang ketiga disebutkan bahwa:
    لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ ۙ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ
    Artinya: Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.
    Karena pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.

    BalasHapus
  31. Nama : Putri Shaumi Ramadhaniah
    NIM : F1071201036
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2
    Karena satu malam qadar merupakan satu malam penting yang hanya terjadi pada bulan Ramadan dan satu malam qadar merupakan malam bagi seorang muslim untuk berkesempatan mendapatkan keberkahan dan pahala bernilai seribu bulan. Pada malam qadar, siapa yang berdoa dan meminta pada Allah SWT dengan bersungguh-sungguh akan dikabulkan permintaannya.
    Dampak positifnya bagi orang tersebut adalah mendapatkan keselamatan dan kedamaian di bumi sampai terbit fajar. Ketika Malaikat turun dan menyapa seseorang, para malaikat membawa persoalan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT, yaitu nasib kita pada tahun ini hingga tahun yang akan datang, serta membawa dan membagikan rahmat dan keselamatan dari Allah SWT untuk orang-orang muslim.
    Sekian jawaban saya, terimakasih.

    BalasHapus
  32. Nama : Utin Selviana
    Nim : f1051201040
    Prodi: pendidikan fisika
    Kelas : IA2

    Ada banyak umat Islam yang percaya Lailatul Qadar terjadi di malam hari ke-27 bulan Ramadhan atau tanggal ganjil. Ini mengacu pada hadits riwayat Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda Lailatul Qadar terjadi di malam ganjil.

    "Cari lah malam Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan."

    Keutamaan Lailatul Qadar lainnya adalah waktu turunnya Al Quran melalui Nabi Muhammad SAW. Setelah malam itu, Rasulullah terus menerima wahyu Al Quran selama 23 tahun.

    Dalam surat Al-Qadar ayat 1, Allah SWT berfirman,

    Arab: اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

    Latin: innā anzalnāhu fī lailatil-qadr

    Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam

    Untuk mencari malam Lailatul Qadar, umat Islam di seluruh dunia biasanya pergi ke masjid dan melaksanakan sholat dan ibadah lainnya. Bahkan, di Palestina, puluhan ribu umat Islam mengunjungi Masjid Al-Aqsa untuk berdoa di malam Lailatul Qadar.

    Selain itu, di Mekah dan Madinah, ratusan ribu orang mengunjungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk beribadah dan mencari malam Lailatul Qadar.

    Namun di tahun ini, sebagian masjid di seluruh dunia ditutup sehingga umat Islam disarankan untuk beribadah dari rumah. Hal ini guna mencegah penyebaran virus corona yang telah menginfeksi lebih dari 4 juta orang di seluruh dunia.

    BalasHapus
  33. Nama : Azijah
    Nim : F1071201042
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Karena pada bulan Ramadan penuh rahmah, barakah, maghfirah bagi hamba yang berpuasa di siang harinya, malamnya ada suatu malam bernilai lebih baik daripada 1.000 bulan. Malam ini disebut dengan malam lailatul qadar di mana Al-Qur'an pertama kali diwahyukan. Sesuai ayat suci Alquran dalam surat Ad. Dukhon, Allah telah menurunkan suatu malam yang diberkahi dan juga telah memberikan peringatan. Malam ini yakni malam Lailatul Qadar. Banyak malaikat yang akan turun di saat Lailatul Qadar, termasuk Malaikat Jibril yang ditugaskan Allah untuk menyampaikan wahyu. Seiring dengan turunnya para malaikat ini, Lailatul Qadar juga sebagai tanda turunnya berkah dan rahmat. Para ulama berpendapat, bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah salat yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar. Tak hanya salat, amalan-amalan baik juga memiliki keistimewaan yang sama. Amalan atau ibadah yang dilakukan saat Lailatul Qadar oleh umat muslim, diganjar dengan pahala yang berlimpah. Dampak positif pada seseorang yang mendapat sapaan keselamatan dari malaikat adalah orang tersebut akan merasa damai dan tenang, karena keselamatannya sudah terjamin hingga terbit fajar

    BalasHapus
  34. Nama :Rini Munawirah
    NIM :F1051201022
    Prodi :pendidikan fisika
    Kelas :IA2

    Jelaskan kenapa satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan ? Lalu, apakah dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar !


    lailatulqadar merupakan malam mulia yang lebih baik dari 1000 karena malam itu dipilih sebagai waktu turunnya Al-Qur'an.Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan).

    malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya.
    Dampak positif nya kita harus banyak berdoa beribadah dan beramal baik karena pada malam lailatulqadar para malaikat turun ke bumi. Sehingga amalan amalan yang kita lakukan di ijabah oleh para malaikat aamiin.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  35. Nama : AZFA FADHILAH
    NIM : F1071201044
    Prodi/Kelas : Pendidikan Biologi/I-A2

    Maksud dari ‘lebih baik dari seribu bulan’ ialah mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam tersebut, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan pada malam lainnya.
    Al-Mawardi di dalam kitab tafsirnya An-Nukat wal ‘Uyun memaparkan lima penafsiran mengenai maksud “lebih baik dari seribu bulan”:
    • Pertama, Ar-Rabi’ berpendapat bahwa lailatul qadar lebih baik dari umur seribu bulan.
    • Kedua, menurut Mujahid, beramal di lailatul qadar lebih utama dari beramal seribu bulan di selain lailatul qadar.
    • Ketiga, Qatadah mengatakan, lailatul qadar lebih baik dari seribu bulan yang tidak terdapat di dalamnya lailatul qadar.
    • Keempat, Ibnu Abi Najih dan Mujahid mengisahkan, seorang dari Bani Israil yang mengerjakan shalat malam hingga shubuh. Pada waktu paginya, dia berperang sampai sore. Rutinitas ini dilakukannya selama seribu bulan. Kemudian Allah SWT mengabarkan bahwa beribadah pada lailatul qadar lebih baik dari amalan yang dilakukan laki-laki tersebut, meskipun selama seribu bulan.
    • Kelima, ada pula yang berpendapat, beribadah saat lailatul qadar lebih baik dari kekuasan Nabi Sulaiman selama lima ratus bulan dan kekuasaaan Dzul Qarnain selama lima ratus bulan.

    Dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan hingga terbit fajar, yaitu pada malam tersebut malaikat-malaikat Allah turun ke bumi dengan segala urusan, dipenuhi dengan keberkahan, Malam penuh kesejahteraan, mendapatkan ampunan dari Allah SWT, Pahalanya dilipat gandakan, hati menjadi penuh kedamaian dan tenteram, doa-doanya dikabulkan, serta dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

    BalasHapus
  36. Nama : Siti Rahma Yunita
    NIM : F1051201011
    Kelas : IA1
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Mengapa satu malam Lailatul Qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan ? Karena di malam Lailatul Qadar tersebut, semua amalan dan ibadah yang kita lakukan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya.
    Dampak positif bagi manusia yang mendapatkan malam lailatul qadar adalah apapun do'a² baik yang dimintainya dengan sungguh-sungguh pada malam akan Allah kabulkan secara perlahan, karena pada malam itu Allah menurunkan semua malaikat ke bumi untuk mengaminkan permintaan manusia dan memintakan ampunan untuk manusia yang menghidupkan malam Lailatul Qadar.

    BalasHapus
  37. Nama: Alan
    Kelas: IA1
    Prodi: pendidikan Fisika
    Karena pada malam Lailatul Qadar adalah malam dimana Al-Qur'an diturunkan. Malam yang dimana malaikat- malaikat turun ke bumi dengan di pimpin oleh Jibril untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kemuliaan hingga terbit fajar. Sesuai dengan firman Allah di surah Al- Qadar ayat 1-5. Malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan , yang bisa saja 1001 bulan bahkan tidak terhingga kemuliaan nya . Malaikat mengapa manusia pada malam laLailat Qadar artinya malaikat pada malam itu bertugas mengatur urusan untuk di berikan kepada siapa saja yang bersungguh-sungguh dan mendapatkan malam kemuliaan tersebut.

    BalasHapus
  38. NAMA : ARDI
    NIM : F1051201028
    PRODI : PENDIDIKAN FISIKA
    KELAS : IA2

    Di malam Lailatul Qadar tersebut, semua amaln dan ibadah akan dilipatkan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya.
    Akan tetapi, datangnya malam Lailatul Qadar dirahasiakan oleh Allah SWT, dimana setiap makhluk tidak mengetahui kapan datangnya malam yang mulia tersebut.
    Namun, dari ‘Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Carilah lailatul qadar pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari)

    Malam Lailatul Qadar yang menjadi malam turunya al-Quran dan para malaikat ke muka buka bumi, tak lain ialah malam yang diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar. Pada malam tersebut, terus berlanjut turun kebaikan, keberkahan, dan para malaikat yang membawa rahmat dari Allah Swt untuk hambanya yang taat, hingga terbitnya fajar.

    Terima kasih untuk materi hari ini pak




    BalasHapus
  39. Nama : Inne Aqmarina Filza
    NIM : F1071201031
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A2

    Lailatul qadar adalah malam mulia yang sangat baik digunakan untuk beribadah. Dalam sebuah tafsiran dikatakan, kata “seribu bulan” dalam ayat di atas sebenarnya mengisyaratkan sepanjang hari. Artinya, sampai kapanpun keutamaan lailatul qadar tidak tergantikan. Pengungkapan lailatul qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan menunjukkan keistimewaan malam itu yang melebihi malam yang lain. Ketika demikian, maka nilai pahala ibadah pada malam al-Qadr pun melebihi nilai pahalanya dibandingkan dengan ibadah pada seribu bulan yang lain. Lailatul qadar diperingati sebagai malam turunnya Al-Qur'an secara keseluruhan dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah. Malam ini lebih utama daripada malam 1.000 bulan. Nabi Muhammad menyebutkan, lailatulqadar ada pada setiap Ramadan (H.R. Abu Dawud) dan lebih rinci lagi melalui riwayat lain dari jalur Aisyah, menyatakan "Carilah Lailatulqadar itu pada tanggal ganjil dari 10 hari terakhir bulan Ramadan" (H.R. Bukhari). Dampak positif manusia saat malaikat menyapanya, yaitu jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk dari pada sebelumnya, hati menjadi tenang dan damai. Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya.

    BalasHapus
  40. Nama : Sulastri
    Nim : F1051201039
    Kelas :IA2
    Prodi: pendidikan fisika

    Lailatul Qadar atau yang kerap disebut sebagai malam seribu bulan atau dikenal menjadi momentum paling dicari-cari di bulan Ramadan.Di malam itu, dijanjikan pahala yang setara dengan seribu bulan.
    Lailatul Qadara adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran.Hikmah malam Lailatul Qadar juga memberikan kesejahteraan sampai terbit fajar. Seperti yang tertulis dalam surat Al-Qadr ayat 5 yang berbunyi, “Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

    ~Dampak positifnya adalah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari yang biasanya. Dimana doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  41. Nama: Ardha Ardianti
    NIM: F1051201030
    Prodi: pendidikan fisika
    kelas: IA2

    pada ayat 3 Surat Al Qadr yang berbunyi malam Lailatul Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan.
    Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi. sekian terima kasih..

    BalasHapus
  42. NAMA : QADRIN JENIRIA
    NIM : F1051201021
    Prodi : Pendidikan Fisika (IA 2)

    Lailatulqadar diperingati sebagai malam turunnya Al-Qur'an secara keseluruhan dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah. Malam ini lebih utama daripada malam 1.000 bulan. Nabi Muhammad menyebutkan, lailatulqadar ada pada setiap Ramadan (H.R. Abu Dawud) dan lebih rinci lagi melalui riwayat lain dari jalur Aisyah, menyatakan "Carilah Lailatulqadar itu pada tanggal ganjil dari 10 hari terakhir bulan Ramadan" (H.R. Bukhari).
    Dalam Surah Al-Qadr:3-4, Allah berfirman bahwa Lailatulqadar atau Malam kemuliaan "lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan,".
    Dari kandungan ayat tersebut, dapat disimpullkan kemuliaan lailatul qadar ini terletak pada nilainya yang lebih baik dari seribu bulan. Selain itu malam tersebut adalah waktu diturunkannya para malaikat untuk mengatur segala urusan.
    Terkait konsep 1.000 bulan ini, Syekh Abdul Halim Mahmud menyebutkan bahwa angka tersebut sama dengan 83 tahun 4 bulan, yang bisa berarti umur standar umat manusia.
    Beliau menjelaskan dalam Syahr Ramadhân bahwa "Lailatul qadr (alfu syahrin) lebih baik dari umur manusia; dari umur setiap manusia, baik umur manusia di masa lalu maupun umur manusia pada masa mendatang. Intinya, lailatulqadar lebih baik dari (usia) zaman".
    Terkait diturunkannya para malaikat pada lailatulqadar, Muhammad Quraish Shihab menerangkan ketika itu malaikat memang turun dan mengunjungi seseorang. Malaikat pun senang dengan segala hal yang bersifat kebaikan.
    Keutamaan lain malam lailatul qadar juga dapat diketahui dalam hadis riwayat Imam Bukhari. Dosa-dosa manusia yang sudah dilakukan terdahulu pun bisa diampuni ketika ia menjalankan salat malam pada malam tersebut. Sebagaimana keterangan dalam hadis, "Barangsiapa salat pada lailatulqadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau" (HR. Imam Bukhari).

    BalasHapus
  43. Nama : Chindy Aurellia Novithania
    Kelas : IA2
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Lailatul Qadar menjadi malam yang dinanti semua umat Muslim. Tak terkecuali Nabi Muhammad sekalipun. Namun, tak ada seorangpun yang tahu kapan Lailatul Qadar muncul. Hal ini sudah menjadi rahasia Allah SWT agar manusia senantiasa tekun beribadah selama bulan suci Ramadhan.

    Malam ini menjadi ‘buruan’ setiap Muslim sebab lailatul qadar adalah lebih baik dari seribu bulan seperti firman Allah dalam Al-Quran: “Malam kemuliaan (lailatul qadar) itu lebih dari seribu bulan,” (QS: Al-Qadar: 3).

    Umat Muslim di seluruh dunia memaksimalkan doa-doa mereka dan memberikan yang terbaik dalam berusaha mencapai keridhaan Allah SWT dan pengampunan atas semua dosa mereka selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan.
    dampak positifnya
    di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  44. Nama : Siti Nurhasanah
    NIM : F1071201039
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

    Mengapa satu malam Lailatul Qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan ?
    Karena Di malam Lailatul Qadar tersebut, semua amaln dan ibadah akan dilipatkan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya.
    Akan tetapi, datangnya malam Lailatul Qadar dirahasiakan oleh Allah SWT, dimana setiap makhluk tidak mengetahui kapan datangnya malam yang mulia tersebut.
    Namun, dari ‘Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Carilah lailatul qadar pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari).
    Meskipun tidak ada yang tahu kapan datangnya malam Lailatul Qadar, banyak yang menyebut bahwa Lailatul Qadar akan datang di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, pada malam ganjil.

    Pada 10 malam terakhir inilah, Allah SWT akan menurukan keistimewaan pada umatnya yang beruntung.
    Dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar,
    Malaikat yang turun pada malam Lailatul Qadar, mengajak dan mendorong manusia untuk melakukan kebaikan. Seseorang yang menemukan Lailatul Qadar, senantiasa akan merasakan kedamaian, dan selalu terdorong melakukan kebaikan, karena malaikat ada bersamanya.

    Kata “salam” dalam surat Al-Qadr ayat 5 memiliki arti “kedamaian”. Bagi seseorang yang dapat merasakan kedamaian, maka dia memiliki kemampuan untuk memberikan kedamaian bagi selainnya. Dia memberikan kedamaian bagi orang lain, damai tidak mengeluh, damai bagi tanaman, damai bagi tumbuhan. Sehingga hidupnya penuh dengan rasa damai hingga hari akhir di akhirat bertemu dengan Negeri Darussalam.

    Kedamaian itu sendiri memiliki dua tipe. Kedamaian yang aktif dan kedamaian yang pasif. Kedamaian aktif adalah seseorang yang memberikan kedamaian melalui sedekah. Bila mengeluarkan sedekah, atau menolong orang lain, maka dia memberikan kedamaian. Tidak mengganggu orang lain pun menjadi sebuah kedamaian, namun sifatnya pasif. Kita tidak menciptakan kericuhan, maka kita membawa kedamaian.

    Seseorang yang menemukan Lailatul Qadar, senantiasa akan selalu melakukan kebaikan. Nilai kebaikannya seakan-akan bertambah hingga 1000 bulan, atau 80 tahun lebih. Kebaikan yang dapat membantu orang lain, dan memberikan rasa damai kepada orang lain.

    BalasHapus
  45. Nama : Ari fatul fadila
    Nim : F1051201043
    Prodi : pendidikan fisika IA2

    1.Menurut Ari Hikmawati, hal ini karena Asbabun Nuzul dari Lailatul Qadr itu berawal pada saat Rasulullah menceritakan pada sahabatRasulullah bercerita bahwa para Bani Israil beribadah tanpa maksiat selama 80 bulan berturut-turut.
    Kemudian para sahabat juga berkeinginan hal serupa
    Lalu turunlah malaikat Jibril menurunkan surat Al-Qadr pada Nabi Muhammad bahwa umatnya juga bisa melakukan itu dengan adanya malam Lailatul Qadr yang satu malam bernilai seribu bulan.
    Kalau disamakan bisa 83 tahun kurang lebih.
    Jadi hampir sama dengan apa yang dijalankan Bani Israil pada saat itu.namun pada hakikatnya semuanya sepakat bahwa lailatul qadar adalah malam mulia yang sangat baik digunakan untuk beribadah. Dalam sebuah tafsiran dikatakan, kata “seribu bulan” dalam ayat di atas sebenarnya mengisyaratkan sepanjang hari. Artinya, sampai kapanpun keutamaan lailatul qadar tidak tergantikan. Semoga kita mendapatkan kemuliaan lailatul qadar pada setiap Ramadhan. Wallahualam.
    Danlak positif nya adalah malam tersebut merupakan malam diturunkannya Al-Qur’an. Sesuai dengan firman Allah SWT di surat Al-Baqarah dan Al-Qadr.Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran…” (Q.S Al-Baqarah: 185)
    “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan” (Q.S Al Qadr: 1) dan juga seseorang yang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketenangan dalam hati.
    Sekian terimakasih 🙏

    BalasHapus
  46. Nama : Dayang AyuWandira
    NIM : F1051201015
    Prodi : pendidikan Fisika

    Bismillahirrahmanirrahim

    Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

    Lailatul Qadar adalah malam ketetapan, lailatul qadar adalah satu malam di bulan ramadhan dimana telah terjadi turunnya Al-Qur'an pada seorang hambaNya yang bernama Muhammad.
    Lailatul qadar telah disebutkan dalam surat Al-Qadar. Di ayat yang ketiga disebutkan bahwa:
    "Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan"
    Karena pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan

    Dampak positif:
    *Memperkuat koneksi melalui Alquran adalah memperbanyak membaca Alquran.
    *Menambah semangat untuk saling berlomba-lomba dalam menjalankan kebaikan

    BalasHapus
  47. Nama: Dea Fitri Natasya
    NIM: F1071201033
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: IA2

    1. •Karena di malam Lailatul Qadar tersebut, semua amalan dan ibadah akan dilipat gandakan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya. Lailatul qadar adalah malam mulia yang sangat baik digunakan untuk beribadah. Namun, waktu datangnya malam Lailatul Qadar pada bulan Ramadhan, dirahasiakan oleh Allah SWT, hal ini agar umat muslim semakin taat beribadah.
    •Pada malam Lailatul Qadar, Malaikat akan turun ke bumi dan dipimpin langsung oleh malaikat jibril. para malaikat akan melihat siapa saja yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dan menebar keselamatan di bumi sampai terbit fajar. Malaikat akan mengaminkan doa seorang hamba di malam itu dan memintakan ampunan kepada Allah SWT bagi siapa pun yang menghidupkan malam Lailatul Qadar. Maka pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslim untuk banyak berdoa. Allah SWT berfirman:
    “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Q.S Al-Qadr: 4)

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Rizki Amalia
    Nim : F1051201036
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Terimakasih pak atas narasi yang bapak berikan.. berdasarkan narasi tersebut, Ini jabawan saya pak, Sesuai dengan firman Allah dalam (QS Al Qadr 1-3). Yang artinya "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bukan,"
    Sudah jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.
    Manfaat positif nya yaitu : Membentuk pribadi taqwa. Taqwa adalah menjalankan seluruh perintah Allah SWT, dan meninggalkan seluruh larangan Allah SWT (Al Baqarah ayat 183).
    Hamba Allah SWT yang beriman dalam keadaan berpuasa adalah sedekat - dekat hamba dengan Allah SWT.
    Puasa adalah lembaga pengampunan dosa.
    Membentuk pribadi paripurna (kamil) yang berdimensi hubungan vertikal (hablumminallah) dan dimensi horizontal (hablumminannas).
    Bulan Ramadan penuh rahmah, barakah, maghfirah bagi hamba yang berpuasa di siang harinya, malamnya ada suatu malam bernilai lebih baik daripada 1.000 bulan
    Ramadan bagi mereka yang berpuasa dengan benar merupakan bulan taubah, bulan ibadah, dan bulan tarbiyah.. sekian pak terima kasih 🙏

    BalasHapus
  49. Nama : Filza Asqurini
    Nim : F1071201046
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2


    LAILATUL Qadar menjadi malam yang dinanti semua umat Muslim. Tak terkecuali Nabi Muhammad sekalipun. Namun, tak ada seorangpun yang tahu kapan Lailatul Qadar muncul. Hal ini sudah menjadi rahasia Allah SWT agar manusia senantiasa tekun beribadah selama bulan suci Ramadhan.
    Malam ini menjadi ‘buruan’ setiap Muslim sebab lailatul qadar adalah lebih baik dari seribu bulan seperti firman Allah dalam Al-Quran: “Malam kemuliaan (lailatul qadar) itu lebih dari seribu bulan,” (QS: Al-Qadar: 3).Namun, terkait hal ini para ulama berbeda pendapat mengenai maksud “lebih baik dari seribu bulan” dalam ayat ini. Ibnu Bathal misalnya, dalam Syarah Shahih al-Bukhari mengatakan “Maksud dari ‘lebih baik dari seribu bulan’ ialah mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam tersebut, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya.”

    Al-Mawardi di dalam kitab tafsirnya An-Nukat wal ‘Uyun memaparkan lebih lengkap tafsiran ulama terkait maksud ayat di atas. Terdapat lima penafsiran populer mengenai maksud “lebih baik dari seribu bulan”:

    Pertama, Ar-Rabi’ berpendapat bahwa lailatul qadar lebih baik dari umur seribu bulan.

    Kedua, menurut Mujahid, beramal di lailatul qadar lebih utama dari beramal seribu bulan di selain lailatul qadar.

    Ketiga, Qatadah mengatakan, lailatul qadar lebih baik dari seribu bulan yang tidak terdapat di dalamnya lailatul qadar.

    Keempat, Ibnu Abi Najih dan Mujahid mengisahkan, seorang dari Bani Israil pernah mengerjakan shalat malam hingga shubuh. Pada waktu paginya, dia berperang sampai sore. Rutinitas ini dilakukannya selama seribu bulan. Kemudian Allah SWT mengabarkan bahwa beribadah pada lailatul qadar lebih baik dari amalan yang dilakukan laki-laki tersebut, meskipun selama seribu bulan.

    Kelima, ada pula yang berpendapat, beribadah saat lailatul qadar lebih baik dari kekuasan Nabi Sulaiman selama lima ratus bulan dan kekuasaaan Dzul Qarnain selama lima ratus bulan.

    Kendati ulama berbeda pendapat, namun pada hakikatnya semuanya sepakat bahwa lailatul qadar adalah malam mulia yang sangat baik digunakan untuk beribadah. Dalam sebuah tafsiran dikatakan, kata “seribu bulan” dalam ayat di atas sebenarnya mengisyaratkan sepanjang hari. Artinya, sampai kapanpun keutamaan lailatul qadar tidak tergantikan. Semoga kita mendapatkan kemuliaan lailatul qadar pada setiap Ramadhan. Wallahualam.
    Ayat-ayat di atas menjelaskan beberapa alasan yang membuat malam lailaltul Qadar begitu istimewa di antara malam lainya. Pada malam itu, Allah Swt menurunkan Al-Qur’an secara menyeluruh dari lauhil mahfudz ke langit dunia. Kemudian, Al-Qur’an tersebut disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama 23 tahun.Setelah dijelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalam malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan).
    Malam Lailatul Qadar yang menjadi malam turunya al-Quran dan para malaikat ke muka buka bumi, tak lain ialah malam yang diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar. Pada malam tersebut, terus berlanjut turun kebaikan, keberkahan, dan para malaikat yang membawa rahmat dari Allah Swt untuk hambanya yang taat, hingga terbitnya fajar.

    BalasHapus
  50. Nama : Nada Liah
    Nim : F1051201009
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA 1
    Lailatul Qadar adalah malam ketetapan, lailatul qadar adalah satu malam di bulan ramadhan dimana telah terjadi turunnya Al-Qur'an pada seorang hambaNya yang bernama Muhammad.
    Lailatul qadar telah disebutkan dalam surat Al-Qadar. Di ayat yang ketiga disebutkan bahwa:
    لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ ۙ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ‎
    Artinya: Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.
    Karena pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
    1000 bulan = 83 tahun lebih 4 bulan
    Secara umum usia manusia sekitar 63 tahun, jika orang mendapat lailatul qadar berarti seumur hidupnya mendapat kemuliaan.
    Maksud dari ‘lebih baik dari seribu bulan’ ialah mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam tersebut, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya.”

    BalasHapus
  51. Nama : Detya Anfaal Saputri
    NIM : F1051201031
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan karena di malam lailatul qadar itu banyak sekali kemuliaan yang terjadi. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan, dan beribadah pada malam laelatul qadar, maka ia akan mendapatkan pahala yang setimpal dengan pahala orang beribadah selama 1000 bulan. Dan pada malam laelatul qadar itu pulalah Al-Qur'an diturunkan. Seperti yang di cantumkan dalam Al-Qur'an surah Al-Qadr 1-5 yang artinya
    Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.


    Dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar yaitu orang tersebut akan mendapat kemuliaan, mereka akan diampuni segala dosa-dosanya yang lalu, sehingga orang tersebut akan terbebas dari dosa.

    BalasHapus
  52. Nama: Fadhelia Maudy
    NIM : F1071201032
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Lailatul Qadar atau kerap disebut sebagai malam seribu bulan atau dikenal sebagai momentum paling dicari-cari di bulan ramadhan. Dimalam itu dijanjikan pahala yang setra dengan seribu bulan. Lailatul Qadar adalah malam ketetapan, lailatul qadar adalah satu malam di bulan Ramadhan dimana telah terjadi turunya Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Lailatul Qadar telah disebut dalam surat Al-Qadar ayat ke-3 yang artinya “malam kemuliaan itu lebih baik dari pada seribu bulan”. Karena pada malam itu turun para malaikat dan malaikat jibril dengan izin Allah untuk mengatur semua urusan. Dalama surah Ar-Ra’ad ayat 26 yang artinya “ Lailatul Qadar dapat juga diartikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang bekenendak untuk medapatkan bagian dari pelimbahan keutamaan itu. Keutamaan ini bardasarkan nilai lailatul qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Jika seseorang mendapat kan malam lailatul qadar berarti seumur hidup mendapatkan muliaan. Keutamaan malam lailatul qadar diantara nya: malam yang mulia, malam diturunkannya Al-Qur’an, malam yang lebih utama dari seribu bulan, malam penuh keberkahan, malam ditetapkannya takdir satu tahun kedepan, malam penuh kesejahteraan, malam penuh ampunan, malaikat-malaikat turun kebumi, pintu langit terbuka, pintu neraka ditutup, setan dibelenggu, malam penuh kebaikan, meningkatkan iman dan takwa, penenang hati, dikabulkan doa-doanya, dan pahala yang dilipat gandakan.

    Dampak positif bagi manusia saat malaikat manyapanya “para malaikat pun turun ke bumi untuk memberi salam pada orang-orang islam yang berpuasa dan memohon ampunan mereka”. Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah akan diamin kan oleh malaikat malaikat tersebut sehingga mempercepat pengabulan doa-doa hambanya. Maka sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang ketika malam lailatul qadar dapat memohon doa kepadanya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun kemuka bumi.

    BalasHapus
  53. Nama : Abdul Aziz
    NIM : F1051201048
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA 1

    Lailatul Qadr adalah malam kemuliaan.

    Malam Qadr juga dikenal dengan malam yang lebih baik dari seribu bulan ( khoyrun min alfi syahrin). Ibnu Jarir At-Thabari mengatakan (pahala) beribadah pada malam tersebut lebih utama daripada malam-malam yang tidak bertepatan pada al-Lail al-Qadr. Artinya banyak kebaikan-kebaikan yang akan diberikan pada malam itu. Jadi, sangat disayangkan jika tidak dipergunakan dengan baik. Dikatakan malam yang lebih baik dari seribu bulan, bukan berarti seseorang harus menghiraukan malam di bulan-bulan lainnya.
    Pada malam itu, Allah Swt menurunkan Al-Qur’an secara menyeluruh dari lauhil mahfudz ke langit dunia. Kemudian, Al-Qur’an tersebut disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama 23 tahun.

    Dampak positif ketika malaikat menyapa pada malam lailatul qadr yaitu malaikat mendoakan kita dan memberikan manfaat di malam tersebut.

    BalasHapus
  54. Nama : Inayah Dzil Izzati Hartono
    NIM : F1071201030
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    Di antara hari-hari selama bulan Ramadhan ada satu yang istimewa, yakni malam Lailatul Qadar. Malam ini lebih baik dari seribu bulan. Keistimewaan malam Lailatul Qadar dijelaskan Allah SWT dalam Al-Qur'an surah Al Qadr.

    "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan," (QS Al Qadr 1-3).

    Di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  55. Nama : Urai Nurbaiti
    Nim : F1071201059
    Kelas : I-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Jawaban :
    Karena Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran.” Surat yang berbicara tentang kaum musyri; Mereka itu tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada masyarakat.
    Dan pada Malam tersebut banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr. Penggunaan Qadar untuk melambangkan kesempitan dapat dijumpai pada surat Ar-Ra'd ayat 26.
    “Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan,” demikian Quraish Shihab menutup uraiannya tentang Lailatul Qadar.

    Dan dampak positif bagi seseorang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati.
    serta dipenuhi kebajikan dan keberkahan dari permulaan sampai terbit fajar, karena turunnya Al-Qur'an

    BalasHapus
  56. Nama : Sapna Yulianti
    Nim : F1051201033
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA2

    Mengerjakan amalan pada malam lailatul qadar lebih baik dari 1000 bulan karna kita mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam tersebut, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya.
    Lailatul qadar menjadi sangat penting bagi umat Islam untuk diraih guna “menambah” umur sepanjang 83 tahun. Semakin banyak amal kebaikan seseorang dalam hidupnya, tentu semakin baik orang itu di hadapan Allah subhanu wata’ala. Manusia yang mendapatkan lailatul qadar maka, Dosanya kosong, punya amalan laailaaha illallaah senilai 83 tahun. Kemudian dia wafat sesuai ajalnya. Betapa indahnya di ujung wafatnya dan itu hanya didapatkan satu kali di malam Ramadhan

    BalasHapus
  57. Nama : Nur Annisa
    Nim : F1071201002
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1A-1


    Malam Lailatul Qadar sangat mulia karena hanya terjadi pada bulan yang mulia juga yaitu bulan ramadhan tepatnya 10 hari terakhir. Pada malam ini Allah SWT juga telah menurunkan Al-Qur'an secara menyeluruh melalui malaikat jibril dengan berangsur-angsur selama 23 tahun. Pada malam ini juga mulia karena Malam Lailatul Qadar merupakan malam di mana seorang muslim berkesempatan mendapatkan keberkahan dan pahala bernilai seribu bulan. Pada saat itu, siapa yang berdoa dan meminta pada Allah SWT akan dikabulkan permintaannya. Tentunya dengan bersungguh-sungguh.

    Dampak positif dari hal ini adalah malaikat turun ke bumi dengan jumlah yang banyak dan suasana di bumi begitu hangat dan damai. Semua makhluk yang ada di bumi pada mal itu bertasbih begitupun dengan hewan maupun tumbuhan. Seseorang yang menemui malam ini tentunya adalah orang pilihan yang Allah ampuni segala dosanya dan Allah terima amal kebaikannya.

    BalasHapus
  58. Nama : Laras Prameswari
    Prodi : Pendidikan Fisika
    NIM : F1051201037
    Bismillah,,
    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu
    1. Lailatul Qadar adalah malam yang penuh : -Ukuran yaitu  segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya. Allah telah mengukur Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik daripada seribu bulan.
    -Penghormatan, Pada malam Lailatul Qadar Allah telah menurunkan kehormatan bagi orang yang bisa mendapatkan keutamannya.
    -Ketentuan, Allah telah menurunkan penentu kebenaran bagi hidup umat manusia yaitu Al Quran. Al Quran adalah ketentuan, kekuatan, dan kesempurnaan, yang telah diturunkan oleh Allah untuk umat manusia.
    -Kesempitan, Pada malam Lailatul Qadar penuh kesempitan karena banyak malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan oleh Allah SWT pada surat Al Qadr ayat 4: "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan."
    -Kekuatan, Lailatul Qadar akan menjadi malam persiapan bagi orang-orang yang bisa meraihnya untuk menyongsong hidup pada kemudian hari dengan lebih baik.
    -Kesempurnaan, Seperti hadits riwayat Al-Bukhari, "Jika kalian melihatnya (hilal) shaumlah dan jika kalian melihatnya (hilal) berbukalah. Jika kalian samar (untuk melihatnya), sempurnakanlah (menjadi tiga puluh hari)."
    Pada malam ini, juga merupakan turunnya Al Quran secara berangsur-angsur selama 23 tahun. Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam qadar dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu". (Hadits Shahih, Riwayat al-Bukhari: 1768 dan Muslim:1268).

    2. para malaikat turun ke bumi dipimpin langsung Malaikat Jibril. Atas izin Allah SWT, para malaikat melihat siapa saja yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dan menebar keselamatan di bumi sampai terbit fajar. "Jika badan Anda merinding, hati merasa tenang dan damai, serasa ingin menangis, dan keyakinan beriman kepada Allah SWT semakin mantap maka Anda sedang disalami Malaikat Jibril di malam Lailatul Qadar," kata Wakil Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH Muhammad Nur Hayid (Gus Hayid). Pada malam Lailatul Qadar catatan amal akan tetap atau berubah jika seorang hamba tak berdoa di malam itu dan tidak memanfaatkan malam Lailatul dengan ibadah dan bermunajat kepada Allah. Catatan ini akan diubah dengan doa-doa dan munajat serta taqarrub seorang hamba pada malam Lailatul Qadar.

    BalasHapus
  59. nama : Tiara Marantika Natalia
    nim : F1071201027
    prodi : Pendidikan Biologi
    kelas : 1-A1
    Malam Lailatul Qadar merupakan malam di mana seorang muslim berkesempatan mendapatkan keberkahan dan pahala bernilai seribu bulan. Pada saat itu, siapa yang berdoa dan meminta pada Allah SWT akan dikabulkan permintaannya. Tentunya dengan bersungguh-sungguh.Allah SWT pun akan menjamin pengampunan bagi siapa saja yang mendirikan salat malam dengan bersungguh-sungguh di malam itu. Allah SWT bahkan akan menggugurkan segala dosa yang pernah dibuatnya selama ini. dampak positif adalah pada malam itu malaikat turun kebumi untuk membagikan keberkahan, diampuni dosa-dosanya, pahala dilipat gandakan, meningkatkan iman dan takwa.

    BalasHapus
  60. Vitra arya
    F1051201013
    Pendidikan Fisika
    IA 1

    Lailatul Qadar atau yang kerap disebut sebagai malam seribu bulan atau dikenal menjadi momentum paling dicari-cari di bulan Ramadan. Di malam itu, dijanjikan pahala yang setara dengan seribu bulan. surat Ad Dukhan ayat 3-6 menceritakan saat Lailatul Qadar Alquran kali pertama diturunkan. Sedangkan, pernyataan bahwa Lailatul Qadar setara dengan malam seribu bulan muncul di Alquran surat Al Qadar.Penjelasan ringkas tentang malam seribu bulan ini dapat ditemukan dalam berbagai buku Islam. Lailatul Qadara adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran. Keistimewaan Lailatul Qadar dijelaskan dalam Alquran surat Al-Qadar. Disebut sebagai malam seribu bulan karena didalam Al Qur’an mengatakan Lailatul Qadar memiliki tiga arti. pengertian pertama dengan uraian bahwa Lailatul Qadar adalah penetapan dan pengaturan sehingga Lailat Al-Qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia.
    Pengertian kedua adalah kemuliaan. Pengertian ketiga adalah Sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr. Penggunaan Qadar untuk melambangkan kesempitan dapat dijumpai pada surat Ar-Ra'd ayat 26.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal positif yang dapat kita kerjakan di malam malam lailatul kadar Seperti sholat qobliyah Isya, sholat Isya, ba'diyah Isya, sholat Tarawih, membaca Al Quran, zikir, istighfar, dan memperbanyak sholawat.Setelah itu, amalan hari-hari terakhir Ramadhan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar yakni tidur dari jam 10 malam dan bangun jam 2 pagi. Lalu dimulai lagi dengan sholat Wudhu, sholat sunat Taubat, sholat sunat Hajat, sholat Tahajud, sholat Witir, membaca Al Quran, sahur, sholawat, sholat Subuh, qabliyah Subuh, dan zikir hingga matahari terbit.

      Hapus
  61. Nama : Muhammad Irfan
    NIM : F1051201027
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA2

    Malam Lailatul Qadar juga dipercaya sebagian ulama sebagai waktu pertama kali Al-Quran diturunkan. Dalam Al-Quran sendiri, Lailatul Qadar digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Itu artinya, Lailatul Qadar merupakan satu malam penting yang hanya terjadi pada bulan Ramadan.
    Dampak positifnya adalah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya dan mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati.

    BalasHapus
  62. Nama : Al Husairi
    NIM : F1051201006
    Kelas : IA 1
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Masya Allah, Allahu Akbar. Tiada tuhan selain Allah, Malam Lailatul Qadar adalah malam yang nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan
    Karena pada malam tersebut terdapat keberkahan yang melimpah yang diberikan oleh Allah pada umatnya.

    Malam Lailatul Qadr disebutkan lebih baik dari pada seribu bulan, sehingga siapapun umat Rasulallah yang mendapati malam Lailatul Qadr ia berkesempatan nilai ibadahnya melampaui ibadahnya umat terdahulu.

    1.000 bulan sama dengan 83 tahun.
    lailatul qadar menjadi sangat penting bagi umat Islam untuk diraih. Semakin banyak amal kebaikan seseorang dalam hidupnya, tentu semakin baik orang itu di hadapan Allah subhanu wata’ala.

    Misalnya dia di malam lailatul qadar itu mengucap “Alif lam mim”, maka pahala ucapan “Alif lam min” itu seperti diucapkan selama 83 tahun.

    Adapun dampak positif bagi orang yang mendapat malam lailatul Qadar adalah orang tersebutbmengalami perubahan perilaku menjadi lebih baik. "Misalnya ada orang yang cerita, Ustaz, dulu bapak itu dulunya pelit, setelah ramadhan dia jadi baik. Selain itu,
    Dalam buku 'Sukses Berburu Lailatul Qadar oleh Muhammad Adam Hussein, S.Pd, M. QHI, disebutjan ciri-ciri orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar yakni:
    Pertama, orang yang mendapatkan Lailatul Qadar pada malam itu akan melihat seluruh benda dan makhluk di muka bumi ini bersujud kepada Allah.
    Kedua, orang yang mendapatkan Lailatul Qadar itu akan melihat semuanya terang-benderang walaupun suasananya di tengah malam.
    Ketiga, orang yang mendapatkan Lailatul Qadar itu mendengar salam malaikat dan tutur katanya.
    Keempat, orang yang mendapatkan Lailatul Qadar itu dikabulkan segala doanya.
    Kelima, orang yang mendapatkan Lailatul Qadar bisa melalui mimpi dan melihat tanda seperti terlihat cahaya yang bersinar di sekelilingnya.

    Dalam (QS. Al-Qadr: 5), Artinya:“Sejahteralah (malam
    itu) sampai terbit fajar.”

    Malam Lailatul Qadar yang menjadi malam turunya al-Quran dan para malaikat ke muka buka bumi, tak lain ialah malam yang diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar. Pada malam tersebut, terus berlanjut turun kebaikan, keberkahan, dan para malaikat yang membawa rahmat dari Allah Swt untuk hambanya yang taat, hingga terbitnya fajar.

    BalasHapus
  63. Nama : Fitria Salwa Nadia
    NIM : F1071201023
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    Malam lailatul qadar adalah malam yang bersejarah, karena pada malam tersebut, merupakan malam Kemuliaan yang artinya malam diturunkannya Al-Qur'an oleh Allah dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah. Malam ini dilukiskan lebih baik daripada 1.000 bulan. Diriwayatkan, Nabi Muhammad menganjurkan umat Islam mencari malam tersebut pada 10 hari terakhir bulan Ramadan.

    Lailatul qadar telah disebutkan dalam surat Al-Qadar. Di ayat yang ketiga disebutkan bahwa:

    لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ ۙ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ

    Artinya: Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

    Dalam sebuah tafsiran dikatakan, kata “seribu bulan” dalam ayat di atas sebenarnya mengisyaratkan sepanjang hari. Artinya, sampai kapanpun keutamaan lailatul qadar tidak tergantikan.
    Alasan mengapa malam lailatul qadar lebih baik daripada 1000 bulan adalah pada malam tersebut Karena pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
    Semoga kita mendapatkan kemuliaan lailatul qadar pada setiap Ramadhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selanjutnya dampak positif yang didapatkan ialah :
      1. Sesorang jika pada malam tersebut mlaksanakan sholat, maka baginya akan disediakan tempat di surga.
      2. Seseorang yang melaksanakan sholat, maka setiap ucapan dan gerakan dalam sholat akan dijadikan Allah Swt tambahan derajat di surga. Nabi Saw bersabda: “Dan pada “Lailatul Qodar” Semua pintu langit terbuka, tiada seorang hamba yang sholat pada malam itu, kecuali Allah Swt menjadikan setiap takbir yang dia ucapkan, tanaman pohon disurga, yang besarnya pohon itu diperkirakan orang yang berkendaraan di bawahnya (dalam teduhannya) selama seratus tahun belum dapat menjangkaunya. Dan setiap roka’at yang ia laksanakan Allah Swt akan menjadikannya sebuah rumah disurga yang (bahannya) terbuat dari mutiara yaqut, Zabarjat dan berlian. Dan setiap Ayat yang dibaca dalam sholat dijadikan sebuah mahkota disurga. Dan setiap duduknya dijadikan derajat dari sejumlah derajat disurga. Dan setiap salam dalam sholatnya dijadikan perhiasan di surga”.

      Hapus
  64. Darmiati(F1051201007)pend. Fiska

    Berikut QS Al Qadr ayat 1-5:

    اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ - ١

    Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan.)


    وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ - ٢

    Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?


    لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ - ٣
    Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.


    تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ - ٤
    Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.


    سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ࣖ - ٥
    Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

    Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.
    Setelah dijelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalam malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan).
    Ada juga Sebagian mufassir yang berpendapat, bahwa maksud seribu bulan itu menunjukkan jumlah yang banyak, bukan terbatas pada bilangan seribu. Hal ini menunjukkan bahwa kasih sayang Allah SWT kepada kita, umat yang tidak memiliki umur sepanjang umat-umat sebelumnya, untuk memperoleh amalan kebaikan yang melimpah, yang tentunya tidak kalah denga amalan kebaikan umat sebelumnya yang memiliki umur yang panjang. Selain membawa keberkahan dari Allah Swt, ada beberapa penafsiran terkait faidah turunya malaikat ke muka bumi ini pada malam Lailatul Qadar. Imam al-Qurthubi menjelaskan, bahwa turunnya malaikat ke muka bumi, untuk mengaminkan doa-doa orang yang berdoa pada malam tersebut.

    BalasHapus
  65. Nama : Nala Ranelia Putri
    NIM : F1071201043
    Kelas : I-A2
    Program Studi : Pendidikan Biologi
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang paling ditunggu oleh umat muslim pada bulan Ramadhan. Sebab, semua amalan yang dikerjakan pada malam Lailatul Qadar akan dilipat gandakan, bahkan malam ini lebih baik daripada malam 1000 bulam. Namun, tak seorangpun tahu kapan malam itu terjadi, oleh sebab itu umat Muslim senantiasa beribadah kepada Allah. Pada malam itu juga, Al-Qur'an di turunkan kepada Rasulullah, yang menjadi peristiwa penting bagi unat muslim. Selain itu, Lailatul Qadar dapat diartikan menjadi 3 arti, yaitu sebagai penetapan dan pengaturan Allah bagi kehidupan manusia, kemuliaan yang sangat besar, dan sempitnya dunia karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi. “Malam kemuliaan (lailatul qadar) itu lebih dari seribu bulan,” (QS: Al-Qadar: 3), dari Firman Allah Ta'ala ini dapat Kita ketahui bahwa malam Lailatul Qadar menjadi malam yang sangat ditunggu. Sebab, ketika Kita beribadah (Sholat, Zikir, Do'a) dan berbuat kebaikan maka Allah Ta'ala akan melipat gandakan semua amalan Kita lebih baik daripada 1000 Bulan (83 tahun 4 Bulan) yang artinya sama dengan kebaikan seumur hidup kita (rata-rata usia manusia adalah 63 tahun). Semoga Kita senantiasa dalam Lindungan Allah Ta'ala dan Kita mendapatkan keberkahan dari malam Lailatul Qadar.

    BalasHapus
  66. Nama: Khairin herawati
    Nim: F1051201042
    Prodi: pendidikan fisika
    Kelas: IA2


    Lailatul qadar adalah satu malam istimewa yang terjadi pada bulan Ramadan. Malam ini digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. di malam lailatul qadar, siapa yang meminta akan dikabulkan permintaannya. Siapa yang berdoa dengan sungguh-sungguh, akan diijabah doa-doanya. Di malam Lailatul Qadar, Alquran diturunkan. ... Sementara keistimewaannya, sebagaimana dijelaskan secara jelas, Lailatul Qadar adalah malam turunnya Alquran. Perlu dicatat bahwa turunnya Alquran itu kan ada dua tahap, yang pertama dari lauhul mahfudz ke langit duniaKeistimewaan Lailatul Qadar adalah. Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang penting pada bulan Ramadhan. ... Sehingga, bila umat Islam/Muslim melakukan kebaikan pada malam itu, maka nilainya seperti mengerjakan kebaikan selama seribu bulan atau sekitar 83-84 tahun.
    Keutamaan malam lailatul qadar yang keenam yaitu pada malam itu, dosa umat muslim akan diampuni. Pada malam lailatul qadar, Allah SWT membuka lebar-lebar pintu ampunan bagi siapa saja yang meminta ampun kepada-Nya.

    BalasHapus
  67. Nama:istiqomah
    Nim:F1051201041
    Prodi:pendidikan fisika
    (Jawaban)
    Bissmillah, assalamu'alaikum wr wb
    Lailatulqadar atau Malam Kemuliaan adalah malam diturunkannya Al-Qur'an oleh Allah dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah. Malam ini dilukiskan lebih baik daripada 1.000 bulan. Diriwayatkan, Nabi Muhammad menganjurkan umat Islam mencari malam tersebut pada 10 hari terakhir bulan Ramadan.

    Kisah Lailatulqadar terekam melalui firman Allah dalam surah Al-Qadr ayat 1-5 sebagai berikut.

    إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

    وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ

    لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

    تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ

    سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

    Artinya:

    Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan.

    Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

    Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

    Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

    Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

    Demikian mulianya malam lailatul qadar seperti disebutkan melalui surah diatas. Bahkan, kemuliaannya itu mampu melebihi jumlah seribu bulan.

    Dalam Al-Qur'an, tidak ada keterangan pasti tentang kapan lailatul qadar terjadi. Nabi Muhammad sendiri diriwayatkan menganjurkan umat Islam untuk mencari malam kemuliaan ini pada 10 hari terakhir Ramadan, baik dalam redaksi "sembilan atau sepuluh hari terakhir Ramadan" (H.R Muslim) atau "tanggal-tanggal ganjil dari sepuluh hari terakhir Ramadan" (H.R. Bukhari).


    Kenapa bulan Ramadhan di sebut madrasah karenaRamadhan adalah bulan yang stimewa bagi kaum Muslimin. Si sebut madrasah karena umat Islam ditempa, dididik, dilatih, dan dibimbing untuk menjadi insan mulia. Tidak ada madrasah yang terbaik dan teristimewa yang disediakan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya kecuali madrasah Ramadhan.
    Keistimewaan madrasah Ramadhan ini terlihat dari beberapa hal, antara lain, pertama, tutor ataupun pengajar di madrasah Ramadhan ini adalah Allah SWT, Rasulullah SAW, dan orang-orang yang telah ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT, yaitu orang-orang yang berilmu. "Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya" (QS al-Alaq [96]: 4-5).
    Dalam ayat yang lain, "Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul di antara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan menyucikan kamu dan mengajarkan kepadamu al-Kitab dan al-Hikmah (as Sunnah), serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui." (QS al-Baqarah [2]: 151).
    Kedua, yang menjadi peserta didik di madrasah Ramadhan ini bukan orang sembarang. Mereka adalah orang-orang yang beriman. "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa" (QS al-Baqarah (2): 183).
    Ketiga, pendidikan di madrasah Ramadhan ini berlangsung sebulan penuh dan dilaksanakan pada bulan yang istimewa, yaitu bulan Ramadhan. "Seandainya umatku tahu apa-apa yang ada di bulan Ramadhan, niscaya mereka akan menginginkan seluruh bulan itu adalah Ramadhan."
    Sekian Terima kasih

    BalasHapus
  68. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama: Muhammad Fadhel Ishak
    NIM: F1051201001
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelas: 1A 1
    Bismillah, saya ingin menjelaskan kenapa malam Lailatul Qadr lebih baik dari pada 1000 bulan dan dampak positif dari orang yang disapa malaikat dengan keselamatan hingga terbit fajar.
    Malam Lailatul Qadr, pada malam itu, Allah Swt menurunkan Al-Qur’an secara menyeluruh dari lauhul mahfudz ke langit dunia. Kemudian, Al-Qur’an disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama kurang lebih 22 tahun. Allah juga menjaga malam ini dari para setan yang terkutuk, sehingga menjadikan malam ini penuh rahmat dan ampunan-Nya. Oleh sebab itu malam ini disebut lebih baik dari 1000 bulan, pada malam ini segala ibadah yang kita lakukan tidak akan ada kekurangan, karena kebaikan pada malam ini sudah bernilai lebih daripada kebaikan di 1000 bulan. Pada malam ini pula seluruh malaikat turun ke bumi untuk menyapa serta mengaminkan do'a orang-orang yang beribadah di malam tersebut, dan mendo'akan mereka keselamatan hingga terbit fajar. Malam ini juga merupakan malam dimana turunnya risalah Islam, untuk disampaikan ke seluruh alam semesta ini melalui rasulullah Muhammad SAW.

    BalasHapus
  69. Nama: Nur Ulviani
    NIM: F1051201032
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelas: IA 2

    Di antara hari-hari selama bulan Ramadhan ada satu yang istimewa, yakni malam Lailatul Qadar. Malam ini lebih baik dari seribu bulan. Keistimewaan malam Lailatul Qadar dijelaskan Allah SWT dalam surat Al Qadr ayat 1-5.

    Diturunkannya surat ini, sebuah hadis melalui mujahid yang menceritakan, bahwasanya Rasulullah pernah menceritakan tentang seorang lelaki dari kalangan kaum Bani Israil, ia menyandang senjatanya selama seribu bulan untuk berjuang di jalan Allah. Kaum muslimin merasa takjub atas hal tersebut. Maka Allah segera menurunkan firman-Nya:

    "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bukan," (QS Al Qadr 1-3).

    Dijelaskan malam Lailatul Qadar kenapa disebut malam kemuliaan. Karena pada ayat 3 Surat Al Qadr yang berbunyi malam Lailatul Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan.
    Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  70. Nama : Diena Khairunnisa
    NIM : F1051201019
    Kelas : 1A1
    Program Studi : Pendidikan Fisika
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Malam Lailatul Qadr adalah malam yang terdapat di bulan Ramadhan, malam ini dirahasiakan kapan waktunya . Ibadah pada malam ini lebih baik daripada ibadah 1000 bulan hal ini karena ibadah yang kita lakukan akan dilipat gandakan dan pada malam lailatul qadr adalah malam yang penuh hikmah, malam ini adalah malam yang penuh akan kebaikan dan tidak ada keburukan di dalamnya. Pada malam ini pula seorang hamba di beri pengampunan atas dosa dosanya. Pada malam ini malaikat mendo’akan keselamatan buat mereka yang menghidupkan masjid (ahlul masjid) pada sepanjang lailatul Qadr ini. Para Malaikat turun bersamaan dengan turunnya berkah dan rahmat, sebagaimana halnya ketika mereka hadir di waktu-waktu seperti ketika al-Qur-an dibacakan, mereka mengelilingi majelis-majelis dzikir, dan bahkan pada waktu yang lain mereka meletakkan sayap-sayap mereka kepada penuntut ilmu sebagai sikap penghormatan mereka terhadap sang penuntut ilmu tersebut.

    BalasHapus
  71. NAMA : HAIRUN NISA
    NIM : F1071201045
    KELAS : 1-A2
    PRODI : PENDIDIKAN BIOLOGI

    Karena malam Lailatul Qadar adalah satu malam penting yang hanya terjadi pada bulan ramadhan. Lailatul Qadar ini merupakan salah satu keistimewaan yang dimiliki di bulan ramadhan yakni malam yang penuh kemuliaan. Malam Lailatul Qadar ini dipercayai oleh sebagian ulama yakni waktu pertama kali Al Qur'an di turunkan, dan didalam Al Qur'an pun telah dijelaskan bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan. Artinya jika seorang muslim mendapatkan malam Lailatul Qadar ini maka ia juga akan mendapatkan keberkahan dan pahala bernilai seribu bulan, dan jika ia berdoa dan meminta pada Allah SWT dengan bersungguh-sungguh dimalam itu maka akan dikabulkan permintaan nya.

    Dampak positif yang orang rasakan jika malaikat menyapanya yaitu orang tersebut akan merasakan kedamaian dan ketenangan pada dirinya, terasa tentram di lingkungan sekitarnya, segala amalannya penuh dengan keberkahan, dilancarkan rezekinya, menjadikan suatu kemuliaan dalam kehidupan nya.

    BalasHapus
  72. Nama : Helsi Hardiana
    NIM : F1051201002
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA 1

    1. Mengapa malam lailatul qadr lebih baik dari pada 1000 bulan.

    Malam lailatul qadr adalah malam yang paling mulia di bulan yang mulia. Beberapa ulama mendefinisikan bahwa malam lailatul qadr adalah malam dimana nasib setiap orang diputuskan. Imam nawawi mengartikan lailatul qadr artinya malam penghakiman dan penegasan (dalam urusan manusia). Selain itu ibadah yang dilakukan dimalam ini bernilai lebih besar daripada 1000 bulan. Malam lailarul qadr adalah malam terbaik untuk beribadahkepada Allah sebagaimana firman Allah dalam Q.S.Ad Dhukan ayat 1-6. Yang menegaskan kembali pentingnya malam lailatul qadr sebagaibmalam dimana nasib dan takdir di, dan kepurusan di putuskan di tahun yang akan datang.


    2. Apa dampak positif apabila seseorang xisapa malikat dengan "keselamatan untuk mu hinngga waktu fajar" ?

    Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi. Dampak postif apabila malikat mengatakan kesejahteraan adalah maka doa nya akan dikabulkan, sia akan mendapat keputusanyang terbaik rahmat dan kasih sayang Allah.





    BalasHapus
  73. Nama : Rizky Rahmadani
    NIM : F1051201018
    Kelas : IA 1
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Bismillah
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
    Lailatul Qadar adalah malam seribu bulan yang tepat nya adalah malam yang paling di cari cari oleh umat muslim di bulan ramadan. Dimana pada malam tersebut di janjikan pahala yang setara dengan seribu bulan. Al-qur'an surah ad-dukhan ayat 3-6 menceritakan saat Lailatul Qadar al-qur'an pertama kali diturunkan. Pada surah al qadar menyatakan bahwa Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Quraish Shihab dalam bukunya menyatakan bahwa lailatul qadar ada 3 arti yakni:
    1. Lailatul Qadar adalah penetapan dan pengaturan sehingga lailatul qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah SWT. Bagi perjalanan hidup manusia, dimana pada malam tersebut dijelaskna semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang paling besar di sisi kami.
    2. Kemuliaan, pada malam tersebut malam tiada banding, karena sudh di jelaskan pada surah al-qadar bahwa lailatul qadar adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Mengapa demikian, ia sangat mulia karena terpilih sebagai malam turunnya al-Qur'an.
    3. Sempit, pada malam tersebut adalah malam yang paling sempit karena banyak malaikat yg turun ke bumi seperti yang di jelaskan pada al-qur'an surah al-qadar.

    Dampak positif manusia pada saat malaikat menyapa, jelas pada malam tersebut sangat berbeda dengan suasana pada malam biasanya karena bnyak malaikat yang turun kebumi, lebih hangat dan lebih sejuk di banding malam sebelumnya. Selain itu, apa yang kita ingin kan dan kita berdoa pada malam tersebut di aamiin kan oleh para malaikat yang turun kebumi. Sangat beruntung jika kita mengetahui serta memperhatikan tanda-tanda datangnya Lailatul Qadar tersebut, karena malam tersebut sangat di nantikan pada akhir-akhir ramadan. Dan para malaikat pun berdoa pada saat malam tersebut.

    Sekian dari saya
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

    BalasHapus
  74. Nama: nufitasari
    Nim: F1071201048
    Prodi: pendidikan biologi
    Kelas : A2

    Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan,".malam lailatul qadar malam lebih baik dari seribu bulan karena pada malam tersebut penuh kemuliaan . Beribadah di malam itu pahalanya sama dengan seribu bulan.jika dikonversi dalam hitungan setidaknya (seribu bulan) ada 83 tahun. Jadi nilai satu malam itu kurang lebih 83 tahun.
    Malaikat yang turun pada malam Lailatul Qadar, mengajak dan mendorong manusia untuk melakukan kebaikan.Seseorang yang menemukan Lailatul Qadar, senantiasa akan merasakan kedamaian, dan selalu terdorong melakukan kebaikan, karena malaikat ada bersamanya.
    Seseorang yang menemukan Lailatul Qadar, senantiasa akan selalu melakukan kebaikan. Nilai kebaikannya seakan-akan bertambah hingga 1000 bulan, atau 80 tahun lebih. Kebaikan yang dapat membantu orang lain, dan memberikan rasa damai kepada orang lain.

    BalasHapus
  75. Nama: Najla Noviyani
    NIM:F1071201034
    Kelas: I-A2
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Maksud dari ‘lebih baik dari seribu bulan’ ialah mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam tersebut, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya. Di malam Lailatul Qadar tersebut, semua amaln dan ibadah akan dilipatkan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya. Malam Lailatul Qadar adalah malam penuh pengampunan.
    Satu di antara cara mencari ampunan itu juga bisa dengan memperbanyak membaca Alquran. Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

    BalasHapus
  76. Nama: Maharani
    Nim : F1051201025
    Prodi : pendidikan Fisika
    Kelas : 1A2

    Bissmillah tabarakaallah syukron jazakumullahu khairan Katsir ilmu nya pak. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Disini saya akan menjawab tentang mengapa malam qadar lebih baik dari 1000 bulan. Karena pada malam itu malaikat Allah turun kebumi melihat seberapa banyak hambanya berjuang mendapatkan malam lailatul qadar. Malam itu allah ampun kan segala dosa hambanya ketika ia bertaubat dengan sungguh sungguh. Malam penuh ketenangan. Malam penuh keberkahan malam penuh kasih sayang Allah. Cuma kita sebagai hambanya kadang lalai untuk beribadah padahal kita tau pasti bahwa Allah memberikan berjuta, bahkan triliun nikmat untuk disyukuri agar. Malam Allah ampun kan segala dosa 83 tahun = 1000 bulan luar biasa. Manfaat kan 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Untuk meraih ampunan. Allahumma Affuwun karim tuhibbun afwa fuanna yaa karim. . Semoga Allah menjaga hati kita untuk istiqomah beribadah kepada nya. Aamiin allahumma aamiin.
    Mohon maaf apalagi salah kata 🙏

    BalasHapus
  77. Nama : Khairunnisa Afiqah
    NIM :F1051201003
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1A1

    Alasan malm Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan ialah karena malm Lailatul Qadar merupakan malm diturnkannya Al-Quran, malam ini penuh keberkahan, malam kesejahteraan, malam turunnya malaikat ke bumi untuk mengurus segala urusan, malam diterimanya ampunan.
    Dampak positif yang dapat dirasakan ialah diterimanya amal ibadah yang kita lakukan di malm Lailatul Qadar sampai terbitnya fajar dengan berkali lipat ganda.

    BalasHapus
  78. Nama: Muflih Yogo Walangga
    Nim : F1051201014
    Prodi : pendidikan Fisika
    Kelas : 1A1
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh di sini saya akan menjawab pertanyaan Bapak Sebelumnya saya berterima kasih atas materi pada hari ini bahwa itu tentang malam Lailatul Qadar sehingga dapat mengingatkan kita pada saat bulan puasa dapat menjadi pribadi yang lebih baik Jelaskan kenapa satu malam Qadar nilainya lebih baik daripada 1000 Bulan kalau dilihat dari katanya yaitu 1000 Bulan artinya kalau dari bahasa Arab yaitu menandakan sepanjang masa ataupun tidak terbatas Nah kita tahu bahwa pada saat malam Lailatul Qadar jika memang kita sungguh-sungguh untuk mendapatkannya karena ridho Allah beribadah pada malam itu bagi yang mendapatkannya itu lebih baik daripada 1000 Bulan ataupun lebih baik untuk kita sepanjang masa kita yang telah mendapatkannya dikarenakan pada malam itu telah turunnya para malaikat malaikat Nah setelah itu Apakah dampak positif bagi orang yang mendapatkan sapaan dari malaikat hingga Fajar yang mereka dapatkan adalah banyak keistimewaan yang dapat didapatkan pada malam tersebut ya itu di mana Na kepada orang yang mendapatkannya akan diberikan sesuatu oleh Jibril dan Malaikat lain Rahmat dari perintah Allah Subhanahu Wa Ta'ala yaitu mendapatkan keselamatan dan kebaikan semuanya tanpa sebarang kejahatan hingga keluar pacar.

    BalasHapus
  79. Nama : Evianti
    NIM : F1071201051
    Kelas : I-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Malam lailatul qadar menjadi malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan Karena pada malam itu, Allah Swt menurunkan Al-Qur’an secara menyeluruh dari lauhil mahfudz ke langit dunia. Kemudian, Al-Qur’an tersebut disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama 23 tahun.Pada malam tersebut, penuh kemuliaan, kebaikan, keberkahan, dan para malaikat yang membawa rahmat dari Allah Swt untuk hambanya yang taat, hingga terbitnya fajar
    Pada malam itu, para malaikat Allah turun ke bumi untuk memberikan syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan lailtul qadar. Allah Swt. Akan melapangkan rezeki kepada umat-Nya yang meminta dengan tulus dan percaya kepada-Nya. Allah juga akan melipatgandakan semua amal baik dan ibadah yang dikerjakan pada malam itu dan juga Allah akan menggugurkan dosa-dosa yang pernah dibuat oleh umatnya bagi yang melaksanakan sholat pada malam itu. Bagi umat Islam yang senantiasa menghidupkan malam lailatul qadar dengan cara beribadah yang disertai ketulusan, mendirikan sholat yang wajib ataupun yang sunnah, membaca Al-Qur’an, berzikir, serta melakukan kebaikan lainnya akan mendapatkan kesejahteraan dan ketenangan yang sudah dijamin oleh Allah.
    Dampak positifnya yaitu Seseorang mendapatkan salam “Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati.Malam Lailatul Qadar memberikan kesejahteraan sampai terbit fajar. Seperti yang tertulis dalam surat Al-Qadr ayat 5 yang berbunyi, “Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-Nya sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang sedang bertugas turun ke muka bumi.
    Pada malam itu, manusia tidak hanya diliputi keberkahan tapi juga kesejahteraan, sebab di malam tersebut Allah SWT juga membukakan pintu ampunan dengan lebar. Seseorang yang bertaubat dan berdoa maka dosa-dosa di masa lalu akan diampuni oleh Allah SWT. Oleh karena itu, lailatul qadar merupakan malam yang sangatlah indah bagi umat muslim
    .

    BalasHapus
  80. Nama : ATIN NUR'JANNAH
    NIM : F1071201008
    Kelas : 1-A1

    Karena Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran. Sebagaimana firman Allah pada surat Ad-Dukhan ayat 3-5 : "Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami,”. Pada malam itu para malaikat turun ke bumi yang dipimpin oleh malaikat Jibril. Atas izin Allah SWT, para malaikat tersebut turun ke bumi untuk melihat siapa saja yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dan menebar keselamatan di bumi sampai terbit fajar.

    Dampak positif bagi seorang muslim yang disapa malaikat dengan keselamatan untukmu hingga terbit fajar adalah pada saat seorang hamba menghidupkan malam lailatul qadar, ribuan malaikat mengaminkan doa-doa yang kita panjatkan dan memintakan ampunan kepada Allah untuk kita, serta para malaikat membagikan rahmat dan keselamatan dari Allah SWT untuk orang-orang mukmin dan hamba itu akan diberikan keberkahan hingga terbitnya fajar.

    BalasHapus
  81. Nama : Yeni Syarin
    NIM : F1071201024
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I-A1

    Lailatul qadar atau yang kerap disebut sebagai malam seribu bulan atau dikenal menjadi momentum paling dicari-cari di bulan Ramadhan. Di malam itu, dijanjikan pahala yang setara dengan seribu bulan bahkan lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al-Qur’an. Keistimewaan Lailatul Qadar dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Qadar. Quraish Shihab dalam bukunya Wawasan Al-Qur’an mengatakan Lailatul Qadar memiliki tiga arti :
    1. Lailatul Qadar adalah penetapan dan pengaturan sehingga Lailatul Qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia.
    2. Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Qur’an.
    3. Malam tersebut adalah malam yang sempit karena banyaknya malaikat yang turun kr bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr.
    Maka dari itu Lailatul Qadar dapat juga diartikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapat bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. Maka itu, umat islam disarankan memperbanyak ibadah di malam-malam terakhir pada bulan Ramadhan.

    BalasHapus
  82. Nama : Dian Permata Suwandi
    Nim : F1071201029
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Malam lailatul adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. ibadah dan amalan baik yang dilakukan di malam lailatul qadar, akan dibalas dengan pahala yang sangat besar. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam Lailatul qadar berarti malam ampunan, diterimanya amal, dan dijauhkan dari api neraka. Pada malam itu, disebutkan juga segala aktivitas ibadah lebih baik dari ibadah pada seribu bulan. Para malaikat pun turun ke bumi untuk memberi salam pada orang-orang Islam yang berpuasa dan memohonkan ampun untuk mereka
    Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar" karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni," (HR Bukhari).
    Dampak positifnya adalah ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya. Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam lailatul qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.


    BalasHapus
  83. Nama : Eria Fitriani
    NIM : F1071201013
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    salah satu keajaiban yang tak terhingga di malam yang mulia dan agung dengan keutamaan lebih baik dari seribu bulan.Pada malam itu,para malaikat turun ke bumi dipimpin langsung oleh Malaikat Jibril,atas izin Allah SWT untuk melihat siapa saja yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dan menebar keselamatan di bumi sampai terbit fajar.
    para malaikat membawa perkara-perkara yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. yaitu nasib kita pada tahun ini hingga tahun yang akan datang,serta membawa dan membagikan rahmat dan keselamatan dari Allah SWT untuk orang-orang mukmim.
    Dampak positif bagi orang yang merasakan ketika malaikat menyapanya adalah ,hati merasa tenang dan damai ,serasa ingin menangis ,dan keyakinan beriman kepada Allah SWT semakin mantap.

    BalasHapus
  84. Nama : Atthirilla Binuri
    NIM : F1071201005
    Kelas/Prodi : 1-A1/Pendidikan Biologi

    Karena Lailatul Qadar merupakan malam penuh kemuliaan. Pada malam itu, para malaikat akan turun ke bumi untuk memberikan syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan Lailatul Qadar. Allah SWT juga akan melapangkan rezeki bagi mereka yang senantiasa meminta dengan tulus serta dikehendaki-Nya. Di malam Lailatul Qadar, segala amal baik akan diberikan pahala berlipat ganda. Malam Lailatul Qadar tidak bisa disamakan dengan malam-malam lainnya. Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Qur'an. Dan pada saat malam lailatul qadar Allah SWT yang turun langsung untuk melihat ibadah hamba-Nya dengan miliaran malaikat mengiringi Allah untuk mengaminkan doa seorang hamba di malam itu dan memintakan ampunan kepada Allah bagi siapa pun yang menghidupkan malam Lailatul Qadar.
    Dampak positifnya ialah Allah akan memberikan kesejahteraan kepada hambanya dan diampunkan semua dosa-dosa hambanya serta Allah akan mengabulkan doa dari hamba tersebut.

    BalasHapus
  85. Nama : Bagus Pratomo Nusantoro
    NIM : F1071201025
    Kelas : 1-A1

    Keistimewaan Lailatul Qadar dijelaskan dalam Alquran surat Al-Qadar. Quraish Shihab dalam bukunya Wawasan Al Qur’an mengatakan Lailatul Qadar memiliki tiga arti.
    “Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.
    Di malam Lailatul Qadar tersebut, semua amaln dan ibadah akan dilipatkan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya.

    Akan tetapi, datangnya malam Lailatul Qadar dirahasiakan oleh Allah SWT, dimana setiap makhluk tidak mengetahui kapan datangnya malam yang mulia tersebut.

    Namun, dari ‘Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Carilah lailatul qadar pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari)
    ampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar adalah banyak pahala yang didapat kalau kita mendapatkan malam Lailatul Qadar jika seorang muslim sholat, maka sholatnya senilai 83 tahun. Jika membaca Al Quran, meski satu huruf misalnya Nun, lalu dia tertidur karena mengantuk, orang itu berarti membaca nun 83 tahun tanpa henti.diampuni dosa yang sudah lampau. Saat orang tobat pada malam Lailatul Qadar digugurkan oleh Allah dosa-dosanya, sehingga dosanya menjadi nol. Kemudian dia membaca laa ilaaha illallaah.semua malaikat turun ke bumi, bahkan Jibril ikut turun. Malaikat Jibril tugasnya menyampaikan wahyu pada Nabi Muhammad. Nabi Muhammad wafat, selesai tugas Jibril menurunkan wahyunya.Tapi malaikat Jibril setahun sekali turun ke bumi karena keagungan Al Quran, keagungan malam Al Quran itu. Malaikat Jibril turun ke bumi menyapa hamba-hamba yang beribadah.malam yang tenang. Hal ini karena saking banyaknya malaikat yang turun, lanjut Ustaz Adi Hidayat, para ulama tafsir menyebutkan bumi seakan-akan sesak oleh para malaikat. Sehingga suara bising jadi redup, angin-angin jadi berhenti, sehingga suasana alam jadi teduh dan nikmat. Peristiwa itu hanya akan terjadi hingga fajar tiba.Allah tidak akan menyempurnakan ikhtiarmu sebelum kamu berusaha. Ikhtiar butuh petunjuk, dalam butuh petunjuk itulah korelasi Al Quran diturunkan.Ketika Anda membutuhkan petunjuk untuk mengisi alur kehidupan, nggak ada sumbernya selain di sini (Al Quran). Ini yang menjadikan Al Quran punya nilai besar. Jadi ini yang mau saya sampaikan mengapa malam Al Qadar begitu penting, terkait dengan peran Al Quran karena ada korelasi peran sebagai bimbingan.

    BalasHapus
  86. Assalmu'alaikum Warohmatullahi wabarokatuh
    Nama : Agung Mulyono
    NIM : F1071211020
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : REG 1-A1
    Asal Daerah : Kubu Raya, Pontianak
    Jawaban :

    Disebutkan dalam Al-Qur’an dan Al-Sunnah bahwa dalam bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Malam yang indah itu disebut Lailatul Qadar atau malam kemuliaan. Bila seorang muslim mengerjakan kebaikan-kebaikan di malam itu, maka nilainya lebih baik dari mengerjakan kebaikan selama seribu bulan atau sekitar 84 tahun.
    Malam indah yang lebih baik dari seribu bulan itu adalah malam yang penuh berkah, malam yang mulia, dan memiliki keistimewaan-keistimewaan tersendiri. Syaikh Muhammad Abduh memaknai kata “al-Qadar” dengan kata “takdir”. Ia berpendapat demikian, karena Allah SWT, pada malam itu mentakdirkan agama-Nya dan menetapkan khittah untuk Nabi-Nya dalam menyeru umat manusia ke jalan yang benar. Khittah yang dijalani itu, sekaligus melepaskan umat manusia dari kerusakan dan kehancuran yang waktu itu sedang membelenggu mereka. (hasbi Ash-Shiddieqy, 1996:247)
    Keagungan dan keistimewaan malam Qadar pada dasarnya terletak pada dua hal, yaitu turunnya Al-Qur’an dan turunnya para malaikat dalam jumlah yang besar, termasuk di dalamnya malaikat Jibril. Para malaikat turun di malam itu dengan cahaya yang cemerlang penuh kedamaian dan kesejahteraan. Kedatangan mereka adalah untuk menyampaikam ucapan selamat kepada orang yang telah melaksanakan puasa Ramadhan dan melaksanakan ibadah lainnya dengan penuh keimanan.

    Sekian dari jawaban saya. Terima kasih. Wassalamu'alaikum Warohmatullahi wabarokatuh pak 🙏😊

    BalasHapus
  87. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Rusdeviani
    NIM : F1071211001
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A1
    Alamat asal : Sanggau Ledo, Kebupaten Bengkayang


    Karena malam Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang penting pada bulan Ramadhan. Yaitu dimana Al-Qur'an pertama kali diturunkan oleh Allah SWT. Al-Qur'an adalah pedoman hidup seluruh umat manusia. Dan dijelaskan dalam Al-Qur'an bahwa malam ini lebih baik dari seribu bulan. Hanya 1 kali dalam setahun malam lailatul Qadar datang dan hanya pada bulan Ramadhan.Sehingga, bila umat Islam/Muslim melakukan kebaikan pada malam itu, maka nilainya seperti mengerjakan kebaikan selama seribu bulan atau sekitar 83-84 tahun.
    Semoga kita semua dapat berjumpa dengan malam lailatul qadar di tahun depan dan seterusnya aamiin.

    Terimakasih atas ilmu yang bapak berikan.
    Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  88. Nama:Rezkiana Nurfadillah
    NIM :F1071211016
    Kelas:1-A1
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Asal daerah:Pontianak

    karena asbabun nuzul dari lailatur qadr itu berawal saat rasulullah menceritakan kepada sahabatnya dan juga karena malam lailatul qadr adanya cuma 1 tahun sekali setiap 15 ramadhan,Pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan, terdapat sebuah keistimewaan di dalamnya, yaitu adanya satu malam istimewa di antara 10 hari terakhir yang jika umat muslim beribadah dengan sungguh-sungguh maka itu lebih baik dari beribadah selama 1000 bulan.Malam yang istimewa itu dikenal dengan istilah malam Lailatul Qadar.Mendapatkan malam Lailatul Qadar memang tidak mudah, karena tidak semua orang mendapatkannya.Dibutuhkan usaha yang tidak kenal lelah untuk selalu meningkatkan ibadah terutama di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, sebagaimana yang dipraktikan Rasulullah SAW.Agar mendapatkan keutamaan lailatul qadar, maka hendaknya memperbanyak ibadah selama bulan Ramadhan.Malam. diturunkannya Al-Quran
    Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan.Malaikat turun ke bumi,Malam penuh ampunan.
    Waktu dilipatgandakannya pahala.
    ,Terbukanya pintu langit.Pintu neraka ditutup dan para setan dibelenggu.Dampak positifnya adalah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  89. Nama : Luviana Putri
    NIM : F1071211014
    Kelas : 1(A-1)
    Prodi : Pendidikan Biologi


    Malam Lailatul Qadar satu-satunya malam yang dijelaskan secara khusus dalam satu surat Al-quran yakni surat al-Qadr. Dalam surat ini malam Lailatul Qadar disebut lebih baik dari seribu bulan. Artinya jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan.

    "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 3-4).
    Artinya jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan

    BalasHapus

  90. Nama : Putri Anggini
    Kelas : I A-1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Segedong Kab.Mempawah

    pada ayat 3 Surat Al Qadr yang berbunyi "malam Lailatul Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan.
    Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.Di malam Lailatul Qadar tersebut, semua amaln dan ibadah akan dilipatkan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya.
    malam Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang penting pada bulan Ramadhan. Yaitu dimana Al-Qur'an pertama kali diturunkan oleh Allah SWT. Al-Qur'an adalah pedoman hidup seluruh umat manusia. Semoga kita semua dapat bertemu dengan malam lailatul qadar di ramadhan esok

    BalasHapus
  91. Nama : Mira Tirta Yani
    Nim : F1071211010
    Kelas : 1A-1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    karena pada malam Lailatul Qadar, diturunkannya Al-Quran sebagai petunjuk manusia untuk menjadi pembeda antara hak dan yang batil, dan juga sebagai petunjuk bagi umat Islam.
    Dampak bagi orang yg beramal di malam Lailatul Qadar semua amal ibadah yg ia lakukan akan dilipatgandakan pada malam yg suci itu, serta dosa-dosa yang telah lampau akan diampuni.

    BalasHapus
  92. Nama : Dwi Safitri
    NIM : F1071211003
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal : Batu ampar, kabupaten Kubu Raya

    1. Lailatul Qadar atau yang kerap disebut sebagai malam seribu bulan atau dikenal menjadi momentum paling dicari-cari di bulan Ramadan. seperti firman Allah dalam Al-Quran: “Malam kemuliaan (lailatul qadar) itu lebih dari seribu bulan,” (QS: Al-Qadar: 3).

    Dalam Syarah Shahih al-Bukhari mengatakan “Maksud dari ‘lebih baik dari seribu bulan’ ialah mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam tersebut, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya.”

    Malam Lailatul Qadar yang menjadi malam turunya al-Quran dan para malaikat ke muka buka bumi, tak lain ialah malam yang diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar. Pada malam tersebut, terus berlanjut turun kebaikan, keberkahan, dan para malaikat yang membawa rahmat dari Allah Swt untuk hambanya yang taat, hingga terbitnya fajar.

    BalasHapus
  93. Nama : Aisya Annurulhaq Akdaputri
    NIM : F1071211023
    Kelas : 1-A1
    Asal : Pontianak

    Malam Qadr juga dikenal dengan malam yang lebih baik dari seribu bulan ( khoyrun min alfi syahrin). Pahala beribadah pada malam tersebut lebih utama daripada malam-malam yang tidak bertepatan pada al-Lail al-Qadr. Artinya banyak kebaikan-kebaikan yang akan diberikan pada malam itu. Jadi, sangat disayangkan jika tidak dipergunakan dengan baik.

    Pada malam itu, Allah Swt menurunkan Al-Qur’an secara menyeluruh dari lauhil mahfudz ke langit dunia. Kemudian, Al-Qur’an tersebut disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama 23 tahun. Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan).
    Para malaikat turun ke muka bumi ini. seperti dijelaskan pada Q.S. Al-Qadr : 4 :
    "Pada malam itu turun para malaikat dan ruh (jibril) dengan izin tuhanya untuk mengatur semua urusan.” (Q.S al-Qadr: 4)
    Turunnya malaikat ke muka bumi, untuk mengaminkan doa-doa orang yang berdoa pada malam tersebut dan untuk memacu ibadah dan amal baik seseorang, sebagaimana seorang terpacu untuk ibadah dan amal kebaikan dengan kehadiran para ulama.

    BalasHapus
  94. Nama : Arielda Putri Aditya
    NIM : F1071211021
    Prodi/kelas : Pendidikan Biologi/1-A1
    Asal : Pontianak

    Terima kasih pak atas ilmu dan pengetahuan yang telah bapak sampaikan.
    Malam lailatul Qadar merupakan malam beribu bulan. malam lailatul Qadar terletak pada 10 hari akhir pada bulam ramadhan. Keberkahan lailatul Qadar sangatlah berlipat ganda, disebutkan pula bahwa pada malam itu pahalanya lebih baik daripada seribu bulan. Malam Lailatul Qadar di antaranya waktu di mana para malaikat turun, penuh keberkahan, dan diberikannya pengampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Malam lailatul Qadar juga dapat "menambah" umur umat muslim dalam berbuat kebaikan.

    BalasHapus
  95. Nama :Irna Sari
    Kelas : 1-A1
    Prodi :Pendidikan Biologi
    Fakultas :FKIP
    Asal :Natuna

    Karena malam itu adalah malam turunnya al-quran dan malam turunnya malaikat Jibril dan Malaikat lainnya ke bumi untuk menebar keselamatan. Lailatul qadar telah disebutkan dalam surah alqadr titik di ayat yang ke 3 disebutkan bahwa:
    Artinya : malam kemuliaan itu lebih baik daripada 1000 Bulan. Karena pada malam itu turun para malaikat dan ruh Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
    Dampak positif manusia saat malaikat menyapa yaitu jelas di malam itu Ketika Malaikat Malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya. Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambanya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepadanya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke bumi.

    BalasHapus

  96. Nama: Nia daniati
    Nim:F1071211011
    Prodi: pendidikan biologi
    Kelas: A1

    Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan karna al-qur'an di turunkan pada malam qadar dan Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

    BalasHapus
  97. Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama: RIFKI ALDIANSYAH
    NIM: F1071211017
    Prodi: Pendidikan biologi
    Fakultas: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Kelas: I-AI
    Asal: Kapuas Hulu
    Terima kasih banyak pak, Subbhanallah ilmu yang didapatkan dan diberikan kepada kami. Sebagai mahasiswa muslim, saya akan selalu menjadikan materi ini sebagai pesan dalam diri saya sendiri.
    Jawaban:
    Lailatul Qadar adalah malam yang penuh berkah. Malam yang dikhususkan oleh Allah 'aza wajala dari malam-malam yang lainnya, malam yang ibadah didalamnya lebih baik dari malam seribu bulan atau sama dengan delapan puluh tiga tahun tiga bulan. Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan.
    Lailatul Qadar merupakan salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh bulan Ramadhan, yaitu malam yang disebut dalam al-Qur’an sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, serta diampuni segala dosa bagi yang menghidupkan Lailatul Qadar. Lailatul Qadar adalah malam yang sangat mulia, karena pada malam inilah al-Qur’an diturunkan.
    Alasan mengapa satu malam Lailatul Qadar lebih baik dari pada 1.000 bulan dapat dimaknai dengan memahami Surah Al-Qadr. Malam Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan, itulah mengapa malam tersebut lebih baik dari pada 1.000 bulan. Para umat muslim akan selalu bersemangat dan giat dalam mengamalkan amalan-amalan pada malam tersebut.
    Berpuasa di bulan ramadhan diartikan sebagai proses menahan lapar dan haus dari terbitnya fajar hingga terbenamnya fajar. Apabila umat muslim dapat melakukan suatu amalan yang luar biasa mulia tersebut, maka malaikat akan menyapanya di pagi hari dengan memberikan dampak positif berupa, niat yang baik, kokohnya iman dalam berpuasa, kesehatan yang didapatkan sebagai rezeki dari Allah SWT. Dampak positif tersebut akan terus mengalir mulai dari terbitnya fajat hingga terbenamnya fajar. Inilah rezeki yang diberikan Allah melalui malaikat yang menyapa kita di pagi hari. Masih banyak rezeki yang diberikan oleh Allah SWT ketika umatnya mengamalkan perintah-Nya. Oleh karena itu, patutlah kita banyak bersyukur kepada Allah SWT dan selalu ingat kepada-Nya.
    Sekian yang dapat saya sampaikan. Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  98. Nama:Meftahudin
    NIM:F1051211006
    Prodi:Pendidikan Fisika
    Kelas:I AI

    Karena Allah Swt berfirman pada surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukan kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.” ini menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalam malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan). Dan dampak positif bagi seseorang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati.

    BalasHapus


  99. Nama :Armelya Novieyanti
    Kelas :1 A1
    Prodi:Pendidikan Fisika
    Angakatan :2021

    Bismillahrahmanirahim,
    Assalamu'alaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

    Masyaallah terimakasih atas ilmunya pak,
    Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan karna al-qur'an di turunkan pada malam qadar dan Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

    Lailatul Qadar adalah malam yang penuh berkah. Malam yang dikhususkan oleh Allah 'aza wajala dari malam-malam yang lainnya, malam yang ibadah didalamnya lebih baik dari malam seribu bulan atau sama dengan delapan puluh tiga tahun tiga bulan. Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan.
    Lailatul Qadar merupakan salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh bulan Ramadhan, yaitu malam yang disebut dalam al-Qur’an sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, serta diampuni segala dosa bagi yang menghidupkan Lailatul Qadar

    Sekian komentar saya,
    Wasalamu'alaikum waeahmatulahi wsbarakatuh

    BalasHapus

  100. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakkatuh

    Nama : Putri Maulindah
    NIM : F1051211028
    Kelas : 1 A2
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Masyaallah, terimakasih pak atas ilmu nya...
    Rukun Islam yang ke empat yaitu puasa adalah, seorang muslim wajib menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan yang jatuh satu kali pada setiap tahunnya.

    Puasa adalah kegiatan yang dilakukan seorang umat Muslim, di mana menahan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman selama seharian penuh.

    Tidak hanya menahan lapar dan haus, selama berpuasa di bulan Ramadan, seorang Muslim juga harus menahan segala hawa nafsu dan amarah.

    Selain mewajibkan seorang Muslim melakukan puasa, pada bulan Ramadan adalah bulan yang dipenuhi berkah sehingga apabila umat Muslim melakukan kebaikan, akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

    Sekian, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  101. Nama : Lili
    NIM : F1051211026
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I-A1


    Pada hakikatnya semuanya sepakat bahwa lailatul qadar adalah malam mulia yang sangat baik digunakan untuk beribadah. Dalam sebuah tafsiran dikatakan, kata “seribu bulan” dalam ayat di atas sebenarnya mengisyaratkan sepanjang hari. Artinya, sampai kapanpun keutamaan lailatul qadar tidak tergantikan. Para ahli agama beserta sejumlah periwayat hadis seperti Imam Bukhari, Imam Muslim, Abdullah Bin Umar, hingga Abu Malik menyebutkan, penulisan takdir di lauhul mahfudz dalam setahun akan dirinci di malam Lailatul Qadar. Tidak hanya itu, ketentuan ajal dan rezeki juga akan ditetapkan serta dicatat. Allah SWT pun akan menjamin pengampunan bagi siapa saja yang mendirikan salat malam dengan bersungguh-sungguh di malam itu. Allah SWT bahkan akan menggugurkan segala dosa yang pernah dibuatnya selama ini. Dampak positifnya adalah bagi siapa saja yang senantiasa beribadah dengan tulus, mendirikan salat baik salat wajib maupun sunah, membaca Al-Quran, berzikir dan melakukan kebaikan lainnya akan mendapatkan kesejahteraan dan ketenangan. Mereka yang senantiasa menghidupkan malam Lailatul Qadar juga akan dijaga oleh para malaikat yang turun ke bumi.

    BalasHapus

  102. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakkatuh

    Nama : Putri Maulindah
    NIM : F1051211028
    Kelas : 1 A2
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Masyaallah, terimakasih pak atas ilmu nya..
    Satu malam qadar nilainya lebih baik dari pada 1000 bulan karena pada saat itu Allah memberikan pahala yang besar dan diturunkan nya malaikat malaikat Allah SWT atas izin nya . Mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam lailatul qadar, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya. Dampak positifnya adalah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    Sekian, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus

  103. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Jihansyah
    NIM : F1051211036
    Kelas : 1 A2
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Bissmillahirahmannirrahim
    latul Qadar menjadi malam yang dinanti semua umat Muslim. Tak terkecuali Nabi Muhammad sekalipun. Namun, tak ada seorangpun yang tahu kapan Lailatul Qadar muncul. Hal ini sudah menjadi rahasia Allah SWT agar manusia senantiasa tekun beribadah selama bulan suci Ramadhan.
    Malam ini menjadi ‘buruan’ setiap Muslim sebab lailatul qadar adalah lebih baik dari seribu bulan seperti firman Allah dalam Al-Quran: “Malam kemuliaan (lailatul qadar) itu lebih dari seribu bulan,” (QS: Al-Qadar: 3).
    maksud “lebih baik dari seribu bulan” dalam ayat ini. Ibnu Bathal misalnya, dalam Syarah Shahih al-Bukhari mengatakan “Maksud dari ‘lebih baik dari seribu bulan’ ialah mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam tersebut, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya.”
    Adapun dampak positif yaitu, pada malam Lailatul Qadar, para malaikat turun ke bumi dipimpin langsung Malaikat Jibril. Atas izin Allah SWT, para malaikat melihat siapa saja yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dan menebar keselamatan di bumi sampai terbit fajar. Pada malam Lailatul Qadar catatan itu akan tetap dan tak berubah jika seorang hamba tak berdoa di malam itu dan tidak memanfaatkan malam Lailatul dengan ibadah dan bermunajat kepada Allah. Catatan ini akan diubah dengan doa-doa dan munajat serta taqarrub seorang hamba pada malam Lailatul Qadar. Meyakini jika beribadah di malam Lailatul Qadar, Allah SWT yang turun langsung untuk melihat ibadah hamba-Nya dengan miliaran malaikat mengiringi Allah untuk mengaminkan doa seorang hamba di malam itu dan memintakan ampunan kepada Allah bagi siapa pun yang menghidupkan malam Lailatul Qadar.


    BalasHapus
  104. Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Alvina Damaiyanti
    Nim : F1051211011
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : Reg 1-A1
    Semester : 1

    Lailatul Qadar yakni malam yang penuh berkah dan kemuliaan. Seperti yang dijelaskan dalam Surah Al Alaq ayat 1-5 yang artinya:

    “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”

    Malam Lailatul Qadar satu-satunya malam yang dijelaskan secara khusus dalam satu surat Al-quran yakni surat al-Qadr. Dalam surat ini malam Lailatul Qadar disebut lebih baik dari seribu bulan. Artinya jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan.

    Adapun dampak positifnya jelas dimalam itu ketika malaikat-malaikat turun kebumi maka suasana bumi akan akan berbeda pada biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk pada biasanya. Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi

    Sekian dari saya,
    Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  105. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Yuri Aniasari
    NIM : F1051211042
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I-A2

    Masyaallah ... terimakasih banyak pak atas materi nya,izin menjawab, Satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan karena Malam Lailatul Qadar adalah malam yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di bulan Ramadhan.
    Di malam Lailatul Qadar tersebut, semua amaln dan ibadah akan dilipatkan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya. Akan tetapi, datangnya malam Lailatul Qadar dirahasiakan oleh Allah SWT, dimana setiap makhluk tidak mengetahui kapan datangnya malam yang mulia tersebut.
    Namun, dari ‘Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Carilah lailatul qadar pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari).
    Meskipun tidak ada yang tahu kapan datangnya malam Lailatul Qadar, banyak yang menyebut bahwa Lailatul Qadar akan datang di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, pada malam ganjil.
    Pada 10 malam terakhir inilah, Allah SWT akan menurukan keistimewaan pada umatnya yang beruntung.

    Dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan hingga terbit fajar yaitu sangat beruntung, malam tersebut dipenuhi dengan berkah. Allah SWT berfirman,

    “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (Q.S Al-Dukhan: 3-5)

    Sekian dari saya terimakasih, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  106. Nama: Wafik Azizah
    NIM: F105121105
    Prodi: pendidikan fisika
    Kelas: lA2
    salah satu yang membuat malam Lailatul Qadar menjadi istimewa adalah karena pada malam ini, diturunkannya Al-Quran sebagai petunjuk manusia untuk menjadi pembeda antara hak dan yang batil, dan juga sebagai petunjuk bagi umat Islam. seperti yang terdapat dalam QS Al Qadr ayat 1-5:

    اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ - ١

    وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ - ٢

    لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ - ٣

    تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ - ٤

    سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ࣖ - ٥
    Artinya:
    Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan.) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

    BalasHapus
  107. Nama : Nur Ssabila
    NIM : F1071211049
    Kelas : Reg 1A-2

    1. "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 3-4).
    Para malaikat pun turun ke bumi dan mengamini doa umat Islam yang dipanjatkan di sepanjang malam itu hingga terbitnya fajar.
    Segala doa yang tidak diterima di waktu-waktu lain akan diterima di malam Lailatul Qadar.
    Begitu besar keutamaan malam Lailatul Salah satu keutamaan malam lailatul qadar yaitu di malam tersebut Allah menurunkan Alquran. Hal ini terdapat pada firman Allah dalam surah Al-Qadr Ayat 1-5.
    إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ
    "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."
    Alquran merupakan kitab suci paling mulia dan abadi. Bahkan keabadiaannya telah dijamin oleh Allah sampai hari kiamat. Di dalamnya terdapat penjelasan serta petunjuk bagi umat Muslim.
    Lailatul qadar adalah malam terpenting yang terjadi pada bulan Ramadan dan disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.Keutamaan malam lailatul qadar lainnya yaitu para malaikat turun ke bumi. Pernyataan ini ada dalam QS Al-Qadr ayat 4 yang artinya:
    "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan."
    Menurut Al-Imam Al-Qurthubi, setiap lapis langit dari sidratul muntaha, para malaikat turun ke bumi untuk mengaminkan doa-doa umat Islam yang dipanjatkan di malam itu sampai terbit fajar.
    malam qadar Allah tidak menetapkan sesuatu melainkan hanya keselamatan yang menyertai hingga terbit fajar atau waktu subuh.
    "Maksud malam itu berarti setan tidak bisa melakukan perbuatan jahat dan keburukan," tulis Sarwat.
    Keistimewaan malam lailatul qadar ini hanya berlaku bagi golongan pengikut nabi Muhammad SAW, berdasarkan hadis yang diriwayatkan Al-Imam Malik dalam Al-Muwaththa:
    "Rasulullah diperlihatkan umur-umur manusia sebelumnya yang relatif panjang sesuai dengan kehendak Allah, sampai (akhirnya) usia-usia umatnya semakin pendek (sehingga) mereka tidak bisa beramal lebih lama sebagaimana umat-umat sebelum mereka beramal karena panjangnya usia mereka. Maka Allah memberikan Rasulullah lailatul qadar yang lebih baik dari seribu bulan." (HR.Malik).
    Qadar. Bahkan Allah SWT merahasiakan turunnya malam Lailatul Qadar ini agar umat Islam bersungguh-sungguh dalam mencarinya di 10 malam terakhir Ramadan. 

    2. Para malaikat turun ke bumi. Pernyataan ini ada dalam QS Al-Qadr ayat 4 yang artinya:
    "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan."
    Menurut Al-Imam Al-Qurthubi, setiap lapis langit dari sidratul muntaha, para malaikat turun ke bumi untuk mengaminkan doa-doa umat Islam yang dipanjatkan di malam itu sampai terbit fajar.

    BalasHapus
  108. Assalamualaikum warahmatullah hiwabarakatuh
    Nama : Sugiyanto
    NIM : F1071211048
    Kelas : 1-A2
    Semester 1 (2021/2022)

    Karena Malam Lailatul Qadar adalah malam turunnya Al-Quran yang menjadi pedoman bagi seluruh umat manusia.Malam Lailatul Qadar satu-satunya malam yang dijelaskan secara khusus dalam satu surat Al-quran yakni surat al-Qadr. Dalam surat ini malam Lailatul Qadar disebut lebih baik dari seribu bulan. Artinya jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan.

    "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 3-4).

    Para malaikat pun turun ke bumi dan mengamini doa umat Islam yang dipanjatkan di sepanjang malam itu hingga terbitnya fajar.

    Segala doa yang tidak diterima di waktu-waktu lain akan diterima di malam Lailatul Qadar.Begitu besar keutamaan malam Lailatul Qadar.
    Pada malam itu Malaikat turun ke bumi suasana di bumi menjadi tenang dan beruntung orang-orang yang dapat disapa oleh Malaikat karena apabila ia berdoa kepada Allah SWT. pada malam Lailatul Qadar maka para Malaikat akan mengaminkan doa tersebut dan doa tersebut akan cepat dikabulkan Allah SWT.

    BalasHapus
  109. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh subhanallah luar biasa sekali ilmu yang bermanfaat yang bapak berikan semoga Allah membalas amal dan kebaikan bapak amin.
    Nama : Sucy Indah Lestari
    Kelas : Reguler 1 A-2
    NIM : F1071211055
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Semitau, Kapuas Hulu

    1.Karena malam itu adalah mlam turunnya Al-Quran, dan malam turunnya malaikat Jibril dan malaikat lainnya kebumi untuk menebar keselamatan. Dan juga karena pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Secara umum usia manusia sekitar 63 tahun, jika orang mendapat lailatul qadar berarti seumur hidupnya mendapat kemuliaan.
    2. Dampak positif yang diterima oleh orang uang melihat Lailatul Qadar dan disapa oleh malaikat Jibril beserta rombongannya adalah usianya mendapat kemuliaan seumur hidupnya diampuni segala dosa dan mendapatkan keberkahan seumur hidup.

    BalasHapus
  110. Nama: Rosi Desfitri
    Kelas : Reg 1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi
    NIM : F1071211036

    1. Malam yang juga disebut dengan malam seribu bulan ini merupakan waktu yang mulia. Hiasi malam-malam khususnya 10 hari terakhir di bulan Ramadhan dengan lebih banyak amal dan ibadah agar mendapat pahala malam Lailatul Qadar ini. Hal ini telah difirmankan oleh Allah Swt. dalam QS. Al-Qadar: 3, “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” Jika dihitung, malam Lailatul Qadar lebih baik dari 83 tahun 4 bulan. Bisa kalian bayangkan berapa penghargaan dari amalan yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar.

    2.Salah satu amalan yang dikerjakan dalam malam lailatul qadar yaitu memperbanyak doa, beritikaf di mesjid dan mengerjakan salat malam lailatul qadar. dan Tujuan turunnya para malaikat di sini adalah untuk membagikan kebahagiaan dan kedamaian kepada manusia yang berbuat baik di bulan Ramadan. Barangsiapa yang mendapat keberkahan di malam Lailatul Qadar maka nilainya lebih baik dari melakukan kebaikan selama 84 tahun (1000 bulan).

    BalasHapus
  111. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Kanif mohammad kafi
    NIM : F1051211034
    Kelas : A2 Pendidikan Fisika

    Karena pada malam lailatul qadar itulah kitab umat Islam yaitu Alquran diturunkan untuk sebagai pembeda antara yang benar dan yang salah.
    Dan Mengapakah malam ini dijuluki sebagai malam seribu bulan? Karena pernyataan ini sudah tercantum pada Surah alqadr. Tepatnya pada ayat 3 yang artinya "Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan."
    Apakah keutamaan atau dampak positif dari memanfaatkan malam itu sebagai sarana kita beribadah lebih khusyuk adalah karena saat kita beribadah di malam itu sama dengan kita beribadah selama 1000 Bulan yang mana 1000 Bulan itu kurang lebih 83 tahun sehingga malam itu adalah momen yang benar-benar tepat untuk kembali ke jalan yang benar dan bertaubat atas segala kesalahan yang pernah kita lakukan.
    Untuk ciri-ciri malam Lailatul Qadar ini Diriwayatkan dalam HR Abu Dawud, Ibnu 'Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang Lailatul Qadar: Lailatul Qadar adalah malam yang tenang dan cerah, tidak panas dan tidak dingin, serta matahari pada pagi harinya berwarna merah terang." (HR. Abu Dawud)
    Sekian Jawaban dari saya, kurang lebihnya mohon dimaafkan wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  112. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Widya Astuti
    NIM : F1071211031
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Maha Suci Allah dengan segala Keagungannya,
    Terima kasih atas ilmunya pak.

    Malam Lailatul Qadar adalah malam mulia yang penuh dengan penghormatan dan kesempurnaan, malam yang lebih baik dari 1000 bulan; Malam kemuliaan (lailatul qadar) itu lebih dari seribu bulan,” (QS.Al-Qadar: 3). .Pada malam ini Allah SWT menurunkan Al-Qur'an dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah.
    Pada malam Lailatul Qadar juga para malaikat turun ke bumi ; “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan” (QS. Al-Qadar:4).
    Malam Lailatul Qadar adalah malam yang diberkahi oleh Allah SWT. ; “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi." (QS. Ad-Dukhan:3).
    Pada malam Lailatul Qadar, bagi siapa yang beribadah maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya ; Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan iman dan ihtisab (mengharapkan pahala), niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah lampau,” (HR Bukhori).

    Dampak positifnya adalah ; “Pada malam itu turun para malaikat dan ruh (jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.” (QS.Al-Qadar:4)
    Para malaikat yang turun ke bumi akan membantu orang-orang yang beribadah hanya kepada Allah dengan mengaminkan doa-doanya.
    Allah Swt pun menjamin malam Lailatul Qadar dipenuhi dengan kesalamatan dan kesejahteraan, Allah SWT berfirman: “Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadar: 5)
    Bagi orang-orang yang beribadah hanya kepada Allah SWT pada malam Lailatul Qadar akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan serta para malaikat yang membawa rahmat dari Allah Swt untuk hambanya yang taat, hingga terbitnya fajar.

    Sekian dari saya,
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  113. Nama : Putri Yolasari
    NIM : F1071211044
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : I A-2

    Terimakasih pak telah berbagi khazanah ilmu seputar rukun Islam yg ke 4 yaitu Puasa.

    Karena Jelas di malam itu (malam Lailatul Qadar) ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya. Jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan. Segala doa yang tidak diterima di waktu-waktu lain akan diterima di malam Lailatul Qadar.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  114. Nama : Fazrika Syafharla
    NIM : F1071211032
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2 (semester 1)

    Lailatul Qadar adalah malam yang ditunggu-tunggu oleh semua umat Muslim. Tak terkecuali Nabi Muhammad sekalipun. Namun, tak ada seorangpun yang tahu kapan Lailatul Qadar muncul. Hal ini sudah menjadi rahasia Allah SWT agar manusia senantiasa tekun beribadah selama bulan suci Ramadhan. Selain itu, dikatakan pula bahwa malam Lailatul Qadar merupakan malam di mana banyak malaikat turun ke bumi untuk mengatur segala urusan manusia. Pada malam ini, Allah menurunkan Al Quran, menetapkan takdir segala urusan, hukum, rezeki, dan ajal untuk jangka waktu satu tahun. Malam itu, dijanjikan pahala yang setara dengan seribu bulan. Ibnu Jarir At-Thabari mengatakan (pahala) beribadah pada malam tersebut lebih utama daripada malam-malam yang tidak bertepatan pada al-Lail al-Qadr. Artinya banyak kebaikan-kebaikan yang akan diberikan pada malam itu. Jadi, sangat disayangkan jika tidak dipergunakan dengan baik. Dikatakan malam yang lebih baik dari seribu bulan, bukan berarti seseorang harus menghiraukan malam di bulan-bulan lainnya. Setelah dijelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilai kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan).

    Dampak Positif manusia saat malaikat menyapanya, yaitu malam yang diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar. Pada malam tersebut, terus berlanjut turun kebaikan, keberkahan, dan para malaikat yang membawa rahmat dari Allah Swt untuk hambanya yang taat, hingga terbitnya fajar. Selain itu, dosa-dosa manusia yang sudah dilakukan terdahulu pun bisa diampuni ketika ia menjalankan salat malam pada malam tersebut. Sebagaimana keterangan dalam hadis, "Barangsiapa salat pada lailatulqadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau" (HR. Imam Bukhari).

    BalasHapus
  115. Nama : Isyatirradhiyah
    NIM : F1071211030
    Prodi/Kelas/Semester : Pend. Biologi/1-A2/ganjil

    Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Terimakasih atas ilmunya pak

    Karena pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Secara umum usia manusia sekitar 63 tahun, jika orang mendapat lailatul qadar berarti seumur hidupnya mendapat kemuliaan. Turunya malaikat ke muka bumi ini pada malam Lailatul Qadar untuk mengaminkan doa-doa orang yang berdoa pada malam tersebut. Maka beruntunglah bagi mereka yang meningkat ibadahnya pada malam Lailatul Qadar.

    Sekian dari saya, Wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  116. Nama : Rendi Ihza Pahlupi
    Nim : F1071211053
    Kelas : Reg 1A-2
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Smeseter : 1

    Karena Pada malam itu, telah terjadi peristiwa dimana Allah Swt menurunkan Al-Qur’an secara menyeluruh dari lauhil mahfudz ke langit dunia. Kemudian, Al-Qur’an tersebut disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama 23 tahun. Sebab itu malam lailatul qadar menjadi istimewa dan dilimpahkan berkah oleh Allah SWT.

    Dampak positif yang kita dapatkan adalah perasaan tenang, aman, dan tentram. Dan kita akan merasakan kemuliaan dimalam itu karena kita dilimpahkan pahala dan sapaan malaikat sampai terbit fajar.

    Sekian Terima kasih

    BalasHapus

  117. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama : Dea Roihatul Jannah
    NIM : F1051211014
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I-A
    Karena pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Secara umum usia manusia sekitar 63 tahun, jika orang mendapat lailatul qadar berarti seumur hidupnya mendapat kemuliaan.

    Ada satu malam di Bulan Ramadhan yang sangat dinantikan kedatangannya, yakni malam Lailatul Qadar. Dijelaskan dalam Al Quran surat Al Qadr ayat 1-5, malam Lailatul Qadar memiliki sejumlah keistimewaan.
    malam Lailatul Qadar berdasarkan surat Al Qadr. Pertama di malam Lailatul Qadar, malam yang penuh kemuliaan inilah Al Quran. Beribadah di malam Lailatul Qadar, pahalanya sama dengan seribu bulan.
    Kedua, banyak pahala yang didapat kalau kita mendapatkan malam Lailatul Qadar. Ustaz Adi Hidayat mencontohkan jika seorang muslim sholat, maka sholatnya senilai 83 tahun. Jika membaca Al Quran, meski satu huruf misalnya Nun, lalu dia tertidur karena mengantuk, orang itu berarti membaca nun 83 tahun tanpa henti.
    Ketiga, diampuni dosa yang sudah lampau. Saat orang tobat pada malam Lailatul Qadar digugurkan oleh Allah dosa-dosanya, sehingga dosanya menjadi nol. Kemudian dia membaca laa ilaaha illallaah.

    "Dosanya kosong, punya amalan laailaaha illallaah senilai 83 tahun. Kemudian dia wafat sesuai ajalnya. Betapa indahnya di ujung wafatnya dan itu hanya didapatkan satu kali di malam Ramadhan," kata ustaz berumur 35 tahun ini.


    Keempat, semua malaikat turun ke bumi, bahkan Jibril ikut turun. Malaikat Jibril tugasnya menyampaikan wahyu pada Nabi Muhammad. Nabi Muhammad wafat, selesai tugas Jibril menurunkan wahyunya.

    Tapi malaikat Jibril setahun sekali turun ke bumi karena keagungan Al Quran, keagungan malam Al Quran itu. Malaikat Jibril turun ke bumi menyapa hamba-hamba yang beribadah.

    Kelima, malam yang tenang. Hal ini karena saking banyaknya malaikat yang turun, lanjut Ustaz Adi Hidayat, para ulama tafsir menyebutkan bumi seakan-akan sesak oleh para malaikat. Sehingga suara bising jadi redup, angin-angin jadi berhenti, sehingga suasana alam jadi teduh dan nikmat. Peristiwa itu hanya akan terjadi hingga fajar tiba.
    Sekian dari saya, mohon maaf jika terdapat kesalahan. Wasallammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  118. Nama: Dimas Ananda Virda
    NIM: F1071211038
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1-A2

    Jawaban:

    Karena di malam lailatul qadar tersebut, semua amalan dan ibadah akan dilipatkan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.
    Dijelaskan dalam Ayat suci Al-Quran:

    "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 3-4).

    Dampak Positifnya jika disapa Malaikat pada Malam Lailatul Qadar ialah hati merasa tenang dan damai, serasa ingin menangis, dan keyakinan beriman kepada Allah SWT semakin mantap. Para malaikat turun ke bumi untuk mengaminkan doa-doa umat Islam yang dipanjatkan di malam itu sampai terbit fajar.

    BalasHapus
  119. Nama : Nanda Emilia
    NIM : F1071211033
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Semester : 1

    Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
    Berikut adalah jawaban dari tugas di atas:
    Di antara hari-hari selama bulan Ramadhan ada satu yang istimewa, yakni malam Malam. Malam ini lebih baik dari seribu bulan. Keistimewaan malam Lailatul Qadar dijelaskan Allah SWT dalam surat Al Qadr ayat 1-5.
    Yang artinya
    “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan”
    “Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan”
    “Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”
    “Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.”
    “Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.”
    Malam lailatul Qadr diibaratkan lebih baik dari 1000 bulan. Kurang lebih sekitar 80 tahun. Malam penuh kemuliaan, waktu di mana Al-Quran diturunkan. Di dalam Al-Quran ada banyak sekali pelajaran, hukum-hukum Allah, makna-makna yang indah yang dapat menjadi petunjuk untuk umat Islam menjalani kehidupan. Terdapat beberapa hikmah ataupun dampak positif dari malam lailatul qadar:
    1). Pada saat Al-Quran diturunkan, para malaikat turun ke bumi, sehingga membuat bumi seolah-olah menjadi sempit. Ketika malam Lailatul Qadar, malaikat silih berganti turun. Mengajak umat manusia kepada kebaikan. Mereka mendorong manusia untuk senantiasa berbuat baik. “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (QS. Al-Qadr ayat 4).
    2). keberkahan dan kedamaian menjadi hikmah malam Lailatul Qadar. Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam firmannya yang tertulis di Quran Surat Al-Dukhan ayat 3-5, “ “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami.  Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” 
    3). Ketika kita dapat bertemu dengan malam Lailatul Qadar, senantiasa akan dipenuhi berkah dan kedamaian dalam hidup. Mudah untuk melakukan hal baik, dan selalu memperoleh kedamaian dalam setiap aktivitas yang kita jalankan.
    Hikmah malam Lailatul Qadar juga memberikan kesejahteraan sampai terbit fajar. Seperti yang tertulis dalam surat Al-Qadr ayat 5 yang berbunyi, “Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”
    Yang ke empat,
    4). Bila kita dapat menemui malam Lailatul Qadar, kita akan mendapatkan limpahan pengampunan dari Allah SWT. Hal ini dijelaskan dan disampaikan oleh Abu Hurairah, dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R Al Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad).
    Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk tidak melewatkan 10 hari terakhir bulan Ramadhan, dengan berbuat baik sebanyak-banyaknya. Rasulullah bersabda, “Carilah malam malam Lailatul Qadar pada malam-malam ganjil pada sepuluh malam terakhir.” (Muttafaqun ‘alaih).

    BalasHapus
  120. Nama : Sri Wulan Sari
    Nim : F1071211042
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg A2
    Semester : 1 (ganjil)

    Malam Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan dan istimewa bagi umat Islam yang hanya datang satu kali di bulan Ramadhan. Seperti firman Allah SWT di bawah yang Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar". (QS. Al Qadr: 1-5). Dari ayat tersebut dapat kita ketahui mengapa malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan karena hanya pada malam itulah para malaikat turun untuk mengatur segala urusan. Tidak ada yang tau kapan malam Lailatul Qadar datang dan tidak semua umat muslim bisa mendapatkan malam Lailatul Qadar. Lailatul qodar merupakan sebuah hadiah untuk hamba Allah yang benar benar taat kepada-Nya.
    Dampak positifnya adalah Allah akan memberikan rahmat kebaikan, ampunan yang luas, dan keselamatan bagi umat muslim dari siksa api neraka.

    BalasHapus
  121. Nama : Indah Puspita Sari
    NIM : F1071211054
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reguler A2
    Semester : 1

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, pak. Saya Indah Puspita Sari. F1071211054. Pendidikan Biologi/Reguler A2/ Semester 1 (Ganjil) izin menjawab pertanyaan bapak.

    (Q) : Jelaskan kenapa satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan ? Lalu, apakah dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar !

    (A) : Satu malam Lailatul Qadar lebih baik daripada malam seribu bulan disebabkan karena pada malam itu Allah membanjiri kita dengan banyak ampunan, Ridho dan keselamatan.

    Kemudian, dampak positif bagi orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar ialah pada malam tersebut kita dipenuhi kesejahteraan dan rahmat, diberikan kesempatan untuk diampuni dosa-dosa kita, terdapatnya banyak sekali keberkahan dan maghfirah, serta pada malam tersebut terpenuhi kebaikan sehingga dianjurkan pada malam tersebut kita mengerjakan ibadah dan amalan baik dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh.

    Dan ketika malaikat menyapa kita dengan keselamatan untuk kita hingga terbit fajar. Maka di malam tersebut kita akan merasakan kedamaian dan kesejahteraan hingga terbit fajar, maka beruntunglah bagi mereka yang menjumpai malam Lailatul Qadar.

    Sekian jawaban dari saya, pak. Terimakasih atas waktu dan kesempatannya. Mohon maaf jika terdapat kata yang kurang berkenan. Yang baik datangnya dari Allah SWT. sedangkan yang buruk itu datangnya dari saya pribadi.

    Akhir kata Wabillahit taufiq wal hidayah wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  122. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama :Nambisas Arum Kusuma Ayu
    Nim :F1071211052
    Kelas :1-A2
    Prodi :Pendidikan Biologi
    Asal Sekolah :SMAN 1 Tanjungpinang, Kepulauan Riau

    1) Malam Lailatul Qadar adalah malam turunnya Al-Qur'an dari Lauful Mahfudz ke Bantul Izzab(langit) dunia. Al-Qur'an itu sendiri merupakan pintu jujur atau pedoman bagi seluruh makhluk di umi terutama manusia yang telah diberikan kelebihan akal, pikiran dan perasaan. Malam Lailatul Qadar dijumpai pada waktu 10 hari terakhir sebelum bulan puasa berakhir dengan malam ganjil di bulan puasa tersebut. Dapat diketahui bahwa bulan puasa adalah bulan suci bagi umat muslim karena pada bulan ini seluruh umat manusia terkhususnya islam mendapatkan kerahmatan Allah SWT yaitu dengan terbebas nya siksaan di alam kubur untuk beberapa waktu selama bulan puasa dan umat muslim mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan Pengampun an atas dosa-dosanha dari Allah Swt. Pada bulan puasa segala bentuk ibadah akan Allah SWT gandakan pahalanya, segala bentuk taubat umatnya akan diterima dan dirahmati oleh Allah Swt. Maka orang muslim sering menyebut bahwa bulan suci Ramadhan adalah bulan kemenangan umat islam.

    Dampak positif ya manusia akan lebih merasa untuk selalu dekat dengan Allah SWT dengan meningkatnya ketakwaan dan keimanannya, karena Allah SWT akan menerima segala bentuk taubat kita sekecil apapun ibadah yg kita lakukan Allah SWT selalu memberikan kemudahan hamba ya untuk bertaubat.

    Terima kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  123. Nama : Anggun Lestari
    NIM : F1071211029
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Semester : 1/Ganjil (2021/2022)

    Lailatul Qadar dianggap sebagai malam paling mulia bagi umat Islam di bulan suci Ramadhan. Lailatul Qadar jatuh dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Umat Muslim di seluruh dunia memaksimalkan doa-doa mereka dan memberikan yang terbaik dalam berusaha mencapai keridhaan Allah SWT dan pengampunan atas semua dosa mereka selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Allah Swt berfirman pada surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukan kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.” ini menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilai kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan.
    Dampak positif manusia saat malaikat menyapanya, yaitu manusia mendapatkan rahmat, keberkahan serta kesejahteraan karena pada saat malam lailatul qadar, para malaikat di utus oleh Allah SWT untuk turun ke bumi. Maka perbanyaklah ibadah pada malam lailatul qadar, yaitu memperbanyak membaca doa di malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir ramadhan. Oleh karena itu, sangat beruntunglah orang-orang yg ketika malam lailatul qadar beribadah dengan sungguh-sungguh.

    BalasHapus
  124. Nama : Rahmad
    NIM : F1071211046
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas/Semester : 1-A2/ganjil

    Jawaban :
    Karena Allah Swt telah berfirman dalam surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukan kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.” ini menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilai kebaikanya pun akan lebih baik daripada seribu bulan, adapun dampak positif bagi seseorang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbulnya kedamaian dan ketenangan dalam hati seseorang tersebut.

    BalasHapus
  125. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Feren Setya Ningsih
    NIM : F1051211044
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA2

    Malam Lailatul Qadar nilainya lebih baik dari pada 1000 bulan karena malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh berkah dan kemuliaan. Seperti yang dijelaskan dalam Surah Al-Qadar ayat 1-5 yang artinya:
    "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur`ān) pada malam qadar.
    Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
    Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.
    Pada malam itu turun para malaikat dan Rūh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
    Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar."

    Dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar yaitu, kebaikannya terus meningkat dalam kehidupan sehari-hari setelah Ramadhan, hati dan perilakunya penuh dengan kedamaian.

    Sekian dari saya, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kata-kata yang kurang berkenan.

    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  126. Nama : Dwi Seftiany
    NIM : F1071211043
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : Reg. 1-A2
    Semester : ganjil 2021/2022 (semester 1)

    Malam Lailatul Qadar nilainya lebih baik dari 1000 bulan karena di malam Lailatul Qadar, segala amal baik akan diberikan pahala berlipat ganda. Malam Lailatul Qadar tidak bisa disamakan dengan malam-malam lainnya. Imam Mujahid, qotadah serta ulama besar lainnya berpendapat, malam Lailatul Qadar merupakan malam yang begitu mulia dan utama. Lailatul Qadar merupakan malam penuh kemuliaan. Pada malam itu, para malaikat akan turun ke bumi untuk memberikan syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan Lailatul Qadar. Allah SWT juga akan melapangkan rezeki bagi mereka yang senantiasa meminta dengan tulus serta dikehendaki-Nya. Bagi siapa saja yang senantiasa beribadah dengan tulus, mendirikan salat baik salat wajib maupun sunah, membaca Al-Quran, berzikir dan melakukan kebaikan lainnya akan mendapatkan kesejahteraan dan ketenangan. Mereka yang senantiasa menghidupkan malam Lailatul Qadar juga akan dijaga oleh para malaikat yang turun ke bumi.
    Dampak positif bagi seseorang ketika malaikat menyapanya yaitu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hamba-Nya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  127. Nama: Putri Natasya
    NIM : F1071211034
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A-2
    Semester : Ganjil 2021/2022( Semester 1)

    Malam Lailatul Qadar menjadi malam yang lebih baik daripada 1000 bulan karena Lailatul qadar merupakan malam yang penuh kemuliaan, penuh keistimewaan, dan penuh kebaikan. Pada malam Lailatul qadar semua amalan dan ibadah yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT bahkan melebihi 1000 bulan lamanya. Dampak positif yang didapatkan jika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar ialah orang tersebut akan merasakan ketenangan dan kedamaian dalam hatinya dan kita semakin taat kepada Allah SWT.
    Terima kasih atas ilmunya pak, ilmunya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  128. Nama : Neli
    Nim : F1051211049
    Kelas : IA2
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Karena malam itu adalah malam turunnya Al-Quran, dan malam turunnya malaikat Jibril dan malaikat lainnya kebumi untuk menebar keselamatan.Malam ini menjadi ‘buruan’ setiap Muslim sebab lailatul qadar adalah lebih baik dari seribu bulan seperti firman Allah dalam Al-Quran: “Malam kemuliaan (lailatul qadar) itu lebih dari seribu bulan,” (QS: Al-Qadar: 3).
    Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Dampak positif nya juga Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  129. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama : Achmad Dwi Juniarto
    NIM : F1052211006
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I-B
    Lailatul Qadar adalah malam ketetapan, lailatul qadar adalah satu malam di bulan ramadhan dimana telah terjadi turunnya Al-Qur'an pada seorang hambaNya yang bernama Muhammad
    Lailatul qadar telah disebutkan dalam surat Al-Qadar. Di ayat yang ketiga disebutkan bahwa:
    لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ ۙ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ
    Artinya: Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.
    Karena pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
    Karena malam itu adalah mlam turunnya Al-Quran, dan malam turunnya malaikat Jibril dan malaikat lainnya kebumi untuk menebar keselamatan
    Al Quran diturunkan oleh Allah SWT melalui Malaikat Jibril kepada Muhammad SAW di Gua Hiro, Mekkah, Arab Saudi. Wahyu pertama tersebut diturunkan pada 17 Ramadan yang diperingati sebagai Nuzulul Quran atau malam turunnya Al Quran.
    tentang kemuliaan malam Lailatul Qadar. Surat ini biasanya dibacakan di malam-malam terakhir saat salat tarawih.
    Berikut adalah 3 pokok kandungan dari Surah Al-Qadr yang artinya adalah kemuliaan: Mengenai waktu di mana Al-Quran pertama kali diturunkan. Mengenai malam yang penuh kemuliaan, yakni lailatul qadar yang jauh lebih baik dari 1000 bulan. Turunnya malaikat ke bumi dengan seizin Allah SWT.
    Dampak positifnya adalah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari yang biasanya. Dimana doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka malam itu dinamakan 1000 bulan.
    sekian dari saya
    wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus

  130. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Nama : Mithahul Jannah
    Nim : F1071211037
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1A-2

    Puasa adalah rukun Islam yang ke 4. Puasa adalah ibadah yaitu dengan menahan lapar dan haus serta menahan diri dari permuatan Munkar dan mengajak kepada yang ma'ruf. Dengan berpuasa akan melatih diri untuk tetap lebih sabar,sabar dalam menahan lapar dan haus,sabar dalam menahan emosi,sabar untuk tidak berkata kotor dan sabar dalam menjalankan ibadah.
    Puasa terbagi menjadi 2 yaitu wajib dan Sunnah. Puasa wajib di lakukan pada bulan Ramadhan selama 1 bulan/kurang dari 1 bulan. Sedangkan puasa Sunnah dilakukan ketika hari-hari baik seperti hari Senin Kamis,puasa ayamul bidh(dilakukan dipengujung bulan sebanyak 3 hari bertutut-turut) puasa Arafah,dll.
    Seperti halnya dengan rukun Islam yang lain,puasa juga merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam, kecuali bagi orang yang sudah sangat tua,ibu hamil,anak kecil(belum baliq),orang sakit,orang gila, wanita haid,dan orang yang sedang dalam perjalanan. Tetapi sama halnya dengan sholat,puasa Ramadhan wajib diganti dengan berpuasa di bulan lain setelah bulan Ramadan,dan atau memberi fakir miskin makan.

    Banyak manfaat dalam puasa,baik puasa wajib atau puasa Sunnah. Saat kita berpuasa,diri kita akan jauh lebih tenang. Berpuasa juga bisa melatih kita dalam bersabar dan mengendalikan nafsu.

    Sekian dari saya
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh 🙏

    BalasHapus
  131. Nama : Marseli
    NIM : F1071211047
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2
    Semester : 1

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Bismillahirrahmanirrahim
    Malam Lailatul Qadar menjadi malam yang lebih baik daripada 1000 bulan sebab makna malam lailatul qadar itu sendiri merupakan malam yang penuh kemuliaan, keistimewaan dan penuh kebaikan untuk beramal sholeh. Apapun amalan atau ibadah yang kita lakukan pada malam Lailatul Qadar akan Allah swt lipatgandakan pahalanya.

    Dampak positifnya yaitu jika "malaikat menyapanya dengan keselamatan untukmu hingga terbit fajar"
    Memiliki arti bahwa orang tersebut akan merasakan dampak-dampak positif setelah melakukan amalan pada malam itu, manfaat atau dampak yang diperoleh pun memiliki kesan ketenangan, kenyamanan, dan kedamaian dalam hati dan pikiran orang tersebut.
    Semoga kita semua bisa merasakan dampak positif dari malam Lailatul Qadar
    Amin...allahumma aamiin

    Sekian jawaban dari saya,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  132. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Gadis Maghfirah
    NIM : F1052211007
    Kelas : 1B / PPAPK
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Lailatul Qadar atau yang kerap disebut sebagai malam seribu bulan atau dikenal menjadi momentum paling dicari-cari di bulan Ramadan.Di malam itu, dijanjikan pahala yang setara dengan seribu bulan.Alquran surat Ad Dukhan ayat 3-6 menceritakan saat Lailatul Qadar Alquran kali pertama diturunkan. Sedangkan, pernyataan bahwa Lailatul Qadar setara dengan malam seribu bulan muncul di Alquran surat Al Qadar.
    Lailatul Qadara adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran.Penggunaan Qadar sebagai ketetapan dapat dijumpai pada surat Ad-Dukhan ayat 3-5 : Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami,Pengertian kedua adalah kemuliaan. “Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran.” Surat yang berbicara tentang kaum musyri; Mereka itu tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada masyarakat.Pengertian ketiga adalah Sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr. Penggunaan Qadar untuk melambangkan kesempitan dapat dijumpai pada surat Ar-Ra'd ayat 26.

    Dampak positif manusia saat malaikat menyapanya, yaitu Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    Sekian dan Terimakasih
    Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  133. Nama : Fazrin Rizkha Nafasati
    NiM : F1071211050
    prodi pendidikan biologi
    kelas : 1-A2

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Setiap muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Tujuannya untuk mencapai ketakwaan kepada Allah SWT.

    Di antara hikmah berpuasa adalah melatih kesabaran, menumbuhkan rasa empati terhadap orang yang kelaparan sehingga terdorong hati kita untuk membantu orang yang kurang mampu.

    sekian dari saya, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  134. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Mitha
    NIM : F1071211040
    Kelas : Reg 1-A2
    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Lailatul Qadar jatuh pada malam ganjil di sepuluh hari akhir bulan Ramadan, bahkan telah difirmankan oleh Allah Swt. Pada malam itu diturunkanlah Al-Quran sebagai pedoman hidup manusia. Oleh karena itu, malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari pada seribu bulan karena amalan dan ibadah yang telah dikerjakan akan dilipatgandakan. Lebih baik dari 1.000 bulan karena di malam Lailatul qadar adalah malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia agar diberi kemuliaan, dikeluarkan dari zhulummat, kegelapan, kepada nur, cahaya petunjuk yang gilang-gemilang. Dan di malam lailatul qadar memiliki kemuliaan dan keagungan menentukan rahmat terhadap orang-orang mukmin. Dampak bagi orang yang mengerjakan malam lailatul qadar ketika semua malaikat dan ruh turun mencapai "salaamun hiya hatta matla’il fajr” kemudahan itu terjadi, sambungnya, karena "tanazalul malaaikatu war-ruhu fiiha bi idzni robbihim min kulli amr" artinya malaikat dan ruh di dalamnya dengan izin Allah untuk membantu urusan manusia. Semua urusan manusia dibantu malaikat sehingga menjadi lancar dan sukses.

    BalasHapus
  135. Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

    Nama : Lidiya Rahmawati
    NIM : F1051211029
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : IA 2
    Hari/Tanggal : Selasa, 09 November 2021

    Alhamdulillah, MasyaAllah.
    Terimakasih banyak pak atas ilmu yang bapak berikan, ilmu ini sangat bermanfaat untuk saya dan menambah wawasan saya tentang rukun islam, khususnya rukun islam yang keempat yaitu puasa.

    Baik saya akan menjawab pertanyaan dari bapak, pertanyaannya yaitu jelaskan kenapa satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan ? Lalu, apakah dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan keselamatan untukmu hingga terbit fajar !

    ~Jawab~

    •Satu malam Qadar nilainya lebih baik daripada 1000 bulan karena ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilai yang kita dapatkan lebih baik daripada 1000 bulan (83 tahun 4 bulan) dan di malam itu malaikat-malaikat turun ke bumi sehingga membuat suasana alam menjadi lebih hangat dan lebih sejuk, berbeda dari biasanya. Selain itu, doa-doa yang dipanjatkan kepada ilahi akan diaminkan oleh malaikat malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambanya. Pada malam itu juga, Allah Swt menurunkan Alquran secara menyeluruh dari lauhil Mahfudz ke langit dunia yang kemudian Al-Qur'an tersebut disampaikan kepada Nabi Muhammad Saw melalui perantara malaikat jibril secara berangsur-angsur. Lailatul Qadar merupakan malam yang istimewa di bulan Ramadhan, sehingga dikenal dengan malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Ibnu Karir At-Thabari mengatakan pahala beribadah pada malam tersebut lebih utama daripada malam-malam yang tidak bertepatan pada al-Lail al-Qadr. Artinya banyak kebaikan kebaikan yang akan diberikan pada malam itu. Sesuai dengan firman Allah Swt dalam Al-Qur'an Surah Al- Qadar ayat 1-5 yang artinya "Sesungguhnya kami telah menurunkan Alquran pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari 1000 bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Allah Swt untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar."
    Dikatakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan, bukan berarti seseorang harus menghiraukan malam di bulan-bulan lainnya.

    • Dampak positif yang didapatkan apabila malaikat menyapanya yaitu sebagai berikut
    - Allah Swt membuka lebar-lebar pintu ampunan bagi siapa saja yang meminta ampun kepada-Nya
    - Mendapat keberuntungan karena bisa memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.
    - Malam itu penuh dengan kesejahteraan sampai terbit fajar.
    - Doa doa yang dipanjatkan kepada illahi akan diaminkan oleh malaikat malaikat sehingga mempercepat pengabulan doa.
    - Ibadah dan amalan baik yang dilakukan akan dibalas dengan pahala yang sangat besar.
    - Dan masih banyak lagi dampak positif lainnya yang membawa keberkahan dan kesejahteraan.

    Sekian jawaban dari saya, mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan ataupun terdapat kesalahan dalam menjawab.
    Terimakasih.
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

    BalasHapus
  136. Nama: Fuad Zairofi Prasetyo
    NIM: F1071211035
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1-A2
    Jawaban:
    Malam lailatul qadar
    adalah malam di bulan ramadhan diman setiap amalan dan ibadah yang dikerjakan oleh seorang muslim/islam
    akan dilipat gandakan pahalanya yang bahkan
    melebihi beribadah selama 1000
    bulan lamanya. Pada malam itu turun
    ribuan malaikat dan malaikat Jibril
    dengan izin Allah SWT, untuk mengaminkan doa-doa para umat muslim. Malam itu
    terasa sejahtera sampai terbit
    fajar.

    Dalam Al-Quran:
    "Malam kemuliaan itu lebih baik dari
    seribu bulan. Pada malam itu turun
    malaikat-malaikat dan malaikat Jibril
    dengan izin Tuhannya untuk
    mengatur segala urusan," (QS al-
    Qadr ayat 3-4).

    Dampak positif jika disapa
    Malaikat saat malam Lailatul Qadar
    adalah jiwa dan hati terasa tenang dan damai, dan badan merasa merinding
    Ibadah dan iman kepada Allah SWT
    semakin rajin dan baik dan juga mereka "malaikat" turun
    ke bumi untuk mengaminkan
    doa para umat muslim yang dipanjatkan di
    malam hari hingga terbit fajar.

    BalasHapus
  137. Nama : Gusti Rudianto
    Nim :F1052211003
    Kelas :B1
    Prodi : pendidikan fisika
    Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatu.
    Lailatul Qadar atau yang kerap disebut sebagai malam seribu bulan atau dikenal menjadi momentum paling dicari-cari di bulan Ramadan.Di malam itu, dijanjikan pahala yang setara dengan seribu bulan.Alquran surat Ad Dukhan ayat 3-6 menceritakan saat Lailatul Qadar Alquran kali pertama diturunkan. Sedangkan, pernyataan bahwa Lailatul Qadar setara dengan malam seribu bulan muncul di Alquran surat Al Qadar.
    Lailatul Qadara adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran.Penggunaan Qadar sebagai ketetapan dapat dijumpai pada surat Ad-Dukhan ayat 3-5 : Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami,Pengertian kedua adalah kemuliaan. “Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran.” Surat yang berbicara tentang kaum musyri; Mereka itu tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada masyarakat.Pengertian ketiga adalah Sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr. Penggunaan Qadar untuk melambangkan kesempitan dapat dijumpai pada surat Ar-Ra'd ayat 26.

    Dampak positif manusia saat malaikat menyapanya, yaitu Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  138. Nama : Irvan Ariyansyah
    NIM : F1071211004
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Lailatul Qadar adalah malam ketetapan atau satu malam di bulan ramadhan dimana telah terjadi turunnya Al-Qur'an pada seorang hambaNya yang bernama Muhammad.
    Lailatul qadar telah disebutkan dalam surat Al-Qadar. Di ayat yang ketiga disebutkan bahwa
    "Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan".
    Maksud dari lebih baik dari seribu bulan ialah mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam tersebut, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya.
    Karena pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.

    Dampak positifnya yaitu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi. Dan selain itu juga orang yang beribadah pada malam itu akan mendapatkan kesejahretaan dan ketenangan.

    BalasHapus
  139. Nama : Putri Novahisa
    Nim : F1071211028
    Prodi: pendidikan biologi
    Kelas : 1-A1

    Lailatul Qadar dianggap sebagai malam paling suci tahun ini bagi umat Islam di bulan suci Ramadhan. Lailatul Qadr jatuh dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

    Umat Muslim di seluruh dunia memaksimalkan doa-doa mereka dan memberikan yang terbaik dalam berusaha mencapai keridhaan Allah SWT dan pengampunan atas semua dosa mereka selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

    Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (Al-Quran, 97: 3)

    Keberkahan dan kedamaian menjadi hikmah malam Lailatul Qadar. Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam firmannya yang tertulis di Quran Surat Al-Dukhan ayat 3-5, “ “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.”

    BalasHapus
  140. Nama : WIWIN SULISTYOWATI
    NIM : F1052211002
    Prodi/Kelas : Pendidikan Fisika/PPAPK (IB)
    Hari/Tanggal : Selasa, 09 November 2021

    Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh, disini saya akan menjawab pertanyaan tentang mengapa malam Lailatul Qadar nilainy lbih baik dripada 1000 bulan dan apa dampak positif bagi orang, ketika malaikat menyapa dengan keselamatan untukmu hingga terbit fajar?!

    Sekilas jawaban saya:
    Keistimewaan Lailatul Qadar dijelaskan dalam Alquran surat Al-Qadar. Lailatul Qadar adalah penetapan dan pengaturan sehingga Lailatul Qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia. Pada surat Ad-Dukhan ayat 3-5 : *Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami*
    Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran. Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Karena pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Secara umum usia manusia sekitar 63 tahun, jika orang mendapat lailatul qadar berarti seumur hidupnya mendapat kemuliaan.

    سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
    Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.
    Berikut ini penjelasan tentang dampak positif bagi orang yang berada pada malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh kebaikan. Pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslimin mengerjakan ibadah dan amalan baik dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh.
    Banyak ulama berpendapat bahwa ibadah dan amalan baik yang dilakukan di malam lailatul qadar, akan dibalas dengan pahala yang sangat besar dan dipenuhi dengan keberkahan serta malam lailatul qadar juga dipenuhi dengan kesejahteraan dan kedamaian. Dampak positif selanjutnya ialah dosa umat muslim akan diampuni. Pada malam lailatul qadar, Allah SWT membuka lebar-lebar pintu ampunan bagi siapa saja yang meminta ampun kepada-Nya. Inilah dampak positif atau manfaat bagi orang-orang tersebut. Rugii besar jika orang itu melewatkan malam Lailatul Qadar karena mereka melewatkan kesempatan untuk mendapatkan banyak pahala yang bahkan setara dengan seribu bulan. Demikian dari jawaban saya, jika terdapat kesalahan itu tk lepas dari saya sendiri, dan jika terdapat kebenaran itu datang dari Allah SWT. Wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  141. Nama : Muthia Kumalasari
    NIM : F1071211027
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Bengkayang

    Jawaban :
    1. Karena di malam lailatul qadar tersebut, semua amalan dan ibadah akan dilipatkan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya. Malam Lailatul Qadar adalah malam diturunkannya Al-Qur'an

    2. Orang tersebut akan mendapatkan pahala apabila beribadah pada malam Lailatul Qadar dan pahala yang didapat kan melebihi 1000 bulan beribadah

    BalasHapus
  142. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Nama : Cici Rahmayani
    NIM : F1071211006
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Di antara hari-hari selama bulan Ramadhan ada satu yang istimewa, yakni malam Lailatul Qadar. Malam ini lebih baik dari seribu bulan. Keistimewaan malam Lailatul Qadar dijelaskan Allah SWT dalam surat Al Qadr ayat 1-5. Terutama pada ayat ke 3 surat Al-Qadr yaitu yang artinya "Malam kemuliaan itu lebih baik dari pada seribu bulan"Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.Adapun dampak positif bagi orang yang berpuasa yaitu :
    1.Membentuk pribadi taqwa. Taqwa adalah menjalankan seluruh perintah Allah SWT, dan meninggalkan seluruh larangan Allah SWT (Al Baqarah ayat 183).

    2.Puasa adalah lembaga pengampunan dosa. Nabi SAW bersabda : Siapa yg berpuasa Ramadan dengan dasar iman dan berharap rahmat Allah, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

    Sekian dari saya , mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah, terimakasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh 🙏

    BalasHapus
  143. Nama: Rifka Elsya Suhardi
    NIM: F1071211022
    Kelas: 1-A1

    Satu malam Lailatul Qadar memiliki nilai yang lebih baik dari 1000 bulan. Hal ini dikarenakan Allah yang menurunkan kitab suci Alquran secara menyeluruh ke dunia dari lauhil mahfudz. Alquran disampaikan oleh nabi besar Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama 23 tahun. Oleh karena itu, malam ini banyak dinanti oleh umat muslim.

    Dampak positif bagi orang tersebut adalah merupakan bulan yang semua amal dan ibadah kita dilipatgandankan pahalanya lebih dari 1000 bulan. Malam Lailatul Qadar dirahasiakan oleh Allah SWT. Setiap makhluk hidup tidak mengetahui kapan dagangnya malam mulai tersebut. Doa-doa kita niscaya yang dipanjatkan kepada illahi diaminkan pula oleh para malaikat untuk pengabulan doa tersebut. Sehingga sungguh beruntung orang-orang dimalam Lailatul Qadar.

    BalasHapus
  144. Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

    Nama: Esty Kamalah
    NIM : F1051211020
    Kelas: 1 A1
    Prodi: Pendidikan Fisika

    Sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan adalah waktu yang dinantikan umat Islam. Karena di 10 malam terakhir adalah kesempatan bagi umat Islam bertemu dengan Lailatul Qadar.

    Apa saja keistimewaan malam Lailatul Qadar?

    Malam Lailatul Qadar satu-satunya malam yang dijelaskan secara khusus dalam satu surat Al-quran yakni surat al-Qadr. Dalam surat ini malam Lailatul Qadar disebut lebih baik dari seribu bulan. Artinya jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan.

    "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 3-4).

    Para malaikat pun turun ke bumi dan mengamini doa umat Islam yang dipanjatkan di sepanjang malam itu hingga terbitnya fajar.

    Segala doa yang tidak diterima di waktu-waktu lain akan diterima di malam Lailatul Qadar.

    Begitu besar keutamaan malam Lailatul Qadar. Bahkan Allah SWT merahasiakan turunnya malam Lailatul Qadar ini agar umat Islam bersungguh-sungguh dalam mencarinya di 10 malam terakhir Ramadan. 

    Sekian dari saya,terima kasih.
    Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  145. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Melyani
    nim: F1051211018
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelas: 1 A1

    Masyaallah, Malam Lailatul Qadar adalah malam yang paling mulia diantara malam-malam yang lainnya. Terlebih malam Lailatul Qadar ini terdapat pada bulan yang sangat mulia yakni bulan Ramadhan. Pada bulan ramadhan, terjadi peristiwa mulia pula, peristiwa turunnya Al-Qur'an. Malam Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil terakhir bulan Ramadhan (malam ke-21,23,25,27,dan 29). Dijelaskan dalam firman Allah Qur'an surah Al-Qadar bahwa pada malam itu malaikat akan turun. Qadar disebut lebih baik dari seribu bulan. Artinya jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan.
    Sekian dari saya, Terimakasih. wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  146. Nama : Mandarini Salwa Salsabil
    NIM : F1052211009
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : PPAPK

    bismillahirrahmanirrahim
    Terimaksih pak atas ilmunya bahwa puasa secara istilah adalah menahan diri dari segala sesuatu yg membatalkan puasa, sejak dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

    BalasHapus


  147. Nama : Kurnia Hendra Yani
    NIM : F1051211024
    Kelas : 1 A1
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh jadi menurut saya mengapa malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan karena Alquran surat Ad Dukhan ayat 3-6 menceritakan saat Lailatul Qadar Alquran kali pertama diturunkan. Sedangkan, pernyataan bahwa Lailatul Qadar setara dengan malam seribu bulan muncul di Alquran surat Al Qadar.
    “Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran.” Surat yang berbicara tentang kaum musyri; Mereka itu tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada masyarakat.
    Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  148. Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Nama: Muhammad Fahrizal Arya Pratama
    NIM: F1052211001
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelas: 1B

    lailatulqadar merupakan malam mulia yang lebih baik dari 1000 karena malam itu dipilih sebagai waktu turunnya Al-Qur'an.Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan).
    malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya.
    Dampak positif nya kita harus banyak berdoa beribadah dan beramal baik karena pada malam lailatulqadar para malaikat turun ke bumi. Sehingga amalan amalan yang kita lakukan di ijabah oleh para malaikat aamiin. Jadi marilah perbanyak beribadah dimalam lailatul Qadar karena semua yang Ibadah dimalam itu akan ditingkan 10 kali lipat dan akan diampuni seluruh dosa dan kesalahannya

    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  149. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama: Vera Evriani
    NIM: F1051211007
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelas: 1A1

    dikarenakan pada malam Lailatul Qadar semua amalan baik yang kita lakukan akan dilipat gandakan dan semua dosa yang telah diperbuat pun akan diampuni bahkan bisa melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya. Selain itu malam lailatul qadar merupakan malam yang istimewa ditunggu" oleh semua umat islam dan juga termasuk Nabi Muhammad Saw pada bulan ramadan. Malam lailatul qadar sangat diistimewakan karena pada malam ini ayat " al quran turun. Dan masih banyak lagi keistimewaan dari malam lailatul qadar.

    Cukup sekian yang disampaikan

    Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  150. Nama : Dita Puspita
    NIM : F1051211001
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I A1

    Bismillahirrahmanirrahim,
    Satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan karena di malam itu, dijanjikan pahala yang setara dengan seribu bulan. Pada malam Lailatul Qadar, Allah SWT menurunkan Al-Qur’an secara menyeluruh dari lauhul mahfudz ke langit dunia. Kemudian, Al-Qur’an disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Allah SWT juga menjaga malam ini dari setan-setan yang terkutuk, sehingga menjadikan malam ini penuh rahmat dan ampunan-Nya.

    Oleh karena itu malam Lailatul Qadar disebut lebih baik dari 1000 bulan karena pada malam ini lah segala ibadah yang kita lakukan tidak akan ada kekurangan sebab kebaikan pada malam ini sudah bernilai lebih daripada kebaikan di 1000 bulan. Pada malam ini pula seluruh malaikat turun ke bumi untuk menyapa serta mengaminkan doa orang-orang yang khusyuk beribadah termasuk juga mendo'akan keselamatan mereka hingga terbit fajar. Malam ini pun merupakan malam dimana turunnya risalah Islam untuk disampaikan ke penjuru alam semesta ini melalui Nabi Muhammad SAW.

    BalasHapus
  151. Nama : Filardha Azelia Vallahayil
    NIM : F1071211025
    Kelas : 1 A1
    Prodi : Pendidikan Biologi


    MasyaAllah, terimakasih atas ilmunya pak.
    Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang mulia yang baik digunakan untuk beribadah umat islam. Malam ini kerap dibilang dengan malam seribu bulan. Malam ini juga diperingati sebagai malam turunnya Al-Qur'an.
    Pada surat Al-Dukhan ayat 3-5
    " sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan. "
    " Pada (malam itu) dijelaskan segala urusan yang penuh Hikmah,"
    " (yaitu) urusan dari sisi Kami. Sungguh, Kamilah yang mengutus Rasul-rasul,"
    Di malam Lailatul Qadar, semua amaln dan ibadah akan dilipatkan pahalanya bahkan melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya. Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Carilah lailatul qadar pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari).
    Pada hari yang ditentukan itulah Allah SWT akan menurukan keistimewaan pada umatnya.

    Dampak positif manusia saat malaikat menyapanya, yaitu manusia mendapatkan rahmat, keberkahan serta kesejahteraan. Maka dari itu perbanyaklah ibadah pada malam lailatul qadar serta dzikir di malam hari. Berusahalah sekuat mungkin dan serajin mungkin agar bisa menjadi orang yang beruntung mendapatkan karunia Allah.

    Sekian dari saya
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  152. Bismillahirrahmanirrahim

    Nama : Sri Wahyu Ningsih
    NIM : F1051211002
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1 A1

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    Jelaskan kenapa satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan ? Lalu, apakah dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar !
    Jawaban :
    Karena malam qadar adalah malam turunnya Al-Qur'an dan malam Lailatul Qadar satu-satunya malam yang dijelaskan secara khusus dalam satu surat Al-quran yakni surat al-Qadr. Dalam surat ini malam Lailatul Qadar disebut lebih baik dari seribu bulan. Artinya jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan.

    "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 3-4).

    Dan malam Lailatul Qadar juga malam dimana turunnya malaikat jibril dan malaikat lainnya kebumi untuk menebarkan keselamatan. Para malaikat pun turun ke bumi dan mengamini doa umat Islam yang dipanjatkan di sepanjang malam itu hingga terbitnya fajar.

    Dampak positifnya adalah ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. banyak pahala yang didapat kalau kita mendapatkan dimalam itu, diampuni dosa yang sudah lampau, dan merasakan malam yang tenang.

    Sekian dari saya, terima kasih
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    BalasHapus
  153. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Desi Rianita
    NIM : F107121008
    Kelas : 1 -A1
    Asal : Kabupaten Sambas


    Allah Ta’ala berfirman,

    لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

    “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadar: 3). An Nakho’i mengatakan, “Amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan.” (Lihat Latho-if Al Ma’arif, hal. 341). Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah shalat dan amalan pada lailatul qadar lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar. (Zaadul Masiir, 9: 191). Ini sungguh keutamaan Lailatul Qadar yang luar biasa.
    Alangkah agungnya (kedudukan) malam tersebut dibandingkan malam yang lain, alangkah mulia kebaikannya, dan alangkah melimpahnya keberkahan di malam tersebut. Malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan yang setara dengan 83 tahun dari umur seseorang. Waktu 83 tahun adalah waktu yang lama seandainya seorang muslim menghabiskan waktu tersebut dalam ketaatan kepada Allah ‘azza wa jalla, namun (beribadah pada) malam Al-Qadr lebih baik daripada hal tersebut, inilah (keuntungan) bagi mereka yang menggapai keutamaan dan karunia pada malam tersebut.


    Pada malam yang mulia ini, para malaikat akan lebih banyak turun ke dunia dikarenakan melimpahnya berkah pada malam tersebut, karena malaikat akan turun seiring turunnya berkah, yaitu keselamatan (yang ditebarkan) hingga terbitnya fajar, seluruh kebaikan terkandung dalam malam tersebut, tidak ada keburukan hingga terbitnya fajar. Pada malam ini, segala urusan yang penuh hikmah dirinci, maksudnya segala kejadian selama setahun ke depan ditentukan dengan izin Allah yang Maha Kuasa dan Maha Bijaksana. Penentuan takdir pada malam tersebut adalah penentuan takdir tahunan, adapun penentuan takdir secara umum yang tercantum dalam Lauhul Mahfuzh, maka hal tersebut telah tercatat sejak 50.000 tahun sebelum langit dan bumi diciptakan sebagaimana yang tertera dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

    Sumber: https://muslim.or.id/354-lailatul-qadar.html

    BalasHapus
  154. Nama: Farah Sada Andina
    NIM : F1051211047
    Kelas : IA2
    Prodi : Pendidikan Fisika

    Jawaban:
    Malam lailatul qadar adalah malam yang sangat mulia di bulan Ramadan. Kemuliaan malam itu digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Karena sejarahnya, malam ini merupakan momen dimana Al-Quran diturunkan dari Lauh AL-Mahfuz ke Baitul Izzah atau langit dunia. Pada malam itu para malaikat dan Ruh (Jibril) turun dengan izin Allah SWT. untuk mengatur semua urusan. Secara umum usia manusia sekitar 63 tahun, jika orang mendapat lailatul qadar berarti seumur hidupnya mendapat kemuliaan.
    Dampak positifnya adalah pada malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya. Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya dan mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati. Serta dipenuhi kebajikan dan keberkahan dari permulaan sampai terbit fajar, karena turunnya Al-Qur'an.

    BalasHapus
  155. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Auliasyura Lestari
    NIM : F1051211009
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : I A1

    Jelaskan kenapa satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan ? Lalu, apakah dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar !

    Jawaban :
    Bismillah...

    Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Pada saat itu, siapa yang berdoa dan meminta dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT, maka akan dikabulkan permintaannya. Malam Lailatul Qadar terdapat pada bulan Ramadhan. Bahkan di dalam Al-Qur'an banyak dijelaskan tentang Lailatul Qadar itu sendiri, dimana malam Lailatul Qadar merupakan malam seribu bulan, artinya malam Lailatul Qadar merupakan malam penting yang hanya terjadi pada bulan Ramadhan dan jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan.
    Seperti yang dijelaskan dalam Surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya:

    “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

    Para malaikat turun ke bumi dan mengamini do'a umat Islam yang dipanjatkan dengan sungguh-sungguh di sepanjang malam Lailatul Qadar sampai terbitnya fajar.
    Allah SWT merahasiakan turunnya malam Lailatul Qadar ini agar umat Islam bersungguh-sungguh dalam mencarinya di 10 malam terakhir Ramadan.

    Malam Lailatul Qadar adalah waktu di mana Al Quran diturunkan dari Lauh Mahfudz ke langit dunia untuk dijadikan pedoman sekaligus petunjuk bagi umat manusia. Hal tersebut merujuk pada firman Allah SWT:
    “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam qadar.” (QS. Al Qadr: 1)
    Kemudian, Al-Qur'an diturunkan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril.
    Inilah mengapa malam Lailatul Qadar sangat penuh dengan kemuliaan dan merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

    Dampak positif bagi umat Islam ketika malaikat menyapanya dengan keselamatan untukmu hingga fajar pada malam Lailatul Qadar yaitu, pada malam Lailatul Qadar, umat Islam yang berdo'a dan meminta kepada Allah dengan sungguh-sungguh, maka do'a nya akan dikabulkan Allah SWT. Pada malam Lailatul Qadar ini, para malaikat turun ke bumi dan turut serta mengamini do'a yang umat manusia panjatkan kepada Allah SWT.
    Selain itu, ada beberapa dampak positif lainnya bagi umat Islam pada saat Lailatul Qadar, diantaranya :
    •Mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT
    •Senantiasa selalu beribadah kepada Allah dan melakukan kebaikan.Nilai kebaikannya seakan-akan bertambah hingga 1000 bulan, atau 80 tahun lebih.
    • Allah akan memberikan rahmat kebaikan, ampunan yang luas, dan keselamatan bagi umat muslim dari siksa api neraka.
    •Terkabulnya do'a yang dipanjatkan kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh
    •Terciptanya rasa kedamaian dan ketenangan dalam diri, karena tanda-tanda datangnya malam Lailatur Qadar diantaranya matahari yang bersinar tidak terlalu panas, pada malam hari langit tampak bersih, tenang, tidak panas dan tidak dingin

    Sekian jawaban yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan. Terima Kasih

    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  156. Nama : Muhammad Fhahrul Rizki
    Nim: F1052211008
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Kelas : 1b
    Asal : Kabupaten sambas
    Bismillah Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakahtuh.

    Kenapa malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan, karena ALLAH Azza Wa Jalla yang menyebutkan dalam Al-quran, Allah berfirman dalam Surat Al-Qadr :
    "Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar."

    salah satu yang membuat malam Lailatul Qadar menjadi istimewa adalah karena pada malam ini, diturunkannya Al-Quran sebagai petunjuk manusia untuk menjadi pembeda antara hak dan yang batil, dan juga sebagai petunjuk bagi umat Islam.

    apakah dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar ! doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas di muka bumi.
    Sekian jawaban dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf, wabilahitaufik walhidayah assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

    BalasHapus
  157. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama : Sidik Wijaya
    NIM : F1051211046
    Prodi : Pendidikan Fisika
    Fakultas : FKIP






    Sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan adalah waktu yang dinantikan umat Islam. Karena di 10 malam terakhir adalah kesempatan bagi umat Islam bertemu dengan Lailatul Qadar.

    Apa saja keistimewaan malam Lailatul Qadar?

    Malam Lailatul Qadar satu-satunya malam yang dijelaskan secara khusus dalam satu surat Al-quran yakni surat al-Qadr. Dalam surat ini malam Lailatul Qadar disebut lebih baik dari seribu bulan. Artinya jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan.

    "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 3-4).

    Para malaikat pun turun ke bumi dan mengamini doa umat Islam yang dipanjatkan di sepanjang malam itu hingga terbitnya fajar.

    Segala doa yang tidak diterima di waktu-waktu lain akan diterima di malam Lailatul Qadar.

    Begitu besar keutamaan malam Lailatul Qadar. Bahkan Allah SWT merahasiakan turunnya malam Lailatul Qadar ini agar umat Islam bersungguh-sungguh dalam mencarinya di 10 malam terakhir Ramadan.
    Bagi umat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, keberadaan lailatul qadar ini sangat penting sebab dapat “menambah” umur mereka dalam berbuat kebaikan. Umumnya mereka berumur pendek dibandingkan dengan umat-umat para Nabi terdahulu.

    BalasHapus
  158. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Wilma
    Nim : F1071211012
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Asal : Kabupaten Sambas

    Jawaban
    lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turun para malaikat dan ruh qudus (malaikat jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar’. (QS. Al-Qodar: 1-5)
    Surat Al-Qodar tersebut menerangkan bahwa lailatul qadar adalah malam yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan malam-malam lainnya. Keagungan dan keistimewaan malam Qadar pada dasarnya terletak pada dua hal, yaitu turunnya Al-Qur’an dan turunnya para malaikat dalam jumlah yang besar, termasuk di dalamnya malaikat Jibril. Para malaikat turun di malam itu dengan cahaya yang cemerlang penuh kedamaian dan kesejahteraan. Kedatangan mereka adalah untuk menyampaikam ucapan selamat kepada orang yang telah melaksanakan puasa Ramadhan dan melaksanakan ibadah lainnya dengan penuh keimanan.
    Dampak positif manusia saat malaikat menyapanya, yaitu Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    Sekian jawaban dari saya,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  159. Nama : Elika Agustin
    Nim : f1051211041
    Prodi : pendidikan fisika
    Kelas : 1A 2
    Lailatul Qadar, Malam yang Lebih baik dari Seribu Bulan
    Neli Elislah | Jum'at, 30/04/2021 19:26 WIB
    Lailatul Qadar, Malam yang Lebih baik dari Seribu Bulan
    Bulan
    RADARBANGSA.COM - Malam Lailatul Qadar sering juga disebut dengan malam beribu bulan, adalah malam yang penuh akan keberkahan. Keberkahan Lailatul Qadar ini berganda-ganda karena terletak di bulan yang pernuh berkah pula yaitu Ramadan. Allah ta`ala berfirman:

    شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

    “Bulan Ramadan, yaitu bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Q.S. al-Baqarah [2]: 185)
    Dampak positif manusia saat malaikat menyapanya, yaitu Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya,Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketenangan dalam hati.

    Sekian dari saya
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  160. Nama : Elika Agustin
    Nim : f1051211041
    Prodi : pendidikan fisika
    Kelas : 1A 2
    Lailatul Qadar, Malam yang Lebih baik dari Seribu Bulan
    Malam Lailatul Qadar sering juga disebut dengan malam beribu bulan, adalah malam yang penuh akan keberkahan. Keberkahan Lailatul Qadar ini berganda-ganda karena terletak di bulan yang pernuh berkah pula yaitu Ramadan. Allah ta`ala berfirman:

    شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

    “Bulan Ramadan, yaitu bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Q.S. al-Baqarah [2]: 185)
    Dampak positif manusia saat malaikat menyapanya, yaitu Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya,Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketenangan dalam hati.

    Sekian dari saya
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  161. Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Nama : Doni Hariansah
    NIM : F1071211019
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : IA1
    Asal Daerah : Kabupaten Sambas

    Karena pada malam lailatul qadar turun rahmat Allah SWT dan pada malam tersebut banyak orang-orang berlomba meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah. Hal tersebutlah yang membuat begitu mulia nya malam lailatul qadar yang bernilai lebih baik daripada seribu bulan.
    Allah akan mengampuni segala dosa bagi umat muslim yang menghidupkan malam lailatul qadar di bulan Ramadhan.

    Sekian dari saya
    Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    BalasHapus

  162. Nama : Sulistia Ningsih
    NIM : F1051211035
    Kelas : IA2
    Prodi : Pendidikan Fisika

    LAILATUL Qadar menjadi malam yang dinanti semua umat Muslim. Tak terkecuali Nabi Muhammad sekalipun. Namun, tak ada seorangpun yang tahu kapan Lailatul Qadar muncul. Hal ini sudah menjadi rahasia Allah SWT agar manusia senantiasa tekun beribadah selama bulan suci Ramadhan.

    Malam ini menjadi ‘buruan’ setiap Muslim sebab lailatul qadar adalah lebih baik dari seribu bulan seperti firman Allah dalam Al-Quran: “Malam kemuliaan (lailatul qadar) itu lebih dari seribu bulan,” (QS: Al-Qadar: 3).



    Namun, terkait hal ini para ulama berbeda pendapat mengenai maksud “lebih baik dari seribu bulan” dalam ayat ini. Ibnu Bathal misalnya, dalam Syarah Shahih al-Bukhari mengatakan “Maksud dari ‘lebih baik dari seribu bulan’ ialah mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam tersebut, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya.”

    BalasHapus
  163. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏🏻

    Nama : Ni'mah Rahmayanti
    NIM : F1071211018
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1
    Asal : Kota Singkawang

    Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Allah SWT menyuruh kita untuk meningkatkan ibadah kita pada malam Lailatul Qadar. Banyak sekali ibadah yang bisa kita lakukan pada malam itu, seperti tadarus, berzikir, sholat tahajud, dan lebih banyak lagi ibadah yang bisa kita lakukan pada malam Lailatul Qadar. Oleh sebab itu, kita sebagai umat Islam sudah seharusnya meningkatkan ketakwaan kita, terlebih pada bulan suci Ramadhan.

    Sekian dari saya,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏🏻

    BalasHapus
  164. Nama : Fadhiilah Nur Jannah
    NIM : F1051211027
    Prodi : Pendidikan Fisika angkatan 2021
    Kelas : 1A1
    Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh, MasyaAllah materi yg diberikan bapak. Dan akan menjawab pertanyaan di atas bahwa Lailatul Qadar dianggap sebagai malam paling suci tahun ini bagi umat Islam di bulan suci Ramadhan. Lailatul Qadr jatuh dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan.
    Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (Al-Quran, 97: 3)
    Pada saat itu Allah memberikan pahala yang besar dan diturunkan nya malaikat malaikat Allah SWT atas izin nya . Mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam lailatul qadar, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya. Dampak positifnya adalah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya.

    BalasHapus

  165. Nama : Angel Acum Diarsih
    Nim : F1071211005
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Karna pada ketika malam Lailatul Qadar kita berbuat kebaikan, melaksanakan ibadah kita akan mendapatkan pahala seperti melakukannya selama seribu bulan. Dan Allah telah berjanji kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan malam Lailatul Qadar. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.
    Dan dampak baik bagi orang yang di sapa malaikat adalah dosa dosa yang telah kita lakukan akan di ampuni dan di ganti dengan kebaikan kebaikan.
    Dan doa doa yang di ucapkannya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Dan tak lupa ia akan mendapatkan ampunan.

    BalasHapus
  166. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Sulistyawati
    Nim: F1051211054
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelas: 1A-2

    Lailatul Qadars adalah suatu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran. Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

    Malam Lailatul Qadar yang menjadi malam turunya al-Quran dan para malaikat ke muka buka bumi, tak lain ialah malam yang diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar. Pada malam tersebut, terus berlanjut turun kebaikan, keberkahan, dan para malaikat yang membawa rahmat dari Allah Swt untuk hambanya yang taat, hingga terbitnya fajar. Sebagai malam yang penuh kemuliaan, malam Lailatul Qadar tentunya memiliki keutamaan yang membedakannya dengan malam-malam lain di bulan ramadan. Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat akan turun ke bumi dan memberi syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan Lailatul Qadar. Allah juga akan melapangkan rezeki bagi orang-orang yang senantiasa meminta dengan tulus dan dikehendaki-Nya. Segala amalan baik yang dilakukan di malam Lailatul Qadar akan diberikan pahala berlipat ganda. Sebagai malam yang lebih mulia dari 1000 bulan, malam ini tidak bisa disamakan dengan malam-malam lain.

    Sekian dari saya
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  167. Nama : Galuh Asih Kurniasari
    Nim : F1071211013
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Malam Lailatul Qadar adalah malam yang mulia. Malam Lailatul Qadar yang menjadi malam turunya al-Quran dan para malaikat ke muka bumi. Hikmah atau dampak positif dari malam Lailatul Qadar semoga kita semua dapat keberkahan dari malam Lailatul Qadar.

    BalasHapus
  168. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama: Ayu Tri Wulandari
    Nim: F1071211007
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1-A1

    Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat dinanti oleh setiap umat muslim. Malam Lailatul Qadar sering disebut juga malam seribu bulan.
    Allah SWT berfirman : "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (Al-Quran, 97: 3).
    Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  169. Nama :Wafa Nafiah
    NIM : F1071211204
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A1

    Salah satu yang membuat malam Lailatul Qadar menjadi istimewa adalah karena pada malam ini, diturunkannya Al-Quran sebagai petunjuk manusia untuk menjadi pembeda antara hak dan yang batil, dan juga sebagai petunjuk bagi umat Islam.  Ramadan adalah bulan pernuh berkah dan ampunan Allah SWT. Apalagi Lailatul Qadar yang lebih mulia dari pada seribu bulan. Surat al-Qadr menggambarkan Lailah al-qadr dengan turunnya para malaikat di malam itu untuk mengurus berbagai urusan, dan kedamaian atau kesejahteraan memenuhi malam itu hingga fajar.

    BalasHapus
  170. Ma : Nadia Salsabila
    Nim : f1051211031
    Prodi : pendidikan Fisika
    Kelas : 1a2

    Karena pada malam itu merupakan malam yang penuh dengan keberkahan,karena pada malam itu diturunkan nya Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia antara yang Haq dan bathil ,pada malam ini pahala nya berlipat ganda karena malam ini tedapat di bulan Ramadhan
    شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

    “Bulan Ramadan, yaitu bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Q.S. al-Baqarah [2]: 185)

    Pada malam Lailatul Qadar,seluruh doa umat muslim akan di ijabah oleh Allah,sesuai dengan ayat di bawah ini
    مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

    “Barangsiapa salat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau.” (HR. Imam Bukhari).

    BalasHapus
  171. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama: Lusiana Saputri
    Nim: F1051211021
    Prodi: Pendidikan Fisika
    Kelas: 1A-1

    Lailatul Qadars adalah suatu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran. Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

    Malam Lailatul Qadar yang menjadi malam turunya al-Quran dan para malaikat ke muka buka bumi, tak lain ialah malam yang diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar. Pada malam tersebut, terus berlanjut turun kebaikan, keberkahan, dan para malaikat yang membawa rahmat dari Allah Swt untuk hambanya yang taat, hingga terbitnya fajar. Sebagai malam yang penuh kemuliaan, malam Lailatul Qadar tentunya memiliki keutamaan yang membedakannya dengan malam-malam lain di bulan ramadan. Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat akan turun ke bumi dan memberi syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan Lailatul Qadar. Allah juga akan melapangkan rezeki bagi orang-orang yang senantiasa meminta dengan tulus dan dikehendaki-Nya. Segala amalan baik yang dilakukan di malam Lailatul Qadar akan diberikan pahala berlipat ganda. Sebagai malam yang lebih mulia dari 1000 bulan, malam ini tidak bisa disamakan dengan malam-malam lain.

    Sekian dari saya
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  172. Nama: Tati Arianti
    Nim: F1072211012
    Prodi: Pendidikan Biologi
    Kelas: 1B

    Karena malam Lailatul Qadar adalah malam mulia yang penuh dengan penghormatan dan kesempurnaan, di malam itu Allah menurunkan Al-Quran kepada nabi Muhammad SAW sebagai pedoman sekaligus petunjuk bagi umat manusia. di malam ini juga Allah SWT menetapkan takdir hambanya untuk setahun ke depan. karena itu, kedudukan malam Lailatul Qadar menjadi sangat istimewa di sisi Allah SWT.

    BalasHapus

  173. Nama: Oktaviani Andhika Putri
    NIM: F1072211007
    Kelas :1B (ppapk)

    Malam Qadr juga dikenal dengan malam yang lebih baik dari seribu bulan ( khoyrun min alfi syahrin). Ibnu Jarir At-Thabari mengatakan (pahala) beribadah pada malam tersebut lebih utama daripada malam-malam yang tidak bertepatan pada al-Lail al-Qadr. Artinya banyak kebaikan-kebaikan yang akan diberikan pada malam itu. Jadi, sangat disayangkan jika tidak dipergunakan dengan baik. Dikatakan malam yang lebih baik dari seribu bulan, bukan berarti seseorang harus menghiraukan malam di bulan-bulan lainnya.

    Kalimat lailatul al-qadr dalam ayat di atas diulang kembali setelah ayat pertama, yaitu pada ayat kedua dan ketiga. Padahal, bisa saja pada dua ayat tersebut cukup menggunakan zamir (Pronomina) yang merujuk pada kalimat lailatul al-qadr pada ayat pertama, tanpa mengulangnya pada ayat kedua dan ketiga.

    Hal ini ternyata bertujuan untuk menunjukkan kepada kita akan keagungan malam Lailatul Qadar, sehingga kalimat tersebut perlu diulang agar pesan bahwa keagungan malam Lailatul Qadar tersebut meresap ke dalam hati kita.

    BalasHapus
  174. Nama : Wanda pramita lestari
    Kelas : Ppapk
    NIM : F1072211013
    Prodi : Pendidikan biologi

    Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatu
    Manfaat puasa bagi kesehatan ada beragam, mulai dari menurunkan badan, menjaga kesehatan jantung, hingga memelihara kesehatan mental. Salah satunya adalah karena puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

    BalasHapus

  175. Nama : muhammad abrorza alruni
    NIM : F1051211023
    Prodi : Pendidikan fisika
    Kelas : 1-A1
    Karena Allah Swt berfirman pada surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukan kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.” ini menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalam malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan). Dan dampak positif bagi seseorang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati. Segala amalan baik yang dilakukan di malam Lailatul Qadar akan diberikan pahala berlipat ganda. Sebagai malam yang lebih mulia dari 1000 bulan, malam ini tidak bisa disamakan dengan malam-malam lain.

    BalasHapus
  176. Bismillahirrahmanirrahim..
    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Aulia Anisa
    NIM : F1071211045
    Kelas : 1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Terima kasih atas penjelasannya pak, semoga menjadi amal baik bapak.

    BalasHapus
  177. Bismillah
    Assalamu'alaikum

    Nama : Selvi
    NIM : F1051211043
    Prodi : pendidikan Fisika
    Kelas : 1A2

    Karena Allah Swt berfirman pada surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukan kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.” ini menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalam malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan). Dan dampak positif bagi seseorang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati. Segala amalan baik yang dilakukan di malam Lailatul Qadar akan diberikan pahala berlipat ganda. Sebagai malam yang lebih mulia dari 1000 bulan, malam ini tidak bisa disamakan dengan malam-malam lain.

    BalasHapus
  178. Bismillahirrahmanirrahim…
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Tiara Tis’atun Hasanah
    NIM/Kelas : F1072211001/1-B
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Lailatul Qadar ialah dianggap sebagai malam yang paling mulia bagi umat Islam pada bulan suci Ramadhan. Lailatul Qadar juga disebutkan jatuh pada 10 hari terakhir pada bulan suci Ramadhan, dimana pada 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan ini kebanyakan umat muslim diseluruh dunia lebih memaksimalkan doa-doa nya, membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an dan memberikan yang terbaik supaya bisa mendapat keridhaan dari Allah SWT. Dan memohon pengampunan atas semua dosa yang telah kita perbuat selama ini didunia. Allah SWT berfirman pada Q.S Al-Qadr[97] : ayat 1-5

    BalasHapus
  179. Nama : DODI RISKI
    NIM : F1072221011
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Semester-Kelas : 1-B1

    Jawaban :
    Karena Allah Swt berfirman pada surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukan kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.” ini menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalam malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan). Dan dampak positif bagi seseorang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati.

    BalasHapus
  180. Nama : Dina Wahyuni
    NIM : F1072221007
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelass : PPAPK 1B
    Semester: 1 / Ganjil
    Mata Kuliah: Agama Islam
    Bismilahirohmanirohim
    Satu malam qadar nilainya lebih baik dari pada 1000 bulan karena pada saat itu Allah memberikan pahala yang besar dan diturunkan nya malaikat malaikat Allah SWT atas izin nya . Mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam lailatul qadar, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya. Dampak positifnya adalah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  181. Nama : Haqi Goza Iktibar
    NIM : F1072221005
    Kelas : PPAPK 1B
    Semester : 1/Ganjil
    Mata kuliah : agama islam

    bismillahirrahmanirrahim,Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Mengapa malam lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan?
    Keutamaan malam lailatul qadar yang pertama adalah ia menjadi malam di mana al-Quran yang diturunkan secara berangsur di waktu lain, diturunkan secara langsung di malam lailatul qadar. Hal ini sesuai dengan ucapan Allah dalam ayat berikut "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al Qur’an) pada malam qadar" (QS. al Qadr:1),Keistimewaan malam lailatul qadar yang kedua adalah malam ini menjadi waktu yang lebih afdol dari pada waktu 83 tahun lebih ataupun 1000 bulan.Hal ini sesuai dengan ungkapan yang Allah sampaikan masih dalam surat al Qadr ayat 3, sebagai berikut "Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan." makna waktu yang lebih baik daripada waktu 1000 bulan dijelaskan dalam tafsir Jalalain, pahala yang diperoleh seorang Muslim apabila melakukan ibadah atau kebaikan apapun di malam lailatul qadar, jauh lebih besar serta lebih baik. Sekian penjelasan tentang malam Lailatul Qadar,Terimakasih.
    Wassalamualaikum wr. Wb.

    BalasHapus
  182. Nama : Sinta Putri
    NIM : F1071221034
    Kelas : 1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Malam Lailatul Qadar atau yang disebut sebagai malam 1000 bulan merupakan momentum yang paling dicari di bulan Ramadan. Pada malam lailatul qadar dijanjikan pahala yang setara dengan 1000 bulan. Allah SWT berfirman "Sesungguhnya kami telah menurunkan (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malang kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar" (Q.S Al-Qadr: 1-5). Telah jelas Allah menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan. Malam yang sangatlah baik dan tentulah para hambanya berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala di malam Lailatul Qadar. Pada malam lailatul qadar Para malaikat diutus oleh Allah SWT untuk turun ke bumi dan membagi-bagikan rahmat serta keberkahan bagi manusia yang beribadah dengan sungguh-sungguh di malam itu. Bukan hanya dilipatgandakan pahalanya namun juga diikuti dengan keberkahan dan kesejahteraan, sebab pada malam lailatul qadar Allah SWT juga membukakan pintu ampunan dengan lebar. Tentulah manusia yang taat beribadah dan meningkatkan ibadahnya pada malam lailatul qadar akan memperoleh ampunan. Maka dari itu lailatul qadar merupakan malam yang sangatlah indah bagi para umat muslim.

    Dampak positif yang terjadi ketika malam Lailatul Qadar yaitu di sapa oleh malaikat-malaikat Allah, dan Allah SWT pun menjamin malam Lailatul Qadar dipenuhi dengan keselamatan dan kesejahteraan, Allah SWT berfirman: "Sejahtera (malam itu) sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr: 5)
    Kehadiran malaikat pada malam lailatul qadar bertujuan agar manusia semangat beribadah dan mengamalkan amalan Saleh. Manusia yang berdoa dengan tulus serta mengharapkan ridho dari Allah SWT maka para malaikat akan mendengar dan mengamini doa-doa hamba-Nya.

    Sekian yang dapat saya sampaikan semoga kita semua dapat dipertemukan pada malam lailatul qadar selanjutnya. Aamiin

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  183. NAMA: FANNISA SAFARINI
    NIM: F1071221030
    KELAS: I-A2
    PRODI: PENDIDIKAN BIOLOGI

    1. Jelaskan kenapa satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan ?

    Sesuai firman Allah SWT yang artinya:
    "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 3-4).

    Pahala ibadah pada malam lailatul qadar akan lebih baik daripada ibadah 1000 bulan. Sebab pada malam itu malaikat-malaikat akan turun ke bumi dan mengamini doa umat Islam yang dipanjatkan pada malam itu sampai waktu fajar. Seluruh doa yang tidak diterima pada waktu lain, inshaa Allah akan diterima pada malam itu.

    Apakah dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar !

    Dampak positifnya yaitu ketika orang tersebut disapa oleh malaikat maka akan merasa seakan-akan alam disekitarnya terasa damai. Hatinya juga akan ditenangkan. Doa-doanya inshaa Allah akan diaminkan oleh para malaikat dan dikabulkan oleh Allah. Orang itu juga akan mendapatkan pahala yang lebih baik dari seribu bulan. Maka beruntunglah orang tersebut karena telah mendapatkan malam Lailatul Qadar yang sangat agung.

    BalasHapus
  184. Nama : Fiqri Hidayat
    NIM : F1071221039
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1 A1

    Soal :

    1). Jelaskan kenapa satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan ?

    2). Lalu, apakah dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar !

    Jawaban :

    1). Malam Qadr dikenal dengan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Ibnu Jarir At-Thabari mengatakan (pahala) beribadah pada malam tersebut lebih utama daripada malam-malam yang tidak bertepatan pada al-Lail al-Qadr. Artinya banyak kebaikan-kebaikan yang akan diberikan pada malam itu.
    Ibnu Bathal misalnya, dalam Syarah Shahih al-Bukhari mengatakan “Maksud dari ‘lebih baik dari seribu bulan’ ialah mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam tersebut, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya.”
    Karena malam itu adalah mlam turunnya Al-Quran, dan malam turunnya malaikat Jibril dan malaikat lainnya kebumi untuk menebar keselamatan

    2). Dampak Positif :
    1. Mendapat pahala yang banyak kalau kita mendapatkan malam Lailatul Qadar.
    2. Diampuni dosa yang sudah lampau. Saat orang tobat pada malam Lailatul Qadar digugurkan oleh Allah dosa-dosanya, sehingga dosanya menjadi nol.
    3. Malam menjadi tenang. Hal ini karena saking banyaknya malaikat yang turun

    BalasHapus
  185. Nama : Ita rahmadia
    NIM : F1071221048
    Kelas : 1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Bismillahirrahmanirrahim..
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Jelaskan kenapa satu malam qadar, nilainya lebih baik daripada 1000 bulan? Lalu, apakah dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan keselamatan untukmu hingga terbit fajar!

    ➡️ Malam penuh berkah adalah malamnya Lailatul Qadar. Malam bertabur ampunan Allah, malam di mana Allah membanjiri kita dengan ridho-Nya, dengan keselamatan-Nya. Setiap ibadah yang kita lakukan di malam tersebut nilainya dan pahalanya itu lebih besar di bandingkan dengan amalan yang sama selama 1000 bulan di luar Lailatul Qadar.

    Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :
    "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 3-4).

    Pada malam ini malaikat malaikat turun ke bumi membawa rahmat Allah serta membawa keberkahan bagi kita. Malaikat-malaikat akan berada di sekeliling orang-orang yang sedang melakukan ibadah dan berzikir pada malam ini.

    Syaitan di malam Lailatul Qadar tidak keluar mengganggu kita hingga terbit fajar. Malam Lailatul Qadar bersih dari syaitan.

    ➡️ Dampak positif yang terjadi ketika pada malam Lailatul Qadar di sapa oleh malaikat Allah.

    Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
    "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar."
    (QS. Al-Qadr 97: Ayat 5)

    Pada malam itu malaikat turun ke bumi dan mengamini doa umat Islam yang dipanjatkan di sepanjang malam itu hingga terbit fajar. Selain itu, suasana di malam Lailatul Qadar lebih hangat dan sejuk daripada sebelumnya.
    “Para ulama tafsir menyebutkan bumi seakan-akan sesak oleh para malaikat, sehingga suasananya menjadi teduh dan nikmat. Peristiwa tersebut hanya akan terjadi hingga fajar tiba” jelas Ustadz Adi Hidayat.
    Malam Lailatul Qadar dipenuhi dengan keselamatan dan kebaikan tanpa ada keburukan di dalamnya dan syaitan pada malam Lailatul Qadar tidak dapat melakukan keburukan atau gangguan.

    BalasHapus
  186. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Nama: Ade Irma Suryani
    NIM: F1071221005
    Kelas:1A1
    Prodi: Pendidikan Biologi

    karena pada saat malam lailatul qadar semua amalan baik yang kita lakukan akan dilipatgandakan bahkan bisa melebihi beribadah selama 1000 bulan lamanya. malam lailatul qadar merupakan malam yang paling istimewa dan ditunggu-tunggu oleh semua umat islam dan juga termasuk Nabi Muhammad Saw pada bulan ramadan karena malaikat berbondong-bondong turun untuk mengabulkan doa kita dan turunya ayat Al-qur'an. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan malam lailatul qadar, adapun hal-hal yg membuat kita tidak bisa mendapatkan malam lailatul qadar yaitu
    1. Kemusyrikan (menduakan Allah swt)
    2.kesombongan yaitu,menolak kebenaran dan merendahkan orang lain
    3.memutuskan silahturahim, dan
    4. Durhaka kepada orang tua

    Adapun manfaat yg dapat kita rasakan yaitu akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan, kedamaian, ketenangan hati dan tidak ada keburukan di dalamnya, mulai dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar.

    Waalaikumsalam warahmatullahi wabatokatuh

    BalasHapus
  187. Nama : Nur Alfiatun Nikmah
    NIM : F1071221038
    Kelas : 1-A2
    Pendidikan Biologi

    Di bulan suci ramadhan terdapat malam lailatul qadhar di mana amalan ibadah dilipat gandakan pahalanya jika kita menjalankannya. Maksud dari lailatul qadar ‘lebih baik dari seribu bulan’ ialah mengerjakan amalan yang diridhai dan disukai Allah SWT di malam tersebut, seperti shalat, do’a, dan sejenisnya, lebih utama dibandingkan beramal selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadhar di dalamnya.”

    Dampak positif bagi orang pada malam lailatul qadar hingga terbit fajar ketika malaikat menyapanya ialah malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

    BalasHapus
  188. Nama : Nova Siswanti Adtya
    NIM : F1071221003
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Jawab.
    1. Lailatul Qadar adalah malam ketetapan, lailatul qadar adalah satu malam di bulan ramadhan dimana telah terjadi turunnya Al-Qur'an pada seorang hambaNya yang bernama Muhammad.
    Lailatul qadar telah disebutkan dalam surat Al-Qadar. Di ayat yang ketiga disebutkan bahwa:

    لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ ۙ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ

    Artinya: Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

    Karena Para malaikat pun turun ke bumi dan mengamini doa umat Islam yang dipanjatkan di sepanjang malam itu hingga terbitnya fajar dan Segala doa yang tidak diterima di waktu-waktu lain akan diterima di malam Lailatul Qadar. Menurut Hadist "Barang siapa yang pada malam lailatul qadar mengerjakan ibadah dan berdoa dengan penuh keimanan yang dipersembahkan semata-mata untuk Allah, akan diampuni dari segala dosanya yang terdahulu dan yang akan datang." (HR Ahmad dan Thabrani). Pada malam itu Allah hanya menentukan keselamatan dan kesejahteraan bagi makhluknya. Para malaikat juga turun secara bergelombang sambil membawa rahmat, kebaikan, salam, dan berkah dari Allah. Pada malam itu pula, tiap kali berjumpa dengan orang beriman, para malaikat pasti mengucapkan salam kepadanya.

    BalasHapus
  189. Nama : Naya Uzzahra
    NIM : F1071221058
    Prodi : Pendidikan Biologi
    Kelas : 1-A2

    Malam Lailatul Qadar disebut sebagai malam seribu bulan yaitu malam yang penuh kemuliaan. Karena bulan ramadan penuh rahmah, barakah, maghfirah bagi hamba yang berpuasa di siang harinya, malamnya ada suatu malam bernilai lebih baik daripada 1.000 bulan, misalnya seperti : menunaikan shalat tarawih dan shalat malam lainnya, rajin membaca Alquran, banyak berzikir atau beristighfar, bersedekah, hingga melakukan I’tikaf di masjid untuk mendapatkan keutamaannya. Malam itu juga merupakan malam turunnya Al-Quran, Allah telah mengatur dan menetapkan perjalanan dan strategi bagi Nabi Muhammad untuk menyebarkan dan mengajak umatnya ke jalan atau agama yang benar. Pada malam itu juga merupakan malam turunnya malaikat Jibril dan malaikat lainnya ke bumi untuk menebar keselamatan.

    سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
    Terjemahan:
    “Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.”
    Dampak positif bagi orang yang mendapatkan sapaan dari malaikat dengan "keselamatan untukmu hingga terbit fajar!" adalah seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati.

    BalasHapus
  190. Nama : LATIFAH PUJI LESTARI
    NIM : F1071221020
    Kelas : I-A2

    Lailatul Qadar atau kerap disebut sebagai malam seribu bulan atau dikenal sebagai momentum paling dicari-cari di bulan ramadhan. Dimalam itu dijanjikan pahala yang setra dengan seribu bulan. Lailatul Qadar adalah malam ketetapan, lailatul qadar adalah satu malam di bulan Ramadhan dimana telah terjadi turunya Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Lailatul Qadar telah disebut dalam surat Al-Qadar ayat ke-3 yang artinya “malam kemuliaan itu lebih baik dari pada seribu bulan”. Karena pada malam itu turun para malaikat dan malaikat jibril dengan izin Allah untuk mengatur semua urusan. Dalama surah Ar-Ra’ad ayat 26 yang artinya “ Lailatul Qadar dapat juga diartikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang bekenendak untuk medapatkan bagian dari pelimbahan keutamaan itu. Keutamaan ini bardasarkan nilai lailatul qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Jika seseorang mendapat kan malam lailatul qadar berarti seumur hidup mendapatkan kemuliaan.

    Dampak positif bagi seseorang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati.

    BalasHapus

  191. Nama : Farida
    NIM : F1071221018
    Kelas : 1-A2
    prodi: Pendidikan Biologi

    pada malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan.
    "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 3-4).
    Para malaikat pun turun ke bumi dan mengamini doa umat Islam yang dipanjatkan di sepanjang malam itu hingga terbitnya fajar. ketika malaikat menyapanya, yaitu pada malam itu suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya, doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat, doa akan terkabul, Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat pada malam lailatul qadr.

    BalasHapus
  192. Nama : Tri Elyza Handayani
    Nim : F1071221047
    Kelas : 1-A1
    Prodi : Pendidikan Biologi
    1. Karena Allah Swt berfirman pada surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukan kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.” ini menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalam malam diturunkanya Al-Qur’an, Allah Swt menjelaskan bahwa malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga ketika kita beribadah dan berbuat kebaikan pada malam itu, maka nilain kebaikanya lebih baik daripada seribu bulan (83 tahun 4 bulan).
    2. dampak positif bagi seseorang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati.

    BalasHapus
  193. Nama: Dian Risti
    NIM: F1071221054
    Kelas: IA2
    Prodi: Pendidikan Biologi

    Lailatul Qadar kenapa disebut malam kemuliaan.malam Lailatul Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan.
    Karena di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.
    Dan dampak positif bagi seseorang mendapatkan salam "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Dari malaikat maka seseorang tersebut akan diselimuti keselamatan, keamanan, keberkahan, dan kebaikan. Tidak ada keburukan di dalamnya, dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar serta timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati

    BalasHapus

  194. Nama : Eli Delima
    Kelas : 1-A1
    NIM : F1071221035
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Jelaskan kenapa satu malam qadar, nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan?
    - Karena, malam Lailatul Qadar satu-satunya malam yang dijelaskan secara khusus dalam satu surat Al-quran yakni surat al-Qadr. Dalam surat ini malam Lailatul Qadar disebut lebih baik dari seribu bulan. Bulan Ramadan penuh rahmah, barakah, maghfirah bagi hamba yang berpuasa di siang harinya.
    Artinya jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari seribu bulan.

    Apakah dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan untukmu hingga terbit fajar !
    -Para malaikat pun turun ke bumi dan mengamini doa umat Islam yang dipanjatkan di sepanjang malam itu hingga terbitnya fajar. Sebagaimana di jelaskan surah Al-Qadr ayat 5 yang artinya "Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar."

    BalasHapus
  195. Nama:delvia uliyanda
    Nim:F1071221024
    Prodi:pendidikan biologi 2022
    Kelas:A2

    Mengapa malam lailatul qadar disebut sebagi malam lebih baik dari 1000 bulan?karena,malam lailatul qadar adalah malam yang sangat mulia, langit membawa keberkahan.keutamaan malam lailatul qadar adalah turunnnya al-qur'an,malam yang lebih baik dari seribu bulan,malaikat turun kebumi,penghapusan dosa,malam penuh berkah,dan malam ditetapkannya takdir.dampak positif dari malam lailatul qadar adalah udara dan angin tenang,matahari akan terbit dengan keadaan jernih,diampuninya dosa-dosa yang telah berlalu.

    BalasHapus
  196. NAMA: INEKE LAILI RAMADHINI
    NIM: F1071221026
    KELAS: 1-A2
    PRODI: Pendidikan Biologi

    Malam Lailatul Qadar malam yang lebih baik dari 1000 bulan karena bertepatan dengan sejarah turunnya Alquran di zaman Nabi. Oleh sebab inilah, malam Lailatul Qadar menjadi titik tolak dari semua kemuliaan yang dapat diraih.
    Malam Lailatul Qadar satu-satunya malam yang dijelaskan secara khusus dalam satu surat Al-quran yakni surat al-Qadr. Dalam surat ini malam Lailatul Qadar disebut lebih baik dari seribu bulan. Artinya jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan.
    "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 3-4).
    Para malaikat pun turun ke bumi dan mengamini doa umat Islam yang dipanjatkan di sepanjang malam itu hingga terbitnya fajar. Segala doa yang tidak diterima di waktu-waktu lain akan diterima di malam Lailatul Qadar.
    Begitu besar keutamaan malam Lailatul Qadar. Bahkan Allah SWT merahasiakan turunnya malam Lailatul Qadar ini agar umat Islam bersungguh-sungguh dalam mencarinya di 10 malam terakhir Ramadan.








    BalasHapus
  197. Nama : Amalia Putri Shalihat
    NIM : F1071221028
    Kelas : 1-A2
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Dalam surat Al-Qadr malam Lailatul Qadar disebut lebih baik dari seribu bulan. Artinya jika kita beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahala yang didapat lebih baik dari ibadah seribu bulan. Karena malam itu adalah malam turunnya Al-Quran, dan malam turunnya malaikat Jibril dan malaikat lainnya kebumi untuk menebar keselamatan.
    Dampak positif bagi orang tersebut, ketika malaikat menyapanya dengan, keselamatan hingga terbit fajar ialah Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, An Nasa'i, dan Ahmad). tubuh terasa Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya. Timbul kedamaian dan ketengangan dalam hati.
    Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah swt akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya.





    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN