Nabi Besar Muhammad SAW (Masa Mekah) - Ustadz H. Ma'ruf H. Zahran, S.Ag, M.Ag


 Sejarah Peradaban Islam I - Nabi Besar Muhammad SAW (Masa Mekah)
Oleh : Ustadz H. Ma'ruf H. Zahran, S.Ag, M.Ag

Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.

Bumi tempat tinggal Adam hingga ajal kematiannya, bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi. Untuk menuntun mereka supaya damai, Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, penggiat dan pejuang risalah. Masa ke masa berputar dengan cepat. Singkat kata, Idris hingga Ibrahim, Allah kisahkan mereka dalam Al Quran bertebaran surah dan ayatnya. Pasca Ibrahim, dunia  menjadi terbelah dua, hingga kini napas sesak perebutan hegemoni geo religi, geo ekonomi, geo politik, bahkan konflik batas negara seakan tidak pernah mengenal kata damai.

Ismail dan Ishak menjadi dua simbol dua dunia yang terpisah. Mulai dari keyakinan siapa yang disembelih itu ? Ismail atau Ishak ? Sampai kepada siapa yang paling berhak dalam kepemilikan Al Aqsa (banu Ismail atau banu Ishak) ? Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). Belakangan, Sarahpun dianugerahi Allah SWT putra. Ishak inilah kemudian masa memiliki keturunan yang banyak dari anaknya, Yakub. Yakub bin Ishak memiliki dua belas anak dari istri pertama, serta dua anak dari istri kedua (Yusuf dan Benyamin). Yusuf ini kelak yang menjadi Nabi dan Raja Mesir. Selanjutnya kekerabatan Bani Israil lah yang memegang amanah wahyu dari Allah SWT menjadi Rasul dan Nabi. Ayyub, Syuaib sebagai ayah mertua Musa, Harun saudara Musa. Keluarga Imran juga diangkat Allah SWT menjadi Nabi di kalangan Bani Israil, Zakaria, Yahya, Isa putra Maryam, Maryam binti Imran. Berkesinambungan dzuriyat para Nabi telah Allah SWT sebutkan di dalam Taurat, Zabur, Injil dan diakumulasi seluruh kisah tentang mereka dalam Al Quran Al Karim.

Mengejutkan dunia timur dan barat tatkala dari banu Ismail diangkat Allah SWT menjadi Nabi. Padahal, garis Ismailiyah ke bawah tidak ada tradisi kenabian, bahkan status Hajarpun sebagai hamba sahaya  yang diberi hak merdeka oleh Ibrahim dan Sarah. Keduanya  merupakan pemegang otorita Palestina. Baik Ibrahim, Sarah dan Ishak terkubur dibumi yang dijanjikan memiliki keberkatan Tuhan (Al Aqsa).

Sedari awal, bayi Ismail sudah terpisah dari situs kenabian, dimana saat itu Palestina negeri terjauh dari Bakkah (nama lama untuk Mekah) artinya daratan yang cekung (landai). Cemburu Sarah terhadap Hajar, berakibat Hajar dan bayi Ismail terusir hingga ke Bakkah, tanah tandus yang tiada siapa dan tiada apapun jua.

Jarum jam berjalan terus tiada kenal kata henti, tiba saat yang menyedihkan, bayi Ismail menangis kehausan, karena kehabisan bekal. Sementara sang Ayah (Ibrahim) belum kunjung datang setelah mengantar mereka untuk kali pertama. Peristiwa sa'i adalah monumen bersejarah menapaktilasi perjuangan Sarah, walau sekarang sulit untuk kita hayati dan resapi. Sebab, saat ini sa'i sudah dilaksanakan di gedung layaknya hotel ber - ac.

Singkat kata, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air). Daya pikat tersendiri ketika Bakkah menjadi lumbung air penciri ada kehidupan di tengah gurun sahara. Inilah yang membuat pesona tersendiri daerah yang oase (wadi) sebagai embrio hayati baik bagi insani, hewani dan nabati. Sungguh benar janji Allah SWT yang Maha Agung memelihara hambaNya.

Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.

Skenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M). Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.

Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad). Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.

Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya. Ketertolakan Nabi Muhammad SAW karena baginda membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas. Aktifitas perdagangan dan jasa berpondasi tauhid, ada larangan mengicuh dalam timbangan, ada larangan kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN), ada larangan sistim ekonomi ribawi (membungakan uang), pemenuhan terhadap hak kerja pegawai, dan sebagainya. Aktifitas sosial berbasis tauhid supaya menghilangkan kelas-kelas di masyarakat, kasta dan stratifikasi sosial berdasarkan jenis pendidikan, jenis pekerjaan, jenis agama maupun jenis kelamin. Kesetaraan nilai (equal librium) inilah yang diperjuangkan Nabi, bahwa manusia adalah sama di mata Allah SWT (musawah). Aktifitas pendidikan, berupa kemitraan guru dan siswa, saling melayani dan menyayangi, bukan mengabdi kepada teori, tapi kedua insan pembelajar ini mengabdi kepada Allah SWT. Aktifitas politik berbasis tauhid adalah bersih dari sogok menyogok, bersih dari transaksional dan saling mempengaruhi antara penguasa dan pengusaha untuk kepentingan segelintir orang atas nama regulasi. Atas nama regulasi saling menindas (homo homini lupus). Disamping itu, larangan menumpuk kekayaan tanpa peduli lingkungan sekitar dengan ancaman neraka. Tugas profetik (kenabian) inilah yang mengundang gelombang protes besar - besaran.

Kalau hanya ibadah private yang disampaikan kepada ummat, Nabi tidak begitu sengit untuk dimusuhi, bahkan diusir oleh kaumnya. Justru agama ini mendobrak kultur pemberhalaan pada harta dan duniawi, melawan dinasti kemapanan sosio politik ekonomi yang telah berlangsung ratusan tahun, menggugat konsentrasi hak atas penguasaan tanah dan proferti hanya pada sekitar orang sehingga menjadi kuasa bisnis hulu - hilir, eksport - inport, otomatis membuat ketidakberdayaan ekonomi rakyat serta pemiskinan secara struktural.

Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Giat dan gigih Rasul Muhammad SAW bercita cetak biru (blue print) masyarakat yang beradab, bukan masyarakat suci.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama (unity of human) telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku  untuk kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui,  maha mengenal".

Penghapusan kasta aristokrat dan kasta borjuis upaya pertama priode Makkiyah tentang kewajiban pembebasan budak belian atau hamba sahaya, baik melalui regulasi denda (kafarat) atau regulasi ibadah yang tinggi mutu. Upaya freedom periode Makkiyah terus berlanjut sampai periode Madaniyah hingga hari ini. Mengusung tema dakwah dengan kampanye bahwa manusia adalah sama rata seperti gigi sisir. Tidak diperkenankan merasa termulia, terhormat, tertinggi, terpuji dari pada yang lain. Sesama hamba Allah SWT harus saling menolong, berbuat baiklah seperti Allah telah berbuat baik kepadamu. Nilai - nilai luhur agung dari Allah SWT ketika disampaikan akan menimbulkan perlawanan dari mereka yang sudah lama berada di zona nyaman, mereka terus ingin mempertahankan dinasti hak kepemilikan dalam penimbunam harta.

Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT. Awal ayat mengenai pembacaan alam raya (iqra'), kemudian berakhir pada perintah : dan bersujud, dan mendekatlah (kepada Allah). Allah SWT pemilik Al Quran dengan asmaNya maha tahu bahwa yang mendustakan Islam adalah kebanyakan yang merasa diri terpelajar.

Nasehat pedas saat mereka diminta menanggalkan status primordial seperti orang kaya, orang pintar, orang mulia, orang bermartabat, orang terpelajar, orang terpandang lalu dipakaikan kepada mereka busana kehambaan yang rendah hati. Pemberontakan kepada Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya semakin menjadi-jadi. Pemberontakan tersebut mengambil corak penyiksaan, pengusiran, pembaikotan hingga pembunuhan. Dalam sejarah Makkiyah, penderitaan terbesar bagi Nabi dan sahabat adalah pembaikoitan selama tiga tahun, embargo makanan, obat, menghilangkan status warga sipil, dikeluarkan dari silsilah suku Quraisy, tidak ada hak jual beli, tidak ada hak untuk menikah atau dinikahi, tidak mendapatkan hak perlindungan sebagai warga kota Mekah, dikeluarkan dari kota, puncaknya hidup terlunta-lunta di padang pasir. Masa pilu yang sangat menyedihkan menyayat hati Nabi dan sahabat dinamakan kelompok yang tidak berhak mendapatkan kasih sayang (juila syakhsun ghairu marhum) bahkan tidak diakui sebagai manusia (persona non grata).

Dalam kondisi tersulit teramat perih, Allah SWT menghibur kekasihNya, Muhammad SAW dan para sahabat. Beruntun ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti  kamu mendapat (kemenangan) dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Bukankah kamu dahulu Kami dapati  yatim, maka Allah menyelamatkan. Dahulu kamu sesat lalu Kami beri petunjuk. Dahulu kamu miskin lalu Kami kayakan." Al Insyirah juga surah yang bernada membujuk dan menghibur Nabi saat topan derita melanda, Bukankah Allah telah melapangkan kesempitan dadamu. Dan Kamipun telah meringankan beban dirimu, yang memberatkan punggungmu, dan Kami tinggikan sebutan namamu, maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan."

Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Nabi dan sahabat tidak enak - enakan tidur di atas katil. Tidak berpesta meminum anggur dan delima, tidak menikmati bulan purnama, tapi terus berjuang hingga tetesan darah terakhir dengan prinsip agama Allah SWT menjulang tinggi atau aku akan mati bersama sahabat.

Pada musim haji suku Arab jahiliyyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib serta telah terdengar nama Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, tapi dianiaya oleh kaumnya sendiri. Bersembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk Islam beserta janji setia membela Nabi dan para sahabat.

Dua perjanjian setia sehati sehidup semati  diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

Komentar

  1. Assalamualaikum wr wb
    Nama : Yasser defansa
    Kelas : 2E
    NIM : 12001361

    Air zam zam dulu di beri nama oleh hajar yang berasal dari ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air. Dahulu perdagangan masih jujur sekali tidak ada kata sogok menyogok, dan sekarang sedikit yang melaksanakn hal itu. 13 periode mekkah sudah nabi Muhammad lewati, allah swt menyuruh nabi Muhammad dan para sahabat agar meninggalkan tanah air mereka mencari tempat yanh sunur untuk tumbuh dan berkembang nama islam. Pada musim sukj arab jahiliyah yang berpapasan dengan tahun ke 13 nabi dtang seorang kafilah dari yatsrib dia mendengar telah dtang nabi akhir zaman yang tinggal di mekah dan dianiaya oleh kaumnya sendiri, dengan sembunyi sembunyi mereka menemui nabi dan menyatakan masuk islam serta janji Setia nabi dan para sahabat. Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : boy Sandi
    Nim : 12001256
    Kelas : 2G

    Poin penting yang bisa diambil dari tulisan Bapak ialah

    1. Melaksanakan semua perintah Allah subhanahu wa ta'ala Meskipun terasa sangat berat.
    2. Meyakini bahwa semua keputusan Allah Subhanahu Wa Ta'ala adalah yang terbaik dan mengandung hikmah dibaliknya.
    3. Skenario Allah adalah yang terbaik sutradara terbaik menguji setiap skenario Allah adalah yang terbaik sutradara terbaik menguji setiap manusia tak terkecuali para utusan-nya sesuai kadar kemampuan hamba-nya manusia tak terkecuali para utusan-nya sesuai kadar kemampuan hambanya.
    4 siksaan dan penderitaan yang dihadapi oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan para sahabat yang beriman. Dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menjadi jaminan bahwa Allah ingin membersihkan hati mereka yang bergabung dalam Islam.
    5. Dengan adanya pemboikotan ini telah tercegah orang-orang yang busuk hatinya ke dalam agama Islam.

    BalasHapus
  4. Nama: Muhammad Andi in'am
    Nim:12001205
    Kelas: 2F

    5 point penting Nabi Besar Muhammad SAW (Masa Mekah):

    1.Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.

    2).Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). datang Singkat kata, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air).Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.

    3).Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).

    4).Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama (unity of human) telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui, maha mengenal".

    5).Beruntun ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti kamu mendapat (kemenangan) dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Bukankah kamu dahulu Kami dapati yatim, maka Allah menyelamatkan. Dahulu kamu sesat lalu Kami beri petunjuk.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Nanda Tiara
    NIM : 12001135
    Kelas : 2 Dalam

    1. Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air) pada air yang mengalir dari tumit bayi Ismail.
    2. Pasca Ibrahim, dunia terbelah menjadi dua.
    3. Sarah dan Ishak terkubur dibumi yang dijanjikan memiliki keberkatan tuhan (Al Aqsa).
    4. Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turun wahyu secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.
    5. Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tetapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Nama saya Risky Azis
    Kelas 2 E PAI


    1. Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.
    2. Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.
    3. Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.
    4. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta
    5. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    BalasHapus
  8. Nama: kurnita
    Nim:12001240
    Kelas:2f PAI

    Poin penting nabi Muhammad Saw (masa mekah)

    *Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai.
    * Ismail dan Ishak menjadi dua simbol dua dunia yang terpisah. Mulai dari keyakinan siapa yang disembelih itu ? Ismail atau Ishak ? Sampai kepada siapa yang paling berhak dalam kepemilikan Al Aqsa (banu Ismail atau banu Ishak) ? Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). Belakangan, Sarahpun dianugerahi Allah SWT putra.
    *Sedari awal, bayi Ismail sudah terpisah dari situs kenabian, dimana saat itu Palestina negeri terjauh dari Bakkah (nama lama untuk Mekah) artinya daratan yang cekung (landai).
    *Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).
    Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya.
    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    BalasHapus
  9. Nama: Hari Rachmawan
    Kelas: 2F PAI
    NIM: 12001065

    1. Nabi Adam bersama istrinya, mereka berdua telah melanggar berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumii

    2.Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, penggiat dan pejuang risalah. Masa ke masa berputar dengan cepat.

    3.Disini kita sudah bisa memahami dengan banyak sejarah para Nabi dan Rasul-nya salah satu kisah pada nabi Adam as dengan kesalahan nya beliau di keluarkan dari surga dan di tempat kan di bumi dan berpisah dengan sang istri.

    4.Pada musim haji suku arab jahiliah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian datang kafilah dari yastrib mereka bersembunyu dan menemui nabi untuk menyatakan masuk islam beserta berjanji membela Nabi dan para sahabat

    5.Bisa kita simpulkan bahwa jika sudah larangan jangan lah dicoba untuk melakukannya karena akan beresiko terhadap diri kita sendiri.

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Zainul Mustofa
    NIM : 12001266
    Kelas : 2 G

    1. Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air) pada air yang mengalir dari tumit bayi Ismail.
    2. Pasca Ibrahim, dunia terbelah menjadi dua.
    3. Sarah dan Ishak terkubur dibumi yang dijanjikan memiliki keberkatan tuhan (Al Aqsa).
    4. Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turun wahyu secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.
    5. Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tetapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.

    BalasHapus
  11. NAMA : LELY HERLINA
    NIM : 12201120
    KELAS :1D
    SEMESTER : 1
    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.

    Bumi tempat tinggal Adam hingga ajal kematiannya, bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi. Untuk menuntun mereka supaya damai, Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, penggiat dan pejuang risalah. Masa ke masa berputar dengan cepat. Singkat kata, Idris hingga Ibrahim, Allah kisahkan mereka dalam Al Quran bertebaran surah dan ayatnya. Pasca Ibrahim, dunia menjadi terbelah dua, hingga kini napas sesak perebutan hegemoni geo religi, geo ekonomi, geo politik, bahkan konflik batas negara seakan tidak pernah mengenal kata damai.
    Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Nabi dan sahabat tidak enak - enakan tidur di atas katil. Tidak berpesta meminum anggur dan delima, tidak menikmati bulan purnama, tapi terus berjuang hingga tetesan darah terakhir dengan prinsip agama Allah SWT menjulang tinggi atau aku akan mati bersama sahabat.

    Pada musim haji suku Arab jahiliyyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib serta telah terdengar nama Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, tapi dianiaya oleh kaumnya sendiri. Bersembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk Islam beserta janji setia membela Nabi dan para sahabat.

    Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  12. Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Bumi tempat tinggal Adam hingga ajal kematiannya, bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi. Untuk menuntun mereka supaya damai, Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, penggiat dan pejuang risalah.Singkat kata, Idris hingga Ibrahim, Allah kisahkan mereka dalam Al Quran bertebaran surah dan ayatnya. Pasca Ibrahim, dunia menjadi terbelah dua, hingga kini napas sesak perebutan hegemoni geo religi, geo ekonomi, geo politik, bahkan konflik batas negara seakan tidak pernah mengenal kata damai.

    Ismail dan Ishak menjadi dua simbol dua dunia yang terpisah. Mulai dari keyakinan siapa yang disembelih itu ? Ismail atau Ishak ? Sampai kepada siapa yang paling berhak dalam kepemilikan Al Aqsa (banu Ismail atau banu Ishak) ? Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia).Mengejutkan dunia timur dan barat tatkala dari banu Ismail diangkat Allah SWT menjadi Nabi. Padahal, garis Ismailiyah ke bawah tidak ada tradisi kenabian, bahkan status Hajarpun sebagai hamba sahaya yang diberi hak merdeka oleh Ibrahim dan Sarah. Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.Skenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M). Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.

    Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya.Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Giat dan gigih Rasul Muhammad SAW bercita cetak biru (blue print) masyarakat yang beradab, bukan masyarakat suci.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya.Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT. Awal ayat mengenai pembacaan alam raya (iqra'), kemudian berakhir pada perintah : dan bersujud, dan mendekatlah (kepada Allah). Allah SWT pemilik Al Quran dengan asmaNya maha tahu bahwa yang mendustakan Islam adalah kebanyakan yang merasa diri terpelajar.Dalam kondisi tersulit teramat perih, Allah SWT menghibur kekasihNya, Muhammad SAW dan para sahabat. Beruntun ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti kamu mendapat (kemenangan) dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Bukankah kamu dahulu Kami dapati yatim, maka Allah menyelamatkan.S

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Nama : Muhammad Fahrul Ramadhan
    NIM : 12201004
    Kelas : 1A PAI (Semester 1)

    1. Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.

    2. Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.

    3. Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.

    4. Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    5. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    BalasHapus
  16. Nama : maulidiatul jannah
    Kelas : 1a pai
    Nim : 12201003
    Dari yang telah saya baca hikmah yang dapat kita ambil
    1.Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air) pada air yang mengalir dari tumit bayi Ismail.
    2. Pasca Ibrahim, dunia terbelah menjadi dua.
    3. Skenario Allah adalah yang terbaik sutradara terbaik menguji setiap skenario Allah adalah yang terbaik sutradara terbaik menguji setiap manusia tak terkecuali para utusan-nya sesuai kadar kemampuan hamba-nya manusia tak terkecuali para utusan-nya sesuai kadar kemampuan hambanya.
    4 siksaan dan penderitaan yang dihadapi oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan para sahabat yang beriman. Dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menjadi jaminan bahwa Allah ingin membersihkan hati mereka yang bergabung dalam Islam.
    5. Dengan adanya pemboikotan ini telah tercegah orang-orang yang busuk hatinya ke dalam agama Islam.

    BalasHapus
  17. Nama : Thasya Adawiyah
    Nim : 12201046
    Kelas : 1B
    Semester : 1

    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.Mengejutkan dunia timur dan barat tatkala dari banu Ismail diangkat Allah SWT menjadi Nabi. Padahal, garis Ismailiyah ke bawah tidak ada tradisi kenabian, bahkan status Hajarpun sebagai hamba sahaya yang diberi hak merdeka oleh Ibrahim dan Sarah. Keduanya merupakan pemegang otorita Palestina. Baik Ibrahim, Sarah dan Ishak terkubur dibumi yang dijanjikan memiliki keberkatan Tuhan (Al Aqsa).Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. NAMA : Fikry Ali Syahbana
    NIM :12201031
    KELAS: 1A
    1. Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.
    2.Dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan “zam-zam” (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air) Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail.Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka’ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.
    3.Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M).Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.
    4. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman
    5. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    BalasHapus
  20. Nama : rasti
    Nim : 12201162
    Kelas : 1 E
    Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT. Awal ayat mengenai pembacaan alam raya (iqra'), kemudian berakhir pada perintah : dan bersujud, dan mendekatlah (kepada Allah). Allah SWT pemilik Al Quran dengan asmaNya maha tahu bahwa yang mendustakan Islam adalah kebanyakan yang merasa diri terpelajar.Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Nabi dan sahabat tidak enak - enakan tidur di atas katil. Tidak berpesta meminum anggur dan delima, tidak menikmati bulan purnama, tapi terus berjuang hingga tetesan darah terakhir dengan prinsip agama Allah SWT menjulang tinggi atau aku akan mati bersama sahabat.
    Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Nama: Siti zahrani
    Nim:12201064
    Kelas:1b PAI
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
    Masa Mekkah
    Bumi tempat tinggal Adam hingga ajal kematiannya.bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan,inilah sunnatullah kondisi kehidupan dimuka bumi.
    Berkesinambungan dzuriyat para nabi telah Allah SWT sebutkan didalam taurat,Zabur, Injil,dan Al Qur'an Al Karim.
    Dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih,hajar mengatakan "zam-zam"(bahasa Ibrani yg artinya berkumpullah membentuk sumur mata air).
    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad Saw adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Masa makkiyah yang dituntut ulama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina Dina, lalu pengetahuan yang diperoleh hanya apa yang diajarkan Allah SWT.
    Pada musim haji suku Arab jahiliah yang bersertaan dengan tahun ke 13 kenabian,datanglah kafilah dari yatsrib serta telah terdengar nabi akhir zaman yang tinggal di Mekkah tapi dianiaya oleh kaum sendiri.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Nama : sendi
    Kelas : 1E
    Nim :12201180

    Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT. Awal ayat mengenai pembacaan alam raya (iqra'), kemudian berakhir pada perintah : dan bersujud, dan mendekatlah (kepada Allah). Allah SWT pemilik Al Quran dengan asmaNya maha tahu bahwa yang mendustakan Islam adalah kebanyakan yang merasa diri terpelajar.Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Nabi dan sahabat tidak enak - enakan tidur di atas katil. Tidak berpesta meminum anggur dan delima, tidak menikmati bulan purnama, tapi terus berjuang hingga tetesan darah terakhir dengan prinsip agama Allah SWT menjulang tinggi atau aku akan mati bersama sahabat.
    Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  25. Nama: Rizka Amanda
    Nim : 12201157
    Kelas :1E
    Semester 1

    5 point penting Nabi Besar Muhammad SAW (Masa Mekah):

    1.Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.

    2).Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). datang Singkat kata, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air).Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.

    3).Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).

    4).Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama (unity of human) telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui, maha mengenal".

    5).Beruntun ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti kamu mendapat (kemenangan) dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Bukankah kamu dahulu Kami dapati yatim, maka Allah menyelamatkan. Dahulu kamu sesat lalu Kami beri petunjuk.

    BalasHapus
  26. Nama: Anggi Rahmi putri
    Nim:12201148
    Kelas:1E
    Prodi:Pai

    Kesejahteraan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengantarkan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Bumi tempat tinggal Adam hingga akal kematiannya, bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi.
    Bumi tempat tinggal Adam hingga ajal kematiannya, bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi.Ismail dan Ishak menjadi dua simbol dua dunia yang terpisah. Mulai dari keyakinan siapa yang disembelih itu ? Ismail atau Ishak ? Sampai kepada siapa yang paling berhak dalam kepemilikan Al Aqsa (banu Ismail atau banu Ishak) ? Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). Di kota Mekkah dan Madinah Allah turunkan wahyu secara berangsur-angsur selama 23 tahun, 2 bulan, 22 hari.
    Dalam berdakwah banyak yang menghalangi Nabi, karena beliau tidak hanya menyampaikan untuk dirinya sendiri serta keluarga namun ke seluruh umat manusia.

    BalasHapus
  27. Nama :ire Annisa
    Nim :12201156
    Kls :1E.PAI
    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.
    Ismail dan Ishak menjadi dua simbol dua dunia yang terpisah. Mulai dari keyakinan siapa yang disembelih itu ? Ismail atau Ishak ? Sampai kepada siapa yang paling berhak dalam kepemilikan Al Aqsa (banu Ismail atau banu Ishak) ? Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia).Mengejutkan dunia timur dan barat tatkala dari banu Ismail diangkat Allah SWT menjadi Nabi. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    BalasHapus
  28. Nama: Sucy Ramadani
    Nim: 12201161
    Kelas: 1E

    Dari tulisan bapak bisa saya simpulkan 5 poin penting:
    1).Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.

    2).Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). datang Singkat kata, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air).Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.

    3).Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).

    4).Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama (unity of human) telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui, maha mengenal".

    5).Beruntun ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti kamu mendapat (kemenangan) dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Bukankah kamu dahulu Kami dapati yatim, maka Allah menyelamatkan. Dahulu kamu sesat lalu Kami beri petunjuk.

    BalasHapus
  29. Nama: Laili
    Nim:12201153
    Kelas:PAI 1E
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    sudah lama berada di zona nyaman, mereka terus ingin mempertahankan dinasti hak kepemilikan dalam penimbunam harta.
    Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT. Awal ayat mengenai pembacaan alam raya , kemudian berakhir pada perintah : dan bersujud, dan mendekatlah . Allah SWT pemilik Al Quran dengan asmaNya maha tahu bahwa yang mendustakan Islam adalah kebanyakan yang merasa diri terpelajar.
    Nasehat pedas saat mereka diminta menanggalkan status primordial seperti orang kaya, orang pintar, orang mulia, orang bermartabat, orang terpelajar, orang terpandang lalu dipakaikan kepada mereka busana kehambaan yang rendah hati. Pemberontakan kepada Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya semakin menjadi-jadi. Pemberontakan tersebut mengambil corak penyiksaan, pengusiran, pembaikotan hingga pembunuhan. Dalam sejarah Makkiyah, penderitaan terbesar bagi Nabi dan sahabat adalah pembaikoitan selama tiga tahun, embargo makanan, obat, menghilangkan status warga sipil, dikeluarkan dari silsilah suku Quraisy, tidak ada hak jual beli, tidak ada hak untuk menikah atau dinikahi, tidak mendapatkan hak perlindungan sebagai warga kota Mekah, dikeluarkan dari kota, puncaknya hidup terlunta-lunta di padang pasir. Masa pilu yang sangat menyedihkan menyayat hati Nabi dan sahabat dinamakan kelompok yang tidak berhak mendapatkan kasih sayang bahkan tidak diakui sebagai manusia .
    Dalam kondisi tersulit teramat perih, Allah SWT menghibur kekasihNya, Muhammad SAW dan para sahabat. Beruntun ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti kamu mendapat dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Bukankah kamu dahulu Kami dapati yatim, maka Allah menyelamatkan. Dahulu kamu sesat lalu Kami beri petunjuk. Dahulu kamu miskin lalu Kami kayakan." Al Insyirah juga surah yang bernada membujuk dan menghibur Nabi saat topan derita melanda, Bukankah Allah telah melapangkan kesempitan dadamu. Dan Kamipun telah meringankan beban dirimu, yang memberatkan punggungmu, dan Kami tinggikan sebutan namamu, maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan."
    Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Nabi dan sahabat tidak enak - enakan tidur di atas katil. Tidak berpesta meminum anggur dan delima, tidak menikmati bulan purnama, tapi terus berjuang hingga tetesan darah terakhir dengan prinsip agama Allah SWT menjulang tinggi atau aku akan mati bersama sahabat.
    Pada musim haji suku Arab jahiliyyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib serta telah terdengar nama Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, tapi dianiaya oleh kaumnya sendiri. Bersembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk Islam beserta janji setia membela Nabi dan para sahabat.
    Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  30. Nama : Muhammad adib azmi
    Nim : 12201169
    Kelas : 1E



    Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).
    Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya.
    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    Berikut ini 5 point penting Nabi Besar Muhammad SAW (Masa Mekah):

    1.Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.

    2).Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). datang Singkat kata, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air).Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.

    3).Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).

    4).Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama (unity of human) telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui, maha mengenal".

    5).Beruntun ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti kamu mendapat (kemenangan) dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Bukankah kamu dahulu Kami dapati yatim, maka Allah menyelamatkan. Dahulu kamu sesat lalu Kami beri petunjuk.

    BalasHapus
  31. Nama : Tira Mauliza
    Nim : 12201007
    Kelas : 1A PAI

    Kesimpulan ;
    Allah menciptakan nabi Adam, kemudian diberikannya istri yaitu hawa. Namun Adam dan istrinya melanggar perjanjian hingga diturunkan ke muka bumi. Bumilah yang menjadi tempat tinggal dan pencarian nafkah, Allah mengutus nabi sebagai penyampai dan pejuang risalah. Singkat kata Idris hingga ibrahim Allah kisahkan dalam Al Qur'an dengan surah dan ayat yang bertebaran.

    Ismail dan Ishak menjadi dua simbol yang terpisah dua dunia yang terpisah. Ismail lahir dari rahim hajar yang dinikahi Ibrahim atas permintaan Siti Sarah karena dikira tidak bisa hamil. Lalu pada akhirnya Sarah di anugerahi putra yang bernama Ishak. Kemudian Ishak memiliki keturunan yang banyak, Yakub. Yakub memiliki dua belas anak dari istri pertama, dan dua anak dari istri kedua (yusuf dan Benyamin). Yusuf menjadi nabi dan raja di Mesir, selanjutnya kerabat Bani Israil memegang amanah wahyu dari Allah menjadi rasul dan nabi Ayub. Syuaib sebagai ayah mertua Musa, Harun sebagai saudara musa,lalu keluarga Imran di angkat menjadi nabi dari kalangan Bani Israil yaitu Zakariya, Yahya, dan Isa.

    Pada kisah ismail, satu ketika bayi Ismail kehausan namun Ibrahim tak kunjung tiba, singkat cerita dari tumit nabi Ismail mengalir air yang jernih, hajar ibu Ismail berkata "zam-zam" yang artinya berkumpullah membentuk sumber mata air. Berkembang pesatnya sejarah nabi Ismail ini hingga turun temurun sampailah kepada nabi Muhammad.

    Ada sebuah nota yang dititipkan pada nabi Muhammad bahwa nabi akhir zaman bukan. Membawa ajaran baru tapi meluruskan penyimpangan akidah, yang telah lama sesat dari jalan Allah. Sosok nabi Muhammad banyak dakwahnya yang tertolak. Namun tidak menggugurkan semangat beliau dalam menyiarkan islam.

    Kalau hanya ibadah private yang disampaikan pada umat maka nabi tidak begitu sengit dimusuhi bahkan di usir kaumnya.

    Agama Islam yang turun dari Allah dan disampaikan pada Rasulullah adalah agama yang memiliki tataan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Yang mana didalam Islam adanya toleransi dll.

    Manusia adalah sama rata dihadapan Allah tanpa perbedaan kasta yang membedakan mereka hanyalah takwa

    Dalam sejarah makkiyah penderitaan terbesar nabi adalah pemboikotan yang mana, masa pilu ini sangat menyayat hati nabi dan Sabahat nya. Hingga Allah menguburnya dengan dua ayat yang turun berurutan yaitu ad Dhuha dan Al insyirah untuk menghibur nabi dari derita yang melanda. Yang mana Allah janjikan setiap kesulitan pasti ada kemudahan.
    Terdapat dua perjanjian yaitu perjanjian aqabah 1 dan perjanjian aqabah 2. Yang di namakan baiat Ar Ridwan. Modal inilah nabi Muhammad hijrah meninggalkan Mekah, kota tercintanya menuju madinah

    BalasHapus
  32. Nama : wahyu kurniawan
    Kelas : 1E
    Nim. :12201152
    Ketika dimasa mekah terdapat suatu kisah yakni pada nabi ismail yang lahir setelah ibu dan ayahnya belum diksi keturunan selama beberapa tahun. Makanh sudah dikenal sebelum nabi lagit. Agama islam yang turun dari allah melalui malaikat jibril dan disampaikan kepada nabi muhammad adalah agama yang tesebsr diseluruh dunia dan rahmat bagi seluruh semesta

    BalasHapus
  33. Nama: Syafitriningsih
    NIM: 12201014
    Kelas: 1A
    Poin yang penting yaitu
    - Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.
    - Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). Peristiwa sa'i adalah monumen bersejarah menapaktilasi perjuangan Sarah, walau sekarang sulit untuk kita hayati dan resapi. Sebab, saat ini sa'i sudah dilaksanakan di gedung layaknya hotel ber - ac. Singkat kata, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air).
    - Skenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M). Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.
    -Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad). Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.
    - Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT. Awal ayat mengenai pembacaan alam raya (iqra'), kemudian berakhir pada perintah : dan bersujud, dan mendekatlah (kepada Allah). Allah SWT pemilik Al Quran dengan asmaNya maha tahu bahwa yang mendustakan Islam adalah kebanyakan yang merasa diri terpelajar.

    BalasHapus
  34. Nama:Wulan meilani putri
    Kelas :1E
    Nim :12201147

    Allah menciptakan nabi Adam, kemudian diberikannya istri yaitu hawa. Namun Adam dan istrinya melanggar perjanjian hingga diturunkan ke muka bumi. Bumilah yang menjadi tempat tinggal dan pencarian nafkah, Allah mengutus nabi sebagai penyampai dan pejuang risalah. Singkat kata Idris hingga ibrahim Allah kisahkan dalam Al Qur'an dengan surah dan ayat yang bertebaran.

    Di kota Mekkah dan Madinah Allah turunkan wahyu secara berangsur-angsur selama 23 tahun, 2 bulan, 22 hari.
    Dalam berdakwah banyak yang menghalangi Nabi, karena beliau tidak hanya menyampaikan untuk dirinya sendiri serta keluarga namun ke seluruh umat manusia.

    BalasHapus
  35. NAMA: Husna yayni
    NIM. : 12201150
    Klas 1EMakkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama. Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.
    Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Ismail dan Ishak menjadi dua simbol dua dunia yang terpisah. Ishak inilah kemudian masa memiliki keturunan yang banyak dari anaknya, Yakub. Yusuf ini kelak yang menjadi Nabi dan Raja Mesir.
    Selanjutnya kekerabatan Bani Israil lah yang memegang amanah wahyu dari Allah SWT menjadi Rasul dan Nabi. Padahal, garis Ismailiyah ke bawah tidak ada tradisi kenabian, bahkan status Hajarpun sebagai hamba sahaya yang diberi hak merdeka oleh Ibrahim dan Sarah. Baik Ibrahim, Sarah dan Ishak terkubur dibumi yang dijanjikan memiliki keberkatan Tuhan . Sedari awal, bayi Ismail sudah terpisah dari situs kenabian, dimana saat itu Palestina negeri terjauh dari Bakkah artinya daratan yang cekung .
    Cemburu Sarah terhadap Hajar, berakibat Hajar dan bayi Ismail terusir hingga ke Bakkah, tanah tandus yang tiada siapa dan tiada apapun jua. Jarum jam berjalan terus tiada kenal kata henti, tiba saat yang menyedihkan, bayi Ismail menangis kehausan, karena kehabisan bekal. Inilah yang membuat pesona tersendiri daerah yang oase sebagai embrio hayati baik bagi insani, hewani dan nabati. Sungguh benar janji Allah SWT yang Maha Agung memelihara hambaNya.
    Skenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi hingga masehi . Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah dan ayat-ayat kitabiyah datangnya Nabi yang ditunggu . Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT. Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam.
    Ketertolakan Nabi Muhammad SAW karena baginda membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas. Kesetaraan nilai inilah yang diperjuangkan Nabi, bahwa manusia adalah sama di mata Allah SWT . Tugas profetik inilah yang mengundang gelombang protes besar - besaran.

    BalasHapus
  36. Wagini
    1E
    Semester 1
    Bumi adalah tempat tinggal adam hingga keturunannya
    Dan bumi juga tempat untuk mencari nafkah ya Allah mengutus para nabi ke muka bumi untuk menuntun mereka ke jalan yang damai dan benar. Nabi Ishaq dan nabi Ismail menjadi dua simbol dua dunia yang terpisah. Bani Ismail diangkat Allah swt menjadi nabi, sedangkan dari garis islamailiyah ke bawah tidak ada tradisi kenabian sehingga mengejutkan bagi dunia timur dan barat.
    Dijadikannya Muhammad sebagai nabi membuat para keturunan Bani Ishaq membenci kalangan Bani Ismail. Kebanyakan Bani Ismail menolak dakwah nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam, karena nabi Muhammad membawa ajaran tauhid yang utuh, dan mengesakan Allah di segala aktivitas.
    Agama Islam yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dan yang diajarkan oleh Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah agama yang merefrom tatanan dunia baru Islam bagi seluruh umat manusia.
    Setelah melewati 13 tahun di kota Mekah dengan segala ancaman teror dan juga banyaknya para sahabat yang menjadi sahabat kemudian Allah menyuruh nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan para sahabat untuk meninggalkan kota kelahiran mereka yaitu kota Mekah. Setelah nabi hijrah pun masih tetap banyak penolakan terhadap dakwah nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Nama:Wulan Meilani Putri
    Kelas:1 E
    Nim: 12201147

    Suku Quraisy memiliki dua keluarga besar, Hasyim dan Umayyah. Yang pertama memiliki sifat jauh lebih mulia dibanding yang terakhir. Dari keluarga Hasyim lah Muhammad lahir. (Quraish Shihab, Lentera Hati, Bandung, Mizan, 1994, 48-51).

    Betapapun kutipan di atas dimaksudkan untuk membantah pendapat bahwa Muhammad diturunkan di Mekkah karena bangsa tersebut paling bejat, namun secara tidak langsung kita telah mendeskripsikan konstelasi politik tingkat dunia ketika Islam lahir, kondisi Mekkah sebagai tempat perdagangan, ciri umum penduduk Mekkah dan kebiasaannya berdagang ke luar Mekkah, suku dan dua keluarga besar (klan) dalam masyarakat Mekkah. Ini semua menjadi bekal bagi kita untuk memahami konteks sosio-religius pada periode Mekkah.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Nama : Zaki Ferdiansyah
    Nim : 12201164
    Kelas : 1 E
    *Bismillahirrahmanirrahim*
    1. Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.
    2.Dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan “zam-zam” (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air) Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail.Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka’ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.
    3.Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M).Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.
    4. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman
    5. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    BalasHapus
  41. Nama : Depi Sapitri
    Nim : 12201149
    Kelas: 1E
    Semester: 1

    Dakwah Nabi Muhammad SAW berisikan ajakan kepada semua umat agar meninggalkan kejahiliyahan. Sehingga menjadi umat yang percaya akan kebenaran adanya Allah SWTAjaran yang Rasul sampaikan agar bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dakwah yang Rasul lakukan tidaklah semudah seperti yang anda bayangkan.Ada banyak rintangan yang menghadang hingga menuju kemenangan. Dalam agama Islam terdapat dengan adanya Nabi yang bertugas sebagai utusan Allah SWT agar bisa menuntun umat ke jalan yang benar.Selain itu, Rasulullah SAW dibantu oleh para sahabatnya melakukan usaha-usaha nyata agar terwujud persaudaraan sesama umat Islam dan terbentuk masyarakat madani di Madinah. Sedangkan dakwah yang ditujukan kepada orang-orang yang belum masuk Islam bertujuan agar mereka bersedia menerima Islam sebagai agamanya, mempelajari ajaran-ajarannya dan mengamalkannya, sehingga mereka menjadi umat Islam yang senantiasa beriman dan beramal saleh, yang berbahagia di dunia serta sejahtera di akhirat.
    Strategi yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam dakwah menyebarkan agama Islam antara lain:
    1. Membangun masjid sebagai pusat ibadah dan dakwah.
    2. Membangun ekonomi rakyat dengan membangun pasar yang tidak jauh dari masjid.
    3.Mempersaudarakan Kaum Muhajirin dan Anshar.
    4. Piagam Madinah.
    Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya. Ketertolakan Nabi Muhammad SAW karena baginda membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas. Aktifitas perdagangan dan jasa berpondasi tauhid, ada larangan mengicuh dalam timbangan, ada larangan kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN), ada larangan sistim ekonomi ribawi (membungakan uang), pemenuhan terhadap hak kerja pegawai, dan sebagainya.

    BalasHapus
  42. Nama: Mita Hardiyanti
    Nim:12201002
    Kelas:1 a Pai

    Terdapat beberapa poin penting yaitu
    -Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.

    -Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). datang Singkat kata, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air).Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.

    -Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).

    -Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama (unity of human) telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui, maha mengenal".

    -Beruntun ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti kamu mendapat (kemenangan) dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Bukankah kamu dahulu Kami dapati yatim, maka Allah menyelamatkan. Dahulu kamu sesat lalu Kami beri petunjuk.

    BalasHapus
  43. Nama: Habib Al idris nasution
    Kelas : 1E
    Nim   : 12201173
    Prodi : PAI
    Semester : 1
    Matkul : sejarah peradaban islam

    Sejarah tidak berawal dari ruang kosong tapi telah ada. Allah Ta'ala yang menciptakan sejarah itu mulai dari awal penciptaan Nabi Adam sampai pada qiamat nanti. Dai Nabi adam diciptakan di syurga sampai diusir di surga hingga menetap di bumi menjadi khalifah hingga anak cucunya membangun sebuah peradaban semuanya diatur oleh Allah Ta'ala. Muka bumi merupakan tempat tinggal Nabi adam sampai anak cucunya dan juga merupakan tempat mencari nafkah dan juga tempat perintah dan kewajiban untuk menjauh apa segala larangan dari Allah. Dari Nabi adam Nabi idris hingga Nabi Ibrahim sampai Nabi Muhammad diantara semua itu mempunyai umat dan pasti ada saja permusuhan penyebabnya diantaranya politik, religius bahkan konflik antar umat beragama. Nabi ismail dan Nabi ishak merupakan dua simbol dunia terpisah yang mana keturunan Nabi ishak merupakan turunan dari bani Israfil dan Nabi ismail turunan dari kabilah Arab disinilah Nabi muhammad dilahirkan dari kabilah Arab di kota suci makkah.Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta dan mengesankan Allah ta'ala. Penolakan ajakan nabi Muhammad kepada kaumnya dikarenakan konsep ajaran tauhid meyakinkan bahwa Tuhan itu satu dan tidak terbuat dari benda bahkan batu ajakan yang membuat kaum kafir quraisy geram dan marah sehingga membuat nabi muhammad pergi dan Hijrah ke Yatsrib (sekarang madinah).

    BalasHapus
  44. NAMA : Muhammad Wildan NIM : 12201158
    KELAS : 1 E
    PRODI : PAI
    Islam yang di wahyukan kepada Nabi Muhammad Saw telah membawak bangsa arab yang semula terbelakang, bodoh, tidak beradap dan tidak terkenal,dan di abaikan oleh bangsa lain, menjadi bangsa yang maju, ia dengan cepat bergerak mengembangkan dunia,membina suatu ke budayaan dan peradaban yang sangat penting artinya dalam sejarah manusia hingga sekarang. Peristiwa penting yang memperlihatkan kebijaksanaan Muhammad terjadi pada usia 35 tahun, Waktu itu bangunan Ka'bah rusak berat. Perbaikan ka'bah di lakukan secara gotong royong, para penduduk Mekkah membantu perkerjaan itu dengan sukarela. Tetapi pada saat terahir.ketika perkerjaan tinggal mengangkat dan meletakkan hajarul aswad di tembat semula, timbul perselisihan karena setiap suku merasa berhak melakukan tugas terahir dan terhormat.perselisihan semangkin memuncak maka pemimpin qurais sepakat bahwa orang yang pertama masuk ke ka'bah melalui pintu shafa, akan di jadikan hakim untuk memutuskan perkara. Ternya orang pertama masuk itu adalh nabi Muhammad Saw.Ia pun di percaya menjadi hakim, Ia lantas membentangkan kain dan meletakkan hajar aswad di tengah-tengah, lalu meminta seluruh pemimpin suku memengang tepi kain dan mengangkatnya secara bersama-sama.setelah sampai pada ketinggian tertentu, Muhammad meletakkan batu itu pada tempatnya semula. Dengan demikian, perselisihan dapat di selesaikan dengan bijaksana, dan semua kepala suku merasa puas dengan cara penyelesaian seperti itu. Nabi Muhammad segera kembali ke Madina. Beliau mengatur organisasi masyarakat kabila yang telah memeluk agama islam. Petugas keagamaan dan para dai dikirim ke berbagai daerah dan kabila mengajarkan ajaran-ajaran islam, mengatur peradilan, dan memungut zakat. Dua bulan setelah itu, Nabi menderita sakt demam. Tenaganya dengan cepat berkurang. Pada hari senin 12 Rabi'ul Awal 11 H/8 Juni 632 M., Nabi Muhammad Saw wafat di rumah isterinya aisyah. Dari perjalan sejarah Nabi ini, dapat di simpulkan bahwa Nabi Muhammad Saw, di samping sebagai pemimpin agama, juga seorang negarawan, pemimpin politik dan administrasi yang cakap. Hanya dalam waktu sebelas tahun menjadi pemimpin politik, beliau berhasil menundukkan jazirah Arab ke dalam kekuasaannya.

    BalasHapus
  45. Nama:Nurhasanah
    Nim:12201068
    Kelas:PAI 1B

    Skenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M). Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.
    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    BalasHapus
  46. Muhammad Amir Hamzah
    12201044
    1 B
    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.
    Ismail dan Ishak menjadi dua simbol dua dunia yang terpisah. Mulai dari keyakinan siapa yang disembelih itu ? Ismail atau Ishak ? Sampai kepada siapa yang paling berhak dalam kepemilikan Al Aqsa (banu Ismail atau banu Ishak) ? Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). Belakangan, Sarahpun dianugerahi Allah SWT putra.
    Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).
    Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya.

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Nama : Reza Anugraha Ansyari
    Kelas : 1B
    Nim : 12201063
    Prodi : PAI/FTIK
    Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya. Ketertolakan Nabi Muhammad SAW karena baginda membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas. Aktifitas perdagangan dan jasa berpondasi tauhid, ada larangan mengicuh dalam timbangan, ada larangan kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN), ada larangan sistim ekonomi ribawi (membungakan uang), pemenuhan terhadap hak kerja pegawai, dan sebagainya. Aktifitas sosial berbasis tauhid supaya menghilangkan kelas-kelas di masyarakat, kasta dan stratifikasi sosial berdasarkan jenis pendidikan, jenis pekerjaan, jenis agama maupun jenis kelamin. Kesetaraan nilai (equal librium) inilah yang diperjuangkan Nabi, bahwa manusia adalah sama di mata Allah SWT (musawah). Aktifitas pendidikan, berupa kemitraan guru dan siswa, saling melayani dan menyayangi, bukan mengabdi kepada teori, tapi kedua insan pembelajar ini mengabdi kepada Allah SWT. Aktifitas politik berbasis tauhid adalah bersih dari sogok menyogok, bersih dari transaksional dan saling mempengaruhi antara penguasa dan pengusaha untuk kepentingan segelintir orang atas nama regulasi. Atas nama regulasi saling menindas (homo homini lupus). Disamping itu, larangan menumpuk kekayaan tanpa peduli lingkungan sekitar dengan ancaman neraka. Tugas profetik (kenabian) inilah yang mengundang gelombang protes besar - besaran.
    Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Nabi dan sahabat tidak enak - enakan tidur di atas katil. Tidak berpesta meminum anggur dan delima, tidak menikmati bulan purnama, tapi terus berjuang hingga tetesan darah terakhir dengan prinsip agama Allah SWT menjulang tinggi atau aku akan mati bersama sahabat.

    Pada musim haji suku Arab jahiliyyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib serta telah terdengar nama Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, tapi dianiaya oleh kaumnya sendiri. Bersembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk Islam beserta janji setia membela Nabi dan para sahabat.

    Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  49. Nama: Nawalia Jasmine Putri Bandhyta
    Kelas :PAI 1E
    Nim 12201151
    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.
    Bumi tempat tinggal Adam hingga ajal kematiannya, bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi. Untuk menuntun mereka supaya damai, Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, penggiat dan pejuang risalah. Masa ke masa berputar dengan cepat. Singkat kata, Idris hingga Ibrahim, Allah kisahkan mereka dalam Al Quran bertebaran surah dan ayatnya. Jarum jam berjalan terus tiada kenal kata henti, tiba saat yang menyedihkan, bayi Ismail menangis kehausan, karena kehabisan bekal. Sementara sang Ayah belum kunjung datang setelah mengantar mereka untuk kali pertama. Peristiwa sa'i adalah monumen bersejarah menapaktilasi perjuangan Sarah, walau sekarang sulit untuk kita hayati dan resapi. Sebab, saat ini sa'i sudah dilaksanakan di gedung layaknya hotel ber - ac.
    Singkat kata, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan «zam-zam» . Daya pikat tersendiri ketika Bakkah menjadi lumbung air penciri ada kehidupan di tengah gurun sahara. Inilah yang membuat pesona tersendiri daerah yang oase sebagai embrio hayati baik bagi insani, hewani dan nabati. Sungguh benar janji Allah SWT yang Maha Agung memelihara hambaNya.
    Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.
    Disamping itu, larangan menumpuk kekayaan tanpa peduli lingkungan sekitar dengan ancaman neraka. Tugas profetik inilah yang mengundang gelombang protes besar - besaran.
    Kalau hanya ibadah private yang disampaikan kepada ummat, Nabi tidak begitu sengit untuk dimusuhi, bahkan diusir oleh kaumnya. Justru agama ini mendobrak kultur pemberhalaan pada harta dan duniawi, melawan dinasti kemapanan sosio politik ekonomi yang telah berlangsung ratusan tahun, menggugat konsentrasi hak atas penguasaan tanah dan proferti hanya pada sekitar orang sehingga menjadi kuasa bisnis hulu - hilir, eksport - inport, otomatis membuat ketidakberdayaan ekonomi rakyat serta pemiskinan secara struktural.
    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Giat dan gigih Rasul Muhammad SAW bercita cetak biru masyarakat yang beradab, bukan masyarakat suci.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui, maha mengenal

    BalasHapus
  50. Nama: Alya Rosalina
    Kelas:1A
    Nim:12201021
    Skenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M). Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.

    BalasHapus
  51. Nama : Nurlita sari
    Nim : 12201008
    Kelas : 1A
    Prodi : PAI

    Dakwah nabi Muhammad SAW menghadapi banyak tantangan karena hanya sedikit yg menerima islam. Pemberontakan kepada nabi semakin menjadi jadi dengan segala ancaman, teror dan lain². Pada tahun 13 kenabian datanglah kafilah dari yastrib dan dibuat dua perjanjian yg diucapkan dalam perjanjian aqabah 1 dan aqabah 2 dalam sejarah dinamai baiat ar ridwan. Hal ini lah yg menjadikam nabi bersama sahabat nya meninggalkan mekah.

    BalasHapus
  52. Afton Dwi putra
    NIM:12201176
    Kelas :1E
    Suku Quraisy memiliki dua keluarga besar, Hasyim dan Umayyah. Yang pertama memiliki sifat jauh lebih mulia dibanding yang terakhir. Dari keluarga Hasyim lah Muhammad lahir. (Quraish Shihab, Lentera Hati, Bandung, Mizan, 1994, 48-51).

    Betapapun kutipan di atas dimaksudkan untuk membantah pendapat bahwa Muhammad diturunkan di Mekkah karena bangsa tersebut paling bejat, namun secara tidak langsung kita telah mendeskripsikan konstelasi politik tingkat dunia ketika Islam lahir, kondisi Mekkah sebagai tempat perdagangan, ciri umum penduduk Mekkah dan kebiasaannya berdagang ke luar Mekkah, suku dan dua keluarga besar (klan) dalam masyarakat Mekkah. Ini semua menjadi bekal bagi kita untuk memahami konteks sosio-religius pada periode Mekkah.

    BalasHapus
  53. Nama : Riandika
    NIM :12201113
    Kelas : 1D PAI semester 1

    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.

    Selanjutnya kekerabatan Bani Israil lah yang memegang amanah wahyu dari Allah SWT menjadi Rasul dan Nabi.

    Berkesinambungan dzuriyat para Nabi telah Allah SWT sebutkan di dalam Taurat, Zabur, Injil dan diakumulasi seluruh kisah tentang mereka dalam Al Quran Al Karim.

    Skenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M).

    Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).

    Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.

    Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam.

    Aktifitas perdagangan dan jasa berpondasi tauhid, ada larangan mengicuh dalam timbangan, ada larangan kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN), ada larangan sistim ekonomi ribawi (membungakan uang), pemenuhan terhadap hak kerja pegawai, dan sebagainya.

    Aktifitas politik berbasis tauhid adalah bersih dari sogok menyogok, bersih dari transaksional dan saling mempengaruhi antara penguasa dan pengusaha untuk kepentingan segelintir orang atas nama regulasi.

    Justru agama ini mendobrak kultur pemberhalaan pada harta dan duniawi, melawan dinasti kemapanan sosio politik ekonomi yang telah berlangsung ratusan tahun, menggugat konsentrasi hak atas penguasaan tanah dan proferti hanya pada sekitar orang sehingga menjadi kuasa bisnis hulu - hilir, eksport - inport, otomatis membuat ketidakberdayaan ekonomi rakyat serta pemiskinan secara struktural.

    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    Giat dan gigih Rasul Muhammad SAW bercita cetak biru (blue print) masyarakat yang beradab, bukan masyarakat suci.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama (unity of human) telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal.

    Nilai - nilai luhur agung dari Allah SWT ketika disampaikan akan menimbulkan perlawanan dari mereka yang sudah lama berada di zona nyaman, mereka terus ingin mempertahankan dinasti hak kepemilikan dalam penimbunam harta.

    Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT.

    Dalam sejarah Makkiyah, penderitaan terbesar bagi Nabi dan sahabat adalah pembaikoitan selama tiga tahun, embargo makanan, obat, menghilangkan status warga sipil, dikeluarkan dari silsilah suku Quraisy, tidak ada hak jual beli, tidak ada hak untuk menikah atau dinikahi, tidak mendapatkan hak perlindungan sebagai warga kota Mekah, dikeluarkan dari kota, puncaknya hidup terlunta-lunta di padang pasir.

    Masa pilu yang sangat menyedihkan menyayat hati Nabi dan sahabat dinamakan kelompok yang tidak berhak mendapatkan kasih sayang (juila syakhsun ghairu marhum) bahkan tidak diakui sebagai manusia (persona non grata).



    BalasHapus
  54. Assalamu'alaikum
    Nama: Muhammad Rizqan Ghifari (12201052)
    Kelas 1B PAI
    Semester 1
    Resume
    Sejarah itu ada,tidak berasal dari ruang kosong,Allah telah mengatakan bahwa Dia lah yang mengadaka nur Muhammad dan nabi Adam ada di Syurga, tetapi nabi dan istrinya Adam telah melanggar janji memekan buah terlarang di Syurga,lalu setelah mereka memakan buah tersebut, Nabi Adam dan istri nya pun di usur dari surga. setelah turun ke bumi keduanya menutup aurat dengan dedaunan dari Syurga,dan mereka pun tinggal di bumi.
    Tempat tinggal Nabi Adam hingga ajalnya ialah di bumi,di situlah tempat mencari nafkah,bahkan ada yang sampai bermusuhan,ini merupakan sunnatullah yg berlaku di muka bumi ini,Untuk itu maka Allah Swt, mengutus para Nabi dan Rasul untuk menyampaikan, mengingatkan,dan memperjuangkan risalah. Nabi Ibrahim dan Idris,Allah ceritakan mereka di dalam Al-Qur'an,dunia menjadi terbelah dua karna pasca Ibrahim, hingga nafas serta sesak perbuatan hegemoni,GEO religi,geo ekonomi,geo politik bahkan bahkan sampai konflik negara sekalipun.
    Nabi Ismail mempunyai seorang ibu yg bernama Hajar, beliau merupakan pembantu rumah tangga nabi Ibrahim sehingga dinikahi Ibrahim atas perintah istri nya,Nabi Yusuf la yang menjadi raja Mesir sekaligus Nabi, kekerabatan selanjutnya dipimpin dari Bani Israil yaitu nabi Ayyub,syuaib sebagai ayah mertua Musa,dan Harun saudaranya Musa, keluarga Imron merupakan kalangan dari Bani Israil yang diangkat menjadi nabi yaitu Zakaria, Yahya, Isa,zuriat para nabi ini telah Allah jelaskan di dalam taurat Zabur Injil serta dikumpulkan kisah mereka di dalam Al-Qur'an.
    Di dalam garis ismailiyah tidak ada tradisi kenabian tetapi mengejutkan bahwa dunia timur dan barat di kalangan Bani Ismail diangkat menjadi nabi.
    Di dalam skenario Nabi Muhammad berasal dari Bani Ismail,bukan dari bani Ishak.maka sudah terkenal pada saat kelahiran Nabi Muhammad Saw ,Nabi Muhammad yang lahir dari kaum Quraisy sendiri justru dakwahnya ditolak oleh kaumnya sendiri, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam, yang diperjuangkan Nabi Muhammad bukan hanya seperangkat salat dan puasa, ajaran beliau ditolak karena Baginda mengajarkan konsep tauhid yang utuh dan mengesakan dalam seluruh aktivitas.
    Jikalau hanya ibadah sendiri yang disampaikan kepada umat maka beliau tidak terlalu dimusuhi oleh kaumnya sendiri, agama Islam merupakan agama yang merefom tatanan baru Islam sebagai rahmat bagi semesta alam, usaha perjuangan dakwah nabi Muhammad Saw, bertujuan untuk jadikan masyarakat yang berakhlak,masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT. Pemberontakan kepada Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya semakin menjadi-jadi. Pemberontakan tersebut mengambil corak penyiksaan, pengusiran, pembaikotan hingga pembunuhan. Dalam sejarah Makkiyah, penderitaan terbesar bagi Nabi dan sahabat adalah pembaikoitan selama tiga tahun, embargo makanan, obat, menghilangkan status warga sipil, dikeluarkan dari silsilah suku Quraisy, tidak ada hak jual beli, tidak ada hak untuk menikah atau dinikahi, tidak mendapatkan hak perlindungan sebagai warga kota Mekah, dikeluarkan dari kota,Dalam kondisi tersulit , Allah SWT menghibur nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti  kamu mendapat (kemenangan) dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Setelah melewati 13 tahun periode di Makkah, dengan segala ancamannya
    Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak.Suku Arab di musim haji yang bertepatan dengan 13 kenabian maka datanglah khalifah dari yatsrib setelah dengarnya nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, mereka bersembunyi menemui nabi dan masuk Islam secara sembunyi-sembunyi

    BalasHapus
  55. Nama : Mas Indi Lafia Mayuri
    NIM : 12201037
    Kelas : 1 B PAI
    Semester : 1

    Para Nabi diutus Allah untuk mendamaikan, mendakwah, mengajak manusia untuk saling menyayangi satu sama lain. Serta mengajak untuk mengesakan Allah. Dari Nabi Adam hingga Nabi terakhir yaitu Muhammad Saw. Adanya para Nabi ini menjadi alasan bahwa sejarah Islam itu ada.

    Pada periode Mekkah
    Nabi Muhammad menyampaikan wahyu selama 13 tahun. Muhammad banyak mengalami ujian serta hinaan para pemuka quraisy yang pada saat itu masih mempunyai kepercayaan sendiri. Lahirnya Islam dapat merubah dunia dengan rahmat-Nya. Nabi Muhammad berdakwah bertujuan untuk menjadikan masyarakat sebagai manusia yang beradab, saling toleransi, dan menyayangi. Hal yang menjelaskan tentang kemanusiaan itu terdapat dalam Surah Al-Hujurat ayat 13.

    Pada masa Makkiyah ini terukir sejarah penderitaan bagi umat Islam, yaitu pemboikotan selama tiga tahun, pelarangan jual beli, tidak boleh menikah, tidak mendapat perlindungan hak.
    Untuk menghibur hati Rasulullah, Allah menurunkan wahyu ad-Dhuha yang didalamnya terdapat arti 'aku tidak pernah meninggalkanmu (Muhammad) dan tidak pula membencimu',

    Kemudian pada musim haji (13 kenabian) kafilah dari Yastrib datang ke Mekkah untuk masuk Islam dan berjanji membela Nabi dan Sahabat. Hal ini disebut Baiat Ar Ridwan, yang meliputi perjanjian aqabah 1 dan perjanjian aqabah 2. Dan menjadi dasar serta bekal Nabi dalam hijrah ke Madinah.

    BalasHapus
  56. Nama (NIM): Muhammad Fathur Ridha (12201054)
    Kelas:1B
    Semester:1

    Bumi adalah Tempat nya nabi Adam hingga wafat nya beliau. Namun keadaan di bumi berbeda dengan di surga di karenakan di bumi di temukan adanya permusuhan, itu merupakan sunnatullah, sehingga di utus lah nabi sebagai penyampai dan penengah untuk menciptakan perdamaian. Masa itu di mulai dari Idris a.s sampai Ibrahim, Allah ceritakan perjuangan mereka di dalam Al Qur'an.
    Dan dari Ibrahim di lanjutkan oleh anak nya yang bernama Ismail. Dari Ismail inilah banyak lahirnya keturunan" yang sampai ke nabi Muhammad Saw dan namanya itu sudah diramal dari zaman nabi sebelumnya yaitu Isa a.s dengan sebutan Ahmad.

    Di Mekkah Nabi Muhammad yang terlahir di kawasan suku nya sendiri yaitu Quraisy mengalami hambatan berupa penolakan suku Quraisy terhadap dakwah nya, sehingga sedikit dari mereka yang menerima islam. Ketertolakannya nabi Muhammad di karenakan nabi Muhammad mengajarkan tauhid yang kokoh kepada masyarakat Mekkah dan selalu mengatasnamakan Allah di setiap aktivitas yang di lakukan, nabi Muhammad juga berusaha untuk menghapus dunia perbudakan dan menghapus sistem kasta antar manusia karena dalam Islam derajat manusia itu semua sama.

    Pada masa makkiyah ini hal yang utama di tekankan adalah menyadari bahwa manusia itu di ciptakan dari tetesan mani yang hina dan pengetahuan yang di dapatkan datangnya dari Allah SWT.

    Dalam sejarah makkiyah, penderitaan terbesar yang di alami nabi Muhammad adalah pemberontakan kaum quraisy terhadap nabi Muhammad dan para pengikutnya dengan corak penyiksaan, pengusiran, pemboikotan dan pembunuhan.

    Setelah melewati 13 tahun masa periode Mekkah, Allah SWT perintahkan nabi Muhammad untuk berhijrah keluar dari Mekkah guna mengembang tumbuhkan agama Allah SWT. Namun, tidak berjalan mulus karena nabi mengalami banyak penolakan di kota Tha'if hingga ke Habasyah (Habsyi). Akan tetapi, nabi Muhammad beserta sahabat tetap berusaha memperjuangkan agama Allah SWT hingga tetesan darah terakhir dengan memegang teguh prinsip agama Allah yang kuat.

    Pada tahun ke-13 kenabian datang seorang kafilah dari Yatsrib (Madinah) yang mendengar semua tentang Nabi Muhammad dan menyatakan diri untuk masuk islam serta membuat janji untuk setia kepada nabi Muhammad beserta para sahabat. Janji itu di tuangkan ke dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2 yang itu di jadikan sebagai modal nabi Muhammad bersama para sahabat untuk berhijrah dari Mekkah ke Madinah.

    BalasHapus
  57. Nama : Yunda Acisa Haskil
    Kelas : 1E (PAI)
    NIM : 12201175

    Masa Mekkah
    Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci yang telah tercantum di dalam kitab Taurat, Zabur dan Injil, serta pemberitaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad). Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.
    Tetapi dakwahnya Nabi Muhammad tidak diterima oleh kaum nya sendiri, sebab Nabi membawakan ajaran bukan hanya sholat dan puasa pada saat periode Madinah nanti nya. Nabi Muhammad menerapkan konsep ajarannya pada Tauhid yang utuh dan mengesankan Allah SWT dalam seluruh aktifitas yang dilakukan umat manusia. Misalnya dalam aktifitas berdagang, yang mengharuskan perdagangan mengikuti ajaran Tauhid dan mengesankan Allah SWT. Sehingga banyak yang menolak dan tidak mau masuk ke agama Islam.
    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan oleh Rasul Muhammad SAW adalah agama yang hanya dari tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.
    Setelah13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada atau mati syahid, saatnya Allah SWT memerintahkan Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, dan mencari tempat untuk tumbuh kembang agama Allah SWT.
    Pada saat ke 13 kenabian Nabi Muhammad, datang para khafilah dari yastrib yang Diam-diam datang menemui Nabi untuk masuk agama Islam dan ingin menjadi sahabat serta berjanji untuk setia kepada Nabi Muhammad SAWSAW dan para sahabat- sahabatnya.
    Pada akhirnya Nabi dan para sahabat nya meninggal kan tanah kelahiran mereka dan pergi ke yastrib yang berjanji dengan kata setia sehati sehidup semati dalam perjanjian aqabah 1 dan aqabah 2.
    Jadi disini kota Mekkah adalah kota kelahiran Nabi Muhammad dan para sahabatnya yang terpaksa harus meninggalkan kota tercinta mereka karna dimusuhi, diasingkan oleh umat Nabi sendiri dan tidak menerima ajaran yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW sehingga banyak sahabat Nabi yg gugur dalam memperjuangkan agama Islam.

    BalasHapus
  58. NAMA : ARYAPUTRA WICAKSONO ANNITO
    NIM : 12201024
    KELAS : 1A

    Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Nabi dan sahabat tidak enak - enakan tidur di atas katil. Tidak berpesta meminum anggur dan delima, tidak menikmati bulan purnama, tapi terus berjuang hingga tetesan darah terakhir dengan prinsip agama Allah SWT menjulang tinggi atau aku akan mati bersama sahabat.

    Pada musim haji suku Arab jahiliyyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib serta telah terdengar nama Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, tapi dianiaya oleh kaumnya sendiri. Bersembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk Islam beserta janji setia membela Nabi dan para sahabat.

    BalasHapus
  59. Nama :putri mauludia yulanda
    Nim :12201009
    Kelas :1A PAI

    di masa mekkah rasulullah melakukan metode dakwah secara sembunyi dan terang-terangan. Hal ini bertujuan agar bisa menyampaikan sampai ke semua masyarakat Islam. Dakwah yang dilakukan secara sembunyi sembunyi tersebut menyerukan agama Islam kepada kerabat, sahabat, dan orang sekitar Rasulullah,dengan berpindahnya Nabi saw dari Mekkah maka berakhirlah periode pertama perjalanan dakwah beliau di kota Mekkah. Lebih kurang 13 tahun lamanya, Beliau Beliau berjuang antara hidup dan mati menyerukan agama Islam di tengah masyarakat Mekkah dengan jihad kesabaran, harta benda, jiwa dan raga.

    BalasHapus
  60. Nama:LESTARI FADHILAH TUNNISA
    Nim:12201038
    Kelas:1 B (PAI)
    Semester:1

    Sejarah sudah ada, bukan berawal menjadi kekosongan. Sejarah berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah. Kota Mekkah sudah terkenal pada saat zaman Nabi Muhammad SAW, yang memberikan kita pegangan, yang menuntun kita ke arah kebaikan, mengajarkan kita tentang akhlak yang baik, sopan santun dan berakhlakul karimah. Di dalam masyarakat sebaiknya kita harus peduli, mengayomi dan hormat-menghormati.
    Pada saat zaman Makiyyah adanya perintah untuk memperoleh pengetahuan, mendapatkan dan melaksanakan perintah Allah. Pada saat Nabi Muhammad SAW dan para sahabat sudah melewati masa 13 tahun periode Mekkah yang diberikan berbagai macam ujian, dan sampai ada sahabat Nabi Muhammad SAW yang menjadi syuhada. Kemudian Allah menyuruh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya untuk pindah ke tempat yang agamanya lebih tinggi, lebih luas dan mencari tempat yang nyaman. Nabi Muhammad SAW dan sahabat mengucapkan perjanjian setia sehati sehidup semati pada perjanjian aqabah 1 dan aqabah 2, sehingga bisa hijrah menuju Yastrib dan meninggalkan kota Mekah tercinta.

    BalasHapus
  61. Nama : Isman Nurhadi Abrar
    Kelas : PAI 1A
    NIM : 12201034
    Kesejarahan berawal dari Allah SWT yang menciptakan Nur Muhammad, lalu Nabi Adam di surga. Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai risalah Agama Tauhid. waktu berputar dengan cepat. Berkembang pesatnya keturunan Nabi dan rasul, sampailah kepada Nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW.
    Sejak lahirnya Nabi Muhammad SAW pada tahun 571 M, pusat ketauhidan beralih ke kota mekah dan madinah.Nabi Muhammad SAW ditugaskan membawa ajaran baru, meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT. dengan diturunkan secara mutawatir.
    Nabi Muhammad di masyarakat mekah mendapat pertentangan terhadap dakwah nya karena dianggap tidak sesuai dengan ajaran sebelumnya yang meratakan kelas sosial, karena Nabi Muhammad membawa konsep ajaran tauhid yang universal dengan mengesakan allah dan menanggap bahwa manusia di mata Allah semuanya sama. Agama islam yang dibawa membuat tatanan kehidupan yang baru bagi masyarakat mekah dengan lebih baik.
    Masa Makkiyah menyadarkan masyarakat manusia hanyalah manusia biasa yang hanya diperintahkan untuk taat dan tunduk kepada allah, turunlah Awal ayat mengenai perintag membaca (iqra'), kemudian berakhir pada perintah untuk tunduk kepada Allah
    Dalam perjalanan dakwah nabi Muhammad, terdapat kesulitan terbesar yaitu pada saat pemboikotan kota makkah yang membatasi hak masyarakat kala itu. Dalam kondisi tersulit itulah, Allah SWT menghibur kekasihNya, Muhammad SAW. dengan diturunkan ayat QS. Ad Dhuha, Allah tidak meninggalkan nabi dan menyatakan akan lebih baik dari permulaan. Al Insyirah juga surah berisi membujuk dan menghibur Nabi saat derita melanda, Allah telah melapangkan kesempitan dan memberikan kemudahan.
    Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi hijrah ke madinah untuk tumbuh kembang agama Allah SWT.
    Pada musim haji pada tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib yang telah mendengar adanya Rasulullah. Bersembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk Islam dan berjanji janji setia membela Nabi dan para sahabat. Dua perjanjian setia sehati sehidup semati dinamai baiat aqabah 1 dan 2 yang dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan.

    BalasHapus
  62. Nama: Hisyam Fikri
    Prodi: PAI
    Kelas: 1B
    Nim: 12201053

    Keturunan nabi ismail berkembang hingga sampai ke Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam waktu yang sangat panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.
    Lahirnya Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memancing kemarahan dan kebencian di kalangan bani israil, yahudi bahkan nasrani keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun bahkan sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M). Runtuh sudah kekuasaan dan dominasi Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M).
    Nabi Muhammad sebagai sosok yang terkemuka saja bahkan ditolak oleh kaumnya sendiri untuk berdakwah, karena masih meragukan ajaran agama islam.
    Banyaknya ajaran islam yaitu tauhid dinilai bertentangan dengan keyakinan kaum nabi itu sendiri
    Penghapusan kasta cita cita akan kenegaraan dan kelas sosial dalam upaya pembebasan budak di Mekkah dan madinah
    Sampai periode sekarang.
    Nasehat menyakitkan saat mereka diminta meninggalkan suatu pandangan terhadap ras atau memanding mandingkan seperti orang kaya, orang pintar, orang mulia, orang bermartabat, orang terpelajar, orang terpandang. Kebencian yang ditujukan kepada nabi Muhammad saw semakin marak. Pemberontakan tersebut membuat hal hal semakinblebih intens terhadap kaum nabi Muhammad yaitu seperti penyiksaan, pengusiran dan penghinaan.Perjanjian ini terjadi antara Nabi Muhammad dengan penduduk Yastrib atau sekarang lebih dikenal Madinah, yang dilakukan di sebuah bukit bernama Aqabah, sekitar 5 kilometer dari Mekkah

    BalasHapus
  63. Kls 1 B

    Mekkah atau Makkah Al mukarramah merupakan sebua kota utama di Arab Saudi .
    Kota ini menjadi tujuan utama kaum muslim dalam menunaikan ibadah haji.dikota Mekah juga terdapat bangunan utama Ka'bah didlamnya .
    Mekah pada mula nya merupakan sebua kota kecil yang dihuni oleh anak anak cucu nabi Adam as,sampai ketika dilanda banjir besar diarea nahi nuh as.
    Sejarah berdirinya Mekah sendiri tak lepas dari peran nabi Ibrahim untuk mendirikan Ka'bah.
    Nabi Muhammad sama pengikutnya kemudian hijrah di Mekah dan kesejahteraan hijarah nabi Muhammad dari ruang kosong tapi telah ada sang maha ada yang mengatakan (cause prima) Allah SWT yang mengatakan nur Muhammad lalu Adam di surga.

    BalasHapus
  64. Nama : Muhammad Alif Saifullah
    Nim : 12201041
    Kelas : 1 B . PAI

    Resume :
    Dari diatas bahwa sejarah bukannlah berawal dari ruang kosong tapi berawal dari nabi adam As dan siti hawa yang di turunkan dari surga dari awal sampai ajalnya . Masa demi masa berlalu sampailah pada masa nabi ibrahim yang menjadi tombak ajaran tauhid , yang mana nabi ibrahim ini mempunyai keturunan yang juga seorang nabi yaitu nabi Ismail AS. Pesatny keturunan dari nabi Ismalil AS , sampailah pada nabi Muhammad SAW. yang lahir di makkah pada tahun ( 571 ) M atau pada masa itu di sebut tahun gajah.

    Seiring waktu nabi Muhammad SAW .
    Pun mendapat wahyu secara berangsur angsur selama 22 tahun , waktu berdakwah di makkah nabi sangat banyak tantangan dari kaumny termasuk pamannya karena agama islam turun dari ALLAH SWT . Dan disampaikan oleh Rasulullah SAW sebagai tatanan hidup baru dan sebagai rahmatallillalamin rahmat bagi seluruh alam semesta karena berubah semua tatanan dan tidak ada lagi penyimpangan Akidah , Akhlak , dan syariah .

    Pada tanggal 13 kenabian ada 2 perjanjian yaitu : Aqobah 1 dan Aqobah 2 , yang menjadi modal nabi Muhammad SAW beserta para pengikutnya meninggalkan Mekkah kota kelahirannya yang ia cintai.

    BalasHapus
  65. Nama : Razita NurSahira
    Nim : 12201040
    Kelas : PAI 1B

    Nabi muhammad saw, adalah keturunan dari nabi ibrahim, yakni ismail as. Bani israil sendiri terbagi lg menjadi berbagai macam, salahsatunya adalah bani quraisy. Dimana bani inilah menjadi bani rasulullah dan menjadi bani yang paling menentang keras dakwahnya.
    Kota mekah sendiri sudah terkenal saat kelahiran rasulullah, dantempat turunnya berbagai kitab suci, salahsatu nya adalah alquran. Namun, sangatdisayangkan dakwah rasulullah dimekkah tidak lah berjalan dengan lancar. Banyaknyapenolakan terhadap islam membuatnya hijrah ke madinah. Salahsatu penyebab tertolaknya dakwah rasulullah ialah karena menganut ajaran tauhid dan mengesakan allah yg mana hal tersebut tidak dapat diterima oleh penduduk mekkkah.
    Penghapusan kasta adalah upaya pertama periode makkiyah tentang pembebasan perbudakan karena dalam islam derajat dan hak manusia itu sama, karenasesama hamba allah swt. Tuntutanutama pada masa itu ialah kesadaran bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Dansemuanya berasal dari tempat yang sama.
    Karena semakin banyaknya pemberontakan yang dilakukan masyarakat mekkah, sekaligus bertepatan dgn tahun kesedihan nya rasulullah saat ditinggal oleh dua orng terkasih (khadijah dan abu thalib) maka Allah swt menghiburnya dengan menurunkan surah adduha. Selama13 thn rasullullah berdakwah disana dengan segala ancaman dan jerit payah akhirnya Allah memerintahkannya untuk hijrah ke madinah walau sebelum ke madinah rasulullah telah mencoba hijrah ketempat yang lain namun ditolak.

    BalasHapus
  66. Nama : Dea mustika atmaja
    Nim : 12201072
    Prodi : PAI (1B)

    Agama islam adalah agama yang turun dari Allah SWT. Yang disampaikan kepada Rasulullah SAW. Untuk rahmat dan berkah bagi seluruh umat dunia semesta ini. Pada masa mekah saat itu sangat dituntut kesadaran bagi manusia bahwasannya mereka diciptakan dari air mani melalui kuasa Allah.

    Mekah memang sudah terkenal pada waktu kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dengan itu Nabi mengajarkan umatnya untuk selalu berprilaku sosial yang berwujud ketuhanan supaya terhindar dari tingkatan-tingkatan didalam masyarakat. Contohnya seperti membeda-bedakan kedudukan, seperti kedudukan berpendidikan, kedudukan pekerjaan , kedudukan harta bahkan jenis kelamin dan agama sekalipun.

    Pada zaman dulu perdagangan masih sangat jujur tidak ada kata sogok menyogok, berbuat curang dan lain sebagainya, yang berbeda jauh pada zaman sekarang. 13 tahun sudah nabi melewati masa-masa yang penuh dengan kesulitan, kehinaan dan lain sebagainya. Hingga pada akhirnya Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad untuk mencari tanah yang hidup lagi subur bagi kehidupan mereka .

    BalasHapus
  67. Nama: Leny Novita Sari
    Kelas:1A
    Nim:12201005
    Pada dasarnya sejarah tidak berawal dari ruang kosong,tetapi telah ada sang maha ada yang mengatakan (causa prima) Allah lah yang telah meanugrahkan ruh Muhammad,lalu Adam di surga.

    Mengejutkan dunia timur dan barat tatkala dari banu Ismail diangkat Allah SWT menjadi Nabi. Padahal, garis Ismailiyah ke bawah tidak ada tradisi kenabian, bahkan status Hajarpun sebagai hamba sahaya yang diberi hak merdeka oleh Ibrahim dan Sarah.Sedari awal, bayi Ismail sudah terpisah dari situs kenabian.
    Jarum jam berjalan terus tiada kenal kata henti, tiba saat yang menyedihkan, bayi Ismail menangis kehausan dan Peristiwa sa'i adalah monumen bersejarah menapaktilasi perjuangan Sarah, Singkat kata, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air)

    Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  68. Nama : Sukma Larassati
    NIM :12201039
    Kelas : 1B

    Jadi silsilah nabi Muhammad Saw itu tersambun atau sampai pada nabi Ismail as. Karena dengan berkembang pesatnya keturunan beliau (nabi Ismail as) ,hingga sampailah pada nabi Muhammad Saw. Ketika Rasulullah hendak di jadikan nabi,dari kalangan Bani Ishak telah menebar kebencian, sebab mereka merasa tersaingi karena nasab keturunan nabi Muhammad Saw yang berasal dari keturunan Bani Ismail as.adapun mereka berkeinginan nabi terakhir itu berasal dari keturunan Bani Ishak, karena sebelum nabi Muhammad Saw sudah banyak nabi yang berasal dari keturunan Bani Ishak Sejak itu runtuh lah kekuasaan Bani Israil saat nabi Muhammad Saw lahir. Dan sejak saat itu pula berpindah lah arah kesejarahan dari Palestina ke Mekah dan Madinah. Adapun tujuan nabi Muhammad Saw ialah meluruskan akidah tauhid yang sudah menyimpang dan tersesat dari jalan Allah SWT.Pada saat beliau berdakwah di Mekah banyak sekali hal-hal yang bertentangan, seperti pemberontakan kepada nabi dan pengikutnya yang menyebabkan mereka dikeluarkan dari kota, dan terombang-ambing di dalam nasib yang kurang baik dan menderita. setelah 13 tahun kemudian mereka berencana untuk hijrah ke Thaif namun ditolak,lalu mereka ke habasyah juga ditolak. Dan pada musim haji datang lah kafilah kota yastrib yang mana mereka mendengar bahwa ada nabi terakhir yang tinggal di kota mekah.mereka pun menyatakan keislamannya dengan cara sembunyi -sembunyi,dan mereka juga menyatakan perjanjian setia sehati sehidup semati dalam perjanjian aqabah 1 dan aqabah 2

    BalasHapus
  69. Nama:Cut Aisyah Indra
    Nim:12201122
    Kelas:1D Pai
    Semester:1
    Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).
    Allah menurunkan agama Islam melalui perantara nabi Muhammad Saw.Nasab beliau nyambung kepada nabi Ismail as,Yaitu dari kalangan orang Arab.Sedangkan orang Yahudi tidak terima karena nabi yang utusan terakhir bukan dari kalangan mereka sehingga nabi di incar untuk di bunuh ketika sudah di utus menjadi nabi.
    Pada dasarnya Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  70. Nama: Amanda Shawitri Ramadani
    NIM: 12201048
    Kelas: 1B

    Mekah sudah terkenal sat kelahiran Nabi akhir zaman. Terdapat nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi bukan membawa ajaran baru tetapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT. Dakwah Nabi Muhammad SAW banyak tertolak oleh kaumnya sendiri, hanya sedikit dari mereka yang menerima ajaran islam. Ketertolakan terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW disebabkan karena beliau membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas. Agama islam yang turun dari Allah SWT dan di sampaikan Nabi Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Penghapusan kasta aristokrat dan kasta borjuis upaya pertama periode makkiyah tentang kewajiban pembebasan hamba sahaya, baik melalui regulasi denda atau regulasi ibadah yang tinggi mutu. Hal pertama yang menjadi tuntutan masa makiyah adalah kesadaran bahwa manusia di ciptakan dari setetes air mani yang hina, lalu pengetahuan yang diperoleh hanyalah apa yang di ajarkan oleh Allah SWT. Dalam sejarah makkiyah, penderitaan terbesar bagi Nabi dan para sahabat adalah pembaikotan selama 3 tahun, embargo makanan, obat, menghilangkan status warga sipil dan lain lain, puncaknya hidup terlunta-lunta di padang pasir. Setelah melewati masa 13 tahun periode makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak Sahabat yang menjadi syuhada saatnya Allah SWT memerintahkan Nabi dan para sahabat untuk hijrah. Pada musim haji suku arab jahiliyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah khafilah dari Yastrib, secara sembunyi sembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk islam serta berjanji membela Nabi dan para sahabat. Terdapat 2 perjanjian yaitu perjanjian Aqabah 1 dan Aqabah 2 yang dinamai dengan Barat Ar-ridwan.

    BalasHapus
  71. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Widia
    Kelas : 1B
    NIM : 12201045
    Prodi : PAI
    Resume
    Bumi adalah tempat tinggal Adam hingga ajal kematian,bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunatullah kondisi kehidupan dimuka bumi. Untuk menuntun mereka supaya damai Allah SWT Secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, pengingat dan pejuang risalah.
    Nabi Muhammad Saw adalah Nabi akhir zaman yang diutus Allah SWT untuk berdakwah kepada umat manusia.
    Mekah terkenal saat kelahiran Nabi Muhammad Saw akhir Zaman. Sosok Nabi Muhammad Saw yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya,hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam.sebab Nabi Muhammad Saw tidak hanya membawa seperangkat alat sholat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya.
    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad Saw adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    BalasHapus
  72. Nama: Ernawati
    Kelas:1B
    Nim: 12201071
    Banyak yang kita ketahui Mekkah sudah terkenal saat kelahiran nabi akhir zaman.ketika Rasulullah hendak di jadikan nabi dari kalangan bani Ishak telah menebar kebencian ,karena mereka merasa tersaingi.mereka ingin nabi terakhir itu berasal dari keturunan bani Ishak Karena sebelum nabi Muhammad saw sudah banyak nabi yang berasal dari keturunan bani Ishak sejak itu runtuh.kemudian pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat- ayat kauniyah dan ayat- ayat kitabiyah datangnya nabi yang di tunggu. Allah menurunkan agama Islam melalui perantara nabi Muhammad saw.

    BalasHapus
  73. Nama: Murtado
    NIM: 12201065
    Kelas: 1B

    Mekah sudah terkenal sat kelahiran Nabi akhir zaman. Terdapat nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi bukan membawa ajaran baru tetapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT. Dakwah Nabi Muhammad SAW banyak tertolak oleh kaumnya sendiri, hanya sedikit dari mereka yang menerima ajaran islam. Ketertolakan terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW disebabkan karena beliau membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas. Agama islam yang turun dari Allah SWT dan di sampaikan Nabi Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Penghapusan kasta aristokrat dan kasta borjuis upaya pertama periode makkiyah tentang kewajiban pembebasan hamba sahaya, baik melalui regulasi denda atau regulasi ibadah yang tinggi mutu. Hal pertama yang menjadi tuntutan masa makiyah adalah kesadaran bahwa manusia di ciptakan dari setetes air mani yang hina, lalu pengetahuan yang diperoleh hanyalah apa yang di ajarkan oleh Allah SWT. Dalam sejarah makkiyah, penderitaan terbesar bagi Nabi dan para sahabat adalah pembaikotan selama 3 tahun, embargo makanan, obat, menghilangkan status warga sipil dan lain lain, puncaknya hidup terlunta-lunta di padang pasir. Setelah melewati masa 13 tahun periode makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak Sahabat yang menjadi syuhada saatnya Allah SWT memerintahkan Nabi dan para sahabat untuk hijrah. Pada musim haji suku arab jahiliyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah khafilah dari Yastrib, secara sembunyi sembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk islam serta berjanji membela Nabi dan para sahabat. Terdapat 2 perjanjian yaitu perjanjian Aqabah 1 dan Aqabah 2 yang dinamai dengan Barat Ar-ridwan.Kesejahteraan itu tidak berawal dari ruang yang kosong tapi telah ada sang maha ada yang mengatakan causa prima Allah SWT yang mengadakan nur Muhammad,dan kemudian Adam dan istrinya mereka berdua melanggar perintah nya Allah SWT.dengan memakan buah yang terlarang lalu keduanya di di usir Allah SWT dari surga untuk turun ke bumi.bumi ialah tempat tinggalnya nabi Adam as hingga ajal menjemputnya.dimana mereka saling bermusuhan inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi untuk menuntun mereka supaya damai,dari cerita di atas , kisahkan mereka dalam Al Quran bertebaran surah dan ayatnya. Pasca Ibrahim, dunia menjadi terbelah dua, hingga kini napas sesak perebutan hegemoni geo religi, geo ekonomi, geo politik, bahkan konflik batas negara seakan tidak pernah mengenal kata damai.

    BalasHapus
  74. Nama: Nurhasanah
    Nim: 12201068
    Kelas:PAI 1B
    Secara umum yang kita ketahui tentang silsilah nabi Muhammad SAW hanya sampai kakeknya saja, yaitu abudul mutholib padahal jika diusut lebih jauh lagi Muhammad merupakan keturunan dari nabi Ibrahim AS dan Adam AS.dari itulah kita ketahui nabi Muhammad berasal dari Bani Israil.maka dari itulah banyak terjadi peristiwa yang memantik kebencian pada Bani Israil dan seluruh turunan Yahudi serta Nasrani. sejak lahirnya nabi arah kesejarahan berpindah dari Palestina ke Mekah dan Madinah yaitu dua kota yang suci tempat turunnya Wahyu secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari. Saat nabi Muhammad dakwah di Mekah banyak yang menolaknya sebab nabi terlahir dari kaumnya sendiri. Karena dakwah yang tertolak nabi melaksanakan dakwahnya secara diam-diam dan hanya orang-orang terdekat yang mengetahuinya.pada saat nabi dakwah di Mekah terdapat dua perjanjian yaitu perjanjian akidah 1 dan 2 yang dinamakan baiat Ar Ridwan.melalui perjanjian inilah nabi dan para sahabat meninggalkan kota Mekah yang penuh sejarah pada saat dakwahnya nabi dan berpindah ke yastrib.beruntung nabi mempunyai para sahabat yang senantiasa membantu nabi dalam dakwahnya.segala jalur mereka lalu demi mengawal nabi dalam menyiarkan ajaran Islam.

    BalasHapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Elva Nadila
      Kelas:1D Pai
      Nim:12201121
      Semester 1
      Sejarah tidak berawal dari ruang kosong tapi telah ada. Allah Ta'ala yang menciptakan sejarah itu mulai dari awal penciptaan Nabi Adam sampai pada qiamat nanti. Dai Nabi adam diciptakan di syurga sampai diusir di surga hingga menetap di bumi menjadi khalifah hingga anak cucunya membangun sebuah peradaban semuanya diatur oleh Allah Ta'ala. Muka bumi merupakan tempat tinggal Nabi adam sampai anak cucunya dan juga merupakan tempat mencari nafkah dan juga tempat perintah dan kewajiban untuk menjauh apa segala larangan dari Allah. Dari Nabi adam Nabi idris hingga Nabi Ibrahim sampai Nabi Muhammad diantara semua itu mempunyai umat dan pasti ada saja permusuhan penyebabnya diantaranya politik, religius bahkan konflik antar umat beragama. Nabi ismail dan Nabi ishak merupakan dua simbol dunia terpisah yang mana keturunan Nabi ishak merupakan turunan dari bani Israfil dan Nabi ismail turunan dari kabilah Arab disinilah Nabi muhammad dilahirkan dari kabilah Arab di kota suci makkah.Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam.

      Hapus
  76. Nama: Elva Nadila
    Kelas:1D Pai
    Nim:12201121
    Semester 1
    Sejarah tidak berawal dari ruang kosong tapi telah ada. Allah Ta'ala yang menciptakan sejarah itu mulai dari awal penciptaan Nabi Adam sampai pada qiamat nanti. Dai Nabi adam diciptakan di syurga sampai diusir di surga hingga menetap di bumi menjadi khalifah hingga anak cucunya membangun sebuah peradaban semuanya diatur oleh Allah Ta'ala. Muka bumi merupakan tempat tinggal Nabi adam sampai anak cucunya dan juga merupakan tempat mencari nafkah dan juga tempat perintah dan kewajiban untuk menjauh apa segala larangan dari Allah. Dari Nabi adam Nabi idris hingga Nabi Ibrahim sampai Nabi Muhammad diantara semua itu mempunyai umat dan pasti ada saja permusuhan penyebabnya diantaranya politik, religius bahkan konflik antar umat beragama. Nabi ismail dan Nabi ishak merupakan dua simbol dunia terpisah yang mana keturunan Nabi ishak merupakan turunan dari bani Israfil dan Nabi ismail turunan dari kabilah Arab disinilah Nabi muhammad dilahirkan dari kabilah Arab di kota suci makkah.Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam.

    BalasHapus
  77. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Mega Rezeky Aprilya
    NIM : 12201049
    Kelas : 1B (PAI)
    Semester : 1

    Sejarah telah ada saat diturunkannya Adam dan Hawa dari surga ke muka bumi. Di bumi Allah mengutus para Nabi sebagai penyampai risalah. Allah juga mengangkat keluarga Imran menjadi Nabi di kalangan Bani Israil, Zakaria, Yahya, Isa putra Maryam, Maryam binti Imran. Dari banu Ismail yang tidak memiliki garis Ismailiyah juga diangkat Allah menjadi Nabi. Sejak awal, situs kenabian sudah terpisah dari bayi Ismail. Waktu terus berjalan, bayi Ismail menangis karena kehausan dan kehabisan bekal. Sang Ibu pun berlari dari bukit Safa ke bukit Marwah untuk mencarikan bayi Ismail air, dan sekarang di kenal dengan peristiwa Sa'i. Atas izin Allah, keluar air dari tumit bayi Ismail. Air tersebut di beri nama Zam-Zam oleh Hajar yang artinya berkumpul. Nabi Muhammad SAW yang berasal dari banu Ismail membuat kebencian di kalangan bani Israil, Yahudi, dan Nasrani, yang di mana sebelumnya bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun.
    Dakwah Nabi Muhammad SAW saat berada di kota Mekah di tolak oleh kaumnya sendiri. Itu terjadi karena baginda meminta mengesakan Allah di seluruh aktifitas. Nabi tidak begitu di musuhi jika hanya ibadah semata yang disampaikan kepada ummat. Periode Makkiyah juga mewajibkan pembebasan budak atau hamba sahaya. Terjadi pemberontakan kepada Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya saat berdakwah di Mekah. Pemberontakan tersebut berupa penyiksaan, pembaikotan hingga pembunuhan. Dalam kondisi tersebut Allah menghibur Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya, Allah mengatakan bahwa bersama kesulitan pasti ada kemudahan. Periode Mekah berjalan selama 13 tahun setelah melewati berbagai macam cobaan, Nabi Muhammad SAW dan para sahabat diperintahkan Allah SWT untuk meninggalkan tanah air. Tapi saat Nabi Muhammad hijrah ke Thaif dan ke Habasyah juga di tolak. Pada tahun ke 13 kenabian datang kafilah dari Yatsrib ke Mekah dan menyatakan masuk Islam beserta janji setia kepada Nabi dan para sahabat. Perjanjian ini diucapkan dalam perjanjian Aqabah 1 dan perjanjian Aqabah 2. Setelah itu, Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat pergi menuju Yatsrib, meninggalkan kota Mekah tercinta.

    Sekian dari saya
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  78. Nama : Thasya Adawiyah
    Nim : 12201046
    Kelas : 1B
    Semester : 1

    adam tinggal di bumi hingga ajal kematiannya, dan nabi Muhammad di utus Allah sebagai penyampai dan pejuang risalah. ada 2 dunia yang terpisah di simbolkan dg Ismail dan Ishak, mekah dah Madinah merupakan 2 kota suci tempat Allah menurunkan Wahyunya yang diturunkan secara berangsur angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Nabi Muhammad tertolak dakwahnya ditempat kelahirannya sendiri. Agama mereform merupakan agama islam yang turun dari Allah kemudian disampaikan kepada rasul Muhammad saw, upaya pertama priode makkiyah adalah penghapusan kasta aristokrat dan kasta borjuis.
    kesjarahan tidak berawal dari ruang kosong, dan yang dituntut pada acara makkiyah ialah kesadaran manusia diciptakan dari setetes air mani.

    BalasHapus
  79. Nama : Savitri Dwi Ananta
    NIM : 12201051
    Kelas : 1B
    prodi/fakultas : PAI / FTIK

    Sebelum adanya Nabi Muhammad SAW., kota Mekkah tidaklah terlalu terkenal, namun sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW Mekkah menjadi kota yang sangat dikenal oleh masyarakat luar Mekkah, dan sebelum adanya Nabi Muhmmad SAW, juga terdapat bani yang sangat terkenal yaitu bani Israil, yang mana didalam nya ada banu Ismail dan banu Ishaq, yang dikenal sebagai bani Israil berstatus Nabi. Pada saat itu dua banu ini tidaklah sejalan sehingga diibaratkan sebagai dua simbol dunia yang terpisah, sehingga pada saat itu dua banu ini tidaklah akur.

    Nabi Muhammad SAW berasal dari banu Ismail, sosok beliau yang lahir dari kaumnya sendiri justru terolak dakwahnya dan hanya sedikit yang menerima dakwah Islam pada saat itu, sebab Nabi Muhammad hanya membawa seperangkat alat sholat dan puasa yang dilakukan pada periode Madinah nantinya, alasan ditolaknya Nabi Muhammad SAW karena beliau membawa konsep tauhid yang utuh, yang meminta mengesakan Allah diseluruh aktifitas, yang pada saat itu masyarakat sekitar sangat tidak menyukai konsep tauhid yang dibawakan beliau sehingga banyak daru mereka menolah dakwah Rasulullah.

    Pada tahun ke 13 kenabian yang bertepatan dengan musim haji suku Arab Jahiliyah, datanglah kafilah yastrib setelah mendengar vahwa ada Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekkah, ia menemui Rasulullah dan masuk islam serta janji akan membela Rasulullah dan para sahabat. Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah.

    BalasHapus
  80. Tria auliya
    12201047
    1B
    Yang Mahakuasa berfirman (causa prima) Allah SWT, yang menahan Nur Muhammad dan Adam di surga, sehingga sejarah tidak dimulai dari nol.
    Pada masa Makkiyah ini, kesadaran akan fakta bahwa manusia diciptakan dari setetes mani yang hina adalah syarat yang paling utama. Setelah itu, ilmu yang diperoleh sebatas apa yang diperintahkan Allah SWT. Perintah yang mengikuti awal ayat (iqra) tentang membaca alam semesta adalah: dan sujud dan mendekatkan diri kepada Allah. Penulis Al-Qur'an, Allah SWT, sadar bahwa mayoritas dari mereka yang mengingkari Islam adalah orang-orang terpelajar.
    Nasihat pedas ketika mereka diminta untuk mengenakan pakaian hamba yang rendah hati setelah dilucuti dari status primordial mereka sebagai kaya, cerdas, mulia, bermartabat, berpendidikan, dan dihormati. Pemberontakan terhadap pengikut Nabi Muhammad SAW semakin parah. Penyiksaan, pengusiran , boikot, dan bahkan pembunuhan adalah bagian dari pemberontakan. Dana talangan tiga tahun, larangan makanan dan obat-obatan, penghapusan status sipil, pengusiran dari garis keturunan Quraisy, kurangnya hak berdagang, hak untuk menikah atau menikah, dan kurangnya hak perlindungan adalah penderitaan terbesar yang dialami Nabi dan para sahabatnya sepanjang sejarah Makkiyah. Tahun-tahun terbaiknya dihabiskan terdampar di padang pasir sebagai warga Mekah yang diusir dari kota. Istilah "kelompok yang tidak berhak untuk mencintai" (juila syakhsun ghairu marhum) dan "bahkan tidak diakui sebagai manusia" (persona non grata) mengacu pada masa yang sangat menyedihkan yang menusuk hati Nabi dan para sahabatnya. s.
    Muhammad SAW dan para sahabatnya dihibur oleh Allah SWT dalam keadaan yang paling sulit dan menyakitkan. Al-Insyirah turunlah ayat-ayat Makkiyah berturut-turut, Ad Dhuha. Dulu kami mencari anak yatim, tetapi Allah menyelamatkan, bukan? surah yang nadanya membujuk dan menghibur Nabi di kala badai penderitaan: “Bukankah Allah telah menyempitkan dadamu?” Akibat kami meringankan bebanmu dan kami meninggikan namamu, “sesungguhnya dengan susah payah ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”

    BalasHapus
  81. Nama : Najla Nabilah
    NIM : 12201050
    Kelas : 1 B
    Semester : 1

    Perjalanan perjuangan nabi akhir zaman yaitu nabi Muhammad SAW yang ditugaskan untuk meluruskan ajaran-ajaran terdahulu yang masih menyimpang dengan membawa konsep ajaran Tauhid menyebabkan terjadinya protes besar-besaran yang diakibatkan harus meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktivitas. Lambat laun protes besar-besaran kepada Nabi dan para sahabat semakin menjadi hingga dilakukannya penyiksaan, pembunuhan, pemberontakan dan pemboikotan. Dalam sejarah Makiyyah, penderitaan tersulit yaitu terjadinya pemboikotan selama 3 tahun hingga Allah SWT. menurunkan surah Ad-Dhuha untuk menghibur Nabi dan para sahabatnya. Setelah 13 tahun, Allah SWT. menyuruh Nabi dan para sahabat untuk hijrah ke tempat di mana agama yang dibawanya dapat diterima dan berkembang. Tetapi setelah mencoba hijrah, dari Thaif hingga Habasyah (Ethiopia) Nabi masih menerima penolakan hingga dilempari batu. Hingga tibalah pada saat khalifah dari Yatsrib datang menemui Nabi secara sembunyi-sembunyi dan ia menyatakan masuk Islam hingga berjanji akan membela Nabi dan para sahabat. Perjanjian tersebutlah dinamai dengan perjanjian Aqabah 1 dan 2 atau dinamai juga dengan Baiat Ar Ridwan. Sehingga Nabi pada akhirnya hijrah ke Yatsrib, di mana kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  82. Nama : Tuti Rahayu
    Nim : 12201067
    Prodi : PAI 1b
    Sejarah peradaban Islam nabi Muhammad SAW, ( masa Mekah )
    Pada saat itu sebelum adanya nabi Muhammad Saw dibumi. Allah SWT telah menciptakan nabi Adam dan hawa yang berada di surga. Dengan berbagai kejadian nabi Adam dan hawa pun melanggar janji Allah SWT dengan memakan buah terlarang, yang ada di dalam surga. Sehingga nabi Adam pun diturunkan ke bumi, sebelum itu nabi Adam pun mengapai dedaunan yang ada di surga untuk menutupi auratnya, dan bumilah tempat terakhir nabi Adam hingga meninggal. Sebelum Allah SWT mengutus nabi Muhammad SAW, bumi waktu itu bagaikan tempat yang tidak terarah kan, dimana susah untuk berdamai, mencari nafkah dan mereka saling bermusuhan. Setelah itu dengan keadaan yang sudah kacau, Allah SWT pun mengutus nabi Muhammad SAW agar menjadi seseorang yang bisa menyampaikan amanah perjuangan risalah. Dan sejak nabi Muhammad SAW pun lahir, Mekah pun menjadi terkenal. Seperti yang sudah tertera di dalam kitab- kitab Allah SWT. Dan datang nya nabi Muhammad SAW di kota Mekah itu untuk meluruskan semua ajaran akidah tauhid yang dimana dulu telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.

    BalasHapus
  83. nama : Safitri Ida Dalilah
    kelas : 1A
    nim : 12201023

    Bani Ismail diangkat menjadi Nabi oleh Allah SWT. Bahkan, tidak ada tradisi kenabian Ismailiyah, dan bahkan status Hajar sebagai budak diberikan kebebasan oleh Ibrahim dan Sarah. Keduanya adalah pemegang Otoritas Palestina. Suatu hari Sarah diusir, Sarah cemburu terhadap hajar karna ia diusir hingga ke mekkah dimana tidak ada apapun dan tidak ada siapa-siapa. Seiring jalannya waktu tiba-tiba ismail menangis kehausan tetapi bekal yang di bawa oleh sarah sudah habis, lalu Ibrahim belum juga datang. Sarah berlari kesana dan kemari untuk mencari air tetapi ia tak kunjung mendapatkannya, sedangkan ismail menghentak – hentakan tumitnya dan akhirnya muncul lah sumber mata air itu. Peristiwa sarah berlari kesana - kemari itu yang sampai saat ini disebut sa’i. Kemudian ismail tumbuh besar dan banyak yang menyebutnya Nabi dan ismail pun terkenal dimana-mana tetapi kemudian lahir lah Nabi Muhammad dimana banyak kesempurnaan yang muncul dari Nabi Muhammad ketika sudah dewasa Nabi Muhammad pun berdakwah menyebarkan ajaran islam tetapi orang-orang di sana tidak percaya bahwa Nabi Muhammad itu Nabi karna bagi mereka Nabi Ismail lah Nabi terakhir sehingga dakwah dan ajaran Nabi Muhammad di tolak dimana-mana

    BalasHapus
  84. Nama: Hesti Nurjannah
    Nim: 12201062
    Kelas: 1B pai

    Bumi adalah tempat tinggal Nabi Adam AS hingga beliau meninggal dunia, tempat mencari nafkah dan tempat orang-orang bersaing, dan inikah yang di namakan sunatullah,
    Agama Islam yang turun oleh Allah SWT dan disampaikan Rasulullah SAW adalah agama yang sebagai rahmat bagi seluruh alam.

    BalasHapus
  85. Nama: Syifa Aulia Sholeha
    Nim: 12201069
    Kelas: 1B
    Prodi: PAI
    Kesimpulan yang saya rangkum dari pemaparan diatas, Rasulullah SAW ialah seorang pemimpin dunia yang paling berpengaruh dan diakui oleh kawan dan lawan. Pengakuan tersebut bukan tidak berdasar, tetapi kenyataan menunjukkan bahwa ajaran yang dibawanya memiliki pengaruh yang sangat signifikan diseluruh dunia. Makkah sebagai pusat ibadah menunjukkan bahwa sepanjang tahun tidak pernah sunyi. Dakwah Nabi di Makkah sejatinya merupakan perjuangan yang berat dan membutuhkan kesabaran yang konsisten. Nabi Muhammad SAW menjelaskan, selama di Makkah dalam dakwahnya Nabi Muhammad SAW hanya menekankan dakwahnya hanya pada aspek kepercayaan. Yakni kepercayaan tentang keesaan Allah dengan menghindari segala macam kemusyrikan dan penyembahan berhala. Kemudian, dakwah juga ditujukan kepada kepercayaan tentang kebangkitan manusia setelah kematiannya guna memperoleh balasan dan ganjaran atas amal perbuatanya selama hidup. Setidaknya, menurut beliau, dua hal inilah yang menjadi fokus ajaran Nabi Muhammad SAW yang dibarengi dengan ajakan berbudi pekerti luhur. Yaitu antara lain dalam membantu kaum yang lemah. Namun demikian, meski dakwah Nabi yang dibarengi akhlak luhur itu telah dilakukan selama 13 tahun di Makkah, kaum musyrik enggan menyambut ajaran Nabi. Berbagai dalih pun mereka kemukakan yang kesemuanya dijelaskan kerapuhannya oleh Nabi melalui bimbingan ayat-ayat Alquran.

    BalasHapus
  86. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama: Vira Umrina Tunnisa
    Nim: 12201042
    Kelas: 1B PAI

    Kesimpulan yang saya rangkum dari pemaparan diatas, Sebelum adanya Nabi Muhammad SAW., kota Mekkah tidaklah terlalu terkenal, namun sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW Mekkah menjadi kota yang sangat dikenal oleh masyarakat luar Mekkah, dan sebelum adanya Nabi Muhmmad SAW, juga terdapat bani yang sangat terkenal yaitu bani Israil, yang mana didalam nya ada banu Ismail dan banu Ishaq, yang dikenal sebagai bani Israil berstatus Nabi. Pada saat itu dua banu ini tidaklah sejalan sehingga diibaratkan sebagai dua simbol dunia yang terpisah, sehingga pada saat itu dua banu ini tidaklah akur.
    Nabi Muhammad SAW berasal dari banu Ismail, sosok beliau yang lahir dari kaumnya sendiri justru terolak dakwahnya dan hanya sedikit yang menerima dakwah Islam pada saat itu, sebab Nabi Muhammad hanya membawa seperangkat alat sholat dan puasa yang dilakukan pada periode Madinah nantinya, alasan ditolaknya Nabi Muhammad SAW karena beliau membawa konsep tauhid yang utuh, yang meminta mengesakan Allah diseluruh aktifitas, yang pada saat itu masyarakat sekitar sangat tidak menyukai konsep tauhid yang dibawakan beliau sehingga banyak daru mereka menolah dakwah Rasulullah.

    Sekian Terima Kasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  87. Nama : FAIZUL
    NIM : 12201019
    Kelas : 1 A


    Masa Nabi Muhammad SAW di Makkah
    Kota Makkah adalah tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Rasulullah lahir pada tanggal 12 Rabiul Awwal Yaitu petepatan tahun gajah, di mana pada saat itu adanya perperangan pasukan bergajah yang dipimpin oleh Abraham, yang ingin menghancurkan Ka'bah.
    Perjalanan dakwah Nabi Muhammad SAW tentu jauh dari kata mulus. Banyak rintangan dan cobaan yang dilalui Rasulullah selama berdakwah. Bahkan penolakan berupa hinaan dan celaan dari Kafir Quraisy kerap beliau dapatkan. Dalam tiga tahun awal masa dakwahnya di Mekah, Rasulullah berdakwah dengan cara sembunyi-sembunyi. Ia mendakwahi beberapa orang terdekatnya yang diyakini bisa merahasiakan pesan yang dibawanya.
    Adapun mereka yang pertama masuk Islam pada periode ini adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khathab, Ustman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Thalhah bin ‘Ubaidillah, Az-Zubair bin Al-Awwam, Abudurrahman bin Auf, Abu ‘Ubaidah bin Al-Jarrah, Sa’ad bin Abi Waqqash, dan Said bin Zaid. Orang-orang ini kemudian mendapat julukan As-sabiqun Al-awwalun, yaitu orang-orang yang pertama masuk Islam.

    BalasHapus
  88. Nama : Maharani
    Nim : 12201043
    Kelas : 1B
    Prodi : PAI

    Kesimpulan:
    Nabi Besar Muhammad Saw (Masa Mekah)
    - Nabi Adam bersama istrinya, mereka berdua telah melanggar berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumii
    - Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, penggiat dan pejuang risalah. Masa ke masa berputar dengan cepat.
    - Air zam zam dulu di beri nama oleh hajar yang berasal dari ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air.
    - 13 periode mekkah sudah nabi Muhammad lewati, allah swt menyuruh nabi Muhammad dan para sahabat agar meninggalkan tanah air mereka mencari tempat yanh sunur untuk tumbuh dan berkembang nama islam.
    - Pada musim haji suku Arab jahiliyyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib serta telah terdengar nama Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, tapi dianiaya oleh kaumnya sendiri. Bersembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk Islam beserta janji setia membela Nabi dan para sahabat.
    Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2.

    BalasHapus
  89. NAMA: HAIROL
    KELAS: 1E
    NIM: 12201172

    Rasulullah SAW merupakan nabi terakhir sekaligus rasul yang diangkat pada tanggal 17 Ramadhan atau 13 tahun sebelum hijrah (610 M) dengan usia 40 tahun. Ia memiliki sejarah dakwah pada periode Mekkah. Muhammad diangkat menjadi rasul oleh Allah SWT ditandai dengan turunnya Malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu yang pertama yaitu Surah Al-'Alaq ayat 1-5, yang dikenal dalam sejarah islam sebagai Nuzul-ul-Qur'an. Setelah itu selama 13 tahun (610-622 M), secara berangsur-angsur wahyu berupa ayat Al-Qur'an diturunkan kepada beliau sebanyak 4726 ayat meliputi 89 surah, salah satunya Surah Al-Muddatsir ayat 1-7 yang turun setelah wahyu pertama. Dimana Surah Al-Mudatrsir diturunkan dengan isi perintah Allah SWT agar Nabi Muhammad SAW berdakwah menyiarkan agaman Islam kepada seluruh umat manusia. Sedangkan isi ajaran-ajaran yang disampaiakan oleh Rasulullah SAW di awal kenabiannya adalah tentang Keesaan Allah SWT, Hari Kiamat sebagai hari pembalasan, Kesucian jiwa dan persaudaraan dan persatuan. Tujuan dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekah adalah agar masyarakat Arab mampu meninggalkan kejahiliyannya dalam bidang agama, moral dan hukum, sehingga menjadi umat yang mempercayai kebenaran utusan Allah SWT dan ajaran agama Islam yang disampaikannya sekaligus agar dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Agar dapat tercapainya tujuan-tujuan tersebut, maka dalam berdakwah Rasulullah SAW mempunyai strategi dakwah yang beliau lakukan, yaitu dakwah secara sembunyi-sembunyi dan dakwah secara terang-terangan. Dakwah Rasul secara sembunyi ini menyerukan agama islam kepada para kerabat, sahabat, hingga orang-orang sekitar rumah tangganya. Orang-orang yang telah masuk Islam pada saat itu disebut Assabiqulanl Awwalun atau pemeluk Islam generasi pertama, yang terdiri dari: Khadijah binti Khuwailid, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haritsah, Abu Bakar Ash-Shidiq dan Ummu Aiman. Sedangkan dakwah secara terang-terangan dimulai sejak tahun ke-4 kenabian setelah turunnya wahyu yang berisi perintah Allah SWT agar dakwah itu dilaksanakan secara terang-terangan. Dua tahap dakwah Rasulullah SAW secara terang-terangan ini adalah mengundang kaum kerabat keturunan dari Bani Hasyim untuk menghadiri jamuan makan sekaligus mengajak agar masuk Islam.

    Sedangkan tahap selanjutnya Rasulullah SAW mengumpulkan para penduduk Mekah untuk berkumpul di Bukit Shafa. Selain itu Rasulullah SAW menyampaikan dakwahnya kepada para penduduk di luar kota Mekah.

    Diantara orang-orang yang msuk Islam diluar Mekah antara lain Abu Zar Al-Giffari dan Tufail bin Amr Ad-Dausi. Sedangkan dari kalangan orang kafir yang masuk Islam ialah Hamzah bin Abdul Muthalib dan Umar bin Khattab. Dalam menjalankan dakwahnya, Rasulullah tidak hanya menemukan orang-orang yang mempercayai sekaligus masuk Islam, melainkan ada beberapa orang yang menolak dan menentang dengan hadirnya ajaran Islam ini, salah satunya kaum Quraisy.

    Adapun sebab-sebab kaum Quraisy menentang dakwah Rasulullah SAW diantaranya karena mereka keberatan dengan ajaran persamaan hak dan kedudukan antara semua orang, mereka menolak adanya kehidupan setelah kematian, mereka berat meninggalkan agama dan tradisi hidup masyarakat warisan leluhur mereka. Selain itu mereka menentang keras dan berusaha mengehntikan dakwah Rasulullah SAW sebab Islam melarang menyembah berhala. Dalam mengahadapi tantangan dari kaum Quraisy, salah saru cara Nabi SAW dengan menyuruh 16 orang sahabatnya untuk hijrah ke Habasyah karena raja di sana memberikan jaminan keamanan.

    BalasHapus
  90. Nama : Melati Juliar Pramestri
    Nim :12201056
    Kelas : 1b Pai
    Sejarah tidak lahir dari sebuah angan-angan tetapi lahir dari sebuah peristiwa nyata terdahulu (peristiwa yg benar benar terjadi di masa lampau), Allah yang menciptakan nur nabi Muhammad, setelah nya barulah Allah menciptakan nabi Adam dan istrinya di surga. Nabi Adam dan istrinya menyalahi satu perjanjian yang telah dibuat sehingga turun lah kedua nya dri surga turun ke alam bumi dan keturunan anak cucu Adam selalu membuat kerusakan sehingga diutus lah seorang rasul untuk memberi risalah kepada mereka. Air zam-zam yang keluar dari Padang pasir tepatnya dibawah kaki Ismail zam zam artinya berkumpullah membentuk suatu sumur mata air. Mekkah sudah sangat terkenal sejak kelahiran nabi Muhammad Agama Islam yang turun dari Allah dan disampaikan rasullulah adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmatan bagi seluruh alam semesta. Upaya penghapusan kasta aristokrat dan kasta Borjuis upaya pertama pridode makkiyahtentang kewajiban pembebasan budak Belian/hamba sahaya, baik melalui regulasi denda(kafarat) atau regulasi ibadah yang tinggi mutu. Pada masa makkiyah yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina,Dina lalu pengetahuan yg diperoleh adalah pengetahuan yang telah Allah ajarkan(berikan).

    BalasHapus
  91. Nama : Muhammad Riski Adi Saputra
    Kelas : 1C
    Nim : 12201089

    Perkembangan kota Mekkah tidak terlepas dari keberadaan Nabi Ismail dan Hajar sebagai penduduk pertama kota ini yang ditempatkan oleh Nabi Ibrahim atas perintah Allah.Pada masa berikutnya kota ini dipimpin oleh Quraisy yang merupakan kabilah atau suku yang utama di Jazirah Arab karena memiliki hak pemeliharaan terhadap Ka'bah.
    Tokoh sebagai kepala kabilah Quraisy adalah Qussai yang dilanjutkan oleh Abdul Muthalib. Pada tahun 571, Nabi Muhammad keturunan langsung dari Nabi Ismail serta Qussai, lahir di kota ini dan tumbuh dewasa. Pertama kali menerima wahyu dari Allah namun ajarannya ditolak kaumnya yang saat itu masih berada dalam kegelapan pemikiran (Jahilliyah) sehingga berpindah ke Madinah. Setelah Madinah berkembang, akhirnya nabi Muhammad kembali ke Mekkah dalam misi membebaskan kota Mekkah tanpa pertumpahan darah yang dikenal dengan (Fathul Makkah). Pada masa selanjutnya Mekkah berada di bawah administrasi Khulafaur Rasyidin yang berpusat di Madinah, serta para Khalifah yang saat itu berkuasa di Damaskus (Dinasti Ummayyah), Bagdad (Dinasti Abbasiyah) dan Turki (Usmaniyah). Kemudian setelah hancurnya sistem kekhalifahan, kota ini disatukan di bawah pemerintahan Arab Saudi oleh Abdul Aziz bin Saud yang kemudian menjadi pelayan bagi kedua kota suci Islam, Mekkah dan Madinah.

    BalasHapus
  92. Nama : Bayu prasetio
    Nim : 12201168
    Kelas : 1E ( PAI )

    ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB
    Sejarah peradaban islam (mas mekah)
    Mengejutkan dunia timur dan barat tatkala dari banu Ismail yang diangkat oleh Allah SWT menjadi Nabi. Padahal, garis Ismailiyah ke bawah tidak ada tradisi kenabian, bahkan status Hajarpun sebagai hamba sahaya yang diberi hak merdeka oleh Nabi Ibrahim dan Sarah.
    Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini adalah dimulai dari Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka’ab, Quraisy, sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.
    Skenario Nabi Muhammad SAW ini berasal dari banu Ismail, bukan dari banu Ishaksejak. Semenjak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, yang mana dua kota suci ini tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur – angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.
    Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab, dan Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.
    Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam.karena baginda Nabi Muhammad membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas.seperti aktifitas perdagangan dan jasa berpondasi tauhid,yang bertujuan untuk menghindari dari perkara yang Riba.
    Agama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasul Muhammad SAW yakni islam adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta.karena Rasul Muhammad SAW ,ingin merubah kehidupan umatny menjadi umat yang beradab, menghargai,menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya.
    Seperti yang sudah di jelas kan didalam Al – Quran surah Al Hujurat ayat 13, yang berbunyi:
    Artinya;
    “Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui, maha mengenal”.
    Karena sejatinya manusia diciptakan adalah untuk bersujud, dan mendekatlah (kepada Allah). Allah SWT pemilik Al Quran dengan asmaNya maha tahu
    Wassalamualaikum wr. Wb

    BalasHapus
  93. Nama:Lisa
    Kelas:1A
    Prodi:Pai

    Bismillahirrahmanirrahim

    Banyak yang kita ketahui Mekkah sudah terkenal saat kelahiran nabi akhir zaman.
    Sejak lahirnya Nabi Muhammad SAW pada tahun 571 M, pusat ketauhidan beralih ke kota mekah dan madinah.Nabi Muhammad SAW ditugaskan membawa ajaran baru, meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT. dengan diturunkan secara mutawatir. Akan tetapi banyak kalangan nabi Muhamad di masyarakat mekah mendapatkan pertentangan dengan ajarannya dikarenakan banyak penyimpangan yang di sampaikan oleh nabi Muhammad.
    Pada musim haji suku Arab jahiliyyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib serta telah terdengar nama Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, tapi dianiaya oleh kaumnya sendiri. Bersembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk Islam beserta janji setia membela Nabi dan para sahabat.

    BalasHapus
  94. NAMA : AZMI
    KELAS : 1A
    PRODI : PAI

    Pendidikan di Makkah
    Rasulullah menitik beratkan pada pembinaan akidah, akhlak serta tauhid kepada masyarakat Arab, yang mana banyak halangan dan rintangan yang dihadapi ketika di Makkah. Sedangkan pendidikan di Madinah lebih menitik beratkan pada pembinaan Sosial dan politik, pendidikan Sosial politik dan kewarnegaraan, pendidikan anak dalam Islam serta pendidikan Hankam pertahanan dan keamanan, yang mana ketika di Madinah
    Rasulullah membuat perjanjian yang dikenal dengan piagam Madinah. Dengan adanya piagam tersebut terwujudlah keadaan masyarakat yang tenang, harmonis dan damai serta disinilah pendidikan Islam mulai berkembang pesat.

    BalasHapus
  95. Suhud Abdillah
    1A
    12201025
    Mengejutkan dunia timur dan barat tatkala dari banu Ismail diangkat Allah SWT menjadi Nabi. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surgaSkenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M). Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman.Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT.

    BalasHapus
  96. Nama : Kurniati
    Nim : 12201128
    Kelas : 1D
    Semester: 1

    Poin pentingnya adalah :

    *Bumi tempat tinggal Adam hingga ajal kematiannya, bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi. Untuk menuntun mereka supaya damai, Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, penggiat dan pejuang risalah. Singkat kata, Idris hingga Ibrahim, Allah kisahkan mereka dalam Al Quran bertebaran surah dan ayatnya. Pasca Ibrahim, dunia  menjadi terbelah dua, hingga kini napas sesak perebutan hegemoni geo religi, geo ekonomi, geo politik, bahkan konflik batas negara seakan tidak pernah mengenal kata damai.Ismail dan Ishak menjadi dua simbol dua dunia yang terpisah.
    *Belakangan, Sarahpun dianugerahi Allah SWT putra. Ishak inilah kemudian masa memiliki keturunan yang banyak dari anaknya, Yakub. Yakub bin Ishak memiliki dua belas anak dari istri pertama, serta dua anak dari istri kedua (Yusuf dan Benyamin).Ayyub, Syuaib sebagai ayah mertua Musa, Harun saudara Musa. Keluarga Imran juga diangkat Allah SWT menjadi Nabi di kalangan Bani Israil, Zakaria, Yahya, Isa putra Maryam, Maryam binti Imran. *Berkesinambungan dzuriyat para Nabi telah Allah SWT sebutkan di dalam Taurat, Zabur, Injil dan diakumulasi seluruh kisah tentang mereka dalam Al Quran Al Karim.Sedari awal, bayi Ismail sudah terpisah dari situs kenabian, dimana saat itu Palestina negeri terjauh dari Bakkah (nama lama untuk Mekah) artinya daratan yang cekung (landai).
    *Peristiwa sa'i adalah monumen bersejarah menapaktilasi perjuangan Sarah, walau sekarang sulit untuk kita hayati dan resapi. Sebab, saat ini sa'i sudah dilaksanakan di gedung layaknya hotel ber - ac.Singkat kata, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air). 
    *Inilah yang membuat pesona tersendiri daerah yang oase (wadi) sebagai embrio hayati baik bagi insani, hewani dan nabati. Sungguh benar janji Allah SWT yang Maha Agung memelihara hambaNya.
    *Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.Skenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M).Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Giat dan gigih Rasul Muhammad SAW bercita cetak biru (blue print) masyarakat yang beradab, bukan masyarakat suci.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama (unity of human) telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku  untuk kamu saling kenal mengenal.Penghapusan kasta aristokrat dan kasta borjuis upaya pertama priode Makkiyah tentang kewajiban pembebasan budak belian atau hamba sahaya, baik melalui regulasi denda (kafarat) atau regulasi ibadah yang tinggi mutu. Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT. 

    BalasHapus
  97. Nama:sutia suri
    Nim:12201134
    Kelas:1D
    Semester 1
    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Ketertolakan Nabi Muhammad SAW karena baginda membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas. Aktifitas perdagangan dan jasa berpondasi tauhid, ada larangan mengicuh dalam timbangan, ada larangan kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN), ada larangan sistim ekonomi ribawi (membungakan uang), pemenuhan terhadap hak kerja pegawai, dan sebagainya. Penghapusan kasta aristokrat dan kasta borjuis upaya pertama priode Makkiyah tentang kewajiban pembebasan budak belian atau hamba sahaya, baik melalui regulasi denda (kafarat) atau regulasi ibadah yang tinggi mutu.Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT. Awal ayat mengenai pembacaan alam raya (iqra'), kemudian berakhir pada perintah : dan bersujud, dan mendekatlah (kepada Allah). Allah SWT pemilik Al Quran dengan asmaNya maha tahu bahwa yang mendustakan Islam adalah kebanyakan yang merasa diri terpelajar.Pemberontakan kepada Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya semakin menjadi-jadi. Pemberontakan tersebut mengambil corak penyiksaan, pengusiran, pembaikotan hingga pembunuhan.Masa pilu yang sangat menyedihkan menyayat hati Nabi dan sahabat dinamakan kelompok yang tidak berhak mendapatkan kasih sayang (juila syakhsun ghairu marhum) bahkan tidak diakui sebagai manusia (persona non grata).Beruntun ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti kamu mendapat (kemenangan) dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Bukankah kamu dahulu Kami dapati yatim, maka Allah menyelamatkan. Dahulu kamu sesat lalu Kami beri petunjuk. Pada musim haji suku Arab jahiliyyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib serta telah terdengar nama Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, tapi dianiaya oleh kaumnya sendiri.Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  98. Nama: Wulan tari syahwana
    Kelas:1D
    Nim:12201132
    Semester:1
    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.Untuk menuntun mereka supaya damai, Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, penggiat dan pejuang risalah. Masa ke masa berputar dengan cepat.Ismail dan Ishak menjadi dua simbol dua dunia yang terpisah.Ishak inilah kemudian masa memiliki keturunan yang banyak dari anaknya, Yakub.Yusuf ini kelak yang menjadi Nabi dan Raja Mesir.Ayyub, Syuaib sebagai ayah mertua Musa, Harun saudara Musa.menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal.Penghapusan kasta aristokrat dan kasta borjuis upaya pertama priode Makkiyah tentang kewajiban pembebasan budak belian atau hamba sahaya, baik melalui regulasi denda (kafarat) atau regulasi ibadah yang tinggi mutu.Nilai - nilai luhur agung dari Allah SWT ketika disampaikan akan menimbulkan perlawanan dari mereka yang sudah lama berada di zona nyaman, mereka terus ingin mempertahankan dinasti hak kepemilikan dalam penimbunam harta.Dalam sejarah Makkiyah, penderitaan terbesar bagi Nabi dan sahabat adalah pembaikoitan selama tiga tahun, obat, menghilangkan status warga sipil, dikeluarkan dari silsilah suku Quraisy.Dalam kondisi tersulit teramat perih, Allah SWT menghibur kekasihNya, Muhammad SAW dan para sahabat." Al Insyirah juga surah yang bernada membujuk dan menghibur Nabi saat topan derita melanda, Bukankah Allah telah melapangkan kesempitan dadamu."Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Nabi dan sahabat tidak enak - enakan tidur di atas katil.Pada musim haji suku Arab jahiliyyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib serta telah terdengar nama Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, tapi dianiaya oleh kaumnya sendiri.Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan.

    BalasHapus
  99. Nama:Nela Nardianti
    Nim:12201130
    Kelas:1D
    Prodi: PAI
    Semester: 1

    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Giat dan gigih Rasul Muhammad SAW bercita cetak biru (blue print) masyarakat yang beradab, bukan masyarakat suci.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama (unity of human) telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui, maha mengenal".

    Penghapusan kasta aristokrat dan kasta borjuis upaya pertama priode Makkiyah tentang kewajiban pembebasan budak belian atau hamba sahaya, baik melalui regulasi denda (kafarat) atau regulasi ibadah yang tinggi mutu. Upaya freedom periode Makkiyah terus berlanjut sampai periode Madaniyah hingga hari ini. Mengusung tema dakwah dengan kampanye bahwa manusia adalah sama rata seperti gigi sisir. Tidak diperkenankan merasa termulia, terhormat, tertinggi, terpuji dari pada yang lain. Sesama hamba Allah SWT harus saling menolong, berbuat baiklah seperti Allah telah berbuat baik kepadamu. Nilai - nilai luhur agung dari Allah SWT ketika disampaikan akan menimbulkan perlawanan dari mereka yang sudah lama berada di zona nyaman, mereka terus ingin mempertahankan dinasti hak kepemilikan dalam penimbunam harta.

    BalasHapus
  100. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  101. Nama: ALFIRMANSAH
    Kls:1D
    Nim:12201112

    Kesimpulan, terdapat 5 hal penting, yang perlu di perhatikan.
    1.Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.

    2).Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). datang Singkat kata, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air).Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.

    3).Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).

    4).Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama (unity of human) telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui, maha mengenal".

    5).Beruntun ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti kamu mendapat (kemenangan) dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Bukankah kamu dahulu Kami dapati yatim, maka Allah menyelamatkan. Dahulu kamu sesat lalu Kami beri petunjuk.

    BalasHapus
  102. Nama : Khairunnisa
    NIM : 12201110
    Kelas : 1D PAI
    Semeseter : Satu

    Hijrah ke Madinah memerlukan pengorbanan yang besar. Kekhawatirannya orang kafir Quraisy adalah jika Nabi meninggalka Mekah, maka Islam akan berkembang luas ke seluruh jazirah (semenanjung) Arabia. Mereka melakukan segala cara untuk menghalangi hijrah atau Nabi wajib mati di tangan mereka yang terhunus pedang.
    Abu Bakar RA sahabat setia Nabi yang menemani hijrah, Nabi memberinya gelar As Shiddiq (membenarkan) Nabi dalam peristiwa perjalanan malam. Perjalanan Rasulullah tidak melalui lalu lintas normal, melainkan melewati jalan yang tidak pernah dilewati. Sesampainya mereka di kota Yatsrib, mereka disambut dengan sangat meriah, suka cita, bahagia, dengan nyanyian dan rebana. Memuji Nabi dan bersyukur atas kedatangan beliau. Nabi ditawarkan rumah oleh penduduk Yatsrib untuk ditinggali. Madinah (kota adab dan berperadaban) sebagai wilayah wahyu kerasulan Muhammad merupakan terjemahan Al Quran dan pilot poject model kesantunan Muhammad sebagai Nabi. Nabi diminta untuk menjadi Kepala Negara Madinah, dipandang oleh kaum Muslim, Yahudi dan Nasrani untuk memimpin mereka. Masa Madinah sekaligus bimbingan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dalam sinaran wahyu. Bagi bangsa Arab, Muhammad adalah pahlawan mereka. Sejak dipimpin Nabi, negeri Madinah yang dahulunya terisolasi, kini telah menjadi perhatian belahan dunia timur (Persia) dan belahan dunia barat (Roma) melekat sebutan menjadi kota Nabi yang bercahaya bersinar terang (madinatun nabi al munawwarah). Termasuk Mekah, sudah memperhitungkan kekuatan kota Madinah, tetangga mereka sekaligus ancaman terbesar. Islam adalah agama dakwah yang harus disebarluaskan keseluruh permukaan bumi, hingga ke pelosok wilayah dusun terpencil, terjauh dan terluar.
    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada dari dulu. Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, sedikit sekali dari mereka yang mau menerima Islam. Kalau hanya ibadah private yang disampaikan kepada ummat, Nabi tidak begitu sengit untuk dimusuhi, bahkan diusir oleh kaumnya. Agama Islam ini turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang membentuk tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT. Pemberontakan kepada Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya semakin menjadi-jadi. Pemberontakan tersebut mengambil corak penyiksaan, pengusiran, pembaikotan hingga pembunuhan. Masa paling sulit adalah masa pemboikotan selama tiga tahun, embargo makanan, obat, menghilangkan status warga sipil, dikeluarkan dari silsilah suku Quraisy, tidak ada hak jual beli, tidak ada hak untuk menikah atau dinikahi, tidak mendapatkan hak perlindungan sebagai warga kota Mekah, dikeluarkan dari kota, puncaknya hidup terlunta-lunta di padang pasir.Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Baiat Ar Ridwan adalah modal Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  103. Nama: sohid Maulana
    Nim:12201136
    Kelas:1D
    Prodi:Pai
    Semester:1
    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.
    Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).
    Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya. Ketertolakan Nabi Muhammad SAW karena baginda membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas. Dalam kondisi tersulit teramat perih, Allah SWT menghibur kekasihNya, Muhammad SAW dan para sahabat.
    Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT.

    BalasHapus
  104. Nama : Fatwa Muhammad Syahid
    NIM : 12201141
    Kelas : 1D PAI
    Semester : 1
    Skenario Allah SWT yang menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M). Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.

    Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad). Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT. Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya. Ketertolakan Nabi Muhammad SAW karena baginda membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas. Aktifitas perdagangan dan jasa berpondasi tauhid, ada larangan mengicuh dalam timbangan, ada larangan kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN), ada larangan sistim ekonomi ribawi (membungakan uang), pemenuhan terhadap hak kerja pegawai, dan sebagainya. Aktifitas sosial berbasis tauhid supaya menghilangkan kelas-kelas di masyarakat, kasta dan stratifikasi sosial berdasarkan jenis pendidikan, jenis pekerjaan, jenis agama maupun jenis kelamin. Kesetaraan nilai (equal librium) inilah yang diperjuangkan Nabi, bahwa manusia adalah sama di mata Allah SWT (musawah). Aktifitas pendidikan, berupa kemitraan guru dan siswa, saling melayani dan menyayangi, bukan mengabdi kepada teori, tapi kedua insan pembelajar ini mengabdi kepada Allah SWT. Aktifitas politik berbasis tauhid adalah bersih dari sogok menyogok, bersih dari transaksional dan saling mempengaruhi antara penguasa dan pengusaha untuk kepentingan segelintir orang atas nama regulasi. Atas nama regulasi saling menindas (homo homini lupus). Disamping itu, larangan menumpuk kekayaan tanpa peduli lingkungan sekitar dengan ancaman neraka. Tugas profetik (kenabian) inilah yang mengundang gelombang protes besar - besaran. Kalau hanya ibadah private yang disampaikan kepada ummat, Nabi tidak begitu sengit untuk dimusuhi, bahkan diusir oleh kaumnya. Justru agama ini mendobrak kultur pemberhalaan pada harta dan duniawi, melawan dinasti kemapanan sosio politik ekonomi yang telah berlangsung ratusan tahun, menggugat konsentrasi hak atas penguasaan tanah dan proferti hanya pada sekitar orang sehingga menjadi kuasa bisnis hulu - hilir, eksport - inport, otomatis membuat ketidakberdayaan ekonomi rakyat serta pemiskinan secara struktural.
    Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Nabi dan sahabat tidak enak - enakan tidur di atas katil. Tidak berpesta meminum anggur dan delima, tidak menikmati bulan purnama, tapi terus berjuang hingga tetesan darah terakhir dengan prinsip agama Allah SWT menjulang tinggi atau aku akan mati bersama sahabat.

    BalasHapus
  105. Nama : Maysha Diana Sari
    Nim : 12201104
    Kelas : 1C
    Prodi : PAI

    Para nabi dan sahabat pada saat sedang berada di gua tsur merupakan mukjizat kedua setelah Al-Quran adapun mukjizat lain seperti peristiwa isra dan mi'raj.

    Ada beberapa langkah produktif pada saat nabi membangun yatsrib diantaranya:
    1. mengganti nama kota yatsrib
    2. merubah nama Aus dan Khajraj sejak kedatangan Nabi menjadi kaum Anshar
    3. mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshar
    4. membangun masjid nabawi bersama para sahabat
    5. membuat piagam Madinah (Madina Charter)

    Madinah telah menjadi negara metropolitan yang berkeadaban populis. Maksud dari kata tersebut bisa diartikan bahwa setiap rakyat Madinah menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Contoh hal nya seperti : Keamanan, kejujuran, kebersihan, kesantunan, keindahan, kebaikan, kebenaran, tanggung jawab, disiplin.

    Islam adalah agama dakwah yang harus disebarluaskan keseluruh permukaan bumi, hingga ke pelosok wilayah dusun terpencil, terjauh dan terluar. Dimana suara adzan dikumandangkan disitulah negeri Islam. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa islam merupakan sebuah keistimewaan. Sehingga yang berada di pulau-pulau terpencil sekalipun harus memeperluas atau memeperdalam keislaman

    BalasHapus
  106. Nama : Kholisin
    Nim : 12201129
    Kelas : 1D
    Semester : 1

    Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Mulai dari keyakinan siapa yang disembelih itu ? Ismail atau Ishak ? Sampai kepada siapa yang paling berhak dalam kepemilikan AL-Aqsa ? Ismail terlahir dari rahim Hajar. Belakangan, Sarahpun dianugerahi Allah SWT putra.Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah dan ayat-ayat kitabiyah datangnya Nabi yang ditunggu yaitu” Nabi muhammad SAW “. Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta yang mana bertujuan menciptakan masyarakat yang nature yaitu masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya. Adapun juga kesejahteraan tidak berawal dari ruang kosong tapi telah ada sang maha ada yang mengatakan (cause prima) Allah SWT yang mengatakan nur Muhammad lalu Adam di surga. Lalu adapun Mekkah atau Makkah Al mukarramah merupakan sebuah kota utama di Arab Saudi yang mana Kota ini menjadi tujuan utama kaum muslim dalam menunaikan ibadah haji,dikota Mekah juga terdapat bangunan utama Ka'bah. Mekah pada mula nya merupakan sebua kota kecil yang dihuni oleh anak anak cucu nabi Adam as,sampai ketika dilanda banjir besar diarea nahi nuh aS.

    BalasHapus
  107. Nama: Zainal
    Nim: 12201138
    Kelas: 1D
    Semester:1
    Rasulullah SAW merupakan nabi terakhir sekaligus rasul yang diangkat pada tanggal 17 Ramadhan atau 13 tahun sebelum hijrah (610 M) dengan usia 40 tahun. Ia memiliki sejarah dakwah pada periode Mekkah. Muhammad diangkat menjadi rasul oleh Allah SWT ditandai dengan turunnya Malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu yang pertama yaitu Surah Al-'Alaq ayat 1-5, yang dikenal dalam sejarah islam sebagai Nuzul-ul-Qur'an. Dan disebut kan di Surah lainya,
    Yaitu Surah Al-Mudatrsir diturunkan dengan isi perintah Allah SWT agar Nabi Muhammad SAW berdakwah menyiarkan agaman Islam kepada seluruh umat manusia. Sedangkan isi ajaran-ajaran yang disampaiakan oleh Rasulullah SAW di awal kenabiannya adalah tentang Keesaan Allah SWT, Hari Kiamat sebagai hari pembalasan, Kesucian jiwa dan persaudaraan dan persatuan. Tujuan dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekah adalah agar masyarakat Arab mampu meninggalkan kejahiliyannya dalam bidang agama, moral dan hukum, sehingga menjadi umat yang mempercayai kebenaran utusan Allah SWT dan ajaran agama Islam yang disampaikannya sekaligus agar dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekah adalah agar masyarakat Arab mampu meninggalkan kejahiliyannya dalam bidang agama, moral dan hukum, sehingga menjadi umat yang mempercayai kebenaran utusan Allah SWT dan ajaran agama Islam yang disampaikannya sekaligus agar dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Agar dapat tercapainya tujuan-tujuan tersebut, maka dalam berdakwah Rasulullah SAW mempunyai strategi dakwah yang beliau lakukan, yaitu dakwah secara sembunyi-sembunyi dan dakwah secara terang-terangan. Dakwah Rasul secara sembunyi ini menyerukan agama islam kepada para kerabat, sahabat, hingga orang-orang sekitar rumah tangganya. Orang-orang yang telah masuk Islam pada saat itu disebut Assabiqulanl Awwalun atau pemeluk Islam generasi pertama, yang terdiri dari: Khadijah binti Khuwailid, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haritsah, Abu Bakar Ash-Shidiq dan Ummu Aiman. Sedangkan dakwah secara terang-terangan dimulai sejak tahun ke-4 kenabian setelah turunnya wahyu yang berisi perintah Allah SWT agar dakwah itu dilaksanakan secara terang-terangan. Dua tahap dakwah Rasulullah SAW secara terang-terangan ini adalah mengundang kaum kerabat keturunan dari Bani Hasyim untuk menghadiri jamuan makan sekaligus mengajak agar masuk Islam.
    Adapun sebab-sebab kaum Quraisy menentang dakwah Rasulullah SAW diantaranya karena mereka keberatan dengan ajaran persamaan hak dan kedudukan antara semua orang, mereka menolak adanya kehidupan setelah kematian, mereka berat meninggalkan agama dan tradisi hidup masyarakat warisan leluhur mereka. Selain itu mereka menentang keras dan berusaha mengehntikan dakwah Rasulullah SAW sebab Islam melarang menyembah berhala. Dalam mengahadapi tantangan dari kaum Quraisy, salah saru cara Nabi SAW dengan menyuruh 16 orang sahabatnya untuk hijrah ke Habasyah karena raja di sana memberikan jaminan keamanan.

    BalasHapus
  108. Nama: Nafsiah
    NIM: 12201123
    Kelas: 1D

    Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya.
    Skenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M). Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.
    Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).Nama:
    Nabi Muhammad saw adalah nabi terakhir yang diutus Allah untuk membimbing
    kembali umat manusia yang telah menyenceng dari fitrahnya. Sejarah Islam awal
    yang dilalui Rasulullah saw sungguh berat lantaran harus berhadapan oleh suku
    Quraisy yang menguasai kota Mekkah. Pengikut Rasulullah saw relatif sedikit
    dan fokus utama Rasulullah saw dalam dakwah awalnya adalah mengenalkan
    ajaran Tauhid. menyuruh meninggalkan berhala. Akan tetapi dakwah tersebut dilakukan secara
    rahasia guna menghindari tindakan buruk orang-orang Quraisy yang fanatik
    dengan keyakinannya. Nabi saw belum melakukan dakwah di majelis-majelis
    umum orang Quraisy, dan tidak melakukan dakwah kecuali kepada orang
    terdekatnya.

    BalasHapus
  109. Nama : Amalia Alza Sholeha
    NIM : 12201160
    Kelas : PAI 1E

    Sebelum itu Adam dan Hawa melanggar larangan disurga sehingga mereka diturunkan oleh Allah kebumi, selain itu adanya peristiwa sa'i dari kejadian Sarah yang bolak-balik dari bukit Shafa ke bukit Marwah untuk mencari minum untuk Ismail yang sudah menangis, kemudian Ismail menghentak hentakan kakinya, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air). Dari kejadian itulah muncul sumber air zamzam.

    Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.

    Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT. Awal ayat mengenai pembacaan alam raya (iqra'), kemudian berakhir pada perintah : dan bersujud, dan mendekatlah (kepada Allah). Allah SWT pemilik Al Quran dengan asmaNya maha tahu bahwa yang mendustakan Islam adalah kebanyakan yang merasa diri terpelajar.

    BalasHapus
  110. Nama : Mu'alim
    Nim : 12201114
    Kelas 1D
    Semester 1

    Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai. Berdiamlah mereka dibumi sebagai rumah tinggal setelah berada di surga dahulu.

    Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya. Ketertolakan Nabi Muhammad SAW karena baginda membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas.

    BalasHapus
  111. Nama : Sutijah
    Kelas : 1/D
    Nim : 11711265
    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Giat dan gigih Rasul Muhammad SAW bercita cetak biru (blue print) masyarakat yang beradab, bukan masyarakat suci.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama (unity of human) telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui, maha mengenal".
    Dalam kondisi tersulit teramat perih, Allah SWT menghibur kekasihNya, Muhammad SAW dan para sahabat. Beruntun ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti kamu mendapat (kemenangan) dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Bukankah kamu dahulu Kami dapati yatim, maka Allah menyelamatkan. Dahulu kamu sesat lalu Kami beri petunjuk. Dahulu kamu miskin lalu Kami kayakan." Al Insyirah juga surah yang bernada membujuk dan menghibur Nabi saat topan derita melanda, Bukankah Allah telah melapangkan kesempitan dadamu. Dan Kamipun telah meringankan beban dirimu, yang memberatkan punggungmu, dan Kami tinggikan sebutan namamu, maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan."

    Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Nabi dan sahabat tidak enak - enakan tidur di atas katil. Tidak berpesta meminum anggur dan delima, tidak menikmati bulan purnama, tapi terus berjuang hingga tetesan darah terakhir dengan prinsip agama Allah SWT menjulang tinggi atau aku akan mati bersama sahabat.

    Pada musim haji suku Arab jahiliyyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib serta telah terdengar nama Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, tapi dianiaya oleh kaumnya sendiri. Bersembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk Islam beserta janji setia membela Nabi dan para sahabat.

    BalasHapus
  112. -Nabi Adam dan istrinya diciptakan Allah disurga, kemudian mereka memakan buah terlarang yang dimana buah itu dilarang Allah. Keduanya pun diusir dari surga dan diturunkan ke bumi sebagai tempat tinggal serta mencari nafkah
    -Allah SWT berkala mengutus Nabi sebagai pennyampai, penggiat dan pejuang risalah, masa ke masa berputar dengan cepat.
    -ismail dan Ishak menjadi dua simbol dua dunia yang terpisah. Mengejutkan dunia timur dan barat tatkala dari Bani ismail diangkat Allah SWT menjadi Nabi. Padahal garis islamiyah ke bawah tidak ada tradisi kenabian.
    -sedari awal,bayi ismail sudah terpisah dari situs kenabian, dimana saat itu Palestina negeri terjauh dari bakkah (nama lama untuk mekkah) artinya daratan yang cekung(landai).
    -hajar mengatakan "zam zam" (Bahasa Ibrani yang artinya berkumpul membentuk sumur mata air)
    -sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW(571M). Mata arah kesejahteraan berpindah dari orientasi Palestina kepada makkah dan makinah., dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur angsur selama 22 tahun, 2bulan, 22hari
    -Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWt
    -Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  113. Nama : Anniss Fitri Sakinah
    Nim : 12201010
    Kelas : 1 A pai
    Masa mekah pertama kali ada sejak zaman nabi ismail dan ibundanya pergi kesana yaitu siti sarah pada saat itu nabi ismail sedang kehausan dan ibunya siti sarah pergi mencari air dari bukit safa ke marwa dengan 7 kali dan tak lama datang lah malaikat jibril membuat sumur di dekat telapak kaki nabi ismail yang dinamakan sumur air zam zam. Sehingga banyak para musafir yang bersinggah ke tempat tersebut dan membangun sebuah pemukiman. Seiring berjalannya waktu lahir lah nabi muhammad saw di daerah tersebut yang kita sebut kota mekah namun pada zaman itu disebut pada zaman jahiliyah karena mereka pada saat itu banyak orang arab yang mengubur bayi perempuan hidup hidup menyembah berhala bahkan banyak lagi makanya jaman tersebut disebut jaman jahiliah. Bahkan pada saat itu nabi kita seperti diasingkan oleh bangsanya sendiri, jadi untuk menyebarkan agama islam nabi melakukan dakwah secara sembunyi sembunyi setelah di perintahkan oleh allah untuk pindah dakwah kemadinah barulah nabi berdakwah secara terang terangan

    BalasHapus
  114. Nama : Aidil Saputra
    NIM : 12201012
    Kelas : PAI 1A
    Sejarah merupakan perjalanan dari masa lalu, ke masa kini, dan melanjutkan perjalanannya ke masa depan. Dalam perjalanan suatu sejarah selalu mengalami pasang naik dan pasang surut yang berbeda-beda tidak terkecuali dengan peradaban Islam. Peradaban Islam merupakan manifestasi kemajuan mekanis dan tekhnologis. Dalam pengertian itulah peradaban Islam akan dibahas. Pembahasan ini akan lebih menekankan pada peradaban Islam periode Makkah.
    Pada periode Makkah ini keadaan bangsa Arab diketahui bahwa pada saat itu masih menyembah berhala, berjudi, mabuk-mabukan, membunuh, dan masih banyak lagi perbuatan-perbuatan yang tidak baik. Dalam kondisi inilah Islam pertama kali lahir di Makkah untuk mengubah masyarakat Makkah yang mempunyai akhlak dengan ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Islam membawa perubahan di Makkah setelah Nabi Muhammad membawa ajaran-ajaran Islam yang memperbaiki moral mereka dalam beragama. Pada periode Makkah nabi Muhammad berkonsentrasi terlebih dahulu untuk memperbaiki tauhid penduduk Makkah yang pada saat itu masih menyembah berhala dan masih setia pada ajaran nenek moyang mereka. Walaupun demikian usaha nabi Muhammad menyebarkan Islam tidak mudah dibandingkan ketika Muhammad menyebarkan Islam ke Madinah.

    BalasHapus
  115. Nama : Sriwati Puspa Dewi Ahmad
    Kelas : 1 A
    NIM : 12201032
    Prodi : PAI

    Kesimpulan yang saya dapatkan dari pemaparan diatas yaitu Sebelum adanya Nabi Muhammad SAW., kota Mekkah tidaklah terlalu terkenal, namun sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW Mekkah menjadi kota yang sangat dikenal oleh masyarakat luar Mekkah, dan sebelum adanya Nabi Muhmmad SAW, juga terdapat bani yang sangat terkenal yaitu bani Israil, yang mana didalam nya ada banu Ismail dan banu Ishaq, yang dikenal sebagai bani Israil berstatus Nabi. Pada saat itu dua banu ini tidaklah sejalan sehingga diibaratkan sebagai dua simbol dunia yang terpisah, sehingga pada saat itu dua banu ini tidaklah akur.
    Nabi Muhammad SAW berasal dari bani Ismail, sosok beliau yang lahir dari kaumnya sendiri justru tertolak dakwahnya dan hanya sedikit yang menerima dakwah Islam pada saat itu, sebab Nabi Muhammad hanya membawa seperangkat alat sholat dan puasa yang dilakukan pada periode Madinah nantinya, alasan ditolaknya Nabi Muhammad SAW karena beliau membawa konsep tauhid yang utuh, yang meminta mengesakan Allah diseluruh aktifitas, yang pada saat itu masyarakat sekitar sangat tidak menyukai konsep tauhid yang dibawakan beliau sehingga banyak dari mereka menolak dakwah Rasulullah Saw.
    Agama Islam yang turun merupakan agama yang benar dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    BalasHapus
  116. Nama : Hardianti
    Nim : 12201119
    Kelas : 1D PAI
    Semester 1
    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Muhammad diangkat menjadi rasul oleh Allah SWT ditandai dengan turunnya Malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu yang pertama yaitu Surah Al-'Alaq ayat 1-5, yang dikenal dalam sejarah islam sebagai Nuzul-ul-Qur'an. Setelah itu selama 13 tahun (610-622 M), secara berangsur-angsur wahyu berupa ayat Al-Qur'an diturunkan kepada beliau sebanyak 4726 ayat meliputi 89 surah, salah satunya Surah Al-Muddatsir ayat 1-7 yang turun setelah wahyu pertama. Dimana Surah Al-Mudatrsir diturunkan dengan isi perintah Allah SWT agar Nabi Muhammad SAW berdakwah menyiarkan agaman Islam kepada seluruh umat manusia. Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad). Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.Pada musim haji suku Arab jahiliyyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib serta telah terdengar nama Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, tapi dianiaya oleh kaumnya sendiri. Bersembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk Islam beserta janji setia membela Nabi dan para sahabat.

    Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Nabi Muhammad SAW berasal dari bani Ismail, sosok beliau yang lahir dari kaumnya sendiri justru tertolak dakwahnya dan hanya sedikit yang menerima dakwah Islam pada saat itu, sebab Nabi Muhammad hanya membawa seperangkat alat sholat dan puasa yang dilakukan pada periode Madinah nantinya, alasan ditolaknya Nabi Muhammad SAW karena beliau membawa konsep tauhid yang utuh, yang meminta mengesakan Allah diseluruh aktifitas, yang pada saat itu masyarakat sekitar sangat tidak menyukai konsep tauhid yang dibawakan beliau sehingga banyak dari mereka menolak dakwah Rasulullah Saw.Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  117. Nama : Lilis Suryani
    Nim : 12201033
    Kelas : 1A PAI

    Sejarah merupakan kejadian yang terjadi di masa lampau, sejarah sendiri tidak berawal dari ruang kosong tetapi telah ada, sang maha ada yaitu Allah SWT. Dalam sejarahnya sebelum nabi muhammad lahir, Allah menurunkan nabi Adam kebumi karena Nabi Adam telah melanggar janji berupa memakan buah khuldi yang ada disurga maka nabi Adam diturunkan ke bumi oleh Allah SWT. Dengan turun nya nabi Adam maka timbul lah nabi-nabi lain seperti Nabi islam, Nabi Muhammad. Nabi ismail disaat balita, tumit bayinya mengalirkan air deras dan jernih, Hajar mengatakan itu adalah "Zam-zam" yang menurut ibrani berkumpul membentuk sumur mata air. Dari berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail yaitu Adnani,Kinanah,Mudrikah,Mudhar,Ka'ab,Quraisy,turun temurun dalam masa yang panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW. Maka Allah SWT menjadikan nabi Muhammad SAW dari bani ismail.
    Nabi Muhammad SAW di lahirkan bukan untuk mengajarkan ajaran baru tetapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.
    Kaum nabi muhammad sendiri hanya sedikit yang mau menerima islam karena Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat sholat dan puasa, ia juga membawa konsep ajaran tauhid yang utuh kalau hanya ibadah privat yang disampaikan pada umatnya, Nabi tidak akan begitu sengit di musuhi.
    Disamping itu sudah banyak rintangan yang dilalui oleh nabi Muhammad SAW selama 13 tahun periode makkah,dengan segala ancaman,teror,dan banyak sahabat yang menjadi syuhada. Allah kemudian menyuruh nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka. Dan disitu mulai perjalanan Nabi dan para sahabat ke kota Madinah.

    Jadi dapat kita simpulkan bahwa perjuangan Nabi Muhammad SAW tidaklah mudah dalam menyebarkan Islam, banyak rintangan yang harus nabi lewati maka dari itu kita sebagai umat nabi masa sekarang harus taat dalam mematuhi segala yang sudah ditentukan oleh ajaran Islam

    BalasHapus
  118. Nama : Gin Gin Hardiman
    Nim :12201127
    Kelas 1d Pai
    Semester 1

    Sejarah tidak berawal dari ruang kosong tapi telah ada. Allah Ta'ala yang menciptakan sejarah itu mulai dari awal penciptaan Nabi Adam sampai pada qiamat nanti. Dai Nabi adam diciptakan di syurga sampai diusir di surga hingga menetap di bumi menjadi khalifah hingga anak cucunya membangun sebuah peradaban semuanya diatur oleh Allah Ta'ala. Muka bumi merupakan tempat tinggal Nabi adam sampai anak cucunya dan juga merupakan tempat mencari nafkah dan juga tempat perintah dan kewajiban untuk menjauh apa segala larangan dari Allah. Dari Nabi adam Nabi idris hingga Nabi Ibrahim sampai Nabi Muhammad diantara semua itu mempunyai umat dan pasti ada saja permusuhan penyebabnya diantaranya politik, religius bahkan konflik antar umat beragama. Nabi ismail dan Nabi ishak merupakan dua simbol dunia terpisah yang mana keturunan Nabi ishak merupakan turunan dari bani Israfil dan Nabi ismail turunan dari kabilah Arab disinilah Nabi muhammad dilahirkan dari kabilah Arab di kota suci makkah.Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam.

    BalasHapus
  119. Nama : Muhammad firdaus
    Nim :12201022
    Kelas :1A

    Sejarah adalah peristiwa yang terjadi di masa lalu yang harus kita jadikan pelajaran untuk menjadi pedoman kehidupan kita di masa yang akan datang.

    Perjuangan para nabi ialah perjuangan yang harus kita teruskan hingga tetesan terakhir darah kita karena perjuangan para nabi tidak sebanding dengan perjuangan kita saat ini.
    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.
    Allah subhanahu wa ta'ala yang menjadikan nur atau cahaya yakni nur Muhammad shallallahu alaihi wasallam.
    Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Namun seiring berjalannya waktu maka menyebar luas lah dakwah nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam baik secara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi dengan banyak rintangan yang ia alami.
    Jadi dapat kita simpulkan bahwa perjuangan Nabi Muhammad SAW tidaklah mudah dalam menyebarkan Islam, banyak rintangan yang harus nabi lewati maka dari itu kita sebagai umat nabi masa sekarang harus taat dalam mematuhi segala yang sudah ditentukan oleh ajaran Islam.

    BalasHapus
  120. Nama:Reza Kurniawan
    Nim:12201137
    Kelas:1D
    Semester:1

    Sejarah tidak berawal dari ruang kosong tapi telah ada. Allah Ta'ala yang menciptakan sejarah itu mulai dari awal penciptaan Nabi Adam sampai pada qiamat nanti. Dai Nabi adam diciptakan di syurga sampai diusir di surga hingga menetap di bumi menjadi khalifah hingga anak cucunya membangun sebuah peradaban semuanya diatur oleh Allah Ta'ala. Muka bumi merupakan tempat tinggal Nabi adam sampai anak cucunya dan juga merupakan tempat mencari nafkah dan juga tempat perintah dan kewajiban untuk menjauh apa segala larangan dari Allah. Dari Nabi adam Nabi idris hingga Nabi Ibrahim sampai Nabi Muhammad diantara semua itu mempunyai umat dan pasti ada saja permusuhan penyebabnya diantaranya politik, religius bahkan konflik antar umat beragama. Nabi ismail dan Nabi ishak merupakan dua simbol dunia terpisah yang mana keturunan Nabi ishak merupakan turunan dari bani Israfil dan Nabi ismail turunan dari kabilah Arab disinilah Nabi muhammad dilahirkan dari kabilah Arab di kota suci makkah.Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam.

    BalasHapus
  121. Nama : Vanny
    NIM :12201139
    Kelas : 1D PAI semester 1

    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.

    Selanjutnya kekerabatan Bani Israil lah yang memegang amanah wahyu dari Allah SWT menjadi Rasul dan Nabi.

    Berkesinambungan dzuriyat para Nabi telah Allah SWT sebutkan di dalam Taurat, Zabur, Injil dan diakumulasi seluruh kisah tentang mereka dalam Al Quran Al Karim.

    Skenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M).

    Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).

    Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.

    Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam.

    Aktifitas perdagangan dan jasa berpondasi tauhid, ada larangan mengicuh dalam timbangan, ada larangan kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN), ada larangan sistim ekonomi ribawi (membungakan uang), pemenuhan terhadap hak kerja pegawai, dan sebagainya.

    Aktifitas politik berbasis tauhid adalah bersih dari sogok menyogok, bersih dari transaksional dan saling mempengaruhi antara penguasa dan pengusaha untuk kepentingan segelintir orang atas nama regulasi.

    Justru agama ini mendobrak kultur pemberhalaan pada harta dan duniawi, melawan dinasti kemapanan sosio politik ekonomi yang telah berlangsung ratusan tahun, menggugat konsentrasi hak atas penguasaan tanah dan proferti hanya pada sekitar orang sehingga menjadi kuasa bisnis hulu - hilir, eksport - inport, otomatis membuat ketidakberdayaan ekonomi rakyat serta pemiskinan secara struktural.

    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.

    Giat dan gigih Rasul Muhammad SAW bercita cetak biru (blue print) masyarakat yang beradab, bukan masyarakat suci.Karena masyarakat adalah definisi utopia, sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat beradab, saling menghormati, menyayangi, menolong, membagi, merasa, merata, dan simbol senyawa lainnya walau dalam keanekaragaman, bukankah rasa kemanusiaan itu sama (unity of human) telah didengungkan 1400 tahun yang silam, surah Al Hujurat ayat 13, Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakanmu dari jenis pria dan wanita, menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku untuk kamu saling kenal mengenal.

    Nilai - nilai luhur agung dari Allah SWT ketika disampaikan akan menimbulkan perlawanan dari mereka yang sudah lama berada di zona nyaman, mereka terus ingin mempertahankan dinasti hak kepemilikan dalam penimbunam harta.

    Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT.

    Dalam sejarah Makkiyah, penderitaan terbesar bagi Nabi dan sahabat adalah pembaikoitan selama tiga tahun, embargo makanan, obat, menghilangkan status warga sipil, dikeluarkan dari silsilah suku Quraisy, tidak ada hak jual beli, tidak ada hak untuk menikah atau dinikahi, tidak mendapatkan hak perlindungan sebagai warga kota Mekah, dikeluarkan dari kota, puncaknya hidup terlunta-lunta di padang pasir.

    Masa pilu yang sangat menyedihkan menyayat hati Nabi dan sahabat dinamakan kelompok yang tidak berhak mendapatkan kasih sayang (juila syakhsun ghairu marhum) bahkan tidak diakui sebagai manusia (persona non grata).

    Allahu

    BalasHapus
  122. Nama : salwa salsabila
    Nim : 12201124
    Semester : 1/ 1 D

    Kesimpulan:
    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Bumi tempat tinggal Adam hingga ajal kematiannya, bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi. Untuk menuntun mereka supaya damai, Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, penggiat dan pejuang risalah. Ismail terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). Belakangan, Sarahpun dianugerahi Allah SWT putra. Ishak inilah kemudian masa memiliki keturunan yang banyak dari anaknya, Yakub. Yakub bin Ishak memiliki dua belas anak dari istri pertama, serta dua anak dari istri kedua (Yusuf dan Benyamin). Berkesinambungan dzuriyat para Nabi telah Allah SWT sebutkan di dalam Taurat, Zabur, Injil dan diakumulasi seluruh kisah tentang mereka dalam Al Quran. Padahal, garis Ismailiyah ke bawah tidak ada tradisi kenabian, bahkan status Hajarpun sebagai hamba sahaya  yang diberi hak merdeka oleh Ibrahim dan Sarah.Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.Skenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M)Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad).Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya. Ketertolakan Nabi Muhammad SAW karena baginda membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas. Aktifitas perdagangan dan jasa berpondasi tauhid, ada larangan mengicuh dalam timbangan, ada larangan kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN), ada larangan sistim ekonomi ribawi (membungakan uang), pemenuhan terhadap hak kerja pegawai, dan sebagainya. Aktifitas pendidikan, berupa kemitraan guru dan siswa, saling melayani dan menyayangi, bukan mengabdi kepada teori, tapi kedua insan pembelajar ini mengabdi kepada Allah SWT. Aktifitas politik berbasis tauhid adalah bersih dari sogok menyogok, bersih dari transaksional dan saling mempengaruhi antara penguasa dan pengusaha untuk kepentingan segelintir orang atas nama regulasi. Kalau hanya ibadah private yang disampaikan kepada ummat, Nabi tidak begitu sengit untuk dimusuhi, bahkan diusir oleh kaumnya. Justru agama ini mendobrak kultur pemberhalaan pada harta dan duniawi, melawan dinasti kemapanan.
    Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.








    BalasHapus
  123. Nama : Siti Aminah
    NIM : 12201125
    Kelas : 1D
    Prodi : PAI

    Diutusnya Nabi Muhammad SAW dari bani Ismail, bukan dari bani Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M). Bahkan sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya. Ketertolakan Nabi Muhammad SAW karena baginda membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktifitas meliputi Aktifitas perdagangan dan jasa, Aktifitas pendidikan. Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah.

    BalasHapus
  124. Nama: Sri hariyati astuti
    Nim:12201144
    Kelas: 1D

    Kesejarahan tidak berawal dari
    ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga.Bumi tempat tinggal Adam hingga ajal kematiannya, bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi.
    Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Nabi dan sahabat tidak enak - enakan tidur di atas katil. Tidak berpesta meminum anggur dan delima, tidak menikmati bulan purnama, tapi terus berjuang hingga tetesan darah terakhir dengan prinsip agama Allah SWT menjulang tinggi atau aku akan mati bersama sahabat.Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercinta, tempat leluhur hidup bersama, banyak kenangan masa kecil yang indah, menuju Yastrib, kota multi etnik dan multi agama.

    BalasHapus
  125. NAMA: KUSNUL KHOTIMAH
    NIM: 12201131
    KELAS:1D
       Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.Bumi tempat tinggal Adam hingga ajal kematiannya, bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi. Untuk menuntun mereka supaya damai, Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, penggiat dan pejuang risalah. Masa ke masa berputar dengan cepat.
       Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui,  maha mengenal".Tidak diperkenankan merasa termulia, terhormat, tertinggi, terpuji dari pada yang lain. Sesama hamba Allah SWT harus saling menolong, berbuat baiklah seperti Allah telah berbuat baik kepadamu.
       Dalam kondisi tersulit teramat perih, Allah SWT menghibur kekasihNya, Muhammad SAW dan para sahabat. Beruntun ayat2 Makkiyah turun, Ad Dhuha, "Kami tidak akan meninggalkanmu Muhammad, sungguh pasti akhirmu lebih baik dari pada permulaan, dan pasti  kamu mendapat (kemenangan) dari Tuhanmu lalu Dia ridha. Bukankah kamu dahulu Kami dapati  yatim, maka Allah menyelamatkan. Dahulu kamu sesat lalu Kami beri petunjuk. Dahulu kamu miskin lalu Kami kayakan." Al Insyirah juga surah yang bernada membujuk dan menghibur Nabi saat topan derita melanda, Bukankah Allah telah melapangkan kesempitan dadamu. Dan Kamipun telah meringankan beban dirimu, yang memberatkan punggungmu, dan Kami tinggikan sebutan namamu, maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan."

    BalasHapus
  126. nama:vira hudayanti
    nim:12201116
    kls :1D PAI
    Semester:1
    bumi tempat tinggal adam hingga ajal kematianya,bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan,inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi.singkat kata idris dan ibrahim ,allah kisahkan mereka dalam al-quran bertebaran surah dan ayatnya.pasca ibrahim dunia menjadi pecah dua,hingga kini napas sesak perebutan hegemoni geo religi,geo ekonomi,geo politik,bahkan konflik batas negaraseakan tidak pernah mengenal kata damai.
    ismail dan ishak menjadi dua simbol dua dunia yang terpisah .yakub bin ishak memiliki dua belas anak dari istri pertama,serta dua anak dari istri ke dua (YUSUF DAN BENYAMIN),yusuf ini kelak akan menjadi nabi dan raja mesir..ayyub, syuaib sebagai ayah mertua musa ,harun saudaraa musa.keluarga imran juga di angkat allah menjadi nabi di kalangan bani israil,zakaria,yahya,isa putra maryam ,maryam binti imran.
    mengejutkan dunia timur dan barat tat kala dari banu ismail di angkat allah menjadi nabi .padahal ,garis islamailiyah ke bawah tidak ada tradisi kenabian ,bahkan hajar pun sebagai hamba sahaya yang di beri hak merdeka oleh ibrahim dan sarah.
    sedari awal,bayi ismail sudah terpisah dari situs kenabian ,di mana saat itu palestin negri terjauh dari bakkah(makah)artinya daratan yang cekung(landai).

    pada musim haji suku arad jahiliyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian ,datanglah kalifah dari yatsrib serta telah terdengar nama nabi akhir zaman yang tinggal di makkah ,tapi di aniyaya oleh kaum sendiri.

    dua perjanjian setia sehati sehidup semati di ucapkan dalam perjanjian aqabah 1 dan perjanjian aqabah 2 .dalam sejarah dinamai baiat ar ridwan .modal inilah nabi saw bersama sahdat hijrah meninggalkan mekkah kota tercinta,tempat leluhur hidup bersama ,banyak kenangan masa kecil yang indah,menuju yasrib,kota multi etnik dan multi agama.



    BalasHapus
  127. nama:zaim rifqi abrar
    kls:1D
    nim:1220142

    poind penting yang bisa saya ambil di atas ialah.
    1. Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air) pada air yang mengalir dari tumit bayi Ismail.
    2. Pasca Ibrahim, dunia terbelah menjadi dua.
    3. Sarah dan Ishak terkubur dibumi yang dijanjikan memiliki keberkatan tuhan (Al Aqsa).
    4. Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turun wahyu secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.
    5. Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tetapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang tel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bumi adalah tempat tinggal Nabi Adam hingga ajal kematiannya, bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi.untuk menuntut mereka supaya damai, Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, pengingat,dan pejuang risalah.nabi Ismail dan nabi Ishaq adalah dua simbol dunia terpisah.mulai dari keyakinan siapa yg disembelih.ya'kub dan Ishaq memiliki 12 anak dari istri pertama serta 2 anak dari istri kedua (Yusuf bin Bunyamin). sangat mengejutkan dunia timur dan barat berkala dari Bani Ismail diangkat Allah SWT menjadi nabi.padahal,garis islamiah ke bawah tidak ada tradisi kenabian, bahkan status Hajar pun sebagai hamba sahaya yg diberi hak oleh mereka Ibrahim bin sarah.tumit dari bayi Ismail mengalir air deras dan jernih .Siti Hajar mengatakan "zam-zam"(bahasa Ibrani yg artinya) berkumpullah membentuk sumur.ata air.setelah melewati masa 13 tahun periode Mekkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yg menjadi syuhada, saat ny Allah SWT menyuruh nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yg subur untuk tumbuh kembang Agam Allah SWT,2 perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam perjanjian aqabah 1 dan perjanjian aqabah 2.dalam sejarah dinamai baiat ar-ridwam.

      Hapus
  128. NAMA : FAAZA FAUZAN
    KELAS : 1B PAI
    NIM : 12201055
    Bumi tempat tinggal Adam hingga ajal kematiannya, bumi juga tempat mencari nafkah dimana mereka saling bermusuhan, inilah sunnatullah kondisi kehidupan di muka bumi. Untuk menuntun mereka supaya damai, Allah SWT secara berkala mengutus Nabi sebagai penyampai, penggiat dan pejuang risalah. Masa ke masa berputar dengan cepat. Singkat kata, Idris hingga Ibrahim, Allah kisahkan mereka dalam Al Quran bertebaran surah dan ayatnya. Pasca Ibrahim, dunia menjadi terbelah dua, hingga kini napas sesak perebutan hegemoni geo religi, geo ekonomi, geo politik, bahkan konflik batas negara seakan tidak pernah mengenal kata damai.
    pada musim haji suku arad jahiliyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian ,datanglah kalifah dari yatsrib serta telah terdengar nama nabi akhir zaman yang tinggal di makkah ,tapi di aniyaya oleh kaum sendiri.

    dua perjanjian setia sehati sehidup semati di ucapkan dalam perjanjian aqabah 1 dan perjanjian aqabah 2 .dalam sejarah dinamai baiat ar ridwan .modal inilah nabi saw bersama sahdat hijrah meninggalkan mekkah kota tercinta,tempat leluhur hidup bersama ,banyak kenangan masa kecil yang indah,menuju yasrib,kota multi etnik dan multi agama.
    Nilai - nilai luhur agung dari Allah SWT ketika disampaikan akan menimbulkan perlawanan dari mereka yang sudah lama berada di zona nyaman, mereka terus ingin mempertahankan dinasti hak kepemilikan dalam penimbunam harta.

    Masa Makkiyah ini yang dituntut utama adalah kesadaran bahwa manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT.

    BalasHapus
  129. Nama : Sherly Wulandari
    NIM : 12201099
    Prodi : PAI 1C
    Matkul : Sejarah Peradaban Islam

    Kota Mekah merupakan kota yang sudah terkenal saat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Banyak dari kaum Nabi Muhammad yang menolak dakwah Nabi karena, Nabi Muhammad SAW membawa konsep ajaran tauhid yang utuh, meminta mengesakan Allah dalam seluruh aktvitas. Aktivitas perdagangan dan jasa yang menerapkan konsep tauhid. Menurut mereka aktivitas tersebut dapat merugikan. Aktivitas berbasis tauhid ini bertujuan untuk menghilangkan kelas kelas dan kasta kasta di masyarakat karena di mata Allah manusia itu sama, kesetaraan ini lah yang di perjuangan oleh Nabi Muhammad SAW. Di dalam aktivitas perdagangan yang menerapkan sistem tauhid, melakukan riba dilarang, korupsi, kolusi dan nepotisme juga dilarang serta mencurangi dalam menimbang juga dilarang. Sedangkan di dalam aktivitas pendidikan yang menerapkan sistem tauhid, Guru dan siswa saling melayani,menyayangi, dan saling mengerti, bukan hanya mengabdi pada teori, tetapi guru dan siswa mengabdi kepada Allah SWT. Aktivitas politik berbasiskan tauhid adalah Aktivitas yang bebas dari kecurangan dan kebohongan, misalnya bersih dari aktivitas saling suap menyuap dan sogok menyogok dan saling memperngaruhi antara pengusaha untuk kepentingan pribadi. Larangan menimbun kekayaan tanpa peduli lingkungan juga dilarang, karena lebih baik kekayaan tersebut di sedekahkan dan berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan. Hal hal tersebut dilakukan agar menghilangkan kelas-kelas di masyarakat, kasta dan stratifikasi sosial berdasarkan jenis pendidikan, jenis pekerjaan, jenis agama maupun jenis kelamin. Agama Islam yang turun dari Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang merubah tatanan dunia baru Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta. Rasulullah sangat semangat untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang beradap, saling menghormati dan menyayangi, menghargai keanekaragaman serta menciptakan masyarakat yang mempunyai sifat kemanusiaan.

    BalasHapus
  130. Nama : Yunaeni
    Kelas : 1C PAI
    Nim : 12201081

    Sejarah peradaban Islam nabi Muhammad SAW, ( masa Mekah )
    Pada saat itu sebelum adanya nabi Muhammad Saw dibumi. Allah SWT telah menciptakan nabi Adam dan hawa yang berada di surga. Dengan berbagai kejadian nabi Adam dan hawa pun melanggar janji Allah SWT dengan memakan buah terlarang, yang ada di dalam surga. Sehingga nabi Adam pun diturunkan ke bumi, sebelum itu nabi Adam pun mengapai dedaunan yang ada di surga untuk menutupi auratnya, dan bumilah tempat terakhir nabi Adam hingga meninggal. Sebelum Allah SWT mengutus nabi Muhammad SAW, bumi waktu itu bagaikan tempat yang tidak terarah kan, dimana susah untuk berdamai, mencari nafkah dan mereka saling bermusuhan. Setelah itu dengan keadaan yang sudah kacau, Allah SWT pun mengutus nabi Muhammad SAW agar menjadi seseorang yang bisa menyampaikan amanah perjuangan risalah. Dan sejak nabi Muhammad SAW pun lahir, Mekah pun menjadi terkenal. Seperti yang sudah tertera di dalam kitab- kitab Allah SWT. Dan datang nya nabi Muhammad SAW di kota Mekah itu untuk meluruskan semua ajaran akidah tauhid yang dimana dulu telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.

    BalasHapus
  131. Nama : Siti Rahmah
    Nim : 12201027
    Kelas : 1A PAI

    Setiap peristiwa yang terjadi pasti memiliki sejarah tersendiri didalamnya begitu juga dengan sejarah air zamzamyang bermula dari bayi Ismail yang menangis karena kehabisan bekal kemudian singkat cerita dari tumit bayi Ismail keluarlah air yang deras dan jernih. Kemudian ibunya Hajar berkata "zam-zam" yang artinya berkumpul lah membentuk sumur mata air. Itulah sekilas sejarah tentang air zam-zam. Adapun mengenai sejarah dakwah nabi dikota Mekah tidak seperti di Madinah yang disambut baik oleh masyarakat Madinah. Dakwah nabi kota Mekah justru ditolak dan hanya sedikit yang menerima ajaran nabi. Namun dibalik kesulitan pasti ada kemudahan, setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Demikianlah kisah dakwah nabi Muhammad Saw dari kota Mekah sampai ke Madinah.

    BalasHapus
  132. Nama : Nursyahirah (12201030)
    Kelas : PAI 1A

    Berawal dari Nur Muhammad kemudian nabi Adam lalu istinya Hawa mereka berdua merupakan manusia pertama ciptaan Allah SWT karena hawa nafsu mereka melanggar larangan yang ada di surga sehingga mereka diturunkan dibumi disinilah kehidupan manusia dimulai dengan tujuan untuk berubah kepada Allah SWT dalam arti lain untuk ibadah dan muamalah. Hingga datangnya masa nabi Idris dan Ibrahim yang banyak diceritakan dalam Al-Qur'an. Kemudian nabi Ismail dan Ishak menjadi dua simbol dunia yang terpisah.
    Peristiwa sa'i merupakan momen dimana Sarah berlari menuju bukit Safa ke Marwah untuk mencari minum Nabi Ismail AS ketika itu nabi menghentakkan kakinya ketanah sehingga mengeluarkan air yang hingga sekarang tidak bisa habis air itu dinamai dengan air zam-zam. Hingga nabi akhir zaman lahir kedunia lahir dari sukunya sendiri yang bahkan tidak banyak dari mereka yang mengikutinya, nabi berdakwah secara sembunyi sembunyi. Beberapa orang yang sembunyi-sembunyi menemui nabi untuk masuk Islam dan berjanji akan setia mengikuti nabi.
    Dua perjanjian setia tersebut adalah Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah menuju Yastrib.

    BalasHapus
  133. Nama: Restivinata
    Kelas: 1C
    NIM: 12201097
    Prodi: PAI

    Sejarah Peradaban Islam I - Nabi Besar Muhammad SAW (Masa Mekah)

    Bumi menjadi tempat tinggal Adam dan Hawa setelah diusir dari surga.
    Zam-zam dari tumit ismail mengalir deras dan jernih, berarti berkumpullah membentuk sumur mata air.
    Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.
    Manusia diciptakan dari setetes air mani yang hina dina, lalu pengetahuan yang peroleh hanyalah apa yang diajarkan Allah SWT, pada masa makkiyah hal ini adalah hal utama yang perlu disadari.
    Setelah melewati masa 13 tahun Makkah, Nabi Muhammad Saw beserta sahabat meninggalkan Makkah dengan mengucapkan janji setia sehati sehidup semati yang diucapkan dalam perjanjian aqabah 1 dan perjanjian aqabah 2.

    BalasHapus
  134. Nama : Lailatul Muslimah
    NIM : 12201117
    Kelas : 1 D
    Prodi : PAI
    Semester : 1
    1.Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong,tapi telah ada sang maha ada yang mengatakan ( causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga.
    2.Bekembang pesatnya keturunan Nabi Ismail disini.Adnani,kinanah,mudrikah,mudhar,ka’ab,quraisy,turun-temurun dalam masa panjang samapi pada qilab bin murrah,hasyim, abdul mutahlib,abdullah lalu sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW,khatam al anbiya wa al mursalin.
    3. pasca ibrhaim tebelah menjadi dua.
    4.Dari tumit bayi ismail yang keluar sumber mata air yang mengalir sangat deras dan jernih, hajar mengatakan” zam-zam” ( bahasa ismail yang artinya berkumpullah membentuk sumber mata air).
    5.Aagama islam yang diturunkan oleh Allah SWT dan disampaikan Rasul Muhammad SAW adalah agama yang mereform tatanan dunia baru islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta.masyarakat definisi eutopia,sedang masyarakat yang nature adalah cita masyarakat yang beradab saling menghormati,menyayangi,menolong,membagi,merasa,merata,dan simbol senyawa lainnya waktu dalam keanekaragaman.

    BalasHapus
  135. Assalamu'alaikum warahmatullahiwabarakatuh
    Bismillah..

    Nama : Shakila Febriyani
    Nim : 12201155
    Kelas : 1E
    Prodi : PAI

    Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.

    Skenario menjadikan Nabi Muhammad SAW dari banu Ismail, bukan dari banu Ishak telah memantik kebencian di kalangan bani Israil dan seluruh turunan Yahudi dan Nasrani yang nota bene keduanya adalah Bani Israil berstatus Nabi selama ratusan tahun sejak sebelum masehi ( SM ) hingga masehi (571 M). Runtuh sudah supremasi dan hegemoni Bani Israil (Yahudi dan Nasrani) sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW (571M). Mata arah kesejarahan berpindah dari orientasi Palestina kepada Mekkah dan Madinah, dua kota suci tempat Allah SWT turunkan wahyu secara berangsur - angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.

    Mekah sudah terkenal saat kelahiran Nabi akhir zaman. Pengkhabaran suci telah termaktub di dalam Taurat, Zabur dan Injil, serta pewartaan dari ahli kitab dan ahli berbintangan tentang prediksi ayat-ayat kauniyah (kealaman, tercipta) dan ayat-ayat kitabiyah (tertulis) datangnya Nabi yang ditunggu (Al Masih Muhammad). Ada nota yang dititipkan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi akhir zaman ini bukan membawa ajaran baru, tapi meluruskan penyimpangan akidah tauhid yang telah lama tersesat dari jalan Allah SWT.


    Sosok Nabi Muhammad yang lahir dari kaumnya sendiri, justru tertolak dakwahnya, hanya sedikit dari mereka yang menerima Islam. Sebab Nabi Muhammad SAW tidak hanya membawa seperangkat alat salat dan puasa, keduanya dilakukan pada periode Madinah nantinya.

    Setelah melewati masa 13 tahun periode Makkah, dengan segala ancaman, teror dan banyak sahabat yang menjadi syuhada, saatnya Allah SWT menyuruh Nabi dan para sahabat untuk meninggalkan tanah air kelahiran mereka, mencari tanah yang subur untuk tumbuh kembang agama Allah SWT. Hijrah ke Thaif di tolak, bahkan dilempari batu, hijrah ke Habasyah (Ethiopia) juga ditolak. Ternyata tidak mudah memenangkan yang hak atas yang batil. Nabi dan sahabat tidak enak - enakan tidur di atas katil. Tidak berpesta meminum anggur dan delima, tidak menikmati bulan purnama, tapi terus berjuang hingga tetesan darah terakhir dengan prinsip agama Allah SWT menjulang tinggi atau aku akan mati bersama sahabat.

    Pada musim haji suku Arab jahiliyyah yang besertaan dengan tahun ke 13 kenabian, datanglah kafilah dari Yatsrib serta telah terdengar nama Nabi akhir zaman yang tinggal di Mekah, tapi dianiaya oleh kaumnya sendiri. Bersembunyi mereka menemui Nabi dan menyatakan masuk Islam beserta janji setia membela Nabi dan para sahabat.

    Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2.
    Jadi disini disimpulkan bahwa Nabi muhammad berasal dari banu ismail, Nabi Muhammad lahir dikota mekah, setelah 13 tahun periode mekah mereka harus meninggalkan kota tercinta mekkah, beliau diasingkan oleh umatnya sendiri dan selama hijrah beliau mendapat banyak penolakan dari kaum tersebut.

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  136. Nama: Khairunnisa
    NIM: 12201083
    Kelas: 1C

    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada. Seperti sejarah pada Ismail, Beliau terlahir dari rahim Hajar (seorang pembantu rumah tangga keluarga Ibrahim yang selanjutnya dinikahi Ibrahim atas permintaan istrinya, Sarah, karena Sarah dikira tidak bisa hamil karena faktor usia). datang Singkat kata, dari tumit bayi Ismail mengalir air deras dan jernih, Hajar mengatakan "zam-zam" (bahasa Ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur mata air).Berkembang pesatnya keturunan Nabi Ismail di sini. Adnani, Kinanah, Mudrikah, Mudhar, Ka'ab, Quraisy, turun temurun dalam masa panjang sampai pada Qilab bin Murrah, Hasyim, Abdul Muthalib, Abdullah lalu Sayyiduna wahabibuna Muhammad Rasulullah SAW, khatam al anbiya wa al mursalin.

    BalasHapus
  137. Nama: Yulia Sari
    Nim: 12201074
    Kelas: 1C PAI

    Nabi Adam As dan istrinya diusir dari Surga dan diturunkan di bumi karena memakan buah terlarang (Khuldi). Nabi Muhammad SAW di utus Allah sebagai penyampai dan pejuang risalah. Ada 2 dunia yang terpisah di simbolkan dg Ismail dan Ishak, mekah dah Madinah merupakan 2 kota suci tempat Allah menurunkan Wahyunya yang diturunkan secara berangsur angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Dua perjanjian setia sehati sehidup semati diucapkan dalam Perjanjian Aqabah 1 dan Perjanjian Aqabah 2. Dalam sejarah dinamai Baiat Ar Ridwan. Modal inilah Nabi SAW bersama sahabat hijrah meninggalkan Mekah kota tercintanya.

    BalasHapus
  138. nama : putri anisah
    nim : 12201102
    kelas : 1c
    prodi : pai
    assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Adapun yang dimaksud dengan dakwah siriyah adalah dakwah Nabi Muhammad yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi, dakwah ini hanya dilakukan kepada target yang mencakup keluarga terdekat, sahabat, dan orang-orang yang dianggap dapat dipercaya oleh beliau. Orang-orang yang pertama masuk islam disebut juga assabiqunal awwalun Dakwah siriyah dilakukan Nabi dalam jangka waktu 3 tahun setelah turunnya QS. Al-Mudassir: 1-7.

    Adapun ayat tersebut mengandung perintah-perintah Allah SWT. Kepada Nabi Muhammad dalam surat Al-mudassir: 1-7 yaitu 1.) Segera melaksanakan perjuangan membela Allah serta meninggalkan berleha leha 2.) Tugas untuk berdakwah dan mengajak manusia ke dalam islam 3.) perintah perintah tauhid 4.) Senantiasa berakhlak mulia dan berbudi luhur 5.)Bersabar dan tabah.

    Adapun alasan Nabi Muhammad melakukan dakwah secara siriyah adalah; 1.) menghindari konfrontasi fisik secara langsung 2.) mereka yang megikuti Nabi pada waktu itu masih dalam fase pendasaran pembangunan kualitas hidup 3.) masyarakat makkah yang masih berperilaku jahiliyah dan beragama paganisme. Untuk menghindari hal-hal tersebut Nabi sangat hati-hati dalam melaksanakan dakwahnya. Metode yang beliau pakai untuk berdakwah fokus terhadap pendekatan pribadi, dengan tatap muka secara langsung materi dakwah yang disampaikan langsung diterima dengan baik selaras dengan tutur kata dan perilaku beliau yang agung.

    Kemudian, turunlah QS Al Hijr: 94 dan 95 serta Asy Syuara: 214 -215, maka dimulailah dakwah beliau secara jahriyah atau terang-terangan.

    Cakupan target dakwah nabi dalam tahapan jahriyah ini lebih luas dari sebelumnya. Beliau mengumpulkan keuarga besar Bani Hasyim untuk jamuan makan, dan mengumpulkan seluruh penduduk Makkah dengan menyeru mereka di atas bukit shafa. Adapun tanggapan masyarakat dan keluarga besar terhadap Nabi Muhammad berbeda-beda.

    BalasHapus
  139. Nama: Muhammad Riski Adi Saputra
    Kelas:1C
    Nim:12201089
    Prodi: Pendidikan Agama Islam
    BERSABAR, TAWAKAL DAN pantang menyerah

    Penjelasan:

    Strategi dakwah yang dilakukan Rasulullah SAW di Mekkah adalah ditempuh dengan dua jalan yakni secara sembunyi- sembunyi dan terang-terangan. Pada dakwah terang-terangan ini Rasulullah SAW mendapatkan penolakan yang hebat dari kafir Quraisy. Penolakan ini berlangsung selama 13 tahun penuh, selama Rasulullah SAW berdakwah di Mekkah.

    Pelajaran yang dapat diambil umat islam dalam berdakwah berdasarkan pada strategi dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada periode Mekkah adalah sebagai berikut:


    1. Menjadi pribadi yang bersikap TANGGUH, pantang menyerah dalam menyampaikan kebenaran dan kebaikan meski dihadapkan dengan halangan dan cobaan berat sekalipun.

    2. Bersedia untuk berkorban dalam berjuang, baik itu harta, waktu, tenaga bahkan nyawa sekalipun seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW saat harus berhadapan dengan kekufuran kaum Qurasiy.

    3. Bersabar dan meneguhkan hati dalam menghadapi cobaan, tidak berkecil hati atas penolakan dan tidak pula menjadi pemarah. Minta pertolongan kepada Allah SWT agar hati diteguhkan di jalan yang benar.

    BalasHapus
  140. Nama : Nazwa Azzahra
    Kelas : 1A Pai
    Nim : 12201011
    Kesejarahan tidak berawal dari ruang kosong, tapi telah ada, Sang Maha Ada yang mengatakan (causa prima) Allah SWT yang mengadakan Nur Muhammad, lalu Adam di surga. Adam kemudian istrinya, mereka berdua telah menyelisihi janji berupa melanggar larangan di surga. Memakan buah terlarang, keduanyapun diusir Allah dari surga, turun ke bumi dan keduanya menutup aurat dengan dedaunan surgawi yang sedapat mereka gapai.
    Air zam-zam dulu diberi nama oleh hajar yang berasal dari ibrani yang artinya berkumpullah membentuk sumur air

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN