KITAB NURUL QALBI AL-MUQADDAS 3

KITAB NURUL QALBI AL-MUQADDAS 3
RUH YANG SELAMAT

Oleh
Ma'ruf Zahran

Ruh yang selamat (ruhul salim) merupakan ruh yang telah mendapat ridha (mardhiyyah) dari Tuhan. Untuk mendapat radhiyallahu 'anhum pintu perkenan amal ibadah harus dibuka terlebih dahulu. Untuk membuka pintu amal (babul 'amal) wajib dengan ilmu. Sehingga Rasulullah Muhammad SAW bersabda: "Tuntutlah ilmu dari buaian (mahad) sampai ke liang kubur (lahat)." Profil ruh sangat berdekatan dengan ilmu, tanpa ilmu adalah hati yang tidak terbuka (hati yang tertutup), tanpa ilmu adalah ruh yang gelap sehingga ruh tidak mengetahui mana yang halal dan mana yang haram, ruh yang demikian adalah ruh orang-orang yang dzalim lagi kafir. Sumber dari kekafiran (keingkaran) adalah kebodohan (jahiliyah), sumber dari kejahatan adalah kebodohan (jahiliyah).

Bila ingin memaknai ruh, lihat perilaku sehari-hari dalam sifat. Bila sifatnya baik akan berdampak rahmat, dan bila sifatnya jahat akan berdampak adzab. Beberapa yang bisa diutarakan adalah sifat dan adab baik terhadap ruh yang 'alim (berilmu) sehingga bisa mencapai tingkat kebenaran 'amil (pengamal), yaitu:

  1. Sifat rahmah adalah ruh yang ditempatkan pada surga Firdaus.
  2. Sifat sabar adalah ruh yang ditempatkan pada surga Makwa.
  3. Sifat tawadu' adalah ruh yang ditempatkan pada surga Na'im.
  4. Sifat syukur adalah ruh yang ditempatkan pada surga Aden.
  5. Sifat shadaqah adalah ruh yang ditempatkan pada surga Darussalam.
  6. Sifat bakti kepada kedua orang tua (birrul walidain) adalah ruh yang ditempatkan pada surga Khuldi.
  7. Sifat pemaaf adalah ruh yang ditempatkan pada surga Darulmuqamah.

Ruh orang-orang yang berbuat baik sekarang ini sedang berputar disekitar surga, walau yang bersangkutan masih di dunia, sesuai dengan pangkat (prestasi) amalnya. Data dunia tentang penduduk bumi adalah enam milyar (6.000.000.000) manusia artinya ada enam milyar (6.000.000.000) keadaan ruh mereka, diantaranya:

  1. Ada ruh yang hitam pekat, gelap, "gosong" wajahnya seperti kayu yang dibakar.
  2. Ada ruh yang bingung dan takut.
  3. Ada ruh yang cemas lagi bekerja keras seperti kerja paksa pada masa penjajahan, Tuhan menyebutnya: 'amilatun-nashibah."
  4. Dan sebagainya.

Wallahu a'lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN