UAS MATA KULIAH SPI 2

UAS MATA KULIAH SPI 2 
Dosen : H. Ma'ruf H. Zahran, S.Ag, M.Ag

Nama
NIM
Kelas
Semester

SOAL
1. Apakah perbedaan renaissance di Eropa ketika berhadapan face to face doktrin gereja tentang alam dengan kemajuan ilmu pengetahuan di dunia Islam dalam hubungannya dengan ajaran agama Islam ? Uraikan ! (skor maksimal 10).

2. Imperialisme barat telah menyengsarakan tatanan sejarah, kebudayaan dan peradaban kaum muslimin. Terbukti rasa rendah dan hina diri (inferiority) di kalangan kaum terpelajar dan sarjana muslim sewaktu memandang barat (superiority). Pengaruh kekuasaan (hegemony) barat telah berhasil menanamkan, menumbuhsuburkan generasi Islam Phobia melalui Beasiswa Kuliah di Eropa. Tetapi masih sangat sedikit yang tersadarkan, bahwa barat tidak selamanya benar. Demikian juga timur tidak selamanya salah. Di tengah percaturan dunia hari ini yang ditilik dari alur sejarah. Bagaimanakah saudara memandang kisruh problematika timur - barat, Islam - Kristen ? Jelaskan ! (skor nilai maksimal 10).

3. Penjajahan berkedok kemanusiaan, jujurkah ? Hubungkan uraian narasimu dengan tujuan 3 M (Mercenary, Missionary, Military), atau tujuan 3 G (Gold, Gospel, Glory). (skor nilai maksimal 10).

4. Jelaskan perbedaan modernisasi dengan westernisasi. Lalu, jelaskan dampak modernisasi dan dampak westernisasi ! (skor nilai maksimal 10)

Notes : Soal ini untuk seluruh kelas Program Studi PAI (9 kelas).

Komentar

  1. Nama: Reza Bahtiar
    Nim: 12001159
    Kelas: PAI 3H
    Dosen Pengampu: Siti Fatimah Zahro, M.Pd

    Jawaban UTS Sejarah Peradaban Islam 2 : ...........................................................

    No.1> Istilah perluasan wilayah merupakan suatu negara dengan menduduki (sebagian atau seluruhnya) wilayah negara lain. sejarahnya, di zaman al-Walid itu, Musa ibn Nushair memperluas wilayah kekuasaannya dengan menduduki Aljazair dan Maroko. Selain itu, ia juga menyempurnakan penaklukan ke daerah-daerah bekas kekuasaan bangsa Barbardi Pegunungan-pegunungan sehingga mereka menyatakan setia dan berjanji tidak akan membuat kekacauan-kekacauan seperti yang pernah mereka lakukan sebelumnya. Kemudian Gelombang
    perluasan wilayah berikutnya muncul pada masa pemerintahan Khalifah Umar ibn Abdil Aziz
    tahun 99 H/717 M, dengan sasarannya menguasai daerah sekitar pegunungan Pyrenia dan Prancis
    Selatan. Gelombang kedua terbesar dari penyerbuan kaum muslimin yang geraknya dimulai pada permulaan abad ke-8 M ini, telah menjangkau seluruh Spanyol dan melebar jauh ke Prancis
    Tengah dan bagian² penting dari Italia.
    Kemudian istilah pembebasan, pembebasan adalah proses, cara, perbuatan membebaskan
    Sejarah nya, Islam begitu diterima di wilayah-wilayah taklukannya. Sebab, penguasa Muslim ketika membebaskan suatu wilayah akan memerdekakan rakyat setempat dari penindasan rezim yang zalim. Tak mengherankan bila kemudian mereka berbondong-bondong memeluk Islam tanpa dipaksa.Itu pula yang tampak dari Pembebasan Andalusia. Sebelum terjalin koalisi Ceuta dan Umayyah, masyarakat Iberia terbelenggu oleh kekuasaan yang tidak adil.

    No. 2> (a) Respon saya terhadap kekuasaan Khalifah daulah Turkey Usmaniyah ini tidak la sesuai dengan dengan hukum politik karena pada zaman itu mereka ingin menguasai Eropa dan kekhalifahan di hancurkan oleh Turkey Usmaniyah karena keputusan yang ingin penguasa luas itu tersebut.
    (b) Analisia dari kemunduran yang saya dapatkan ialah
    Tidak adanya ideologi pemersatu
    Maksudnya yaitu pada suatu kelompok etnis non Arab sering merusak perdamaian karena salah dalam pemberian dan pengunaan istilah kepada para mukalaf. Dan dalam persoalan ekonomi yang pada saat itu ilmu pengetahuan lebih gencar di kembangkan di bandingkan bidang perekonomian.sehingga pada saat itu terjadi lah kesulitan ekonomi yang akhirnya berpengaruh pada bidang politik dan militer. Dan pada kemajuan nya yaitu pada saat kejatuhan konstantinopel setelah organ,sultan yang berkuasa yakni Sultan Murad I pada tahun 1360 dan pada saat itu Turki Usmani merebut kekuasaan itu tersebut yang dari awal mula nya ibu kota byzantium. Pada saat konstantinopel di jadikan ibu kota oleh Turki Usmani namanya di ganti menjadi Istanbul. Bersambung...

    BalasHapus
  2. No. 3> (a) Bidang keagamaan
    murid-murid tarekat Shafawiyah berubah menjadi tentara yang teratur, fanatik dalam kepercayaan dan menentang setiap orang yang bermahzab selain syi'ah dinasti Shafawi memperluas geraknya dengan menambah kegiatan keagamaan.
    (b) Bidang politik
    Tarekat ini diberi nama Tarekat Shafawiyah yang di ambil dari nama pendirinya Safi al-Din (1252-1334 M), dan nama Shafawi itu terus dipertahankan sampai Tarekat ini menjadi gerakan politik.
    (c) Bidang ekonomi
    Kemajuan ekonomi Dengan demikian Safawiyah menguasai jalur perdagangan antara Barat dan Timur. Di samping sektor perdagangan, Safawiyah juga mengalami kemajuan dalam bidang pertanian.
    (d) Bidang pengetahuan
    Sepanjang sejarah Islam Persia dikenal sebagai bangsa yang telah berperadaban tinggi dan berjasa mengembangkan ilmu pengetahuan.
    (e) Kemajuan bidang seni arsitektur ditandai dengan berdirinya sejumlah bangunan megah yang memperindah Isfahan sebagai ibu kota kerajaan ini.Unsur lainnya terlihat dalam bentuk kerajinan tangan, keramik, permadani dan benda seni lainnya.

    No 4> (a) Hal itu di sebabkan sejumlah faktor, pertama sedikit nya penopang penaklukan muslim di India, komunitas muslim merupakan sekelompok kecil tentara yang tidak di dukung sebagian besar penduduk. Umat Islam membentuk sebuah elite, politik tetapi tidak mampu menguasai seluruh negeri.
    (b) Di Indonesia, Islam menyebar dengan damai tidak seperti di timur tengah, Afrika Utara dan Asia Selatan, dimana penyebaran Islam berada di bawah kekuasaan sebagai akibat dari penaklukan Arab Gujarat di kenal dengan pedagang dan pebisnis yang berani mengambil risiko yang tidak akan ragu untuk bepergian Kepada daerah yang jauh untuk mencari mata pencaharian mereka.
    (c) Kerajaan Mughal yang bercorak Islam di India, keberadaan kerajaan ini dalam periodisasi sejarah Islam di kenal sebagai masa kejayaan kedua setelah kejayaan dinasti Abbasiyah. India sekarang menunjukkan kenaikan angka partisipasi politik terlepas dari siasat kecurigaan dan bahkan menganalisis umat Islam belakangan ini di beberapa level yang di terapkan pemerintah India di bawah kepemimpinan. Hal ini tentu tidak terlepas dari geopolitik yang melanda kekuasaan Islam di berbagai wilayah itu tersebut. Dalam fakta nya bahwa justru Islam membangkitkan di kawasan Asia ketika itu, salah satunya di anak benua India. Gerakan pembaharuan yang dilakukan oleh ulama-ulama muslim yang berada di India, dimana kelima tokoh ( Syah Waliyullah, Sayyid Ahmad Khan, Muhammad Iqbal, Muhammad Ali Jinnah, dan Abu a‟la al-maududi) melakukan gerakan perubahan yang sangat mendasar dan bahkan menjadi pondasi terjadinya sebuah negara. Kelima tokoh tersebut muncul dalam kurun waktu yang berbeda dan tak jarang mereka saling menginspirasi satu sama lainnya. Menjadi sebuah kekuatan yang dikombinasikan sesuai
    dengan pemikannya masing-masing. Pembaharuan yang mereka lakukan diberbagai bidang meliputi aspek agama, sosio politik, pendidikan, serta seni dll. Kesemuanya bisa diterima masyarakat India pada waktu itu. Kelima tokoh tersebut diatas berpijak pada al-Quran dan hadis sebagai acuan yang pertama dalam melakukan pembaharuan. Dan penggunaan akal sehat sangat didukung oleh kelima tokoh tersebut diatas. Optimalisasi peran akal sangat dianjurkan agar ummat Islam tidak berada dalam kejumudan dan khurafat.

    Sekian dan terimakasih........
    Wallahu a'alam bisawaf........

    BalasHapus
  3. Nama : Wanda pramita lestari
    Kelas : Ppapk
    NIM : F1072211013
    Prodi : Pendidikan biologi

    Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatu

    Syahadat merupakan asas dan dasar dari lima rukun Islam, juga sebagai ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam Dua kalimat syahadat adalah kunci untuk masuk ke dalam alam keselamatan (Islam) dan dengan kalimat itu pula manusia dimasukkan ke dalam surga. Jika kalimat ini menjadi kalimat ucapan terakhir dalam hidup duniawi, maka dia pasti masuk surga

    Waalaikumsalam warahmatulahi wabarakatu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN