AL-QUDS 16


AL-QUDS 16
PERANG OPINI DAN EKONOMI

Oleh
Ma’ruf Zahran

Perang Israel-Palestina harus dipahami dari perspektif risalah nubuwwah bahwa area pertempuran besar yang tidak memihak kecuali kepada Al-Masih yang sama ditunggu, Al-Masih Dajjal dinanti oleh orang-orang Yahudi, Al-Masih Isa putera kandung Maryam binti Imran, menjadi tungguan umat Nasrani, dan Al-Masih Al-Mahdi, Muhammad bin Abdullah Al-Mahdi yang dijanjikan akan memenangkan Al-Malhamah Al-Kubro, ditunggu oleh umat muslimin. Banyak ayat yang menggambarkan masa tunggu ini, dalam firman Tuhan: "Maka berpalinglah engkau dari mereka, dan tunggulah! Sesungguhnya mereka juga menunggu." (As-Sajadah:30). Dan sebanyak 60 hadits yang membicarakan fitnah akhir zaman dalam kitab Al-Fitan. Keberadaan mereka bertiga dinanti dan ditunggu, mereka bertemu pada akhir zaman menjelang kiamat, dengan tanda peperangan demi peperangan di negeri akhir zaman, Palestina. Palestina disebut negeri akhir zaman di dunia, dan negeri awal zaman di akhirat (ardhul mahsyar).

Kita tidak bisa berjuang secara fisik ke Palestina untuk membantu saudara-saudara kita, lalu apakah kita tidak berbuat sama sekali? Jawabannya harus! Nabi menyuruh salat di Al-Aqsa, jika kamu tidak bisa salat ke sana, kirimkan minyak untuk Al-Aqsa. Sekarang perang sedang berkecamuk pada wilayah Palestina yang diduduki oleh Israel, bantu saudaramu, seakan begitu pewartaan dari Nabi yang bersifat permohonan kepada umat hari ini! Hadits riwayat Ibnu Majah ini menyuruh umat Indonesia mencintai umat Palestina dengan mengirimkan bantuan logistik dan farmasi, serta doa, aksi protes baik melalui WA, instagram, youtube, facebook, twitter, website, blogspot, dan seluruh jaringan internet yang terhubung dan tersambung ke warganet dunia. Doa qunut nazilah setiap kali salat, sampai Palestina merdeka.

Sejarah telah membuktikan bahwa sejak dahulu kala pada masa Yakub, bangsa Yahudi sudah terkenal cerdas namun culas. Bangsa Yahudi pintar tetapi mengicuh dalam menakar. Contohnya begitu pakar mereka menyusun rencana untuk sebuah penipuan kepada Yakub dan Yusuf, tipu daya mereka sangat licik. Begitu pun kondisi Mekah dan Madinah masa lalu, sehingga sebelum kedatangan Rasulullah SAW, perniagaan, perdagangan dan jasa dikuasai Yahudi, hanya ada pasar tunggal dunia ketika itu, pasar Yahudi sebagai produsen, suplayer, market internasional dan penguasaan terhadap tiga jalur rantai emas perniagaan Mekah, Madinah, Syam (Palestina). Di Mekkah adalah Rasulullah SAW berhadapan dengan minoritas Yahudi, akan tetapi mereka menguasai perdagangan. Di Madinah pun demikian pula, bahkan mereka menjadi etnis mayoritas. Di Palestina walaupun jauh di mata Nabi, namun sudah mampu membuat hati beliau pilu, saat Palestina (Al-Aqsa) dikuasai Romawi. Tidak jarang doa beliau untuk umat muslim yang ada di Syam (Palestina).

Sebetulnya, Yahudi suatu bangsa (umat) yang dimuliakan Tuhan dalam banyak firman. Namun Yahudi sekarang tidak lagi beriman, kitab suci Al-Quran sudah banyak menyebut mereka dengan sifat-sifat:

  1. Memutuskan hubungan dengan Allah dan Rasul-Nya.
  2. Membunuh para nabi utusan Tuhan.
  3. Menutupi kebenaran sedang mereka mengetahuinya.
  4. Melampaui batas hukum-hukum Allah. Dan siapa yang melampaui batas hukum Allah, maka sungguh mereka telah menganiaya diri mereka sendiri.
  5. Memakan harta manusia dengan cara yang batil.

Dan sikap-sikap lain diantaranya  seperti menyombongkan diri di muka bumi dan merusak alam, sedang mereka menyangka telah berbuat baik. Kedurhakaan yang sudah merajalela menjadikan Yahudi dihinakan dan menjadi musuh bersama umat manusia. Realitanya hari ini seperti yang dikatakan Tuhan: "Ula-ika yal 'anuhumullahu wa yal 'anuhumulla'inun" (mereka itulah orang-orang yang dilaknat Allah dan dilaknat oleh orang-orang yang bisa melaknat). Kedurhakaan puncak mereka ditemukan pada akhir zaman yaitu mengotori kesucian Masjid Al-Aqsa di wilayah komplek Bait-Maqdis. Dengan cara  menjajah Al-Aqsa dan daerah di sekitarnya melalui ritus meniup terompet dari tulang binatang (nafkhul bukh). Artinya bahwa tiupin terompet pasti menjadi tanda bahwa daerah tersebut telah mereka kuasai, seperti mereka menguasai wilayah semenanjung Sinai, Asdod dan Asqelon. Lalu mereka berencana melakukan qurban nabati di dalam Al-Aqsa, lalu tanggal 7 Oktober 2023 hari Sabtu (Sabat) mereka merayakan turunnya kitab Taurat. Besoknya tanggal 8 Oktober 2023 (Minggu), mereka berencana akan melakukan ritual qurban penyembelihan sapi merah di dalam Masjid Al-Aqsa, dilanjut dengan meniup terompet, auto wilayah komplek Al-Quds yang di dalamnya terdapat Masjid Al-Aqsa menjadi milik mereka. Sebelum itu terjadi, Sabtu, 7 Oktober 2023, terjadi peristiwa upaya penyelamatan Al-Aqsa dengan operasi Thaufan Al-Aqsa atau Badai Aqsa oleh pasukan HAMAS.

Rencana Israel, empat bulan setelah qurban sapi merah, mereka akan merobohkan Masjid Al-Aqsa rata dengan tanah. Di tempat itu pula mereka akan membangun kuil Sulaiman (the Solomon temple) sambil menanti kedatangan Dajjal yang akan berpidato di mimbar tengah the Solomon temple.

Bagi kita yang hidup sekarang, menyaksikan perang Palestina-Israel, apa yang harus kita perbuat. Mengikuti sunnah adalah Rasulullah SAW di Madinah saat beliau baru datang, beliau tidak menanyakan kepada sahabat Anshar, dimana lokasi membangun masjid? Tidak, karena ibadah persoalan hamba dengan Tuhan secara privasi. Tapi yang pertama kali beliau tanyakan; tunjukkan kepada-ku jalan menuju pasar (market). Aku akan membangun pasar, dan Aku sendiri yang akan mengawasinya (supervisor). Beliau tahu, sebelum tuntutan perintah dan larangan ada, sumbu dan pirantinya harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu kesejahteraan ekonomi. Kita bisa membayangkan apabila semua penduduk bumi membaikot produk Yahudi, tersebut mereka menjadi pembunuh bayi, anak-anak, kaum perempuan, kaum remaja dan orang tua, saat kita tidak mampu berbuat seperti Rasulullah SAW membangun pasar, kecuali yang dapat dilakukan tidak menggunakan sandang, pangan dan papan milik Yahudi dan aliran dagang yang dibantu negara-negara barat yaitu Amerika dan Eropa. Hari ini ya Nabi, umat-mu di Gaza telah dirampas hak-hak hidup mereka, Gaza menangis. Wahai Rasul, di Gaza hari ini umat-mu kelaparan, kehausan, tidur beralas reruntuhan bangunan yang dibom oleh tentara Zionis Israel. Anak-anak Gaza tidur beralas tanah, beratap langit. Segera mohon kepada Tuhan-mu ya Rasulullah, selamat saudara-saudara kami di Gaza-Palestina dari penjajahan Zionis.

Akhir zaman, ketika hanya ada pilihan, mendukung kemerdekaan Palestina atau mendukung penjajahan Zionis Israel, Indonesia sudah menentukan pilihan yang tepat. Berdiri di garda depan dengan lantang di forum KTT OKI (Organisasi Konferensi Islam) dan di sidang forum PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) telah menyuarakan hak-hak rakyat Palestina. Terlebih lagi, keputusan fatwa MUI nomor 83 tahun 2023 fardhu 'ain, wajib setiap individu muslim tidak mengkonsumsi produk makanan dan minuman produk Israel dan negara-negara yang mendukung pembunuhan rakyat Palestina yang terjajah. Sesungguhnya, perang ekonomi terhadap Israel dan sekutunya sudah dimulai sejak dahulu, sejak 1948 sampai sekarang. Dalam gaya bahasa yang dipergunakan Ir. Soekarno (Presiden RI 1) dengan istilah BERDIKARI (berdiri di atas kaki sendiri), artinya jangan tergantung kepada bangsa asing. Zaman Jenderal-Besar  Soeharto (Presiden RI 2) dengan istilah mencintai produk dalam negeri (hasil karya rakyat Indonesia). Adapun nama-nama produk Israel dan sekutunya  telah banyak direlease baik oleh organisasi dunia peduli kemanusiaan, organisasi HAM dunia, organisasi perlindungan anak dan perempuan internasional. Maupun oleh organisasi regional kawasan, dan organisasi nasional, lembaga pendidikan, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, PERTI, Al-Wasliyah, Al-Irsyad, DMI, Matlaul-Anwar, Hidayatullah, dan organisasi pelajar dan mahasiswa seperti PII, HMI, PMII dan sebagainya.

Perang ekonomi sudah Tuhan proklamirkan pada surah Ash-Shaf (61) ayat 10-11: "Wahai orang-orang yang beriman, adakah Ku-dalilkan kepadamu tentang perdagangan yang menyelamatkan kamu dari siksa neraka?  Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, berjuang di jalan-Nya dengan harta-hartamu, dan jiwa-jiwamu. Demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui."

Jika kamu mengetahui kondisi perang Palestina-Israel, kebutuhan terhadap logistik perang sangat penting. Saat kita di Indonesia tidak bisa ke sana, tahan duitmu untuk tidak membeli produk Yahudi. Gerakan protes ini wajib dilakukan secara serentak di seluruh dunia. Artinya, menunjukkan sikap tegas perang ekonomi terhadap Israel yang diketahui satu botol air kemasan sama dengan satu peluru untuk anak Palestina. Save Palestina  dengan perang media, perang ekonomi yang dapat kita lakukan bersama-sama.

Lalu, masih bisakah kita tidur malam dengan nyenyak, sedang saudara kita dibombardir seperti hujan lebat. Sanggupkah kita mengkonsumsi minuman-minuman produk Israel dan sekutu baratnya saat anak-anak kita di Palestina kehausan karena tidak ada minuman, mereka berada di dalam penjara yang terbuka. Tidak ada harapan kecuali menunggu giliran kematian setelah ayah, ibu dan saudara mereka syahid. Tugas kita hari ini pilih-pilihlah dalam membeli. Jangan sampai pembelian kita, uang kita mendukung kejahatan Israel dalam melancarkan genosida yaitu memusnahkan ras muslim Palestina. Genosida yang juga berarti pembersihan etnis Palestina di muka bumi dan dilenyapkan dengan perang.

Sekarang masih Tuhan tinggalkan satu wilayah yang secara sah di katakan kawasan perang (darul-harbi) yaitu Gaza  dan Palestina. Apa yang dapat kita lakukan di sini (dunia) yang akan menjadi hujjah di sana (akhirat) terhadap keberpihakan kita terhadap Palestina dan kemarahan (perang) kita terhadap Israel dan sekutu-sekutunya adalah:

1. Perang media.

Republik Indonesia tidak lagi diragukan keberpihakan pemerintah dan rakyat terhadap saudara kandung mereka, Palestina. Sebab, Palestina yang mengakui Indonesia berdaulat, malah sebelum tahun 1945, sebelum Indonesia diproklamirkan. Tahun 1944, saat Perang Dunia II, Imam Masjid Al-Aqsa mengakui kemerdekaan Indonesia yang berdaulat dan bermartabat melalui rakyat Indonesia yang diwakili oleh AR. Baswedan. Saat berkecamuk perang Indonesia-Jepang (1942-1945) yang berakhir dengan Amerika menjatuhkan bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki (14 Agustus 1945), perlawanan rakyat Indonesia menuju titik cerah kemenangan. Kemudian Mesir adalah negara yang pertama mengakui kemerdekaan sah RI, setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945).

Setelah Indonesia merdeka, sebagai efek, wajah dunia berubah menjadi banyak negara merdeka dari kaum penjajahan negara barat. Namun tidak untuk Palestina, bahkan tahun 1948, Palestina dijajah oleh Israel dengan sokongan Amerika dan sekutunya. Setiap tahun, wilayah Palestina dirampas oleh Israel, semakin tahun semakin kecil. Kondisi penjajahan Israel mungkin tidak terpantau oleh mata dunia. Media press yang tidak sampai kepada warganet, sejak tahun 2000 otomatisasi satelit komunikasi dilancarkan, terbuka peristiwa dunia, dari halaman depan sampai halaman belakang. Globalisasi menguntungkan umat muslim dengan terhubung satu sama lain dalam komunikasi konsep, ajaran dan perilaku penduduk bumi.

Perang media, maksud dari perang media dapat dipahami perang opini yang dapat mempengaruhi kepercayaan warga dunia, selain sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan keputusan nasional, regional dan internasional. Juga sebagai dasar untuk menekan atau meluluskan kesepakatan di tingkat sidang dunia (PBB).

Terkuaknya kejahatan perang Israel yang sekarang menggunakan senjata kimia berbahaya, fasfor putih yang menghanguskan hingga ke tulang. Senjata ilegal yang dilarang untuk dipergunakan dalam perang  sebagai larangan PBB.

Berkat media, maka jadikan media sebagai senjata kaum muslimin, sehingga apabila di-share, banyak mata dunia yang memandang, banyak warganet yang melihat. Artinya perang media adalah satu kali share dapat menembus ruang kamar tidur pribadi dan ruang keluarga. Dengan istilah lain bahwa jihad media adalah bertindak dalam skala lokal, tetapi berefek dalam skala global. Maksudnya, syiarkan agama Allah dengan jari-jemari! Sebagaimana yang jamak difirmankan Tuhan tentang multi metode dakwah. Kehadiran Al-Quran online, Al-Aqsa online, Al-Hadits online merupakan berkah akhir zaman bagi kaum muslimin. Bahkan kaum muslimin sendiri menjadi promosi (iklan) bagi agama Islam yang dianutnya.

Peran media telah menjadikan ayat-ayat Tuhan dan sabda-sabda utusan tersimpan dalam rekam jejak digital seperti surat-surat Rasulullah SAW kepada raja dan pemimpin dunia. Berita Al-Quran sebagai kitab suci yang adil dalam memuat ketiga agama terutama penganut agama Yahudi, Nasrani, Islam beserta karakteristik mereka, telah jelas dan menjadi gamblang. Ayat-ayat yang menjelaskan masa lalu mereka, sekarang dan akan datang.

2. Perang ekonomi.

Tidak dapat disanggah bahwa perang memerlukan budget yang besar mulai dari biaya operasional berupa logistik, estimasi kendaraan tempur, rudal, serta ongkos yang tidak terduga. Dalam hal ini perang akan melibatkan kehandalan moneter dan kebijakan fiskal suatu negara. Artinya perang fisik selain menyeret media, press dan kewarta-beritaan pada satu sisi, dan memaksa perang ekonomi untuk ikut serta pada sisi yang lain.

Bila waktu perang Israel-Palestina berkepanjangan tidak mustahil akan terjadi Perang Dunia ke-3 (PD III) yang akan banyak memakan kerugian jiwa dan harta (ekonomi). Sebagai pengalaman perang Irak-Iran berlangsung selama tujuh tahun telah menimbulkan resesi ekonomi dunia. Minimal ketegangan kawasan timur dan barat, serta melonjaknya harga pasar minyak dunia. Jadi, peperangan tidak sesederhana yang dibayangkan, namun karena sudah menjadi takdir sejarah, harus sabar menjalaninya.

Terlebih dahulu harus terjalin perasaan senasib-sepenanggungan sebagai satu-kesatuan umat Muhammad. Sebab sang Nabi menjadikan ukuran sempurna iman adalah kesanggupan mencintai saudara muslim seperti dia mencintai dirinya sendiri. Wujud komitmen tersebut teraplikasi pada: menolong saudaranya seperti menolong dirinya sendiri, menutup aib saudaranya, mengurangi beban derita saudaranya, bahkan sampai menanggung dan melunasi hutang saudaranya. Pahala nilai kemanusiaan tersebut lebih mulia daripada menunaikan umrah.

Perluasan makna dari kesatuan jaringan kerja umat muslim se-dunia hari ini adalah kaum muslimin Gaza berjihad jiwa di sana, di sini kita berjihad harta. Pemboikotan produk Israel, Amerika dan sekutu-sekutunya wajib dilakukan berpijak pada Fatwa MUI Nomor 83 tahun 2023.

Pemerintah Republik Indonesia telah menyerukan kemerdekaan untuk Palestina dan menyuruh untuk menyudahi penjajahan Zionis Israel atas negeri Palestina yang berdaulat. Sebab, menghapus penjajahan di muka bumi dan menciptakan perdamaian abadi adalah cita-cita luhur rakyat Indonesia yang tertuang di dalam pembukaan UUD 1945. Selain mencerdaskan kehidupan bangsa yang diterjemahkan oleh pasal, peraturan pemerintah, peraturan menteri dan perundang-undangan. Dilanjutkan dengan memajukan kesejahteraan umum, semuanya harus dilandasi pada jaminan hak asasi rakyat Indonesia, menjaga seluruh tumpah darah, tanah-air bangsa Indonesia yang dihormati lagi bermarwah.

Selain maklumat yang disiarkan oleh Fatwa MUI Nomor 83 tahun 2023 yang diambil dari dalil naqli dan dalil aqli, secara kemanusian kita terpanggil secara ikhlas menyetop genosida di Gaza, Palestina. Mengisyaratkan bahwa satu produk Israel, Amerika dan aliran dana keuntungan dari pembelian minuman atau makanan oleh umat muslim, kita telah menyumbang satu peluru yang akan mengoyak tubuh kecil anak-anak kita di Gaza. Satu alat kosmetik yang kita beli, labanya akan menjadi senjata kimia yang berbahaya dan siap membunuh ibu-ibu kita di Gaza, Khan Yunis, Hebron (Al-Khalil), Jerusalem, Al-Quds, Bait-Lehem, Bait-Maqdis. Di sini, posisi Indonesia yang sudah sangat jelas dalam keberpihakan kepada Palestina merdeka. Merdeka!

Partisipasi aktif lintas agama telah terjadi di dunia global untuk satu suara, negara Palestina merdeka! Lintas etnis dan lintas kepentingan politik dan ekonomi regional telah bersatu membaikot produk Israel dan sekaligus mengecam,  mengutuk perbuatan biadab militer Israel yang membombardir rakyat sipil Gaza yang tidak bersalah. Perbuatan biadab yang telah Israel lakukan sejak 75 tahun yang lalu, sekarang telah menuai badai kritik dan protes di mana-mana. Paris, London, New York, Amsterdam, Berlin, Washington, termasuk benua Asia-Afrika, ikut melakukan demo aksi pro Palestina, Free Palestine.

Dalam peta agama bahwa di negara Palestina yang terjajah terdapat orang-orang Nasrani dan Yahudi yang hidup berdampingan dengan damai pada kawasan Bait-Lehem (Nazaret), Hebron (Al-Khalil), termasuk Gaza. Secara the jure kitab suci Al-Quran mengatakan tidak semua Yahudi itu jahat (laisu sama-a), sebagian kecil saja. Namun sebagian besar secara the facto adalah jahat, auto mereka dilaknat. Keniscayaan Al-Quran menyatakan pengakuan adil terhadap jumlah mayoritas dan jumlah minoritas dari golongan (kaum) Yahudi.

Jamak dari pembicaraan kitab suci Al-Quran berkisar tentang tiga saudara agama, saudara tua adalah Yahudi, saudara tengah adalah Nasrani, pembungsunya adalah Islam. Tuhan menerangkan kepada umat manusia yang hidup hari ini bahwa surah Ali Imran (3) ayat 112 pembahasan tentang kejahatan Yahudi, namun ayat 113 tidak semua Yahudi itu jahat, seperti Abdullah bin Salam seorang yang berkebangsaan Yahudi. Bin Salam menjadi pengikut Rasulullah dan memeluk Islam beserta keturunannya.

Kaum ahli kitab (Taurat dan Injil) berpredikat salihin merupakan golongan yang jumlahnya sedikit, melainkan dipuji Tuhan sebab mereka beriman kepada Allah seperti yang diperintahkan Taurat (sebelum masehi) dan Injil (masehi). Kriteria berikut adalah mereka yang beriman kepada hari akhir, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar, bersegera dalam kebaikan, Firman Tuhan (Ali Imran:113): "Mereka tidak seluruhnya sama (jahat). Diantara ahli kitab (Yahudi) ada golongan yang jujur, mereka membaca ayat-ayat Allah pada malam hari, dan mereka bersujud (salat)". Jika mereka tidak melakukan kebaikan, maka sungguh mereka ingkar selamanya.

Sedang bagi umat Nasrani juga telah dipuji Tuhan tentang sifat kasih-sayang mereka. Umat Nasrani dan umat Islam akan menyatu di akhir zaman dibawah kepemimpinan Muhammad bin Abdullah Al-Mahdi dan Isa putera kandung Maryam, keduanya bergelar Al-Masih (sosok yang ditunggu). Berpadu dalam agama tauhid yang satu, esa, tunggal murni (ahad) bukan semu (jamak).

Posisi umat Yahudi dan posisi umat Nasrani mengandung dua pola yang sangat jauh berbeda. Dengan kata lain, peran antagonis yang mereka mainkan dalam percaturan geo-politik global sangat menyata, nyata terutama dalam perang di kawasan Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Keniscayaan tersebut sudah dibentang Tuhan sejak 1.400 tahun yang lalu dalam kalam surah Al-Maidah (5) ayat 82: "Pasti akan kamu dapati orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan pasti kamu dapati orang-orang yang paling dekat persahabatan dengan orang-orang beriman ialah orang-orang yang mengatakan: sesungguhnya kami adalah orang-orang Nasrani. Demikian itu karena diantara mereka terdapat para pendeta dan rahib. Dan sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri." Semoga.

 

Komentar

  1. Nama : Muhammad Diash Ardiansyah
    NIM : 12301051
    Kelas : 1C

    Minuman : Aqua, Vit, Coca Cola, Pepsi, Fanta, Sprite, Nestle, Nescafe, Starbucks, 2 Tang
    Makanan : KitKat, Magnum, Oreo, Danone, Lays, Kraft, Pringles, Biskuat, Twix, Mars, Doritos, Cheetos, dan Milo.
    sumber : https://tirto.id/


    BalasHapus

  2. Nama:Denna widiyawati
    Nim : 12301071
    Kelas: 1C
    Menuliskan produk Israel dan sekutu afiliasi bisnisnya yang diharamkan MUI untuk digunakan, dimakan dan diminum. Berdasarkan Fatwa MUI Nomor 83 tahun 2023
    Minuman : Aqua, Vit, Coca Cola, Pepsi, Fanta, Sprite, Nestle, Nescafe, Starbucks, 2 Tang
    Makanan : KitKat, Magnum, Oreo, Danone, Lays, Kraft, Pringles, Biskuat, Twix, Mars, Doritos, Cheetos, dan Milo.

    BalasHapus
  3. Nama: Muhamma Agus Munandar
    kelas: 1C
    Nim: 12301055

    Produk Coklat dan Snack KitKat, Magnum, Oreo, Danone, Lays, Kraft, dan Pringles. Produk Biskuat, Twix, Mars, Doritos, Cheetos, Milo, Pringles, Lays, M&Ms, dan Cornflakes.

    Berikutnya Teh Kemasan Sariwangi, Lipton, Nestea, Penyedap Rasa Royco, Knorr, dan Maggi. Untuk produk minuman yakni, Aqua, Vit, Coca Cola, Pepsi, Fanta, Sprite, Nestle, Nescafe, Starbucks, dan 2 Tang.

    Lalu, Susu, Keju, dan Sereal Dancow, Koko Krunch, Nestle, Nesquik, Kraft, dan Kellogg's.

    BalasHapus
  4. Nama : farra Aulia
    Kelas : 1C
    Nim : 12301056

    1. Sabra

    2. Hewlett Packard (HP)

    3. Pillsbury

    4. Axa

    5. PUMA

    6. SodaStream

    7. Ahava

    8. Siemens

    9. Danone

    10. McDonald's

    11. Starbucks

    12. Coca-Cola

    13. Burger King

    14. Pizza Hut

    15. Papa John's

    16. Nestle

    17. Jaffa

    18. Eden

    19. Strauss

    20. Tivall

    21. Nestle

    22. Motorola

    23. Intel

    24. IBM

    25. AOL

    26. META

    27. L'Oréal, Revlon

    28. Estée Lauder

    29. Kimberly-Clark

    30. M&S

    31. Timberland

    32. River Island

    33. Delta

    34. Pepsi

    35. Dr. Fischer

    36. Saboon

    37. Moroccanoil

    BalasHapus
  5. Nama : Buya Ismail
    Kelas :1c
    Nim : 12301066
    Menyusun daftar produk Israel dan mitra bisnis yang dinyatakan haram oleh MUI berdasarkan Fatwa MUI Nomor 83 tahun 2023: Beberapa minuman termasuk Aqua, Vit, Coca Cola, Pepsi, Fanta, Sprite, serta merek makanan seperti KitKat, Magnum, Oreo, Danone, Lays, Kraft, Pringles, Biskuat, Twix, Mars, Doritos, Cheetos, dan Milo. Selain itu, terdapat keterkaitan dengan merek Nestle, Nescafe, Starbucks, dan 2 Tang.

    BalasHapus
  6. Nama : Muhammad Alif Ramadhan
    Kelas : 1C
    NIM : 12301057

    Hal ini menjelaskan perspektif rinci mengenai konflik Israel-Palestina, termasuk aspek sejarah, agama, dan geopolitik. Ini adalah masalah yang kompleks dan sensitif dengan berbagai sudut pandang.

    Minuman : Aqua, Vit, Coca Cola, Pepsi, Fanta, Sprite, Nestle, Nescafe, Starbucks, 2 Tang

    Makanan : KitKat, Magnum, Oreo, Danone, Lays, Kraft, Pringles, Biskuat, Twix, Mars, Doritos, Cheetos, dan Milo.
    afiliasi bisnisnya Unilever

    BalasHapus
  7. Nama:Fadhillah
    Nim:12301059
    Daftar produk produknya yaitu:
    Makanan: kitkat, magnum, lays, kraft, pringless, chitos, milo
    Minuman:nescafe, Starbucks, coca cola, pepsi, sprite, 2 tang

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Nama:cinta
    Nim:12301075
    golongan Dalam peta agama bahwa di negara Palestina yang terjajah terdapat orang-orang Nasrani dan Yahudi yang hidup berdampingan dengan damai pada kawasan Bait-Lehem (Nazaret), Hebron (Al-Khalil), termasuk Gaza. Secara the jure kitab suci Al-Quran mengatakan tidak semua Yahudi itu jahat (laisu sama-a), sebagian kecil saja. Namun sebagian besar secara the facto adalah jahat, auto mereka dilaknat. Keniscayaan Al-Quran menyatakan pengakuan adil terhadap jumlah mayoritas dan jumlah minoritas dari golonga
    Daftar produk nya yaitu;:aqua, coco cola, febsi, fantastic, sprit, Milo. Biscuit, kitkat, kaft, pringles.

    BalasHapus
  10. Nama : Sri Amelianti Ningsih
    Nim : 12301053
    Daftar produk israel dan mitra yang dinyatakan haram oleh MUI berdasarkan Fatwa MUI Nomor 83 tahun 2023. Yaitu : Milo, coca cola, sprit, kit kat, starbuck, magnum, fanta, pizza hut, Mc Donadl's, pepsodent, Clear, Dancow, Aqua, Nestle.

    BalasHapus
  11. fatwa MUI nomor 83 tahun 2023 fardhu 'ain, wajib setiap individu muslim tidak mengkonsumsi produk makanan dan minuman produk Israel dan negara-negara yang mendukung pembunuhan rakyat Palestina yang terjajah. Beberapa produk yang tidak diperbolehkan : kitkat, magnum, lays, kraft, pringless, chitos, milo, nescafe, Starbucks, coca cola, pepsi, sprite, Yakult

    BalasHapus
  12. Nama :Ayu sri Astuti
    NIM:12301060

    menjelaskan perspektif rinci mengenai konflik Israel-Palestina, termasuk aspek sejarah, agama, dan geopolitik. Ini adalah masalah yang kompleks dan sensitif dengan berbagai sudut pandang.

    Perpecahan dan perperangan yang sudah semakin kuat yg di lakukan oleh israel kepada negata palestina.
    KFC
    Pizza
    Hut
    Coca-Cola,
    Pepsi,
    Nestle
    Starbucks
    SodaStream
    Buavita
    Lipton
    Sariwangi
    Raja Burger
    Nescafe
    milo
    Bersarang
    Coca-Cola
    Sprite
    Fanta
    Kit Kat
    Cadbury
    Pringles
    Oreo
    Dunkin
    Maggi
    Royco
    Mizona
    Dancow

    BalasHapus
  13. NAMA : Wahyu Hidayatullah
    NIM : 12301064

    Menulis daftar produk Israel dan mitra yang dinyatakan haram oleh MUI berdasarkan Fatwa MUI Nomor 83 tahun 2023 yaitu :
    - Makanan : Subway, Starbucks, Burger King, Pizza Hut, KFC, McDonald’s, KitKat, Magnum, Oreo, Danone, Lays, Kraft, Pringles, Biskuat, Twix, Mars, Doritos, Cheetos, Milo, Pringles, Lays, M&Ms, Cornflakes
    - Minuman : Aqua, Vit, Coca Cola, Pepsi, Fanta, Sprite, Nestle, Nescafe, Starbucks, 2 Tang.
    - Kecantikan : Garnier, Loreal, Nivea, Ponds, Vaseline, The Body Shop, Loreal, Victoria’s Secret, Clean & Clear, Maybeline, Estelauder, Revlon.

    BalasHapus
  14. Nama: Fazi Ilmia Jamil
    NIM: 12301070
    prodok yang diharamkan MUI untuk digunakan, dimakan dan diminum. Berdasarkan Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023.
    Fastfood:
    1. McDonalds
    2. Kfc
    3. Pizza hut
    4. Burger king
    5. Starbucks
    6. Subway
    Sabun/sampo/detergen/odol:
    7. Rinso
    8. Molto
    9. Pepsodent
    10. Close up
    11. Sensodyne
    12 Oral-b
    13. Pantene
    14. Sunsilk
    15. Lifeboy
    16. Lux
    17. Vanish
    18. Johnsons
    19. Cif
    20. Fairy
    21. Colgate
    22. Listerine
    23 Head & shoulder
    Coklat dan Cemilan (snack):
    24 Kitkat
    25. Magnum
    26. Oreo
    27 Danone
    28. Lays
    29. Kraft
    30. Pringles
    31. Biskuat
    32. Twix
    33. Mars
    34. Dontos
    35. Cheetos
    36. Milo
    37. Pringles
    38. Lays
    39. M&Ms
    40 Cornflakes
    Teh Kemasan:
    41. Sariwangi
    42 Lipton
    43. Nestea
    Penyedap:
    44. Royco
    45. Knoor
    46. Maggi
    Minuman:
    47 Aqua
    48. Vit
    49. Coca cola
    50 Pepsi
    51. Fanta
    52. Sprite
    53. Nestle
    54. Nescafe
    55. Starbucks
    56.2 Tang
    Susu/keju/sereal:
    57. Dancow
    58. Koko krunch
    59. Nestle
    60. Nesquick
    61. Kraft
    62. Kellog's
    Produk Kecantikan:
    63. Garnier
    64. Loreal
    65. Nivea
    66. Ponds
    67. Vaseline
    68. The body shop
    69. Loreal
    70 Victorias secret
    71. Clean & clear
    72. Maybeline
    73. Estelauder
    75. Revlon
    Brand pakaian/sepatu:
    76. Puma
    77. Nike
    78. Adidas
    79. Calvin klein
    80. Levis
    81. Chanel
    82 Gucci
    83. H&m
    84. GAP
    85. Marks & spencer
    86. Monster
    87. Boss
    88. Hugo
    89. Timberland
    90. Giorgioarmani
    91. AIA
    92 11
    93. Convers All star
    94. DKNY
    95. Lancome
    96. Tommy Hilfiger
    97. Champion
    98 Reebook
    Deodoran:
    99. Rexona
    100. Dove
    Pengharum:
    101. Glade
    Tontonan:
    102 Disney
    103. Pictures
    104. National
    geogrhapic
    105. 20 Fox
    106. CNN
    Mal/supermarket:
    107. Carefour
    108. 7eleven
    Kesehatan:
    109. Vicks
    110. Scott
    Popok / pembalut:
    111. Pampers
    112. Kotex
    Saus /kecap:
    113. Heinz
    114. Bango
    115. Abc
    Brand:
    116. Danone
    117. Unilever
    118. Nokia
    119. Mottorola
    120. Ford
    121. Chevrolet

    BalasHapus
  15. Nama: Jihan 'Afra Nisrina
    Nim: 12301204

    Kita rakyat Indonesia tidak bisa berjuang secara fisik langsung ke Palestina untuk membantu saudara-saudara kita. Berdasarkan hadis riwayat Ibnu Majah kita mestinya membuat pergerakan demi membantu saudara kita di Palestina seperti mengirimkan bantuan logistik dan farmasi, serta doa, aksi protes baik melalui sosmed dan seluruh jaringan internet yang terhubung dan tersambung ke warganet dunia. Doa qunut nazilah setiap kali salat, sampai Palestina merdeka.

    Berikut adalah produk Israel dan sekutu afiliasi bisnisnya yang diharamkan MUI untuk digunakan, dimakan dan diminum. Berdasarkan Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023.

    Fast Food; McDonalds, KFC, Pizza Hut, Starbucks.

    Deterjen & Alat Mandi; Rinso, Molto, Pepsodent, Close Up, Sensodyne, Oral-B, Pantene, Sunsilk, Lifebuoy, Lux, Vanish, Listerine.

    Cemilan; Kitkat, Magnum, Oreo, Lays, Kraft, Pringles, Biskuat, Cheetos, Koko Crunch

    Minuman; Aqua, Vit, Coca Cola, Pepsi, Fanta, Sprite, Nestle, Nescafe, Sariwangi, Nestle, Dancow, Milo.

    Fashion; Puma, Nike, Adidas, Calvin Klein, Levis, Chanel, Gucci, H&M, Converse All Star, Reebook

    Kecantikan; Garnier, Loreal, Nivea, Ponds, Vaseline, Victorias Secret, Clean & Clear, Maybeline, Rexona, Dove.

    Hiburan; Disney Pictures, Netflix.

    Kesehatan & Pembalut; Vicks, Scott, Pampers, Kotex

    BalasHapus
  16. Nama: Anisa Ramadani
    Nim: 12301052

    Perang antara Israel dengan Palestina sudah menjadi hal yang sangat spesifik baik dari segi politik, lingkungan bahkan agama. Maka dari itu kita harus bisa membantu memperjuangkan hak Palestina dan mengalahkan israel walau tidak secara langsung melainkan dapat kita bantu dengan beberapa cara seprti perang medsos bahkan ekonomi nya dalam arti memboikot semua barang jenis dari Israel, sebagai yang telah ditetapkan oleh fatwa MUI NO. 83 tahun 2023 yaitu;

    -Makanan:KFC, pizza hut, burger king, Biskuat, Twix, Mars, Doritos, Cheetos, Milo, Pringles, Lays, M&Ms, Cornflakes
    -minuman:Coca-Cola,
    Pepsi,
    Nestle
    Starbucks
    SodaStream
    Buavita
    -Sampo,sabun dan sejenisnya:rinso, molto, pepsodent, closeup, head and sholdier, The Body Shop, Loreal, Victoria’s Secret, Clean & Clear, Maybeline, Estelauder, Revlon.

    BalasHapus
  17. Artikel diatas membahas konflik di Gaza dan penindasan terhadap rakyat Palestina oleh Israel. Indonesia dijelaskan sebagai negara yang mendukung kemerdekaan Palestina, termasuk dengan fatwa MUI nomor 83 tahun 2023 yang mengajak umat Islam untuk boikot produk Israel. Media diakui sebagai senjata untuk menyuarakan keadilan, dan partisipasi lintas agama dalam mendukung Palestina dicatat.Pembahasan juga mencakup pandangan Al-Quran terhadap Yahudi dan Nasrani, mengajak untuk membedakan antara mereka yang jahat dan yang berbuat baik. Artikel menyoroti peran media dalam mengungkap kejahatan perang Israel, termasuk penggunaan senjata kimia yang melanggar larangan PBB. Pada akhirnya, artikel berharap pada penyatuan umat Islam dan perdamaian di akhir zaman.
    Produk yang mendukung Israel:
    1. McDonalds 2. Kfc
    3. Pizza hut 4. Burger king
    5. Starbucks 6. Subway
    7. Rinso 8. Molto
    9. Pepsodent 10. Close up
    11. Sensodyne 12. Oral-b
    13. Pantene 14. Sunsilk
    15. Lifeboy 16. Lux
    17. Vanish 18. Johnsons
    19. Cif 20. Fairy
    21. Colgate 22. Listerine
    23. Head& shoulder
    24. Kitkat 25. Magnum
    26. Oreo 27. Danone
    28. Lays 29. Kraft
    30. Pringles 31. Biskuat 32. Twix
    33. Mars 34. Doritos
    35. Cheetos 36. Milo
    37. Pringles 38. Lays
    39. M&Ms 40. Cornflakes
    41. Sariwangi 42. Lipton
    43. Nestea 44. Royco
    45. Knoor 46. Maggi
    47. Aqua 48. Vit
    49. Coca cola 50. Pepsi
    51. Fanta 52. Sprite
    53. Nestle 54. Nescafe
    55. Starbucks 56. 2 Tang
    57. Dancow 58. Koko krunch
    59. Nestle 60. Nesquick
    61. Kraft 62. Kellog's 63. Garnier
    64. Loreal 65. Nivea 66. Ponds
    67. Vaseline 68. The body shop
    69. Loreal 70. Victorias secret
    71. Clean & clear 72. Maybeline
    73. Estelauder 75. Revlon 76. Puma 77. Nike 78. Adidas 79. Calvin klein 80. Levis 81. Chanel 82. Gucci
    83. H&m 84. GAP
    85. Marks & spencer 86. Monster 87. Boss 88. Hugo 89. Timberland 90. Giorgioarmani 91. AIA 92. II
    93. Convers All star 94. DKNY
    95. Lancome 96. Tommy Hilfiger
    97. Champion 98. Reebook
    99. Rexona 100. Dove 101. Glade 109. Vicks 110. Scott 111. Pampers 112. Kotex 113. Heinz 114. Bango 115. Abc 116. Danone 117. Unilever 118. Nokia 119. Mottorola 120. Ford 121. Chevrolet





    BalasHapus
  18. Nama: Anjeli (12301061)
    Kelas: 1C

    1.Fastfood:
    MC Donalds, KFC, PizzaHut, Burger King, Starbuck, Subway.

    2.Sabun/sampo/Detergen/odol:
    Rinso, molto, Pepsodent, Close up, Sensodyne, Oral-b, Pantene, Sunsilk, Lifeboy, Lux, Vanish, johnsons, Cif, Fairy, Colgate, Listerine, Head Shoulder.

    3. coklat dan cemilan(Snack):
    Kitkat, Magnum, Oreo, Danone, Lays, Kraft, Pringles, Biskuat, Twix, Mars, doritos, Cheetos, Milo, MdMs, Cornflakes

    4. Teh kemasan
    Sariwangi, Lipton, Nestea,
    5. Penyedap
    Royco, knoor, Maggi

    6.Minuman:
    Aqua, Vit, Coca cola, Pepsi, fanta, sprite, Nestle, Nescafe, Starbucks, 2 tang.

    7.Susu/keju/sereal
    Dancow, Koko krunch, nesquick, Kraft, kellog's

    8. Produk kecantikan
    Garnier, Loreal, Nivea, Pond's, Vaseline, the body shop, Loreal, victorias secret, Clean clear, Maybelline, Estelauder, Revion.

    9. Brand Pakaian/sepatu
    Puma, Nike, Adidas, Calvin Klein, Levis, Chanel, Gucci, Hdm, GAP, Marks Spencer, monster, Boss, Hugo, Timberland, Giorgioarmani, AIA, ll, Convers All star, DKNY, Lancome, Tommy Hilfiger, Champion, rebook.

    10. Deodorant
    Rexona, Dove
    Pengharum: glade

    11.Tontonan:
    Disney, Pictures, National geogrhapic, 20 fox, CNN.

    12.Mal/Supermarket
    Carefour, 7eleven
    13.kesehatan: Vicks, scrott.

    14. Popok/pembalut:
    Pampers,kotex
    15.Saus/kecap:
    Heinz, Bango, ABC

    16. Brand:
    Danone, Unilever, Nokia, Mottorola, Ford, Chevrolet.

    BalasHapus
  19. NAMA: Alifatul Umu Amanah
    NIM : 12301073

    Pemboikotan produk Israel, Amerika dan sekutu-sekutunya wajib dilakukan berpijak pada Fatwa MUI Nomor 83 tahun 2023.
    Berikut beberapa produk pro israel:
    1. Fastfood:
    • Subway
    • Starbucks
    • Burger King
    • Pizza Hut
    • KFC
    • McDonald’s
    2. Penyedap:
    • Royco
    • Knoor
    • Manggi
    3. Sabun/Shampoo/Detergen/Odol:
    • Rinso
    • Molto
    • Pepsodent
    • Close Up
    • Sensodyne
    • Oral-B
    • Pantene
    • Sunsilk
    • Lifebuoy
    • Lux
    • Vanish
    • Johnsons
    • Cif
    • Fairy
    • Coolgate
    • Listerine
    • Heads & Shoulder
    4.Cemilan:
    •Kitkat
    •Magnum
    •Oreo
    •Lays
    •Kraft
    •Pringles
    •Biskuat
    •Cheetos
    •Koko Crunch
    5.Minuman
    •Aqua
    •Vit
    •Coca Cola
    •Pepsi
    •Fanta
    •Sprite
    •Nestle
    •Nescafe
    •Sariwangi
    •Nestle
    •Dancow
    •Milo.

    BalasHapus
  20. Nim : 12301072

    Fastfood:

    1. McDonalds

    2. Kfc

    3. Pizza hut

    4. Burger king

    5. Starbucks

    6. Subway

    Sabun/sampo/deterge

    n/odol:

    7. Rinso

    8. Molto

    9. Pepsodent

    10. Close up

    11. Sensodyne

    12. Oral-b

    13. Pantene

    14. Sunsilk

    15. Lifeboy

    16. Lux

    17. Vanish

    18. Johnsons

    19. Cif

    20. Fairy

    21. Colgate

    22. Listerine

    23. Head & shoulder

    Coklat dan Cemilan

    (snack):

    24. Kitkat

    25. Magnum

    26. Oreo

    27. Danone

    28. Lays

    29. Kraft

    30. Pringles

    31. Biskuat

    32. Twix

    33. Mars

    34. Doritos

    35. Cheetos

    36. Milo

    Daftar 121 Produk Pro Israel

    Penyedap:

    44. Royco

    45. Knoor

    46. Maggi

    Minuman:

    47. Aqua

    48. Vit

    49. Coca cola

    50. Pepsi

    51. Fanta

    52. Sprite

    53. Nestle

    54. Nescafe

    55. Starbucks

    56.2 Tang

    Susu/keju/sereal:

    57. Dancow

    58. Koko krunch

    59. Nestle

    60. Nesquick

    61. Kraft

    62. Kellog's

    Produk Kecantikan:

    63. Garnier

    64. Loreal

    65. Nivea

    66. Ponds

    67. Vaseline

    68. The body shop

    69. Loreal

    70. Victorias secret

    71. Clean & clear

    72. Maybeline

    73. Estelauder

    75. Revlon

    Brand pakaian/sepatu :

    76. Puma

    77. Nike

    89. Timberland

    90. Giorgioarmani

    91. AIA

    92. II

    93. Convers All star

    94. DKNY

    95. Lancome

    96. Tommy Hilfiger

    97. Champion

    98. Reebook

    Deodoran:

    99. Rexona

    100. Dove

    Pengharum:

    101. Glade

    Tontonan:

    102. Disney

    103. Pictures

    104. National

    geogrhapic

    105. 20 Fox

    106. CNN

    Mal/supermarket:

    107. Carefour

    108. 7eleven

    Kesehatan:

    109. Vicks

    110. Scott

    Popok / pembalut:

    111. Pampers

    112. Kotex

    Saus /kecap:

    113. Heinz

    114. Bango

    115. Abc

    Brand:

    116. Danone

    37. Pringles

    38. Lays

    39. M&Ms

    40. Cornflakes

    Teh Kemasan:

    41. Sariwangi

    42. Lipton

    43. Nestea

    78. Adidas

    79. Calvin klein

    80. Levis

    81. Chanel

    82. Gucci

    83. H&m

    84. GAP

    85. Marks & spencer

    86. Monster

    87. Boss

    117. Unilever

    118. Nokia

    119. Mottorola

    120. Ford

    121. Chevrolet

    Sourch

    https://jakarta akurat.co/bale-

    warga/1313205276/daftar-

    121-produk-pro-israel-yang-

    diserukan-untuk-diboikot-

    beredar-luas-di-medsos-

    88. Hugo

    banyak-dijual-di-

    indonesia?page=3

    BalasHapus
  21. konflik antara palestina dan Israel dan afiliasi yang di haram kan MUI royko,coca cola, fanta Aqua,dove
    nama: Bella chandrayani

    BalasHapus
  22. Nama : Safia
    Nim : 12301058
    Kelas : 1c
    Starbucks, McDonald's, Amazon, Indofood, Pepsodent, Unilever, Disney, Paramount, Warner Bros

    BalasHapus
  23. Nama: Ibtisya Fentika Maunya
    Nim: 12301062
    Kelas: 1c. produk Israel dan sekutu afiliasi bisnisnya yang diharamkan MUI untuk digunakan, dimakan dan diminum. Berdasarkan Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023.
    cemilan: magnum,oreo,Layo,kreatif,pringles,biskuat,twix,mdoritos,cheetos,koko crunch.
    Minuman: aqua,vit,coba cola,pesimis,fanta,sprite,nelfon,ndase,2 tang,sariwangi

    BalasHapus
  24. Nama: Khansa syabania
    Nim. : 12301054

    121 Produk yang Pro Israel
    Fastfood:
    Subway, Starbucks, Burger King, Pizza Hut, KFC, dan McDonald’s

    Penyedap:
    Royco, Knoor, Manggi
    Sabun/Shampoo/Detergen:
    Rinso, Molto, Pepsodent, Close Up, Sensodyne, Oral-B, Pantene, Sunsilk, Lifebuoy, Lux, Vanish, Johnsons, Cif, Fairy, Coolgate, Listerine, Heads & Shoulder

    Minuman:
    Aqua, Vit, Coca Cola, Pepsi, Fanta, Sprite, Nestle, Nescafe, Starbucks, 2 Tang

    Susu/Keju/Sereal:
    Dancow, Koko Krunch, Nestle, Nestquick, Kraft, Kellog’s

    Cokelat/Camilan:
    KitKat, Magnum, Oreo, Danone, Lays, Kraft, Pringles, Biskuat, Twix, Mars, Doritos,Cheetos, Milo, Pringles, Lays, M&Ms, Cornflakes

    Deodorant:
    Dove, Rexona

    Pengharum Ruangan:
    Glade

    Tayangan:
    Disney, Pictures, National Geographic, 20 Fox, CNN

    Supermarket:
    Carrefour, 7eleven

    Kecantikan:
    Garnier, Loreal, Nivea, Ponds, Vaseline, The Body Shop, Loreal, Victoria’s Secret, Clean & Clear, Maybeline, Estelauder, Revlon

    Pakaian/Sepatu:
    Puma, Nike, Adidas, Calvin Klein, Levi’s, Chanel, Gucci, H&M, GAP, Marks & Spencer, Monster, Boss, Hugo, Timberland, Giorgioarmani, AIA, II, Converse All Star, DKNY, Lancome, Tommy Hilfiger, Champion, Reebook

    Teh Kemasan:
    Sariwangi, Nestea, Lipton

    Kesehatan:
    Vicks, Scott

    Popop/Pembalut:
    Pampers,Kotex,Softex

    Saus/Kecap:
    Heinz,Bango,ABC

    Brand:
    Danone,Unilever,Nokia,Mottorola,Ford,Chevrolet

    BalasHapus
  25. Nama: Rima Dania
    Nim: 12301068
    Kelas: 1c

    Produk yang di dilarang MUI karena produk yang membantu Israel.

    -Makanan yang dilarang:
    KFC, pizza hut, burger king, Biskuat, Twix, Mars, Doritos, Cheetos, Milo, Pringles, Lays, M&Ms, Cornflakes
    -minuman:
    Coca-Cola, Pepsi, Nestle, Starbucks, SodaStream, Buavita
    -Sampo,sabun dan sejenisnya:
    rinso, molto, pepsodent, closeup, head and sholdier, The Body Shop, Loreal, Victoria’s Secret, Clean & Clear, Maybeline, Estelauder, Revlon.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN