UTS MATA KULIAH: AKHLAK/TASAWUF 1C
UTS
AKHLAK/TASAWUF
Kelas/Semester/Prodi: 1 C/I-Ganjil/PAI FTIK
IAIN PONTIANAK
Hari/Tanggal: Selasa/31 Oktober 2023
Waktu: 10.20-12.10
Petunjuk:
Bismillah.
- Tulis nama, NIM, kelas.
- Jawaban ditulis pada e-mail marufzahran999@gmail.com
Soal:
- Jelaskan pengertian akhlak dan tasawuf?
- Buat skema atau format yang dapat menerangkan persamaan dan perbedaan akhlak dengan tasawuf?
- Dalam sejarah tasawuf di Indonesia sudah dikenal tokohnya. Jelaskan kehidupan dan pemikiran tasawuf:
- Hamzah Fansuri.
- Syamsuddin As-Sumaterani.
- Syekh Ahmad Khatib As-Sambasi.
Walhamdulillah.
Denna widiyawati (12301071)
BalasHapusMarufzahran999@gmail.com
Jawaban
1.
Akhlak dan tasawuf adalah dua hal yang saling berkaitan dalam Islam. Akhlak adalah tingkah laku yang baik yang mengatur hubungan antara sesama manusia. Tasawuf adalah ilmu untuk menyucikan hati dan mengenal Allah yang mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhannya.
2.
Persamaan:
1.Tujuan Kesempurnaan: Baik akhlak maupun tasawuf memiliki tujuan untuk mencapai kesempurnaan moral dan spiritual. Keduanya bertujuan untuk menjadikan individu lebih baik dan lebih dekat dengan Allah.
2.Aspek Spiritual: Baik akhlak maupun tasawuf mengandung aspek spiritual yang kuat. Keduanya menekankan pentingnya hubungan pribadi dengan Tuhan.
3.Etika dalam Tasawuf: Tasawuf menekankan pentingnya akhlak yang baik sebagai bagian integral dari perjalanan spiritual. Akhlak yang baik merupakan landasan untuk mencapai kedekatan dengan Allah.
Perbedaan:
1.Metode dan Praktik: Akhlak lebih berfokus pada etika sehari-hari, perilaku, dan tindakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sementara tasawuf lebih menekankan pada praktik-praktik spiritual, seperti meditasi, dzikir, dan menjalani perjalanan batin.
2.Pendekatan Terhadap Kesempurnaan: Akhlak lebih berfokus pada pemahaman dan pelaksanaan nilai-nilai etika dalam kehidupan sehari-hari, sementara tasawuf lebih menekankan pada pengalaman dan realisasi langsung tentang kesempurnaan spiritual.
3.Konteks Budaya: Akhlak dapat sangat dipengaruhi oleh budaya dan nilai-nilai sosial di mana individu tinggal, sedangkan tasawuf sering kali memiliki dimensi universal dan lebih terfokus pada dimensi spiritual.
4.pengajaran dan guru:Akhlak dapat diajarkan dalam berbagai konteks pendidikan dan oleh berbagai guru. Sementara tasawuf sering kali memerlukan bimbingan dari seorang guru sufi yang lebih berpengalaman.
Skema ini dapat membantu memahami persamaan dan perbedaan antara akhlak dan tasawuf. Ingatlah bahwa keduanya memiliki peran penting dalam pengembangan pribadi dan spiritual seseorang.
3.
1.Hamzah Fansuri:
*Kehidupan: Hamzah Fansuri hidup sekitar abad ke-16 di Aceh, Sumatera. Dia dikenal sebagai seorang penyair dan sufi yang berpengaruh. Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan pribadinya.
*Pemikiran: Hamzah Fansuri mengeksplorasi hubungan antara manusia dan Tuhan dalam puisi-puisinya. Dia menyatakan konsep-konsep tasawuf dengan menggunakan bahasa dan metafora yang indah. Salah satu gagasannya adalah konsep "wahdat al-wujud" yang berbicara tentang kesatuan antara manusia dan tuhan
2.Syamsuddin As-Sumaterani:
*Kehidupan: Syamsuddin As-Sumaterani hidup pada abad ke-17 di Aceh, Sumatera. Dia adalah seorang ulama dan sufi terkemuka di masanya.
*Pemikiran: Syamsuddin As-Sumaterani menggabungkan pemikiran tasawuf dengan ajaran Islam yang kuat. Dia menekankan pentingnya pengenalan diri (ma'rifah) terhadap Tuhan melalui dzikir dan meditasi. Pemikirannya banyak dipengaruhi oleh tasawuf dan filsafat Islam.
3.Syekh Ahmad Khatib As-Sambasi:
*Kehidupan: Syekh Ahmad Khatib As-Sambasi hidup pada abad ke-17 di Sulawesi Selatan, Indonesia. Dia adalah seorang sufi yang mengembangkan jaringan tarekat di daerah tersebut.
*Pemikiran: Syekh Ahmad Khatib As-Sambasi adalah pendiri tarekat Sammaniyah. Dia mengajarkan konsep-konsep tasawuf, seperti pengenalan diri (ma'rifah) dan cinta kepada Tuhan, kepada para pengikutnya. Tarekat yang dia dirikan memiliki pengaruh yang kuat dalam masyarakat Bugis di Sulawesi.
Masing-masing dari tokoh ini memiliki pengaruh yang signifikan dalam perkembangan tasawuf di Indonesia. Mereka mendorong pemahaman tentang spiritualitas Islam dan penghayatan ajaran-ajaran tasawuf di wilayah ini
Nama : Fadhillah
BalasHapusNim : 12301059
Kelas : 1C
* Sudah mengerjakan UTS
Nama:cinta
BalasHapusKelas:1c
Nim:12301075
Sudan mengerjakan UTS
Nama : Lailatul Qadariah
BalasHapusNIM : 12301069
Kelas : 1C
Nama : Muhammad Alif Ramadhan
BalasHapusNIM : 12301057
Kelas : 1C
Nama : Muhammad Rizky Kurniawan
BalasHapusNIM : 12301063
Kelas : 1C
Nama : Buya Ismail
BalasHapusNim : 12301066
Kelas : 1 C
Sudah mengerjakan UTS
BalasHapusNama:denna widiyawati
BalasHapusNim:12301071
Kelas:1C
Nama: Jihan 'Afra Nisrina
BalasHapusNim: 12301204
Kelas: 1C
Saya sudah mengerjakan UTS
Nama : Safia
BalasHapusNim : 12301058
Kelas : 1c
Nama: Alifatul Umu Amanah
BalasHapusNIM : 12301073
Kelas : 1C
Nama: Rima Dania
BalasHapusKelas: 1c
Nim: 12301068
Nama : Sri Amelianti Ningsih
BalasHapusKelas : 1c
Prodi : PAI
Nim : 12301053
Sudah mengerjakan UTS
Nama:Ayu sri astuti
BalasHapusNIM :12301060
Kelas 1C
Prodi :PAI
Nama: Hafizhah Sahlaa
BalasHapusNim : 12301067
Kelas: 1C / PAI
Sudah mengerjakan uts
Nama : Muhammad Ali Akbar Busiri
BalasHapusNim : 12301072
Kelas : 1C
Sudah Mengerjakan UTS
Nama: Wahyu Hidayatullah
BalasHapusNIM: 12301064
Kelas: 1C
Sudah mengerjakan tugas UTS.
Nama: Anjeli
BalasHapusNim: 12301061
Kelas: 1C
Sudah mengerjakan tugas UTS
Nama: Muhammad Agus Munandar
BalasHapusNim: 12301055
Kelas: 1C
Sudah mengerjakan tugas UTS
Nama: Anisa Ramadani
BalasHapusNim: 12301052
Kelas: 1C
Sudah mengerjakan tugas UTS
Nama : Farra Aulia
BalasHapusNim. : 12301056
Kelas. : 1C
Sudah mengerjakan tugas UTS
Nama : Muhammad Diash Ardiansyah
BalasHapusNIM : 12301051
Kelas : 1C
*SUDAH MENGERKAJAKAN UTS*
Nama :Khansa syabania
BalasHapusNim. : 12301054
Kelas. :1C
Sudah mengerjakan UTS