AL-QUDS 17



Al-QUDS 17
KEKUATAN DOA UNTUK PALESTINA

Oleh
Ma’ruf Zahran

Semua penganut agama di dunia mementingkan doa sebagai bagian dari perilaku ritus agama dan rutinitas sehari-hari. Maksudnya aktivitas  sebelum dan sesudah makan dengan doa, memakai dan melepas busana dengan doa. Bagi kaum beriman meyakini doa mampu mendatangkan berkah. Namun sekarang, peran penting doa mulai terkurangi, terdepak bila tidak dapat disebut hilang dari keseharian kita. Keseharian kita dengan doa merupakan wujud psikologi kedekatan kepada Tuhan. Boleh dikata bahwa peran sentral doa hampir tergerus oleh daya pikat HP. Dengan HP, habis peran doa. Sebab isi materi di hp juga berisi tentang doa, namun doa digital dalam rekayasa IT. Atau pola doa yang sudah berubah, perubahan adab dalam berdoa. Artinya jamak sekarang bukan berdoa, tetapi membaca teks (naskah) doa. Doa sangat kuat dalam memantapkan penglihatan tentang Tuhan, pendengaran dan hati. Kecuali itu, ketiga item tadi akan dimintai pertanggungjawaban.

Doa, doa ibarat pagar hati bagi penganut agama sebelum melakukan perbuatan dan pagar hati ketika tunai melunaskan suatu perbuatan. Misal supaya perbuatan bernilai ibadah, sarana doa menjadi aman dan terjaga dari kerusakan nilai. Kerusakan nilai ibadah seperti virus dalam tubuh, seperti ibadah tetapi pamrih, doa namun memaksa Tuhan, berzakat tetapi merasa merugi, berpuasa dengan marah, dengki dan benci, menunaikan kewajiban syariat haji namun dengan niat supaya dipuji makhluk. Doa menjaga amal sebelum dan setelahnya. Di awal doa berfungsi sebagai seleksi perbuatan dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih maha penyayang. Dengan doa memberi kesempatan waktu bagi akal sehat untuk memilih dan memilah. Contoh, perbuatan korupsi oleh koruptor tidak akan terjadi bila dengan penghayatan doa.

Oleh sebab itu, doa harus diletakkan diawal sebelum usaha, ikhtiar dan tawakkal yang sering disingkat DUIT (doa, usaha, ikhtiar, tawakkal). Doa membuat niat berusaha menjadi kuat, doa menjadikan ikhtiar (pilihan) mengarah tepat sasaran, doa menjadikan tawakkal tahan uji, sabar, tabah mencapai cita-cita kemenangan luhur. Doa juga membuat proses dan hasil pekerjaan menjadi berkah. Bukan persoalan banyak atau sedikitnya volume kuantitas kerja, namun berkualitas berkah atau tidak. Indikator berkahnya doa adalah doa yang berkekuatan membentuk pribadi yang tangguh, masyarakat yang kuat serta negara yang unggul.

Kekuatan doa (power of doa) membuat semuanya berjalan dalam arahan Tuhan. Artinya bertambah doa bertambah berkah, karena dipahami hakikat doa tidak sekedar meminta, tetapi banyak arti yang direkatkan dengannya sebagai doa senjata mukmin, doa otaknya ibadah. Doa penting karena menunjukkan kehambaan di hadapan-Nya, dan menunjukkan kemahabesaran ketuhanan Allah yang maha besar.

Para leluhur bangsa Indonesia mungkin tidak sepintar manusia hari ini yang menemukan artificial intelligence, tetapi apa yang jarang dimiliki oleh generasi milenial adalah keyakinan para pendahulu. Keyakinan bahwa bambu runcing bisa mengalahkan tank berlapis baja milik Belanda. Memproklamirkan kemerdekaan Indonesia di kala Indonesia masih dipenuhi oleh serdadu Jepang, butuh jiwa kesatria. Semangat berjuang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, Belanda datang dan ingin kembali menjajah Indonesia dengan membonceng bendera PBB, NICA, rakyat Indonesia mengusir. Rakyat Indonesia melawan dalam serangan Belanda, sejarah menyebutnya dengan peristiwa Agresi Militer I dan Agresi Militer II, rakyat Indonesia menang. Berkat doa yang mampu menarik gerbong lokomotif usaha, kerja, juang, ikhtiar dan tawakkal, rakyat Indonesia berhasil. Berkat rahmat Tuhan yang maha kuasa dan didorong oleh keinginan luhur, maka dengan ini, rakyat Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Kekuatan doa yang mewujud pada solidaritas rakyat Indonesia kepada rakyat Palestina, negara yang berdaulat. Kobarkan semangat juang dengan cara teruskan boikot ekonomi sebagai bentuk upaya melumpuhkan senjata, tank-tank dan rudal Israel yang menghantam tubuh kecil anak-anak kita di Gaza. Mereka Israel akan mengalami kerugian besar, Israel akan miskin, susah secara ekonomi dan akan lumpuh secara militer, Israel dan sekutu-sekutu pendukungnya akan kehilangan kepercayaan dunia internasional. Hai Israel, uang adalah uang kami, kami belanjakan untuk membeli hasil produksi dalam negeri. Bertujuan mengangkat harkat dan martabat rakyat kami secara ekonomi. Tidak masalah bagi kami, biar kami minum kopi kampung, tidak Coca-Cola, tidak Sprite. Sepatu kami Cibaduyut-Bandung, bukan lagi PUMA. Dan kami bangga menggunakan produk asli Indonesia. Kami bangga dengan makan "lempeng sagu," dan stop King Burger. Tidak untuk Kit-Kat, tidak untuk Oreo, tidak untuk Mc-Donald. Sudah lama bangsa-bangsa di dunia termakan opini bahwa bermerek produk Israel lambang berkelas, ternyata uang kami mengoyak tubuh ayahnda, bunda, saudara, dan anak-anak Gaza-Palestina. Sekarang tiba waktunya, doa kami menyertai perjuangan Gaza-Palestina yang berdarah-darah, tangisan anak-anak Palestina adalah tangisan kami, kepiluan ibu-ibu Palestina adalah kepiluan kami. Ibu, adik dan anak-anak Gaza-Palestina, hanya ini yang dapat kami lakukan, dari kami jauh di sini, Indonesia.

Bentuk perjuangan harus all out dalam arti memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki sekarang. Pemerintah RI secara diplomatik, rakyat dengan mengikuti Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang keharaman menggunakan produk Israel-Zionis Yahudi. Dan doa dari masjid, gereja, pura, wihara di seluruh Indonesia sampai Palestina merdeka!

Lalu menshare video kekejaman penjajah Zionis ke seluruh mata wargenet dunia dengan saluran media seperti facebook, twitter, instagram, website, WAG, e-book. Maupun jurnal-jurnal internasional, regional, nasional dan lokal. Berbuat walau kecil dengan media digital, namun berhulu-ledak besar, saling memberi dukungan dan sokongan bagi kemerdekaan Palestina. Teruskan perjuangan bangsa Indonesia secara militer yang telah terwakili oleh utusan TNI dalam Dewan Keamanan PBB. Bantu rakyat Palestina dalam ruang lingkup ekonomi dengan pemboikotan produk Israel-Zionis dan seluruh afiliasi bisnisnya. Ranah media dengan menggunakan secara maksimal handphone untuk melakukan serangan kepada Israel-Zionis secara cyber. Penjajahan di atas muka bumi harus dihapuskan dan perdamaian dunia hrus diciptakan sebagai cita-cita luhur NKRI dan kemerdekaan RI. Semoga Palestina segera merdeka!

Komentar

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama :riski septyawan
    Nim : 12301137
    Kelas : 1F

    Dengan adanya blogspot bapak saya jadi tau seberapa pentingnya doa, dan tentunya blogspot bapak ini sangat bermanfaat bagi kami semua๐Ÿ™

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Firman
    Nim. : 12301141
    Kelas : 1F

    Masyallah tabarakallah dengan blogspot bapak bisa menambah pengetahuan saya pak terimakasih banyak pak ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarkatu
    Nama :Siti Yanti
    Kelas :1 F
    Nim. :12301133
    Mashaa Allah, Tabarakallah, blogspot bapak sangat bermanfaat, Alhamdulillah menambah wawasan saya,dan Alhamdulillah sekarang saya tau apa akan dilakukan untuk mendukung palestina.terima kasih banyak pak๐Ÿ™

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Siti Nurjannah
    Nim : 12301129
    Kelas : 1F

    Terimakasih kasih bapak, karena blogspot bapak sangat bermanfaat, dan semoga setiap doa yang diusahakan dapat terkabul terutama untuk kesejahteraan Palestina, aamiin.

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum warahmatullahi warahmatullahi
    Perkenalkan saya
    Nama :Nadia Bela Tista
    Nim :12301128
    Kelas :1F
    Prodi :Pai
    MasyaAllah terimakasih bapak dengan adanya blogspot bapak ini sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman semoga bisa menambah wawasan dan juga kita sebagai umat muslim harus selalu mendoakan keluarga kita di Palestina ๐Ÿ™
    Sekian w asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Puti Salwa Najlaa
    Nim : 12301138
    Kelas : 1F PAI
    Dengan adanya blogspot bapak saya jadi tau pentingnya doa dan bermanfaat bagi pembaca

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Elok Muzayyana
    Kelas/NIM : 1F/12301139
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Blogspot bapak sangat bermanfaat bagi saya.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Shafiyyah
    Kelas/NIM : 1F /12301147
    Prodi : Pendidikan Agama Islam
    Blogspot bapak sangat bermanfaat untuk saya dan teman-teman.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  9. ๐ŸŒป ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡ ๐ŸŒป

    NAMA : MUHAMMAD TAUFIQUR ROHMAN
    NIM : 12301140
    KELAS : 1F

    Masyaallah, blogspot bapak sangat bermanfaat sekali untuk kalangan mahasiswa, karena blogspot bapak ini mengajarkan bagaimana pentingnya kita sebagai mahasiswa untuk mendukung Palestina, Takbir # ALLAH HU'AKBAR๐Ÿ‡ฐ๐Ÿ‡ผ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ

    ๐ŸŒนูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡ ๐ŸŒน

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh
    Nama : Nasifa Aulia
    Nim. : 12301144
    Prodi. : PAI
    kelas. : 1F
    Alhamdulillah setelah membaca blogspot bapak saya bisa mengetahui tentang
    manfaat do'a,kekuatan do'a,dan semoga dengan do'a yang diucapkan dengan hati yang ikhlas bisa tersampaikan untuk kesejahteraan palestina.

    BalasHapus
  11. Nama:Salasiah
    Nim:12301126
    Kls:1 f
    Alhamdulillah blogspot bapak sangat bermanfaat pak๐Ÿ™terimakasih ๐Ÿ™

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum wr.wb
    Nama:Tia Febrianti
    Nim:12301130
    Kelas: 1F
    Terima kasi banyak ke pada bapak atas adanya blogspot bapak bise menanmbah wawasan bagi kami dan kami dan memberi banyak manfaat

    BalasHapus
  13. assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad.

    Nama : Muhammad Shabri
    NIM : 11901254
    Kelas : 1F

    Palestina adalah saudara saudari jauh kita dan Palestina tidak hanya masalah manusia namun juga masalah agama

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Khairul Ropik
    Nim : 12301142
    Prodi : PAI/1F
    Alhamdulillah dengan membaca blogspot bapak, saya bisa mengetahui bagaimana kekuatan doa yang kite kerjakan dengan terus menerus dan bersungguh-sungguh akan mendapatkan balasan yang baik oleh Allah SWT. Dan dengan Kekuatan doa (power of doa) membuat semuanya berjalan dalam arahan Tuhan.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama : Muhammad Ridwan
    Nim : 12301131
    Prodi : PAI/1F
    Alhamdulillah dengan membaca blogspot bapak, saya bisa mengetahui bagaimana kekuatan doa yang kite kerjakan dengan terus menerus dan bersungguh-sungguh akan mendapatkan balasan yang baik oleh Allah SWT. Dan dengan Kekuatan doa (power of doa) membuat semuanya berjalan dalam arahan Tuhan.

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum pak
    Nama : Hardini zulqoidah
    Nim : 12301135
    Kelas: 1 F/PAI
    Dengan adanya blogspot bapak ini bisa menambahkan wawasan dan ilmu pengetahuan saya pak.terima kasih atas ilmunya pak๐Ÿ™๐Ÿป

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Azka Nur Hafizha Salwa
    NIM: 12301149
    Prodi/Kelas: PAI/1F

    Saya jadi tahu bahwa doa memiliki kekuatan yang besar dalam kehidupan kita, apalagi semua harus diawal dengan doa sebelum Usaha, Ikhtiar, dan Tawakkal. Sekecil apapun usaha kita, dengan diawali dengan doa yang sungguh² akan membawa manfaat dan insyaallah akan diijabah oleh Allah SWT. Semoga doa² kita kepada rakyat Palestina dikabulkan oleh Allah SWT, usaha² kita sebagai dukungan kepada Palestina dapat berdampak baik dan semoga Palestina segera diberikan kebebasan, Aamiin ya rabbal 'alamiin..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPUAN PAHALA DAN DOSA CIRI AKHIR ZAMAN

AN NURIYAH

KULIAH AGAMA - KETUHANAN YME DAN FILSAFAT KETUHANAN